PUASA DAN LEBARAN

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb
habibruzaq
Posts: 130
Joined: Sat May 01, 2010 8:17 pm

PUASA DAN LEBARAN

Post by habibruzaq »

gw mo nanya nih, slim...
1. kenapa penentuan awal puasa dan lebaran beda2? trus menurut kalian mana yg paling bener? denger2 gk boleh salah trus kenapa beda2 (urusan ini aja gk kompak)
2. katanya ahli2 muslim puasa membuat badan sehat, nyatanya bulan puasa kolesterol cenderung naik salah satunya karna makan berlebihan...
dan harga barang jadi melonjak krn banyak permintaan... bukannya seharusnya jadi murah dan kolesterol menurun?
lalu apa artinya puasa?
jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

habibruzaq wrote:gw mo nanya nih, slim...
1. kenapa penentuan awal puasa dan lebaran beda2? trus menurut kalian mana yg paling bener? denger2 gk boleh salah trus kenapa beda2 (urusan ini aja gk kompak)
2. katanya ahli2 muslim puasa membuat badan sehat, nyatanya bulan puasa kolesterol cenderung naik salah satunya karna makan berlebihan...
dan harga barang jadi melonjak krn banyak permintaan... bukannya seharusnya jadi murah dan kolesterol menurun?
lalu apa artinya puasa?
1. Ada sebagian yg menentukan awal dan lebaran dengan perhitungan bulan, dan ada juga yg dengan melihat bulan dengan mata secara langsung.
2. Anda benar, memang banyak yg setelah puasa malah buka dengan makanan yg manis2, bersantan dan makan berlebihan, memang sebaiknya
tidak spt itu.
Tentang harga melonjak saya rasa itu hukum supply and demand.
User avatar
duren
Posts: 11117
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm
Contact:

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by duren »

jj wrote:2. Anda benar, memang banyak yg setelah puasa malah buka dengan makanan yg manis2, bersantan dan makan berlebihan, memang sebaiknya
JiJeeeeeiiiiiiiiiiiiiiiii

Itu sunnah nabi mu .. disuruhnya makan Kurma yang manis
User avatar
mamatmaniak
Posts: 251
Joined: Mon Sep 01, 2008 9:21 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by mamatmaniak »

Tetangga depan keguguran gara gara puasa
User avatar
BebasMungkin
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by BebasMungkin »

jj wrote: 1. Ada sebagian yg menentukan awal dan lebaran dengan perhitungan bulan, dan ada juga yg dengan melihat bulan dengan mata secara langsung.
Sayangnya kedua-duanya Tidak sesuai Sains.....
habibruzaq
Posts: 130
Joined: Sat May 01, 2010 8:17 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by habibruzaq »

1. Ada sebagian yg menentukan awal dan lebaran dengan perhitungan bulan, dan ada juga yg dengan melihat bulan dengan mata secara langsung.
2. Anda benar, memang banyak yg setelah puasa malah buka dengan makanan yg manis2, bersantan dan makan berlebihan, memang sebaiknya
tidak spt itu.
Tentang harga melonjak saya rasa itu hukum supply and demand.[/quote]


ok dengan bulan. sebetulnya aneh sekali mengapa dengan perhitungan bulan. perhitungan rotasi bumi terhadap matahari sudah paling tepat menurut saya. tp masalahnya skr terjadi perbedaan, lalu mana yang benar? bukannya itu tidak boleh salah? mengapa tidak kompak? mengapa tidak buat satu keputusan bersama? bukannya yang penting hikmah puasa bukan soal hitung waktu... aturan kalian cuma membingungkan umat yg mau puasa...
sy liat justru gk kompak. dan masing2 pasti ada merasa paling benar perhitungan waktunya..

Anda benar, memang banyak yg setelah puasa malah buka dengan makanan yg manis2, bersantan dan makan BERLEBIHAN, memang sebaiknya
tidak spt itu.

BERLEBIHAN... berarti tidak bisa melawan nafsu. bukannya puasa harus bisa melawan nafsu n mengendalikan diri?
jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

habibruzaq wrote: ok dengan bulan. sebetulnya aneh sekali mengapa dengan perhitungan bulan. perhitungan rotasi bumi terhadap matahari sudah paling tepat menurut saya. tp masalahnya skr terjadi perbedaan, lalu mana yang benar?
Ada orang yg menggunakan penanggalan matahari dan juga bulan, spt chinese, hindu, dll.
habibruzaq wrote: bukannya itu tidak boleh salah? mengapa tidak kompak? mengapa tidak buat satu keputusan bersama? bukannya yang penting hikmah puasa bukan soal hitung waktu... aturan kalian cuma membingungkan umat yg mau puasa...
sy liat justru gk kompak. dan masing2 pasti ada merasa paling benar perhitungan waktunya..
Tuhan akan melihat dari hati kita masing2, tentang perbedaan pendapat dalam setiap agama pasti ada saja.
Saya tidak melihat kesalahan pada kedua2nya... toh niatan mereka tulus asalkan tidak saling menyalahkan saja.
habibruzaq wrote: BERLEBIHAN... berarti tidak bisa melawan nafsu. bukannya puasa harus bisa melawan nafsu n mengendalikan diri?
Memang tidak mudah berpuasa, ini memang ada tingkatan dan pengertian pada diri masing2.
Banyak orang yg puasa tapi hanya dapat laparnya saja, tapi ada jg yg mendapatkan hikmah bahwa dengan puasa kita akan lebih
ingin berbuat baik terutama pada fakir miskin, korban bencana, dll yg mana setiap harinya sangatlah susah mendapatkan sesuap nasi.
User avatar
BebasMungkin
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by BebasMungkin »

Izin kpd TS, utk Posting disini, spy Bang @jj bisa menanggapinya, kalau bang @jj tdk Mengerti, sebaiknya acuhkan saja Postingan saya, dan Terimalah Islam dgn Akal buta.....

Beberapa hari kedepan Muslim akan berhari raya Lebaran, 1 Syawal 1433 H......


Muhammadiyah salah satu Ormas terbesar di Indonesia dari media Internet maupun Televisi sdh Menyatakan Lebaran, 1 Syawal 1433 H terjadi pada tanggal 19 Agustus 2012 Kalender Masehi,

Dasar2nya adalah Perhitungan (Hisab) sbb :
Fase Konjungsi (Ijtimak) jelang Bulan Baru Syawal 1433 H, terjadi pada Hari Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB, sama dgn Data Nasa....
Posisi Ketinggian BULAN saat Matahari terbenam Minus 4 Derajat di Jogja, artinya saat Matahari Terbenam, Hilal, Bulan Sabit belum Muncul atau Wujud....

sehingga Muhammadiyah menetapkan Besoknya Sabtu 18 Agustus 2012 masih Puasa, dan Minggu 19 Agustus 2012 adalah 1 Syawal 1433 H




NU salah satu Ormas terbesar di Indonesia yang mendasari masuknya Bulan Baru dengan Me-Rukyat, juga akan memperkirakan masuknya Bulan Baru Syawal 1433 H dgn Perhitungan, biarpun Keputusan Hasil akhirnya akan dengan MeRukyat atau melihat langsung.....

karna Konjungsi (Ijtimak) terjadi pada Hari Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB, diperkirakan dr Perhitungan besoknya saat Matahari Terbenam Sabtu 18 Agustus 2012, Sudut Ketinggian Bulan adalah 7 Derajat di Jogja,

Ketinggian Hilal, Bulan Sabit 4 derajat sampai 6 derajat, Bulan kemungkinan dapat dilihat dengan Teropong atau Teleskop,
Ketinggian Hilal, Bulan Sabit 7 derajat saat Sabtu 18 Agustus 2012, Besar Perkiraan Bulan akan bisa dilihat dengan Mata Telanjang apabila langit cerah....

dari data diatas dipastikan 1 Syawal 1433 H terjadi Hari Minggu 19 Agustus 2012 Kalender Masehi



Betapa Bahagianya Muslim di Indonesia, karna akan Merayakan Lebaran 1 Syawal 1433 H bersama-sama, Minggu 19 Agustus 2012, indahnya kebersamaan....

Tapi....... Tunggu dulu, dr Data diatas secara Astronomis (Sains)
Fase Bulan Baru Konjungsi (Ijtimak) Syawal 1433 H, terjadi pada Hari Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB

Taukah anda Makna Data Sains diatas ?? Maknanya adalah bahwa Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB Bulan Telah kembali ke Posisinya dari 1 Kali mengitari Bumi di tinjau dr Matahari, jadi Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB adalah saat BULAN BARU....

kalau saat BULAN BARU Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB disebut Umat Islam adalah Syawal, maka Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB adalah MULAINYA BULAN BARU Syawal SECARA SAINS ASTRONOMI.....





Apakah Artinya ??
Artinya adalah Muslim yang Puasa Sabtu tanggal 18 Agustus 2012 secara SAINS ASTRONOMI adalah PUASA saat
1 Syawal 1433, Puasa saat Lebaran....


Apakah Hukumnya Puasa saat Lebaran 1 Syawal 1433 H, Hukumnya adalah HARAM.......

Ternyata secara sains Astronomi Muslim Indonesia saat Sabtu 18 Agustus 2012 adalah Puasa saat Lebaran.......

Silahkan [email protected] menanggapi, klu tdk mengerti abaikan saja dan Terimalah Islam dgn Akal Buta......

User avatar
Pan Kobar
Posts: 370
Joined: Fri Aug 06, 2010 1:16 pm
Location: Negri Mimpi

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by Pan Kobar »

habibruzaq wrote: bulan puasa
kolesterol cenderung naik
salah satunya karna makan berlebihan...
dan harga barang jadi
melonjak krn banyak
permintaan... bukannya
seharusnya jadi murah dan
kolesterol menurun? lalu apa artinya puasa?
rakus sich bro....model bgini mah bukan puasa cm mnggeser jam/mkan dri siang mnjd mlm, tak ubahnya hewan mlm brung hantu, kelelawar mlh lbh hebat puasanya sjak lahir hngga ajal mnjmput
jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

BebasMungkin wrote: Tapi....... Tunggu dulu, dr Data diatas secara Astronomis (Sains)
Fase Bulan Baru Konjungsi (Ijtimak) Syawal 1433 H, terjadi pada Hari Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB

Taukah anda Makna Data Sains diatas ?? Maknanya adalah bahwa Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB Bulan Telah kembali ke Posisinya dari 1 Kali mengitari Bumi di tinjau dr Matahari, jadi Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB adalah saat BULAN BARU....

kalau saat BULAN BARU Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB disebut Umat Islam adalah Syawal, maka Jum'at 17 Agustus 2012 jam 22:55 WIB adalah MULAINYA BULAN BARU Syawal SECARA SAINS ASTRONOMI.....





Apakah Artinya ??
Artinya adalah Muslim yang Puasa Sabtu tanggal 18 Agustus 2012 secara SAINS ASTRONOMI adalah PUASA saat
1 Syawal 1433, Puasa saat Lebaran....


Apakah Hukumnya Puasa saat Lebaran 1 Syawal 1433 H, Hukumnya adalah HARAM.......

Ternyata secara sains Astronomi Muslim Indonesia saat Sabtu 18 Agustus 2012 adalah Puasa saat Lebaran.......

Silahkan [email protected] menanggapi, klu tdk mengerti abaikan saja dan Terimalah Islam dgn Akal Buta......

Memang manusia dan termasuk beberapa umat muslim dengan mudahnya mengatakan 'ini haram, itu haram', silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.

Dan dari awalnya Allah sudah mengetahui bahwa manusia itu sulit menentukan waktu dengan 100% akurasi


73:20 Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri [sembahyang] kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan [demikian pula] segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh [balasan]nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Dan agama Islam itu mudah kok, kitanya saja cenderung membikin sulit.

bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan [permulaan] Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda [antara yang hak dan yang bathil]. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir [di negeri tempat tinggalnya] di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan [lalu ia berbuka], maka [wajiblah baginya berpuasa], sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari- hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
User avatar
duren
Posts: 11117
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm
Contact:

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by duren »

jj wrote: silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
JiJeeeeiiiiiiiiiiiiii

Jangan cuma main Quran aja dunk ...lha buktinya elo GA AKAN CUCI BURUNG klo ga ada hadis \:D/
User avatar
MyLovelyCarnation
Posts: 523
Joined: Mon Aug 06, 2012 12:30 am
Location: komunitas Ganyang Islam

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by MyLovelyCarnation »

jj wrote:Dan agama Islam itu mudah kok, kitanya saja cenderung membikin sulit.
Sdh 1.400 thn jg tetap kesulitan tokh!
Utk sholat aja kalian hrs diwanti2 jgn ampe kurang atau lewat dlm orde MENIT!
Ukt merayakan apapun kalian hrs diwanti2 jgn ampe kurang atau lewat dlm orde MENIT!

Apa itu bknnya mempersulit hidup para muslim??
Anda tahu bhw bergeser sekian puluh km bisa jadi sdh berbeda bbrp menit!!
Emang muslim SUDAH PATUH pada penetapan jarum menit pada msg2 jam yg mereka miliki (dari dulu hingga saat ini)??

jj wrote:Dan agama Islam itu mudah kok, kitanya saja cenderung membikin sulit.
Tepat sekali! Agama Islam itu mudah utk mempersulit hidup anda!
jambrong
Posts: 332
Joined: Mon Jul 09, 2012 4:23 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jambrong »

jj wrote:Dan agama Islam itu mudah kok, kitanya saja cenderung membikin sulit.
Tepat sekali! Agama Islam itu mudah utk mempersulit hidup anda![/quote] :finga:
User avatar
BebasMungkin
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by BebasMungkin »

jj wrote: Memang manusia dan termasuk beberapa umat muslim dengan mudahnya mengatakan 'ini haram, itu haram', silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
Saya Lupa ternyata anda Anti Hadist.....
Tapi saya sangat tertarik membahas yg di bawah ini, tapi sebelumnya saya akan sedikit Komentari dulu Pernyataan anda dibawah....
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
Mungkin maksud anda seperti ini, yang penting Niat, masalah Perhitungan waktu, Tidak Perlu......
bagi saya itu sama saja Percaya dan menerima dgn Mematikan Akal

jj wrote: Dan dari awalnya Allah sudah mengetahui bahwa manusia itu sulit menentukan waktu dengan 100% akurasi


73:20 Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri [sembahyang] kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan [demikian pula] segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh [balasan]nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Saya sangat Tertarik dgn yang ini, mudah2an kita dpt diskusi dgn santai......


Kalau saya baca ayat diatas, maka Allah swt memang "Mengakomodasi Kekacauan", "Mengakomodasi Ketidak-Teraturan"

Bukankah Allah swt menyatakan Bahwa Qur'an diturunkan utk Menyelesaikan Perselisihan ??
Surat An-Naĥl : 64
Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.


Klu Berselisih kembalilah pd Qur'an (Qs 16 : 64), tapi Qs 73 : 20 bukan Menyatakan hendak menyelesaikan Perselisihan, Tapi Allah swt malah berfirman Wajarlah kamu Berselisih, karna aku menciptakan Waktu tanpa bisa ditentukan Batas2nya (Mengakomodasi Ketidak-Teraturan)
<==== Kontradiksi.......



Kalau Berselisih bertanyalah kepada yg Berpengetahuan ??
Surat An-Naĥl : 43
Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu, kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka; maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui,


Surat Al-Anbya : 7
Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.


Kalau Tidak tau Tanyalah kepada yang Berpengetahuan (ILMUWAN/SAINTIS), begitu kata Allah swt dalam Qs 16 : 43, SAINTIS SUDAH DAPAT menentukan Batas2 waktu tsb dan menyatakan SALAH BESAR menentukan Tanggal 1 dgn Bulan Sabit (Hilal) itu KEKACAUAN namanya....

TINGGALKAN HILAL, Tapi QS 2 : 189, Allah swt malah menyuruh bahwa Hilal utk menentukan Awal Bulan
<==== Lagi2 Kontradiksi.......


Yang Paling Fatal
Surat Ar-Rahman : 5
“Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.”


Penjelasan Muslim : Kata “husban” disebutkan dalam Al Qur’an untuk menyatakan bahwa pergerakan matahari dan bulan itu dapat dihitung dengan ketelitian sangat tinggi.

Ternyata Allah swt Tidak Konsisten, katanya dpt dihitung dgn Ketelitian Tinggi, Ternyata dilain Ayat Allah swt pun "Ragu" Apakah Waktu2 tsb dapat Dihitung ?? Adakah Batasnya ?? Qs 73 : 20
<==== Lagi2 Kontradiksi, Multi Tafsir dan Ayat2 Ragu2.....



Sangat Berkontradiksi dengan Ayat ini :
Surat An-Nisa : 103
Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.


Bagaimana mau ditentukan waktunya Kalau, Allah swt sdh Berfirman tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu....

jj wrote: Dan agama Islam itu mudah kok, kitanya saja cenderung membikin sulit.


bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan [permulaan] Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda [antara yang hak dan yang bathil]. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir [di negeri tempat tinggalnya] di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan [lalu ia berbuka], maka [wajiblah baginya berpuasa], sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari- hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
Muslim sangat Identik dgn Pergerakan Benda Langit, Matahari dan Bulan, karna Waktu2 ibadahnya SANGAT ditentukan oleh Pergerakan benda Langit tsb,
BETAPA SULITNYA Muslim ternyata Allah swt pun Ragu, apakah Waktu2 itu dpt ditentukan ??



Siapa Bilang Waktu2 tsb Tidak Dapat ditentukan Batas2nya, Qur'an Salah dalam hal ini.....
Postingan saya sebelumnya sdh JELAS secara Sains, orang yang Puasa Sabtu Tanggal 18 Agustus 2012 adalah Puasa saat Bulan Syawal......
Sangat Jelas Batas2nya.......

SAINTIS sdh DAPAT menentukan batas waktu tsb, Mengapa Allah swt menyatakan bahwa Manusia tdk dpt menentukan Batas waktu tsb ??
User avatar
Foxhound
Posts: 5006
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI
Contact:

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by Foxhound »

jj wrote:Memang manusia dan termasuk beberapa umat muslim dengan mudahnya mengatakan 'ini haram, itu haram', silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
Kalau AlQuran tidak berbicara, tidak mengharamkan juga tidak menghalalkan.... tetapi hadits berbicara, gimana hukumnya? Apakah anda tetap anti hadits?

http://id.wikipedia.org/wiki/Waktu_haram_puasa
Waktu haram puasa adalah waktu di mana umat Islam dilarang berpuasa. Hikmahnya adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.

Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri ( 1 Syawal )
Berpuasa pada Hari Raya Idul Adha ( 10 Zulhijjah )
Berpuasa pada hari-hari Tasyrik ( 11, 12, dan 13 Zulhijjah )

Selain hari-hari tersebut, ada pula waktu dimana umat Islam dianjurkan untuk tidak berpuasa, yaitu ketika ada kerabat atau teman yang sedang mengadakan pesta syukuran atau pernikahan. Hukum berpuasa pada hari ini bukan haram, melainkan makruh, karena Allah tidak menyukai jika seseorang hanya memikirkan kehidupan akhirat saja sementara kehidupan sosialnya (menjaga hubungan dengan kerabat atau masyarakat) ditinggalkan.

1. Hari Raya Idul Fithri

Tanggal 1 Syawwal telah ditetapkan sebagai hari raya sakral umat Islam. Hari itu adalah hari kemenangan yang harus dirayakan dengan bergembira. Karena itu syariat telah mengatur bahwa di hari itu tidak diperkenankan seseorang untuk berpuasa sampai pada tingkat haram. Meski tidak ada yang bisa dimakan, paling tidak harus membatalkan puasanya atau tidak berniat untuk puasa.

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صِيَامِ يَوْمَيْنِ: يَوْمَ الفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى – متفق عليه

Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari: hari Fithr dan hari Adha. (HR Muttafaq ‘alaihi)

jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

jj wrote: silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
duren wrote: Jangan cuma main Quran aja dunk ...lha buktinya elo GA AKAN CUCI BURUNG klo ga ada hadis \:D/
Saya cuci burung bukan karena hadits, tapi untuk kebersihan.
Samahalnya kalau saya suka masak rendang ala jawa, itu karena saya suka dan saya ambil dari buku resep "Memasak ala jawa".
jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

jj wrote: Memang manusia dan termasuk beberapa umat muslim dengan mudahnya mengatakan 'ini haram, itu haram', silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
BebasMungkin wrote: Saya Lupa ternyata anda Anti Hadist.....
Tapi saya sangat tertarik membahas yg di bawah ini, tapi sebelumnya saya akan sedikit Komentari dulu Pernyataan anda dibawah....
Saya tidak anti hadits, tapi saya rasa hadits bukanlah kitab suci agama Islam.
Samahalnya dengan Alkitab, Veda, Tripitaka, Tao Te Ching, dan buku masak ala jawa, asalkan tidak bertentangan dengan ajaran Quran tentunya saya boleh2 saja mengikutinya.

Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
BebasMungkin wrote:Mungkin maksud anda seperti ini, yang penting Niat, masalah Perhitungan waktu, Tidak Perlu......
bagi saya itu sama saja Percaya dan menerima dgn Mematikan Akal
Bukan begitu, perhitungan tetap perlu donk, kalau tidak apa perlunya dikatakan Quran untuk berpuasa di bulan Ramadhan.
Hanya saja dalam menentukan waktu manusia itu masih belum dapat menentukan 100% akurat.

Coba saya tanya berapa lama diperlukan bumi untuk mengelilingi matahari?
Dan kenapa ada 'leap year'?

jj wrote: Dan dari awalnya Allah sudah mengetahui bahwa manusia itu sulit menentukan waktu dengan 100% akurasi

73:20 Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri [sembahyang] kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan [demikian pula] segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah [bagimu] dari Al Qur’an dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh [balasan]nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

BebasMungkin wrote: Saya sangat Tertarik dgn yang ini, mudah2an kita dpt diskusi dgn santai......


Kalau saya baca ayat diatas, maka Allah swt memang "Mengakomodasi Kekacauan", "Mengakomodasi Ketidak-Teraturan"
Bukan spt itu, justru Allah mengetahui keterbatasan manusia sehingga diberi sedikit kemudahan.
BebasMungkin wrote: Bukankah Allah swt menyatakan Bahwa Qur'an diturunkan utk Menyelesaikan Perselisihan ??
Surat An-Naĥl : 64
Dan Kami tidak menurunkan kepadamu Al-Kitab (Al Quran) ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.
Tentang 'apa yg mereka perselisihkan' itu tidaklah berarti seluruh masalah termasuk mana yang lebih enak, Rendang ala Jawa atau Padang?
Ada beberapa hal yg menjadi pertentangan kaum saat itu, misalnya ada beberapa kisah nabi yg 'diluruskan' dari sudut pandang Quran.
BebasMungkin wrote: Klu Berselisih kembalilah pd Qur'an (Qs 16 : 64), tapi Qs 73 : 20 bukan Menyatakan hendak menyelesaikan Perselisihan, Tapi Allah swt malah berfirman Wajarlah kamu Berselisih, karna aku menciptakan Waktu tanpa bisa ditentukan Batas2nya (Mengakomodasi Ketidak-Teraturan)
<==== Kontradiksi.......
Spt saya jelaskan diatas, Rendang mana yang lebih enak tidaklah diatur oleh Quran.
Walaupun kita sama2 punya lidah indra perasa, toh tetap saja ada perbedaan bukan?
BebasMungkin wrote: Kalau Tidak tau Tanyalah kepada yang Berpengetahuan (ILMUWAN/SAINTIS), begitu kata Allah swt dalam Qs 16 : 43, SAINTIS SUDAH DAPAT menentukan Batas2 waktu tsb dan menyatakan SALAH BESAR menentukan Tanggal 1 dgn Bulan Sabit (Hilal) itu KEKACAUAN namanya....

TINGGALKAN HILAL, Tapi QS 2 : 189, Allah swt malah menyuruh bahwa Hilal utk menentukan Awal Bulan
<==== Lagi2 Kontradiksi.......
Boleh kok bertanya kepada ilmuwan kalau itu memang dapat membantu, tapi tentang hitungan kalender yg menggunakan bulan dari pada matahari kita dapat menggunakan ke2-2nya.

BebasMungkin wrote: Yang Paling Fatal
Surat Ar-Rahman : 5
“Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.”


Penjelasan Muslim : Kata “husban” disebutkan dalam Al Qur’an untuk menyatakan bahwa pergerakan matahari dan bulan itu dapat dihitung dengan ketelitian sangat tinggi.

Ternyata Allah swt Tidak Konsisten, katanya dpt dihitung dgn Ketelitian Tinggi, Ternyata dilain Ayat Allah swt pun "Ragu" Apakah Waktu2 tsb dapat Dihitung ?? Adakah Batasnya ?? Qs 73 : 20
<==== Lagi2 Kontradiksi, Multi Tafsir dan Ayat2 Ragu2.....
Anda membandingkan ayat yg sudah ditafsirkan dgn pendapat muslim dengan ayat Quran lainnya, tentu saja bisa kontradiksi.

Kalau ada ayat "Rendang jawa itu enak",
dan 'enak' itu saya tafsirkan pedas dan manisnya sangat terasa, lalu anda makan dan ternyata anda bilang 'segini sih ga pedas'?
BebasMungkin wrote: Sangat Berkontradiksi dengan Ayat ini :
Surat An-Nisa : 103
Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.


Bagaimana mau ditentukan waktunya Kalau, Allah swt sdh Berfirman tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu....
Ditentukan waktunya misalkan ketika matahari tergelincir, atau matahari terbenam, tapi tidak perlu sampai hitungan milisecond bukan?
BebasMungkin wrote: Muslim sangat Identik dgn Pergerakan Benda Langit, Matahari dan Bulan, karna Waktu2 ibadahnya SANGAT ditentukan oleh Pergerakan benda Langit tsb,
BETAPA SULITNYA Muslim ternyata Allah swt pun Ragu, apakah Waktu2 itu dpt ditentukan ??
Pergerakan benda langit itu untuk membantu manusia menentukan waktu, karena saat itu belum ada jam dinding.

BebasMungkin wrote: Siapa Bilang Waktu2 tsb Tidak Dapat ditentukan Batas2nya, Qur'an Salah dalam hal ini.....
Postingan saya sebelumnya sdh JELAS secara Sains, orang yang Puasa Sabtu Tanggal 18 Agustus 2012 adalah Puasa saat Bulan Syawal......
Sangat Jelas Batas2nya.......

SAINTIS sdh DAPAT menentukan batas waktu tsb, Mengapa Allah swt menyatakan bahwa Manusia tdk dpt menentukan Batas waktu tsb ??
Silahkan di google, tentang penanggalan saja sampai saat ini kita masih belum punya yg 100% perfect, masih ada (+-)nya.
User avatar
duren
Posts: 11117
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm
Contact:

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by duren »

jj wrote: Saya cuci burung bukan karena hadits, tapi untuk kebersihan.
:shock:

Emanknya APA YANG MONCROT setiap elo kencing ?? Oli kotor bercampur tinja ya :green:
jj
Posts: 1444
Joined: Tue Oct 23, 2007 3:30 am

Re: PUASA DAN LEBARAN

Post by jj »

jj wrote:Memang manusia dan termasuk beberapa umat muslim dengan mudahnya mengatakan 'ini haram, itu haram', silahkan diberikan ayatnya dari Quran jika puasa di 1 syawal hukumnya haram,
Apalagi memang niat kita secara tulus ingin berpuasa dibulan ramadhan tsb.
Foxhound wrote:
Kalau AlQuran tidak berbicara, tidak mengharamkan juga tidak menghalalkan.... tetapi hadits berbicara, gimana hukumnya? Apakah anda tetap anti hadits?
Samahalnya ada umat muslim yg mengharamkan makan kelinci, kodok, kepiting, cumi2, dll, tapi ini tidak ada di Quran.
Untuk saya pribadi, hanya Allah yg berhak untuk mengatakan ini haram atau tidak.
Post Reply