QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

bukandomba
Posts: 37
Joined: Sat Aug 13, 2011 7:24 am

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by bukandomba »

mikimos wrote:Anda itu saya suruh memeriksa lagi thread ini SEJAK halaman 1. Bukan membaca halaman 1 SAJA.
Bukti2nya sudah banyak disediakan oleh kafir bahwa penelitian sains modern menyatakan bayi mengetahui sesuatu, bayi mengetahui berbagai hal.
Justru disini andalah yang ngotot mengatakan bahwa itu semua hanya insting... andalah yang berada pada posisi harus memberikan bukti pada kafir dan pembaca bagi argumen anda tersebut.

Makanya dari kemarin saya bilang sama anda:
Kalau kamu ingin membantahnya bahwa itu bukan "what baby know" tapi "baby's instinct", silakan kamu yang cari referensi/bukti penelitian sains yang membantah referensi2 kafir di depan bahwa bayi tidak tau apa2 dan hanya memiliki insting.

Kami disini enggak diskusi berdasar definisi seenak sendiri, imajinasi seenak sendiri.
Kalau kamu ndak bisa ngasih bukti, omonganmu ini nggak perlu ditanggapi lebih lanjut sebab cuma berdasar pada angan2mu belaka. Alias junk.


miki
saya minta anda yang jelasin, karena keliatannya anda sendiri gak paham apa yang dikatakan "bukti2" tersebut, mudah-mudahan saya salah..
User avatar
mikimos
Posts: 3187
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by mikimos »

Berdiskusi dengan orang bebal memang selalu begini..
Ndak apa2. Demi pembaca akan saya ulang salah satu yang sudah pernah saya post di page 4.
  • Feijee (1981), melaporkan, janin usia kehamilan 30-37 minggu yang pada awalnya selalu bergerak, akan menghentikan gerakan setelah diperdengarkan musik yang sama untuk ke-24 kalinya. Efek ini mampu dipertahankan setelah bayi tersebut lahir 6 menit: bayi berhenti menangis, membuka matanya, dan lebih tenang saat ia diperdengarkan musik yang pernah didengarnya saat di janin.

    Pada umur 3 hari, bayi mampu mengubah pola mengisap puting susu ibu jika mendengar suara ibunya, tetapi tidaklah demikian dengan suara ayahnya (Casper, Spencer 1980). Demikian juga halnya saat diperdengarkan cerita novel yang telah dibaca ibunya saat mengandung, sekalipun cerita tersebut dibacakan oleh wanita lain (Casper, Spencer 1986).
    Bagaimanakah mekanisme belajar janin tersebut? Menurut Rappert (1988), peneliti laboratorium Chronobiology Harvard Medical School, janin dapat mengenal suara dan cahaya dari luar melalui mekanisme konduksi pasif melintasi jaringan tubuh ibunya. Sedangkan menurut Salk (1960), janin belajar mengenal detak jantung ibunya melalui mekanisme "imprinting".

    Pengetahuan psikoanalisis menyebutkan bahwa pengalaman-pengalaman di dalam rahim atau selama proses kelahiran dapat mempengaruhi perilaku, emosi, dan sikap di kemudian hari.

    Kemampuan belajar janin, secara tidak langsung menunjukkan janin mampu menerima rangsang sensoris, berasosiasi, dan mengingat.
Sudah dibaca, bukandomba? (eh kalau bukan domba berarti apa? kambing? wkwkwk...)
Sekarang baca lagi pengertian knowledge dan knowing.

Knowledge is a familiarity with someone or something, that can include facts, descriptions, information, and/or skills acquired through experience or education. It can refer to both the theoretical or practical understanding of a subject. It can be implicit (as with practical skill or expertise) or explicit (as with the theoretical understanding of a subject).

know·ing/'noiNG/
Adjective: Showing or suggesting that one has knowledge or awareness that is secret or known to only a few people.


Bayi tidak tau apa2? Ck ck ck....

Salam bagi orang yang jujur hatinya.


miki
User avatar
CRESCENT-STAR
Posts: 8225
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by CRESCENT-STAR »

CRESCENT-STAR wrote:saya pernah posting gambar coba dilihat dulu dimana PFC dan mana LIMBIC ...
BebasMungkin wrote:Limbic yg dimaksud adalah Limbic system, Silahkan Bedakan dengan Gambar anda, Apakah Limbic System itu :
Image Image

The limbic system is also tightly connected to the prefrontal cortex. Some scientists contend that this connection is related to the pleasure obtained from solving problems.
http://en.wikipedia.org/wiki/Limbic_system
Terjemahannya adalah : Sistem limbik ini juga sangat terkait erat dengan Korteks Prefrontal.

The prefrontal cortex, which is the part of the frontal lobe which lies in front of the motor area, is also closely linked to the limbic system.
http://webspace.ship.edu/cgboer/limbicsystem.html
Terjemahannya adalah : Korteks prefrontal, yang merupakan bagian dari lobus frontal yang terletak di area depan, juga terkait erat dengan sistem limbik.

Bahasa Mudahnya adalah :
REM Sleep atau gerakan mata yang cepat dalam Tidur (JANIN BERMIMPI) pada Usia 32 Minggu, membuktikan bahwa Otak Penting (Korteks Prefrontal) pada JANIN SUDAH BERFUNGSI
sudah berfungsi bagaimana ?
semua bagian otak memang terhubung. lalu apa sesuatu yg terhubung selalu menyatakan berfungsinya bagian2 terhubung itu ? tidak kan ?
fungsi PFC adalah solving problem sbgmana kutipan bung di atas, lantas kembali pada definisi mimpi, apakah mimpi adalah sesuatu yg memerlukan solving problem.
dan kembali pada fungsi PFC spt yg disebutkan di atas, lalu apa hubungannya MIMPI ttg PENGETAHUAN dgnb kaitkan dengan fungsi PFC ?
User avatar
BebasMungkin
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by BebasMungkin »

bukandomba wrote:buat bebasmungkin;
kalo gitu Alhamdulillah kita sepakat satu hal, dalam kalimat anda sendiri:
"Sebenarnya INTI Penjelasan saya hanya ingin menjelaskan bahwa Satu SET STRUKTUR Otak sudah Berfungsi pada Janin dan Saat Kelahiran (Birth),
Walaupun belum Berfungsi Seutuhnya atau Belum Sempurna"
Bukan Kata saya Tepatnya, tapi menurut REFERENSI :
http://health.howstuffworks.com/mental- ... birth1.htm
This memory encoding could relate to a baby's development of the prefrontal cortex at the forehead. This area, which is active during the encoding and retrieval of explicit memories, is not fully functional at birth

Di Referensi ini disebutkan bahwa, PENGKODEAN INFORMASI inilah yg membentuk dasar dari Ingatan atau Mengingat atau MENGETAHUI atau PENGETAHUAN, dan Ternyata sudah BERFUNGSI saat BIRTH (saat Kelahiran), dan inilah yg membuktikan bahwa Bayi saat BIRTH (Saat Kelahiran) sudah dapat memiliki PENGETAHUAN, sehingga ketika Janin sudah belajar mengenal dan MENGETAHUI suara Ibunya itu bukan INSTING, tapi PENGETAHUAN dari hasil PENGKODEAN INFORMASI (Melalui OTAK, Karena REFLEKS NALURI tdk melalui Otak)
Studies have largely refuted the long-held thinking that babies cannot encode information that forms the foundation of memories.
This memory encoding could relate to a baby's development of the prefrontal cortex at the forehead. This area, which is active during the encoding and retrieval of explicit memories, is not fully functional at birth
Now we know that babies have a strong implicit memory and can encode explicit ones as well,

bukandomba wrote:ini lah yang subjektif... coba balik ke sumber yang anda kirimkan sendiri, bagian mana yang menyebutkan respon dari luar dapat membentuk kepribadian?
pada bagian fetal personality:
bagian awalnya disebutkan kepribadian dan perilaku janin itu dikembangkan sejak sebelum lahir, akan tetapi ketika bagian kedua dijelaskan tindakan kita yang memcoba melatih atau merangsang kepribadian anak dari luar tidak berdampak apapun.. artinya kepribadian itu embeded bukan karena diajarkan pada saat janin.
Ya... tapi ini membuktikan, PENGKODEAN INFORMASI dari Otak Penting Korteks Prefrontal di dahi sudah Berfungsi <=== Pengkodean inilah dasar dari PENGETAHUAN, sehingga dapat dibuktikan dengan PENELITIAN bahwa JANIN dan BAYI saat BIRTH sudah MENGETAHUI
bukandomba wrote: maaf2, emosi, kecerdasan, cinta bukan monopoli manusia aja.. kalo anda menyimak penelitaan bertahun2 yang dilakukan Jane Godall terhadap simpanse, mereka punya semua itu.. apakah simpanse berpengetahuan atau insting?
dan itu vice versa, insting itu bukan monopoli hewan, manusia juga memiliki insting, sesuatu yang tidak kita pelajari tetapi ada.. sesuai dengan sumber yang saya sebutkan sebelumnya :
Sepertinya anda semakin Lama, semakin JELAS dan TRANSPARAN menyamakan Manusia dengan HEWAN, karna untuk Menyanggah sebuah Penadapat bahwa Bayi saat BIRTH sudah BER Pengetahuan

Baiknya anda, bisa menjelaskan Perbedaan KECERDASAN, EMOSI Hewan, dengan apa yg dipunyai MANUSIA?
Ambil Contoh :
  • Sebuah Kura-Kura begitu lahir, langsung menuju ke Laut <=== inilah INSTING atau NALURI Hewan Kura-Kura, tetapi ketika Naluri ini melalui OTAK Rumit seperti manusia, hal ini bukan NALURI lagi, tapi Pengetahuan, mengapa? karena Ternyata Kura2 Kecil itu TAU bahwa itu AIR Laut (Sebuah Contoh Perbedaan Pengetahuan dan Naluri)
  • janin dapat mendengarkan, belajar dan mengingat pada tingkat tertentu, ini bukan NALURI karena melalui OTAK Rumit, tapi benar2 PENGETAHUAN, sama seperti contoh anak kura2 diatas, seperti contoh JANIN sudah belajar mengingat suara Ibunya
    the fetus can listen, learn, and remember at some level, http://www.leaderu.com/orgs/tul/psychtoday9809.html
bukandomba wrote: bos, intinya keluarnya ayat tersebut sederhana kok:
Pengetahuan MODERN memang Sederhana, bahwa JANIN sudah dapat mendengarkan, belajar dan mengingat pada tingkat tertentu (dapat mengetahui), tapi anda membuatnya menjadi SANGAT RUMIT, karena membedakannya menjadi INSTING seperti Hewan, sehingga Pembahasannya harus sampai ke Bagian Otak Manusia
bukandomba wrote: ketika manusia lahir, semua dalam keadaaan bersih.. dari awal si bayi sudah diberi alat-alat hebat seperti pendengaran, penglihatan dan kecerdasan oleh Allah tinggal orang tua dan lingkunganlah berupa pengetahuan yang diberikan kepada anaklah yang bisa mengubah si anak..
QS: 16:78 :
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
Pertanyaan saya :
1. Apakah Refleks Naluri Hewan juga sama melalui Otak?
2. Apakah Perbedaan Manusia dan Hewan dalam Pengkodean Informasi atau apa yg disebut Pengetahuan?
3. Apakah Kecerdasan dalam Rahim yg disampaikan Peneliti, cuma sekedar NALURI Hewan?
User avatar
BebasMungkin
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by BebasMungkin »

CRESCENT-STAR wrote:sudah berfungsi bagaimana ?
semua bagian otak memang terhubung. lalu apa sesuatu yg terhubung selalu menyatakan berfungsinya bagian2 terhubung itu ? tidak kan ?
fungsi PFC adalah solving problem sbgmana kutipan bung di atas, lantas kembali pada definisi mimpi, apakah mimpi adalah sesuatu yg memerlukan solving problem.
dan kembali pada fungsi PFC spt yg disebutkan di atas, lalu apa hubungannya MIMPI ttg PENGETAHUAN dgnb kaitkan dengan fungsi PFC ?
Kita sederhanakan aja Pak CS...
Satu hal yg Paling Tidak saya mengerti, Apakah Satu Set Struktur Otak Manusia Saat BIRTH TIDAK BERFUNGSI dan Kemudian TIBA-TIBA Berfungsi saat 4 Tahun?

Menurut Pemahaman saya, sesuai Referensi yg anda bawa :
  • http://nro.sagepub.com/content/14/4/345.abstract
    In addition, recent neuroimaging findings suggest that the prefrontal cortex is already functional in 4-yearolds and becomes organized into focal, fine-tuned systems through later development.
    Bahwa Pada Usia Bayi 4 Tahun Fungsi Otak (prefrontal cortex) Menjadi FUNGSIONAL, TERORGANISASI dan menjadi FOKUS, bukan sebelumnya Tidak Berfungsi.
    Hal ini sudah Jelas sudah Membantah Pernyataan anda bahwa Pada Usia 4 Tahun, Fungsi Otak (prefrontal cortex) baru Berfungsi
Atau anda bisa menjelaskan dengan Baik kepada saya, Apakah Satu Set Struktur Otak Manusia Saat BIRTH TIDAK BERFUNGSI dan Kemudian TIBA-TIBA Berfungsi saat 4 Tahun?
User avatar
laskar kristus203
Posts: 64
Joined: Wed Jun 06, 2012 10:40 pm

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by laskar kristus203 »

Kepada saudara Pusing, saya hanya ingin bertanya dan saya meminta maaf kalau ada perkataan saya yang tidak berkenan kepada saudara maupun saudara Muslim lainnya.
Adapun pertanyaan saya sebagai berikut :
(1) Saudara pasti tidak menyangkal MENANGIS adalah salah satu daripada SIFAT EMOSI YANG WAJAR PADA MANUSIA. Kenapa bayi yang begitu lahir sempurna yang dilakukan adalah menangis dan darimana dia tahu menangis?
(2) Saudara mungkin atau pasti yakin bahwa bayi yang belum lahir (janin yang hidup) terkadang melakukan gerakan-gerakan seperti gerakan menendang dan itu dirasakan oleh wanita hamil tentunya. Kenapa janin bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut dan apa faktor yang membuat dia melakukan gerakan tersebut sebab saudara pasti paham bahwa TIDAK ADA ASAP KALAU GAK ADA API / TIDAK ADA REAKSI KALO TIDAK ADA AKSI / ORANG YANG MENINGGAL KALO HANYA DIGOYANG PUN TETAP AKAN DIAM

Hanya itu saja dulu yang ingin saya pertanyakan kepada saudara Pusing ataupun saudara yang lainnya. Tentunya saya mengajukan pertanyaan atas landasan keingintahuan dan mencari kebenaran tentang "MENGETAHUI"..
Sekali lagi, saya tidak bermaksud untuk mengkritik, menjelekkan ataupun hal-hal negative lainnya terhadap saudara-saudara Muslim
Terima kasih.
Salam :heart: kasih
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

laskar kristus203 wrote:Hanya itu saja dulu yang ingin saya pertanyakan kepada saudara Pusing ataupun saudara yang lainnya. Tentunya saya mengajukan pertanyaan atas landasan keingintahuan dan mencari kebenaran tentang "MENGETAHUI"..
Sekali lagi, saya tidak bermaksud untuk mengkritik, menjelekkan ataupun hal-hal negative lainnya terhadap saudara-saudara Muslim
Terima kasih.
Salam :heart: kasih
kalau yang anda tanyakan adalah makna "mengetahui" pada ayat tsb, ya tafsirannya harus mengikuti konteks bahasannya :
16:78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
16:79. Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.

16:80. Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa) nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).

16:81. Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).
jadi pengertian "mengetahui" yang dimaksud pada ayat tsb (16:78), adalah "mengetahui" dalam artian "mengetahui pengetahuan macam : 1. bagaimana mekanisme burung terbang (16:79), 2. bagaimana penggunaan bahan2 yang ada di alam (16:80), 3. bagaimana beradaptasi terhadap lingkungan (16:81)"! :turban:
Last edited by Captain Pancasila on Fri Jun 08, 2012 10:50 pm, edited 1 time in total.
jemplank
Posts: 763
Joined: Tue May 15, 2012 2:43 am

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by jemplank »

CEPE
Emang nyambung ayat 78 yg pake kata ganti KAMU dengan ayat selanjutnya yang menulis MEREKA ... ??
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

jemplank wrote:Emang nyambung ayat 78 yg pake kata ganti KAMU dengan ayat selanjutnya yang menulis MEREKA ... ??
dan pada ayat berikutnya lagi (16:80-81), balik lagi ke "kamu", lha terus? :stun:
User avatar
keeamad
Posts: 6954
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by keeamad »

Captain Pancasila wrote:16:78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.
Wah ..., bahasa quran dan allah swt ente mirip kuli panggul yang lagi berantem ya ... ???
Lo ke pelabuhan, terminal atau pasar deh, dan coba pisahin kuli2x yg lagi berantem Ngerebutin barang bawaan penumpang ....
Pasti lo akan dihardik (sukur2x gak langsung ditonjok),
"JANGAN IKUT CAMPUR, LU GAK TAHU APA - APA ...!!!"
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:jadi pengertian "mengetahui" yang dimaksud pada ayat tsb (16:78), adalah "mengetahui" dalam artian "mengetahui pengetahuan macam
Contoh muslim sembarang tafsir, korban akibat ketidakberaturan ayat2 quran yg diturunkan allahnya... :lol:

Angkat lagi TAFSIR IBN KATHIR, utk meluruskan tafsir seenak jidat muslim:
Tafsir Ibn Kathir QS 16:78

Among the Favors Allah has granted People are Hearing, Sight and the Heart

Then Allah mentions His blessings to His servants in that He brought them from their mothers' wombs not knowing a thing, then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason - whose seat, according to the correct view, is the heart, although it was also said that its seat is the brain. With his reason, a person can distinguish between what is harmful and what is beneficial. These abilities and senses develop gradually in man. The more he grows, the more his hearing, vision and reason increase, until they reach their peak. Allah has created these faculties in man to enable him to worship his Lord, so he uses all these organs, abilities and strengths to obey his Master.
Hadehh, muslim nafsir quran kok hrs dibenerin kapir... :rofl:

Captain Pancasila wrote:1. bagaimana mekanisme burung terbang (16:79), 2. bagaimana penggunaan bahan2 yang ada di alam (16:80), 3. bagaimana beradaptasi terhadap lingkungan (16:81)"!
Apakah tidak ada hal lain diluar ketiga hal ini yg bisa disebut sebagai "sesuatu"?
Apakah selain diluar ketiga hal ini, maka tidak bisa disebut sbg "sesuatu"?
[-X
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

sixpackguy wrote:Angkat lagi TAFSIR IBN KATHIR, utk meluruskan tafsir seenak jidat muslim :

Tafsir Ibn Kathir QS 16:78

Among the Favors Allah has granted People are Hearing, Sight and the Heart

Then Allah mentions His blessings to His servants in that He brought them from their mothers' wombs not knowing a thing, then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason - whose seat, according to the correct view, is the heart, although it was also said that its seat is the brain. With his reason, a person can distinguish between what is harmful and what is beneficial. These abilities and senses develop gradually in man. The more he grows, the more his hearing, vision and reason increase, until they reach their peak. Allah has created these faculties in man to enable him to worship his Lord, so he uses all these organs, abilities and strengths to obey his Master.
http://kamus.orisinil.com/english-indonesia/reason
reason
kb. sebab, alasan. pertimbangan yg sehat. akal (-budi). --kki. mempunyai akal, dapat berfikir. berunding (with dengan). bermusyawarah. -reasoning kb. pemikiran, pertimbangan.
reason ---> mulai dapat digunakan setelah lahir (mana bisa digunakan sebelumnya?)! ---> tidak bertentangan/masih sejalan dengan tafsiran saya!
sixpackguy wrote:Apakah tidak ada hal lain diluar ketiga hal ini yg bisa disebut sebagai "sesuatu"?
Apakah selain diluar ketiga hal ini, maka tidak bisa disebut sbg "sesuatu"?
[-X
intinya pengetahuan semacam yang dideskripsikan QS. 16:79-81 ---> pengetahuan yang hanya bisa didapat setelah lahir (bukan sebelumnya)!

:goodman:
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:reason ---> mulai dapat digunakan setelah lahir (mana bisa digunakan sebelumnya?)! ---> tidak bertentangan/masih sejalan dengan tafsiran saya!
Org ngomong apa, dia tanggepinnya apa... :-s makanya jgn doyan hoax mulu, ntu otak jadi tumpul.
Ane tidak sedang membandingkan tafsir ente vs ibn kathir, mengenai APA YG BAYI TAHU setelah keluar dari perut ibunya.
Ane sedang membandingkan tafsir ente vs ibn kathir, mengenai APA YG BAYI TIDAK KETAHUI sebelum keluar dari perut ibunya.
Faham bedanya? :goodman:
Captain Pancasila wrote:Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui 1. bagaimana mekanisme burung terbang (16:79), 2. bagaimana penggunaan bahan2 yang ada di alam (16:80), 3. bagaimana beradaptasi terhadap lingkungan (16:81)"!
VS
Ibn Kathir wrote:He brought them from their mothers' wombs not knowing a thing.
Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui APAPUN.
Captain Pancasila wrote:intinya pengetahuan semacam yang dideskripsikan QS. 16:79-81 ---> pengetahuan yang hanya bisa didapat setelah lahir (bukan sebelumnya)!
Itulah ngawurnya ente. Masalahnya si ibn kathir kaga bilang begitu. Dia ga bilang cuman itu yg TIDAK DIKETAHUI si bayi sblm lahir.
Ibn kathir bilang APAPUN kaga diketahui si bayi sblm lahir, alias ntu bayi otaknya blank, kosong, memorinya nol, ga tahu apa-apa.
Makanya ane blg tafsir ente ngawur. :butthead:

Setujukah ente kalo bayi sebelum lahir itu GA TAHU APAPUN, tanpa harus di identifikasikan "APAPUN" sbg ke 3 hal tsb.
Tegas dan jelas seperti si ibn kathir, NOT KNOWING A THING = GA TAHU APAPUN (fullstop).
Kalo ente uda setuju ini, nanti kita lanjutkan lagi debat pake referensi yg ilmiah, apakah hal ini sesuai dgn science. :green:
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

sixpackguy wrote:Org ngomong apa, dia tanggepinnya apa... :-s makanya jgn doyan hoax mulu, ntu otak jadi tumpul.
Ane tidak sedang membandingkan tafsir ente vs ibn kathir, mengenai APA YG BAYI TAHU setelah keluar dari perut ibunya.
Ane sedang membandingkan tafsir ente vs ibn kathir, mengenai APA YG BAYI TIDAK KETAHUI sebelum keluar dari perut ibunya.
Faham bedanya? :goodman:
menurut Ibnu Katsir ---> not knowing a thing = tidak mengetahui "pengetahuan yang didapat, dari hasil penggunaan reason"! :goodman:
sixpackguy wrote:Itulah ngawurnya ente. Masalahnya si ibn kathir kaga bilang begitu. Dia ga bilang cuman itu yg TIDAK DIKETAHUI si bayi sblm lahir.
Ibn kathir bilang APAPUN kaga diketahui si bayi sblm lahir, alias ntu bayi otaknya blank, kosong, memorinya nol, ga tahu apa-apa.
Makanya ane blg tafsir ente ngawur. :butthead:
memorinya blank... dari : "pengetahuan yang didapat, dari hasil penggunaan reason"! :rofl:
walet
Posts: 5858
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am
Contact:

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by walet »

Captain Pancasila wrote: menurut Ibnu Katsir ---> not knowing a thing = tidak mengetahui "pengetahuan yang didapat, dari hasil penggunaan reason"! :goodman:
Kan bayi dalam kandungan punya pengetahuan karena adanya reason, misalnya:
1. Suara ibunya
2. Suara detak jantung
3. Suara musik
4. Bahkan cahaya pun sudah bisa dilihat dari kandungan
5. Sudah bisa merasakan apa yg dimakan ibu dari rasa air ketuban

Dari situ dia sudah belajar dan mempunyai pengetahuan dari reason atau sebab2 tertentu:
1. Dialek ibunya, suara ibu, maka kalau bayi lahir dengar suara ibu maka dia akan tenang
2. Bayi lahir selalu didekap ibu biar gak kaget dengan lingkungan baru karena mendengar suara yg gak asing lagi
3. Selera makan bayi biasanya sama dengan ibunya

Kesimpulan:

QURAN SALAH!!!!
User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by sixpackguy »

Captain Pancasila wrote:menurut Ibnu Katsir ---> not knowing a thing = tidak mengetahui "pengetahuan yang didapat, dari hasil penggunaan reason"!
Ente sedang mentafsirkan, tafsinya ibn kathir?
Tafsir ibn kathir yg sudah jelas, ditafsir lagi sama ente... #-o yah gitu lah jadinya... ngawur.
Ternyata quran butuh dibikin ngawur dulu ama muslim supaya ga berlawanan dgn science. :lol:


- Q 16:78: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun [-jelas-]
- Ibn Kathir: He brought them from their mothers' wombs not knowing a thing
[-jelas-]
VS
- Captain Pancasila: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui 1. bagaimana mekanisme burung terbang (16:79), 2. bagaimana penggunaan bahan2 yang ada di alam (16:80), 3. bagaimana beradaptasi terhadap lingkungan (16:81)"! :shock: [-ngawur-] :rofl:


Captain Pancasila wrote:memorinya blank... dari : "pengetahuan yang didapat, dari hasil penggunaan reason"!
Itulah tafsir ngawur seenak jidat muslim. :lol:
Ok, ane simpan dulu... ente menyimpulkan itu dari kalimat tafsir ibn kathir pada bagian yg dimerahin ini:
then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -

Nah, sekarang kalo mau konsisten, berarti bayi tersebut sebelum lahir juga: belum bisa mendengar dan mengenali suara.
Disimpulkan masih dr kalimat tafsir ibn kathir yg sama, pada bagian yg dibiruin ini:
then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -
Setuju cp? Setelah ini kita uji dengan science. :green:
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

sixpackguy wrote:Nah, sekarang kalo mau konsisten, berarti bayi tersebut sebelum lahir juga: belum bisa mendengar dan mengenali suara.
Disimpulkan masih dr kalimat tafsir ibn kathir yg sama, pada bagian yg dibiruin ini:

then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -

Setuju cp? Setelah ini kita uji dengan science. :green:
pir, yang ini kok nggak mbok biruin sekalian? 8-[
then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -
:stun:
walet
Posts: 5858
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am
Contact:

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by walet »

sixpackguy wrote:Nah, sekarang kalo mau konsisten, berarti bayi tersebut sebelum lahir juga: belum bisa mendengar dan mengenali suara.
Disimpulkan masih dr kalimat tafsir ibn kathir yg sama, pada bagian yg dibiruin ini:

then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -

Setuju cp? Setelah ini kita uji dengan science. :green:
Captain Pancasila wrote:pir, yang ini kok nggak mbok biruin sekalian? 8-[
then He gives them hearing to recognize voices, sight to see visible things and hearts - meaning reason -
:stun:

Lha itu kan menurut menurut Tafsirmu, tafsir menafsirkan Quran yang sudah salah, makanya salah kuadrat. Tafsir dan Quran gak tahu kl bayi dalam kandungan dah bisa melihat.
Bayi itu sudah bisa melihat cahaya dan mendengar suara waktu dalam kandungan.
User avatar
Captain Pancasila
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 16:78 Bayi baru lahir tidak tahu apa-apa??

Post by Captain Pancasila »

walet wrote:Lha itu kan menurut menurut Tafsirmu, tafsir menafsirkan Quran yang sudah salah, makanya salah kuadrat. Tafsir dan Quran gak tahu kl bayi dalam kandungan dah bisa melihat.
Bayi itu sudah bisa melihat cahaya dan mendengar suara waktu dalam kandungan.
kita ntu baru ngomongin/ngebahas Tafsirnya Ibnu Katsir pir, udah gitu elu ntu baru nyelesaiin separoh PRnya sixpackguy, karena elu belum sekalian ngebahas - meaning reason - nya Tafsir Ibnu Katsir... :goodman:
Post Reply