Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?
Post Reply
hamzah
Posts: 142
Joined: Sat Oct 30, 2010 3:52 am

Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by hamzah »

Allah SWT berfirman:
ألا بذكر الله تطمئن القلوب
Ketahuilah dengan berdzikir kepada Allah jiwa (hati) menjadi damai (tenteram)
أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ
“Tidaklah kalian ketahui bahwa hati hamba-hamba Allah SWT yang beriman itu dibahagiakan oleh Allah dengan banyak berdzikir kepada-Nya” (QS. Al-Hadid:16)
Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu cara Allah memberikan kebahagiaan kepada hamba-hamba-Nya; terutama kebahagiaan batin, yaitu melalui peningkatan kualitas iman dan taqwa. Sementara itu di antara sarana untuk meningkatkan mutu dan kualitas keimanan dan ketaqwaan adalah berdzikir kepada Allah. Karena itulah, pada bulan suci ini umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di antaranya adalah dzikir.
Standar dzikir yang diharapkan adalah tidak hanya sekadar gerakan lisan namun memiliki bekas dan pengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan dzikir yang banyak diharapkan mampu menghadirkan nur (cahaya) Allah SWT, begitu pula memberikan ketenangan dan ketenteraman jiwa. Karena itu, semakin kuat iman seseorang maka akan semakin banyak pula dzikirnya kepada Allah SWT.
Dzikir kepada Allah juga menjadi alat hamba yang beriman untuk menghapus dosa-dosanya sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Quran:
وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
“Allah mempersiapkan pengampunan dosa dan ganjaran yang mulia bagi kaum muslimin dan muslimat yang berdzikir.” (QS. Al-Ahzab:35)
Sebagaimana dzikir kepada Allah SWT merupakan sarana untuk menerangi pikiran dan mental guna mencapai taraf kesadaran ketuhanan yang Maha Tinggi. Lebih jauh lagi dzikir juga akan membawa ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan hidup sebagaimana firman-Nya:
الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ
“Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan dzikrullah. Ingatlah hanya dengan berdzikir maka hati akan menjadi tenteram.” (QS. Ar-Ra’ad: 28).
Pentingnya berdzikir juga diungkapkan dalam sebuah hadits Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu Darda Nabi saw bersabda:
أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ وَأَزْكَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِعْطَاءِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ قَالُوا بَلَى قَالَ ذِكْرُ اللَّهِ تَعَالَى
“Maukah aku beritahukan sebaik-baik amal dan lebih tinggi derajatnya dan lebih bersih di sisi Raja (Allah) kalian, dan sebaik-baik pemberian daripada emas dan uang, dan sebaik-baik kalian dari bertemu musuh lalu kalian memenggal leher mereka atau kalian yang terpenggal, mereka berkata: mau, nabi bersabda: Dzikir kepada Allah SWT”. (Bukhari Muslim)
Begitu pun dengan berdzikir dapat membangkitkan selera ibadah serta menuju akhlaq yang mulia. Karena dzikir selain merupakan pekerjaan hati dengan selalu mengingat Allah SWT setiap saat dan dalam semua kondisi. Namun juga merupakan kerja lisani (ucapan), kerja aqli (menangkap bahasa Allah di balik setiap gerak alam), dan kerja jasadi(dengan melaksanakan segala perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya).
Idealnya dzikir itu berangkat dari kekuatan hati, ditangkap oleh akal, dan dibuktikan dengan ketaqwaan, amal nyata di dunia ini. Karena itu praktek dzikir tidak terbatas pada satu kondisi dan tempat tertentu; kapan dan dimana saja dapat dilakukan bahkan dalam kondisi hadats (tidak bersuci) juga boleh dilakukan; baik dalam keadaan berdiri, duduk, atau berbaring seperti firman Allah:
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّار
“(yaitu) orang-orang yang selalu berdzikir (mengingat) kepada Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka”. (QS. Ali Imran: 191).
Baik dzikir yang dilakukan secara formal atau non formal, di Masjid, di Mushalla, di rumah, di kantor, atau di jalanan sekalipun; Allah berfirman:
فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ
“Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang” (QS. An-nur: 36),
dan bisa juga dilakukan sendiri-sendiri atau berjamaah (dalam majelis). Dengan berdzikir berarti mengundang rahmat Allah SWT, dan doa para malaikat. Dengan banyak berdzikir kepada-Nya, maka sesuai janji Allah, Dia akan menyelamatkan umat dari semua bentuk kezhaliman, kegelapan dan kemaksiatan. Dalam hadits Abu Hurairah dan Abu Said Al-Khudri dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:
وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمْ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمْ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمْ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمْ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ
“Tidaklah duduk suatu kaum yang berdzikir menyebut nama Allah kecuali akan dinaungi para malaikat, dipenuhi mereka oleh rahmat Allah dan diberi ketenangan, karena Allah menyebut-nyebut nama mereka di hadapan malaikat yang ada di sisinya.” (Muslim, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Dan dengan berdzikir kepada Allah SWT, maka Allah SWT juga akan selalu bersama orang yang berdzikir, dan dengan demikian pertolongan dan rahmat Allah SWT juga akan selalu tercurahkan kepadanya. Sementara itu, Bulan suci Ramadhan ini merupakan kesempatan berharga bagi setiap muslim untuk meningkatkan volume dzikir kepada Allah SWT guna menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Itulah beberapa hal penting yang mungkin dapat kita jadikan landasan untuk mencari kebahagiaan hidup di dunia ini dan juga sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan akhirat nanti.
User avatar
cendol
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by cendol »

halo..selamat datang ya
pake yang ini dulu sebelum post!
http://indonesia.faithfreedom.org/forum/search.php
Kanal Muh
Posts: 337
Joined: Mon Jul 26, 2010 4:23 pm

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Kanal Muh »

Kalaupun anda berzikir sepanjang hari, minggu, bulan bahkan tahun, tapi begitu anda menghetahui bahwa muha mad adalah seorang pedopil, yang mengincar harta karavan, yang melakukan pembunuhan, pemerkosaan dan penjarahan harta, anda tetap tidak tentram, karena nabi dimana anda berzikir dekatnya adalah nabi cabul nan bejad.
User avatar
bharata
Posts: 21
Joined: Fri Feb 11, 2011 9:00 pm

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by bharata »

Biarkan Hamzah ia hanya sendang berusaha mengimbangi apa yang FFI tunjukkan disni, jd ia menunjuk hal-hal yg menurutnya hebat dan manis dalam islam sambil berharap dapat mengetarkan hati para kafir, ia mungkin butuh waktu untuk menyadari bahwa apa yg dilakukannya sekarang **** dan sia2, hamzah lalat tertarik pada kotoran jdlah lebah FFI akan menjukkan engkau bunga
User avatar
bocor
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by bocor »

bharata wrote:Biarkan Hamzah ia hanya sendang berusaha mengimbangi apa yang FFI tunjukkan disni, jd ia menunjuk hal-hal yg menurutnya hebat dan manis dalam islam sambil berharap dapat mengetarkan hati para kafir, ia mungkin butuh waktu untuk menyadari bahwa apa yg dilakukannya sekarang **** dan sia2, hamzah lalat tertarik pada kotoran jdlah lebah FFI akan menjukkan engkau bunga
Apa yang FFI tunjukkan? :lol:
Haniam_maria
Posts: 652
Joined: Wed Mar 16, 2011 11:50 am
Location: Di tempat ku berdzikir
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Haniam_maria »

Tanpa perlu ditnjukkan khebatanya, islam memang sudah hebat. Buktinya banyak yg pr0tes tpi mash bnyak yg masuk islam.
User avatar
DHS
Posts: 4163
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by DHS »

Haniam_maria wrote:Tanpa perlu ditnjukkan khebatanya, islam memang sudah hebat. Buktinya banyak yg pr0tes tpi mash bnyak yg masuk islam.
"banyak" yang masuk islam tapi lebih banyak lagi bocornya! :green:

Image
Haniam_maria
Posts: 652
Joined: Wed Mar 16, 2011 11:50 am
Location: Di tempat ku berdzikir
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Haniam_maria »

Banyak juga yg nambal, he he
User avatar
abbadul
Posts: 1098
Joined: Thu Jul 29, 2010 12:12 pm

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by abbadul »

Islam memang penuh tambal sulam koq !
Tambal terus mukanya Islam sampe tebal kayaq bencong Taman Lawang, supaya kelihatan cantik
Tapi tetap aja dandanan bencong belang belentong

Jadi Islam walaupun dipoles terus, tetap aja belepotan akan darah

Sementara berzikir, hati tetap kalap terhadap kafir
Haniam_maria
Posts: 652
Joined: Wed Mar 16, 2011 11:50 am
Location: Di tempat ku berdzikir
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Haniam_maria »

M0h0n kpada semua yg ada di sini, Anda percya semua punya dua sisi? Jika Anda percya mka saya minta Anda sbutkan kebaikan islam yg pernah anda alami sndiri.
Jika tdak percya, mka tl0ng jgan pandang sesuatu hanya sebelah mata.
Wong lawas
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Wong lawas »

Berzikir bs diampuni dosanya? Inilah hasil dr penjiplak yg kurang pengetahuan dr sumber aslinya. Praktek zikir dikalangan hesykhastik kristen timur didasari pd \'doa yg tak kunjung putus\' sbg ritual yg juga ditiru para sufi islam demikian halnya ttg puasa,kiblat,sholat..islam cm niru tanpa tau apa yg ditirunya, lalu dimana letak originalitas dan \'kesempurnaan\' islam? Bagian mana yg hebat?
Haniam_maria
Posts: 652
Joined: Wed Mar 16, 2011 11:50 am
Location: Di tempat ku berdzikir
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Haniam_maria »

@w0nglawas
maaf, anda tahu sufi islam? Anda thu thoriqoh?
Kbanyakan, produk2 trkenal itu bnyak yg djiplak, nah mgkin yg anda teliti pas jiplakanya shngga yg asli dianggap jiplakan.
Wong lawas
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Wong lawas »

@haniyam. Jauh sblm islam ada praktek2 spti zikir,puasa dan sholat sdh dikerjakan org yahudi dan kristen timur dgn dasar theology yg jelas, bgmna bisa yg muncul belakangan mengklaim sbg yg asli..? Gmna logikanya? Kalo soal sufisme yg dirumuskan dgn syariat,tarekat,hakikat,ma'rifat sdh ada di RC nya ffi.
Wong lawas
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Wong lawas »

@haniyam. Jauh sblm islam ada praktek2 spti zikir,puasa dan sholat sdh dikerjakan org yahudi dan kristen timur dgn dasar theology yg jelas, bgmna bisa yg muncul belakangan mengklaim sbg yg asli..? Gmna logikanya? Kalo soal sufisme yg dirumuskan dgn syariat,tarekat,hakikat,ma'rifat sdh ada di RC nya ffi.
Haniam_maria
Posts: 652
Joined: Wed Mar 16, 2011 11:50 am
Location: Di tempat ku berdzikir
Contact:

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Haniam_maria »

Tunjukkan pada saya kpada siapa mereka shalat!
User avatar
abbadul
Posts: 1098
Joined: Thu Jul 29, 2010 12:12 pm

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by abbadul »

Haniam_maria wrote:Tunjukkan pada saya kpada siapa mereka shalat!
Tunjukkan pada saya kepada "apa" muslim shalat !
Wong lawas
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: Tenteramkan Jiwa dengan Berdzikir kepada Allah SWT

Post by Wong lawas »

Hamzah wrote:“Allah mempersiapkan
pengampunan dosa dan
ganjaran yang mulia
bagi kaum muslimin
dan muslimat yang
berdzikir.” (QS. Al-
Ahzab:35)
Wong lawas wrote:Berzikir bs diampuni
dosanya? Inilah hasil dr
penjiplak yg kurang
pengetahuan dr sumber
aslinya. Praktek zikir
dikalangan hesykhastik
kristen timur didasari
pd 'doa yg tak kunjung
putus' sbg ritual yg
juga ditiru para sufi
islam demikian halnya
ttg puasa,kiblat,sholat..
islam cm niru tanpa tau
apa yg ditirunya, lalu
dimana letak
originalitas dan
'kesempurnaan'
islam? Bagian mana yg
hebat?
Satu lagi bukti ketidaktauan muhammad pada apa yg dijiplaknya dan memasukkan zikir dalam Quran padahal zikir hanya cara yg diciptakan orang2 pra Islam yg lazim dipake di biara2. Kok bisa di standartkan di kitab yg turun dari langit?
Post Reply