Page 1 of 1

Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Sat Mar 01, 2008 4:11 pm
by ali5196
ntar gua susun ... khusus buat alley shatree, the one and only !

PostPosted: Sat Mar 01, 2008 7:36 pm
by Eneng Kusnadi
Islam hasilkan Renaissance Barat? kok bisa? Kok tidak bisa Renaissance diri sendiri? Ada ada ajah!

PostPosted: Mon Mar 03, 2008 3:58 pm
by ali5196
MITOS ISLAM bahwa Islam menghasilkan Renaissance Barat
Oleh ali5196


- Sayangnya, propaganda ini disebarkan -- entah disengaja atau tidak -- oleh pihak Barat sendiri yg selalu merasa lebih tahu ttg Islam.

Contoh dari video ini : http://www.youtube.com/watch?v=3fpOqzwoXiQ

Disebutkan oleh si narator berlogat Inggris dlm video diatas bahwa :
'Muslim tidak melihat kontradiksi antar hukum alam dgn hukum Islam dan banyak mengutip dari Plato dan Aristoteles, sementara (perhatikan ini !) Kristen menganggap ajaran Plato dan Aristoteles menghujad Kristen.' :shock:

TAPI jika anda membaca literatur Kristen, Plato sama sekali TIDAK dianggap sbg penghujad. Ia malah dianggap sbg 'HONORARY Christian' (Kristen terhormat). Pengaruh filsuf2 Yunani spt Socrates, Plato & Aristoteles terhdp gereja Kristen dini sangat dihargai gereja. MALAH dlm post nomor 3 yg menyusul artikel ini anda bisa melihat sebuah gambar dinding di Vatikan oleh pelukis terkenal, Rafael, yg menggambarkan Aristotles, Socrates & Plato sedang ngobrol. Atau lihat saja disini : http://en.wikipedia.org/wiki/The_School_of_Athens

Mosok sih, orang2 yg dianggap sbg menghujad agama Kristen diberi tempat terhormat di Vatikan ? [Gua kadang HERAN dgn kebodohan luar biasa orang Barat yg tidak megnenal budayanya sendiri !! ]

Kristen, spt juga agama2 lain sebelum Islam (Hindu, Budha, Yahudi) TIDAK menganggap ajaran agama terdahulu sbg 'jahilyah.' Khususnya karena Kristen2 paling dini tercakup dlm Kerajaan Romawi yg sangat dipengaruhi oleh cara pemikiran Yunani dan menggunakan cara pikir Yunani utk mengartikulasikan agama baru mereka itu (Kristen).

Baca sendiri di : http://people.bu.edu/wwildman/WeirdWild ... heme02.htm
http://webspace.ship.edu/cgboer/athenians.html

Paus Benedikt XVI misalnya, sering menggunakan kata Yunani 'LOGOS' utk menekankan arti 'logika', 'reason.' Pada dasarnya, Socrates, Plato & Aristoteles menekankan LOGOS sbg dasar sebuah kepercayaan. Artinya : kalau sebuah kepercayaan tidak masuk akal, maka kepercayaan itu harus dibuang. Itu juga yg dinyatakan paus berkali2 dlm pidatonya, khususnya dlm pidato paling terkenalnya di Regensburg dimana ia menyimpulkan bahwa sebuah agama yg disebarkan dgn pedang (dan tidak disebarkan dgn logika, alias tidak masuk akal) = TIDAK MUNGKIN DATANG DARI TUHAN. Anda akan ingat bahwa akibat pernyataan lugasnya ini, si Paus dikecam luas oleh Muslim sedunia.

Ini juga yg dikatakan Socrates : "The unexamined life is not worth living" (Hidup yg tidak pernah dianalisa/diuji, sama sekali percuma.)

Selebihnya mengenai detil hubungan ajaran Yunani & Kristen saya serahkan pada para pemikir Kristen yg lebih ahli. Saya hanya mengetahui hal sekilas ini dari mata pelajaran humanisme di universitas dulu dan dari baca pidato Paus di Regensburg itu. (Penasaran gua, kenapa dia sampai pingin dibunuh oleh Muslim!)

Yang saya tekankan disini adalah betapa tololnya golongan kiri Barat yg entah, tidak tahu, atau memang sengaja menyebarkan taqqiya atau propaganda ini.

OKAY, mari kita lanjutkan.


- Hasil2 karya filsuf Yunani yg diterjemahkan dlm bahasa Arab BUKAN dilakukan oleh Muslim2 tulen, melainkan oleh Muslim2 murtadin atau orang2 Persia yg dipaksa masuk Islam. Banyak juga yg memiliki nama2 Arab shg DISANGKA sbg Muslim, padahal mereka Kristen2 tulen !

Ingat bahwa setelah tentara2 buta huruf Muhamad menginvasi negara Persia yg memiliki peradaban jauh lebih tinggi dari Arab dan setelah ilmuwan2 Persia dipaksa masuk Islam, semua ilmuwan Persia HARUS menyebut diri mereka Muslim. Kalau mereka Muslim asli dan mengikuti ajaran Islam 100%, mana mungkin mereka menerjemahkan karya2 kafir spt Plato yg -- menurut ajaran islam asli -- jelas2 MENGHUJAD ISLAM, agama yg disebarkan bukan lewat logika tetapi lewat pedang.

Ini sudah berbagai kali dibahas disini. Lihat saja betapa tidak masuk akalnya ajaran Quran ttg alam semesta:

SAINS dalam QURAN ***
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... .php?t=851
TOKOH SAINS 'ISLAM'
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... c.php?t=43

Ingat bahwa tokoh2 sains 'Islam' spt Avicenna, Omar Khayam, Zakaria ar Razi sebenarnya DIKUTUK oleh ulama Islam. Kaum ilmuwan ini sering merendahkan Islam - menganggap Islam menghambat kemajuan dan akibatnya buku2 mereka dibakar & beberapa dari mereka malah dibunuh oleh Muslim2 tulen !

Ingat juga bahwa BUKAN kaum Islam, melainkan kaum Kristen sendirilah yang melindungi karya2 mereka dari kehancurkan Masa Kegelapan (Dark Ages). Adalah pendeta abad ke-5 bernama Probus dari Antioch, yang memperkenalkan Aristotel kepada bangsa2 berbahasa Arab.

Juga Huneyn ibn Ishag (809-8730), yang notabene orang Kristen, menerjemahkan karya2 Aristotel, Galen, Plato dan Hipokrates kedalam bahasa Suriah/Syriac yang kemudian diterjemahkan puteranya kedalam bahasa Arab. Yahya Ibn Adi (893-974) juga Kristen, juga menerjemahkan karya2 filosofi kedalam bahasa Arab dan juga menulis bukunya sendiri THE REFORMATION OF MORALS, yang anehnya dianggap karya Muslim.

Siswanya, juga Kristen, bernama Abu Ali Isa bin Zur'a (943-1008), juga mebuat terjemahan kedalam Arab terjemahan karya Aristotel dan penulis2 Yunani lainnya dari bahasa Suriah. Tulisan medis pertama dalam bahasa Arab adalah jug ahasil terjemahan seorang pendeta.

Rumah sakit pertama di Bagdad pada masa Kalifat Abbasid dibangun oleh Kristen Nestorian, Jabrail ibn Baktishu. Sementara Kristen Assyria membangun sekolah kedokteran pertama di Pundeshapur di Persia. Universitas pertama didunia bukanlah Al-Azhar di Kairo seperti sering diakui Muslim namun Sekolah Assyria di Nisibis.


Informasi ini bisa didapatkan secara luas di toko buku dan internet. Silahkan anda melakukan investigasi anda sendiri.

OLEH karena itu, wahai kaum non-muslim dan murtadin, waspadalah pada propaganda Muslim (yg didukung orang2 Barat sayap kiri) yg juga sangat beredar luas. :wink:

PostPosted: Mon Mar 03, 2008 4:22 pm
by ali5196
SEKARANG, mari kita bahas RENAISSANCE BARAT. Apa sih artinya ? Kok kedengarannya KEREN amat ? Dan betulkan ISLAM merupakan promotor penting dlm mencuatkan Renaissance di Barat ?

Mari kita lihat definisi umum dari wikipedia.
http://en.wikipedia.org/wiki/Renaissance.

Ternyata Renaissance dibagi dlm dua era : era abad 12 & era abad 14-16.

Ternyata dari pandangan sekilas saja, 'renaissance' memiliki arti luas. Jadi wahai Muslim, sebelum anda ge-er duluan, tolong jelaskan bagian renaissance MANA SIH yg dipengaruhi Islam ?

Mari kita bahas satu per satu. :wink:

Eng ing enggggg ...

PostPosted: Mon Mar 03, 2008 4:23 pm
by ali5196
http://en.wikipedia.org/wiki/Renaissanc ... th_century
RENAISSANCE ABAD 12

Image
Penemuan teknologi yg mengembangkan style gothic.

Renaissance abad 12 merupakan periode transformasi sosial, politik, ekonomi dan revitalisasi intelektual Eropa dgn akar2 kuat dlm filosofi dan sains [Yunani/Romawi]. Renaissance awal ini merupakan cikal bakal gerakan literatur dan artisitik Renaissance Italia abad 15 & perkembangan sains abad 17.

SEJARAH
Charles H. Haskins adalah sejarawan pertama yg menulis secara ekstensif ttg renaissance di Puncak Abad Pertengahan yg dimulai sekitar 1070. Th 1927, ia menulis bahwa:

[Eropa abad 12] merupakan abad kehidupan yg VITALITAS BARU:

- Abad 12 ini adalah era KAUM SALIBI (!!!) [yg dibentuk utk menentang invasi Islam]


-lahirnya kembali literatur klasik LATIN dan sains Yunani dgn tambahan2 dlm bahasa Arab (LIHAT KETERANGAN SEBELUMNYA bahwa PENGETAHUAN YG DITULIS DLM BAHASA ARAB INI TIDAK DIHASILKAN OLEH MUSLIM)


- didirikannya universitas2 pertama Eropa (Paris & Bologna). Semuanya universitas KATOLIK. Jadi, mana pengaruh ISLAMNYA ??????
:lol: :lol:


- dibentuknya kodifikasi hukum Romawi (perdata dan pidana) buatan manusia dan BUKAN HUKUM TUHAN. PERHATIKAN ini ! Ini sangat penting karena ini menunjukkan bahwa hukum Eropa didasarkan pada hukum MANUSIA. Hal ini berbeda dgn Islam yg hanya menganggap HUKUM TUHAN alias hukum shariah sbg konstitusi dan UU negara !)

JADI WAHAI MUSLIM, MANA SUMBANGAN ISLAM BAGI RENAISSANCE JAMAN INI ? Sejauh ini, segala yg ada didlm jaman Renaissance = sangat bertolak belakang dgn Islam.

MARI KITA LANJUTKAN YUK !!!

Sebelum Renaissance abad 12, ajaran filosofi dan sains didasarkan pada hanya beberapa teks2 Yunani kuno yg masih bisa ditemukan di Eropa Barat setelah hancurnya Kerajaan Romawi Barat. Eropa kehilangan kontak dgn pengetahuan masa lalu.

Ini berubah oleh Renaissance abad 12. Meningkatnya hubungan dgn dunia Islam di Spanyol dan Sicilia, perang2 SALIBI, Reconquista (perang Salibi di Perancis), dan meningkatnya kontak dgn Byzantium, memungkinkan orang2 Eropa menerjemahkan karya2 Yunani dan filsof2 'Islam' (INGAT !! DISINI NIH MULAINYA PROPAGANDA ISLAM ala wikipedia) khususnya karya2 Aristotle, Euclid, Ptolemy, Plotinus, Geber, al-Khwarizmi, Rhazes, Abulcasis, Alhacen, Avicenna, Avempace & Averroes.

SPT sudah dikatakan dlm post sebelumnya, filsof2 'Islam' itu sebenarnya MURTADIN2 Islam yg kebanyakan hasil karyanya dihancurkan oleh Muslim2 tulen dijaman mereka.

Ini sebenarnya ajaran Avicenna : http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... c.php?t=43
“Filosofi Avicenna didasarkan pada kombinasi ajaran Aristotel dan Neo-Plato. Bertentangan dengan pemikiran ortodoks Islam, Avicenna menyanggah adanya kehidupan setelah kematian, bahwa Tuhan tidak peduli terhadap manusia dan penciptaan dunia oleh Tuhan. Karena pandangannya ini, Avicenna menjadi target utama filsuf Islam al-Ghazali dan dicap sebagai murtad.”


Image
Pakar2 abad pertengahan ini ingin mengerti prinsip2 harmonis dan geometris yg digunakan Tuhan utk menciptakan alam semesta.

Dlm hanya kurang dari 100 thn di abad 12 ini, Eropa menciptakan penemuan paling banyak ketimbang yg pernah dihasilkan dlm 1000 thn yg lalu. Periode ini menghasilkan kemajuan teknologi, penemuan mesin cetak, serbuk senapan, kaca mata, penyempurnaan jam dinding, astrolabe (alat pencari jarak yg digunakan di kapal laut) dan memperbaiki teknologi kapal laut. Ini juga yg mengakibatkan munculnya Jaman Explorasi.


SKOLASTIK ISLAM ??? :shock:

Sebuah metode pelajaran baru yg disebut skolastisisme dikembangkan akhir abad 12 dari penemuan kembali karya2 Aristotel; karya2 abad pertengahan filsuf YAHUDI dan 'Muslim' yg dipengaruhi Aristotel, khususnya Maimonides, Avicenna (sudah disebutkan sbg murtad dari Islam) dan Averroes yg ajarannya dianggap sbg cikal bakal SEKULARISME di Eropa. :lol: :lol: Ini SANGAT MENENTANG ISLAM ! Islam tidak mengenal sekularisme, alias pemisahan antara gereja dan negara.

Lihat saja di : http://en.wikipedia.org/wiki/Averroism

Konsep Averroisme — yg ditemukan dlm komentar Averroës kpd Aristotle — adalah : Hanya ada satu kebenaran, tetapi ada paling tidak DUA cara utk mencapainya, yi lewat filosofi dan lewat agama.

...

Gagasan pemisahan filosofi dan agama yg ditemukan dlm Averroisme sangat berpengaruh dlm perkembangan sekularisme modern. Akibatnya, ada yg menganggap Averroes sbg bapak pendiri pemikiran sekularisme di Eropa Barat.
:lol: :lol: :lol:

PostPosted: Mon Mar 03, 2008 4:28 pm
by ali5196
http://en.wikipedia.org/wiki/Renaissance
Renaissance EROPA abad 14 & 17

Renaissance (dari kata Perancis 'Renaissance,' berarti "kelahiran kembali") adalah sebuah gerakan budaya yg di abad 14-17 dimulai di Italia dan menyebar keseluruh Eropa.

Renaissance berarti kembalinya trend yg didasarkan pada sumber2 klasik yg mempengaruhi literatur, filosofi, seni lukis, seni musik, politik, sains dan agama dll penyelidikan intelektual. Artis2 yg menggambarkan masa ini adalah Leonardo da Vinci dan Michael Angelo, yg mendapatkan julukan "Pria2 Renaissance" yg mendapat dukungan gereja Katolik Roma dan dua keluarga yg paling terkenal dan dominan saat itu, de Medici & de Borgia.

Image
Gambar Leonardo da Vinci ttg proporsi manusia secara sempurna (Lelaki Vitruvian) menunjukkan efek pemikiran Yunani pada pemikir2 Renaissance. Ingat, penggambaran manusia dilarang oleh Islam. Apalagi gambar orang telanjang ! Awas auratnya kelihatan ... si Amrozi bisa letusin bomnya, nek !


Image
Atap Sistine Chapel di Vatican, Roma, yg dipenuhi gambar2 Michael Angelo. Gambar orang dilarang dlm Islam. Kalau tidak maka MESJIDPUN dipenuhi gambar2 orang ! Pernahkah kau melihat gambar orang dlm MESJID ? Apalagi ORANG2 TELANJANG ???


Image
The Last Judgment, Sistine Chapel, Michael Angelo. UNTUNG MICHAEL ANGELO tidak dipengaruhi Islam. Kalau iya, kita tidak dapat menikmati keahlian melukisnya ini !


Image
Lukisan oleh Raphael: Paus Julius II, yg mengkomisi Michael Angelo utk melukis di dinding Vatikan. Si Paus lebih suka mengurusi keamanan, kemakmuran serta kesenian negara ketimbang memikirkan panjang pendek rok perempuan ataupun hak birahi lelaki spt coitus interuptus. :wink:

Ada anekdot bahwa Paus ini meminta Michael Angelo agar menutupi gambar aurat2 lelaki pada lukisannya di Vatikan. Yah, khan ini gereja ! Tolong dong, wajar khan kalau Paus minta agar kontil2 itu ditutupi. Michael Angelo keberatan dan malah menggambar wajah Paus pada figur SETAN di salah satu lukisannya. :lol: :lol: Walau si Paus marah, anehnya M Angelo tidak dipenggal atau dicungkil matanya. Paling si Paus minta pelukis lain utk meralat wajah si Setan.

Bayangin ! Gambar kartun Muhamad aja elu bisa dibunuh, apalagi gambar wajah setan pada tubuh Muhamad. :lol: :lol: :lol:

Ini saja sudah menunjukkan BEDA besar antara Muslim dan NON-Muslim. :lol:

AYO KITA LANJUTKAN.

Para pakar Renaissance menggunakan metode humanisme dlm studi mereka dan ingin mewujudkan realisme dan emosi dlm kesenian.

Mereka kembali mempelajari teks2 kuno yg ditulis dlm Latin atau Yunani kuno yg diambil dari perpustakaan2 biara, mencari karya2 yg sudah lama ditinggalkan. Teks2 itu membuat mereka semakin bermotivasi utk semakin menyempurnakan pengetahuan mereka. Mereka sama sekali tidak menolak agama Kristen, malahan kebanyakan karya2 seni Renaissance dibaktikan bagi gereja.

Artis2 spt Masaccio, Bellini, Boticelli, Rafael, Titian, Donatello & PELUKIS YG PALING GUA DEMEN : CARAVAGGIO mencoba menyempurnakan penggambaran tubuh manusia secara realistis shg mengembangkan teknik2 perspektif dan cahaya.

Image
The Crucifixion of St Peter by CARAVAGGIO. INCREDIBLE !!! :shock:

Filsuf2 politis, yg paling terkenal adalah Niccolò Machiavelli, mencoba menggambarkan kehidupan politik sesuai dgn fakta dan memperbaiki pemerintahan atas dasar logika. Selain bahasa2 Latin dan Yunani Klasik, penggunaan bahasa sehari2 juga semakin populer, dan dgn diciptakannya mesin cetak, semakin banyak orang punya akses pada buku, khususnya Injil.

Pendeknya, Renaissance merupakan masa dimana kaum intelektual mempelajari dan memperbaiki dunia sekuler, baik lewat melahirkan kembali ide2 klasik dan mencari cara pemikiran baru.

Asimilasion Pengetahuan Yunani dan Arab

Asal usul penemuan kembali teks2 kuno yg lama dilupakan peradaban barat telah disimpan oleh perpustakaan2 monasteri/biara dan, menurut beberapa pihak, oleh dunia Islam (TAPI INI SEMAKIN DIRAGUKAN !), dan terjemahan teks2 Yunani dan Arab ke bhs Latin.

Ilmuwan2 Renaissance spt Niccolò de' Niccoli dan Poggio Bracciolini mengelilingi perpustakaan2 Eropa utk mencari karya2 penulis2 klasik spt Plato, Cicero and Vitruvius. Ditambah juga, dgn DIREBUTNYA KEMBALI (INGAT ! Islam mencaplok Spanyol dan menganggap karya2 Spanyol sbg karya2 'Muslim' !) jazirah Spanyol dari kaum Moor Islam, banyak karya2 Yunani dan Arab didapatkan dari perpustakaan di Córdoba, yg memiliki 400.000 buku. Karya2 penulis Yunani (spt Plato, Aristotle, Euclid, Ptolemy & Plotinus) dan saintis serta filsuf2 'Muslim' (spt Geber, Abulcasis, Alhacen, Avicenna - dianggap murtadin, Avempace and Averroes -dianggap murtadin),diimpor ke dunia Kristen dan menjadi material intelektual bagi pakar2 Eropa.

KHUSUSNYA dibidang matematika, sejumlah karya pakar2 Muslim sebenarnya merupakan KOMPILASI ATAU TERJEMAHAN KARYA2 TERDAHULU DARI PARA PAKAR MATEMATIKA INDIA !

Pengetahuan Yunani dan Arab ini tidak hanya di-asimilasi dari Spanyol tetapi juga diambil langsung dari Timur Tengah. Studi matematik sedang subur di Timur Tengah dan pengetahuan itu dibawa kembali oleh kaum Salibi di abad 13. Mundurnya kejayaan Byzantine setelah 1204 - dan kehancurannya pd th 1453 [OLEH ISLAM!] - meningkatkan exodus besar2an pakar2 Yunani Bizantin ke Italia dan sekitarnya. Pakar2 Bizantin ini membawa teks2 dan pengetahuan mereka akan kebudayaan Yunani klasik yg telah hilang selama berabad2 di Barat. Mereka inilah yg melahirkan kembali interes pada pengetahuan klasik ini shg mencuatkan Renaissance.

...

Image
The School of Athens - fresco oleh Raffaello Sanzio, Vatikan. Adegan perbincangan antara Socrates, Plato & Aristoteles yg sebenarnya BUKAN Kristen, namun oleh Vatikan dihormati sbg filsuf2 ulung. Ini sama saja dgn mencantolkan gambar KAFIR spt Ibu Teresa di kantor Ahmadinejad ! Nggak mungkinlah !!! :twisted: :twisted:

PostPosted: Mon Mar 03, 2008 4:30 pm
by ali5196
Sesuatu yg tidak kalah penting utk dicatat adalah kemajuan yg dicapai WANITA dijaman RENAISSANCE, sesuatu yg tidak pernah dapat diberikan Islam kpd kaum wanitanya selama sejarah 1400 tahunnya.

Memang wanita pada umumnya sebelum abad 20 di Eropapun masih mengalami subjugasi oleh keluarga dan suami, tapi ini bukan sbg hasil fatwa agama, namun karena keadaan sosial dan budaya jaman tsb.

TAPI wanita2 di Eropa, bahkan SEBELUM jaman Renaissance, tetap dihargai sbg ratu, politisi, pedagang, dokter, pendekar, artis, guru, pelancong, kepala biara dsb. DAN jaman Renaissance ini adalah jaman dimana wanita menonjolkan SENSUALITAS dan keahlian ARTISTIK mereka.

Women Artists: Renaissance and Baroque Painters, Sculptors and Engravers. As Renaissance humanism opened up opportunities for individuals to be educated, to grow and to achieve, a few women transcended role expectations and became notable for their paintings.
http://womenshistory.about.com/library/ ... 21223a.htm

Image
Portrait of a woman (Lucrezia Borgia ?) by Bartolomeo da Veneto

Walau anehnya, banyak orang Barat merengek bahwa gereja mematikan kreativitas wanita (yg kemudian sering dikutip oleh Muslim), ini sama sekali tidak nampak di jaman Renaissance dimana Paus2 tidak menghabiskan waktu mengeluarkan fatwa menentukan panjang rok wanita atau larangan bagi wanita utk meninggalkan rumah tanpa saudara semuhrim dan tetek bengek lainnya spt di negara Islam.

Ratu2 dan wanita2 aristokrat Eropa, misalnya, justru menggunakan gereja sbg alat utk mengontrol suami2 mereka yg--spt Muhamad--sangat doyan perempuan. Sayang, taktik ini tidak berhasil pada Henry VIII dari Inggris yg lebih suka gaya polygamy ala Muhamad dan lebih suka menabok atau memenggal istri2nya kalau mereka bandel. :wink:

Kalau di Islam, ulama justru digunakan sbg alat suami utk mengontrol istri.

PostPosted: Wed Mar 05, 2008 5:37 pm
by ali5196
Islam menghasilkan renaissance Barat ? La-me-nie-lachen ... ketawa dulu ahhhh !! ... :lol: :lol: :lol:

PostPosted: Mon May 12, 2008 8:54 pm
by ali5196
Bgm Kristen memperlakukan anak2 yatim (diluar nikah) dijaman Renaissance :

http://www.users.cloud9.net/~recross/wh ... valdi.html

SINGKATNYA :

Di VENESIA jaman dulu, orang tua/ibu2 (kebanyakan hamil diluar nikah) yg tidak mampu membesarkan anak2 mereka dipersilahkan menitipkan anak2 mereka ke sebuah gereja bernama St Pieta.

Disana anak2 yatim tsb mendapat pelajaran musik GRATIS taraf tinggi, dari pemusik ulung taraf dunia pula (VIVALDI !). Saking hebatnya reputasi sekolah tsb, bahkan orang tua yg mampu membesarkan anak2 mereka juga menitipkan anak mereka disekolah tsb.

Paus marah besar dgn orang tua berduit yg menyalahgunakan fasilitas sekolah musik tsb sampai ia mengeluarkan sebuah deklarasi, yg sampai sekarang ukiran tulisannya masih bisa dilihat didinding gereja St Pieta yg menyatakan bahwa : orang tua yg mampu dilarang menitipkan anak2nya digereja tsb dan harus membayar kompensasi kpd sekolah musik tsb atas pendidikan gratis yg dinikmati anak2 mereka. :lol: :lol:

Beda dgn jaman renaissance Islam : ibu2 yg hamiil diluar nikah akan dirajam, anak2 mereka dititipkan pada saudara lelaki ibu tsb, dan anak2 dilarang belajar musik, karena Muhamad benci musik. :wink:



The schola cantoruum (singers' school) dates from the 6th century (Pope Gregory the Great) and perhaps even further back to the 4 th century (Pope Sylvester). But these were schools for training clerics for liturgical functions. In 18th century Italy, however, there occurred a veritable explosion of musical activity in these ospedali, orphanages-turned-conservatories. This was especially true in Venice and Naples.

In Naples, for instance, the concern was primarily for the care of young boys. After the French had laid siege to Naples in 1528 thousands of children were left homeless and destitute. Benefactors took them off the streets and put them in different orphanages, each with its own distinctive dress. The institutes were run along monastic lines and the stipends earned from their musical performances contributed to their support. The orphanage of Santa Maria di Loretto maintained 800 boys and was started by a priest who begged his way around Naples to get his project under way. Even though schools like this were for the children of parents too poor to support them they developed into first-rate, no-nonsense music schools. Eight years of strict training turned urchins into finished musicians.

In Venice as early as the 14th century there were already four functioning ospedali: the Ospedale dei Mendicanti (originally for lepers and later beggars), once visited by Goethe who wrote of it, "I never imagined such voices could exist," the Ospedaletto di SS. Giovanni e Paulo (a poorhouse and orphanage), and the Conservatorio degl' Incurabili as the name implies. Finally there was the extraordinary Ospedale della Pietà- of main interest here.

This Pietà Hospital had been founded in 1346. It was an institution for orphaned or illegitimate girls, foundlings and the female children of poor families. In fact there remains a plaque on the church threatening with damnation parents who tried to pass off their children as orphans. One can see the beautiful church of the Pietà, Santa Maria della Visitazione on the Grand Canal pictured above. It is but a short walk from the Saint Mark's Square and the Bridge of Sighs. Already in the 17 th century day this ospedale had achieved fame for its work with disadvantaged girls, especially for their singing and instrumental musicianship. Composers like Antonio Lotti and Scarlatti had served as musical directors.

But this church and the ospedale attached to it will forever be associated with the name of the great Italian priest-composer, Antonio Vivaldi (1675-1741). It was here that Vivaldi composed for the girls such marvelous works for chorus and especially for various combinations of instruments. No less than the staunch Lutheran Johann Sebastian Bach paid the highest tribute to this "red-headed priest", as Bach called him, and his music. How much Bach revered Vivaldi and was influenced by him is well known. Not only was Vivaldi progressive in terms of his music education and what we surely might safely call "music therapy" for these girls. It is also interesting to note that, while it was not until the Romantic era in the 19th century that themes of nature would pervade music literature, including actual attempts to imitate nature, Vivaldi was already writing "weather music" in his Four Seasons with all its sounds of nature, bird song, storms and the like. Another aspect of his work can be seen on a plaque outside the church that attests to his hand in the design of its marvelous acoustics. Vivaldi`s connection with the Pieta began in 1703 and lasted nearly forty years until 1740. In 1704 he was named Maestro di Violino di Choro. He also was in charge of of purchasing musical instruments- some of which may still be seen in the little museum of the church. He later became a violin teacher, Master of Concerts and resident composer. He was required to compose two masses per year (for Easter and the Feast of the Visitation), two Vesper services a year and two new motets each month among other things. Vivaldi worked daily with these disadvantaged girls, writing and performing music for their special needs, choral and instrumental works.


Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Wed Aug 19, 2009 2:39 pm
by tongseng
Wah... I must say this was very comprehensive summarization, tapi juga ga semata2 data only. Quite agree with your sentiments. Salam kenal mas ali, saya pendatang baru nih. Will keep an eye for your posts. Saya berharap lebih banyak orang mampu memberikan penerangan seperti anda, dan sebaliknya juga, banyak orang yang mau sabar membaca penjelasan bermutu seperti ini -- cukup panjang, tapi nothing good in life comes easy anyway. Thanks again ya.

Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Wed Aug 26, 2009 5:07 pm
by Zhou Yu
Top abis ulasannya...
Tapi kok ga da muslim yg kasih komen ya???

Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Wed Aug 26, 2009 6:29 pm
by KAPTENZX
Zhou Yu wrote:Top abis ulasannya...
Tapi kok ga da muslim yg kasih komen ya???


muslim komen disini=bunuh diri

kerenan mana sih borubudur atau mesjid agung demak?

Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Fri Sep 04, 2009 10:11 pm
by 1234567890
[quote="KAPTENZX]
kerenan mana sih borubudur atau mesjid agung demak?[/quote]

bukannya mesjid agung borobudur juga buatan muslim ? :green:

Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Tue Sep 08, 2009 10:19 am
by w3st_w1ng
wakakakaka memang borobudur buatan muslim ko kan ada kubahnya :rolleyes: :rolleyes: :rofl: :rofl: =D> =D>

Re: Satu lagi MITOS Islam : Islam hasilkan RENAISSANCE Barat

PostPosted: Sun Feb 05, 2012 12:51 pm
by keeamad
biasalah taqiya ...

kalo dulu di nagasaki ada mesjid,
diyakini bom atom gak sanggup menghancurkan mesjid itu ....

kita tes yu sama kabah ....