.

Jibril BUKAN malaikat !

Jibril BUKAN malaikat !

Postby ali5196 » Fri Nov 13, 2009 8:22 am

kibulan-ke-5-manusia-dibilang-malaikat-t36009/

Duladi wrote:Kita yang muslim tidak menyadari, bahwa makhluk bernama "Jibril" itu sesungguhnya tidak pernah ada, apalagi sampai mendatangi Muhammad dan mendiktekan ayat-ayat Alquran kepadanya. Entahlah kalau "Jibril" dalam agama lain. Tapi yang pasti, "Jibril" dalam Islam itu sebenarnya cuma HOAX dan buah kebohongan Muhammad semata.

Hal yang sudah diketahui umum, bahwa penampakan Jibril di Gua Hira itu bukan KEJADIAN NYATA, melainkan dari sebuah mimpi sewaktu Muhammad tertidur di dalam Gua tersebut. (Baca Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Jilid 1 Halaman 197-198)

Nah, di dalam hadist-hadist lain ternyata ada diceritakan Jibril menemui Muhammad secara terang-terangan, bukan dengan cara sembunyi-sembunyi dan juga bukan lewat mimpi. Ini hadist-hadistnya:

    Sahih Bukhari, Volumn 006, Book 060, Hadith Number 300.
    Diriwayatkan Oleh Abu Huraira: Suatu hari selagi Rasul Allah sedang duduk dengan orang-orang, seorang laki-laki datang kepada beliau, berjalan dan berkata, "O Rasul Allah Apakah itu Iman ?” Nabi berkata, " Iman adalah percaya akan Allah, Para malaikat Nya, Buku Nya, Rasul Nya, dan pertemuan dengan Nya, dan percaya akan Hari Kebangkitan " Orang itu bertanya :" O Rasul Allah Apa itu Islam?" Nabi menjawab, " Islam adalah menyembah Allah dan tidak menyembah apapun selain Allah, mendirikan Sholat, membayar (kewajiban) derma yaitu. Zakat dan berpuasa pada bulan Ramadan." Orang itu bertanya lagi "O Rasul Allah Apakah Ihsan itu ? (yaitu atau kesempurnaan Kebajikan)?" Nabi berkata, " Ihsan adalah menyembah Allah seolah-olah kamu melihat Nya, dan jika kamu tidak mencapai taraf ini, kemudian (yakinilah bahwa) Allah melihat kamu." Orang itu bertanya lebih lanjut , "O Rasul Allah Kapan masa akan berakhir?"
    Nabi menjawab, "Orang yang ditanya tentang hal itu tidak mengetahui lebih dari yang bertanya, tetapi aku akan menguraikan kepadamu tanda-tandanya. Ketika budak wanita memberikan kelahiran kepada tuannya, yang demikian itu akan menjadi tanda kiamat; ketika orang-orang yang bertelanjang kaki menjadi pemimpin dari orang-orang, yang demikian itu akan menjadi tanda kiamat. Kiamat adalah satu dari lima hal yang tidak ada seorang pun yang mengetahuinya kecuali Allah. Sungguh pengetahuan akan Kiamat adalah milik Allah. Ia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di dalam kandungan." ( 31.34) Kemudian orang tersebut pergi . Nabi berkata, " Panggil dia kembali !." Mereka bergegas pergi untuk memanggil orang tersebut namun orang tersebut tak terlihat lagi. Nabi berkata, "Itu adalah Jibril yang datang memberi pengajaran kepada orang-orang akan agama mereka." ( Lihat Hadith No.47 Vol.1)

Di dalam hadist lain, orang yang disangka malaikat jibril itu ternyata "DIHYA".

    http://hadith.al-islam.com/bayan/display.asp?Lang=ind&ID=1420
    SAHIH MUSLIM
    Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra., ia berkata:
    Aku pernah diberitahukan bahwa malaikat Jibril as. suatu kali mendatangi Nabi saw. ketika Ummu Salamah sedang berada di sisi beliau. Ia berkata: Lalu mulailah ia bercakap-cakap kemudian beranjak pergi. Lalu bertanyalah Rasulullah saw kepada Ummu Salamah: Siapakah orang ini? Ummu Salamah menjawab: Ini adalah Dihyah. Ia melanjutkan: Lalu Ummu Salamah berkata: Demi Allah, aku sama sekali tidak menyangka dia kecuali sebagai dia (Jibril) sampai aku mendengar khutbah Nabi saw. yang mengabarkan berita kami

    Sahih Bukhari, Volumn 004, Book 056, Hadith Number 827.
    Diriwayatkan Oleh Abu Uthman: Aku mendapat kabar bahwa JIbril datang kepada Nabi selagi Ummu Salama bersamanya. Jibril memulai berbicara kepada Nabi dan kemudian pergi. Nabi berkata kepada Ummu Salama, "Apakah kamu tahu siapa dia ?" ( atau pertanyaan serupa). Dia berkata, "Tadi itu Dihya (seorang pria tampan di antara sahabat Nabi)." Kemudian Ummu Salama berkata, " Demi Allah! Aku pikir ia bukan siapa2 tapi Dihya, hingga aku mendengar Nabi membicarakan tentang Jibril di dalam khotbah nya." ( Sub-Narrator bertanya pada Abu ' Uthman, " Dari mana kamu mendengar pengisahan ini?" Ia menjawab, " Dari Usama bin Zaid.")

Ternyata orang yang diklaim sebagai "jibril" oleh Muhammad adalah Dihya, yang di kemudian hari ia menjadi pengikut Muhammad dan turut serta dalam PENYERANGAN KAYBAR. Bahkan Shafiyah (wanita Yahudi berparas cantik yg menjadi tawanan setelah keluarganya dibantai Muhammad) sempat dimilikinya sebelum direbut oleh Muhammad.

Yang dapat kita tarik kesimpulan dari pelajaran ini adalah:
Muhammad itu sangat nyata-nyata suka membual.
Pokoknya "orang yang tidak dikenal" oleh Muhammad dibilang "Jibril".
Betapa suka menipunya orang ini. Membuktikan awloh ADA saja gak bisa, pake ngarang-ngarang "jibril berwujud manusia".

Sekarang mari kita analisa dengan LOGIKA ORANG DEWASA, bukan nalar anak kecil berumur 5 tahun.

Perlu saya tekankan di sini, bahwa hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah di atas itu bukan "JIBRIL" disaksikan orang banyak, melainkan Muhammad yang bilang bahwa orang yang datang kepadanya itu adalah "jibril".
Orang yang diklaim sebagai "jibril" itu tak pernah memperkenalkan dirinya di hadapan orang banyak bahwa dia jibril. Catat itu!

Kalau kita masih tidak yakin bahwa Muhammad itu penipu, coba kita jawab ini:

  1. Bagaimana cara kita membedakan malaikat jibril dengan manusia biasa, kalau orang yang diklaim jibril itu tidak menampakkan tanda-tanda keilahian? Betapa bodohnya kita yang percaya saja dengan Muhammad hanya karena dia mengatakan: "Orang yang barusan itu adalah jibril". Kenapa tidak sewaktu ada orangnya dia bilang begitu? Kenapa menunggu orangnya pergi baru mengatakannya?

    Bukankah Muhammad itu cuma pembual konyol, pokoknya "ORANG ASING yg tidak dikenal" dibilang "JIBRIL"?
  2. Apakah kita pernah membaca dari catatan sejarah (dari hadist ataupun sirah), bahwa pernah ada orang Arab di zaman Muhammad yang ditemui Jibril dan si Jibril itu mengaku sendiri bahwa dia jibril, dan ia memiliki tanda-tanda keilahian?
  3. Muhammad mengaku, wahyu-wahyu Alquran itu dia peroleh melalui perantaraan malaikat Jibril. Nah, apakah pernah orang Arab menyaksikan Jibril mendatangi Muhammad dan mendiktekan ayat-ayat Alquran kepada Muhammad? Bukankah orang yang diklaim sebagai "jibril" oleh Muhammad dalam hadist-hadist di atas, sama sekali tidak mendiktekan ayat-ayat Alquran kepada Muhammad, melainkan justru sedang belajar "agama" Islam kepada Muhammad?

Manusia dibilang Malaikat, ini adalah kekonyolan Muhammad yang kelima, setelah yang keempat (yaitu "lakukan dulu, bila berhasil klaimlah dari awloh, dan bila gagal bukan dari awloh") dan setelah TRIBUL.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby Lost In Imagination » Wed Nov 18, 2009 10:31 pm

Ya ampyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuun !! Bener-bener keterlaluan dan sakit jiwa nih orang (si mbah momed) !!!
Lost In Imagination
 
Posts: 169
Joined: Thu Nov 05, 2009 8:55 pm
Location: HERE

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby JCfollower » Thu Nov 19, 2009 11:56 am

sayangnya jaman dahulu belum ada rumah sakit jiwa ya say..^^
dan lucunya banyak yg ikutan
JCfollower
 
Posts: 654
Joined: Fri Jul 31, 2009 4:52 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby I Want You » Sat Nov 21, 2009 2:22 pm

hahaha ... betul sekali yah , makin lama makin kelihatan kalo muhammad suka ngarang2 alias ngibul ( bohong di campur taqqiya ) :green: , pantes bakatnya nurun ke muslim2 di sini. suka bertaqqiya. :green:
User avatar
I Want You
 
Posts: 2394
Joined: Thu May 07, 2009 2:20 pm
Location: Serambi Yerusalem

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby ujiaku » Mon Dec 21, 2009 6:52 pm

kalo bener jibril manusia tolong cariin tau dimana alamatnya, siapa orang tuanya, siapa anak dan istrinya kalo ada, dalam tugasnya jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada para nabi,
Jibrīl (Arab: جبريل, Inggris dan Alkitab: Gabriel) adalah malaikat yang muncul dalam ajaran agama samawi. Dalam ajaran agama samawi Jibril dianggap sebagai Pemimpin Malaikat dan bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.
Dalam Alkitab

Dalam Alkitab disebut Gabriel. Ia adalah malaikat yang menyampaikan berita kelahiran Yesus Kristus kepada Maria (Lukas 1:19-26) dan kelahiran Yohanes Pembaptis kepada Zakharia, ayahnya. Ia juga menerangkan penglihatan kepada Daniel (Daniel 8:16; 9:21).
berarti jibril manusia yang punya umur paling puaaanjang ya..... logikanya jaman Yesus dengan Muhammad berjarak sekitar 6 abad jadi ngk mungkin jibril seorang manusia,

Malaikat Jibril ’alaihis salam seringkali datang menemui Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam dalam wujud menyerupai dirinya. Imam an-Nasa’i meriwayatkan dengan sanad yang shahih dari Yahya bin Ya’mur rahimahullah dari Ibnu ’Umar,

Malaikat Jibril ’alaihis salam mendatangi Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam dalam rupa Dihyah Al-Kalbi.

Dalam hadits lain disebutkan, dari Jaabir radhiyallahu ’anhu bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

Telah diperlihatkan kepadaku para nabi, maka aku melihat Musa ’alaihis salam adalah seorang laki-laki yang kuat, seakan-akan dia adalah lelaki dari kaum Syanuu’ah. Dan aku melihat Isa bin Maryam ’alaihis salam, dan yang paling mirip dengannya di antara yang pernah aku lihat, adalah Urwah bin Mas’ud. Dan aku melihat Ibrahim ’alaihis salam, dan yang paling mirip dengannya di antara yang pernah aku lihat ialah sahabat kalian –yaitu diri beliau sendiri– Dan aku pun melihat Jibril ’alaihis salam, dan yang paling mirip dengannya di antara yang pernah aku lihat adalah Dihyah. (HR. Muslim).

Dari Abu ’Utsman, ia berkata,

“Telah diberitakan kepadaku bahwa Malaikat Jibril ’alaihis salam datang kepada Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam, dan Ummu Salamah sedang bersama beliau. Maka, dia pun berbicara lantas berdiri, sehingga Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam pun berkata kepada Ummu Salamah, ’Siapakah ini?’ – atau (kurang lebih) seperti (itu) ucapan beliau– Lantas Ummu Salamah pun berkata, ’Ini adalah Dihyah’. Ummu Salamah berkata,

’Demi Allah, sungguh aku mengira, ia adalah Dihyah, sampai aku mendengar khutbah Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam yang mengabarkan bahwa dia adalah Malaikat Jibril ’alaihissalam’3

jadi yang kamu sebutkan diatas itu jangan salah persepsi disini jibril bukan manusia tapi menyerupai manusia, manusia aja bisa menyamar apalagi malaikat...?
ujiaku
 
Posts: 9
Joined: Thu Dec 17, 2009 8:12 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby AkuAdalahAing » Mon Dec 21, 2009 7:40 pm

ujiaku wrote:Jibrīl (Arab: جبريل, Inggris dan Alkitab: Gabriel) adalah malaikat yang muncul dalam ajaran agama samawi. Dalam ajaran agama samawi Jibril dianggap sebagai Pemimpin Malaikat dan bertugas menyampaikan wahyu dan mengajarkannya kepada para nabi dan rasul.
Dalam Alkitab
bla bla bla...

Satu orang lagi korban SERUPA TAPI TAK SAMA telah muncul di dunia ini :( :( :(

AkuAdalahAing wrote:Antara Gabriel dan jibril.


Mohon pembaca memperhatikan GAYA BAHASA dan atau CARA PENYAMPAIAN serta TEMPAT dari masing-masing tokoh.

GABRIEL dalam Kitab A
(dengan SOPAN dan TEGAS MEMPERKENALKAN DIRI)
1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu.

1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

(dengan SOPAN MEMBERI SALAM saat MENYAPA pertama kali, perhatikan juga LOKASI PENYAMPAIANNYA)
1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau."

(yang diberi SALAM TERKEJUT)
1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.

(MENENANGKAN)
1:30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.


jibril dalam Kitab B
(Thanks to Vivaldi atas artikel KISAH GUA HIRA YANG BENAR-BENAR LUCU)

(TIDAK MEMBERI SALAM pada saat pertama kali, perhatikan juga LOKASI PENYAMPAIANNYA)
Tatkala ia sedang dalam keadaan tidur dalam gua itu, ketika itulah datang malaikat membawa sehelai lembaran seraya berkata kepadanya: "Bacalah!"

(yang diberi SALAM TERKEJUT)
Dengan terkejut Muhammad menjawab: "Saya tak dapat membaca". Ia merasa seolah malaikat itu mencekiknya,

(TIDAK MENENANGKAN)
kemudian dilepaskan lagi seraya katanya lagi : "Bacalah!" Masih dalam ketakutan akan dicekik lagi Muhammad menjawab: "Apa yang akan saya baca." Seterusnya malaikat itu berkata: "Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan Pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya ..."


Rangkuman inti kisah di atas yang menarik adalah sbb:
Image

PERTANYAANNYA ADALAH:
1. Menurut Anda, lebih LAIK MANAKAH antara kedua TOKOH di atas untuk menjadi UTUSAN TUHAN YANG BENAR ???
2. Menurut Anda, apakah kedua TOKOH di atas adalah OKNUM YANG SAMA ??? atau dengan kata lain Apakah Gabriel = jibril ???
3. Jika pertanyaan (2) jawabannya adalah TIDAK SAMA, maka... SIAPAKAH SEBENARNYA GABRIEL ITU ??? dan SIAPAKAH SEBENARNYA JIBRIL ITU ???

PESAN-PESAN
- JANGAN BERMAIN-MAIN DENGAN KESELAMATAN JIWA ANDA !!!
- Salah memilih RUJUKAN akan salah TUJUAN di AKHIRAT !!!
- SELIDIKILAH alquran dan hadits LEBIH MENDALAM dengan HATI NURANI dan PIKIRAN YANG TERBUKA !!! (BUKAN dengan PERASAAN TAKUT ATAS ANCAMAN-ANCAMAN NERAKANYA !!!)


ORANG BIJAK TIDAK AKAN LANGSUNG PERCAYA DENGAN SUATU KLAIM !!!
Ujilah dahulu apakah klaim itu benar atau TIDAK !!!
User avatar
AkuAdalahAing
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby AkuAdalahAing » Mon Dec 21, 2009 7:49 pm

Sekedar pelipur lara broujiaku,
kami para kafir ffi pada sepakat menyatakan jibril adalah malaikat allah swt dan muhammad saw adalah nabi allah swt
User avatar
AkuAdalahAing
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby pyro » Mon Jan 04, 2010 11:41 pm

AkuAdalahAing wrote:Sekedar pelipur lara broujiaku,
kami para kafir ffi pada sepakat menyatakan jibril adalah malaikat allah swt dan muhammad saw adalah nabi allah swt


sepakat om !!!

AkuAdalahAing wrote:...
PERTANYAANNYA ADALAH:
1. Menurut Anda, lebih LAIK MANAKAH antara kedua TOKOH di atas untuk menjadi UTUSAN TUHAN YANG BENAR ???
2. Menurut Anda, apakah kedua TOKOH di atas adalah OKNUM YANG SAMA ??? atau dengan kata lain Apakah Gabriel = jibril ???
3. Jika pertanyaan (2) jawabannya adalah TIDAK SAMA, maka... SIAPAKAH SEBENARNYA GABRIEL ITU ??? dan SIAPAKAH SEBENARNYA JIBRIL ITU ???



Diutus ke seseorang yg katanya nabi terbesar koq sampe mencekik n kasar gt? Pdhl ke orang biasa (bkn nabi) saja sopan sekali...ini jadi pertanyaan kl memang malaikatnya merupakan oknum g sama...
tapi karena berbeda oknum, ya jelas sekali memang kl ternyata tingkah lakunya beda.
tp kl oknumnya sama, ya itu td koq bisa ya lbh sopan ke seorang biasa ketimbang ke seorang nabi yg katanya merupakan nabi terbesar?

Pdhl kita manusia saja minimal kl bicara ke orang yg levelnya sama dengan kita, kita sopan, kl ke yg levelnya lbh rendah, kita bisa agak kasar.... malah banyak jg yg tetap sopan wkt bicara dengan levelnya lbh rendah sama kita...

lha ini bicara dengan nabi terbesar koq pake mencekik sgala? malah bicara ke orang biasa sopannya minta ampun...? apa ngga kebalik? (itu kl oknumnya sama). Kan minimal hrsnya sopan ke nabi (yg katanya) terbesar, lha yg org biasa dicekik gpp, ato sopan juga... ato 2-2nya dicekik... :-k :-k ato sopan kepada 2-2nya...
User avatar
pyro
 
Posts: 163
Joined: Sun Nov 29, 2009 1:23 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby wirya » Wed Apr 21, 2010 11:07 am

Tuhan adalah sosok yang tidak pernah memilih - milih umatnya , baik itu baik maupun buruk pasti akan didukungnya ......
kenyataan , pencuripun banyak yang berhasil melakukan pencurian, koruptor banyak yang belum terungkap dan masih damai melakukan aksinya , namun para kyai , pendeta , pastor , ataupun pimpinan agama manapun nyatanya juga masih lancar - lancar saja melakukan penyebaran ajaran ( yang katanya baik ) , ..... berarti Tuhan tidak pernah menyalahkan siapapun .... atau .........
KITA MUNGKIN YANG TIDAK TAHU BAHWA KITA TELAH MELAKUKAN SEBUAH KESALAHAN ?????????????? :stun:
wirya
 
Posts: 2
Joined: Wed Apr 21, 2010 10:26 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby JCfollower » Wed Apr 21, 2010 12:45 pm

untuk Tuhan kepada manusia...
jawabannya FREE WILL bro..
sayangnya ditetangga sebelah ga ada FREE WILL ya..uda perna saya bahas itu..
JCfollower
 
Posts: 654
Joined: Fri Jul 31, 2009 4:52 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby myfaith » Mon Apr 26, 2010 4:03 pm

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih byk kpd seseorg 'teman' saya dr fb yg kayaknya kebakaran jenggot dgn forum2 yg serupa, yg akhirnya setelah saya telusuri akhirnya sampai kesini... 2 hari ini saya full terjun ke forum2 ini (namun baru beberapa saja yg saya baca karena banyak), sampai saya bolos kerja (dont try this at home hehe) . Tujuan saya sebenarnya hanya ingin mencari tau, apakah betul ajaran islam itu penuh damai, cinta, hormat menghormati antara umat beragama, serta sangat sebagus dan semulia cerita yg saya dengar dr teman2 jg tv2 (misalnya : poligami, karena mengangkat harkat dan martabat janda2 serta anak yatim piatu) namun sungguh kagetnya saya setelah semakin banyak membaca forum2 disini, saya bukannya semakin percaya namun saya jd semakin memandang remeh agama ini.. sebab dr fakta2 yg ada menurut kitab suci mereka sendiri, ternyata muhammad itu cabul (arghh! pdhl saya malah terketuk dgn fakta bahwa dia menyelamatkan martabat janda2 serta anak yatim) , mana lagi dia pedofil (pantas saja si syekh puji gembar gembor kiri kanan bahwa 'hanya' menjalankan perintah auloh(atau setan?) . dan semakin yakin lg setelah membaca treath ttg si mamad yg mendapatkan kunjungan dr jibril yg lalu mencekiknya (huh?) . Pantas saja si mamad jd sableng 1/2 mati dan gemar membuat BARBAR, lah yang datang saja malaikat tuhan sambil nyekik nyekik dia (baca: KEKERASAN) .

Lah, kalau tuhannya dan malaekatnya sendiri saja sdh kasar bin barbar kek gt, ya pasti lah nabinya jg. lah kalau nabi (yg ga jelas ini) berlaku barbar, ya pantaslah pengikutnya kaya orang hutan jarah sana jarah sini #-o , perkosa sana perkosa sini [-( lah kan di legalkan, malah masok syurga lagi iya kan mana bisa :partyman: :drinkers: mabuk sampe tobat dan bergelimang perawan (ini syurga yg diingini mamad cabul nih, makanya semua tertuang dlm qur-an yg juga gga jelas dapatnya darimana atau mungkin asal copy paste dr alkitab sambil dempul sana sini, tambal sana sini, tip-ex sana sini). kasian bgt....... :goodman:

Dari hasil membaca, mulai dari riwayat si mamad smp trit2 yg ada, kayaknya ku semakin yakin, si mamad ini sakit jiwa yg disebut 'WAHAM KEBESARAN' nih kutipan penjelasannya :
- http://perawatpskiatri.blogspot.com/200 ... renia.html :

Sedangkan waham kebesaran yaitu bahwa dia mempunyai kekuatan, pendidikan, kepandaian, atau kekayaan yang luar biasa, umpamanya dapat membaca pikiran orang lain, mempunyai puluhan rumah atau mobil (Maramis, 1998). Waham sulit untuk dipatahkan, sehingga pada klien dengan waham kebesaran mempunyai kecenderungan melakukan tindak kekerasan baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Oleh sebab itu peranan perawat sangat diperlukan dalam memberikan asuhan keperawatan dengan waham kebesaran untuk mencegah dan melindungi klien dan orang lain dari bahaya perilaku kekerasan maupun kondisi yang ditimbulkan oleh waham. Prinsip perawatan pada klien waham adalah membina hubungan terapeutik, menangani waham dengan cara : tidak menentang ataupun mendukung waham, meyakinkan keberadaan klien dalam kondisi aman dan tidak terancam, tetap tenang di hadapan klien, kuatkan dan pusatkan pada realita, serta pengendalian aktivitas sehari-hari. Prinsip perawatan yang lain yaitu farmakologi.

- http://masdanang.co.cc/?p=27
3. Proses terjadinya waham
Waham adalah anggapan tentang orang yang hypersensitif, dan mekanisme ego spesifik, reaksi formasi dan penyangkalan. Klien dengan waham, menggunakan mekanisme pertahanan reaksi formasi, penyangkalan dan proyeksi. Pada reaksi formasi, digunakan sebagai pertahanan melawan agresi, kebutuhan, ketergantungan dan perasaan cinta. Kebutuhan akan ketergantungan ditransformasikan menjadi kemandirian yang kokoh. Penyangkalan, digunakan untuk menghindari kesadaran akan kenyataan yang menyakitkan. Proyeksi digunakan untuk melindungi diri dari mengenal impuls yang tidak dapat diterima didalam dirinya sendiri. Hypersensitifitas dan perasaan inferioritas, telah dihipotesiskan menyebabkan reaksi formasi dan proyeksi, waham kebesaran dan superioritas. Waham juga dapat muncul dari hasil pengembangan pikiran rahasia yang menggunakan fantasi sebagai cara untuk meningkatkan harga diri mereka yang terluka. Waham kebesaran merupakan regresi perasaan maha kuasa dari anak-anak, dimana perasaan akan kekuatan yang tidak dapat disangkal dan dihilangkan (Kaplan dan Sadock, 1997).
Cameron, dalam Kaplan dan Sadock, (1997) menggambarkan 7 situasi yang memungkinkan perkembangan waham, yaitu : peningkatan harapan, untuk mendapat terapi sadistik, situasi yang meningkatkan ketidakpercayaan dan kecurigaan, isolasi sosial, situasi yang meningkatkan kecemburuan, situasi yang memungkinkan menurunnya harga diri (harga diri rendah), situasi yang menyebabkan seseorang melihat kecacatan dirinya pada orang lain, situasi yang meningkatkan kemungkinan untuk perenungan tentang arti dan motivasi terhadap sesuatu.
4. Gejala- gejala waham
Jenis skizofrenia paranoid mempunyai gejala yang khas yaitu waham primer, disertai dengan waham-waham sekunder dan halusinasi (Maramis, 1998). Menurut Kaplan dan Sadock (1997), kondisi klien yang mengalami waham adalah:
a. Status mental
1) Pada pemeriksaan status mental, menunjukan hasil yang sangat normal, kecuali bila ada sistem waham abnormal yang jelas.
2) Mood klien konsisten dengan isi wahamnya.
3) Pada waham curiga, didapatkan perilaku pencuriga.
4) Pada waham kebesaran, ditemukan pembicaraan tentang peningkatan identitas diri, mempunyai hubungan khusus dengan orang yang terkenal.
5) Adapun sistem wahamnya, pemeriksa kemungkinan merasakan adanya kualitas depresi ringan.
6) Klien dengan waham, tidak memiliki halusinasi yang menonjol/ menetap, kecuali pada klien dengan waham raba atau cium. Pada beberapa klien kemungkinan ditemukan halusinasi dengar.
b. Sensori dan kognisi
1) Pada waham, tidak ditemukan kelainan dalam orientasi, kecuali yang memiliki waham spesifik tentang waktu, tempat dan situasi.
2) Daya ingat dan proses kognitif klien adalah intak (utuh).
3) Klien waham hampir selalu memiliki insight (daya titik diri) yang jelek.
4) Klien dapat dipercaya informasinya, kecuali jika membahayakan dirinya. Keputusan terbaik bagi pemeriksa dalam menentukan kondisi klien adalah dengan menilai perilaku masa lalu, masa sekarang dan yang direncanakan.
5. Tipe-tipe waham
a. Menurut kaplan dan sadock (1997), tipe-tipe waham antara lain:
1) Tipe Eritomatik: klien dicintai mati-matian oleh orang lain, biasanya orang yang sangat terkenal, seperti artis, pejabat, atau atasanya. Klien biasanya hidup terisolasi, menarik diri, hidup sendirian dan bekerja dalam pekerjaan yang sederhana.
2) Tipe kebesaran (magalomania):yaitu keyakinan bahwa seseorang memiliki bakat, kemampuan, wawasan yang luar biasa, tetapi tidak dapat diketahui.
3) Waham cemburu, yaitu misalnya cemburu terhadap pasanganya. Tipe ini jarang ditemukan (0,2%) dari pasien psikiatrik. Onset sering mendadak, dan hilang setelah perpisahan/ kematian pasangan. Tipe ini menyebapkan penyiksaan hebat dan fisik yang bermakna terhadap pasangan, dan kemungkinan dapat membunuh pasangan, oleh karena delusinya.
4) Waham kejar : keyakinan merasa dirinya dikejar-kejar, diikuti oleh orang lain. Tipe ini paling sering ditemukan pada gangguan jiwa. Dapat berbentuk sederhana, ataupun terperinci, dan biasanya berupa tema yang berhubungan difitnah secara kejam, diusik, dihalang-halangi, diracuni, atau dihalangi dalam mengejar tujuan jangka panjang.
5) Waham tipe somatik atau psikosis hipokondrial monosimptomatik. Perbedaan dengan hipokondrial adalah pada derajat keyakinan yang dimiliki klien. Menetapnya waham somatik yang tidak kacau tanpa adanya gejala psikotik lainya menyatakan gangguan delosional/ waham tipe somatik.


Nah, coba deh direnungi, utk area yg telah di bold dan di warnai, apakah tanda2 tersebut ada di si mamad.. saya pribadi menjawab YA!

Ini pendapat saya pribadi loh dari hasil membaca sejarah mula2 si mamad sampai fase dia berkuasa.
No offence, hanya sharing. thanks
User avatar
myfaith
 
Posts: 12
Joined: Mon Apr 26, 2010 2:48 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby saia » Mon Apr 26, 2010 11:21 pm

@atas

hmm boleh juga ulasan ente ...
menurut saia mamad bukan penderita skizofrenia tapi psychotic akut ...

tapi klo ente menganggap skizofrenia = gejala pyschotic, silahkan saja tapi saia saqin klo mamad pychotic dan terjadi dalam keadaan sadar, bukan dalam di bawah kesadaran, makanya saia sengaja bedakan psychotic dan skizofrenia.

sedikit ciri-ciri pychotic :
1. kurang adanya rasa penyesalan
2. selalu ada pembenaran terhadap apa yg sudah dilakukan
contoh :
Saia berada di bar, suatu ketika ada orang meledek saia "keturunan monyet" lalu saia bunuh dia, tapi HEII itukah salah dia, kenapa dia mengejek saia,
klo dia tidak mengejek saia tentu saia tidak bunuh dia
3. selalu menipu dengan cara-cara logis
4. biasanya korban selalu terpikat dengan psychotic ini

mungkin itu saja ulasan dari saia, saia dapat dari buku

Tanpa Nurani, Robert D.Hare, PhD
Image


wassalam
saia
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Jibril SUDAH PASTI setan !

Postby myfaith » Tue Apr 27, 2010 1:25 am

Nih gw update lg tabelnya, biar lebih gampang diliyat perbedaannya, jibril dgn Gabriel

Bagaimana mahkluk Tuhan bisa melakukan kekerasan seperti itu.. ga ngerti deh gw #-o
User avatar
myfaith
 
Posts: 12
Joined: Mon Apr 26, 2010 2:48 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby jaya lee » Tue Apr 27, 2010 10:06 am

semua diatas kan cerita 1400 sampai 2010 tqhun yang lalu !!
yang saya heran semua pada komentar kaya orang yang hidup pada masa itu !!
padahal 20 tahun lalu juga masih berbentuk cairan, belum jadi orang !!
terutama duladi sok banget kaya orang pinter !!
padahal kalo ditanya kapan dan dimana bapak ibunya bekerjasama membuat dia ???
dan jurus apa yang digunakan ?? dia pasti gak bisa jawab !!!
jaya lee
 
Posts: 64
Joined: Wed Apr 21, 2010 4:23 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby JCfollower » Tue Apr 27, 2010 10:25 am

fakta dan sejarah perlu diungkap bro..
sekarang saya tanya nih...
katanya tetangga sebelah injil dipalsuin pun hanyalah claim kosong...sampai batu2 berteriak membuktikan bahwa claim islam hanyalah kosong..
kalau kami mencari fakta dan sejarah tidak dari claim agamamu.
JCfollower
 
Posts: 654
Joined: Fri Jul 31, 2009 4:52 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby saia » Tue Apr 27, 2010 2:22 pm

semua diatas kan cerita 1400 sampai 2010 tqhun yang lalu !!
yang saya heran semua pada komentar kaya orang yang hidup pada masa itu !!
padahal 20 tahun lalu juga masih berbentuk cairan, belum jadi orang !!
terutama duladi sok banget kaya orang pinter !!
padahal kalo ditanya kapan dan dimana bapak ibunya bekerjasama membuat dia ???
dan jurus apa yang digunakan ?? dia pasti gak bisa jawab !!!


lho, coba saia balik tanya .... pada waktu 1400 tahun yang lalu ada seorang arab mengaku sebagai nabi, ente bisa percaya dia nabi darimana?? hidup di zaman itu saja tidak apalagi ibu-bapakmu

Kita di sini melacak track record orang ini, apakah pantas di sebut nabi?? gitchu low bro

salam kenal, saia

wassalam
saia
 
Posts: 1355
Joined: Mon Oct 05, 2009 2:50 am
Location: Di seberang ka'bah mengamati kerumunan manusia dungu

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby myfaith » Tue Apr 27, 2010 5:32 pm

jaya lee wrote:semua diatas kan cerita 1400 sampai 2010 tqhun yang lalu !!
yang saya heran semua pada komentar kaya orang yang hidup pada masa itu !!
padahal 20 tahun lalu juga masih berbentuk cairan, belum jadi orang !!
terutama duladi sok banget kaya orang pinter !!
padahal kalo ditanya kapan dan dimana bapak ibunya bekerjasama membuat dia ???
dan jurus apa yang digunakan ?? dia pasti gak bisa jawab !!!


Bro, kamu ini lucu ya :rolling: kalau ada pembunuhan, apakah kita tdk perlu u/ mencari tau siapa pembunuhnya, motif2nya dsb hanya karena kita tdk ada disana? Tetap aja kan pelakunya akan dikejar bro. Seandainya keluargamu dibunuh/difitnah/ditipu, apakah kamu tidak mau mencari kebenarannya hanya karena KAMU TIDAK ADA DISANA SAAT ITU?! kebenaran itu cepat/lambat akan terungkap, baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain.. itulah yg bikin dunia kita maju dan masih tetap berputar hingga saat ini.

:toimonster:
User avatar
myfaith
 
Posts: 12
Joined: Mon Apr 26, 2010 2:48 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby pikir dulu napa » Wed Apr 28, 2010 11:06 pm

selain Islam tukang bokis, Islam juga plin-plan

banyak juga Muslim yg bilang roh kudus adalah jibril
trus denger lagi jibril adalah malaikat
apa ruhul kudus dengan jibril itu sama?? :rolleyes:
atau cuma akal2an Depag aja utk runtuhin iman Kristen(atau emang malu ngadepin kenyataan Isa diperkuat Ruhul Kudus spt di Bibel) yg nambahin terjemahan kata dalam kurung-->jibril dlm AlQuran
koq depag usil aja ya sm ajaran agama lain..begini nih pemerintah dibawah kekuasaan Islam

Islam makin hari makin ngawur aja, gak orangnya gak ajarannya
pikir dulu napa
 
Posts: 269
Joined: Tue Apr 27, 2010 9:38 pm

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby babi halal » Thu Apr 29, 2010 2:43 pm

Jibril itu sama Jablay sejenis ya?? :stun:
babi halal
 
Posts: 196
Joined: Thu Apr 29, 2010 9:05 am

Re: Jibril BUKAN malaikat !

Postby zidnii_ilma » Mon Jun 21, 2010 1:36 pm

Sebagai Umat Islam, tentu aku meyakini bahwa Jibril adalah Malaikat. adapun sifat-sifat dari jibril telah dijelaskan oleh Allah SWT melalui

Q.s.,at-Takwir ayat 19-20

“Sesungguhnya al-Qur'an itu benar-benar firman (Allah yang bibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),[19]. yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy”[20]. {Q.s.,at-Takwir: 19-20}

dan ada peringatan Allah terhadap orang yang memusuhi jibril

Al Baqarah : 97


97. Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman".

98. "Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir".

99. Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu ayat-ayat yang jelas; dan tak ada yang ingkar kepadanya, melainkan orang-orang yang fasik


secara umum sifat dari malaikat adalah :

Sifat-sifat malaikat yang diyakini oleh umat Islam adalah sebagai berikut:
- Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
- Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
- Selalu takut dan taat kepada Allah.
- Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
- Mempunyai sifat malu.
- Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
- Tidak makan dan minum.
- Mampu merubah wujudnya.
- Memiliki kekuatan dan kecepatan luar biasa

Malaikat jibril merupakan pemimpin dari para malaikat dan juga merupakan penyampai wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah.

kalau ditanyakan kenapa yang dikatakan pertama kali adalah "Iqra"? karena memang itulah yang diwahyukan! Allah berfirman melalui Jibril "Iqra bismi rabbikallazi khalaq" dan itu adalah kalimat Allah, Jibril tidak berani mengurangi atau bahkan menambah-nambah kalimat Allah. seandainya Jibril menambahkan
"Assalamualaikum, " ketika pertama kali menyampaikan wahyu, tentu pada Al-Quran akan terdapat, "Assalamulaikum, Iqra bismi ... " dan itu jadinya bukan kalimat Allah, karena ada distorsi dari perkataan Allah melalui Jibril.

Itu sebabnya Jibril mengatakan "Iqra bismi rabbikallazi khalaq" dan sangat jelas, bahwa jibril menyampaikannya dalam bahasa Arab.

jibril memiliki sifat amanah, dan takut kepada Allah, sehingga Jibril akan mewahyukan kalimat-kalimat Allah kepada Muhammad sama persis dengan apa yang disampaikan oleh Allah kepada Jibril. sehingga yang diterima oleh Muhammad adalah benar-benar murni Kalimat Allah.

-----------

jika yang berbicara dengan Maria pada saat diwahyukan kepadanya soal kehamilannya adalah Gabriel, maka Jibril = Gabriel. kalimat Gabriel sendiri merupakan saduran kan? bukan dari bahasa aslinya, seandainya menggunakan aslinya. maka yang dimaksud adalah jibril.

dalam Al-Quran sendiri

Surat Mariam 16-21


16. Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,
17. maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.
18. Maryam berkata: "Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa".
19. Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci".
20. Maryam berkata: "Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusiapun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!"
21. Jibril berkata: "Demikianlah". Tuhanmu berfirman: "Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan".


-------------------------------------------------------


"Rabbi Zidnii Ilmaa"
zidnii_ilma
 
Posts: 84
Joined: Mon Jun 21, 2010 11:28 am

Next

Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



Who is online

Users browsing this forum: No registered users