.

Jibril BUKAN malaikat !

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby gabrielnotjibril » Mon Jun 21, 2010 2:17 pm

zidnii_ilma wrote:Sebagai Umat Islam, tentu aku meyakini bahwa Jibril adalah Malaikat. adapun sifat-sifat dari jibril telah dijelaskan oleh Allah SWT melalui

Q.s.,at-Takwir ayat 19-20

“Sesungguhnya al-Qur'an itu benar-benar firman (Allah yang bibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),[19]. yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy”[20]. {Q.s.,at-Takwir: 19-20}

dan ada peringatan Allah terhadap orang yang memusuhi jibril

Al Baqarah : 97


97. Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman".

98. "Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir".

99. Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik


secara umum sifat dari malaikat adalah :

Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:
- Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
- Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
- Selalu takut dan taat kepada Allah.
- Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
- Mempunyai sifat malu.
- Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
- Tidak makan dan minum.
- Mampu merubah wujudnya.
- Memiliki kekuatan dan kecepatan luar biasa

Malaikat jibril merupakan pemimpin dari para malaikat dan juga merupakan penyampai wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah.

kalau ditanyakan kenapa yang dikatakan pertama kali adalah "Iqra"? karena memang itulah yang diwahyukan! Allah berfirman melalui Jibril "Iqra bismi rabbikallazi khalaq" dan itu adalah kalimat Allah, Jibril tidak berani mengurangi atau bahkan menambah-nambah kalimat Allah. seandainya Jibril menambahkan
"Assalamualaikum, " ketika pertama kali menyampaikan wahyu, tentu pada Al-Quran akan terdapat, "Assalamulaikum, Iqra bismi ... " dan itu jadinya bukan kalimat Allah, karena ada distorsi dari perkataan Allah melalui Jibril.

Itu sebabnya Jibril mengatakan "Iqra bismi rabbikallazi khalaq" dan sangat jelas, bahwa jibril menyampaikannya dalam bahasa Arab.

jibril memiliki sifat amanah, dan takut kepada Allah, sehingga Jibril akan mewahyukan kalimat-kalimat Allah kepada Muhammad sama persis dengan apa yang disampaikan oleh Allah kepada Jibril. sehingga yang diterima oleh Muhammad adalah benar-benar murni Kalimat Allah.

-----------

jika yang berbicara dengan Maria pada saat diwahyukan kepadanya soal kehamilannya adalah Gabriel, maka Jibril = Gabriel. kalimat Gabriel sendiri merupakan saduran kan? bukan dari bahasa aslinya, seandainya menggunakan aslinya. maka yang dimaksud adalah jibril.

dalam Al-Quran sendiri

Surat Mariam 16-21


16. Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
17. maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
18. Maryam berkata: "Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa".
19. Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci".
20. Maryam berkata: "Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!"
21. Jibril berkata: "Demikianlah". Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan".


-------------------------------------------------------


"Rabbi Zidnii Ilmaa"


bro mau tanya nih itu tulisan yg dalam kurung [ warna merah di quote saya ] ada ngga di tulisan arabnya.

kebiasan nih nambahin tulisan dalam kurung, apakah dengan cara seperti ini bukannya penterjemah telah mengobok2 quran dan mengedit tulisan owloh ????
gabrielnotjibril
 
Posts: 406
Joined: Sat Jan 03, 2009 7:34 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby zidnii_ilma » Mon Jun 21, 2010 3:12 pm

gabrielnotjibril wrote:bro mau tanya nih itu tulisan yg dalam kurung [ warna merah di quote saya ] ada ngga di tulisan arabnya.
kebiasan nih nambahin tulisan dalam kurung, apakah dengan cara seperti ini bukannya penterjemah telah mengobok2 quran dan mengedit tulisan owloh ????


yang didalam kurung itu adalah tafsir, yang "melengkapi" suatu penterjemahan. dalam pemberian penafsiran tidak sembarangan, seorang penafsir harus memiliki ilmu-ilmu yang cukup untuk memperoleh makna yang terkandung dalam suatu surat. dan tanda kurung dan isinya itu Insya Allah sudah disetujui oleh para Alim Ulama seluruh dunia. silahkan dilihat kembali bahwa pemberian tanda kurung dan isinya itu adalah melengkapi, tidak menambah atau mengurangi makna.

dan sekali lagi, yang dicantumkan pda quote diatas, itu adalah terjemahan dan tafsir dari Ayat suci Al-Quran. sedangkan yang dimaksud dengan Al-Quran dan Kalimat Allah itu adalah yang berbahasa Arab. para Umat Muslim yang beriman, tidak akan ada yang berani untuk mendustakan / bahkan merubah Kalimat-Kalimat Allah. bila Ayat Suci Al-Quran diterjemahkan maka itu bukanlah Al-Quran, tapi adalah Terjemahan Al-Quran. Al-Quran adalah Kalimat Allah yang berbahasa Arab, dan dituliskan menggunakan Bahasa Arab.

silahkan diperhatikan hasil terjemahan tersebut, tidak sedikit pun terjadi perubahan arti dan makna selain melengkapi penterjemahan.

dan Ketikan terjemahan Al Quran beserta penjelasan-penjelasannya ini saya dapatkan dari Depag RI.

nah, soal Jibril a.s,
setiap malaikat memiliki urusan masing masing, dan tugas dari malaikat Jibril adalah sebagai Penyampai Wahyu, dan tidak pernah ditemukan dalam alquran, malaikat lain yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu Allah selain Jibril. sehingga sudah pasti bahwa yang dimaksud didalam ayat itu adalah Jibril a.s.
seandainya bukan Jibril, maka seharusnya Nabi Muhammad telah memberikan penjelasan melalui hadistnya. dan dalam hal ini, sudah dari diturunkan ayat ini, sosok "roh Kami" yang dimaksud dengan pada ayat ini adalah benar-benar Jibril a.s (dan saya meyakininya.):
zidnii_ilma
 
Posts: 84
Joined: Mon Jun 21, 2010 11:28 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby terro » Tue Aug 17, 2010 6:06 pm

Salam, Assalamualaikum, Shalom!

aku muslim tapi mindset aku sains.
Tujuan bergabung di forum ini untuk mencari fakta.

Satu keinginan saya yang belum terpenuhi di forum ini, adalah "KENAPA 90% MEMBER YG MENDUKUNG ISLAM MEMBERIKAN KOMENTAR DAN ARGUMEN BERDASARKAN AYAT MELULU TANPA DISERTAI ANALISA PRIBADI YANG CUKUP?"

Saya anak sains, jadi alih-alih menikmati penjelasan dukungan ISLAM yang 'totally not constructive and not logic, aku lebih tertarik [dan menerima] komentar kontra-Islam yang notabene 'constructive and logic' dan sesuai dengan pikiran aku.

Salam, Wassalam, Shalom!
User avatar
terro
 
Posts: 17
Joined: Fri Jul 16, 2010 11:55 am
Location: Roket Kapal Selam

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby Anunnaki » Sat Aug 28, 2010 3:01 pm

zidnii_ilma wrote:
secara umum sifat dari malaikat adalah :

Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:
- Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
- Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
- Selalu takut dan taat kepada Allah.
- Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
- Mempunyai sifat malu.
- Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
- Tidak makan dan minum.
- Mampu merubah wujudnya.
- Memiliki kekuatan dan kecepatan luar biasa




Kalau yang menyampaikan ciri2 malaikat Jebrol seperti di atas adalah Anda sendiri, berarti anda adalah orang Dongok..

Kalau yang menyampaikan ciri2 malaikat Jebrol seperti di atas adalah Muhammad, berarti Muhammad adalah orang yang Idiota..

Kalau yang menyampaikan ciri2 malaikat Jebrol seperti di atas adalah Auwloh WTS, berarti Auwloh WTS adalah Auwoh yang ****..



Kritisinya sebagai berukut :

=============================================================================================================================

Yang Pertama

Malaikat adalah mahluk surga (di amin'ni oleh kaum anda). Mahluk surga sudah barang tentu selalu bersapa dengan Tuhan (di amin'ni oleh kaum anda). Tasbih adalah alat untuk berdoa yang terbuat dari bahan-bahan duniawi (di amin'ni oleh kaum anda)?

Lalu... mengapa Malaikat Jebrol yang katanya adalah mahluk surgawi memakai benda duniawi? Siapa yang dogol disini?

Kemudian... Mengapa Malaikat Jebrol yang katanya mahluk surga yang kerap bertemu dengan Tuhan kok masih menggunakan tasbih untuk berdoa? Berdoa adalah cara manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhan karena manusia ada di alam dunia sedangkan Tuhan ada dalam Surga? Banyak kitab-kitab taurat dan injil menyebutkan bahwa Malaikat mengagung-agungkan dan memuji, mengkuduskan namaNya.. bukan dengan berdoa atau bertasbih?

So Human kah Malaikat?

Malaikat tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya. Hmmmm... malaikat kalah sm manusia... Manusia bisa maksiat di surga loh sama 72 bidadari..gangbang plus orgy party.

Ah kitab-kitab taurat dan Injil isinya sudah diubah dan di palsukan!!! ( yah, sudah saya duga anda akan mempunyai pikiran itu dalam menyanggah sebuah kebenaran yang mengungkap kepalsuan). Analoginya seperti ini : Besok anda akan Ujian.. sedangkan hari ini anda tidak belajar.. boro-boro belajar.. membaca saja tidak bisa.. Keesokan harinya anda ikut ujian tanpa belajar..berusaha menjawab soal itu dengan ilmu anda yang terbatas dengan mendikte teman anda untuk menuliskan jawaban2 dari soal2 tersebut. Ketika ujian telah usai, dan lembaran jawaban di bagikan..anda ditegor oleh guru..."Mengapa ulanganmu nilainya ENOL? Jawabanmu salah semua." Lalu anda akan berkata " Bapak, jawaban saya sudah benar seperti dalam buku-buku itu dan buku-buku sebelumnya... tetapi buku-buku yang banyak beredar sekarang dan di pakai oleh teman-teman telah salah dan dipalsukan..Itu tidak benar. Yang benar adalah tulisan-tulisan yang ada dalam lembar jawab saya pak."

=============================================================================================================================

Yang Kedua

Dikatakan bahwa malaikat memiliki sifat malu? Mungkin konsep ini akan terbilang **** dan dangkal. Lebih tepatnya adalah malaikat memiliki sifat yang rendah hati.

=============================================================================================================================

Yang Ketiga

Dikatakan bahwa malaikat bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung?
Ini malaikat atau manusia yang mengaku sebagai malaikat? Jikalau terganggu dengan bau tidak sedap menandakan bahwa fungsi organ tubuh (terutama organ pernafasan) malaikat bekerja dengan baik. Tunggu dulu... malaikat memiliki itu semua? Konsep malaikat yang SO HUMAN.
Ada apa dengan anjing? Kalau dengan patung itu saya maklumi. Tapi mengapa anjing? Jawabanmu pastilah mengatakan karena HARAM.

Mari berfikir kritis.. Banyak yang mengatakan dan ini adalah pengetahuan umum tentang dunia mahluk halus.. Anjing akan merasa terusik dan menggonggong dan sering kali melolong apa bila dia bertemu dengan mahluk halus? Sebangsa SETAN dan JIN? Bagaimana mungkin anjing akan bersikap tidak sopan dengan malaikat utusan Yang Kudus dari Tuhan? Kalaupun penggambawan dunia Islam bahwa BAHKAN MALAIKAT PUN TIDAK AKUR DENGAN ANJING..ITU BISA DISIMPULKAN BAHWA MALAIKAT DUNIA ISLAM TAK LAIN ADALAH JIN / DEMIT / SETAN.

=============================================================================================================================

Yang Keempat

Dikatakan malaikat memiliki kekuatan dan kecepatan luar biasa?
Ya iya lah.. namanya juga dia pake boil Panther..Wuss...wusss...wussss (kayak iklan jadul).
Gak..gak..bercanda... yang ini kami semua yang beda agama dengan anda setuju dengan konsep yg satu ini.
User avatar
Anunnaki
 
Posts: 60
Joined: Sun Jul 18, 2010 3:59 pm
Location: Nibiru

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby Captain Pancasila » Mon Jun 06, 2011 1:55 pm

banyak juga Muslim yg bilang roh kudus adalah jibril
trus denger lagi jibril adalah malaikat
apa ruhul kudus dengan jibril itu sama?? :rolleyes:
atau cuma akal2an Depag aja utk runtuhin iman Kristen(atau emang malu ngadepin kenyataan Isa diperkuat Ruhul Kudus spt di Bibel) yg nambahin terjemahan kata dalam kurung-->jibril dlm AlQuran
koq depag usil aja ya sm ajaran agama lain..begini nih pemerintah dibawah kekuasaan Islam
Islam makin hari makin ngawur aja, gak orangnya gak ajarannya


Ruh = suatu dorongan yg ada pada diri setiap makhluk ciptaan Allah untuk berbuat sesuai perintah-Nya (berbuat baik)
Hawa Nafsu = suatu dorongan yg ada pada diri makhluk" tertentu (spt : hewan, manusia, jin) ciptaan Allah, yang berguna dalam mendukung keperluannya untuk bertahan hidup (makan, minum, emosi, dll)

Malaikat apapun (termasuk Jibril) : Hanya memililki Ruh, tidak punya Hawa Nafsu
Manusia : Memiliki Ruh dan Hawa Nafsu

akan tetapi :

Isa : Walaupun memiliki ruh, selain Hawa Nafsu juga, akan tetapi oleh Allah, (Khusus) Nabi Isa diciptakan dengan Ruh yg Kuat, yaitu Ruh yg selalu bisa mengalahkan/mengendalikan dorongan Hawa Nafsu...

Jadi Nabi Isa karena selalu mengikuti dorongan Ruh dalam setiap perbuatannya, karena itulah sama halnya seperti Malaikat, Nabi Isa tidak pernah berbuat dosa

Kudus : Suci ---> Ruh Kudus : dorongan untuk berbuat baik (dorongan yg berasal dari ruh), yang kudus/suci (tidak tercemar/terbiaskan/terkorupsi oleh dorongan yang berasal dari Hawa Nafsu)

Jadi baik Malaikat maupun Nabi Isa, keduanya sama" memiliki dorongan ruh yg tidak terkorupsi oleh Hawa Nafsu, Oleh Karenanya tidaklah salah jika keduanya sama" disebut dengan Ruh Kudus

Kesimpulan :
Semua Malaikat pastilah Ruh Kudus, tetapi hanya Nabi Isa lah Manusia yg disebut Ruh Kudus...
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby fractal daun » Mon Jun 06, 2011 2:18 pm

@captain pancasila,,

selamat hari pancasila bung,,,salam kenal..

coba deh komentar yang ini :
Captain Pancasila wrote:Malaikat apapun (termasuk Jibril) : Hanya memililki Ruh, tidak punya Hawa Nafsu

Captain Pancasila wrote:Kesimpulan :
Semua Malaikat pastilah Ruh Kudus, tetapi hanya Nabi Isa lah Manusia yg disebut Ruh Kudus...


pernah baca di literatur muslim..
iblis pada awalnya adalah malaikat yang memberontak, dimana si iblis ini tidak mau menyembah manusia, akhirnya dikutuk jadi iblis..
pertanyaannya:
1. bagaimana anda menjelaskan iblis yang memberontak ini, tidak patuh pada perintah allah swt??
2. kalau sudah dikutuk berarti, berarti tidak ada kepastian malaikat pasti ruh kudus

gimana bro
fractal daun
 
Posts: 562
Joined: Sat Jun 04, 2011 12:35 pm
Location: pikiran

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby Captain Pancasila » Tue Jun 07, 2011 11:59 am

pernah baca di literatur muslim..
iblis pada awalnya adalah malaikat yang memberontak, dimana si iblis ini tidak mau menyembah manusia, akhirnya dikutuk jadi iblis..
pertanyaannya:
1. bagaimana anda menjelaskan iblis yang memberontak ini, tidak patuh pada perintah allah swt??
2. kalau sudah dikutuk berarti, berarti tidak ada kepastian malaikat pasti ruh kudus


Klo bunyi literaturnya IBLIS ADALAH MALAIKAT yg memberontak, maka bisa dipastikan Literaturnya bukan dari Muslim...

Jadi gini nih ceritanya...
Pada awalnya, pertama kali Allah menciptakan Malaikat (dari Cahaya), tetapi krn Malaikat punyanya cuman ruh, maka tanpa diperintahpun otomatis mereka dah nyembah/mematuhi perintah Allah, dan penyembahan/kepatuhan yg model kayak gitu itu (penyembahan/kepatuhan yg sudah diprogram) tampaknya membuat Allah kurang puas, Allah masih ingin disembah oleh ciptaan yg BENER" MEMILIH untuk menyembahnya...

Maka diciptakanlah oleh Allah untuk pertama kalinya Makhluk Berakal yang mempunyai Hawa Nafsu, tidak separti Malaikat yg bahannya Cahaya, kali ini Allah menggunakan bahan Api Murni (bayangin aja gas yg berpijar) sebagai bahannya, makhluk ciptaan Allah ini disebut sebagai Jin, dan Jin yg pertama kali diciptakan ini bernama Iblis...

Karena diciptakan dari Api, maka tentu saja Jin tidaklah sekuat Malaikat yg terbuat dari Cahaya, tetapi kedudukan Makhluk ciptaan Allah itu ditentukan melaui pengabdiannya kepada Allah, dan karena penyembahan/pengabdian (itu klo dia memilih) Makhluk Berhawa Nafsu itu didasari karena pilihan/kemauan (bukannya pemrogaman), maka tentu saja pengabdian/amal sholeh Makhluk berhawa Nafsu itu selalu dinilai lebih tinggi (dimata Allah) daripada pengabdian/amal sholeh Makhluk yg sudah diprogram untuk patuh (Malaikat). Karena pada waktu itu Iblis memilih untuk menyembah/mengabdi/menjalankan perintah-Nya, maka segera saja kedudukan Iblis (disisi Allah) diangkat sampai melebihi kedudukan Malaikat yang selalu beramal sholeh tanpa pernah berbuat dosa sedikitpun...

Jadi klo ada yg mengatakan Iblis itu adalah Malaikat, ya itu tidak sepenuhnya salah... karena dulu kedudukan Iblis memang pernah diangkat sampai melebihi kedudukan Malaikat, dan selain itu di mata manusia mereka (Jin dan Malaikat) memang kelihatan serupa (sama" memiliki wujud dan kemampuan gaib)

Trus, cerita selanjutnya Anda pasti sudah tahu...

Diciptakanlah Manusia dari Lempung (yg tentu saja tidak sesuci Api Murni) dimana penempatannya langsung di langit ke-7 (pertama kali diciptakan Iblis ditempatkan dilangit Pertama, tetapi karena beribadah terus akhirnya naik" terus sampai langit ke-7) dan parahnya lagi setelah itu Iblis disuruh (oleh Allah) bersujud dihadapan Nabi Adam, nah kontan saja Iblis nggak mau/memberontak (dlm pikiran Iblis : Makhluk Superior yg sudah beramal sholeh banyak sekali kok disuruh sujud dihadapan Makhluk Lempung yg baru lahir kemaren sore), sejak itulah Iblis diusir dari Surga untuk dimasukkan Neraka, tetapi sebelum itu Iblis minta Ijin kepada Allah utk menggoda Adam dan anak cucunya... dan Iblis diberikan Ijin oleh Allah :stun:
Last edited by Captain Pancasila on Tue Jun 07, 2011 12:36 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby keeamad » Sun Mar 11, 2012 5:52 pm

Captain Pancasila wrote:Diciptakanlah Manusia dari Lempung (yg tentu saja tidak sesuci Api Murni) dimana penempatannya langsung di langit ke-7 .....


Kalo memang manusia ditempatkan di lapisan langit ke 7 itu, bagaimanakah Dimensi WUJUDNYA ?
APAKAH HANYA RUH, ATAU RUH YANG LENGKAP DENGAN JASMANINYA ?

Kalo dikatakan tinggi Adam 60 Hasta, bagaimana anda menerangkan dalam jangka waktu kira2x 14.000 tahun saja,
BAGAIMANA EVOLUSI BERLANGSUNG HINGGA MANUSIA SEKARANG TINGGINYA BISA MENYUSUT BEGITU DRASTIS (RATA2X 1,8 - 2 M) ?
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby barry » Mon Aug 27, 2012 7:07 pm

mengingat jibril tidak mau masuk ke rumah yang ada anjingnya, ( takut anjing? )
lalu muhamad suka sekali dengan kucing,
mungkinkah jibril adalah kucing jadi-jadian?
barry
 
Posts: 23
Joined: Wed Aug 08, 2012 8:38 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby Blim Oiven » Tue Aug 28, 2012 10:30 am

Captain Pancasila wrote:..... tampaknya membuat Allah kurang puas, Allah masih ingin disembah .....
tuhannya muslim kaya umatnya, gak pernah puas dan gila disembah.
BTW. Iblis itu gila disembah tidak ya?!
User avatar
Blim Oiven
 
Posts: 54
Joined: Mon Aug 27, 2012 9:06 pm

Previous

Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron