.

[taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

[taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby muhamad_faque » Fri Dec 09, 2011 12:14 am

Blues dikenal sebagai sebuah aliran musik vokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Musik yang mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu muncul dari musik-musik spiritual dan pujian yang biasa dilantunkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS dipopulerkan oleh ‘Bapak Blues’–WC Handy (1873-1958).

Percayakah Anda bahwa musik Blues berakar dari tradisi kaum Muslim? Awalnya, publik di negeri Paman Sam pun tak meyakininya. Namun, seorang penulis dan ilmuwan serta peneliti pada Schomburg Center for Research in Black Culture di New York, Sylviane Diouf, berhasil meyakinkan publik bahwa Blues memiliki relasi dengan tradisi masyarakat Muslim di Afrika Barat.

Untuk membuktikan keterkaitan antara musik Blues Amerika dengan tradisi kaum Muslim, Diouf memutar dua rekaman. Yang pertama diperdengarkannya kepada publik yang hadir di sebuah ruangan Universitas Harvard itu adalah lantunan adzan–panggilan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah shalat. Setelah itu, Diouf memutar Levee Camp Holler.

Rekaman kedua itu adalah lagu Blues lawas yang pertama kali muncul di Delta Mississippi sekitar 100 tahun yang lalu. Levee Camp Holler bukanlah lagu blues yang terbilang biasa. Lagu itu diciptakan oleh komunitas kulit hitam Muslim asal Afrika Barat yang bekerja di Amerika pasca-Perang Sipil.

Lirik lagu Levee Camp Holler yang diperdengarkan Diouf itu terdengar seperti panggilan suara adzan–berisi tentang keagungan Tuhan. Seperti halnya lantunan adzan, lagu Levee Camp Holler itu menekankan kata-kata yang terdengar bergetar. Menurut Diouf, langgam yang sengau antara lagu Blues Levee Cam Holler yang mirip adzan juga merupakan bukti adanya pertautan antara keduanya.

Publik yang hadir di ruangan itu pun takjub dengan kebenaran bukti yang diungkapkan Diouf. “Tepuk tangan pun bergemuruh, sebab hubungan antara musik Blues Amerika dengan tradisi Muslim jelas-jelas terbukti,” papar Diouf. “Mereka berkata, ‘Wow, benar-benar terdengar sama. Blues ternyata benar berakar dari sana (tradisi Islam)’.”

Jonathan Curiel dalam tulisannya bertajuk, Muslim Roots, US Blues, mengungkapkan bahwa publik Amerika perlu berterima kasih kepada umat Islam dari Afrika Barat yang tinggal di Amerika. Sekitar tahun 1600 hingga pertengahan 1800 M, banyak penduduk kulit hitam dari Afrika Barat yang dibawa paksa ke Amerika dan dijadikan budak.

Menurut para sejarawan, sekitar 30 persen budak dari Afrika Barat yang dipekerjakan secara paksa di Amerika itu adalah Muslim. “Meski oleh tuannya dipaksa untuk menganut Kristen, namun banyak budak dari Afrika itu tetap menjalankan agama Islam serta kebudayaan asalnya,” cetus Curiel.

Mereka tetap melantunkan ayat-ayat Alquran setiap hari. Namun, sejarah juga mencatat bahwa para pelaut Muslim dari Afrika Barat adalah yang pertama kali menemukan benua Amerika sebelum Columbus. “Tak perlu diragukan lagi, secara historis kaum Muslimin telah memberi pengaruh dalam evolusi masyarakat Amerika beberapa abad sebelum Christopher Columbus menemukannya,” tutur Fareed H Numan dalam American Muslim History A Chronological Observation.

Sejarawan Ivan Van Sertima dalam karyanya, They Came Before Columbus, membuktikan adanya kontak antara Muslim Afrika dengan orang Amerika asli. Dalam African Presence in Early America, Van Sertima menemukan fakta bahwa para pedagang Muslim dari Arab juga sangat aktif berniaga dengan masyarakat yang tinggal di Amerika.

“Columbus juga tahu bahwa Muslim dari pantai barat Afrika telah tinggal lebih dulu di Karibia, Amerika Tengah, Selatan, dan Utara,” papar Van Sertima. Umat Islam yang awalnya berdagang telah membangun komunitas di wilayah itu dengan menikahi penduduk asli.

Curiel menambahkan, pengaruh lainnya yang diberikan komunitas kulit hitam yang beragama Muslim di Amerika terhadap musik Blues adalah alat-alat musik yang bisa mereka mainkan. Pada era perbudakan di Amerika, orang kulit putih melarang mereka untuk menabuh drum, karena khawatir akan menumbuhkan semangat perlawanan para budak.

Namun, penggunaan alat musik gesek yang biasa dimainkan umat Islam dari Afrika masih diizinkan untuk dimainkan karena dianggap mirip biola. Guru Besar Ethnomusikologi dari Universitas Mainz, Jerman, bernama Prof Gehard Kubik mengatakan alat musik banjo Amerika juga berasal dari Afrika.

Secara khusus, Prof Kubik menulis sebuah buku tentang relasi musik Blues dengan peradaban Islam di Afrika Barat berjudul, Africa and the Blues, yang diterbitkan University Press of Mississippi pada 1999. “Saya yakin banyak penyanyi Blues saat ini yang tak menyadari bahwa pola musik mereka meniru tradisi musik kaum Muslim di Arab,” cetusnya.

Secara akademis Prof Kubik telah membuktikannya. “Gaya vokal kebanyakan penyanyi Blues menggunakan melisma, intonasi bergelombang. Gaya vokal seperti itu merupakan peninggalam masyarakat di Afrika Barat yang telah melakukan kontak dengan dunia Islam sejak abad ke-7 dan 8 M,” paparnya. Melisma menggunakan banyak nada dalam satu suku kata.

Sedangkan, intonasi bergelombang merupakan rentetan yang beralih dari mayor ke skala minor dan kembali lagi. Hal itu sangat umum digunakan saat kaum Muslim melantunkan adzan dan membaca Alquran. Dengan fakta itu, papar Prof Kubik, para peneliti musik seharusnya mengakui bahwa Blues berakar dari tradisi Islam yang berkembang di Afrika Barat.

Meski telah dibuktikan secara akademis, namun masih banyak pula yang tak mengakui adanya pengaruh tradisi masyarakat Muslim Afrika dalam musik Blues. “Non-Muslim sangat sulit untuk meyakini fakta itu, karena mereka tak memiliki pengetahuan yang cukup tentang peradaban Islam dan musik Islami,” ungkap Barry Danielian, seorang pemain terompet yang tampil bersama Paul Simon, Natalie Cole, dan Tower of Power.

Suara lantunan adzan dan ayat-ayat Alquran yang biasa dilantunkan para Muslim kulit hitam di Amerika mengandung musikalitas. “Dalam jamaah saya, kata Danielian yang tinggal di Jersey City, New Jersey, ‘Ketika kami berkumpul dan sang imam datang ada ratusan orang dan kami melantunkan doa, pasti terdengar sangat musikal. Anda akan mendengar musikal itu seperti orang Amerika menyebut Blues.’” Begitulah tradisi Islam di AS telah melahirkan sebuah aliran musik bernama Blues.
-----------------------------------
ini agama satu ini bener2 mukanya setebal baja, kok semua prestasi kafir mereka klaim punya mereka ya? coba kita lihat tentang asal usul blues di bawah ini
But the origins of the blues date back to some decades earlier, probably around 1890.[31] They are very poorly documented, due in part to racial discrimination within American society, including academic circles,[32] and to the low literacy rate of the rural African American community at the time.


The social and economic reasons for the appearance of the blues are not fully known.[41] The first appearance of the blues is often dated after the Emancipation Act of 1863,[32] between 1870 and 1900, a period that coincides with Emancipation and, later, the development of juke joints as places where Blacks went to listen to music, dance, or gamble after a hard day's work

http://en.wikipedia.org/wiki/Blues

gw malah curiga budaya voodoo yang malah berasal dari islam mengingat nabinya suka kesurupan wakakakka
User avatar
muhamad_faque
 
Posts: 230
Joined: Mon Oct 10, 2011 2:14 am

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby keeamad » Fri Dec 09, 2011 9:08 pm

Wong Fei Hung islam
Hitler akhirnya masuk islam
Napoleon juga
Albert Einstein islam .....
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby kucinggarong » Fri Dec 09, 2011 9:12 pm

Wakakakak :rolling:

Bukannya Musik harom di Islam ? http://indonesia.faithfreedom.org/forum/musik-adalah-haram-t34850/

Taqiyya tapi kontradiktif. Maksa banget gitu loh...
User avatar
kucinggarong
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby keeamad » Fri Dec 09, 2011 9:42 pm

kucinggarong wrote:Wakakakak :rolling:

Bukannya Musik harom di Islam ? http://indonesia.faithfreedom.org/forum/musik-adalah-haram-t34850/

Taqiyya tapi kontradiktif. Maksa banget gitu loh...


betul musik haram,
kecuali untuk syiar .....

b4b1 juga kalo dah di$un4t dan membaca k4l1m4* $******, halal ko .....
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Fri Dec 09, 2011 9:57 pm

mmm...saya ga terlalu ngerti blues, tapi klo denegr musik blues saya tidak pernah merasa ada nuansa islam didalamnya. klo berdasarkan artikel, perbandingan azan dg Levee Camp Holler tidak semerta2 membuktikan blues berasal dari musik islam. tapi memang membuktikan ada hubungan. pertanyaanya :

1. apakah azan dimasukan kdlm musik blues, layaknya lagu pop islam skrg

2. ato memang benar, musik islam itu yg disebut blues

kalo no 2 jawabannya, ya itu tadi saya ga pernah merasakan sensasi islami ato semacamnya...

btw, perhatikan artikelnya selalu berubah2. pertama2 menyebutkan blues berasal dari musik islam. namun kemudian ketika perbandingan azan dg levee camp holler dikatakan ada hubungan blues dg musik islam. klo cuma perbandingan 1 lagu sih ya iya emg membuktikan ada hubungan, tapi hubungan itu ga selalu berarti hubungan asal muasal.
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby harahap » Fri Dec 09, 2011 11:20 pm

Pokoke catatannya hanya satu, tambahkan kata islami di belakangnya maka semua jadi punya islam dan halal hukumnya,

musik blues islami ..
arabic oil islami ..
viagra islami ..
semburan islami ..
arabic street h00ker islami ..

kalo perlu harahap islami ...

:rolling:
User avatar
harahap
 
Posts: 2129
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:09 pm

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby 1234567890 » Mon Dec 19, 2011 11:11 am

ga yakin dengan music blues .. apakah itu berasal dari islam atau engga ... tapi ... yang pasti film blue itu pasti islami sekali .... sampai nabinya pun doyan
:rolling:
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: [taqiya again] musik blues berasal dari tradisi islam

Postby Captain Pancasila » Mon Dec 19, 2011 1:01 pm

Meski telah dibuktikan secara akademis, namun masih banyak pula yang tak mengakui adanya pengaruh tradisi masyarakat Muslim Afrika dalam musik Blues. “Non-Muslim sangat sulit untuk meyakini fakta itu, karena mereka tak memiliki pengetahuan yang cukup tentang peradaban Islam dan musik Islami,” ungkap Barry Danielian, seorang pemain terompet yang tampil bersama Paul Simon, Natalie Cole, dan Tower of Power.

bagi kafir yang nggak terima, tunjukin aja tu film Blues Brothers dimana James Brown yang jadi pendetanya! :rofl:
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis


Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



Who is online

Users browsing this forum: No registered users