.

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Yang santai dan rileks. Gosip juga boleh.

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby prisca » Sat Jun 22, 2013 6:24 pm

Sebenarnya sdh lama ingin sharing ttg FeNoMeNa kenaikan harga BBM di Ina yg menghiasi media cetak dan elektronik, tdk hny di Ina, ttp jg diluar Ina.
Jadi teringat kembali setelah membaca statement dr MaNuSiA_bLeGuG

MaNuSiA_bLeGuG wrote:kehebohan akibat BBM naik

hari ini ada pemandangan yg lain dari biasanya yaitu pom bensin penuh dgn pengantri konsumen premium, tidak hanya mobil saja akan tetapi kendaraan roda dua pun tak mau ketinggalan untuk nyempit2in antrean di pom bensin. kalo dipikir2 emg besok BBM bakal langka apa ? hoooi...besok itu bbm cuma mo naik harga, bukan menghilang. emg dgn ngantri berjam2 di pom bensin maka anda2 semua akan berhemat ? tidaaaak!!!! tetep aja setelah hari ini anda2 semua akan membeli premium dgn harga baru... :lol:

yg paling absurd adalah antrian kendaraan roda 2 yg panjangnya naujubilah mendelik, emang ente pikir itu motor bisa nampung berapa liter sih ? 100 liter ?!?! hemat ga nyampe 10 rebu aja hebohnya minta ampun...ckckckck sampe gw yg motor nya bener2 kosong tangki nya jdi ga bisa ngisi gara2 kehebohan ga masuk akal bgini. absuuuurd...absurd ](*,)

Dari: http://indonesia.faithfreedom.org/forum/post915592.html#p915592



Dari 60 Negara dgn harga BBM tertinggi, Ina menenteng harga BBM per galon bensin senilai US$ 3,68 dan menempati urutan ke-49 menurut Bloomberg.

Kenaikan harga BBM ini selalu dibuntuti/dibarengi demo2 dr bbrp kalangan.
Yg membuat sy baca berita sambil "ngelus dada" adl demo yg disertai dgn aksi anarkis, perusakan infrastruktur, dll.
Apa iya tidak berpikir bhw yg dirusak itu, rakyat jg yg akan mengganti..?


Sangat prihatin jk melihat rakyat Ina yg benar2 dlm standar "miskin" harus berjuang lbh keras untuk memenuhi kebutuhan dgn harga dasar bahan yg plg pokok dlm melangsungkan kehidupan semakin tdk terjangkau oleh penghasilan mrk yg minim.
Tapi jk tdk naik, kalangan atas penikmat BBM murah semakin gendut aja.. Hmmm, dilemma..

Bagaimana dgn pendapat kawan2 yg melihat dan terjun langsung merasakan FeNoMeNa kenaikan BBM ini?

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM


FFI Alternative
Faithfreedompedia
User avatar
prisca
 
Posts: 791
Joined: Sat Mar 23, 2013 7:28 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby SMF » Sat Jun 22, 2013 9:36 pm

Masi bnyk pertentangan pendapat dr ahli ekonomi mengenai kenaikan BBM ini. Ada yg bilang harus, ada yg bilang masi ada cara lain supaya APBN tdk jebol. Menurut saya, tdk seharusnya naik, masi ada cara lain buat tutupin APBN. Just my 2 cent :stun:
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________
~ MUHAMMAD (Al-Tabari 6:111)
" AKU TELAH MEMALSUKAN SEGALANYA MELAWAN TUHAN DAN MENYALAHKAN KATA2NYA YANG TIDAK PERNAH DIA KATAKAN ".

Yesus: "Mintalah dan kamu akan diberikan." Mohammad: "Rampoklah dan berikan saya 20%."
SMF
 
Posts: 164
Joined: Wed Jan 18, 2012 5:15 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sun Jun 23, 2013 1:15 am

alasan utama sehingga BBM mengalami kenaikan adalah karena subsidi yg tidak tepat sasaran, terutama subsidi premium yang ternyata juga dinikmati orang2 yg kaya. akan tetapi pemerintah mengeluarkan solusi yg katanya lebih baik yaitu dengan menaikan BBM yang disertai dgn BLSM ( bantuan langsung sementara masyarakat ) sebagai pengganti biaya kenaikan yg katanya (lagi) disalurkan langsung kepada keluarga miskin, sehingga subsidi menjadi lebih tepat sasaran (katanyaaa...).

sekilas terlihat bijaksana dan baik sekali solusi dari pemerintah ini, tapi pada kenyataanya malah ga ada bedanya dan tidak memecahkan permasalahan. dalam pandangan gw pemerintah telah gagal dalam menilai letak permasalahanya atau bisa juga dikatakan tau letak permasalahannya namun hanya sekedar tau tanpa memahami lebih dalam. pemerintah sadar bahwa subsidi BBM selama ini menjadi salah sasaran dan malah memberatkan negara karena konsumsi premium terus meningkat, akan tetapi mereka tidak sadar bhw letak permasalahannya terletak kepada sistem distribusi BBM bersubsidinya yg salah, bukan subsidi BBM nya. BLSM yg katanya adalah solusi dari subsidi yg tak tepat sasaran sebenarnya malah sama saja rawan ketidak tepatan juga, mengganti subsidi BBM dgn BLSM sebenarnya hanya sebuah politik TUKAR GULING. nama berbeda namun permasalahan tetap sama, yaitu soal keakuratan sistem pemberian bantuan, dan bukan jenis produk bantuannya. .

sudah fakta dilapangan kalo program kartu miskin dan KJS saja rawan penyimpangan, banyak orang yg seharusnya tidak mendapatkan malah justru diberi. gw punya kenalan dari keluarga mampu, tapi bisa mengurus kartu miskin untuk mendapatkan pengobatan gratis. harus diakui, orang indo itu emg kreatif dalam hal kejahatan. mau gonta ganti produk bantuan klo sistemnya ga dibenerin dan ditegakan dgn benar sih, sami mawon.... dan sayangnya pemerintah kita masih terdiri dari orang2 b3go atau tidak perduli selain memikirkan partai dan masa jabatan 5 tahun kedepan.

seharusnya jika pemerintah emg serius, mereka bisa membuat aturan soal mobil pribadi ato mobil yang tergolong mewah untuk tidak membeli premium. bahkan seharusnya mereka sudah harus menggiatkan peralihan kepada kendaraan BBG, yg bisa dimulai dari kendaraan operasional negara dari mentri sampe PNS apalgi kalo ditambah dgn perusahaan angkutan milik negara dan daerah. dan mereka harus membuat aturan yg jelas dan keras untuk mengatur pembelian premium.

sebagai gambaran, kita dulu lebih dahulu mulai dalam memasyarakatkan konversi dari BBM ke BBG dalam bentuk tabung gas 3kg daripada malaysia akan tetapi sekarang malaysia jauh lebih maju dalam hal peralihan dari BBM ke BBG daripada indonesia. terlihat dari jumlah stasiun pengisian BBG malaysia utk kendaraan yang sudah mencapai 400an buah pada 2011, sedangkan indonesia ? di tahun yg sama, kita cma punya 9 (sembilan) itupun sebagian besar di jakarta. dan sekarang di 2013, kita hanya memiliki 33 SPBG tersebar di jakarta dan jatim dan masih tetap lebih sedikit dari malaysia yg mungkin sudah mencapai ribuan saat ini.

jdi sebenarnya, permasalahan kita bukan di subsidi BBM, tapi pemerintah kita yg ga becus mengurus negara.

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby LongLiveInfidel » Sun Jun 23, 2013 2:20 am

yang saya takutin 'penyelewengan' dana, digunakan untuk kampanye tahun depan... butuh duit banyak cyiin....
Kalau memang pemerintah berani melepas atribut partai, mereka 'semakin mungkin' mulai memikirkan hajat masyarakat gak cuma perutnya sendiri...
Dari dilepasnya subsidi BBM, penganggaran APBN bisa lebih maksimal pada peningkatan Transportasi (angkot gratis didanai pemerintah, kan mayan tuh, Jalan-jalan diperbaiki), Kesehatan (lumayan nih demam dikit jadi alesan kerumah sakit, sekalian nyuci mata ngeliat suster cantik atau gak dokter-dokter muda yang cantik), Pendidikan (Gratis!!) SEANDAINYA
Tapi yang terfikirkan sekilas oleh saya... Perkreditan kendaraan bermotor yang ditawarkan mungkin akan semakin murah, tapi permintaan masyarakat akan hal tersebut mengurang.... (mungkin jadi melempem disektor otomotif) mungkin yang lebih ahli ekonomi bisa lebih detil kali ya... maklum belum lulus S1 juga saya... :rofl:

SEANDAINYA
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
LongLiveInfidel
 
Posts: 33
Joined: Mon Jun 10, 2013 9:43 pm
Location: Kolong Langit TAPI gak menyembah tuhannya Nabi Arab.

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby Broni » Sun Jun 23, 2013 8:16 am

Tidak ada transparansi penggunaan anggaran dari pemerintah SBY ditilik dari makin suburnya praktek korupsi, menurut saya membuat kita semua hanya bisa menduga-duga solusi yang sesuai dalam hal kebijakan BBM. Bagaimana kita bisa mencari solusi kalau permasalahanya terletak pada diri SBY sendiri yaitu tidak akan mau membuka duduk permasalahannya karena untuk melindungi hobi korupsinya yang tingkat dewa tersebut?
Broni
 
Posts: 46
Joined: Tue Jan 20, 2009 8:40 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby Bagol5 » Sun Jun 23, 2013 9:22 am

saya setuju sama mas blegug. ngapain ngantri premium ampe nguler? ntar abis juga dibakar.
daripada beli premium mending beli pertamax. mesin jadi lumayan lebih awet. tarikan juga lebih alus.

mau dinaikkin berapa pun, fasilitas umum juga paling gitu2 aja. korupsi mah tetep aja lancar jaya.

pendidikan kaco, kesehatan kaco, ekonomi kaco, olahraga kaco... isinya cuma politik melulu. adu congor yg dikuatin. sama skandal...
User avatar
Bagol5
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby 1234567890 » Sun Jun 23, 2013 10:17 am

lingkaran setan pembangunan di indonesia

public transport amburadul ... jadi orang terpaksa pake kendaraan pribadi

biaya subsidi bbm naik karena makin banyak yang pake

duit untuk memperbaiki public transport diabisin untuk subsidi dan korufsi
dan PT yang ada dirusak pengguna ....
jadi balik ke langkah 1

untuk memperbaiki masalah ini, ya pengguna harus bisa merawat dan pemerintah harus bisa menahan diri
jangan langsung kesurupan kalo liat duit
dan juga infrastruktur yang lebih baik
ga perlu mendatangkan ahli macem macem
konsep mass transport sudah banyak .... tinggal ambil 1
alesan pemerintah mendatangkan ahli ya hanya untuk cari kesempatan untuk korupsi dan jalan jalan

semua kota besar di dunia udah punya mass rapid transit sendiri
dan systemnya ga banyak berbeda
hanya paling masalah dengan penempatan stasiun dan jalur
underground atau overpass
mau taro stasiunnya di mana ?

sisanya .... seperti ticketing system, rolling stock, signalling etc ... semua bisa ambil yang off the shelf

memang indonesia punya masalah juga dengan infrastruktur yang kurang memadai
misal, listrik yang senen kemis ....
kalau sampe kejadian mati lampu dan mrt indonesia pake listrik ikut mati ... kan berabe

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM
Mirror
Faithfreedom forum static
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby 1234567890 » Sun Jun 23, 2013 10:31 am

LongLiveInfidel wrote:yang saya takutin 'penyelewengan' dana, digunakan untuk kampanye tahun depan... butuh duit banyak cyiin....
Kalau memang pemerintah berani melepas atribut partai,


hal yang sulit karena di negara maju pun masalh ini masih ada


Dari dilepasnya subsidi BBM, penganggaran APBN bisa lebih maksimal pada peningkatan Transportasi (angkot gratis didanai pemerintah, kan mayan tuh, Jalan-jalan diperbaiki)


asal ga dikorup .... mungkin angkutan umum murah ... ga usah gratis .. dan efisien
orang cenderung ga menghargai sesuatu yang gratis


, Kesehatan (lumayan nih demam dikit jadi alesan kerumah sakit, sekalian nyuci mata ngeliat suster cantik atau gak dokter-dokter muda yang cantik), Pendidikan (Gratis!!) SEANDAINYA


program kjs jokohok bagus tuh ... semua orang ... kaya miskin ditanggung untuk kelas 3 dan pengobatan dasar
kalau mau extra, yang kaya tinggal bayar
kalau yang kaya pelit ... ya silahkan pake kelas 3
jadi ga ada masalah dalam pengurusan ... misal orang mampu ... nyogok untuk dapet kjs
kalau seperti di atas, mau nyogok pun ga ada gunanya karena semuanya berhak untuk dapet kjs ...
hanya pertanyaannya apakah yang kaya mau dirawat di kelas 3 ?
yang mampu pasti akan minta dirawat di kelas 1 atau vip .... jadi otomatis orang kaya engga pake kjs
lagian yang namanya orang, kaga mungkin kaya atau miskin selalu ... ada kalanya orang kaya jadi miskin dan orang miskin jadi kaya
dengan sistem semua orang bisa pake, ga ada masalah karena begitu si miskin jadi kaya, dia akan dengan sendirinya ga lagi menggunakan kjs
jadi bantuannya lebih tepat sasaran
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby usmanabdullah » Sun Jun 23, 2013 1:21 pm

saya setuju dan sependapat dgn bro blegug... masalahnya adalah bukan soal disubsidi atau tidak disubsidi tapi lebih kepada salah urus negara dengan berbagai kepentingan politik (kekuasaan) didalamnya...

BBM dijadikan komoditas untuk mendongkrak popularitas... BBM dijadikan alat pencitraan... Coba flash back pada pemilu terakhir premium diturunkan hingga 3x dan kemudian muncul iklan parpol tertentu memanfaatkan keadaan. Saya mendukung naiknya harga bbm tetapi dengan kondisi negara bebas korupsi... Negara memaksakan berhemat dari pemotongan subsidi bahan bakar namun dilain pihak pembiaran terhadap garong anggaran negara juga terjadi... 2014 saya tidak akan pilih mereka... Tugas kita brother and sista memilih dan menentukan pengelola bangsa ini. Dimata saya moncong putih.. garuda emas dan si panas demam perlu di beri kesempatan
User avatar
usmanabdullah
 
Posts: 1212
Images: 2
Joined: Thu Nov 08, 2012 2:31 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby kokokbeluk » Sun Jun 23, 2013 3:39 pm

MUHAMMAD :butthead: JUGA BIANG KEROKNYA!!! :lol:

PETRAL Mafia Minyak RI dan Rezim SBY
Image

................US$ 30.6 milyar atau setara dengan Rp. 275.5 triliun per tahun. itulah jumlah uang yg dikeluarkan Pertamina/negara utk impor minyak, Sekali lagi Uang Pertamina/Negara yg dikeluarkan untuk membeli minyak impor melalui Petral pada tahun 2011 = Rp. 275.5 triliun !
Jumlah uang yg luar biasa besar yg dikeluarkan negara utk beli minyak impor melalui Petral ini tentu saja TIDAK pernah luput dari MAFIA, MAFIA minyak yg disebut2 menguasai dan mengendalikan Petral adalah Muhammad Riza Chalid. Riza diduga kuasai Petral selama puluhan tahun. Disamping Riza, dulu Tommy Suharto juga disebut2 sbg salah satu mafia minyak. Perusahaan Tommy diduga mark up atau titip US$ 1-3/barel................


......Dia adalah WNI keturunan Arab yg dulu dikenal dekat dgn Cendana, Riza, pria berusia 53 tahun ini disebut sbg PENGUASA ABADI dalam bisnis impor minyak RI. Dulu dia akrab dgn Suharto skrg merapat ke SBY. Riza disebut2 sbg sosok yg rendah hati, tapi siapapun pejabat Pertamina termasuk Dirut Pertamina akan gemetar dan tunduk jika ketemu dia, Siapa pun pejbat Pertamina yg melawan kehendak Riza akan lenyap alias terpental. Termasuk Ari Soemarno Dirut Pertamina yg copot jabtaannya.
Ari Soemarno dulu terpental dari jbtn Dirut Pertamina gara2 mau pindahkan Petral dari Singapore ke Batam. Riza tdk setuju. Ari dipecat, Jika Petral berkedudukan di Batam/Indonesia tentu pemerintah dan masyarakat luas lebih mudah awasi operasional Petral yg terkenal korup, Rencana Ari soemarno ini tentu bahaya. Bisa ganggu kenyamanan Mafia Minyak yg sudah puluhan tahun menikmati legitnya bisnis minyak. Para perusahaan minyak dan broker minyak internasional mengakui kehebatan Riza sbg God Father bisnis impor minyak Indonesia.
Di Singapore, Muh Riza Chalid dijuluki “Gasoline God Father”. Lebih separoh impor minyak RI dikuasai oleh Riza. Ga ada yg berani lawan.............


............Janji Dahlan Iskan utk kalahkan BUMN malaysia apalagi Petronas dalam 2 tahun itu hanya mimpi. Di Pertamina saja Dahlan takluk dgn Cikeas, Siapa Riza cs itu? Disebut2 yang berada dibelakang Riza adalah Bambang Trihadmodjo, Rosano Barrack dst. Keluarga dan Genk Cendana, Sekarang Genk Cendana berhasil tundukan Cikeas dan Dahlan Iskan. Semua direksi Pertamina skrg adalah PRO MAFIA MINYAK. PRO PETRAL
Skrg bukan hanya Petral yg menjadi BONEKA Riza cs, tapi juga Pertamina. Kenapa bisa terjadi seperti ini? Ada info lbh “menyeramkan” ! ” aksi jalan tol ” dahlan iskan bbrp hari yl disebut teman2 saya td malam sbg kompensasi frustasi Dahlan menghadapi Hegemoni Mafia ini. Sejak dahlan iskan teriakan : “Bubarkan Petral !” ..Mafia minyak ini bergerak cepat. Konsolidasi. Masuk ke Cikeas, istana & lap banteng................

................Dahlan Iskan sbg menteri BUMN tak akan bisa berkutik melawan mafia minyak ini jika rakyat tidak dukung dia. Dia juga takut dipecat SBY, Terbukti Dahlan Iskan terpaksa berhentikan komisaris2 dan direksi2 pertamina yg anti mafia minyak. Skrg Pertamina 100% jd hamba mafia
Dahlan sendiri hati nuraninya mgkin menjerit, tp apa daya kuasa tak ada. Rakyat juga menjerit, tp ada daya tak kompak turunkan penguasa.................
============================

Emang Republik Indonesia biang keroknya....KORUPTOR :turban: merajalela........
Kalu mau baca yang kumplit, klik link diatas.....


MUHAMMAD
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
kokokbeluk
 
Posts: 2540
Joined: Tue Apr 26, 2011 12:43 am
Location: Bukan TUHAN yang ngomong ame muhammad saw di gua hira! TAPI hantu!

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby 1234567890 » Sun Jun 23, 2013 3:59 pm

usmanabdullah wrote:Tugas kita brother and sista memilih dan menentukan pengelola bangsa ini. Dimata saya moncong putih.. garuda emas dan si panas demam perlu di beri kesempatan


pilih parte ketiban safee aja

jadi gampang untuk nangkep mereka pas korupsinya
ga bakalan jauh jauh dari selangkangan .... :green:
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby SMF » Sun Jun 23, 2013 4:23 pm

usmanabdullah wrote:Dimata saya moncong putih.. garuda emas dan si panas demam perlu di beri kesempatan

Jgn cuma liat partainya, tapi liat yg dicalonkan siapa. menurut saya, itu lebih penting

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________
~ MUHAMMAD (Al-Tabari 6:111)
" AKU TELAH MEMALSUKAN SEGALANYA MELAWAN TUHAN DAN MENYALAHKAN KATA2NYA YANG TIDAK PERNAH DIA KATAKAN ".

Yesus: "Mintalah dan kamu akan diberikan." Mohammad: "Rampoklah dan berikan saya 20%."
SMF
 
Posts: 164
Joined: Wed Jan 18, 2012 5:15 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon Jun 24, 2013 1:23 am

b0dohnya pemerintah kita itu ya, mereka masih kurang faham ttg barang subtitusi padahal di budaya kita sudah jelas dikenal pepatah 'tak ada rotan akar pun jadi'. sudah tau kita defisit produksi BBM, tapi tetep maksa make BBM dgn cara impor. seharusnya klo cerdas, mereka mencari alternatif sumber energi lain yg saat ini udah jelas solusinya adalah penggunaan gas. pemerintah kita sadar dan aware akan keberadaan alternatif energi ini, akan tetapi lagi2 tetep maksa make BBM yg harus impor + ngeluh ' ini sangat membebani anggaran' , b0doh kan? :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby 1234567890 » Mon Jun 24, 2013 6:21 am

kalo pake gas, ntar jatah premannya berkurang

pedahal kalau diliat, banyak kendaraan di negara maju malahan pake bbg
dan stasiun pengisian bbgnya udah ada di mana mana .... sama seperti bensin biasa

dan pemerintah berusaha mendorong warganya untuk pake bbg
kalo pake bbg, pajak kendaraan di diskon
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby jonieh » Mon Jun 24, 2013 7:17 am

salah satu penyebab bbm harus naik adalah : disparitas harga !
mungkin selama disparitas harga yang demikian tinggi akan membuat kran pertamina terus 'bocor' ( baca: diselundupkan keluar negeri). imho.
jonieh
 
Posts: 184
Joined: Sun Jun 09, 2013 5:03 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby pigsy » Mon Jun 24, 2013 9:36 am

Carut marut perekonomian Indonesia bukan cuma untuk BBM. Kebijakan Ekonomi kita sejak dari hulu hingga hilir sudah salah kelola. Sebuah negeri yang kaya akan sumber daya alam, bisa kelilit hutang karena salah kelola sumber daya itu. Dari kebijakan pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan semua dikangkangi untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu. Selama pejabat yang menduduki posisi pengambil kebijakan bukan seorang negarawan, selama itu pula negeri ini akan morat-marit.

salah satu penyebab bbm harus naik adalah : disparitas harga !
mungkin selama disparitas harga yang demikian tinggi akan membuat kran pertamina terus 'bocor' ( baca: diselundupkan keluar negeri). imho.

Kasus di atas cuma salah satu sumber masalah. Tapi jika pejabat dipertamina tidak dimanfaatkan untuk kepentingan golongan tertentu, hal demikian bisa diminalisasi.

Saya pribadi setuju jika BBM dinaikkan, tapi jangan jadikan ini sebagai alat untuk mendongkrak popularitas seperti saat pembagian BLT sebelum pemilu 2009. Saya kuatir pencabutan subsidi BBM kali ini dalam rangka pencarian dana kampanye 2014. BLSM yang cuma 4 bulan tidak akan memberi manfaat yang berarti karena tidak tepat sasaran. Dan bagi penerima, uang itu cenderung seperti menang lotre hingga pemanfaatannya justru untuk konsumtif. Yang tepat kenaikan BBM ini dilakukan secara berkala seperti kenaikan TDL (Listrik) hingga tidak menjadi rutin, saat BBM naik maka harga-harga langsung melejit naik juga.

Kenaikan BBM juga dapat mendidik bangsa ini untuk bijak dalam menggunakan sumber daya alam tak terbaharui tersebut. Saat ini, saya miris jika melihat kemacetan, karena membayangkan berapa liter BBM yang dibakar percuma.

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
pigsy
 
Posts: 220
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:48 am

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon Jun 24, 2013 10:23 am

jonieh wrote:salah satu penyebab bbm harus naik adalah : disparitas harga !
mungkin selama disparitas harga yang demikian tinggi akan membuat kran pertamina terus 'bocor' ( baca: diselundupkan keluar negeri). imho.


permasalahan yg diangkat oleh pemerintah adalah biaya subsidi yang memberatkan anggaran, karena kita juga harus impor BBM. jika kita berbicara soal penyelundupan dan penimbunan BBM, itu kita sedang berbicara hal lain yaitu kelangkaan BBM :green:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby jonieh » Mon Jun 24, 2013 11:11 am

@atas

kelangkaan bbm mungkin salah satu disebabkan oleh penyelundupan bbm, tapi penyelundupan bbm tidak mesti mengakibatkan kelangkaan bbm.

kalau pemerintah bertekad menjaga suplay, maka berapapun permintaan pasar akan dipenuhi, otomatis ini akan membuat subsidi akan membengkak.

sedangkan penyelundup akan berpesta pora.
jonieh
 
Posts: 184
Joined: Sun Jun 09, 2013 5:03 pm

Re: FeNoMeNa dan DiLeMa BBM

Postby prisca » Mon Jun 24, 2013 12:05 pm

Terimakasih atas sharing teman2 :yawinkle:

Secara umum setiap kenaikan harga rata2 minyak mentah Ina (ICP) sebesar US$ 10 per barel di atas asumsi, subsidi BBM diperkirakan bertambah Rp 20 billion.
Asumsi ICP dalam APBN 2013 sebesar US$ 100 per barel, sedangkan ICP pada Desember 2012 sudah US$ 106,9 per barel. Jadi, jk harga BBM bersubsidi dinaikkan Rp 1.500 mjd Rp 6.000/ltr, dana subsidi yg bs dihemat sekitar Rp 50 billion...bukan angka yg main2 bs digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat di Ina.

Sy pribadi jg setuju dgn kenaikan harga BBM di Ina, dgn catatan bhw masyarakat Ina yg berada pd/di bawah garis miskin harus dijamin..bukannya malah semakin ditenggelamin dgn menyimpangkan uang subsidi..



Soal, kenaikan BBM ada kaitannya dgn pesta demokrasi Ina yg(kalau tdk salah dirayakan 9April mendatang), mau tdk mau memang akan ada kaitannya.
Secara ini 2013, dimana parpol2 dan capresberlomba2 menarik suara rakyat.
Bisa dikatakan akan menjatuhkan nama dan kepercayaan masyarakat terhadap parpolnya SBY.
Kesempatan bagi partai oposisi untuk beraksi.

FeNoMeNa dan DiLeMa BBM
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
prisca
 
Posts: 791
Joined: Sat Mar 23, 2013 7:28 pm

Next

Return to Obrolan Santai



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron