Terorisme Zona Afrika

Aksi2 terorisme, pemboman, demonstrasi kekerasan, intimidasi dan serangan2 kelompok2 Islam atas nama Islam. TIDAK termasuk honor killing, atau pembunuhan secara individu
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Dubes AS, 3 Warga AS Tewas Dalam Serangan di Libya
Sumber: breitbart.com

Dubes AS untuk Libya dan tiga warga AS anggota stafnya tewas dalam sebuah serangan ke konsulat AS di kota-timur Benghazi, oleh para demonstran yang marah terkait sebuah film yang mengolok-olok nabi Islam Muhammad, para pejabat Libya mengatakan hari Rabu (12/09/12).

Mereka mengatakan duta besar Chris Stevens tewas Selasa malam ketika Ia dan sekelompok pegawai kedubes menuju ke konsulat untuk mencoba mengevakuasi staf, ketika gedung mendapat serangan dengan pistol dan granat berpeluncur roket.

Tiga pejabat Libya yang mengkonfirmasi kematian para korban adalah wakil mendagri untuk Libya timur Wanis al-Sharaf, kepala keamanan Benghazi Abdel-Basit Haroun, dan senat kota Benghazi dan pejabat keamanan Ahmed Bousinia.

Kemenlu mengatakan hari Selasa bahwa seorang Amerika tewas dalam serangan itu. Kemenlu belum mengkonfirmasi para korban lainnya.

Serangan di konsulat Benghazi terjadi di saat ratusan pendemo di negara-tetangga Mesir memanjat dinding Kedubes AS di Kairo dan membakar dan menggantikan bendera Amerika dengan bendera Islam hitam.

Serangan-serangan di Benghazi dan Kairo merupakan yang serangan kali pertama terhadap fasilitas-fasilitas diplomatik AS di luar negeri, di masa ketika baik Libya dan Mesir berjuang menghadapi pergolakan menyusul jatuhnya pemimpin otoriter mereka, Moammar Gadhafi dan Hosni Mubarak, dalam pemberontakan tahun lalu.

Protes-protes di kedua negara dipicu oleh kemarahan terkait sebuah film yang mengolok-olok Muhammad, dibuat oleh sutradara Israel yang tinggal di California dan dipromosikan oleh seorang ekstremis Kristen Mesir anti-Islam di Amerika Serikat. Kutipan-kutipan dari film yang disuarakan menggunakan bahasa Arab itu diposting di Youtube.

Stevens, 52 tahun, seorang diplomat karir yang berbicara bahasa Arab dan Perancis telah bekerja selama dua periode di Libya, termasuk mengepalai kantor di Benghazi dalam masa revolusi melawan Gadhafi. Ia dikonfirmasi sebagai dubes untuk Libya oleh Senat awal tahun ini.

Sebelum insiden hari Selasa, lima dubes AS telah tewas dalam tugas, yang terakhir ialah Adolph Dubs di Afghanistan tahun 1979, menurut kantor sejarawan Kemenlu.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Al Shahab Klaim Serangan Terhadap Pemimpin Baru Somalia
Sumber: aljazeera.com

Ledakan-ledakan dan penembakan telah mengguncang hotel Mogadishu di mana presiden terpilih Somali yang baru, bertemu dengan menteri luar negeri Kenya dan para pemuka lainnya.

Sebuah bom meledak di luar gerbang, diikuti oleh adu tembak, mengakibatkan delapan orang tewas hari Rabu (12/09/12).

Seorang perwira polisi mengatakan seorang tentara Uganda dari pasukan regional dan dua tentara Somali tewas dalam serangan itu, menambahkan bahwa laporan-laporan awal menyatakan serangan dilakukan oleh tiga pembom bunuh diri.

Dua pembom bunuh diri ditembak dan meledak ketika berupaya memasuki hotel, sementara pembom bunuh diri ketiga ditembak mati ketika mencoba memanjat dinding hotel, sebuah pernyataan dari Uni Afrika mengatakan.

Al-Shahab, sebuah kelompok Islamis yang memerangi pemerintah Somali, menyatakan bertanggung-jawab atas serangan itu melalui juru bicaranya.

Kelompok ini menentang pemilihan Hassan Sheikh Mohamud, mengatakan hal itu sebagai manipulasi oleh Barat.

"Kami bertanggung-jawab atas serangan itu terhadap siapa yang disebut sebagai presiden dan delegasinya," Ali Mohamud Rage, sang juru bicara, mengatakan kepada kantor berita AFP.

Koresponden Al Jazeera Peter Greste, melaporkan dari hotel Jazeera Palace di Mogadishu di mana serangan terjadi, mengatakan terjadi dua ledakan, dan adu tembak muncul segera setelah ledakan pertama.

Mohamud dan Sam Ongeri, menlu Kenya, lolos tanpa menderita luka, Ia mengatakan.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Bom Bunuh Diri di Kafe Mogadishu Tewaskan 15
Sumber: english.rfi.fr

15 orang tewas dan sedikitnya 20 lainnya luka-luka dalam sebuah serangan bom bunuh diri di sebuah kafe Mogadishu hari Kamis (20/09/12), menurut para saksi mata. Serangan terjadi di sepanjang jalan dari Teather Nasional, dekat istana kepresidenan.

Dua pria tak dikenal memasuki kafe pada sekitar pukul !7:30 kemarin dan meledakkan bom, menewaskan lebih kurang 15 orang dan melukai 20, demikian menurut para petugas kepolisian.

Ali Mohamud Rage, seorang juru bicara untuk kelompok pemberontak militan A-Shebab, mengatakan pemboman dilakukan oleh para simpatisan kelompoknya.

Kafe ini sering dikunjungi para jurnalis dan pegawai sipil.

Di antara para korban terdapat para jurnalis terkemuka setempat, empat jurnalis lainnya juga menderita luka serius.

Sementara itu, pada tengah malam hari Rabu, serangan-serangan mortir di beberapa tempat di distrik Bondheere dan Shibis kota Mogadishu menewaskan lima orang dan melukai 23 lainnya, sumber-sumber setempat melaporkan. Di antara korban adalah seorang wanita yang baru saja melahirkan, yang meninggal ketika sebuah mortir menghantam rumahnya di Mogadishu.

Secara keseluruhan, serangan-serangan brutal telah menurun dalam beberapa bulan terakhir, sejak AMISOM dan pasukan pemerintah Somali mengusir Al Shebab keluar dari Mogadishu pada Agustus 2011.

Para pengamat khawatir bahwa kelompok Al-Shebab mungkin kembali menggunakan serangan-serangan hit-and-run, penembakan membabi buta, dan menggunakan tameng-tameng manusia untuk menggulingkan pemerintah federal Somali yang didukung PBB.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Para Pemberontak Somali Klaim Pembunuhan Anggota Senat, Ancam Akan Pembunuhan-pembunuhan Lainnya
Sumber: garoweonline.com

MOGADISHU, Somalia 23 September 2012 (Reuters): Para pemberontak Islamist mengatakan mereka menembak mati seorang anggota senat Somali di Mogadishu hari Sabtu (23/09/12) dan mengancam untuk membunuh tiap anggota senat di negara ini.

Pria-pria bersenjata menembak mati Mustaf Haji Mohamed di luar rumahnya setelah ibadah malam, yang terkini dalam gelombang serangan sejak majelis baru Somalia memilih presiden Hassan Sheikh Mohamud awal bulan ini.

"Berapa kali kami harus memperingatkan warga Somali untuk tidak bergabung dengan pemerintah kafir?" Sheikh Abdiasis Abu Musab, juru bicara untuk operasi-operasi militer bagi kelompok militan Islamis Al Shabaab, mengatakan kepada Reuters hari Sabtu malam.

"Biarlah itu menjadi pelajaran bagi yang lain."

Pemilihan Mohamud disambut baik oleh para pendukungnya dan kekuatan Barat sebagai suara untuk perubahan setelah lebih dari dua dekade kekerasan. Kaum militan segera melabeli politikus pendatang baru sebagai seorang "pengkhianat" yang memimpin pemerintahan hanya demi kepentingan-kepentingan Barat.

Mohamud sempat menjadi target pemboman bunuh diri yang gagal hanya dua hari setelah menerima tugas barunya.

"Kami membunuh anggota senat Mustaf....dan kami akan membunuh semua anggota senat dan para pejabat satu demi satu," kata Musab.

Utusan khusus sekjen PBB untuk Somalia, Augustine Mahiga, menyebut penembakan itu sebagai sebuah aksi pengecut yang menjadi sebuah "peringatan akan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh institusi dan pemerintahan baru."

Penunjukan parlemen yang baru dan lebih ramping, dan pemilu presiden yang pertama diadakan di saat tentara Afrika bersiap melaksanakan serangan baru terhadap kubu pertahanan terakhir al Shabaab di kawasan selatan negara itu.

Al Shabaab memanggil ratusan pejuang dari kawasan-kawasan lain minggu ini untuk memperkuat kota pelabuhan Kismayu.

Pasukan AMISOM Uni Afrika mengatakan, namun demikian, terdapat tanda-tanda pertikaian internal dalam tubuh al Shabaab. Lebih dari 200 pemberontak membelot dekat kota Jowhar, sekitar 80 km dari ibukota, hari Sabtu, AMISOM mengatakan.

"Al Shabaab terpecah belah dan dikalahkan di seluruh Somalia," Brigadir Michael Odonga, wakil komandan pasukan, mengatakan.

Belum ada tanggapan segera dari al Shabaab.

Dengan jatuhnya Kismayu dan pelabuhannya akan memperlemah moral para pemberontak dan mencabut sumber pendapatan kunci mereka, hal itu tampaknya akan memberikan pukual telak bagi pemberontakan.

Meskipun AMISOM dan pasukan pemerintah Somali telah memperoleh kendali atas berbagai kota di seluruh kawasan selatan dan tengah, kawasan-kawasan pedesaan yang luas masih belum terjamah.

Para diplomat menduga al Shabaab akan melarikan diri ke pedalaman-pedalaman, sebagaimana yang telah mereka lakukan sebelumnya, dan beralih kepada taktik pemboman-pemboman bunuh diri dan pembunuhan-pembunuhan terencana yang telah menandai dua minggu pertama masa jabatan Mohamud.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

12 Tewas Dalam Kekerasan Pemberontak di Beledweyne, Somalia Tengah
Sumber: garoweonline.com

BELEDWEYNE, Somalia 16 Oktober 2012 (Garowe Online) - Sedikitnya 12 orang tewas hari Selasa (16/10/12) setelah agen-agen Al Shahab menyerang para pasukan pemerintah Somalia di pinggiran bandara Beledweyne yang terletak di kawasan Hiiraan, Garowe Online melaporkan.

Menurut para pejabat, pertikaian saat itu sangat intens, berlangsung cukup lama dengan kedua pihak kehilangan kendaraan-kendaraan militernya dalam pertempuran.

Para pejabat pemerintah mengatakan serangan kejutan itu terjadi di distrik Walaweyn di kawasan-tetangga di Shabelle Bawah dan merembet ke kawasan Hiiraan, menambahkan bahwa jumlah korban masih belum dipastikan.

Kolonel Abukar Yarow yang berbicara kepada media hari Selasa mengatakan bahwa para pasukan pemerintah Somali di kawasan Hiiraan berhasil menangkis serangan oleh Al Shabaab.

"Saya tak bisa memastikan jumlah korban saat ini. Kami berhasil mematahkan serangan oleh para agen teror," kata Kolonel Yarow.

Al Shabaab mengumumkan bahwa mereka telah menghancurkan banyak kendaraan dalam serangan mereka hari Selasa itu tetapi tidak berkomentar soal jatuhnya korban.

Menurut para saksi mata, saat itu terdapat baik korban warga sipil dan non-sipil dalam kekacauan tersebut.

Pertempuran terjadi seminggu setelah pasukan Somali dan AMISOM merebut distrik Walaweyn, yang pada minggu lalu masih menjadi sebuah kubu Al Shabaab.

Ini adalah pertempuran terbesar yang sejauh ini terjadi di kawasan Hiraan dan Shabelle bawah sejak direbutnya kedua kawasan oleh pasukan Ethiopia dan AMISOM di bulan Desember 2011. Sejak pengunduran dirinya dari Mogadishu tahun lalu, para militan Al Shabaab berjanji untuk meneruskan peperangan melawan pasukan pemerintah Somali dan pasukan aliansi AMISOM dan Ethiopia.

Baik pemerintah Federal yang baru terpilih dan pasukan Uni Afrika belum berkomentar soal pertempuran Selasa lalu.

Sungai Shabelle yang melintasi Beledweyne dan kota perdagangan ini dekat perbatasan Somali-Ethiopia baru saja surut dari banjir terkait musim hujan parah yang menghancurkan rumah-rumah dan padang-padang. Hujan lebat berlanjut hingga Selasa.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Somalia: Pertempuran Berat di Somalia Selatan Tewaskan Lima Orang
Sumber: allafrica.com

Kismayo - Sebuah pertempuran berat di kawasan Jubba Bawah di Somalia selatan hari Minggu (28/10/12) telah mengakibatkan sedikitnya lima orang, termasuk para prajurit tewas, laporan-laporan menyebutkan.

Sumber-sumber setempat mengatakan di daerah itu telah terjadi pertempuran berat dalam beberapa hari terakhir antara al-Shabab dan pasukan pemerintah yang didukung militer Kenya.

Hari Minggu, lima orang, mayoritas para kombatan, tewas di jalan utama yang menghubungkan Kismayu dengan kota Afmadow, setelah para pejuang al-Shabab menyerbu sebuah konvoi militer yang membawa pasukan Somali dan Kenya.

Laporan-laporan mengindikasikan bahwa tank-tank milik pasukan kenya terlihat di medan tempur ketika pertempuran berlangsung di area tersebut. Pasukan aliansi saat itu tengah bergerak menuju kota Afmadow ketika mendapat serangan mendadak.

Belum ada pihak berwenang dari kedua belah pihak berkomentar soal serangan mematikan di hari Minggu itu di Somalia selatan.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

3 Tewas Ketika Pasukan Somalia, Militan Bertikai Dekat Kota Baidoa
Sumber: allafrica.com

BAIDOA - Pertempuran berat antara pasukan pemerintah Somali dan para pejuang loyalis pergerakan Al shabaab hari Selasa malam (30/10/12) pecah di beberapa bagian di kawasan Bay di Somalia selatan

Pertempuran di mulai setelah sejumlah militan bersenjata berat menyergap pasukan Somali di daerah Gof-gaduud, sekitar 20 kilometer dari kota Baidoa, ibukota provinsi Bay.

"Sedikitnya tiga kombatan dari kedua pihak tewas selama tembak menembak yang sengit," kata seorang saksi mata, menambahkan bahwa para pemberontak melarikan diri dan diusir keluar dari area ini oleh pasukan Somali.

Para penduduk setempat di kawasan-kawasan pedalaman terdekat mengatakan kondisi yang menakutkan mengancam mereka ketika pertempuran mungkin saja dapat kembali kapanpun.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Somalia: Dua Tewas Dalam Sebuah Pertempuran Berat di Gedo, Somalia Barat-Daya
Sumber: allafrica.com

Garbahaarey - Sedikitnya dua orang telah tewas dalam sebuah pertempuran sengit antara Militer Nasional Somali (SNA) dan para militan Al shabab di provinsi Gedo, yang terkini dalam peningkatan serangan-serangan di kawasan barat-daya (10/11/12).

Kekerasan dilaporkan muncul setelah para pejuang bersenjata berat dari Al shabab melancarkan sebuah serbuan mendadak atas pasukan Somali di sebuah pos pemeriksaan yang berlokasi di pinggiran Garbaharey, sebuah kota yang sebagian besar berada di bawah kendali pemerintah Somali.

Sebuah sumber militer, yang menolak menyebutkan namanya, mengatakan kepada Media Shabelle melalui telepon bahwa sedikitnya dua kombatan dari kedua belah pihak kehilangan nyawa mereka selama pertempuran, sementara sejumlah prajurit yang tak diketahui jumlahnya menderita beragam jenis luka.

Situasi dikatakan telah reda dan para penduduk setempat melanjutkan aktivitas sehari-hari mereka menyusul pertempuran yang terjadi hari Sabtu pagi itu di pemukiman-pemukiman Garbaharey.
User avatar
Mohmed Bin Atang
Posts: 2350
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari
Contact:

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Mohmed Bin Atang »

User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Somalia: Para Warga Sipil Tewas Setelah Serbuan Dekat Baidoa
Sumber: allafrica.com

Baidoa, Somalia - Sedikitnya 10 orang tewas termasuk para warga sipil setelah sebuah penyerbuan oleh para pemberontak Al Shabaab terhadap sebuah konvoi militer Ethiopia yang berkendara di pinggiran Baidoa ibukota provinsi Bay, Garowe Online melaporkan.

Pertempuran-pertempuran pecah setelah sebuah konvoi Ethiopia dihantam oleh ledakan bom tepi jalan yang ditanam oleh para pejuang Al Shabaab, yang menyerang para pasukan asing dengan artileri berat dekat Awdinle di luar Baidoa.

Menurut sumber-sumber setempat, pertempuran berlangsung selama setelah pasukan Ethiopia membalas dengan artileri mereka. Sedikitnya 10 orang tewas, tiga dari antaranya warga sipil, demikian menurut otoritas Baidoa.

Terdapat tiga orang lainnya yang mengalami luka meskipun korban di pihak Ethiopia belum diketahui.

Sejumlah laporan mengindikasikan bahwa pasukan Ethiopia menembak membabi buta di kota Awdinle setelah penyerangan itu menewaskan warga sipil.

Kepala polisi provinsi Bay, Kolonel Mahad Abdirahman Adan, menyatakan bahwa para warga sipil menanggung akibat terberat dari kerusakan itu.

"Banyak warga sipil terluka dan sejumlah dari mereka tewas selama pertempuran, mereka itu tidak bersalah," kata kolonel Adan.

Kepolisian di provinsi Bay tengah melakukan penyelidikan mengenai bagaiman para warga sipil tewas dalam pertempuran.

Menurut sumber-sumber lokal, para pejuang Al Shabaab melarikan diri setelah serangan pada hari Senin itu (12/11/12).

Serangan fajar yang nekat itu terhadap konvoi Ethiopia oleh Al Shabaab merupakan satu dari serangan-serangan pertama setelah berminggu-minggu dan dilaporkan memicu kembali penaklukan oleh militer Ethiopia terhadap kota-kota dan desa-desa di provinsi Bay.

Baidoa direbut pada Februari, oleh pasukan pemerintah Somali bersama militer Ethiopia yang merebut kota ini setelah para pejabat dan pejuang Al Shabaab melarikan diri
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

NIgeria: Empat Tewas Dalam Kerusuhan 'Penistaan Agama' di Kano
Sumber: allafrica.com

Kano -- Sedikitnya empat orang dikhawatirkan tewas dalam sebuah kerusuhan beragama yang pecah di kota Bichi di negara bagian Kano, setelah seorang non-Muslim dituduh menghina nabi Muhammad di kota itu yang berlokasi sekitar 30 km dari Kano (23/11/12).

Sejumlah orang lainnya dilaporkan terluka, sementara sebuah gereja dan toko-toko dibakar oleh pemuda-pemuda yang marah, yang menggelar sebuah protes keras terakait dugaan penghinaan tersebut.

Krisis bermula sekitar pukul 9 pagi setelah seorang penjahit non-Muslim keliru mengucapkan nama Hausa sebuah merek pakaian terkenal (Na Annabi ya zo kasuwa), yang oleh sejumlah pemuda diartikan sebagai mengeluarkan umpatan secara sengaja terhadap nabi Islam.

Para penduduk mengatakan Ia ditebas hingga tewas seketika.

Mula-mula ratusan pemuda turun ke jalan membakar ban, sebelum mengarahkan kemarahan mereka ke arah properti warga. Para perusuh dilaporkan membakar lusinan toko dan merusak mobil-mobil. Sekolah-sekolah segera ditutup dan murid-murid diminta untuk pulang, koresponden kami melaporkan.

Di beberapa area, para perusuh memasuki rumah-rumah dan membawa keluar properti warga sebelum membakarnya.

Seorang saksi mata mengatakan Ia melihat mayat seorang anak lelaki yang dibunuh dan dibuang di sebuah selokan di sepanjang Jalan Bichi di area tersebut, mengatakan bahwa korban adalah anak dari tetangganya.

Daily Trust juga melaporkan bahwa seorang lainnya tewas di sebuah jalan menuju kantor Pemerintah Lokal Gwarzo, sementara sumber-sumber rumah sakit di kota ini memberitahukan kepada responden kami bahwa dua mayat yang terbakar telah dibawa rumah sakit umum Bichi.

Komisaris Kepolisian Negara Bagian Ibrahim K.Idris mengkonfirmasi insiden itu, mengatakan satu orang telah terbunuh, sepuluh orang ditangkap dan tiga tempat ibadah dibakar. Ia mengatakan kerusuhan dilakukan oleh para kriminal.

Komisaris mengatakan krisis merupakan akibat dari "misinformasi", Ia mengatakan imam-imam setempat telah dimobilisasi untuk mencerahkan warga dan kami telah berhasil mengevakuasi si penjahit yang tak bersalah itu.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Militan-militan Somali Tewaskan Sedikitnya 11 Tentara Puntland
Sumber: thestar.com.my

BOSASSO, Somalia (Reuters) - Para militan Islamis Somali telah menewaskan sedikitnya 11 tentara dalam sebuah serangan ke markas militer di kawasan semi-otonom Puntland, seorang menteri regional dan para pemberontak mengatakan hari Rabu (05/12/12).

Serangan ini menambah kekhawatiran bahwa keamanan di wilayah yang relatif damai tersebut akan memburuk setelah sejumlah besar pemberontak al Shabaab diusir dari kubu-kubu pertahanan mereka di kawasan selatan dan tengah oleh pasukan Afrika dan bergerak ke utara.

Presiden Puntland Abdirahman Mohamud Farole bulan lalu mengatakan kepada Reuters bahwa lebih dari 400 pejuang terakit al Qaeda bersembunyi di negaranya, sebuah perkembangan yang dapat merusak rencana-rencana untuk eksplorasi minyak di kawasan.

"Al Shabaab secara tak diduga menyerang markas kami dan menewaskan 11 pasukan kami dan melukai 7 lainnya malam kemarin," Khalif Isse Mudan, perdana menteri Puntland, kepada para jurnalis.

Tujuh militan tewas dalam adu tembak, Ia mengatakan.

Hingga saat ini, Puntland secara umum tak terkena imbas pergolakan di Somalia, yang menghalangi akan sebuah pemerintah sentral yang efektif selama dua dekade.

Meski jumlah militan masih terbatas di Puntland, para diplomat Barat khawatir jika mereka mungkin mencoba dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan militan-militan al Qaeda di Yemen, terpisah dari Somalia oleh jalur laut sempit. Akses ke pelabuhan-pelabuhan Puntland akan membantu pengiriman senjata-senjata oleh pemberontak.

Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer al Shabaab, mengatakan kaum militan menewaskan 17 tentara Puntland.

Di bawah tekana dari tentara perdamaian Uni Afrika (AMISOM) dan pasukan pemerintah Somali, al Shabaab telah kehilangan banyak kubu-kubu perkotaannya di Somalia selatan dan tengah sejak pihaknya melancarkan pemberontakan melawan pemerintah dukungan Barat di tahun 2007.

Para pemberontak ingin mengimplementasikan hukum Islam yang kaku di seantero negeri Tanduk Afrika itu.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Islamist Nigeria Ansaru 'Bunuh 7 Sandera Asing'
Sumber: trinityafer.com

Kelompok Islamis yang berbasis di Nigeria, Ansaru mengatakan pada hari Sabtu (09/03/2013) bahwa pihaknya telah membunuh tujuh sandera asing yang diculik tanggal 7 Februari dari sebuah perusahaan konstruksi di Nigeria, SITE Monitoring Service mengatakan.

Kelompok itu mengeluarkan sebuah pernyataan dalam bahasa Arab dan Inggris di sebuah afiliasi jaringan Sinam al-Islam disertai potongan gambar sebuah video yang menunjukkan para sandera yang sudah mati, SITE mengatakan. Salah satu tayangan gambar menunjukkan seorang pria dengan senapan berdiri di atas sejumlah orang yang tertelungkup di tanah.

Ansaru, yang pernah menculik orang asing lainnya di masa lalu, menyerbu ke dalam lingkungan perusahaan menggunakan bahan-bahan peledak dan menculik seorang Inggris, seorang Italia, seorang Yunani dan empat pekerja Lebanon, jumlah terbesar warga asing yang pernah diculik di kawasan utara yang mayoritas Muslim, sejak sebuah pemberontakan oleh militan-militan Islam semakin meningkat dua tahun lalu.

Nama lengkap kelompok itu adalah Jama'atu Ansarul Musilimina Fi Biladis Sudan, yang jika diterjemahkan berarti "Garda depan untuk perlindungan Muslim di Afrika Hitam".

Dalam pernyataannya, kelompok itu mengatakan pihaknya memutuskan untuk membunuh para sandera, yang diculik dari lingkungan sebuah perusahaan konstruksi Lebanon di negara bagian Bauchi di utara, karena upaya-upaya penyelamatan oleh Inggris dan Nigeria terhadap mereka.

"Kami mengumumkan penangkapan tujuh warga asing Kristen dan memperingatkan bahwa jika ada upaya apapun dengan kekerasan untuk menyelamatkan mereka maka itu akan mendatangkan bahaya bagi nyawa mereka," sebut pernyataan itu.

"Operasi pemerintah Nigeria dan Inggris berujung pada kematian seluruh warga asing Kristen," sumber mengatakan.

Ansaru diduga menjadi dalang pembunuhan seorang sandera Inggris dan Italia tahun lalu di Nigeria barat-laut dan parlemen Inggris sudah menetapkan kelompok ini sebagai organisasi teroris.

Terorisme Islam Zona Afrika
Terorisme Islam Zona Afrika Mirror
Mirror Rss Feed
Faithfreedom forum static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Islamis Somali Claim Bom Mobil Mematikan
Sumber: watoday.com

Mogadishu: Sedikitnya 10 orang tewas dalam bom mobil bunuh diri di ibukota Somali yang diklaim oleh para pemberontak Islamist, dalam satu dari serangan terburuk dalam beberapa bulan terakhir di Mogadishu yang penuh konflik.

Serangan hari Senin itu (18/03/2013) terjadi sehari setelah para pemberontak Shebab merebut kembali kota Hudur di Somalia barat-daya setelah pasukan Ethiopia yang mendudukinya sejak 2011 menarik diri, memicu kekhawatiran akan penarikan mundur lebih luas yang akan mengakibatkan pasukan perdamaian terlalu menyebar.

Ledakan menarget dan melukai seorang pejabat inteligen senior, sumber-sumber keamanan mengatakan.

“Banyak orang terbunuh, sebagian dari mereka berada dalam sebuah minibus yang dihantam oleh ledakan,” kata Hassan Salad, yang menyaksikan ledakan dekat National Theatre di ibukota.

“Ini adalah bencana, di mana-mana asap dan mayat-mayat bergelimpangan.”

“Perdana Menteri Somalia Abdi Farah Shirdon mengatakan 10 orang tewas dan 15 terluka “ketika sebuah pembom mobil menabrakkan diri ke sebuah bus penumpang.”

Para pejuang al-Shabaab yang terkait Al-Qaeda memuji pembunuhan itu, mengatakan mereka telah menarget dan melukai kepala inteligen Somalia, Khalif Ereg.

“Serangan terhadap elemen-elemen seperti dia akan berlanjut hingga mereka dimusnahkan dari tanah suci Somalia,” juru bicara al-Shabaab Sheikh Ali Mahmoud Rage mengatakan kepada AFP.

Ledakan dan direbutnya kembali Hudur menandai sebuah kemenangan penting bagi al-Shabaab yang sejauh ini mengalami kemunduran di Somalia selama beberapa bulan, kehilangan kota-demi-kota oleh pasukan perdamaian Uni Afrika yang berkekuatan 17.000 orang.

Selama ini Hudur diduduki oleh pasukan Ethiopia sejak akhir 2011, ketika mereka menerobos ke Somalia untuk menyerang basis-basis al-Shabaab, tak lama setelah pasukan Kenya menginvasi Somalia dari selatan.

Sementara tentara Kenya bergabung dengan pasukan Uni Afrika, pasukan Ethiopia tetap terpisah, meskipun mereka masih bekerjasama dalam misi.

Keluarnya tentara Ethiopia dari Hudur telah memicu kekhawatiran bahwa mereka merencanakan penarikan mundur lebih luas dari kawasan ini yang akan jatuh ke tangan al-Shabaab.

Terorisme Islam Zona Afrika
Terorisme Islam Zona Afrika Mirror
Mirror Rss Feed
Faithfreedom forum static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Pertempuran Mali Tewaskan 7 Orang Setelah Serangan Islamist
Sumber: sbs.com.au

Pertempuran-pertempuran antara militer Mali dan para pejuang Islam telah menewaskan tujuh orang, termasuk seorang tentara dan dua warga sipil di kota terbesar di Mali utara, di saat al-Qaeda cabang Afrika utara mengancam untuk membunuh para sandera Perancis (24/03/2013).

Pertempuran di Gao terjadi ketika militer Mali melancarkan apa yang disebutnya sebagai operasi "pembersihan" di Gao setelah para militan Islam dari Movement for Oneness and Jihad in West Africa (MUJAO) memasuki kota di timur laut itu dan membuka tembakan ke arah kamp militer tengah malam.

Al-Qaeda in Islamic Maghreb (AQIM), sebuah kelompok ekstremis sekutu, memperbaharui ancaman mereka untuk membunuh para sandera Perancis dan menyerukan keluarga-keluarga mereka untuk menekan pemerintah Perancis dan mengakhiri operasi militernya melawan para radikal Islam yang merebut Mali utara.

Cabang al-Qaeda tersebut saat ini menahan sedikitnya lima sandera warga Perancis di kawasan. Pihaknya mengatakan minggu lalu bahwa mereka telah membunuh korban keenam, pebisnis Philippe Verdon, meskipun Perancis belum mengkonfirmasi laporan tersebut.

Para sandera "masih hidup, kecuali mata-mata Phillipe Verdon", kelompok itu mengatakan dalam sebuah pesan yang dipublikasikan di situs berita ANI dari Mauritania, yang seringkali mengutip pernyataan-pernyataan dari kelompok-kelompok ekstremis.

"Akan tetapi, kami tidak dapat menjamin mereka akan tetap hidup, karena agresi pemerintah Anda dan serangan-serangan tentara Anda terhadap basis-basis Mujahideen," sebut pernyataan itu.

Dalam satu dari kesuksesan besar dalam intervensinya, Paris mengkonfirmasi hari Sabtu bahwa seorang dari pemimpin-pemimpin utama AQIM, Abdelhamid Abou Zeid, telah terbunuh dalam pertempuran sengit dengan pasukan pimpinan Perancis di Ifoghas akhir bulan lalu.

Stasiun televisi Algeria, Ennahar TV melaporkan hari minggu bahwa Abou Zeid telah digantikan oleh Djamel Okacha dari Algeria, juga dikenal sebagai Yahia Aboul Hannam.

Menurut direktur stasiun televisi, Mohamed Mokkedem, Okacha adalah teman dekat kepala AQIM Abdelmalek Droukdel, yang mengelola operasi-operasi di Algeria selatan dan Mali utara dan dipandangan sebagai "pemimpin sesungguhnya" kelompok tersebut/.

Paris telah mengatakan bahwa pihaknya memulai penarikan mundur pasukannya yang berkekuatan 4000 tentara di Mali pada penghujung bulan April dan menyerahkan tanggung-jawab kepada pasukan Mali dan sebuah kontingen stabilisasi Afrika.

Terorisme Islam Zona Afrika
Terorisme Islam Zona Afrika Mirror
Mirror Rss Feed
Faithfreedom forum static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Zona Afrika

Post by Rurik »

Wednesday, 23 April 2014

Jihadis Mali Tewaskan Seorang Sandera Asal Perancis
Sumber: 3news.co.nz

Salah satu dari kelompok jihadis terkemuka di Mali mengatakan seorang sandera asal Perancis yang diculik bulan November 2012 telah tewas.

‘The Movement for Oneness and Jihad in West Africa (MUJAO), sebuah kelompok pecahan regional Al Qaeda, mengatakan kepada AFP bahwa Gilberto Rodrigues Leal “telah tewas, karena Perancis adalah musuh kami”.

Yoro Abdoul Salam, seorang juru bicarabagi kelompok itu, tidak memberikan kepastian waktu kematian dari Rodrigues Leal dalam percakapan telepon.

Ketika didesak mengenai ketiadaan gambar atau rekaman video dari mayat Rodrigues Leal, Ia mengatakan bahwa “atas nama Allah, dia telah mati”, sebelum kemudian menutup telepon.

Minggu lalu seorang pejabat MUJAO lainnya memperingatkan mengenai “akhir hidup” bagi seorang sandera berusia 62 tahun dalam sebuah pesan singkat yang dikirim ke AFP.

“Perancis akan melakukan apa saja untuk menemukan kebenaran terkait apa yang menimpa Gilberto Rodrigues Leal dan tidak akan membiarkan pelakunya bebas tanpa hukuman,” presiden Perancis Francois Hollande mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Ada banyak alasan mengapa kami percaya bahwa kompatriot kami sudah tewas beberapa minggu yang lalu karena kondisi di mana dia disandera.”

Juru bicara kementerian Luar Negeri Perancis, Romain Nadal mengatakan pemerintahnya khawatir akan keselamatan Rodrigues Leal selama berbulan-bulan dan telah menginformasikan kepada keluarga korban bahwa dia mungkin telah tewas di bulan Desember 2013.

“Kami mengecam keras aksi kelompok teroris ini,” sumber mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Berita ini muncul hanya selang dua hari setelah menlu Perancis Laurent Fabius mengatakan Ia “sangat khawatir” mengenai keselamatan warganya yang berusia 62 tahun itu.

“Kami tidak menerima kabar apapun setelah sekian lama. Kami telah mengontak pihak keluarga namun kami merasa sangat khawatir,” kata dia.

Rodrigues Leal diculik tanggal 20 November 2012 oleh pria-pria bersenjata dekat kota Kayes di Mali barat ketika korban mengendai sebuah mobil van dari Mauritania.

MUJAO adalah satu dari sejumlah kelompok jihadis yang menduduki gurun pasir luas di Mali utara bersama dengan para pemberontak Tuareg tahun 2012, ketika terjadi sebuah kudeta militer.

Kaum jihadis kemudian berbalik melawan Tuareg dan bergerak menuju Bamako yang memicu intervensi militer dari mantan penguasa kolonial Perancis bulan Januari 2013.

Wednesday, 23 April 2014
Mirror 1: Wednesday, 23 April 2014
Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Zona Afrika

Post by Rurik »

Thursday, 24 April 2014

Mesir: Militan Klaim Bertanggung Jawab Atas Terbunuhnya Seorang Polisi
Sumber: canada.com

Image

CAIRO - Sebuah kelompok militan Islam di Mesir mengklaim bertanggung-jawab atas pemboman yang menewaskan seorang anggota polisi senior sehari yang lalu

Kelompok itu mengatakan serangan tersebut merupakan balasan atas pembunuhan dan penangkapan para simpatisan mantan presiden Morsi oleh pasukan pemerintah.

Pernyataan oleh kelompok Ajnad Misr, atau “Tentara Mesir” itu diposting di laman Facebook milik kelompok mereka.

Dalam laman tersebut juga disertakan gambar polisi yang terbunuh, Brigjen Ahmed Zaki, seorang komandan polisi anti huru hara, yang terlihat sedang menaiki sebuah jeep berwarna biru. Ajnad Misr mengklaim bahwa Zaki menggunakan sebuah jeep tanpa lambang kepolisian sebagai “kamuflase” karena khawatir akan menjadi target serangan.

Serangan-serangan terhadap pasukan keamanan Mesir meningkat sejak militer musim panas lalu menggulingkan presiden Mohammed Morsi.

Thursday, 24 April 2014
Mirror 1: Thursday, 24 April 2014
Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Zona Afrika

Post by Rurik »

Thursday, 1 May 2014

Kelompok Al-Qaida Klaim Serangan Di Algeria Yang Menewaskan 11 Tentara
Sumber: digitaljournal.com

Al Qaeda di Maghreb Islam (AQIM) mengklaim bertanggung-jawab hari Kamis atas sebuah aksi penyergapan di wilayah Kabylie Algeria yang menewaskan 11 tentara.

“Malam tanggal 19 April, mujahadeen mencegat sebuah konvoi militer di wilayah Ioudrarene…Korban jiwa sekitar 30 tentara tewas atau terluka, beberapa dari antaranya dalam kondisi serius,” sebut pernyataan itu yang diposting di internet.

Sebuah sumber pasukan keamanan mengatakan kelompok bersenjata di wilayah Iboudrarene yang merupakan kubu pertahanan AQIM, timur kota Algiers, menyerang konvoi militer dan menewaskan 11 tentara dan melukai lima lainnya.

Serangan itu merupakan yang paling mematikan yang diderita pihak militer dalam beberapa tahun terakhir dan terjadi dua hari setelah preside Abdelaziz Boutelfika terpilih kembali untuk masa jabatan keempat.

Presiden berusia 77 tahun yang datang ke stasiun pemungutan suara dengan kursi roda, sejak lama dipandang sebagai pemimpin yang mampu mengembalikan stabilitas di Algeria setelah perang sipil yang mematikan di era 1990.

Konvoi yang diserang saat itu kembali menuju barak setelah membantu mengamankan pemilu, di mana ketika itu terjadi bentrokan di Kabylie antara polisi dan para pemuda anti-Boutelfika.

AQIM mengatakan seorang pejuangnya tewas dalam serangan itu, dia bernama Abu Anas. Para pejabat Algeria mengatakan tiga orang militan tewas.

Kekerasan yang dilakukan kelompok jihadis mengguncang Algeria di era 1990’an tetapi menurun tajam dalam beberapa tahun terakhir, meski kaum jihadis masih beroperasi di wilayah pegunungan Kabylie.

Serangann besar sebelum ini dilaksanakan oleh kelompok-kelompok jihadis di bulan April 2011, di mana 10 tentara tewas di sebuah pos militer di Azazqa, sebelah timur ibukota provinsi, Tizi Ouzou.

Thursday, 1 May 2014
Mirror 1: Thursday, 1 May 2014
Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Zona Afrika

Post by Rurik »

Monday, 19 May 2014

Militan Somalia Tewaskan 12 Orang, 3 Di Antaranya Polisi
Sumber: startribune.com

NAIROBI, Kenya – Para pejabat Kenya mengatakan militan-militan Somalia telah menewaskan 12 orang, termasuk di antara tiga anggota polisi cadangan, dalam sebuah serangan di perbatasan.

Seorang juru bicara bagi kelompok militan al-Shabab mengklaim bertanggung jawab atas serangan hari Senin itu di Kenya timur laut dekat perbatasan dengan Somalia.

David Kimaiyo, seorang pejabat tinggi kepolisian Kenya, mengatakan serangan itu dimulai ketika bandit-bandit menembaki empat mobil yang mengangkut khat, produk herbal yang populer di kawasan itu.

Ia mengatakan para polisi yang merespon serangan itu kemudian juga mendapat sergapan. Pusat Operasi Bencana Nasional mengatakan dua mobil polisi hancur dalam insiden itu.

Kurangnya faktor keamanan tengah mendapat sorotan di Kenya akibat ancaman al-Shabab untuk menyerang kota-kota di Kenya. AS, Inggris, Australia dan Perancis seluruhnya mengeluarkan peringatan keamanan bagi warga negaranya yang berada di Kenya beberapa hari terakhir ini.

Monday, 19 May 2014
Mirror 1: Monday, 19 May 2014
Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
Post Reply