Terorisme Zona Afrika

Aksi2 terorisme, pemboman, demonstrasi kekerasan, intimidasi dan serangan2 kelompok2 Islam atas nama Islam. TIDAK termasuk honor killing, atau pembunuhan secara individu
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

13 Tewas Dalam Kekerasan Sektarian Baru di Nigeria
Sumber: gulftoday.ae

Maiduguri: Kepolisian Nigeria mengatakan serangan-serangan oleh sebuah kelompok sekte yang ditakuti dan sebuah bentrokan antara polisi dan lusinan pria bersenjata telah mengkibatkan 13 orang tewas di Nigeria timur-laut yang bergolak.

Kepala polisi negara bagian Borno mengatakan delapan warga terperangkap dalam sebuah adu tembak antara polisi dan anggota sebuah sekte radikal Muslim di luar sebuah bank di kota Damboa hari Jumat (27/05/11).

Mohammad Abubakar mengatakan para anggota sekte yang dikenal sebagai Boko Haram merampok bank dan berhasil melarikan diri dengan sejumlah uang. Abubakar mengatakan para anggota sekte juga membunuh empat polisi dan seorang pengawas lalu lintas dalam sebuah serangan sebelumnya.

Boko Haram, yang dalam bahasa Hausa berarti "pendidikan barat adalah ilegal", telah menargetkan para polisi dan ulama dalam sebuah seri pembunuhan tahun lalu.

"Ada sebuah serangan hari ini terhadap sebuah barak polisi dan sebuah bank oleh kelompok bersenjata yang diyakini sebagai para anggota sekte Boko Haram," komisaris kepolisian negara bagian Borno, Mohammed Jirjin Abubakar mengatakan terkait insiden di Damboa, sekitar 100 km selatan Maiduguri, ibukota negara bagian.

"Mereka merampok bank dan menggunakan bahan-bahan peledak terhadap sebuah barak polisi," katanya. Kepala polisi tidak dapat segera mengatakan jika seseorang telah mengalami luka atau tewas. "Kami masih tidak memiliki detail mengenai jumlah korban. Saya tengah dalam upaya untuk memahami situasi dan jangkauan kerusakan akibat serangan-serangan ini," kata dia.

Kepolisian menyalahkan kelompok sekte itu atas serangkaian serangan bom dan penembakan di Maiduguri dalam beberapa bulan terakhir. Serangan-serangan itu kebanyakan menarget personel militer dan kepolisian, komunias dan para pemimpin agama, dan para politisi.

Boko Haram, yang berarti "pendidikan barat adalah dosa" dalam sebuah dialek setempat, melancarkan sebuah pemberontakan singkat di beberapa wilayah di utara tahun 2009.

Upaya mereka digagalkan oleh sebuah razia militer yang brutal yang mengakibatkan ratusan orang, termasuk para anggota sekte, tewas dan markas-markasnya dan mesjidnya dihancurkan di Maiduguri, di mana mayroitas kekerasan terjadi. Sejak itu kelompok ini melancarkan sebuah pemberontakan skala rendah dan disalahkan atas beberapa penyerangan terhadap gereja-gereja dan sebuah penjara.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

2 Tentara Perdamaian Uni Afrika Tewas Dalam Serangan Bunuh Diri Mogadishu
Sumber: english.people.com.cn

Dua tentara dari pasukan perdamaian Uni Afrika di ibukota Somalia Mogadishu tewas dan empat lainnya terluka setelah para pejuang Muslim menyerang salah satu markas kontingen, seorang juru bicara untuk pasukan perdamaian mengatakan.

Serangan dilakukan oleh empat pejuang Muslim bersenjata berat dengan sabuk peledak yang menggunakan seragam militer pemerintah Somalia. "Dua tentara kami tewas dan empat lainnya terluka dalam serangan terhadap markas kami. Tiga dari empat pria dengan bahan peledak di tubuh mereka tewas dan salah satu masih dalam kondisi luka berat," kapten Prosper Hakizimana, wakil juru bicara untuk pasukan perdamaian Uni Afrika di Mogadishu, kepada Xinhua.

Hakizimana mengatakan bahwa Ia juga insaf bahwa seorang milisi pro-pemerintah Ahlu Sunna Waljama terluka dalam serangan oleh kelompok radikal Al Shahab, yang telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Kelompok radikal Muslim mengalami kemunduran terhadap pasukan Somalia dan tentara perdamaian Uni Afrika dalam serangan baru-baru ini di Mogadishu dan provinsi-provinsi selatan.

Juru bicara mengatakan bahwa serangan bunuh diri merupakan sebuah tanda keputus-asaan di pihak militan ketika mereka menghadapi salah satu kekalahan terbesarnya dari pasukan perdamaian yang mendukung pemerintah Somali.

Kelompok Muslim Al Shahab mengontrol wilayah besar di bagian selatan dan tengah di negara Afrika timur yang penuh peperangan itu, sementara pasukan Somali yang didukung hampir 10.000 pasukan perdamaian terutama dari Burundi dan Uganda, menguasai kurang dari separuh daerah ibukota dan sejumlah kota-kota penting di selatan negeri itu.

Pasukan pemerintah yang didukung tentara perdamaian baru-baru ini mendapatkan kemajuan yang mantap terhadap pasukan pemerintah di ibukota Mogadishu dan di beberapa bagian di provinsi-provinsi selatan di mana sejumlah kota penting dan desa-desa direbut kembali dari kelompok radikal Al Shahab.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Sekte Muslim Nigeria Klaim Serangan-Serangan Bom Mematikan
Sumber: mnsbc.msn.com, reuters.com, rte.ie/news

GOMBE, Nigeria - Seorang pria yang memperkenalkan diri sebagai wakil juru bicara sebuah sekte radikal Muslim, mengatakan bahwa mereka bertanggung-jawab atas ledakan-ledakan di dua kota di Nigeria-utara dekat ibukota yang mengakibatkan 17 orang tewas.

Layanan BBC berbahasa Hausa menyebutkan hari Selasa (31/05/11), bahwa Abu Zaid kepada mereka mengatakan kelompoknya juga bertanggung-jawab atas pembunuhan saudara laki-laki Shehu dari negara bagian Borno, pemimpin Muslim tertinggi kedua di Nigeria.

Associated Press belum dapat segera memverifikasi klaim tersebut.

Ledakan-ledakan berganda menghantam kedai-kedai bir di Bauchi, Zuba dan Zaria beberapa jam setelah pelantikan presiden hari Minggu.

Boko Haram, yang namanya berarti "Pendidikan barat adalah ilegal" dalam bahasa lokal Hausa, telah menargetkan polisi dan para ulama dalam sebuah rangkaian pembunuhan tahun lalu.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Al Shahab Serang Basis Militer Raskamboni di Kawasan Selatan
Sumber: allafrica.com

Mogadishu - Para pejuang loyalis pergerakan Al Shahab hari Selasa pagi (31/05/11) menyerang sebuah basis militer yang dijaga para pejuang Raskamboni di daerah Jubba Bawah di Somalia selatan.

Laporan-laporan mengindikasikan bahwa pertempuran berlangsung sangat alot di mana barikade artileri dan tembakan senapan mesin dapat terdengar di seluruh kawasan-kawasan terjadinya baku tembak.

Dalam berjalannya pertempuran, sedikitnya 4 orang tewas dan lusinannya lainnya terluka. Seluruh korban tewas dan luka merupakan kombatan dari pihak-pihak yang bertikai.

Belum ada tanggapan mengenai baku tembak dan jumlah korban dari Al Shahab dan para pejuang Raskamboni sejauh ini.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

15 Warga Sipil Tewas Dalam Pertempuran, Penembakan di Mogadishu
Sumber: allafrica.com

Mogadishu - Kamis pagi dini hari (02/06/11), pertempuran berat antara militer Somali yang didukung tentara perdamaian Uni Afrika dan kelompok Al Shahab bermula di bagian-bagian di ibukota Somalia Mogadishu.

Para penduduk mengatakan bahwa pertempuran yang sangat keras, terjadi di Jalur Warshadaha, di sekitar kementerian Pertahanan begitu pula di bagian-bagian di distrik Hodan.

Bentrokan terjadi setelah para pejuang Al Shahab melancarkan serangan terencana terhadap para prajurit Somali dan AMISOM di kawasan tersebut.

Kedua pihak yang bertikai menggunakan baik senapan ringan dan berat di mana beberapa tembakan jatuh di tempat yang jauh dari zona perang.

Sedikitnya 15 orang terbunuh dan lusinan lainnya terluka dalam bombardir itu, demikian menurut para saksi mata.

Belum ada pernyataan apapun dari pihak-pihak yang terlibat dalam konflik Mogadishu sejauh ini.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

11 Tewas Dalam Serangan Sekte di Nigeria Timur Laut
Sumber: sundayzaman.com

Nigeria (AP) - Sedikitnya 11 orang telah terbunuh dalam ledakan ganda dan serangan-serangan terkoordinir oleh sebuah sekte Muslim yang ditakuti di kawasan timur laut Nigeria, demikian kepolisian hari Selasa (07/06/11).

Kepala polisi negara-bagian Borno, Mohammed Abubakar, mengatakan bahwa para anggota sekte radikal yang secara lokal dikenal sebagai Boko Haram, meledakkan sejumlah bom di dua kantor polisi dan gereja St. Patrick hari Selasa sore di kota Maiduguri. Sepuluh orang tewas dalam serangan-serangan itu termasuk tiga tersangka anggota sekte dan seorang tentara, katanya.

Serangan berganda terjadi satu hari setelah kelompok bersenjata bersepeda-motor menembak mati Sheikh Ibrahim Birkuti, seorang ulama dari sekte rival. Kepolisian juga menyalahkan Boko Haram atas pembunuhan ulama itu hari Senin di rumahnya di kota Biu, selatan Maiduguri.

Birkuti selama ini kritis terhadap kekerasan yang dilakukan oleh Boko Haram dan Ia merupakan penganut Wahabbi, sebuah faksi sempalan dari Sunni Muslim. Boko Haram juga adalah sebuah faksi dari Sunni Muslim yang berupaya mengimplementasikan hukum Sharia di negara bagian Borno. Namun demikian, Wahabbi melakukannya dengan cara-cara damai, sementara Boko Haram telah berjanji akan terus membunuh orang-orang, untuk mendukung penerapannya hingga hukum Sharia diadopsi beserta tuntutan-tuntutan yang lain.

Nigeria, sebuah negara dengan jumlah penduduk 150 juta jiwa, terbagi menjadi daerah dominasi Kristen di selatan dan daerah dominasi Muslim utara. Lusinan negara bagian di sepanjang kawasan utara telah mengadopsi hukum Sharia, sekalipun wilayah tersebut masih di bawah kontrol pemerintahan sekuler.

Boko Haram bertanggung-jawab atas sejumlah pembunuhan yang menargetkan para aparat kepolisian, militer, politisi dan ulama di Nigeria utara tahun lalu. Mereka juga menyerang gereja-gereja dan mengkoordinir sebuah pelarian para narapidana. Namun demikian, pemerintah mengatakan serangan-serangan itu makin intensif setelah pemilu gubernur 26 April memenangkan partai politik yang sama untuk memegang kekuasaan.

Gubernur-terpilih, Kashim Shettima, dengan cepat mengontak para anggota sekte untuk mengendalikan ketegangan dengan menawarkan sebuah amnesti, namun seorang pria yang mengaku berbicara bagi Boko Haram kepada BBC, mengatakan bahwa pihaknya menolak tawaran tersebut.

Dalam sebuah wawancara terpisah dan terkini dengan BBC dalam layanan bahasa-Hausa, seorang pria yang mengklaim berbicara bagi Boko Haram mengklaim bertanggung-jawab atas tiga ledakan yang mengguncang dua kota di Nigeria utara dan sebuah kota yang dekat dengan ibukota, beberapa jam setelah pelantikan presiden Nigeria, seorang Kristen dari kawasan selatan negara ini. Kantor Penanganan Kedaruratan Nasional mengatakan bahwa 18 orang tewas dalam serangan-serangan tanggal 29 Mei.

Boko Haram sebelumnya diduga telah bubar tahun 2009, setelah militer Nigeria menghancurkan mesjid mereka hingga puing-puing, dan para pemimpinnya ditahan dan meninggal di penjara kepolisian. Tetapi sekarang, Maiduguri dan desa-desa sekitar di negara bagian Borno hidup kembali dalam ketakutan.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Boko Haram Bunuh 2 Pastor di Borno
Sumber: vanguardngr.com

Abuja - Sebuah sekte Muslim, Boko Haram, beraksi kembali kemarin di Maiduguri (10/06/11), ibukota negara-bagian Borno, membunuh pastor gereja Kristus di Nigeria Rev.David Usman dan asisten sekretaris gereja.

Insiden terjadi ketika wapres Namadi Sambo kemarin menghadiri sebuah rapat Dewan Keamanan selama dua jam, mengenai pemberontakan Boko Haram yang mencapai taraf mengkhawatirkan dalam minggu-minggu ini, yang mengklaim sejumlah korban.

Komisaris Polisi Negara-Bagian Borno, Mallam Mohammed Abubakar, yang mengkonfirmasi kejadian, menyalahkan Boko Haram atas serangan itu, Ia berargumen bahwa sekte yang sama juga berpartisipasi dalam ledakan-ledakan bom dan serangan-serangan berjam-jam sebelumnya yang mengakibatkan sedikitnya 10 orang tewas.

Rapat digelar sehari setelah presiden Goodluck Jonathan di New York berjanji untuk menerapkan opsi "wortel dan tongkat" untuk membendung aksi-aksi kekerasan yang biasanya dihubungkan dengan sekte keagamaan Boko Haram.
...............
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

12 Tewas Dalam Pertempuran Baru di Somalia
Sumber: monstersandcritics.com

Mogadishu - Sedikitnya 12 pejuang tewas dalam bentrokan antara kelompok-rival Somali Ahlusunna Waljama dan Harkat Al-Shahab, para pejabat mengatakan hari Kamis (16/06/11).

Korban-korban berjatuhan dalam pertempuran berat di distrik Mahas dan Mataban hari Rabu larut malam, di mana masing-masing pihak mengklaim kemenangan yang tidak dapat dikonfirmasi secara independen.

Seorang juru bicara bagi Ahlusuna mengatakan 10 pejuang Al Shahab tewas, sementara Ahlusuna kehilangan dua orang selain 11 terluka.

Tetapi seorang juru bicara Al Shahab mengatakan 'kami mengalahkan tentara Kristen (Ahlusuna) dalam pertempuran yang menakutkan di antara distrik Mahas dan Mataban.'
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Al Shahab Eksekusi 2 Pria Karena Diduga Mata-Mata Bagi Pemerintah
Sumber: dbune.com/news

Kelompok Somalia terinspirasi-Al-Qaeda, Al Shahab, hari Sabtu (19/06/11) mengeksekusi dua pria muda setelah menuduh mereka melakukan kegiatan spionase bagi pemerintah federal Somalia.

Seorang hakim Al Shahab untuk kawasan Benadir, yang diidentifikasi bernama Omar, mengatakan Adil Mohamed Hussein, 21 tahun, dan Abas Mohammed Abukar, 19 tahun, ditangkap militan di kawasan-kawasan yang dikuasai al Shahab di ibukota Mogadishu.

Ratusan orang diundang ke sebuah kawasan pusat di distrik Dayninle Mogadishu di mana tiga militan bertopeng dengan pistol melaksanakan eksekusi, demikian menurut para saksi mata.

"Saya melihat pria-pria bersenjata menembak dua remaja di kepala mereka beberapa kali, lagi dan lagi, dan segera kedua orang itu ambruk dan tewas," kata seorang wanita saksi mata yang meminta namanya tak disebut.

Pemerintah Somali belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait penembakan itu, apakah pemerintah mempunyai hubungan dengan para pria yang dieksekusi.

Bulan Maret, Al Shahab, yang berusaha memaksakan versi kaku hukum Sharia Islam di seluruh Somalia yang penuh konflik, mengeksekusi seorang pria Somalia di pusat kota Mogadishu, menuduh orang itu sebagai mata-mata bagi Ameriksa Serikat.

Bulan Oktober, kelompok garis keras mengeksekusi dua remaja putri yang mereka tuduh melakukan spionase bagi pemerintah Somali.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Boko Haram Bunuh 6 Polisi di Katsina, Kano
Sumber: indepthafrica.com

Kelompok fundamentalis Muslim Boko Haram beraksi lagi kemarin (20/06/11), menewaskan enam polisi dan seorang warga sipil.

Aksi-aksi itu menyusul serangan bom bunuh diri yang mereka lakukan Kamis lalu ke markas besar kepolisian di Abuja, menghantam para polisi di Kankara di negara-bagian Katsina di Kano.

Lima polisi tewas di Kankara - sebuah kota 100 km dari Katsina, ibukota negara bagian Katsina dan seorang lagi di Kano.

Warga sipil itu diduga tewas karena salah sasaran setelah Boko Haram menyerbu sebuah bank di Kankara.

Seorang saksi mata mengatakan kepada para wartawan bahwa para anggota Boko Haram menginvasi kantor polisi Kankara, membunuh tiga polisi, termasuk Perwira Divisi, sebelum menghambur ke gudang senjata, di mana mereka mengangkut senjata-senjata dan amunisi.

Mereka dilaporkan masuk ke sebuah cabang bank PHB di kota itu di mana mereka diduga meledakkan sebuah bahan peledak yang merusak kamar bawah tanah bank, yang mereka kosongkan.

Mereka membunuh dua polisi yang berjaga di bank itu.

Anggota Boko Haram dilaporkan melemparkan uang ke udara ketika mereka melarikan diri dengan dua mobil.

Salah satu mobil melewati jalan Kankara-Shema, yang lain meloloskan diri melewati jalan Kankara-Katsina.

Seorang perwira divisi, Umar Sufi, dilaporkan ditembak mati sekitar pukul 5 sore kemarin di Gndowawa, Dakata di kota Kano.

Sumber-sumber mengatakan saat itu ada kepanikan ketika sejumlah orang tak dikenal mulai menyerang para warga, membuat mereka lari tunggang-langgang.

Wakil Komisaris Kepolisian Kano membenarkan terbunuhnya para polisi namun Ia mengatakan itu adalah sebuah insiden perampokan. Boko Haram, baru-baru ini meningkatkan aktivitas-aktivitas mereka yang mematikan.

Kelompok ini juga memperluas skala operasi mereka dari negara-bagian Borno dan sejumlah daerah di barat-laut, ke bagian-bagian lain di utara dan Wilayah Ibukota Federal.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

10 Tewas Dalam Pertempuran di Daerah Gedo
Sumber: allafrica.com

Luq - Sedikitnya sepuluh orang tewas dan sejumlah lainnya luka-luka setelah kelompok moderat dukungan pasukan Somalia, Ahlu Sunna Waljama, dan para pejuang Al Shahab bertempur di kota Luq di Somalia selatan di daerah Gedo (20/06/11).

Pertempuran bermula setelah konvoi pasukan Somali mendapat serangan dari pergerakan Al Shahab ketika melintasi desa Bohol Bashir, sekitar 27 kilometer barat kota Luq.

Diyad Abdi Kalils, pejabat militer pemerintah di daerah Gedo mengatakan bahwa mereka menimbulkan kerugian besar dan tak tergantikan di pihak pejuang al Shahab.

Berkaitan dengan hal itu, juru bicara al Shahab, Sheikh Abdul-aziz Abdu Mus'ab mengklaim pihaknya lebih unggul selama peperangan.

Abu Mus'ab menyatakan mereka berhasil membunuh 14 tentara pemerintah Somali, menuduh pasukan militer Ethiopia memasuki wilayah Somalia dan secara langsung menyokong pasukan Somali.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Al Shahab Klaim Bertanggung Jawab Atas Ledakan Bom Hari Selasa
Sumber: raxanreeb.com

Mogadishu (RBC) - Juru bicara para pejuang Al Shahab di Somalia, Sheikh Abdiasis abu Mus'ab mengklaim bertanggung-jawab atas pemboman mematikan hari Selasa (22/06/11) di Mogadishu, di mana sedikitnya lima pelajar tewas setelah ledakan ranjau darat menghantam mobil mereka.

"Serangan itu menggunakan ranjau darat, dan benar kami mengenai target kami yang adaah tentara Burundi yang melintasi jalan dekat rumah sakit Benadir," demikian juru bicara mengatakan lewat stasiun radio milik Al Shahab di Mogadishu hari Selasa malam.

Namun tidak ada jawaban dari pasukan Uni Afrika di ibukota.

Ledakan hari Selasa yang adalah ranjau darat ditargetkan terhadap konvoi AMISOM namun keliru menghantam mobil warga sipil. Mayoritas penumpang mobil adalah para pelajar dari universitas Hormud yang kembali dari akitivitas belajar sehari-hari mereka.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

16 Tewas Dalam Pertempuran Ibukota
Sumber: gulftoday.ae

Mogadishu - Sedikitnya 16 orang terbunuh dan banyak lainnya terluka dalam pertempuran berat antara pasukan pemerintah Somali dukungan pasukan Uni Afrika dan para pejuang Al Shahab di Mogadishu.

Sebuah pertempuran hebat pecah di pemukiman Yaqshid di Mogadishu utara hari Sabtu (03/07/11), setelah para pejuang al Shahab melancarkan serangan mendadak atas sebuah konvoi militer pemerintah yang melintasi daerah itu, koresponden Press TV Iran di Mogadishu melaporkan.

Sebanyak 27 orang terluka ketika kedua belah pihak bertukar tembakan berat dan barikade peluru mortir.

Somalia tidak memiliki sebuah pemerintahan resmi sejak 1991, ketika para panglima perang menggulingkan diktator Mohammed Siad Barre dan lantas berperang satu dengan yang lain.

Para pemberontak Al Shahab, yang dilaporkan berafiliasi dengan al Qaeda, saat ini berupaya mengusir pemerintah dukungan PBB yang lemah di Mogadishu.

Berlokasi secara strategis di Tanduk Afrika, tanah liar ini merupakan satu dari negara-negara yang memiliki jumlah pelarian dan pengungsi dalam negeri tertinggi di dunia.

Diperkirakan 1,4 juta orang Somali terlantar di dalam negeri sementar 680.000 hidup sebagai pengungsi di negara-negara tetangga, demikian menurut Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR).
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Serangan Boko Haram Nigeria Tewaskan 63 di Damaturu
Sumber: latesttrendsnews.com

Serangkaian serangan bom dan penembakan di kota timur-laut Nigeria, Damaturu, telah menewaskan sedikitnya 63 orang, Palang Merah mengatakan (5/11/11).

Para saksi mata mengatakan bom menghantam sejumlah target, termasuk gereja-gereja dan kantor-kantor kepolisian negara-bagian Yobe.

Banyak warga telah meninggalkan kota setelah semalam aksi kekerasan.

Kelompok militan Islam Boko Haram mengatakan kepada sebuah surat kabar bahwa pihaknya berada di balik serangan tersebut dan merencakan untuk menyerang target-target pemerintah lainnya.

Presiden Goodluck Jonathan "sangat prihatin" mengenai aksi itu dan menyatakan pemerintahnya tengah bekerja keras untuk "mengadili pelaku yang bertujuan merusak perdamaian dan stabilitas di negara ini," ujar seorang juru bicara.

Rentetan serangan terhadap pasukan keamanan di kota-terdekat Maiduguri baru-baru ini juga dituduhkan pada kelompok Boko Haram.

Pejabat Palang Merah Nigeria, Bulama Ibrahim di Damaturu, mengatakan kepada The News setidaknya 63 orang tewas di tempat itu.

Ia mengatakan dua orang tewas dalam serangan-serangan di tempat lain. Kantor-kantor berita mengatakan kota-tetangga Potiskum juga mengalami serangan.

Koresponden BBC Jonah Fisher di ibukota-perdagangan Nigeria, Lagos, mengatakan bahwa tampaknya serangan tersebut merupakan yang paling keras yang dilakukan oleh Boko Haram sampai saat ini.

Para warga yang mengunjungi rumah-rumah duka melaporkan bahwa mereka mendapati 92 mayat, demikian menurut koresponden kami.

Seorang pejabat pemerintah setempat seperti dikutip kantor berita AFP Damaturu, mengatakan bahwa ratusan orang luka tengah dirawat di rumah sakit.

Para saksi mata mengatakan serangan-serangan dimulai hari Jumat pukul 18:30 dan berlangsung sekitar 90 menit.

Pria-pria bersenjata saat itu terlibat bentrok dengan para pasukan keamanan.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Serangan Granat Pemberontak Somali Tewaskan 2 Orang di Ibukota
Sumber: reuters.com

(Reuters) - Para pemberontak Somali terkait-al-Qaeda menewaskan sedikitnya dua orang dalam sebuah rangkaian serangan granat hari Selasa malam (08/11/11) di Mogadishu, dan memperingatkan bahwa mereka akan meningkatkan aksi-aksinya di ibukota.

Serangan tersebut menandakan mudahnya militan al Shahab untuk menginfiltrasi jantung kota pantai tersebut, yang seharusnya di bawah perlindungan pasukan pemerintah dan Uni Afrika (AMISOM).

"Sebuah granat dilemparkan ke jalan Howlwadag yang sibuk malam lalu, menewaskan dua orang dan melukai sembilan lainnya, termasuk para prajurit," kata koordinator ambulans, Ali Musa, merujuk pada serangan di sebuah jalan menuju pasar Bakara di pusat kota.

Al Shahab mengklaim telah menewaskan 15 tentara pemerintah dalam empat serangan terpisah. Dua belas di antaranya tewas ketika berpatroli di jalan Howlwadag, menurut para pemberontak. Target-target lain meliputi rumah seorang mantan menteri kehakiman dan seorang pemuka masyarakat setempat.

Dalam sebuah peringatan serius, kelompok militan, yang tengah berperang melawan tentara Kenya di Somalia selatan, mengatakan bahwa serangan-serangan granat hari Selasa "hanyalah sebuah permulaan."

"Kami berencana melaksanakan serangan-serangan vital di ibukota, Mogadishu," Sheikh Abdiasis Abu Musab, seorang juru bicara al Shahab kepada Reuters hari Rabu.

Kelompok militan menarik hampir seluruh pejuangnya keluar dari Mogadishu, titik pusat pemberontakan mereka selama lima tahun terakhir, pada bulan Agustus di tengah laporan-laporan mengenai konflik internal dan kesulitan dana.

Sejak saat itu, pasukan AMISOM dan pemerintah menghalau sisa-sia pejuang pemberontak dari distrik-distrik yang mengitari ibukota.

Dalam sebuah pergantian taktik yang lebih mengandalkan perang jalanan konvensional, al Shahab mulai meningkatkan serangan-serangan bunuh diri dan taktik gerilya. Mereka mengklaim bertanggung-jawab atas bom truk tanggal 4 Oktober yang menewaskan lebih dari 70 orang.

PBB memperkirakan 98 persen ibukota saat ini berada di bawah kendali pemerintah - yang terluas sejak kejatuhan seorang diktator di tahun 1991 yang mengantarkan negeri Tanduk Afrika itu pada konflik dan meninggalkan sebagian besar Mogadishu dalam kekuasan kelompok-kelompok bersenjata.

Namun AMISOM mengatakan tugas mengamankan seluruh kota telah menjadi semakin sulit akibat kurangnya jumlah personil dan pembauran para pemberontak dengan masyarakat.

"Kami mengetahui bahwa para pejuang masih bersembunyi di antara warga, Paddy Akunda, juru bicara AMISOM, kepada Reuters. "Ini merupakan beban pemerintah untuk melakukan inspeksi dari rumah ke rumah untuk menangkap sisa-sisa al-Shahab."

"Personel yang kami miliki tidak memadai untuk mengamankan seluruh ibukota dan wilayah-wilayah yang terbebas," ujar Ankunda.

Berjuang untuk memberlakukan hukum Sharia yang kaku pada negara itu, al-Shahab juga tengah mempersiapkan perang melawan tentara dari Kenya, yang mengirimkan pasukannya di sepanjang perbatasan untuk menghancurkan kelompok militan sejak lebih tiga minggu yang lalu.

Penduduk Mogadishu khawatir bahwa perkembangan keamanan di ibukota baru-baru ini akan berbalik dalam bulan-bulan mendatang.

"Tampaknya (pemerintah) tidak akan mampu meredakan serangan granat dan ledakan-ledakan lainnya," kata Hassan Abdulle, yang baru-baru ini kembali bermukim di kota itu.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Pemberontak Muslim Somali Perangi Tentara Uni Afrika di Mogadishu
Sumber: reliefweb.int

MOGADISHU - Para pemberontak Muslim Somalia menyerang sejumlah posisi tentara pemerintah dan Uni Afrika di ibukota yang penuh-konflik, menewaskan empat warga sipil dan melukai 12 lainnya, para pejabat dan saksi mata mengatakan hari Jumat (18/11/11).

Pertempuran berat bermula hari Kamis malam di sekitar empat titik yang dijaga pasukan pemerintah dukungan-Uni-Afrika dan melibatkan tembakan senapan mesin berat dan peluru mortir, di mana laporan-laporan menyebutkan bahwa rumah-rumah warga sipil terperangkap dalam baku tembak.

"Para teroris melancarkan serangan-serangan putus asa terhadap posisi militer hari Kamis malam, namun upaya mereka gagal dengan menderita kerugian besar, setelah menarget tiga posisi di selatan dan satu di bagian utara kota," jelas Colonel Ahmed Ibrahim, seorang pejabat militer Somali.

"Mereka lemah, namun berusaha untuk terlihat kuat dengan melakukan serangan-serangan semacam itu," kata dia, menambahkan bahwa dua tentara pemerintah menderita luka-luka.

Namun demikian, para saksi mata mengatakan pertempuran itu sangat intens sehingga orang-orang di banyak bagian kota dapat mendengar deru peperangan.

"Empat warga sipil tewas di daerah Yaqshid malam lalu setelah sebuah mortir menghantam rumah-rumah, pertempuran sangat hebat dan membuat semua orang cemas," kata Habibo Mumin, seorang saksi mata.

Sumber-sumber medis mengatakan bahwa sedikitnya 12 orang terluka, di mana enam orang dirawat di rumah sakit Medina.

Sekalipun telah menarik diri dari posisi-posisi tetap di Mogadishu bulan Agustus milisi garis-kerasa Shahab berjanji meneruskan peperangan melawan pemerintah Somali yang didukung barat dan tentara Uni Afrika yang melindunginya.

"Itu seperti serangan terorganisasi, karena pertempuran berlangsung di sejumlah lokasi termasuk Karan, Deynile, Huriwa dan bagian-bagian dari Jalur Industri," Gure Yasin, penduduk lainnya, mengatakan.

"Sejumlah orang terperangkal dalam baku tembak dan yang lain terkena mortir," kata Abdirahman Mohamed, seorang warga dekat areal pertempuran.

"Sejumlah korban baru-baru ini kembali ke pemukiman mereka setelah pengunduran diri Al-Shahab, namun saat ini tampak bahwa peperangan tak akan berakhir," Ia menambahkan.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

6 Tewas Ketika Al Shahab, Militer Kenya Baku Tembak di Somalia Selatan
Sumber: allafrica.com

Dhobley - Pertempuran berat antara tentara pemerintah Kenya dan Al shahab dan para pejuangnya di kawasan Jubba Bawah, laporan-laporan menyebutkan hari Minggu (20/11/11).

Sedikitnya enam orang dari kedua belah pihak yang bertikai dipastikan tewas, sementara sejumlah lainnya terluka dalam baku tembak yang terjadi di dsebuah desa dekat kota Dhobley di kawasan Jubba Bawah di Somalia selatan, demikian menurut para saksi mata.

Laporan-laporan juga mengatakan, pertikaian bermula setelah para pejuang al Shahab melancarkan sebuah serangan mendadak terhadap konvoi militer Kenya yang menuju kota Dhobley, sebuah kota dekat perbatasan antara Somalia dan Kenya.

Sejauh ini enam orang dinyatakan tewas dan lusinan orang terluka dalam pertempuran itu pada hari Minggu di kawasan Jubba Bawah di Somalia selatan.

Baik al Shahab maupun pemerintah Kenya belum membuat pernyataan mengenai insiden tersebut sejauh ini.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

4 Tewas Ketika Al Shahab, Penduduk Bertikai
Sumber: allafrica.com

Jowhar - Sedikitnya empat orang dilaporkan terbunuh dalam sebuah pertikaian bersenjata antara kelompok afiliasi Al-Qaeda, Al Shahab dan warga setempat di sebuah desa beberapa kilometer jauhnya dari distrik Jowhar, ibukota provinsi kawasan Shabelle Bawah di Somalia selatan, laporan-laporan menyebutkan hari Senin (21/11/11).

Para korban tewas dalam pertikaian antara penduduk dan Al Shahab di desa dekat kota Jowhar, disebut merupakan tiga warga sipil dan seorang pejuang Al Shahab, yang dibunuh oleh sebuah kapak oleh para penduduk lokal, demikian menurut para saksi mata.

Para penduduk kepada stasiun media Shabele di Mogadishu hari Senin, mengatakan bahwa pertikaian terjadi setelah para pejuang al Shahab memukuli seorang wanita, yang mereka katakan telah menolak pergi ke mesjid karena alasan tidak jelas.

Laporan-laporan menyebutkan bahwa situasi di daerah itu saat ini tenang setelah para pejuang Al Shahab menyelenggarakan operasi keamanan untuk membubarkan warga, yang keluar ke jalan-jalan untuk melampiaskan kemarahan mereka terhadap Al Shahab karena perlakuan buruk terhadap wanita.

Al Shahab menguasai sebagian besar kawasan selatan Somalia. Sekalipun mengundurkan diri dari posisi kuatnya di Mogadishu, ibukota Somalia pada Agustus 2011, milisi garis-keras Al Shahab berjanji untuk tetap melancarkan perang terhadap pemerintah Somali dukungan-Barat dan tentara Uni Afrika yang melindunginya.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Mayat Dua Pria Terpenggal Ditemukan di Somalia Selatan
Sumber: shabelle.net

AFMADOW - Laporan-laporan dari kota perbatasan Afmadow yang bergolak di daerah Jubba Bawah di Somalia selatan hari Minggu (25/11/11), menyebutkan bahwa mayat dua remaja laki-laki terpenggal telah ditemukan semalam di kota Afmadow.

Para penduduk lokal kepada media Shabelle mengatakan bahwa kelompok militan terkait-al-Qaeda Al Shahab membuang mayat kedua warga sipil yang dipenggal itu di jantung kota Afmadow, yang ditahan oleh para pejuang Al Shahab beberapa hari lalu.

Para pejuang Al Shahab menuduh kedua korban memiliki hubungan dengan pemerintah Federal Transisi Somalia dan selama ini menjadi pemandu bagi serangan udara Kenya terhadap basis-basis Al Shahab di kubu-kubu pertahanan mereka yang kuat di Somalia selatan. Kaum militan mengancam warga lokal akan nasib serupa bagi siapa pun yang bekerja bagi pemerintah Somalia dan Kenya.

Para penduduk di kawasan setempat menyatakan ketakutan dan kekhawatiran mereka mengenai aksi-aksi tersebut dan mayat-mayat terpengal yang dibuang di tempat ini, yang merupakan hal baru bagi kota Afmadow, di mana para pemberontak Muslim dan tentara pemerintah yang didukung Kenya bertempur setiap hari.

Kedua pria itu menjadi korban pertama aksi pemenggalan di kota Afmadow sejak para pemberontak Muslim al-Shahab menguasai kota tersebut.
User avatar
Rurik
Posts: 1356
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Post by Rurik »

Korban Tewas Kerusuhan Nigeria Capai 46
Sumber: france24.com

AFP - Korban tewas menyusul kekerasan dalam dua hari terakhir di Nigeri utara telah meningkat tajam dari tujuh ke 46, sumber-sumber kesehatan mengatakan hari Sabtu (24/12/11).

Ledakan-ledakan dan penembakan yang mengguncang kota-kota utara diklaim oleh kelompok Boko Haram, demikian menurut seorang juru bicara yang ditunjuk, Gabu Kaka, kepada AFP.

"Kami bertanggung-jawab atas serangan-serangan di Maiduguri, Damaturu dan Potiskum. Serangan-serangan itu kami lakukan untuk membalas kematian saudara-saudara kami oleh pasukan keamanan di tahun 2009. Kami akan terus berperang melawan pemerintahan Nigeria hingga kami melenyapkan sistem sekuler dan mendirikan sebuah negeri Islam."

Sembilan belas mayat diangkut ke rumah mayat di sebuah rumah sakit di Damaturu sementara 20 lainnya dibawah ke sebuah kamar mayat di Maiduguri setelah kekerasan terjadi di kedua kota itu dan di Potiskum, sumber-sumber mengatakan.

Seorang penduduk Damaturu hari Kamis mengatakan bahwa para tersangka anggota Boko Haram berada di jalan-jalan, menembak dan meledakkan bom membabi buta.

Para penduduk di Maiduguri mengatakan warga masyarakat melarikan diri dan salah satu dari enam bahan peledak di sana memcahkan kaca-kaca sebuah mesjid di sebuah kompleks perkantoran.

Maiduguri menanggung akibat dari aksi kekerasan yang dilakukan Boko Haram, yang mengklaim bertanggung-jawab atas sejumlah serangan di utara begitu pula pemboman bunuh diri pada Agustus di markas-markas PBB di ibukota Abuja yang menewaskan sedikitnya 24 orang.

Serangan-serangan lain terjadi di Damaturu hari Jumat.
Post Reply