. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

Re: waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Postby pikir dulu napa » Tue Feb 01, 2011 4:51 am

@prince arab

sambil bantu sundul, link yg diatas mati, aku kasih link yg masih bisa ya :
http://en.wikipedia.org/wiki/Trigonometry

http://id.wikipedia.org/wiki/Trigonometri

alley emang gitu bang dari jaman baheula, suka asal main klaim.
udah jelas Trigonometri dari namanya aja berasal dari bahasa Yunani(trigonon = tiga sudut dan metro = mengukur)
malah jauh sebelumnya di zaman Mesir Kuno dan Babilonia Trigonometri sudah mulai ditemukan. :green:

The first trigonometric table was apparently compiled by Hipparchus, who is now consequently known as "the father of trigonometry".


arab Muslim??
yaelah dari dulu juga kerjaannya cuma main jiplak aja kayak nabinya si Momed. ](*,)
buktinya Momed nabi palsu si otak kosong tukang jiplak berakhlak bejad kagak tau waktu dan iklim yg ada di kutub :rolleyes:
pikir dulu napa
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 269
Joined: Tue Apr 27, 2010 9:38 pm

Re: waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Postby ricky luck » Mon Feb 07, 2011 1:54 am

tunggu dulu bro..

coba baca ini sampe habis
ada hadistnya.. Riwayat Muslim..
====================================
====================================

Assalamualaikum wr. wb.

Disini saya ingin menanyakan masalah penentuan waktu puasa, makan sahur dan berbuka puasa didaerah kutub maupun ditempat lain dibumi ini yang batas antara siang dan malamnya kurang jelas seperti kita di Indonesia, karena seperti yang saya tahu dikutub itu siang dan malamnya terbagi/berganti setiap 6 bulan sekali. Jadi bagaimanakah cara dan pelaksanaan puasa untuk daerah yang demikian itu, karena puasa kan waktunya antara terbit fajar dan menjelang malam (maghrib). Sekian dari saya. Terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jawab:

Merujuk pada fatwa Majlis Fatwa Al-Azhar Al-Syarif, menentukan waktu berpuasa Ramadhan pada daerah-daerah yang tidak teratur masa siang dan malamnya, dilakukan dengan cara menyesuaikan/menyamakan waktunya dengan daerah dimana batas waktu siang dan malam setiap tahunnya tidak jauh berbeda (teratur). Sebagai contoh jika menyamakan dengan masyarakat mekkah yang berpuasa dari fajar sampai maghrib selama tiga belas jam perhari, maka mereka juga harus berpuasa selama itu.

Adapun untuk daerah yang samasekali tidak diketahui waktu fajar dan maghribnya, seperti daerah kutub (utara dan selatan), karena pergantian malam dan siang terjadi enam bulan sekali, maka waktu sahur dan berbuka juga menyesuaikan dengan daerah lain seperti diatas. Jika di Mekkah terbit fajar pada jam 04.30 dan maghrib pada jam 18.00, maka mereka juga harus memperhatikan waktu itu dalam memulai puasa atau ibadah wajib lainnya.

Fatwa ini didasarkan pada Hadis Nabi SAW menanggapi pertanyaan Sahabat tentang kewajiban shalat di daerah yang satu harinya menyamai seminggu atau sebulan atau bahkan setahun. "Wahai Rasul, bagaimana dengan daerah yang satu harinya (sehari-semalam) sama dengan satu tahun, apakah cukup dengan sekali shalat saja". Rasul menjawab "tidak... tapi perkirakanlah sebagaimana kadarnya (pada hari-hari biasa)". [HR. Muslim] Dan demikianlah halnya kewajban -kewajiaban yang lain seperti puasa, zakat dan haji.


Mutamakkin Billa

(Diambil dari buku Majma' Buhus Al-Islamiyah Fi Qadhaya Mu'ashirah, karya Grand Syeikh Azhar Gad el-Haq Ali Gad el-Haq, hal 509 s/d 522 jilid pertama)
=========================
sumber: http://www.pesantrenvirtual.com/index.p ... &Itemid=14
=========================
sudah jelas bro :)


lalu dijawab


ah, ini topik udah lama kaalee...

coba baca lagi yg DIMERAHIN. ini jelas menandakan bahwa -- orang datang ke tempat tersebut -- lalu menemukan hari2 yg TIDAK BIASA. -- tapi jika orang tersebut tinggal di tempat "DI HARI YG TIDAK BIASA" -- lalu BAGAIMANA ???

jelas aturan sholat TIDAK BISA DITERAPKAN DISELURUH PERMUKAAN BUMI. kan aneh kalo anda mau buka puasa -- ambil jam jakarta; mau sahur -- ambil waktu jeddah. :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes:

yang di bold itu namanya bermain trik dengan tuhan, kalau kita orang jujur semisal ambil sahur waktu jakarta ya bukanya waktu jakarta.

tapi jika orang tersebut tinggal di tempat "DI HARI YG TIDAK BIASA" -- lalu BAGAIMANA ???


Islam kan datang nya dari Timur yang punya waktu biasa. benerkan???
jadi ga mungkin kalau orang kutub tiba2 mendengar islam dan kebingungan masalah waktu. mungkinkah orang kutub tiba2 mendengar perintah puasa tanpa ada yang membawanya??? dan yang membawa itu pastinya punya standar waktu.

Tapi itukan buat dajjal??


Fatwa ini didasarkan pada Hadis Nabi SAW menanggapi pertanyaan Sahabat tentang kewajiban shalat di daerah yang satu harinya menyamai seminggu atau sebulan atau bahkan setahun


bisakan diterapkan untuk daerah kutub yang punya masalah sama??
Intinya sekarang mau atau tidak untuk menggunakan dalil ini untuk menyelesaikan masalah kutub bumi. Dan mau jujur atau tidak untuk konsisten kalau memakai sahur waktu jakarta ya buka juga waktu jakarta.

saya sarankan FFI tidak berputar-putar dimasalah yang sudah dijawab. kalau memang sudah dijawab maka jangan diputar tapi cukup setuju atau tidak. kalau memang mau bertanya kembali tanyakan masalah yang benar2 baru
ricky luck
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 26
Joined: Thu Jan 27, 2011 6:22 am

Re:

Postby bagas bin slamet » Thu Dec 22, 2011 10:31 am

Di daerah pertambangan di Rusia sono, umat muslimnya jarang sekali sholat -- termasuk sholat jumat, bukan karena cuman capek -- tetapi juga ya itu matahari suka ogah2an muncul. gak percaya? mereka sebenarnya juga udah bukan muslim lagi -- la wong yg wajib aja gak dijalanin. :lol: :lol: :lol: skali2 jalan2 ke Rusia / eropa / alaska juga boleh kok mbak.
Iya bang betul nih, jadi ana ngikut mikir, Gimana kalo satu saat manusia sudah berdomisili di Bulan ya Bang..?

1. Apakah sholat nya bakal ngadep ke bumi (baca: mendongak ke atas menghadap bumi)???

2. Plus karena di bulan kaga ada malam ama siang, ada nya siang doang atau malam doang patokan apa yang di pake sama si antariksawan muslim ini ya Bang?

3. Apa mungkin muhammad dan aulloh nya islam ketika menciptakan agama Islam ndak sadar jika mereka telah merepotkan pengikutnya?

baiklah ,sekarang jaman digital ,waktu sholat sudah di atur jam digital.saya sarankan di daerah yang extrim ,waktu sholat menyesuaikan digital Makah ,tuk kiblat sholat tetap ka"bah dimana saja demi keseragaman,karna pada waktu rosullulah masih hidup ada sahabat yang pernah melancong ke kutub menanyakan bagaimana ibadahnya ada satu hari yang lamanya 6 bulan,bagaimana ya rosul cara ibadahnya. jawabanya ibadahlah seperti hari biasa dan akan terjadi juga besok menjelang hari kiamat akan berlaku berangsur angsur 1 hari samadengan 6 bulan bersamaan terjadinya matahari terbit dari barat,dan disaran kan sholat seperti hari hari biasa.maka kami menghimbau/berpndapat mulai saat ini semua umat islam yang berada di tempat extrim beribadah menurut jam digital makah,allhamdulilah semoga menjadi solusi ibadah di jagad raya semesta alam.
menurut ilmu antariksa NASA ini sangat sesuai apabila salah satu pelanet atau matahari tertumbuk salah satu pelanet atau bintang yang masanya bisa berakibat matahari terbit dari barat akibat trjadinya benturan besar pada salah satu pelanet tersebut atau matahari,ini akan sangat mungkin terjadi .
allah SWT memerintahkan ibadah secara global seperti sholat jumah misalnya hanya pedagang saja yang diperintah ,pada ayat jumah sebetulnya semua umat ,ini adalah hanya mayoritas yang lain mengikuti.
pada surat ambyah,jagad raya ini dulunya satu kemudian dipisahkan dan mengembang.dan nantinya akan disatukan kembali ini lah yng dinamakan hari kekal, maha dasyat Allah.ya allah ampunilah dosa kami tunjukan jalan yang lurus tuk membela agamamu, amin.
menurut NASA jagad raya ini meledak dan terbentulah berjuta planet dan bintang sampai sekarang masih tetap mengembang ,ini tidak ada ilmuan manapun yang bisa meramal sebagaimana sabda Allah SWT dalam kitab yang maha benar/Al Quran
bagas bin slamet
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Thu Dec 22, 2011 9:03 am

Re: waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Postby bagas bin slamet » Thu Dec 22, 2011 3:22 pm

kang japra... allah SWT selalu akan memberikan jalan pada umatnya yng meminta petunjuk sebenarya Allah SWT mudah memerintahkan sholat jum'at. misalnya hai umat islam kamu diwajibkan sholat jumah tapi tidak bagi Allah yang sudah mengetahui seluk beluk jagad raya,untuk menjelaskan hal ini maka cukuplah bersabda tinggal kan daganganmu untuk melaksanakan sholat jumat karena kota mekah pada waktu itu mayoritas pedagang yang artinya kaum minoritas patutlah mengikuti yang banyak sebagaimana daerah kutub/extrim yang minoritas menyesaikan yang mayoritas,kenapa saya ambil kota mekah yang untuk cenrtaly islamic karena kalau mengikuti indonesia hari raya bisa terjadi 3-4 kali ini tidak bisa untuk pedoman.
beberapa ayat di dalam AL Quran mengajak untuk berfikir seperti ayat terjadinya siang dan malam adalah merupakan kekuasaan allah SWT bagi orang yang berfikir, maka berfikirlah kamu.
bagas bin slamet
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Thu Dec 22, 2011 9:03 am

Re:

Postby bagas bin slamet » Thu Dec 22, 2011 3:40 pm

alley_shatree wrote:Kalo setau gue ya intinya bahwa Allah tidak menghendaki kesulitan bagi hambanya ( itu sesuai ayatNYA)....seperti misalnya dalam sholat bila tidak bisa berdiri maka duduklah, kalo ngga bisa duduk berbaringlah DST.

itu sebagai dasar kita dulu bahwa Allah tidak menghendaki kesulitan bagi hambaNYA.

kemudian kalo masalah waktu sholat dikutub yaitu ditentukan dari daerah atau tempat terdekat yg mengalami siang dan malam dalam periode waktu 24 jam....karena intinya waktu sholat itu kan di saat2 terjadi perubahan waktu misal shubuh itu dari malam ke pagi, maghrib itu dari terang ke senja, isya dari senja ke malam DST.

kalo untuk puasa bila ada didaerah yg 6 bulan malam dan 6 bulan siang....ya dia diwajibkan(bila mampu) untuk pindah ke kota lain yg memiliki normal siang dan malamnya selama bulan ramadhan, atau di qadha(diganti di hari lain) puasanya saat dia bepergian/pindah. namun bila tidak dimungkinkan untuk pindah ke kota lain maka kompensasinya adalah membayar fidya yaitu memberikan makan kepada fakir miskin sebanyak 750 gram berupa makanan pokok setiap harinya....kira2 ya selama 30 an hari.
intinya sih kalo orang yg bersangkutan itu sudah memiliki Iman dan ketagwaan yg tinggi maka hal2 semacam ini akan berjalan dengan mulus tanpa suatu beban yg berarti...mereka akan tetap mengabdi pada Allah SWT walau diujung dunia sekalipun. :)

ini ada juga perhitungan waktu sholat yg cukup lengkap berikut rumus2nya :

http://www.turktakvim.com/code/prayerti ... rtimes.htm

nih sekalian kalo mau nentuin kiblat

http://www.turktakvim.com/code/prayerti ... iqibla.htm


Wallahu alam





alhamdulillah dengan terkuaknya kutub Allah SWT memberikan jalan berupa terkuaknya tehnologi digital yang bisa untuk menyesuaikan ibadah orang orang kutub dan planet lain, maka kami himbau untuk mengikuti makah sebagai central islamic , kalau mengikuti pendapat bapak yaitu untuk pindah atau membayar bidyah,maka akan sangat memberatkan bagi orang miskin padahal semua orang ingin masuk surga. dengan adanya jam digital bisa menolong seluruh umat islam di daerah extrim ,karena lailatul qadar tidak bisa turun di daerah yang tidak ada malam,jangan menyalahkan Allah SWT karena orang yang mendapat lailatul qadar yang bisa meningkatkan ibadahya .inilah yang diambil agar semua orang bisa mendapatkan lailatul qadar /semua orang bisa meningkatkan ibadahnya
demikian ,mudah mudahan menjadi jalan yang lurus ,tidak menyimpang dari Al Quran
maha sempurna allah atas segala ketentuannaya umpama kutup yang untuk pedoman solat bagaimana jadinya maka diperhitungkan jadwal solat dan ibadah lainya sedetail mungkin untuk mengatur padadaerah extrem kita sebagaimanusia dituntut berpikir kalao ingin seimbang
Last edited by bagas bin slamet on Fri Feb 10, 2012 7:30 pm, edited 1 time in total.
bagas bin slamet
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Thu Dec 22, 2011 9:03 am

Re:

Postby bagas bin slamet » Thu Dec 22, 2011 3:50 pm

cahkangkung wrote:Mungkinkah sudah ada ayat,sunnah ataopun Fatwa yang melarang Muslim tinggal di daerah Artik/Kutub utk mengantisipasi hal2 tsb? Misalnya : Hanya setan yang tinggal di daerah es di Zenith dan Nadir bumi? eh...btw katanya Quran kan Bumi ceper kayak karpet alladin kan?






bukan hanya masalah di kutub saja di dalam AL Quran di katakan semua mahluk yang ada di langit dan di bumi hanya menyembah kepada Allah SWT.
alhamdulillah Allah selalu memberikan jalan kebenaran entah itu dari mana datangnya ,dengan terkuaknya kutub Allah SWT memberikan jalan berupa terkuaknya tehnologi digital yang bisa untuk menyesuaikan ibadah orang orang kutub dan planet lain, maka kami himbau untuk mengikuti makah sebagai central islamic , kalau mengikuti pendapat bapak yaitu untuk pindah atau membayar bidyah,maka akan sangat memberatkan bagi orang miskin padalah semua orang ingin masuk surga. dengan adanya jam digital bisa menolong seluruh umat islam di daerah extrim ,karena lailatul qadar tidak bisa turun di daerah yang tidak ada malam,jangan menyalahkan Allah SWT karena orang yang mendapat lailatul qadar yang bisa meningkatkan ibadahya .inilah yang diambil agar semua orang bisa mendapatkan lailatul qadar /semua orang bisa meningkatkan ibadahnya
demikian ,mudah mudahan menjadi jalan yang lurus ,hanya pengaturanya manusia muslim di tuntut untuk berfikir dan tidak menyimpang dari Al Quran
bagas bin slamet
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Thu Dec 22, 2011 9:03 am

Re: waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Postby Dreamsavior » Thu Jan 05, 2012 10:41 am

bagas bin slamet wrote:hanya pengaturanya manusia muslim di tuntut untuk berfikir dan tidak menyimpang dari Al Quran

Emang di Quran ada tata cara solat? ada aturan doa doa apa yang dibaca?

Kalau bung ingin mengikuti Al Quran apa adanya, maka anda hanya akan sholat 3 kali sehari seperti yang dikatakan di QS. 11:114.

Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS. 11:114)


Hitung tuh ... ada 3, pada dua tepi siang, yaitu Pagi dan Petang, plus satu di permulaan malam!

Apalagi sesuai dengan judul thread ini, beberapa pakar menggunakan ayat quran untuk menjelaskan "kapan itu permulaan siang (fajar)" sebagai berikut :
dari sumber islami wrote:Tepi siang yang pertama adalah pada awal hari (pagi), Shalat pada waktu ini dinamakan shalat Fajar (24:58).

Waktu fajar berawal ketika –dengan hanya mengandalkan cahaya alam—kita sudah dapat membedakan benang putih dari benang hitam.

"...Makan dan minumlah sampai jelas bagimu benang putih dari benang hitam, pada fajar..." (2:187)


Waktu fajar ini berlangsung sekitar 30 menit sampai kemudian cahaya alam menjadi terang benderang menandakan telah terbitnya matahari.


Jelas sekali kalau perhitungan fajar itu menurut quran didasarkan atas kapan munculnya matahari (kapan cahaya matahari menyinari bumi sehingga dalam kondisi normal dan tanpa bantuan alat penerangan, seseorang bisa mengidetifikasi benang putih dan benang hitam). ... Nah... hal ini jelas menjadi polemik bagi mereka yang mengalami 6 bulan siang dan 6 bulan malam di bagian kutub bumi.... demi tuhan, mereka mengalami 6 bulan masa dimana tidak bisa membedakan "benang putih" dan "benang hitam" itu!!! Dan tentu ketika muhammad mencetuskan ayat ini, ia tidak tahu kalau ada bagian bumi yang panjang siang dan malamnya berbeda daripada di Arab.




Sekarang coba renungkan pertanyaan ini :
Masih maukah umat islam konsisten mengikuti Quran??
Apakah ini benar ajaran yang universal seperti yang diklaim banyak orang??
Kenapa Tuhan hanya mau didekati pada waktu-waktu tertentu dan tata cara tertentu saja???



Mungkin itulah sebabnya hanya "orang kafir" yang menjadi Astronot NASA sejauh ini ... karena akan sangat ribet aturannya bagi kaum muslimin untuk menjalankan aktivitas ibadah mereka di bulan atau di ruang angkasa. Apakah ini masih bisa di sebut ajaran yang universal??
User avatar
Dreamsavior
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 727
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: waktu solat di kutub - islam cocok untuk scientist

Postby bagas bin slamet » Sun Feb 12, 2012 11:15 am

Dreamsavior wrote:Emang di Quran ada tata cara solat? ada aturan doa doa apa yang dibaca?
Kalau bung ingin mengikuti Al Quran apa adanya, maka anda hanya akan sholat 3 kali sehari seperti yang dikatakan di QS. 11:114.

Hitung tuh ... ada 3, pada dua tepi siang, yaitu Pagi dan Petang, plus satu di permulaan malam!

Apalagi sesuai dengan judul thread ini, beberapa pakar menggunakan ayat quran untuk menjelaskan "kapan itu permulaan siang (fajar)" sebagai berikut :

Jelas sekali kalau perhitungan fajar itu menurut quran didasarkan atas kapan munculnya matahari (kapan cahaya matahari menyinari bumi sehingga dalam kondisi normal dan tanpa bantuan alat penerangan, seseorang bisa mengidetifikasi benang putih dan benang hitam). ... Nah... hal ini jelas menjadi polemik bagi mereka yang mengalami 6 bulan siang dan 6 bulan malam di bagian kutub bumi.... demi tuhan, mereka mengalami 6 bulan masa dimana tidak bisa membedakan "benang putih" dan "benang hitam" itu!!! Dan tentu ketika muhammad mencetuskan ayat ini, ia tidak tahu kalau ada bagian bumi yang panjang siang dan malamnya berbeda daripada di Arab.




Sekarang coba renungkan pertanyaan ini :
Masih maukah umat islam konsisten mengikuti Quran??
Apakah ini benar ajaran yang universal seperti yang diklaim banyak orang??
Kenapa Tuhan hanya mau didekati pada waktu-waktu tertentu dan tata cara tertentu saja???



Mungkin itulah sebabnya hanya "orang kafir" yang menjadi Astronot NASA sejauh ini ... karena akan sangat ribet aturannya bagi kaum muslimin untuk menjalankan aktivitas ibadah mereka di bulan atau di ruang angkasa. Apakah ini masih bisa di sebut ajaran yang universal??


waktu teertentu
waktu solat , puasa sudah diserasikan oleh yang maha mengetahui untuk kepentingan manusia solat subuh adalah ibadah terberat bagi muslimer maka pahalanya terbesar seperti sedekah diwatu sempit, menolong orang waktu kita sibuk/mendahulukan kepentingan orang lain ini yang langsung disaksikan malaikat. jadi berdoa bukan hanya waktu solat saja kapanpun dimanapun bisa berdoa dan berbuat baik sedikitpun pasti akan dikabulkan kalau tidak di dunia pasti nanti di hari pembalasan
kalau penaggalan menurut islam sangat lah cocok karena setiab bulan setelah bulan mati disesuaikan rokyat/hilal hal inilah yang dicontohkan ole nabi muhamad bayangkan kalender yang lain purnama kok pada tanggal 10/25 anehkan berarti islam telah mengetahui peredaran bulan



begini maksud nya segala peraturan ibadah diatur sedetail mungkin dari katulistiwa seperti tampak benagmerah /putih penentuan fajar rokyat awal romadloon dsb. hanya untuk pengaturan ibadah universal justru yang non katulistiwa menggunakan jam dgital misalnya , coba bayangkan kalau pengaturanya lewat kutup akan lebih runyam lagi. maha biljaksana alloh atas segala ketentuannya.
kalaupun mahluk ufo bisa ditemukan inipun udah tertuang dalam ayat .....mahluk bumi bintang dan diantara keduanya, menyembah hanya kepada alloh tidak diberi kesulitan sedikitpun dalam masalah ibadah andai muslimer ber astrounut untuk wudlu bisa tayamum , kulitnya bila tidak bisa cukup pakaiannya bila tidak bisa cukup bersihkan hatinya kakbah kiblatnya kalau dibulan kemana menghadapnya menghadap ke naungan alloh sedangkan ilmuan legendaris Robert enstin pun ahirnya menyadari ada dzat pencipta yang maha dahsyat dan menyatakan kepandaian manusia hanyalah bagai setetes air dilautan sesuai dengan sabdanya alloh ..........tidak kami memberi pengetahuan terhadap manusia kecuali hanya sedikit setelah mengetahui bahwa jagadraya ini ada batasnya dan betapa teraturnya maka betapa tangan berlian apakah yang mampu membuat bintang BER MILYARD bertemperatur milyard drajat dan darimana / DIBUAT dari apakah BERAPA BILYUN KM3 BAHAN YANG TERSERAP nonsen orang apatis sepertimu

makannya kalau beopini jangan ditelan mentah, pelajari ayat alloh yang lain yang memiliki berjuta makna yang artinya 2 lautan tinta masih kurang untuk menulis sifat sifat alloh...... maha benar alloh atas segala firmannya
bagas bin slamet
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Thu Dec 22, 2011 9:03 am

Previous

Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users