.

Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby verdomazeg » Fri Apr 13, 2012 11:50 am

Image Direct to source-->
______________________________________________________________________________________________________________________________________


Image


Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman ?


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman.

Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. :shock: :rolling:

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Image



Lalu, apa hubungannya dengan Sulaiman? Benarkah Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang hebat dan agung itu? Apa bukti-buktinya? Benarkah ada jejak-jejak Islam di candi Buddha terbesar itu? Tentu perlu penelitian yang komprehensif dan melibatkan berbagai pihak untuk membuktikan validitas dan kebenarannya.

Taqqiyahnya ,mulai diatas ini neh =D>


Namun, bila pertanyaan di atas diajukan kepada KH Fahmi Basya, ahli matematika Islam itu akan menjawabnya; benar. Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman yang ada di tanah Jawa.

Dalam bukunya, Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman.

Image


Di antara alasannya, karena Sulaiman hidup pada abad ke-10 SM, sedangkan Borobudur dibangun pada abad ke-8 Masehi. Kemudian, menurut banyak pihak, peristiwa dan kisah Sulaiman itu terjadi di wilayah Palestina, dan Saba di Yaman Selatan, sedangkan Borobudur di Indonesia.

Tentu saja hal ini menimbulkan penasaran. Apalagi, KH Fahmi Basya menunjukkan bukti-buktinya berdasarkan keterangan Alquran. Lalu, apa bukti sahih andai Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman atau bangunan yang pembuatannya merupakan perintah Sulaiman?

Menurut Fahmi Basya, dan seperti yang penulis lihat melalui relief-relief yang ada, memang terdapat beberapa simbol, yang mengesankan dan identik dengan kisah Sulaiman dan Ratu Saba, sebagaimana keterangan Alquran. Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan. Pada relief yang terdapat di Borobudur, tampak peti atau tabut itu dijaga oleh seseorang.

Image


"Dan Nabi mereka mengatakan kepada mereka: 'Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun; tabut itu dibawa malaikat. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda bagimu, jika kamu orang yang beriman'." (QS Al-Baqarah [2]: 248).

Kedua, pekerjaan jin yang tidak selesai ketika mengetahui Sulaiman telah wafat. (QS Saba [34]: 14). Saat mengetahui Sulaiman wafat, para jin pun menghentikan pekerjaannya. Di Borobudur, terdapat patung yang belum tuntas diselesaikan. Patung itu disebut dengan Unfinished Solomon.

Ketiga, para jin diperintahkan membangun gedung yang tinggi dan membuat patung-patung. (QS Saba [34]: 13). Seperti diketahui, banyak patung Buddha yang ada di Borobudur. Sedangkan gedung atau bangunan yang tinggi itu adalah Candi Prambanan.

Keempat, Sulaiman berbicara dengan burung-burung dan hewan-hewan. (QS An-Naml [27]: 20-22). Reliefnya juga ada. Bahkan, sejumlah frame relief Borobudur bermotifkan bunga dan burung. Terdapat pula sejumlah relief hewan lain, seperti gajah, kuda, babi, anjing, monyet, dan lainnya.

Image


Kelima, kisah Ratu Saba dan rakyatnya yang menyembah matahari dan bersujud kepada sesama manusia. (QS An-Naml [27]: 22). Menurut Fahmi Basya, Saba artinya berkumpul atau tempat berkumpul. Ungkapan burung Hud-hud tentang Saba, karena burung tidak mengetahui nama daerah itu. "Jangankan burung, manusia saja ketika berada di atas pesawat, tidak akan tahu nama sebuah kota atau negeri," katanya menjelaskan. Ditambahkan Fahmi Basya, tempat berkumpulnya manusia itu adalah di Candi Ratu Boko yang terletak sekitar 36 kilometer dari Borobudur. Jarak ini juga memungkinkan burung menempuh perjalanan dalam sekali terbang.

Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Ketujuh, buah 'maja' yang pahit. Ketika banjir besar (Sail al-Arim) menimpa wilayah Saba, pepohonan yang ada di sekitarnya menjadi pahit sebagai azab Allah kepada orang-orang yang mendustakan ayat-ayat-Nya. "Tetapi, mereka berpaling maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar[1236] dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." (QS Saba [34]: 16).

Image


Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan 'Su'. Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini." (QS An-Naml [27]: 28). Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.

Kesepuluh, bangunan yang tinggal sedikit (Sidrin qalil). Lihat surah Saba [34] 16). Bangunan yang tinggal sedikit itu adalah wilayah Candi Ratu Boko. Dan di sana terdapat sejumlah stupa yang tinggal sedikit. "Ini membuktikan bahwa Istana Ratu Boko adalah istana Ratu Saba yang dipindahkan atas perintah Sulaiman," kata Fahmi menegaskan.

Image


Selain bukti-bukti di atas, kata Fahmi, masih banyak lagi bukti lainnya yang menunjukkan bahwa kisah Ratu Saba dan Sulaiman terjadi di Indonesia. Seperti terjadinya angin Muson yang bertiup dari Asia dan Australia (QS Saba [34]: 12), kisah istana yang hilang atau dipindahkan, dialog Ratu Bilqis dengan para pembesarnya ketika menerima surat Sulaiman (QS An-Naml [27]: 32), nama Kabupaten Sleman, Kecamatan Salaman, Desa Salam, dan lainnya. Dengan bukti-bukti di atas, Fahmi Basya meyakini bahwa Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman. Bagaimana dengan pembaca? Hanya Allah yang mengetahuinya. Wallahu Taqqiyah.
Last edited by verdomazeg on Fri Apr 13, 2012 12:28 pm, edited 2 times in total.
verdomazeg
 
Posts: 275
Joined: Mon May 23, 2011 5:34 pm

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby verdomazeg » Fri Apr 13, 2012 11:51 am

Ternyata dibahas satu per satu cukup lama juga jadi malas, mungkin ada netter yang mau nambahin ? [-( . Sebelum dilanjutkan bacanya kebawah, ane mau nanya nih buat yang mau baca. Lebih Percaya Republika atau Wikipedia ?

Image Image


Kutipan dari Wikipedia dan Google Search :

Image

Image KLIK AJA LANGSUNG KE GOOGLE SEARCH "TAHUN PEMBUATAN CANDI BOROBUDUR"

TIDAK AKAN DITEMUKAN DIBUAT PADA TAHUN 3000 TAHUN YANG LALU (989-931 SM)
Logikanya : Jika dipindahkan Jin pada saat ada Nabi Sulaiman (989-931 SM), kenapa sampainya tahun 800 ? Berbeda 1700+ Tahun. Berarti ini akan bertabrakan dengan Kisah Raden Bandung Bondowoso (Roro Jonggrang), membangun Candi Semalam dan di kerjakan Jin. Membangun itu harus merancang, memindahkan, menyusun, dsb. Nah kalo memindahkan ya beralih tempat dari tempat satu ke tempat yang lain tanpa menyusun dan merancang. Jin Muslim PAYAH NIH>> HAHAHAHAHA


____________________________________________________________________________________________________________________________________


Menurut Sami bin Abdullah al-Maghluts, dalam bukunya Atlas Sejarah Nabi dan Rasul, Nabi Sulaiman diperkirakan hidup pada abad ke-9 Sebelum Masehi (989-931 SM), atau sekitar 3.000 tahun yang lalu. Sementara itu, Candi Borobudur sebagaimana tertulis dalam berbagai buku sejarah nasional, didirikan oleh Dinasti Syailendra pada akhir abad ke-8 Masehi atau sekitar 1.200 tahun yang lalu. Karena itu, wajarlah bila banyak orang yang mungkin tertawa kecut, geli, dan geleng-geleng kepala bila disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan oleh Nabi Sulaiman AS. :shock: :rolling:

Berusaha mendapatkan kepercayaan yang justru bikin NGAKAK BENERAN :rolling:

Candi Borobudur merupakan candi Budha. Berdekatan dengan Candi Borobudur adalah Candi Pawon dan Candi Mendut. Beberapa kilometer dari Candi Borobudur, terdapat Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Plaosan, dan lainnya. Candi-candi di dekat Prambanan ini merupakan candi Buddha yang didirikan sekitar tahun 772 dan 778 Masehi.

Terus ngapain juga Republika membuat tulisan Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman :shock:

KOK ANE JADI BINGUNG SENDIRI GINI YAH ?
WKWK
Last edited by verdomazeg on Sun Apr 15, 2012 8:37 am, edited 5 times in total.
verdomazeg
 
Posts: 275
Joined: Mon May 23, 2011 5:34 pm

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri Apr 13, 2012 12:40 pm

verdomazeg wrote:Kedelapan, nama Sulaiman menunjukkan sebagai nama orang Jawa. Awalan kata 'su'merupakan nama-nama Jawa. Dan, Sulaiman adalah satu-satunya nabi dan rasul yang 25 orang, yang namanya berawalan 'Su'. Kesembilan, Sulaiman berkirim surat kepada Ratu Saba melalui burung Hud-hud. "Pergilah kamu dengan membawa suratku ini." (QS An-Naml [27]: 28). Menurut Fahmi, surat itu ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Nabi Sulaiman. Ditambahkannya, surat itu ditemukan di sebuah kolam di Candi Ratu Boko.


Ngakak dulu yah.... :rolleyes: :rolling:

Nama Sulaiman atau dalam Bahasa Ibraninya: שְׁלֹמֹה, Shelomo. Nama Solomon dalam bahasa Inggris berasal dari transliterasi bahasa Yunani Σολομών (Solomōn). Nama ini berasal dari kata "Damai" (Shalom) : שלום... Bukan dari bahasa jawa "Su"... Ngakak.com :rolling: :rolling: :rolling: :rolling:

verdomazeg wrote:Keenam, Saba ada di Indonesia, yakni Wonosobo. Dalam Alquran, wilayah Saba ditumbuhi pohon yang sangat banyak. (QS Saba [34]: 15). Dalam kamus bahasa Jawi Kuno, yang disusun oleh Dr Maharsi, kata 'Wana' bermakna hutan. Jadi, menurut Fahmi, wana saba atau Wonosobo adalah hutan Saba.

Yang ngerti bahasa jawa pasti ngakak juga... `Wono' berarti `hutan' dan `sobo' berarti `tempat'. Dapat pula berarti mengunjungi atau mencari makan. Dengan demikian, Wonosobo mengandung arti tempat berhutan yang selalu dikunjungi untuk mencari makan.

Bla-bla Wiki Indo...
Surat Saba' (Arab: سورة سبأ‎) Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 54 ayat. Dinamakan Saba' karena dalam surah terdapat kisah kaum Saba'. Saba' adalah nama suatu kabilah dari kabilah-kabilah Arab yang tinggal di daerah Yaman sekarang ini. Mereka mendirikan kerajaan yang terkenal dengan nama kerajaan Saba yang ibukotanya Ma'rib; telah dapat membangun suatu bendungan raksasa yang bernama Bendungan Ma'rib, sehingga negeri mereka subur dan makmur. Kemewahan dan kemakmuran ini menyebabkan kaum Saba' lupa dan ingkar kepada Allah yang telah melimpahkan nikmatnya kepada mereka, serta mereka mengingkari pula seruan para rasul. Karena keingkaran mereka ini, Allah menimpahkan kepada mereka azab berupa banjir yang besar yang ditimbulkan oleh bobolnya bendungan Ma'rib. Setelah bendungan ma'rib bobol negeri Saba' menjadi kering dan kerajaan mereka hancur.


Kata Arab: سبأ, Sabaʼ itu adalah sinonim dengan kata Ibrani: שבא, Sh'ba. Merujuk pada sebuah kerajaan di Yaman Selatan atau Eritrea atau Etiopia. Para ahli areologi menemukan bukti peradaban orang Saba...
Image
Saba yang warna coklat muda........... Bagaimana mereka bisa di Indo... 6000 km jauhnya?
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby gateway » Fri Apr 13, 2012 1:42 pm

semakin muslim mengklaim segala hal utk dicocok2an dg AQ, semakin terbuka segala kebohongannya.
gw yakin dgn banyaknya taqiya ala muslim/islam yg bermunculan justru akan membuat sadar byk manusia. :heart:
User avatar
gateway
 
Posts: 1031
Joined: Sun Aug 21, 2011 8:59 am

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby Kibou » Fri Apr 13, 2012 3:16 pm

What...the...F...?

Muslim memang paling senang bikin claim-claim bohong. Semakin besar bohongnya, semakin bangga pula. Najis.
User avatar
Kibou
 
Posts: 1359
Joined: Mon Nov 03, 2008 11:30 am
Location: Land of the free

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby Maher-Shalal » Fri Apr 13, 2012 5:58 pm

Republika via verdomazeg wrote:...Pertama adalah tentang tabut, yaitu sebuah kotak atau peti yang berisi warisan Nabi Daud AS kepada Sulaiman. Konon, di dalamnya terdapat kitab Zabur, Taurat, dan Tingkat Musa, serta memberikan ketenangan...

Saya baru tau kalo tabut perjanjian isinya kitab :-s :-s
User avatar
Maher-Shalal
 
Posts: 1364
Joined: Mon Mar 17, 2008 4:49 pm
Location: Between heaven and hell

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby swatantre » Fri Apr 13, 2012 6:57 pm

Kafir2 harus waspada, bila muslim comberan gini dibiarkan, bisa masuk buku pelajaran loh kayak kasus "istri simpanan"... Apa jadinya generasi bangsa ini yang dibodohi ttg sejarah bangsanya sendiri?
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri Apr 13, 2012 7:04 pm

Muslim ga hidup sendirian di dunia ini...

Selama ada sumber informasi eksternal dari sumber non-muslim, disinformasi seperti ini tidak akan bertahan lama...

Satu-satunya cara supaya muslim bisa membuat hoax yang tahan lama adalah: HILANGKAN KAUM INTELEKTUAL! Seperti yang dilakukan dunia Arab terhadap ilmuan-ilmuan Persia...
No Intelectual --> No Critical Thinking --> No Criticism --> Easily Manipulated Stupid Mass...

Toh Hadis berkata: MUHAMMAD dan ALLAH benci orang-orang yang banyak bertanya... :P
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby Jengkol » Fri Apr 13, 2012 7:32 pm

Sekalian aja tuh St. basilica di vatikan bilang aja itu dulunya mesjid yg dibangun nabi sulaiman.... :rofl:
User avatar
Jengkol
 
Posts: 166
Joined: Fri Jan 20, 2012 10:52 pm
Location: ya diatas pohon jengkollah...moso jengkol nongkrongye di pohon korma??? ntar mamad kejengkolan

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby verdomazeg » Fri Apr 13, 2012 7:50 pm

swatantre wrote:Kafir2 harus waspada, bila muslim comberan gini dibiarkan, bisa masuk buku pelajaran loh kayak kasus "istri simpanan"... Apa jadinya generasi bangsa ini yang dibodohi ttg sejarah bangsanya sendiri?

Pangeran Diponegoro
Tuanku Imam Brojol
Image Jihadis yang menjadi Pahlawan Indonesia...

Aku-Suka-Hujan wrote:Muslim ga hidup sendirian di dunia ini...

Selama ada sumber informasi eksternal dari sumber non-muslim, disinformasi seperti ini tidak akan bertahan lama...

Satu-satunya cara supaya muslim bisa membuat hoax yang tahan lama adalah: HILANGKAN KAUM INTELEKTUAL! Seperti yang dilakukan dunia Arab terhadap ilmuan-ilmuan Persia...
No Intelectual --> No Critical Thinking --> No Criticism --> Easily Manipulated Stupid Mass...

Toh Hadis berkata: MUHAMMAD dan ALLAH benci orang-orang yang banyak bertanya... :P


Sebenar-benarnya berita dari sumber para manusia yang disebut Muslim sebagai "Kafir" itu pasti bohong. Padahal Muslim yang mengamalkan Islam karangan Alloh Muhammad itu nggak pernah ngaca diri sendiri dan seperti Tersambar Petir sewaktu ditanyai agama'nya sendiri. Entah seTaN Image apaan yang masuk sampe gila-gilaan pengen ngebacokin yang nanyain agama. Ngomong Islam dikit itu jadi Penistaan Agama, kalo agama lain itu sih bukan penistaan namanya. Jadi serba susah nih disini.

Image

Udah kaya Bisnis MLM Tianshi aja nih Islam..
Tianshi > Menyebabkan anggotanya foto-foto dengan mobil orang dan menamai dirinya Pebisnis Muda sehingga pekerjaan lain yang justru lebih cocok ketimbang Jualan Obat Nggak Jelas itu disingkirkan.
Islam > Ya gitu deh SESUATU BANGETImage
verdomazeg
 
Posts: 275
Joined: Mon May 23, 2011 5:34 pm

Re: Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

Postby 1234567890 » Sat Apr 14, 2012 5:59 pm

muslim memang hebat ... ga bosen2x nya nyatut kebudayaan dan agama orang

kalau memang borobudur itu buatan sulaiman - solomon - salomo - shlomo ... berarti yang hebat itu bukan islam ... tapi ......
YAHUDI !!!!!!!
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am


Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



Who is online

Users browsing this forum: No registered users