Page 1 of 1

inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 12:08 am
by dendy2009
Pembaca yang dirahmati Allah, bulan Ramadhan yang mulia dan agung telah menghampiri kita. Saat di mana Allah memperbesar pahala, melipatgandakan ganjaran, dan membuka pintu-pintu kebaikan bagi orang-orang yang menginginkannya.
Di antara hadits yang agung yang menunjukkan keutamaan bulan Ramadhan adalah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“إذا جاء رمضان فتحت أبواب الجنة وغلقت أبواب النار، وصفدت الشياطين” رواه البخاري ومسلم واللفظ له
“Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” [Muttafaqun ‘alaihi]
Dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam juga bersabda :
إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ. وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ، وَ ذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ
“Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, setan-setan dan jin-jin yang sangat jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan seorang penyeru menyerukan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah. Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan tahanlah.’ Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi dalam Sunan-nya no. 682 dan Ibnu Majah dalam Sunan-nya no. 1682, dihasankan Asy-Syaikh Albani rahimahullahu dalam Al-Misykat no. 1960)
Syaikh ‘Utsaimin rahimahullah menjelasakan ”[color=#BF0000]Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini oleh karena banyaknya amal saleh yang dikerjakan, dan sekaligus untuk memotivasi umat islam agar melakukan kebaikan. Pintu-pintu neraka ditutup karena sedikitnya maksiat yang dilakukan oleh orang-orang yang beriman. Setan-setan diikat dan dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan-bulan selain Ramadhan.”[/color] [Majaalisu Syahri Ramadhan, Syaikh ‘Utsaimin]
Bulan Penuh Keutamaan
Termasuk satu hikmah yang agung, ketika Allah mengkhususkan apa yang Dia kehendaki dari ciptaan-Nya baik berupa waktu, tempat, dan orang-orang tertentu. Allah berfirman,
وربك يخلق ما يشاء ويختار
“Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya (dengan kekhususan dan keutamaan)” (Al Qashas 68)
Allah telah memilih bulan Ramadhan dengan keutamaan dan kekhususan dibanding bulan-bulan yang lainnya. Hal ini sebagai bentuk nikmat dan karunia Allah kepada para hambanya agar mereka bersemangat mendekatkan diri kepada Allah dan meninggalkan perbuatan yang dimurkai-Nya.
Di antara kekhususan bulan Ramadhan yang menunjukkan keutamaan bulan ini, yaitu Allah membuka pintu-pintu surga, menutup pintu-pintu neraka, dan membelenggu setan-setan. Pada setiap malam di bulan ini Allah membebasakan para penduduk neraka. Di bulan ini juga terdapat lailatul qadr , malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di akhir malam setiap Ramadhan, Allah mengampuni dosa orang-orang yang berpuasa, sebagaimana hal ini diterangkan dalam beberapa hadits.
Menggapai Surga di Bulan Mulia
Sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas, di bulan mulia ini pintu-pintu surga dibuka. Inilah kesempatan emas untuk memperbanyak amalan kebaikan. Banyak sekali amalan kebaikan yang bisa diamalkan di bulan ini, peluang untuk menambah pundi-pundi pahala pun terbuka lebar. Di siang hari melaksanakan kewajiban puasa, dilanjutkan dengan shalat tarawih di malam harinya. Bersedekah di bulan ini sangat dianjurkan,termasuk juga memberi makan orang yang berbuka. Melaksankan sahur pun juga bisa mendapat tambahan berkah. Membaca al Quran dan memahaminya sangat dianjurkan untuk diperbanyak di bulan ini. Belum lagi amalan-amalan ibadah yang diperintahkan di sepuluh hari terakhir, seperti menghidupkan malam dengan ibadah, melaksanakan i’tikaf, dan menunaikan zakat. Juga masih banyak amalan-amalan ketaatan lain yang bisa dilakukan.. Lihatlah saudaraku, begitu banyak terbuka pintu-pintu kebaikan. Seorang muslim tidaklah sepantasanya meninggalkan amalan-amalan tersebut, sebuah harapan untuk menggapai surga Allah ta’ala.
Tinggalkan Perbuatan Maksiat
Di antara faktor yang menyebabkan manusia terjerumus ke dalam perbuatan maksiat adalah godaan setan. Di bulan Ramadhan , setan-setan dibelenggu sehingga manusia akan lebih mudah untuk meninggalkan maksiat. Setan-setan dibelenggu dengan rantai agar manusia tidak tergoda untuk melakukan penyimpangan dan kemaksiatan seperti bulan-bulan lainnya. Inilah yang tampak di bulan Ramadhan, banyak manusia tidak melakukan perbuatan kemaksiatan dan beralih melakukan perbuatan ketaatan. Momentum ini sangat tepat bagi kita untuk meninggalkan maksiat dan memperbanyak amal shalih.
Dibelenggunya setan-setan, bukan berarti tidak terdapat maksiat sama sekal di bulan mulia ini, akan tetapi maksiat yang terjadi di bulan ini relatif lebih sedikit dibanding bulan-bulan lainnya . Masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya maksiat, seperti godaan nafsu dan tabiat buruk manusia.

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 11:57 am
by Joe Andmie
Dibelenggunya setan-setan, bukan berarti tidak terdapat maksiat sama sekal di bulan mulia ini, akan tetapi maksiat yang terjadi di bulan ini relatif lebih sedikit dibanding bulan-bulan lainnya . Masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya maksiat, seperti godaan nafsu dan tabiat buruk manusia.


Bulan ramadhan adalah masa2 yang paling buruk ,tidak pada kafir maupun muslim.
Kriminal semakin meningkat, pengerusakan ,pencurian, pemerasan semuanya dengan dalil untuk nambah rezeki untuk lebaran.
Bulan yang paling ditakuti kafir.
Entah setan apa manusia, pada gedor2 pintu minta amplop .Tak jarang disertai ancaman , mulai dari yang kasar sampai cara yang halus. Yang tulis2 kwitansi bulanan hansip, kebersihan,dilipat gandakan, ini pasti diperintah jin2 muslim ,karena setan2 pada dibelenggu ya.

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 1:10 pm
by dendy2009
Kalo menurut saya itulah bulan yg terindah ,bulan pengampunan
Dosa akam diampuni..tp tentu dengan syarat yg berat berpuasa dari segala perbuatan keji dan munkar selama 1 bulan sesuai perhitungan masing2 wilayah,kalo cm menahan lapar dan haus itu hal mudah
Mungkin yg bro maksud itu orang2 yg tidak berpuasa menahan diri dr segala perbuatan keji dan munkar
Dengan hal yg dimaklumi indonesia mayoritas islam bro seperti merasa di dzolimi
Coba bro tinggal di california,texas,nigeria,colombia, di negara yg minoritas islam,disana tiap hari orang di tembak,diperkosa,dibunuh,diperas,dirampok oleh umat yesus
Kok bro ga ngeluh waktu negara kita di jajah oleh portugis dan belanda yg kebetulan juga sesama umat yesus berabad abad lamanya
?

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 8:16 pm
by Kadal_Arab
dendy2009 wrote:Kalo menurut saya itulah bulan yg terindah ,....


yoi indah bagi kaum muslimer macam fpi, gimana gak indah ??? ngerusak, nutup, nyegel, mbakar, dll tempat usaha orang lain begitu bebas leluasa seakan2 negara ini hanya milik kaumnya doank......itulah keindahan bagi kaum barbar


dendy2009 wrote:Coba bro tinggal di [b]california,texas,nigeria,colombia, di negara yg minoritas islam,disana tiap hari orang di tembak,diperkosa,dibunuh,diperas,dirampok oleh umat yesus

ah maca cih... :stun: ... udah tau gitu ngapain juga seukuahmu pd demen tinggal dinegara kapir ya, tuh yg gw gedein, malah banyak yg bela2in naik sampan segala spy bisa sampai dan netap di negri2 kapir :green:

dendy2009 wrote:Kok bro ga ngeluh waktu negara kita di jajah oleh portugis dan belanda yg kebetulan juga sesama umat yesus berabad abad lamanya [/b]?

klo kita PERNAH dijajah biarlah itu jd peringatan akan sejarah bangsa, toh faktanya skg udah gak dijajah lagi alias SUDAH merdeka, ... nah sekarang tugas paling penting gimana caranya spy bangsa Indo bisa segera bebas dari penjajahan islam....tau ndiri kan brur, bgamana virus islam bekerja :butthead: .......kaum kapir lah yg paling paham efeknya

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 8:28 pm
by kotak pandora
dendy2009 wrote:Coba bro tinggal di california,texas,nigeria,colombia, di negara yg minoritas islam,disana tiap hari orang di tembak,diperkosa,dibunuh,diperas,dirampok oleh umat yesus


coba beberkan datanya supaya kamu ngak dibilang fenifu.
di nigeria? malah umat kafir yg byk dibantai oleh muslim boko haram. boko haram menurutmu aganmanya apa?
dendy2009 wrote:Kok bro ga ngeluh waktu negara kita di jajah oleh portugis dan belanda yg kebetulan juga sesama umat yesus berabad abad lamanya

justru pertanyaannya : kok kamu masih ngeluh sih ampe sekarang ama kejadian yg sudah lama berlalu. emangnya kamu sudah hidup ya waktu indonesia dijajah? umurmu berapa sih sekarang. kok sok masih ngerasa dijajah belanda sih. justru islamlah penjajah riil indonesia saat ini.

saya malah bersukur indonesia dijajah belanda, kalau tidak negara ini bisa kayak pakistan, afganistahn. anggaplah penjajahan itu penyeimbang supaya negeri ini masih punya harapan untuk bangkit. kalau islam semua indonesia kayak afganistan mau jadi apa negara ini ahhhh.

jangan merasa dizolimilah bung.

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Mon Apr 28, 2014 8:44 pm
by keeamad
dendy2009 wrote:Syaikh ‘Utsaimin rahimahullah menjelasakan ”[color=#BF0000].... Setan-setan diikat dan dibelenggu, tidak dibiarkan lepas seperti di bulan-bulan selain Ramadhan.”

Dibelenggunya setan-setan, bukan berarti tidak terdapat maksiat sama sekal di bulan mulia ini, akan tetapi maksiat yang terjadi di bulan ini relatif lebih sedikit dibanding bulan-bulan lainnya . Masih ada faktor-faktor lain yang menyebabkan terjadinya maksiat, seperti godaan nafsu dan tabiat buruk manusia.


GW SETUJU BANGET - dari quote pertama, Kalo :
Bulan puasa SETAN PD DIIKET, BERARTI YG BEBAS ....

Gw Setuju Banget - dari quote ke 2, Kalo :
Faktor yang menyebabkan maksiat adalah GODAAN NAFSU DAN TABIAT BURUK Manusianya ....

JADI KALO ADA FPI MUSLIM YG NGOBRAK ABRIK Rumah Makan saat puasa - ATAS NAMA allohku barbar,
Maka alloh lu LEBIH BURUK DARI SI SETAN ....

Karena dari faktor alloh lu YANG KAGAK DIIKET TADI,
dengan Cara MEMBERIKAN GODAAN Nafsu KEPADA UMATNYA - Yang Emang Sudah Punyat Tabiat Buruk,
Maka dia - alloh, adalah PROVOKATOR UTAMA Yg Bertanggung Jawab Dalam PERUSAKKAN RM Saat Puasa .........

==========================
KALO BUKAN DATANG DARI SETAN TU GODAAN NAFSU _ Karena si setan Katanya udah PADA diiketin,
Dari SIAPA LAGI YG PALING BISA NGEGGODAIN NAFSUnya muslimin ... ???
KALO BUKAN Dari alloh swt sendiri ..... ???

Atau nte mau jawab:
Dari kafir / muslim yg SENGAJA BUKA RM SAAT BULAN PUASA ... ?
Pan katanya SI SETAN UDAH PADA DIIKET .... ?
Jadi GODAAN KAFIR/MUSLIM itu dari mana lagi ... ???
Kalo bukan dari alloh swt nte ... ???
Dari si setan yg UDAH Pada DIIKET ITU ... ?

TELEN NOH LUDAH LO SENDIRI ...

Kalo setan pd diiket,
Berarti yg dilepas alloh swtnya muslim macam nte kan .... ???



TELEN NO LUDAH LO SENDIRI .....

Re: inilah keutamaan bulan ramadhan

PostPosted: Fri May 09, 2014 11:15 pm
by kampretman
@atas
:rofl: bener tuh setuju gue. allah lebih parah dari setan. :axe: