. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Waktu sholat

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

Waktu sholat

Postby hellangel » Tue May 01, 2007 5:19 pm

Buat Islam2 yang masuk ke forum ini gw mau tanya :
gw suka perhatiin waktu elu orang sholat , sebelumnya khan cuci muka, kumur2, cuci kuping, cuci tangan, kaki dll. Gw pernah tanya sama orang Islam : katanya agar badan kita bersih sebelum menghadap alloh. Yg gw tanyain : waktu elu orang cuci seluruh badan, ada 1 bagian yang tertinggal yaitu burung (alat vital) !
Kenapa tidak dicuci sekalian , khan bagian ini adalah bagian yang terkotor dari tubuh manusia ?
hellangel
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 8
Joined: Sun Apr 30, 2006 9:05 pm

Postby NoeMoetz » Wed May 02, 2007 9:22 am

Tambah....
Bagian Dubur tuh juga ga boleh disepelekan....
NoeMoetz
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1509
Joined: Fri Dec 08, 2006 9:32 am
Location: Indonesia

Postby cahkangkung » Wed May 02, 2007 9:29 am

Terkotor? Ini bagian terpenting dan terfavorit dalam kehidupan sang Nabi!!
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 9:58 am

Hehehehe, yang gini aja ditanyain.

"Burung" dan Dubur merupakan sesuatu yang Wajar dan Normal engga sih kalo diperlihatkan sama orang lain?

Wudhu itu bukan cuman membersihkan organ secara fisik ketika orang Islam mau Sholat, tapi ada unsur psycologys dalam do'a2 nya, dan karena memang itu yang diperintahkan, kita tidak diperbolehkan untuk menambah2kan atau mengurangi, kecuali kalau dalam kondisi tertentu. (Mandi Junub / Mandi Besar).

Tau Mandi BEsar engga? pasti enggatau juga kan? hehehe

Kalo ingin tahu tentang Wudhu yang sebenarnya bisa baca-baca disini. http://ummusalma.wordpress.com/2007/04/ ... udhu-nabi/
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby widon » Wed May 02, 2007 10:06 am

was,

cuci muka aja dibangga banggain, CEK HATIMU sama nggak dengan QURAN ?
widon
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 120
Joined: Thu Apr 12, 2007 2:06 pm

Postby Sober » Wed May 02, 2007 10:09 am

Asbun,

Saya perhatikan kalau sebelum sholat muslim mesti mencuci tangan, telinga, hidung, kaki, muka....(silahkan tambah kalau masih kurang) sebanyak 3 kali.

Pertanyaannya:

1. Kenapa mesti 3 kali? Apakah itu hanya ritual atau untuk kebersihan?
2. Seandainya itu untuk kebersihan, apakah kalau sehabis Mandi (asumsi nya tentu seluruh badan udah bersih) dan langsung mau sholat, masih diperlukan cuci anggota tubuh diatas 3 kali lagi sebelum sholat?

Thanks
User avatar
Sober
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 187
Joined: Wed Oct 04, 2006 6:21 am

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 10:17 am

widon wrote:was,

cuci muka aja dibangga banggain, CEK HATIMU sama nggak dengan QURAN ?


ISLAM jelas bangga, karena pada saat beribadahpun ada aturan2annya.
Hidup yang memiliki aturan adalah Hidup yang Manusiawi.

dan IBADAH yang memiliki Aturan ILAHIAH, adalah Ibadah yang memang sebuah AGAMA yang benar2 ILAHIAH.

Dan setiap AGAMA pasti mempunyai IBADAH RITUAL, akan tetapi RITUALITAS bisa menjadi sesuatu ikatan ketika telah menjadi sebuah KEBUTUHAN.

ISLAM butuh SHOLAT, dan ISLAM bukan harus SHOLAT, kebutuhan akan selalu datang karena ada perasaan memerlukan, dan keharusan datang karena ada keterpaksaan.
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 10:21 am

Sober wrote:Asbun,

Saya perhatikan kalau sebelum sholat muslim mesti mencuci tangan, telinga, hidung, kaki, muka....(silahkan tambah kalau masih kurang) sebanyak 3 kali.

Pertanyaannya:

1. Kenapa mesti 3 kali? Apakah itu hanya ritual atau untuk kebersihan?
2. Seandainya itu untuk kebersihan, apakah kalau sehabis Mandi (asumsi nya tentu seluruh badan udah bersih) dan langsung mau sholat, masih diperlukan cuci anggota tubuh diatas 3 kali lagi sebelum sholat?

Thanks


1. 3 x, karena itu yang memang dicontohkan oleh Nabi, dan saya kira sudah memenuhi unsur untuk membersihkan secara fisik. (anda bisa mempelajari dari link yang saya berikan)

2. Ya, ! karena Wudhu memang merupakan SYARAT WAJIB ketika akan melakukan SHOLAT meskipun kita telah mandi dan semua organ yang dipersyaratkan dalam wudhu sudah terbersihkan.
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby cahkangkung » Wed May 02, 2007 10:29 am

asbunawas wrote:
Sober wrote:Asbun,

Saya perhatikan kalau sebelum sholat muslim mesti mencuci tangan, telinga, hidung, kaki, muka....(silahkan tambah kalau masih kurang) sebanyak 3 kali.

Pertanyaannya:

1. Kenapa mesti 3 kali? Apakah itu hanya ritual atau untuk kebersihan?
2. Seandainya itu untuk kebersihan, apakah kalau sehabis Mandi (asumsi nya tentu seluruh badan udah bersih) dan langsung mau sholat, masih diperlukan cuci anggota tubuh diatas 3 kali lagi sebelum sholat?

Thanks


1. 3 x, karena itu yang memang dicontohkan oleh Nabi, dan saya kira sudah memenuhi unsur untuk membersihkan secara fisik. (anda bisa mempelajari dari link yang saya berikan)

2. Ya, ! karena Wudhu memang merupakan SYARAT WAJIB ketika akan melakukan SHOLAT meskipun kita telah mandi dan semua organ yang dipersyaratkan dalam wudhu sudah terbersihkan.


Ya..inilah typical Muslim!! Khas sekali!!!
"Dicontohkan Nabi", "Syarat Wajib" wow kedengerannya keren banget ya!! tapi sayang otak dan logikanya ga boleh dipake untuk mempertanyakan mengapa dan untuk apa!! Terima aja apa adanya bulet2 meskipun tindakan itu tanpa makna,futile dan konyol sekalipun yang penting dicontohkan nabi dan syarat wajib.

Btw.udah coba untuk ngawinin anak umur 6 th belom dan ngejarahin kafir? Kan dicontohkan juga oleh Nabimu!!
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Postby Sober » Wed May 02, 2007 10:38 am

Asbun,

Sepertinya jawaban utk no. 1 dan No. 2 tidak konsisten.

Di No. 1 Asbun katakan bahwa itu merupakan syarat, dan sudah memenuhi unsur untuk membersihkan secara fisik.

Di No. 2. walaupun sudah mandi bersih, masih perlu juga cuci 3 kali lagi...Jadi kebersihan total atas seluruh tubuh yang diperoleh dari Mandi yang udah pakai sabun dan shampo tidak berlaku.

Kesimpulannya: Cuci 3 kali itu hanya ritual saja...tidak ada hubungannya dgn kebersihan. Karena habis mandi itu seharusnya udah bersih seluruh tubuh, bukan hanya anggota badan tertentu aja.

Pertanyaan selanjutnya, tapi sebenarnya diulang:

Kenapa mesti 3 kali....bukan 7 kali misalnya....apakah ada latar belakang atas angka 3 ini atau hanya karena Nabi melakukan saja?

Thanks
User avatar
Sober
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 187
Joined: Wed Oct 04, 2006 6:21 am

Postby pemburu kebenaran » Wed May 02, 2007 10:40 am

SHOLAT MEMBERSIHKAN FISIK ? GIMANA KALAU SEPERTI MOHAMED FISIKNYA BERSIH TAPI BAJUNYA ADA BERCAK SPERMA ?? APA BAJU SIH KAGA USAH BERSIH ??, TERUS YANG GUE HERAN DI KAMPUNG2 MEREKA WUDHU PAKE AIR KOLAM YANG ADA TOKAINYA , GIMANA BERSIH TUH ??
pemburu kebenaran
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 73
Joined: Sat Aug 05, 2006 10:43 am

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 10:46 am

cahkangkung wrote:
asbunawas wrote:
Sober wrote:Asbun,

Saya perhatikan kalau sebelum sholat muslim mesti mencuci tangan, telinga, hidung, kaki, muka....(silahkan tambah kalau masih kurang) sebanyak 3 kali.

Pertanyaannya:

1. Kenapa mesti 3 kali? Apakah itu hanya ritual atau untuk kebersihan?
2. Seandainya itu untuk kebersihan, apakah kalau sehabis Mandi (asumsi nya tentu seluruh badan udah bersih) dan langsung mau sholat, masih diperlukan cuci anggota tubuh diatas 3 kali lagi sebelum sholat?

Thanks


1. 3 x, karena itu yang memang dicontohkan oleh Nabi, dan saya kira sudah memenuhi unsur untuk membersihkan secara fisik. (anda bisa mempelajari dari link yang saya berikan)

2. Ya, ! karena Wudhu memang merupakan SYARAT WAJIB ketika akan melakukan SHOLAT meskipun kita telah mandi dan semua organ yang dipersyaratkan dalam wudhu sudah terbersihkan.


Ya..inilah typical Muslim!! Khas sekali!!!
"Dicontohkan Nabi", "Syarat Wajib" wow kedengerannya keren banget ya!! tapi sayang otak dan logikanya ga boleh dipake untuk mempertanyakan mengapa dan untuk apa!! Terima aja apa adanya bulet2 meskipun tindakan itu tanpa makna,futile dan konyol sekalipun yang penting dicontohkan nabi dan syarat wajib.

Btw.udah coba untuk ngawinin anak umur 6 th belom dan ngejarahin kafir? Kan dicontohkan juga oleh Nabimu!!



Hahaha, koq anda nampak sewot sekali, lagi ngomongin wudhu aja pake urat beuheung

Hahaha inilah Tipikal Kafir, ketika Muslim mencontoh apa yang dilakukan Nabi yang diikutinnya sendiri mereka seakan2 merasa keberatan…. Mungkin karena mereka engga punya sosok yang pantas diikuti, jadinya mereka selalu berasumsi dan selalu mengikuti kemauan dirinya sendiri.

Beh, kalo dalam Islam itu udah jelas, RASUL itu yang meyebarkan Islam dan menyampaikan Islam beserta Contoh2 Ibadah yang diberikan oleh Allah kepadanya. Jadi segala bentuk peribadatan yang diperintahkan Allah sudah disampaikan oleh Allah melalui nabi, dan Itulah ISLAM.

Emangnya kalo tidak melakukan apa yang dicontohkan nabi, mau mencontoh siapa lagi? Mau menciptakan aturan2 sendiri semua gue?, kalo maunya seperti itu ya bikin aja AGAMA untuk diri sendiri, namanya AGAMA ASUMSI! Hehehe..

Lagi ngomongin masalah WUDHU malah OOT deh ke masalah kawin..heueheueueue… , Otak kiri sama otak kanan udah ngga nyambung kayaknya tuh…. :lol:

Jangan terlalu keseringan makan sama cahkangkung, sekali2 coba makan makanan yang bergizi tinggi, biar keseimbangan otaknya tetap terjaga mas…
:lol:
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby cahkangkung » Wed May 02, 2007 11:10 am

Alah udah deh kagak usah melebar ke mana2. Elu kalo mau konsisten dengan "apa yang dicontohkan oleh Nabi elu" dengan tanpa mau mikir apa yang dilakuin itu bener ato engga,ada maknanya ada engga, elu juga harusnya lakuin juga tuh semua tindakan2 minum kencing Onta, minum jus Laleur,jarahin kafir dll. Konsisten dikit lah.

Gua kagak pake sewot2 segala,cuma keliatan aja typikal otak muslim elu yang kagak konsisten.
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Re: Waktu sholat

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 02, 2007 11:27 am

hellangel wrote:Buat Islam2 yang masuk ke forum ini gw mau tanya :
gw suka perhatiin waktu elu orang sholat , sebelumnya khan cuci muka, kumur2, cuci kuping, cuci tangan, kaki dll. Gw pernah tanya sama orang Islam : katanya agar badan kita bersih sebelum menghadap alloh. Yg gw tanyain : waktu elu orang cuci seluruh badan, ada 1 bagian yang tertinggal yaitu burung (alat vital) !
Kenapa tidak dicuci sekalian , khan bagian ini adalah bagian yang terkotor dari tubuh manusia ?

ISlam itu mudah ...Allah tidak ingin memberatkan ummatnya ... bayangin aja kalo entu 5 kali sehari dibasuh ...bisa berabe tong
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Re: Waktu sholat

Postby Fiver » Wed May 02, 2007 11:41 am

MONTIR KEPALA wrote:
hellangel wrote:Buat Islam2 yang masuk ke forum ini gw mau tanya :
gw suka perhatiin waktu elu orang sholat , sebelumnya khan cuci muka, kumur2, cuci kuping, cuci tangan, kaki dll. Gw pernah tanya sama orang Islam : katanya agar badan kita bersih sebelum menghadap alloh. Yg gw tanyain : waktu elu orang cuci seluruh badan, ada 1 bagian yang tertinggal yaitu burung (alat vital) !
Kenapa tidak dicuci sekalian , khan bagian ini adalah bagian yang terkotor dari tubuh manusia ?

ISlam itu mudah ...Allah tidak ingin memberatkan ummatnya ... bayangin aja kalo entu 5 kali sehari dibasuh ...bisa berabe tong


Inilah masalahnya:
fisiknya (kelihatan) bersih.....
Hati dan Pikirannya ??????

:cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:
User avatar
Fiver
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 775
Joined: Fri Apr 20, 2007 4:26 pm

Re: Waktu sholat

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 02, 2007 12:53 pm

Fiver wrote:
MONTIR KEPALA wrote:
hellangel wrote:Buat Islam2 yang masuk ke forum ini gw mau tanya :
gw suka perhatiin waktu elu orang sholat , sebelumnya khan cuci muka, kumur2, cuci kuping, cuci tangan, kaki dll. Gw pernah tanya sama orang Islam : katanya agar badan kita bersih sebelum menghadap alloh. Yg gw tanyain : waktu elu orang cuci seluruh badan, ada 1 bagian yang tertinggal yaitu burung (alat vital) !
Kenapa tidak dicuci sekalian , khan bagian ini adalah bagian yang terkotor dari tubuh manusia ?

ISlam itu mudah ...Allah tidak ingin memberatkan ummatnya ... bayangin aja kalo entu 5 kali sehari dibasuh ...bisa berabe tong


Inilah masalahnya:
fisiknya (kelihatan) bersih.....
Hati dan Pikirannya ??????

:cry: :cry: :cry: :cry: :cry: :cry:

waduh nek yg kotor hati itu ente ...liat ente sudah berprasangka...
semua orang Islam berhati busuk menurut lo ??....aje gilee.... orang paling psikopat yg pernah gue temuin ...ck ..ck ...ck
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 1:23 pm

cahkangkung wrote:Alah udah deh kagak usah melebar ke mana2. Elu kalo mau konsisten dengan "apa yang dicontohkan oleh Nabi elu" dengan tanpa mau mikir apa yang dilakuin itu bener ato engga,ada maknanya ada engga, elu juga harusnya lakuin juga tuh semua tindakan2 minum kencing Onta, minum jus Laleur,jarahin kafir dll. Konsisten dikit lah.

Gua kagak pake sewot2 segala,cuma keliatan aja typikal otak muslim elu yang kagak konsisten.


Hehehehe, yang melebar siapa, yang nuduh siapa, dari tadi ane ngomongin WUDHU koq.., ketauan nih hehehe, makanya kalo makan jangan cuman pake cahkangkung doang, jadinya diskusi aja engga Fokus dan selalu pake uratbeuheung…hehehehe


Gini cah ane jelasin deh, yang engga konsistennya itu dimananya?

Nabi juga manusia, ane juga manusia, sifat2 kemanusiaan nabi itu sama dengan sifat2 kemanusiaan ane juga sebagai manusia, jadi harus dibedakan antara contoh2 dari nabi yang bersifat kemanusiaan untuk dirinya sendiri, dan contoh sifat2 kemanusiaan yang pantas untuk ditiru oleh Umatnya.

Kalo masalah Ritual Ibadah dalam hal ini WUDHU, memang sudah SEHARUSNYA nyontoh NABI…, begitu Cah !..., bukan Improvisasi sendiri.., kalo Senam SKJ mau bikin gerakan2 sendiri ya monggo wae…. :lol:

Liat aja, aja sama contoh otak yang cuman dikasih cahkangkung doang, Topik lagi ngomongin WUDHU masih lari kemasalah minum kencing Onta, minum jus Laleur,jarahin kafir dll. Hahahaha, Konsen boss konsen !, ditopik ini lagi ngebahas WUDHU !, ngarti teu ?! maenya kudu disentakan wae era atuh ku umur ! hehehe :)

Perlu diperiksa tuh kayaknya isi Otaknya Cah.., karena engga bisa nangkap apa yang sedang didiskusikan…., KONSISTEN sama TOPIK lah !, kan udah pernah disekolahin sama orang tua.

Pak Moderator, tolong diamankan nih..ada yang OOT dari Topik Wudhu.., hehehehe
:lol:
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 1:29 pm

Asbun,

Sepertinya jawaban utk no. 1 dan No. 2 tidak konsisten.

Di No. 1 Asbun katakan bahwa itu merupakan syarat, dan sudah memenuhi unsur untuk membersihkan secara fisik.

Di No. 2. walaupun sudah mandi bersih, masih perlu juga cuci 3 kali lagi...Jadi kebersihan total atas seluruh tubuh yang diperoleh dari Mandi yang udah pakai sabun dan shampo tidak berlaku.


Bung Sober yang Sabar heheehe...

Pertanyaan No. 1 : Syarat & Unsur Pembersihan secara Fisik Terpenuhi
Pertanyaan No. 2 : Bersih secara Fisik terpenuhi tapi secara Syarat untuk melaksanakan Sholat belum terpenuhi.

Semoga faham.

Kesimpulannya: Cuci 3 kali itu hanya ritual saja...tidak ada hubungannya dgn kebersihan. Karena habis mandi itu seharusnya udah bersih seluruh tubuh, bukan hanya anggota badan tertentu aja.


Kalo dikatakan sebagai Ritual sambil membersihkan diri engga apa2 juga kan, istilahnya sambil menyelam minum air.... :lol: :wink:


Pertanyaan selanjutnya, tapi sebenarnya diulang:

Kenapa mesti 3 kali....bukan 7 kali misalnya....apakah ada latar belakang atas angka 3 ini atau hanya karena Nabi melakukan saja?


Pertanyaannya mungkin bukan seperti itu mas, yang betul itu, kenapa harus membasuhnya dalam beberapa kali?, Jawabnya : Karena nabi melakukan itu sebanyak 3 kali bukan artinya harus 3 kali, tapi 3 kali itu untuk menggenapi atas unsur terpenuhinya syarat menjadi bersih itu sendiri, karena nabi juga pernah melakukannya kadang2 satu kali satu kali, kadang 2 kali juga. Selama air yang dijadikan untuk membersihkan bagian2 anggota2 ketika sedang wudhu sudah bersih, maka satu kali atau 2 kali juga sudah cukup.

Dan itu yang saya lakukan juga, kadang kalo sudah mandi saya hanya cukup membasuh 1 atau 2 kali saja tapi kadang digenapi sampai 3 kali, yang penting syarat untuk melakukan SHOLAt yaitu bersih dari segala Hadats besar dan kecil sudah terpenuhi.

Itu artinya, Tidak diwajibkan pengulangan 3 kali basuh bagi setiap anggota tubuh yang dipersyaratkan ketika wudhu, dan yang menentukan faktor jumlah beberapa kali ketika sesuatu anggota tubuh itu perlu dibasuh/dibersihkan adalah terpenuhinya unsur kebersihan anggota tersebut serta kesempurnaan penyiraman air pada tiap2 anggota tubuh tsb.

Contoh : Kalo misalkan ditangan kita ada kotoran yang susah untuk dibersihkan, biasanya kalo dikaki, biasanya orang yang berwudhu bisa berkali2 untuk membasuhnya biar bersih.

Dan seperti kata FEO (Montir kepala) dalam ISLAM engga ada yang susah dan engga usah dibikin susah, ane juga karena levelnya manusia biasa, ya lakukan saja sebatas yang kita mampu dan kita bisa…, toh Allah juga menciptakan manusia dengan batasan kemampuan yang berbeda2.

Yang penting ane mah sebelum Sholat emang harus Wudhu dulu.., karena itu memang syarat syahnya melaksanakan Sholat.


Coba deh bung Sober yang sabae sekali kali nyobain juga berwudhu, biar tahu unsur2 yang bisa didapat ketika orang ISLAM berwudhu…, jangan menanyakan Gado2 itu enak engga sih? Tapi gado-dagonya sendiri engga pernah dirasain.

Demikian menurut pendapat saya. sebagai ISLAM dari seorang manusia biasa ini.

Salam.
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby Sober » Wed May 02, 2007 1:40 pm

Asbun,

Pertama:

.....to the point saja....

Anda tidak menjawab pertanyaan saya...mengapa mesti 3 kali...malah mau mengubah apa yang mau saya tanya.

Kedua:

Tolong dibaca sekali lagi,....atau mungkin berkali kali....jawaban mu yang pertama dgn jawabanmu yang terakhir...dan analisa sendiri...apakah konsisten atau tidak.....(salah satu contoh: dijawaban kedua "seolah-olah" 3 kali tidak wajib lagi.....)

Kalau Asbun nggak bisa melihat apa yang saya lihat....ngga ada gunanya saya bertanya lagi...

Thanks
User avatar
Sober
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 187
Joined: Wed Oct 04, 2006 6:21 am

Postby asbunawas » Wed May 02, 2007 2:05 pm

Pertama:

.....to the point saja....

Anda tidak menjawab pertanyaan saya...mengapa mesti 3 kali...malah mau mengubah apa yang mau saya tanya.



Bung Sober,
Kan saya sudah jelaskan diatas 3 x basuhan, bukanlah sebuah KEHARUSAN, tapi itu adalah jumlah basuhan yang pernah dicontohkan oleh Nabi juga. jadi kata MESTI disini dalam pertanyaan anda tidak berlaku. (Perbuatan yang pernah dilakukan oleh NABI yang harus dicontoh oleh UMATnya disebut SUNNAT (Bukan WAJIB).

Kedua:

Tolong dibaca sekali lagi,....atau mungkin berkali kali....jawaban mu yang pertama dgn jawabanmu yang terakhir...dan analisa sendiri...apakah konsisten atau tidak.....(salah satu contoh: dijawaban kedua "seolah-olah" 3 kali tidak wajib lagi.....)

Kalau Asbun nggak bisa melihat apa yang saya lihat....ngga ada gunanya saya bertanya lagi...[/quote]

YA, memang secara jumlah basuhan, BUKANLAH SESUATU YANG WAJIB (SUNNAH), tapi harus terpenuhinya unsur BERSIH.

Jadi disini mana yang tidak konsisten? Mohon anda jelaskan..
asbunawas
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Next

Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users