Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Tentu

Artikel dan pertukaran pikiran mengenai SYI'AH, Ahmadiyah, Sufi, Salafi, Wahabi, dan berbagai aliran dan sekte Islam selain Sunni.
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Tentu

Post by Captain Pancasila »

Benar, Sepanjang Tidak Membohongi Diri Sendiri

berdasarkan ayat ini manusia hanya dimintai pertanggung-jawaban berdasarkan apa yang dia ketahui dan yakini :

QS. 17:36. Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

lantas dengan begitu, apa yang dimaksud "Islam" pada ayat2 berikut ini :

QS. 3:19. Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

QS. 3:83. Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

QS. 3:85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.


jawabannya bisa kita lihat dengan jelas pada ayat berikut ini :

QS. 17:15. Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul.

jadi yang dimaksud "Islam" disitu adalah Islam yang benar, jadi Islam yang diketahui dan diyakini kebenarannya, Islam yang diyakini sebagai suatu agama Allah (apa yang disyariatkan Tuhan kepada manusia), masalahnya tidak setiap orang mendapatkan akses terhadap Islam seperti Islam yang pada waktu itu disampaikan oleh RasulNya, karena itulah Allah hanya menuntut manusia beragama berdasarkan yang diketahui & diyakininya :

QS. 2:62. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

QS. 2:286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

QS. 6:152. Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekedar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat.

QS. 7:42. dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.

QS. 65:7. Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.

QS. 5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

QS. 5:69. Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, Shabiin dan orang-orang Nasrani, siapa saja (diantara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.


:turban:

NB : biru + merah = ungu

Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Tentu
Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Tentu Alternative
Alternative Rss Feed
Faithfreedompedia
Last edited by Captain Pancasila on Sat Dec 24, 2016 12:33 pm, edited 2 times in total.
User avatar
keeamad
Posts: 6947
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by keeamad »

Maksudnya boleh masuk surganya islam .... ?
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Captain Pancasila »

di Al-Quran hanya ada satu Tuhan, maka begitu pula dengan surganya! :roll:
walet
Posts: 5858
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am
Contact:

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by walet »

Captain Pancasila wrote:di Al-Quran hanya ada satu Tuhan, maka begitu pula dengan surganya! :roll:
Tapi Tuhannya Islam kok bersumpah pada banyak hal? Jadi ada yg lebih tinggi dari Tuhannya Islam dong.
User avatar
simplyguest
Posts: 1909
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by simplyguest »

Nulis postingan awal thread kok amburadul sih?
Maksudnya apa ngasih judul "Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Tentu"
"Boleh" untuk apa? Boleh berzinah? Boleh sodomi? Ato apa? Gak jelas... #-o

Trus "golongan yang belum tentu" itu maksudnya apa?
"Belum tentu" masuk surga? Ato apa?
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:jadi yang dimaksud "Islam" disitu adalah Islam yang benar, jadi Islam yang diketahui dan diyakini kebenarannya, Islam yang diyakini sebagai suatu agama Allah (apa yang disyariatkan Tuhan kepada manusia), masalahnya tidak setiap orang mendapatkan akses terhadap Islam seperti Islam yang pada waktu itu disampaikan oleh RasulNya, karena itulah Allah hanya menuntut manusia beragama seperti apa yang diyakininya :
Maksudnya bijimane?

Agama Non-Islam spt Kristen, Katolik, Judaisme, Hindu, Agnostik, yang kaga sholat dan kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah, bisa tetep masuk surga?
Begitukah? :-k
Coba diperjelas.
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Captain Pancasila »

begitulah (termasuk Atheis yang Menuhankan Kebenaran), sepanjang dia bener2 kaga percaya! O:)
User avatar
simplyguest
Posts: 1909
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by simplyguest »

Captain Pancasila wrote:begitulah (termasuk Atheis yang Menuhankan Kebenaran), sepanjang dia bener2 kaga percaya! O:)
Jadi non-islam bahkan atheis sekalipun bisa masuk surganya islam, "sepanjang dia bener2 kaga percaya"? :shock:

Jangan2 anda udah jadi agen Si Onis ya kapten? :lol:
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Captain Pancasila »

jadi jika persepsi Ketuhanan macam : Yudaisme => Tuhan Rasis, Kristen & Hindhu => Tuhan butuh Avatar; aja ditolerir, maka begitu pula dengan konsep Ketuhanan macam : Budha => "Tuhan" berupa Hukum Karma, Atheis => "Tuhan" berupa Kebenaran!

jadi intinya sesuai prinsip QS. 2:286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya! :turban:
User avatar
Mohmed Bin Atang
Posts: 2341
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari
Contact:

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Mohmed Bin Atang »

Captain Pancasila wrote:jadi jika persepsi Ketuhanan macam : Yudaisme => Tuhan Rasis, Kristen & Hindhu => Tuhan butuh Avatar; aja ditolerir, maka begitu pula dengan konsep Ketuhanan macam : Budha => "Tuhan" berupa Hukum Karma, Atheis => "Tuhan" berupa Kebenaran!

jadi intinya sesuai prinsip QS. 2:286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya! :turban:
Jangan ngibul pret! Ente lagi ngentutin ayat-ayat ini ya?
Q 9.29. wrote:Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah[638] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.
Hadith Sahih Bukhari, Volume 1, Book 2, Number 24 wrote: Dikisahkan oleh Ibn 'Umar: Rasul Allah berkata: “Aku telah diperintah (oleh Allah) untuk memerangi orang2 sampai mereka mengaku bahwa tidak ada yang layak disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, dan melakukan sembahyang dengan sempurna dan memberi zakat, sehingga jika mereka melakukan hal2 tsb, maka mereka menyelamatkan nyawa mereka dengan menaati hukum Islam dan lalu amal mereka akan diperhitungkan oleh Allah.”
Atau ente emang "terpaksa" ngibulin pembaca disini? Ngibul karena terpaksa holol kan cep?
Nih, ente sendiri yang bikin tridnya: Jika dalam keadaan terpaksa, tidak bisa disebut bohong :lol:
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:jadi yang dimaksud "Islam" disitu adalah Islam yang benar, jadi Islam yang diketahui dan diyakini kebenarannya, Islam yang diyakini sebagai suatu agama Allah (apa yang disyariatkan Tuhan kepada manusia), masalahnya tidak setiap orang mendapatkan akses terhadap Islam seperti Islam yang pada waktu itu disampaikan oleh RasulNya, karena itulah Allah hanya menuntut manusia beragama seperti apa yang diyakininya :
sixpackguy wrote:Maksudnya bijimane?

Agama Non-Islam spt Kristen, Katolik, Judaisme, Hindu, Agnostik, yang kaga sholat dan kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah, bisa tetep masuk surga?
Begitukah? :-k
Coba diperjelas.
Captain Pancasila wrote:begitulah (termasuk Atheis yang Menuhankan Kebenaran), sepanjang dia bener2 kaga percaya!
:stun:
Astagfirullah naudzubilla minzalik

Ane sangat mengerti rendahnya kemampuan ente memahami ayat2 quran, tapi kali ini benar2 keterlaluan...
Dan ane ingin bermain2 dgn ini. :green:


Ok coba diperjelas lebih jelas lagi...

Jadi penganut2 agama non-islam yang :
- kaga sholat
- kaga berzakat
- kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah
- murtad dr islam karna ga percaya ama muhammad
- menyembah tuhan selain allah
- atheis yang tidak percaya allah sebagai pencipta alam semesta dan isinya
- doyan makan babi
- minum alkohol


Semuanya akan masuk surganya islam?
nap.bon
Posts: 1011
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by nap.bon »

Keanehan muslim, mungkin sudah terkena KESAKTIAN PANCASILA.
:rolling:
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Captain Pancasila »

sixpackguy wrote:Ok coba diperjelas lebih jelas lagi...

Jadi penganut2 agama non-islam yang :
- kaga sholat
- kaga berzakat
- kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah
- murtad dr islam karna ga percaya ama muhammad
- menyembah tuhan selain allah
- atheis yang tidak percaya allah sebagai pencipta alam semesta dan isinya
- doyan makan babi
- minum alkohol


Semuanya akan masuk surganya islam?
bersedekah & tidak minum alkohol, adalah kebenaran yang sudah pasti diketahui & diakui semua orang, sehingga atheis yang melakukannya akan tetap masuk neraka! [-(
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:bersedekah & tidak minum alkohol, adalah kebenaran yang sudah pasti diketahui & diakui semua orang, sehingga atheis yang melakukannya akan tetap masuk neraka! [-(
Jurus ngeles sambil membahlulkan diri nya mulai keluar... #-o
Yg ane biruin itu hanya utk muslim bro... bukan untuk non-muslim.
Kapir tau benar kalo nyetir sambil mabuk karena KEBANYAKAN minum alkohol adalah kesalahan. MINUM ALKOHOL BERLEBIHAN is not right, semua org ngerti.
T
A
P
I
Sejak kapan non-muslim mengakui MINUM ALKOHOL ADALAH DOSA SEHINGGA GA BOLEH MENGKONSUMSINYA SAMA SEKALI spt yg diajarin nabimu. Yesus aja ngajak umatnya minum anggur kok... :drinkers:
Di jaman ini, secara medis dan ilmiah, yang diketahui dan diakui kapir malah ALKOHOL BERGUNA BAGI KESEHATAN, bila dikonsumsi dgn benar.
Nah, apa hak lo malah maksa2 kapir tuk ngaku minum alkohol itu salah. :lol:
Sudah paham kan konteks MINUM ALKOHOL yg ane tuliskan diatas?

Jadi tidak minum alkohol, adalah BUKAN kebenaran yang sudah pasti diketahui & diakui semua non-muslim. Setuju?





Sementara itu, ayo jawab yg ini. Ane cabut dulu item yg ente kaga setuju biar lo kaga ngeles2

Jadi penganut2 agama non-islam yang :

- kaga sholat
- kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah
- murtad dr islam karna ga percaya ama muhammad
- menyembah tuhan selain allah
- atheis yang tidak percaya allah sebagai pencipta alam semesta dan isinya
- doyan makan babi


Semuanya akan masuk surganya islam?
:green:
scheherazade
Posts: 508
Joined: Sat Feb 02, 2013 1:19 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by scheherazade »

Alkohol dosa?
Terus itu khamar yang di sungai syurganya Islam masuk jenis apa?
AlapAlapArab
Posts: 266
Joined: Thu Jun 03, 2010 5:20 pm

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by AlapAlapArab »

"Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul."
Dari sini mustinya sudah Ente bisa buktiin ini ajaran yg rancu buatan IBLIS....
Ada beberapa kesimpulan dari ayat ini yg bisa ditarik:
1. Ayat ini adalah klaim kosong yg tdk ada bukti.
2. Sejak jujungan Ente eksis sampai sekarang belum ada yg namanya azab pedih dari si auwoh...
3. Klaim bahwa mohammad adalah "Utusan Tuhan" hanyalah isapan jempol kalo utusan IBLIS sudah terbukti (kelakuan bejat).
Chunk
Posts: 581
Joined: Mon Jan 23, 2012 2:32 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Chunk »

Captain Pancasila wrote:begitulah (termasuk Atheis yang Menuhankan Kebenaran), sepanjang dia bener2 kaga percaya! O:)
wow cp (gue harus bilang wow!).. ini gagasan baru loh. semoga terus lebih maju ya! :supz:
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by Captain Pancasila »

sixpackguy wrote:Jurus ngeles sambil membahlulkan diri nya mulai keluar... #-o
Yg ane biruin itu hanya utk muslim bro... bukan untuk non-muslim.
Kapir tau benar kalo nyetir sambil mabuk karena KEBANYAKAN minum alkohol adalah kesalahan. MINUM ALKOHOL BERLEBIHAN is not right, semua org ngerti.
T
A
P
I
Sejak kapan non-muslim mengakui MINUM ALKOHOL ADALAH DOSA SEHINGGA GA BOLEH MENGKONSUMSINYA SAMA SEKALI spt yg diajarin nabimu. Yesus aja ngajak umatnya minum anggur kok... :drinkers:
Di jaman ini, secara medis dan ilmiah, yang diketahui dan diakui kapir malah ALKOHOL BERGUNA BAGI KESEHATAN, bila dikonsumsi dgn benar.
Nah, apa hak lo malah maksa2 kapir tuk ngaku minum alkohol itu salah. :lol:
Sudah paham kan konteks MINUM ALKOHOL yg ane tuliskan diatas?

Jadi tidak minum alkohol, adalah BUKAN kebenaran yang sudah pasti diketahui & diakui semua non-muslim. Setuju?
bila dikonsumsi dengan benar pun, tetap membebani/membahayakan liver, tapi intinya disesuaikan pemahamannya, kalau meyakini alkohol hanya boleh dikonsumsi dengan cara benar, maka dia akan melanggar "kehalalan" alkohol jika mengkonsumsinya dengan cara salah! sedangkan Yesus, mengubah airnya menjadi jus anggur, bukan alkohol!
sixpackguy wrote:Sementara itu, ayo jawab yg ini. Ane cabut dulu item yg ente kaga setuju biar lo kaga ngeles2

Jadi penganut2 agama non-islam yang :

- kaga sholat
- kaga percaya bahwa muhammad adalah utusan allah
- murtad dr islam karna ga percaya ama muhammad
- menyembah tuhan selain allah
- atheis yang tidak percaya allah sebagai pencipta alam semesta dan isinya
- doyan makan babi


Semuanya akan masuk surganya islam?
:green:
benar, tapi dengan syarat tadi, "tidak membohongi diri sendiri"! tambahan lagi, ada juga non-muslim yang meyakini bahayanya babi bagi kesehatan, non-muslim yang seperti itu, jika menghalalkan babi sebagai konsumsi harian, tidak akan masuk surga!

[-(
User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by CrimsonJack »

Hal-hal yang membebani kerja hati yang diketahui secara umum itu ada 2, lemak jenuh (minyak kelapa dan lemak hewan) dan alkohol.

Dilihat dari sisi ini, biksu yang vegetarian malah lebih sehat daripada muslim.
Awloh kelupaan ngasi tahu kalau selain alkohol, lemak hewan non babi juga berbahaya untuk hati, minyak kelapa juga.
Captain Pancasila wrote:benar, tapi dengan syarat tadi, "tidak membohongi diri sendiri"! tambahan lagi, ada juga non-muslim yang meyakini bahayanya babi bagi kesehatan, non-muslim yang seperti itu, jika menghalalkan babi sebagai konsumsi harian, tidak akan masuk surga!
Jgn lupa haramin sapi, kambing dan onta juga bro, sama bahayanya.
1234567890
Posts: 3862
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Boleh Non-Islam maupun Islam dari Golongan yang Belum Te

Post by 1234567890 »

CrimsonJack wrote: Jgn lupa haramin sapi, kambing dan onta juga bro, sama bahayanya.
bom bahaya engga yah ? :green:
Post Reply