DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post Reply
ali5196
Posts: 16757
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by ali5196 »

Image

page 233 http://books.google.com/books?id=OMnt1i ... &q&f=false

http://www.amazon.com/Indonesia-Histori ... 464&sr=1-1

Image
Diponegoro menekankan karakter Muslimnya dengan menyebut perangnya sebagai JIHAD. Ia melihat jauh keluar kepulauannya, mengambil kaisar Ottoman sebagai contoh sebagai kepala dunia Islam. Busana perangnya di Jawa saja mengundang perhatian karena mencontoh busana Ottoman, turban dan celana serta baju putih. Di kawasan yang dikuasainya, ia menerapkan administrasi syariah. Pejabat2nya diinstruksikan untuk memungut pajak sesuai dgn syariah: barang rampasan dan budak manusia harus dibagi2kan sesuai dengan hukum islam. Tahanan perang diberi dua pilihan: MASUK ISLAM ATAU MATI.


[...] ia percaya bahwa komunitas2 islam harus dijalankan oleh hakim2 dan guruh syariah, bukan raja2.Ini aneh, karena Diponegoro sendiri seorang produk kerajaan jawa. Seperti layaknya raja2 Yawa, ia juga mengumumkan penyatuannya dengan Nyi Loro Kidul.

Ia mengalami kekalahan dalam peperangan karena orang2 Cina tidak lagi mau mensuplainya dengan amunisi, setelah pasukan Diponegoro membantai komunitas2 Cina, termasuk Cina2 Muslim. [Tahu sendiri lahhh ... sambil teriak2 Allahuoooo AwkboaaaAAAARRR!!]

Tahun 1827, kekalahan Diponegoro semakin telak. Ia menyatakan diri sbg imam, melangkahi para pemimpin Muslim penting shg pemimpin2 Muslim itu menolak mendukungnya, menyuruh rakyat meletakkan senjata dan malah beralih mendukung Belanda.


LIHAT JUGA darimana datangnya ideologi Diponegoro ini!

http://muslimvoicesfestival.org/events/ ... -indonesia
The eighteenth and early nineteenth centuries witnessed an increase in Arab and Ottoman Turkish influence in Indonesia when increased numbers of Arab migrants from the Hadhramaut (present-day South Yemen) – an area renowned for its religious schools and Muslim scholars – began to settle in the archipelago. The quickening tempo of pilgrim traffic across the Indian Ocean also exposed Indonesians to the teachings of Islamic reformers, in particular those linked to the strict Wahhabi sect which briefly controlled the holy cities of
Islam (Mecca and Medina) (1803-1812).

Further west, the fading glory of the Ottoman empire inspired Indonesian Muslims with an admiration for the one Islamic state which had withstood the might of Christian Europe. Such examples stiffened the resolve of Indonesian Muslim rulers and Islamic divines in the face of post-1816 Dutch imperial expansion. In West Sumatra, a Wahhabi-influenced religious leader (tuanku), Imam Bonjol (1772-1864), emerged as the principal leader of armed resistance to the Dutch in the so-called Paderi (from the Dutch padre = ‘priest’) War (1821-37).
TERJEMAHAN:
Abad2 18 & 19 menyaksikan meningkatnya pengaruh Arab dan Ottoman Turki di Indonesia saat migran2 Arab dalam jumlah banyak dari Hadhramaut (Yaman sekarang), kawasan yang dikenal karena madrasah2 dan ahli2 Islam-mulai menetap di kepulauan. Meningkatnya arus Muslim ini mengekspos Muslim2 Indonesia kepada ajaran Wahhabi.

Semakin ke barat, lunturnya kejayaan Ottoman menginspirasi Muslim2 Indonesia yang terkesan pada satu negara Islam yang melawan kekuatan Eropa yang Kristen. Contoh2 ini mengeraskan niat penguasa Muslim Indonesia dan imam2 mereka melawan ekspansi kekuasaan Belanda masa pasca 1816. Di Sumatera Barat, seorang pemimpin yang dipengaruhi secara religius (tuanku) Imam Bonjol, 1772-1864, muncul sebagai pemimpin utama perlawanan bersenjata melawan Belanda dalam perang Paderi (paderi, dari kata Belanda padre, yg berarti: pendeta)


Image
http://www.thejakartapost.com/news/2010 ... egoro.html

FOTO ATAS: Opera Diponegoro untuk generasi muda Indonesia yang terus dijejali dengan kebohongan pesona Diponegoro,
tapi tidak mampu melihat pesan dibelakang ceritanya. Kalau memang mang Dipo ini begitu 'bangga dengan kejawaannya' mengapa dia harus memakai julukan Muslim, Ali Bashja Sentot Prawirodirjo? Tidak ada satupun orang Indonesia yang bisa melihat bahwa ia ini sudah di-Arabisasi. Aduuuhhh bangsaku .. piye toh!!

](*,) ](*,)
Last edited by ali5196 on Mon Feb 13, 2012 12:22 am, edited 6 times in total.

User avatar
mikimos
Posts: 3187
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: DIPONEGORO: jihadi ngaku pejuang nasionalis

Post by mikimos »

ali5196 wrote:Diponegoro menekankan karakter Muslimnya dengan menyebut perangnay sebagai JIHAD. Ia melihat jauh keluar kepulauannya, mengambil kaisar Ottoman sebagai contoh sebagai kepala dunia Islam. Busana perangnya di Jawa saja mengundang perhatian karena mencontoh busana Ottoman, turban dan celana serta baju putih. Di kawasan yang dikuasainya, ia menerapkan administrasi syariah. Pejabat2nya diinstruksikan untuk memungut pajak sesuai dgn syariah: barang rampasan dan budak manusia harus dibagi2kan sesuai dengan hukum islam. Tahanan perang diberi dua pilihan: MASUK ISLAM ATAU MATI.


[...] ia percaya bahwa komunitas2 islam harus dijalankan oleh hakim2 dan guruh syariah, bukan raja2.Ini aneh, karena Diponegoro sendiri seorang produk kerajaan jawa. Seperti layaknya raja2 Yawa, ia juga mengumumkan penyatuannya dengan Nyi Loro Kidul.

Ia mengalami kekalahan dalam peperangan karena orang2 Cina tidak lagi mau mensuplainya dengan amunisi, setelah pasukan Diponegoro membantai komunitas2 Cina, termasuk Cina2 Muslim.

Tahun 1827, kekalahan Diponegoro semakin telak. Ia menyatakan diri sbg imam, melangkahi para pemimpin Muslim penting shg pemimpin2 Muslim itu menolak mendukungnya, menyuruh rakyat meletakkan senjata dan malah beralih mendukung Belanda.
Seharusnya informasi seperti ini dimuat dalam buku2 pelajaran sekolah ya... :green:
Supaya makin buanyaaaak generasi muda yang tau wajah Islam yang sebenarnya.


miki

ali5196
Posts: 16757
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Post by ali5196 »

makanya ... sebarkan berita ini lewat internet. Bersama dengan tokoh2 Aceh (Teuku Umar, Cut Nyak Dien), Diponegoro memang jihadi level Abu Bakar Basyir.

SADARLAH INDONESIA!!! ](*,) ](*,)

Wong lawas
Posts: 281
Joined: Wed Jan 12, 2011 12:50 am
Location: Alas roban

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by Wong lawas »

Jika seandainya kekaisaran ottoman yg menjajah nusantara,kira2 perlawanan para raja kyk apa ya.?
Jihad ato zakat.?

fractal daun
Posts: 562
Joined: Sat Jun 04, 2011 12:35 pm
Location: pikiran
Contact:

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by fractal daun »

ali5196 wrote:makanya ... sebarkan berita ini lewat internet. Bersama dengan tokoh2 Aceh (Teuku Umar, Cut Nyak Dien), Diponegoro memang jihadi level Abu Bakar Basyir.

SADARLAH INDONESIA!!! ](*,) ](*,)
kurang satu lagi bos..TUANKU IMAM BONJOL...

ali5196
Posts: 16757
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Post by ali5196 »

Masih tentang Diponegoro dari halaman 232 buku diatas tsb:

Di thn 1825, Diponegoro berusia 40 saat ia berontak melawan Hamengku Buwono V dan pendukungnya, Belanda. Bahasa oposisinya menarik rakyat bawah, kaum religius dan faksi2 kerajaan. Tahun 1821 dan 1825 terjadi kekeringan shg rakyat mengalami gagal panen. Para pedagang tidak suka keuntungan mereka diserap pajak bagi kerajaan. Diponegoro menjanjikan pemerintahan dan perpajakan yang lebih adil.

Kepada lingkungan religius ia mengutuk submisi Muslim terhadap pemungut pajak, pemilik tanah dan pejabat2 non-Muslim. Ia mengutuk faksi2 kerajaan yang membiarkan non-Muslim (Belanda) mencabut dan menempatkan sultan2 Jawa pada tahta kekuasaan. Diponegoro menyebarkan kebencian terhadap CINA dan NON-Muslim yang MENOLAK ISLAM, ia benci mereka karena mereka makmur akibat pemungutan pajak dan penjualan opium kpd Muslim. Ia menyerang adat istiadat non-Muslim dalam berbusana, memakan dan bergaul. Kepada kaum religius ia berjanji bahwa Pulau Jawa akan jadi milik Muslim secara EKSKLUSIF; kepada pejabat istana yang kecewa ia menawarkan dirinya sendiri sebagai sultan.

TAPI Diponegoro bukanlah seorang revolusioner. Ia tetap mendukung monarki dan warisan kekayaan dan jabatan. Ia tidak memiliki minat/niat intelektual akan hal2 diluar mistisime Islam jawa. 15 dari 29 pangeran2 mengikutinya. Mereka membawa para penjaga istana bersenjata. Hirarki religius istana dan penduduk desa2 yang bebas pajak dan madrasah2 di Mataram dan Pajang juga mengikut. 108 kyai, 31 haji, 15 ulama, 12 pejabat religius dan 4 guru membawa penjaga2 bersenjatakan tombak, keris dan pisau. Kaum religius ini juga berprofesi pedagang yagn mengalami kerugian akibat pajak tinggi istana, dampak panen gagal dan mereka berkalkulasi bahwa dengan mendukung Diponegoro mereka akan meningkatkan kekuasaan politik mereka sebagai pejabat2 sultan baru (diponegoro). Pemberontakan berpusat pada wilayah Diponegoro di selatan Jawa dan menjalar dari Tegal,Rembang ke Madiun dan Pacitan.

Strategi Diponegoro melawan Hamengku Buwono ini menyulitkan pemungutan pajak dari daerah2. Gang2 bersenjata menyerang perumahan dan perkantoran orang Eropa dan Cina yang dibantai dengan kampak, tombak, pedang, keris, yang mengakibatkan arus pengungsi dari desa2 ke kota2. Diponegoro ingin memutuskan arus suplai sandang ke ibukota dengan memaksa petani agar tidak menjual hasil mereka ke Yogyakarta.

Cara komunikasi Diponegoro dan penasehat2nya dengan kepala grup2 pemberontak adalah lewat surat. Perang Diponegoro berupa pemberontakan2 provinsial yang tidak diorganisasikan Diponegoro secara ketat. Orang bergabung dan membelot tergantung dari kepemimpinan Diponegoro.

Ke halaman 233. Ambisi2 Diponegoro ditekankan karakter Muslimnya ambisi dan menyebut perangnay sebagai JIHAD ... Lihat post sebelumnya.

ali5196
Posts: 16757
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Post by ali5196 »

CARA BUSANA Diponegoro ala Muslim Ottoman Turki saja sudah patut dicurigai! Lihat nih, fashion macam itu diikuti orang2 seperti apa.

Image
Presiden Sudan, Omar al Bashir yang dicap sbg War Criminal oleh PBB karena jihad genocide di Darfur, membunuh kaum animis dan Kristen Darfur http://www.guardian.co.uk/world/2011/ju ... -al-bashir

Image
Sopo nih yahh .. kok ane lupa jenenge? Tadinya mo pake sorban tapi jatuh2 mulu! :rolling:

Image
Pasion show golongan putih http://www.kaskus.us/showthread.php?p=3 ... t360811659

Berbeda khan fashion yg disukai Diponegoro dari golongan ini nih, misalnya!

Image

siauhiji
Posts: 94
Joined: Thu Sep 24, 2009 2:46 pm

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by siauhiji »

fractal daun wrote: kurang satu lagi bos..TUANKU IMAM BONJOL...
Bener! Si duit gocengan itu terang2an memerangi adat asli Minang, eh, malah jadi pahlawan nasional. Kalau si DP ini saya baru tahu nih!

nadia ghazali
Posts: 1141
Joined: Fri Nov 19, 2010 9:48 am

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by nadia ghazali »

fractal daun wrote:kurang satu lagi bos..TUANKU IMAM BONJOL
SI BENJOL INI DGN GENK NYA SI TUANKU RAO..MEMBUNUH PALING BANYAK ORANG BATAK.. DAN MEMPERKOSA KAUM PEREMPUANNYA
NASIB NAAS ORANG BATAK MIRIP DGN KISAH INDIA
SPT BATAK..INDIA JG DIBANTAI ABIS SAMA PASUKAN SI MAMAD...PEREMPUAN DIPERKOSA
IRONISNYA...ADA SEBAGAIAN KETURUNAN MRK YG MALAH BERKIBLAT PADA SETAN PEMBANTAI ITU..
MALAH MEMBUNUH SAUDARA SENDIRI BUAT SI SYAITON ITU
PAKISTAN YG ASLINYA INDIA..SIBUK MEMBUNUH ORANG SERUMPUNNYA DAN MEMISAHKAN DIRI DR IBU PERTIWI INDIA GARA2 ISLAM
BATAK YG ISLAM..YG NENEK MOYANG MRK DIBANTAI OLEH SI BENJOL CS...JG MALAH BENTROK DAN MEMANDANG NAJIS SUKU SENDIRI YG BUKAN MUSLIM..
GARA2 SI SYAITON ITU LAGI

BANGSAT TUH ORANG2 BERSORBAN KAYAK MRK
SAMBIL BANTAI DAN PERKOSA...TERIAK AWLOKUBARBAR

INFO TTG PEMBANTAIAN ITU ADA DI FORUM INI JG..UDAH LUPA DI SUB TOPIK YG MANA

User avatar
APEL EMAS
Posts: 903
Joined: Wed Aug 25, 2010 11:42 am
Location: PIKIRAN JERNIH DAN AKAL SEHAT

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by APEL EMAS »

quote="fractal daun"]kurang satu lagi bos..TUANKU IMAM BONJOL
"nadia ghazali"SI BENJOL INI DGN GENK NYA SI TUANKU RAO..MEMBUNUH PALING BANYAK ORANG BATAK.. DAN MEMPERKOSA KAUM PEREMPUANNYA
NASIB NAAS ORANG BATAK MIRIP DGN KISAH INDIA
SPT BATAK..INDIA JG DIBANTAI ABIS SAMA PASUKAN SI MAMAD...PEREMPUAN DIPERKOSA
IRONISNYA...ADA SEBAGAIAN KETURUNAN MRK YG MALAH BERKIBLAT PADA SETAN PEMBANTAI ITU..
MALAH MEMBUNUH SAUDARA SENDIRI BUAT SI SYAITON ITU
PAKISTAN YG ASLINYA INDIA..SIBUK MEMBUNUH ORANG SERUMPUNNYA DAN MEMISAHKAN DIRI DR IBU PERTIWI INDIA GARA2 ISLAM
BATAK YG ISLAM..YG NENEK MOYANG MRK DIBANTAI OLEH SI BENJOL CS...JG MALAH BENTROK DAN MEMANDANG NAJIS SUKU SENDIRI YG BUKAN MUSLIM..
GARA2 SI SYAITON ITU LAGI
BANGSAT TUH ORANG2 BERSORBAN KAYAK MRK
SAMBIL BANTAI DAN PERKOSA...TERIAK AWLOKUBARBAR
INFO TTG PEMBANTAIAN ITU ADA DI FORUM INI JG..UDAH LUPA DI SUB TOPIK YG MANA


betul sekali nadia ,anda sangat cerdas...!!! saya kasih link bukunya yang di tulis oleh keturunannya sendri...!!! anda dapat baca disini
http://books.google.co.id/books?id=ZHRK ... CDMQ6AEwAA

dan pernah di bahas secara umum di forum ini...!!! kasihan juga melihat mereka(saudara kita orang batak) pernah juga mengalami genoshida oleh yang namanya
jihad, sampai daerah selatan (kawasan mandailing dan angkola) sampai sekarang menjadi daerah muslim...!!! padahal dulu disana agama hindu dan budha berkembang secara pesat (bukti disana ada namanya chandi PORTIBI).

nadia ghazali
Posts: 1141
Joined: Fri Nov 19, 2010 9:48 am

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by nadia ghazali »

Thanks bro buat link nya
akan nadia sebarin jg

orang2 batak yg muslim pada khususnya hrs tahu ttg sejarah nenek moyang mrk yg dibantai oleh pengikut si mamad dan diridhoi oleh awloh arab
mrk jd islam krn nenek moyang mrk dibantai dan diperkosa

kayak cerita seorang permaisuri yg melahirkan seorang putra mahkota..
ada selir jahat yg jg lagi hamil dan melahirkan seprang putri
si selir jahat menukar putra mahkota dgn bayinya sehingga si selir yg kemudian menjadi permaisuri (naik pangkat krn menghasilkan putra mahkota)
sedangkan permaisuri asli dibuat hampir gila oleh selir jahat itu
malangnya ketika anak itu udah dewasa...dia malah mengolok2 ibu kandungnya yg hampir gila dan krn hasutan selir jahat yg disangka sbg ibu kandungnya..
putra mahkota yg udah dinobatkan sbg raja..menjatuhkan hukuman mati atas ibu kandungnya sendiri

itulah yg dialami oleh orang Batak dan India
Nenek moyang mrk dibunuh sama jihadis2 islam krn 'cult' islam yg mengkafirkan saudara2 sebangsanya hanya krn mrk tdk percaya sama si awloh dan mamad
eh..setelah ratusan th...keturunan2nya malah memihak si setan itu dan malah berperang dgn saudara2 yg lain demi awloh dan mamad yg made in arab.
islam emang hrs dihapuskan dr muka bumi ini...krn islam adalah menghancur perdamaian dunia.....

User avatar
papierkorb
Posts: 552
Joined: Wed Mar 30, 2011 6:24 pm

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by papierkorb »

emang si tungku benjol musti di buka borok2nya biar sejarah hitam di tanah batak tak terulang lagi


User avatar
APEL EMAS
Posts: 903
Joined: Wed Aug 25, 2010 11:42 am
Location: PIKIRAN JERNIH DAN AKAL SEHAT

Re:

Post by APEL EMAS »

terimakasih bro ali5196...!!! disini penjabarannya lebih lengkap lagi :finga:

1234567890
Posts: 3862
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: DIPONEGORO: jihadi yg dianggap pejuang nasionalis

Post by 1234567890 »

siauhiji wrote:TUANKU IMAM BONJOL
Si duit gocengan !
:rolling:
bisa kepikir ke situ yah ?

Post Reply