. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Yajuj Majuj/Gog Magog

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby cah_TK_nol_besar » Thu Apr 26, 2012 10:38 pm

Rashidi wrote:sedangkan menurut kitab tetangga,
GOG/MAGOG berada diluar wilayah israel, dan akan menghimpun kekuatan militer untuk MENYERBU WILAYAH ISRAEL.

berdasarkan kitab tetangga, kesimpulan hasil copas ente salah telak.

dan menurut ini elu o'on gak tau sejarah....
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Thu Apr 26, 2012 11:21 pm

cah_TK_nol_besar wrote:wew kok di cocok cocokkan malah tambah cocok ya :green:


:stun: cocok dari mana?
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby cah_TK_nol_besar » Fri Apr 27, 2012 12:01 am

Aku-Suka-Hujan wrote:
:stun: cocok dari mana?

Tulisan om membantah artikel diatas??
bagian mananya?
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri Apr 27, 2012 12:44 am

cah_TK_nol_besar wrote:Tulisan om membantah artikel diatas??
bagian mananya?


Artikel Anda mengklaim: Rosh itu Rusia, Mesekh itu Moskow, Tubal itu Tobolsk.
Saya mencoba menggali bahasa Ibraninya dan sumber2 Timur Tengah Lainnya menemukan bahwa: Rosh itu kata Ibrani untuk pemimpin, kepala, bagian depan/atas, haluan; Mesekh dan Tubal itu adalah sebutan untuk bangsa yang tinggal antara daerah Anatalolia Timur dan Kaukasus Selatan. Coba buka peta, Anatolia (Turki) dan Kaukasus itu ada dimana. Rusia dan Moskow serta Tobolsk ada dimana...

Anda sebenarnya memahami apa yang saya tulis tidak?
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby cah_TK_nol_besar » Fri Apr 27, 2012 8:58 pm

Aku-Suka-Hujan wrote:Artikel Anda mengklaim: Rosh itu Rusia, Mesekh itu Moskow, Tubal itu Tobolsk.
Saya mencoba menggali bahasa Ibraninya dan sumber2 Timur Tengah Lainnya menemukan bahwa: Rosh itu kata Ibrani untuk pemimpin, kepala, bagian depan/atas, haluan;

om mengartikan kata rosh gw gak bisa nyalahin...
dan artikel memilih utk tidak mengartikan kata rosh karena menganggap rosh adalah sebuah daerah gw juga gak bisa nyalahin...
:green:

Aku-Suka-Hujan wrote: Mesekh dan Tubal itu adalah sebutan untuk bangsa yang tinggal antara daerah Anatalolia Timur dan Kaukasus Selatan. Coba buka peta, Anatolia (Turki) dan Kaukasus itu ada dimana. Rusia dan Moskow serta Tobolsk ada dimana...

Anda sebenarnya memahami apa yang saya tulis tidak?

kira2 letaknya disinikah??
Image
Image
Image

gw kasih bonus:
Image
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri Apr 27, 2012 11:10 pm

Ok...

Jadi Anda memahami kalau Magog letaknya di sana saya tidak berkeberatan. Yang saya coba jelaskan adalah bahwa Mesekh sama dengan Mushki dalam catatan kerajaan Akkadia yang tinggal di Anatolia Timur. Orang Georgia masih mengganggap mereka keturunan suku Mushki Timur. Di mana letak Georgia? Selatan Kaukasus. Bukan di Utara Kaukasus seperti yang dianggap banyak penulis abad pertengahan (yang menyediakan Anda peta)
Kalau Peta Anda menurut orang Yahudi Abad Pertengahan, saya coba beri Peta yang didasarkan pada sumber Yunani (Hecateus, Herodotus dan Strabo)
Image
Mushki ada di seatan Colchis (di situ ditulis Molchi)

Artikel Anda mengatakan, Khazar menjadi Yahudi, klan Yahudi yang mana? Ashkenazi? Sephardik? Mishradim? Klan Yahudi lain?
Menurut studi genetik pada Ashkenazi, hanya 10% dari mereka yang kemungkinan memiliki leluhur dari pihak ayah yang dari Anatolia-Kaukasus. Sisanya tetap berasal dari lokus gen yang dimiliki orang yang tinggal di daerah Levant (Siria-Palestina). Lagipula mitos yang menghubungkan Ashkenazi dengan Khazar berasal dari penulis rasis Ernest Renan tahun 1883. Dasar ini dipakai oleh banyak kelompok anti-semit untuk membenarkan kekerasan dan diskriminasi mereka terhadap komunitas Ashkenazi di Eropa. Dan teori ini sudah dibuktikan salah dengan pemeriksaan Genetik.
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby cah_TK_nol_besar » Sat Apr 28, 2012 3:37 pm

Aku-Suka-Hujan wrote:Artikel Anda mengatakan, Khazar menjadi Yahudi, klan Yahudi yang mana? Ashkenazi? Sephardik? Mishradim? Klan Yahudi lain?

Dari judul juga udah terjawab
SELAMAT DATANG Gog Magog (Yajuj Majuj) – Pencuri identitas Yahudi


makanya gw tanyain, bagian mana dari artikel om yg membantah artikel gw..
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Sat Apr 28, 2012 7:00 pm

Posting Ulang-Posting Ulang.

Benarkah Yahudi sekarang itu keturunan Khazar?

Ladies and Gentlement, welcome to 21th Century, saya perkenalkan:
TADA... Genetic analysis... dan mbah Google juga NCBI...
Dengan mempergunakan sedikit sampel DNA sel dan DNA mitokondria Anda, para ahli sekarang dapat memperkirakan sedekat apa hubungan kekerabatan Anda dengan orang lain...

yang dites adalah:
Kromosom Y (yang diwariskan dari ayah ke anak laki-laki dan hampir selalu tidak berubah) dan tiap daerah punya sedikit perbedaan dalam apa yang kita sebut HAPLOGROUP. Saya (keturunan China) cenderung Kromosom Y saya mempunyai Haplogroup O. Sedangkan orang Indonesia (pribumi) cenderung akan mempunyai Haplogroup R... hal ini disebabkan leluhur kita berbeda... Dengan ini Anda bisa tahu leluhur Anda sama atau tidak...
dan
Kromosom Mitokondria (yang didapatkan dari ibu, dan hampir tidak pernah berubah).

Saya pilih kelompok Yahudi Ashkenazi... Karena mereka adalah etnik Yahudi terbanyak di Eropa Timur (Rusia dan sekitarnya)

Hasil analisis Kromosom Y (Leluhur dari sisi Ayah):
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1274378/
The Y Chromosome Pool of Jews as Part of the Genetic Landscape of the Middle East
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14740294
Contrasting patterns of Y chromosome variation in Ashkenazi Jewish and host non-Jewish European populations.

Image
Hmmm... Berdasarkan analisis DNA kromosom Y.... Ashkenazi dan orang Khazar (Turki) tidak ada hubungan yang dekat... Ashkenazi malah lebih dekat hubungannya dengan orang Palestina, Siria dan Yordania... Wow... Berarti leluhur mereka asalnya dari Palestina! I can't believe it! :supz:

Hanya ~11% populasi Yahudi Ashkenazi yang mempunyai Haplotipe R1 (Kaukasus) (Khazar itu termasuk Kaukasus)... Proporsi sedemikian juga ditemukan pada orang Timur Tengah lainnya. (jadi tidak mempunyai makna selain leluhur mereka dulu pernah kawin dengan orang Kaukasus).
Adalah hal yang unik lagi bahwa kromosom Y pada orang Ahkenazi tidak banyak berubah... Hal ini dihubungkan dengan kebiasaan mereka yang 'HANYA MENGAWINI ORANG ASHKENAZI", sehingga terdapat lebih dari 25 penyakit turunan yang umum ditemukan pada orang Ashkenazi... Makanya ga boleh 'inbreeding' ya..

Hasil Analisis Mitokondria (Leluhur dari sisi Ibu)
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1380291
The Matrilineal Ancestry of Ashkenazi Jewry: Portrait of a Recent Founder Event

Wah ternyata hampir setengah orang Ashkenazi adalah turunan dari setidaknya 4 wanita yang mempunyai variasi mitokondria haplogroup K yang tidak ditemukan di populasi lainnya. Dari studi yang sama juga ditemukan bahwa mitokondria orang Yahudi Ashkenazi sangat berbeda dengan variasi haplogroup mitokondria orang Rusia, Polandia, maupun orang Jerman dibandingkan dengan variasi antara 2 kelompok Yahudi yang berbeda (Sephardim dan Ashkenazi)... Dan lebih dekat dengan hamplogroup mitokondria dari daerah Levant (Palestina-Siria)... WOW... I CAN't BELIEVE IT!!!!!!!!

Jadi antara klaim-klaim ga berdasar dan ilmu pengetahuan... Saya pilih sains...
Nanti orang Indonesia perlu tes Haplogroup Kromosom Y... siapa tahu orang Indonesia adalah keturunan orang Yahudi juga.... :P :rofl: :supz: :rolling:[/quote]
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby cah_TK_nol_besar » Sun Apr 29, 2012 4:51 pm

Busyeeeet.............
keknya pinter tapi.....
gw tebelin deh judul artikel gw..

SELAMAT DATANG Gog Magog (Yajuj Majuj) – Pencuri identitas Yahudi


baca sekali lagi dari atas kalo masih blum paham tanya si keemad mungkin bisa njelasin :green:
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Mahasiswa98 » Sun Apr 29, 2012 4:59 pm

cah_TK_nol_besar wrote:Busyeeeet.............
keknya pinter tapi.....
gw tebelin deh judul artikel gw..

SELAMAT DATANG Gog Magog (Yajuj Majuj) – Pencuri identitas Yahudi
baca sekali lagi dari atas kalo masih blum paham tanya si keemad mungkin bisa njelasin :green:


kita udah ngarti intinya elo cuma minta kita disini ngarti paka gak ama tuh berita artinya elo minta kita menjelaskan dan udah dijelaskan kan thread loe hoax doang
cah cah gila kali loe ngetes orang dimari dgn berita hoax kaya gitu ckckc
User avatar
Mahasiswa98
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1395
Joined: Wed Mar 28, 2012 6:50 pm
Location: Dalam TerangNya

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Sun Apr 29, 2012 11:43 pm

cah_TK_nol_besar wrote:SELAMAT DATANG Gog Magog (Yajuj Majuj) – Pencuri identitas Yahudi


Isi Artikel Anda kan secara garis besar:

Gog Magug (Yajuj Majuj) letaknya di Kaukasus Utara (daerah Khazar dulu).
Orang Khazar dulu tinggal disana.
Orang Yahudi pindah ke sana.
Orang Khazar masuk agama Yahudi, dan jadi orang Yahudi (Ashkenazi).
Orang Yahudi aslinya musnah, mati, pindah dsb,dst,dll. Intinya: Orang Yahudi Ashkenazi di tanah Khazar sebenarnya orang Khazar.
Orang Yahudi Ashkenazi (Khazar) menyebar ke Eropa Timur, mendirikan negara Rusia, buat gerakan Zionisme dan mendirikan negara Israel.
Jadi sebenarnya orang Yahudi yang di Israel sekarang itu bukan orang Yahudi asli tapi orang Khazar yang mengambil identitas Yahudi.


Saya menulis:
Pada saat penelitian genetik:
Secara garis keturunan paternal (kromosom Y), leluhur pria orang Ashkenzi sekarang hanya 10% yang berasal dari kromosom Y orang yang tinggal daerah Kaukasus. Sisanya berasal dari daerah Siria-Palestina. Dan sebaran 10% tersebut umum ditemukan pada populasi lain di Timur-Tengah.
Secara garis keturunan maternal (kromosom mitokondria), setengah orang Ashkenazi berasal dari 4 kromosom mitokondria yang sama. Kromosom mitokondria ini sama dengan yang ditemukan pada populasi yang tinggal di Siria-Palestina.
Orang Ashkenazi secara genetik lebih dekat kekerabatannya dengan orang Yahudi Sephardim dan Misrahi dibandingkan dengan orang Eropa Timur di mana mereka numpang dulu dan orang Timur Tengah di mana tinggal sekarang
Artinya secara genetik: Orang Ashkenazi asli Timur Tengah dan berhubungan dengan orang Yahudi Sephardim dan Misrahi. Kecuali orang Sephardi, Misrahi dan Ashkenazi sepakat berbohong kalau mereka orang Yahudi. Orang Ashkenazi adalah secara genetik Yahudi tulen.

Secara studi sejarah dan bahasa:
Studi nama Mesekh dan Tubal dalam catatan geografi dan sejarah Yunani kuno, kerajaan Akkadia dan Persia Akkaemenid juga arkeologi Georgia, menemukan bahwa Mesekh dan Tubal berhubungan dengan suku Mushki dari Georgia sekarang (dan orang Georgia akan dengan bangga mengatakan mereka dari suku Mushki). Bukan Moskwa dan Tobolsk.
Rosh itu artinya kepala, haluan, atau pemimpin dalam bahasa Ibrani. Bukan Rusia.

Secara studi etnolinguistik: berdasarkan etnisitas dan bahasa:
Orang Yahudi termasuk suku bangsa Semitik Barat Laut (bersama-sama orang Ugarit [punah] dan orang Aram)
Orang Mushki bisa termasuk suku bangsa Indo-Eropa (entah Armenia atau Anatolia) atau suku bangsa Kartvelia (penduduk asli Kaukasus)
Orang Khazar termasuk suku bangsa Turki. Orang Turki sendiri termasuk orang Altaik yang artinya mereka asal muasal mereka dari Siberia dan Cina Barat.
Dari studi genetik:
Orang Ashkenazi berhubungan sangat jauh dengan suku bangsa Slavia, Iberia dan Germanik (Indo-Eropa), berhubungan jauh dengan orang Turki, namun lebih dekat dengan orang Palestina, Libanon dan Suriah.

So.... Kesimpulannya adalah?
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby walet » Sun Apr 29, 2012 11:48 pm

Aku-Suka-Hujan wrote:So.... Kesimpulannya adalah?


JAngan terlalu panjang, terlalu berat buat muslim.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5953
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sun Apr 29, 2012 11:51 pm

Aku-Suka-Hujan wrote:So.... Kesimpulannya adalah?

walet wrote:JAngan terlalu panjang, terlalu berat buat muslim.


:lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Mahasiswa98 » Mon Apr 30, 2012 7:19 am

Aku-Suka-Hujan wrote:So.... Kesimpulannya adalah?



cah TK sedang bangun OPINI sekaligus minta legitimasi bahwa yang ada di israel sekarang justru bukan yahudi dan kalo sekarang mereka ada di tanah israel sama dgn menjajah tanah orang dan bukannya pulang ketanah halaman mereka :green:
dgn kata lain kita dia minta orang lain setuju kalo orang israel sekarang harus di di usir pancen cah tk GENDENGGGGGGGGGGGG

slim slim gak pinter pinter loe senengnya taqqiya mulu
slimmmmmmmmmmm woiiiiiiiiiiiiii orang yahudi gak akan musnah tahu gak loe karena udah di janjikan sama YHWH kalo akan tetep ada sampe sejarah di atas bumi berakhir.
User avatar
Mahasiswa98
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1395
Joined: Wed Mar 28, 2012 6:50 pm
Location: Dalam TerangNya

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby CRESCENT-STAR » Wed May 02, 2012 11:39 am

bung Hujan ...boleh saya minta tracing ancestors dari Askenazi ini ?

saya buka link ini menggelitik juga >> http://ziomania.com/ashkenazi/ashkenazi.htm

menariknya atau kebetulan selalu saja ASKENAZI ini memiliki sesuatu yang berbeda dengan yahudi2 lain. misal dari segi IQ. demikian juga dari segi desease gen. misal resiko cancer http://pathology.jhu.edu/pc/PartAJA.php
For years it has been known that pancreatic cancer is more common in Jews than in the general population (1-5). This increased risk is greater in Ashkenazi Jews (those of European origin) than it is in Sephardic Jews (those of Asian or African descent) (6).
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Wed May 02, 2012 2:47 pm

CRESCENT-STAR wrote:For years it has been known that pancreatic cancer is more common in Jews than in the general population (1-5). This increased risk is greater in Ashkenazi Jews (those of European origin) than it is in Sephardic Jews (those of Asian or African descent) (6).


Mas CS... Hal ini tidaklah mengherankan... Tidak mengherankan dan sama saja artinya jika: orang Korea lebih mudah terkena kanker lambung dan leukemia, orang Jawa lebih mudah kena kanker nasofaring, orang Barat lebih mudah terkena Alzheimer, orang Afrika lebih banyak mengalami Penyakit Sel Sabit... Orang dewasa Kaukasia umumnya bisa mencerna susu, 90% orang lainnya tidak bisa... Orang Asia Tenggara jika gemuk mempunyai resiko hipertensi dan diabetesnya 1,05-1,3 kali lebih besar dibanding dengan orang Kaukasia dengan berat yang sama...

Orang suku Han misalnya, setelah 100 tahun tinggal di tanah Amerika sebagai Chinese-American, mereka mempunyai resiko penyakit kardiovaskular yang jauh lebih tinggi dari kerabatnya suku Han yang masih tinggal di China.
Mengapa? Karena pola hidup yang berbeda, lingkungan yang berbeda, dan dinamika genetik yang berbeda antar populasi.

Mengapa Ashkenazi lebih tinggi penyakit dibanding Sephardik dapat kita interpolasikan dari perbedaan pola hidup Ashkenazi dan Sephardik, lingkungan yang berbeda, dan dinamika genetik yang berbeda. Hal ini karena kedua populasi ini terpisah sekian lama dan tidak berinteraksi satu sama lain maka lebih terlihat perbedaannya dibanding populasi yang baru terpisah sebentar. Hal ini juga dapat disebabkan populasi Ashkenazi berasal dari jumlah populasi pendiri (founder) yang lebih sedikit daripad Sephardik dan melihat kebiasaan Ashkenazi yang tidak menikah dengan orang luar dn hanya menikah degan sesama Ashkenazi, laju inbreedingnya lebih tinggi daripad populasi Sephardik yang founding populationnya lebih besar, danseperti kita tahu inbreeding yang tinggi mempermudah timbulnya penyakit genetik.

Hanya karena orang Ashkenazi lebih tinggi kanker-nya maka dianggap beda dengan Sephardik sama aja kita mengatakan bahwa karena orang Jawa pesisir lebih mudah terkena hipertensi maka dianggap beda dengan orang Jawa pedalaman...

Tracing Ancestor? Maksudnya si A dari si B dari si C dari si D gitu???
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby CRESCENT-STAR » Wed May 02, 2012 3:52 pm

HUjan wrote: melihat kebiasaan Ashkenazi yang tidak menikah dengan orang luar dn hanya menikah degan sesama Ashkenazi

kalau begitu ashkenazi ini dilihat dari kebiasaannya cenderung PURE JEWISH BLOOD donk ?
tetapi apa iya begitu ? menggelitik juga perbandingan foto di link yg saya kasih di atas ... apakah Yahudi Kuno begitu EUROPIAN ?
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri May 04, 2012 7:36 pm

CRESCENT-STAR wrote:kalau begitu ashkenazi ini dilihat dari kebiasaannya cenderung PURE JEWISH BLOOD donk ?
tetapi apa iya begitu ? menggelitik juga perbandingan foto di link yg saya kasih di atas ... apakah Yahudi Kuno begitu EUROPIAN ?


Maaf... saya baru bisa balas... Minggu ini saya cukup sibuk...

Saya juga tidak bisa membalas panjang-panjang... Mungkin baru bisa minggu depan... Maaf...

begitu Europian??? Maksudnya perawakannya gitu??? Atau cara berpakaiannya???

Mas CS... saya bukannya mau membela siapapun, namun ini yang sering saya temukan... Bahwa sebagian besar orang tidak membedakan antara negara Israel, warga Israel, orang Yahudi dan Orang Penganut Yahudi. Atau lebih singkatnya:
1. ETHNIK JEW: Yang leluhurnya adalah orang Yahudi
2. RELIGIOUS JEW: Yang beragama Yahudi namun tidak harus memiliki leluhur Yahudi
3. CULTURALLY JEW: Yang berbudaya Yahudi namun tidak harus memiliki leluhur Yahudi atau beragama yahudi...
Jadi bisa saja ada Atheistic Jew, seperti Michael Hart si pengarang 100 manusia paling berpengaruh, Christian Jew, Communist Jew di Rusia, dan Jew-Jew berpaham lainnya...

Sama seperti orang membingungkan Identitas Jawa:
1. ETHNIK Jawa: Orang yang memang leluhurnya berasal dari tanah Jawa
2. CULTURALLY Jawa: Orang yang berbudaya Jawa, mengadopsi pemikiran ala Jawa, berpakaian ala Jawa, dan aspek2 budaya yang dikaitkan dengan Jawa itu sendiri walaupun dia mungkin bukan orang Jawa tetapi orang Sunda, Bali, Bugis, China, dst...
Kalau soal RELIGIOUS... saya ga tahu deh mana yang agama 'natural' orang Jawa... antara ISLAM atau KEJAWEN... Biar orang Jawa yang menjawabnya sendiri...
Contoh lain:
1. Secara Ethnik, saya ethnik Han, subethik Hakka/Khek... Orang Khek Singkawang jaman dulu jarang mau menikah dengan orang non-Khek (Hakka) kecuali kalau dibawa nikah ke Hongkong dan Taiwan... (:P)
2. Secara Kultural, saya orang Tionghua, nilai moral yang saya bawa sedikit banyak berasal dari didikan ortu saya yang Khek tulen, merayakan aspek2 budaya Tionghua seperti Imlek, CengBeng, Ziarah (saya tidak sembahyangi) Kubur, makan kue bulan, hias rumah pakai warna merah... Walau saya banyak melanggar dan tidak melakukan lagi kebiasaan Tionghua yang saya anggap tahyul... seperti ga boleh potong kuku di malam hari, ga boleh taruh apapun di ambang pintu, kalau tidur kepala tidak boleh hadap ke arah jalanan...

Jadi kalau Anda hanya membandingkan satu orang Hakka di Singkawang, satu orang Hakka-Taiwan di pulau Taiwan, satu orang Hakka China-Amerika dan satu orang Hakka di Guandong dilihat dari bentuk mukanya, bahwa ternyata tidak mirip lalu Anda mengatakan bahwa klaim bahwa orang Hakka itu asli dari China adalah salah... Ini rawan fallacy loh... Karena subyektif sekali... Sama dengan orang Jawa di komplek saya bentuk mukanya beda dengan orang Jawa rekan kerja saya... (padahal asal mereka ga jauh2 banget Satu dari Yogya, satu dari Sidoarjo), yang satu hitam areng, satu kuning langsat,satu rambut ikal, satu rambut lurus, satu matanya agak belo, satu matanya agak sipit, satu dapat anda katakan: tampang pas-pasan, satu lagi tampang pujaan... kalau keduanya saya hadapkan kepada bule yang tidak pernah lihat orang Jawa sebelumnya lalu saya beri pertanyaan: "Which one is Javannese?" mungkin mereka akan pilih rekan kerja saya, bukan tetangga rumah saya. Padahal, keduanya orang Jawa asli, ortu dan kakek mereka asli orang migran jaman Suharto... Salah di mana kejawaan mereka?

Jadi bagaimana cara kita supaya dapat membandingkan orang yang sama-sama katanya ETHNIK Jew tapi tanpa fallacy... THANK GOD FOR SCIENCE, sekarang ada cara yang paling dapat diandalkan: POPULATION GENETICS

Terlepas dari klaim supranatural atau religius mereka sebagai bangsa Yahudi, secara genetik, 3 grup besar Yahudi: Ashkenazi, Sephardi dan Mizrahi telah dibuktikan memiliki leluhur yang sama setidaknya sekitar 3000 tahun yang lalu... Dan banyak ahli Genetik Populasi mempergunakan orang Yahudi sebagai 'kelinci percobaan' mereka. Mengapa? Karena sepanjang 2000 tahun terakhir ini orang Yahudi 'tidak bertanah air' dan tersebar atau bermigrasi ke mana saja belahan dunia yang bisa mereka capai (bahkan sampai ke China!) jadi mereka dapat dipergunakan sebagai 'model' untuk mempelajari dampak migrasi manusia terhadap genetik populasi.
Pada tahun 1990an, para ahli genetika menemukan kalau orang Ashkenazi dan orang Sephardi saling berhubungan dekat secara genetik, dan gen mereka lebih banyak ditemukan pada orang yang tinggal di Timur Tengah daripada orang Eropa, jadi klaim mereka berasal dari Timur Tengah bisa dibuktikan terlepas dari asli tidaknya mereka sebagai orang Yahudi.
Rujukan:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/1398615
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8262508
Berdasarkan studi kromosom Y. Orang Yahudi Ashkenazi, Sephardi dan Mizrahi ternyata sebagian besar memiliki distribusi genetik kromosom Y (paternal gene pool) yang sama, yang diperkirakan berasal dari Timur Tengah. Secara genetika populasi, gene pool ini tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan populasi non-Yahudi yang tinggal di Eropa, Afrika Utara dan Timur Tengah. Artinya sebagian besar orang Yahudi sekarang leluhurnya dapat ditelusuri pada kelompok tertentu saja di masa lampau tidak ke mana-mana seperti orang Eropa.
Rujukan:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10801975
70% Orang yang mengaku Ethnik Yahudi dan 50% orang yang mengaku Ethnik Arab (yang keduanya tinggal di negara Israel & Palestina sekarang) memiliki kromosom Y yang berasal dari lelaki-lelaki yang sama yang hidup ribuan tahun yang lalu.
Rujukan:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11153918
Berdasarkan kromosom Y, Orang Yahudi lebih mirip dengan kelompok-kelompok orang-orang yang tinggal di Mesopotamia Utara seperti orang Kurdi, Turki dan Armenia dibandingkan dengan orang Arab.
Rujukan:
http://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=1274378

Untuk sementara sampai di sini dulu... Kalau saya sempat saya akan menuliskan distribusi haplotype mereka sehingga kita dapat melhat asli tidaknya asal orang Yahudi ini... apakah mereka dari Eropa, Kaukasus atau dari Mesopotamia seperti yang dipercayai mereka...
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby CRESCENT-STAR » Fri May 11, 2012 8:35 am

terus terang saya tidak banyak baca masalah diaspora dengan pengkajian kromosom ini,
lalu apakah mungkin kita bisa melacak bahwa sebuah komunitas yahudi itu nenek moyangnya adalah orang2 yahudi yang dulu tinggal di palestina ?

sebab spt yang bung katakan bahwa CAP YAHUDI itu membingungkan, karena pengertiannya bisa jadi AGAMA. dimana orang yahudi itu tidak mesti berdarah asli yahudi yg dulu menetap di palestina. dan memang kalau dikaitkan dengan isu tanah palestina menjadi mengherankan APAKAH PEREBUTAN TANAH PALESTINA INI BERSIFAT AGAMA atau NASIONALISME ? ... jika ini masalah AGAMA dimana orang2 yahudi yang bukan dari keturunan yahudi2 yg dulu menetap di palestina bisa untuk menggunakan ISU AGAMA ini dlm memperebutkan tanah palestina namun menjadi lucu dari sudut Hukum Internasional. sedangkan jika ISU NASIONALISME yg dijadikan patokan maka memang lucu sekali kalau2 orang2 yahudi eropa ini menuntut yg bukan hak leluhur mereka.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Yajuj Majuj/Gog Magog

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Fri May 11, 2012 9:25 am

CRESCENT-STAR wrote:terus terang saya tidak banyak baca masalah diaspora dengan pengkajian kromosom ini,
lalu apakah mungkin kita bisa melacak bahwa sebuah komunitas yahudi itu nenek moyangnya adalah orang2 yahudi yang dulu tinggal di palestina ?

sebab spt yang bung katakan bahwa CAP YAHUDI itu membingungkan, karena pengertiannya bisa jadi AGAMA. dimana orang yahudi itu tidak mesti berdarah asli yahudi yg dulu menetap di palestina. dan memang kalau dikaitkan dengan isu tanah palestina menjadi mengherankan APAKAH PEREBUTAN TANAH PALESTINA INI BERSIFAT AGAMA atau NASIONALISME ? ... jika ini masalah AGAMA dimana orang2 yahudi yang bukan dari keturunan yahudi2 yg dulu menetap di palestina bisa untuk menggunakan ISU AGAMA ini dlm memperebutkan tanah palestina namun menjadi lucu dari sudut Hukum Internasional. sedangkan jika ISU NASIONALISME yg dijadikan patokan maka memang lucu sekali kalau2 orang2 yahudi eropa ini menuntut yg bukan hak leluhur mereka.


sama aja toh sikon nya sama muslim :lol:

muslim indo aja sewot nya minta ampun :green:

justru kondisi seperti ini dimana orang2 di luar konflik yg MERASA memiliki kewajiban/andil dalam konflik dgn berbagai alasan (entah kesamaan religi maupun etnik) yg malah memperkeruh suasana. terutama orang2 yg selalu mengangkat isu agama dan etnis yg sebenernya biang kerok ga beres2nya urusan di timteng. berusaha meyeret seluruh dunia ke dalam konflik regional.
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

PreviousNext

Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users