Page 3 of 4

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 5:26 pm
by sodrun
Kalau isterimu diperkosa,
Perkosalah pula isteri orang yang memperkosa isterimu itu !

Ini termasuk KEADILAN apa tidak yaa ?

:green:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 9:43 pm
by Aku-Suka-Hujan
sodrun wrote:Kalau isterimu diperkosa,
Perkosalah pula isteri orang yang memperkosa isterimu itu !


Nah ini mungkin ada hubungannya dengan maksud pertanyaan saya... Bagaimana cara menegakkan keadilan jika ternyata dalam menegakkan keadilan tersebut kita akan mengganggu hak orang lain yang tidak berhubungan langsung dengan sebab musabab keadilan kita.
Lalu batasan-batasan dalam mencari keadilan menurut Islam itu apa?

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 10:38 pm
by CRESCENT-STAR
JANGAN GITU AH wrote:Kau konyol CS...
sejak semula Tuhan di keyakinan sebelah berkata: "Pembalasan adalah hak-Ku". Bagaimana kau bisa mengatakan dirampas??

sudah deh...jangan menghayal terus...!

yang sabar kalau berdiskusi, apa bung tidak sadar pernyataan bung malah menguatkan apa yg saya fahami di dunia kristen ?
menyebut saya berkhayal tetapi isinya mengiyakan.
perhatikan sekali lagi ...
crescent-star wrote:]perbedaannya dengan kristen, HAK MEMBALAS SETIMPAL nya HILANG

sesuai dengan apa yg diyakini bung bahwa HAK MEMBALAS yang dimiliki manusia semua dirampas oleh Tuhan.
itulah bedanya ISLAM dengan KRISTEN. dalam Islam Tuhan tidak merampas hak seseorang, karena Dia maha adil dan memuliakan hamba Nya.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 10:40 pm
by ksatria86
CS wrote :
perbedaannya dengan kristen, HAK MEMBALAS SETIMPAL nya HILANG ... sedangkan menurut ISLAM HAK ITU HARUS DISODORKAN DAHULU, selanjutnya HUKUM KASIH diserahkan pada korban. apakah dia mau mengambil haknya untuk membalas atau melepaskannya sbg KASIH. jadi Islam menghargai HAK seseorang. sedangkan Kristen mencuri HAK seseorang. bahkan sadisnya si korban malah dianjurkan menerima kekerasan 2 X. (hukum kasih pipi). apa yg ISlam jalankan, itulah maksud dari "sampai langit runtuh hukum taurat tetap berlaku. tetapi aku kata yesus mengajarkan kepada mu untuk kasih". maksudnya menjalankan Qisos adalah KEWAJIBAN MUTLAK, sedangkan memaafkan adalah ANJURAN agar manusia yg memaafkan menjadi mulia karena mau melepaskan haknya untuk membalas. hukum qisosnya tidak hilang, pemulian hak manusianya tidak hilang. begitu

Coba bung CS dibaca ulang pertanyaan saya.
Saya hanya menanyakan setuju atau tidak.
Sebenarnya pertanyaannya mudah sekali. Kalau saya tanya apakah dlm islam lebih utama dan agung membalas atau memaafkan tentu anda akan menjawab lebih utama dan agung memaafkan (sesuai dgn pernyataan anda yg saya quote). Tapi kenapa ketika saya tambahkan embel2 'hukum kasih' anda jd alergi?
Apakah karena embel2 hukum kasih terkesan 'milik' kristen dan hukum qishas 'milik' islam anda jd susah menjawab?
Coba kesampingkan dulu dogma2 agama. Kesampingkan pula hukum kasih pipi ( terkesan kekristenannya ).
Kita bahas memaafkan terlebih dahulu, karena memaafkan adlh langkah awal kita bisa menerapkan hukum kasih kpd orang yg menyakiti kita.
Jadi apa anda setuju bahwa HUKUM KASIH ( mengasihi orang yg telah menyakiti kita dgn cara tidak membalas dendam ) adalah LEBIH UTAMA DAN AGUNG dibanding HUKUM QISHAS ( hukum balas dendam ) ???
Jawab aja setuju atau tidak.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 10:47 pm
by JANGAN GITU AH
saya mau guling-guling dulu membaca postnya CS.... :lol:

hak Tuhan dirampas Tuhan...!

waddowww......ngayal benar...!!!

masakkan kau merampas hak yang kau miliki sendiri??? :rolling:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 10:50 pm
by CRESCENT-STAR
sodrun wrote:Kalau isterimu diperkosa,
Perkosalah pula isteri orang yang memperkosa isterimu itu !

Aku-Suka-Hujan wrote:Nah ini mungkin ada hubungannya dengan maksud pertanyaan saya... Bagaimana cara menegakkan keadilan jika ternyata dalam menegakkan keadilan tersebut kita akan mengganggu hak orang lain yang tidak berhubungan langsung dengan sebab musabab keadilan kita.
Lalu batasan-batasan dalam mencari keadilan menurut Islam itu apa?

ya itu bukan Qisos donk ...
sodrun itu memakai logika di luar prosedur.
kalimat "gigi dengan gigi" dan "mata dengan mata" tentunya gigi dan mata yang bertikai, bukan gigi orang lain.
memang banyak yg keliatan seperti logika hebat, padahal logikanya di luar prosedur.
istri sodrun diperkosa sukahujan, lantas sodrun memperkosa istri sukahujan, sejak kapan ini yg dimaksud qisos ?
lagi pula dalam Islam zina dipaksa (pemerkosaan) tidak masuk Qisos, ada had tersendiri. sebab tidak mungkin dilakukan qisos, misalnya si wanita A diperkosa si lelaki B, lalu si wanita A membalas memperkosa si lelaki B ... ya tidak mungkin, sebab Qisos itu harus antar yg bersengketa dengan difasilitasi oleh pemerintah dalam melakukan pembalasan karena tidak boleh terjadi pembalasan yang berlebihan, karena harus seimbang.

coba bung baca teknis Qisos dalam Islam. saya sudah katakan bahwa Qisos akan diganti denda apabila prinsip kesetaraan pengambilan hak tidak bisa dilakukan. misalkan

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 10:52 pm
by JANGAN GITU AH
Catatan penting untuk kafirun:

bagi Crescent-Star, Hukum Kasih adalah bukti kelemahan Tuhan dan orang Kristen...itu pernah dikatakannya...dan itu anggapan yang ada dibenak semua muslim....!

jadi kalau perkara memaafkan orang, terlebih memaafkan musuh, CS pasti bilang..."itu tuh, karena Tuhan kalian lemah" :rolling:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:05 pm
by CRESCENT-STAR
ksatria86 wrote:Coba bung CS dibaca ulang pertanyaan saya.
Saya hanya menanyakan setuju atau tidak.
Sebenarnya pertanyaannya mudah sekali. Kalau saya tanya apakah dlm islam lebih utama dan agung membalas atau memaafkan tentu anda akan menjawab lebih utama dan agung memaafkan (sesuai dgn pernyataan anda yg saya quote). Tapi kenapa ketika saya tambahkan embel2 'hukum kasih' anda jd alergi?
Apakah karena embel2 hukum kasih terkesan 'milik' kristen dan hukum qishas 'milik' islam anda jd susah menjawab?
Coba kesampingkan dulu dogma2 agama. Kesampingkan pula hukum kasih pipi ( terkesan kekristenannya ).
Kita bahas memaafkan terlebih dahulu, karena memaafkan adlh langkah awal kita bisa menerapkan hukum kasih kpd orang yg menyakiti kita.
Jadi apa anda setuju bahwa HUKUM KASIH ( mengasihi orang yg telah menyakiti kita dgn cara tidak membalas dendam ) adalah LEBIH UTAMA DAN AGUNG dibanding HUKUM QISHAS ( hukum balas dendam ) ???
Jawab aja setuju atau tidak.

bung kesatria, saya tidak suka menjawab suatu pertanyaan dimana jawaban saya itu akan membuat orang tersesat.
jawaban YA tau TIDAK pada hal2 perlu penjelasan sangatlah BURUK akibatnya.

YA betul HUKUM KASIH MENURUT ALLAH ITU AGUNG. tetapi sampai langit RUNTUH hukum QISOS harus hidup. HAK membalas itu harus diberikan pada korban. tidak ada siapapun yg boleh merampasnya karena itu pemberian Tuhan pada setiap jiwa.
jadi TUhan bersikap tidak mau merampas HAK yang sudah diberikan Nya pda manusia hingga langit runtuh. tetapi Tuhan meminta pada manusia agar menjadi PEMAAF dan jika mampu maka DERAJAT YANG TINGGI akan Tuhan berikan padanya.

jadi memberikan HAK adalah KEWAJIBAN MUTLAK
sedangkan memberi maaf adalah PERMOHONAN TUHAN pada manusia.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:18 pm
by CRESCENT-STAR
seperti begini misalnya,
setiap warga negara berhak mendapatkan subsidi BBM dari pemerintah, tetapi tolonglah yang sudah kaya jangan ikut-ikutan menerima subsidi, utamakan yang miskin.
ketika orang kaya tsb mengambil haknya, maka ianya SAH melakukan itu dan tidak ada yg boleh merampas haknya itu. maka impas.
nah ketika si kaya tadi tidak mengambil haknya itu, maka mulia lah orang tsb. karena sifat kasih nya. dan tidak boleh orang tanpa persetujuan di kaya tsb mengambil jatah subsidi BBM nya seenaknya saja.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:29 pm
by CRESCENT-STAR
JANGAN GITU AH wrote:Catatan penting untuk kafirun:
bagi Crescent-Star, Hukum Kasih adalah bukti kelemahan Tuhan dan orang Kristen...itu pernah dikatakannya...dan itu anggapan yang ada dibenak semua muslim....!
jadi kalau perkara memaafkan orang, terlebih memaafkan musuh, CS pasti bilang..."itu tuh, karena Tuhan kalian lemah" :rolling:

tidak perlu membuat catatan penting, sekarang kafirun melihat sendiri secara langsung apa yg saya fahami ttg hal itu.
kafirun akan menyadari bahwa bung salah memahami maksud saya.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:36 pm
by JANGAN GITU AH
CRESCENT-STAR wrote:seperti begini misalnya,
setiap warga negara berhak mendapatkan subsidi BBM dari pemerintah, tetapi tolonglah yang sudah kaya jangan ikut-ikutan menerima subsidi, utamakan yang miskin.
ketika orang kaya tsb mengambil haknya, maka ianya SAH melakukan itu dan tidak ada yg boleh merampas haknya itu. maka impas.
nah ketika si kaya tadi tidak mengambil haknya itu, maka mulia lah orang tsb. karena sifat kasih nya. dan tidak boleh orang tanpa persetujuan di kaya tsb mengambil jatah subsidi BBM nya seenaknya saja.


pemisalan yang tersesat di rimba belantara keadilan.... :rolling:
memangnya subsidi BBM ditujukan untuk orang kaya?? hihihi...aneh...
masalahnya teknis pemberian subsidi itu yang tidak mampu menyaring sasaran...sehingga para orang kaya kecipratan subsidi juga....sama saja dengan raskin kan? justru kebanyakan orang berduit yang mendapat jatah orang miskin (penyelewengan dari tujuan awal), ya kebanyakan hanya diseputar kolega si aparat pembagi raskin itu...dan raskin yang mereka rampas dari rakyat jelata mereka jual lagi ke pasar bebas untuk mendapat uang "haram"


ngawur habis dah pemisalanmu...! Cari pemisalan yang lebih mengena dong cuy! :green:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:39 pm
by JANGAN GITU AH
JANGAN GITU AH wrote:Catatan penting untuk kafirun:
bagi Crescent-Star, Hukum Kasih adalah bukti kelemahan Tuhan dan orang Kristen...itu pernah dikatakannya...dan itu anggapan yang ada dibenak semua muslim....!
jadi kalau perkara memaafkan orang, terlebih memaafkan musuh, CS pasti bilang..."itu tuh, karena Tuhan kalian lemah" :rolling:

CRESCENT-STAR wrote: tidak perlu membuat catatan penting, sekarang kafirun melihat sendiri secara langsung apa yg saya fahami ttg hal itu.
kafirun akan menyadari bahwa bung salah memahami maksud saya.

malu ya kalau saya ungkapkan isi benakmu...dan apa yang sudah pernah kamu nyatakan secara terus terang??? :rolling:
ada koq kafirin yang mengetahui hal itu...bukan cuma saya sendiri...! :lol:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Thu Apr 05, 2012 11:40 pm
by SerSan
@CS
perbedaannya dengan kristen, HAK MEMBALAS SETIMPAL nya HILANG ... sedangkan menurut ISLAM HAK ITU HARUS DISODORKAN DAHULU, selanjutnya HUKUM KASIH diserahkan pada korban. apakah dia mau mengambil haknya untuk membalas atau melepaskannya sbg KASIH.
jadi Islam menghargai HAK seseorang. sedangkan Kristen mencuri HAK seseorang. bahkan sadisnya si korban malah dianjurkan menerima kekerasan 2 X. (hukum kasih pipi).
apa yg ISlam jalankan, itulah maksud dari "sampai langit runtuh hukum taurat tetap berlaku. tetapi aku kata yesus mengajarkan kepada mu untuk kasih". maksudnya menjalankan Qisos adalah KEWAJIBAN MUTLAK, sedangkan memaafkan adalah ANJURAN agar manusia yg memaafkan menjadi mulia karena mau melepaskan haknya untuk membalas. hukum qisosnya tidak hilang, pemulian hak manusianya tidak hilang. begitu


Ohhh gitu yah?? Trus kalo gitu seharusnya Muhammad juga menerima hukuman yang setimpal yah karena udah banyak membantai suku2, merampas hak mereka dan seluruh kelakuan bejad-nya.... DIMANA ARTI "KEADILAN" PADA SITUASI ITU? APA HUKUM KEADILAN GAK BERLAKU BUAT MAHKLUK CIPTAAN YANG BERMEREK MUHAMMAD?
Ngomong gampang bro... tinggal jeblakin mulut doank !!!

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Fri Apr 06, 2012 3:33 am
by ksatria86
@CS
Saya sudah kira dari awal pertanyaan mulia mana KASIH vs QISHAS akan menjadi pertanyaan yg sulit bg seorang musli. Pdhl dr awal saya sudah tekankah hukum kasih disini adlh hukum kasih yg universal, bkn hukum kasih tetangga yg kasih pipi. Salah satunya adlh sikap memaafkan. Saya yakin semua agama mengakui itu, trmsk islam jg kan??
Yg saya minta pd anda adlh konsistensinya ketika menyatakan islam mengajarkan sikap memaafkan adlh sikap yg utama dan agung untuk meningkatkan kualitas manusia menjadi lebih mulia.
Disini poinnya. Saya tidak melihat korelasi yg baik antara hukum kasih dgn qishas.
Saya analogikan dlm islam penerapan hukum kasih dan qishas adl sbb:
Kalau kamu mau pintar dan naik kelas, kamu harus belajar. Tapi kalau tidak mau belajar jg tdk apa2. Mau nonton tv jg tdk apa2, itu kan juga hak kamu.

Tujuan agar pintar dan naik kelas tdk akan tercapai bila sianak diberi 'kemudahan' untuk tdk belajar.
Sama jg dgn islam. Bgmn tujuan agar menjadi manusia yg mulia dan agung dpt tercapai jika dlm penerapan hukum kasih diberi kemudahan dgn hukum qishas.
Mengenai contoh BBM saya tidak sependapat dgn anda. Saya tidak setuju dgn pemberian subsidi BBM, krn mendidik masyarakat malas dan tidak siap dgn fluktuasi harga BBM. Kalau perlu dr awal subsidi dihapuskan. Gunakan dana trilyunan tsbt buat mencerdaskan bangsa. Kalau mau memberi, jgn beri ikan, tapi kail.
Selebihnya saya tidak akan membahas hukum kasih dlm perspektif kristen. Saya pikir thread foxhound cukup membahas hal tsbt.
Disini kita bahas hukum kasih yg adil dlm islam.
Karena saya masih melihat hubungan yg tdk baik antara kasih dan qishas, coba kita perjelas hukum qishas ini.
1. Apakah hukum qishas dpt memenuhi rasa keadilan.
2. Benarkah qishas adlh hak yg diberikan tuhan semesta alam kpd semua manusia.
Lanjut...

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Fri Apr 06, 2012 4:09 am
by ksatria86
Saya ambil contoh.
Ketika kain membunuh habil, siapa yg berhak mendapat hak qishas? Adam kah?
Lalu bgmn jika ada pembunuh yg membunuh 1 keluarga? Bgmn penerapan qishasnya agar tercapai keadilan?
Dan masih banyak contoh kejadian yg sulit dicari solusi penyelesaian yg adil jika dilandaskan pada konsep pembalasan.
Disinilah letak perbedaan yg mendasar antara islam dgn agama yg lain. Anda mengatakan dlm islam, pemerintah memfasilitasi hak pembalasan korban. Sementara konsep kafir, pemerintah berupaya membuat pelaku jera dan tidak mengulangi perbuatannya. Pembalasannya?? Biar diserahkan kepada Tuhan. Tugas manusia hanya berupaya menggapai kemuliaan dgn cara memaafkan pelaku.
Tidak mungkin kita mencuci baju supaya bersih dgn air kotor.

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Fri Apr 06, 2012 7:40 am
by gateway
Ada cuplikan ayat2 dari kitab yg pasti notabene dikategorikan kafir karena non islam,
begini sebagian isinya:

Inilah yang harus dikerjakan
oleh mereka yang tangkas dalam kebaikan.
Untuk mencapai ketenangan,
Ia harus mampu, jujur, sungguh jujur,
Rendah hati, lemah lembut, tiada sombong.
Merasa puas, mudah disokong/dilayani
Tiada sibuk, sederhana hidupnya
Tenang inderanya, berhati-hati
Tahu malu, tak melekat pada keluarga.
Tidak berbuat kesalahan walaupun kecil
yang dapat dicela oleh Para Bijaksana
Hendaklah ia berpikir :
Semoga semua makhluk berbahagia dan tentram,
Semoga semua makhluk berbahagia.
Makhluk hidup apa pun juga
Yang lemah dan kuat tanpa kecuali
Yang panjang atau besar
Yang sedang, pendek, kecil atau gemuk.
Yang tampak atau tidak tampak
Yang jauh atau pun dekat
Yang terlahir atau yang akan lahir
Semoga semua makhluk berbahagia.
Jangan menipu orang lain
Atau menghina siapa saja.
Jangan karena marah dan benci
Mengharapkan orang lain celaka.

Bagaikan seorang ibu yang mempertaruhkan jiwanya
Melindungi anaknya yang tunggal,
Demikianlah terhadap semua makhluk
Dipancarkannya pikiran (kasih sayangnya) tanpa batas.
Kasih sayangnya ke segenap alam semesta
Dipancarkannya pikirannya itu tanpa batas
Ke atas, ke bawah dan kesekeliling
Tanpa rintangan, tanpa benci dan permusuhan.
Selagi berdiri, berjalan atau duduk
Atau berbaring, selagi tiada lelap
Ia tekun mengembangkan kesadaran ini
Yang dikatakan : Berdiam dalam Brahma
Tidak berpegang pada pandangan salah
Dengan sila dan penglihatan yang sempurna
Hingga bersih dari nafsu indera
Ia akan bebas dari lingkaran penderitaan.

Gimana CS ..?? :heart:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Fri Apr 06, 2012 8:04 am
by JANGAN GITU AH
gateway wrote:Ada cuplikan ayat2 dari kitab yg pasti notabene dikategorikan kafir karena non islam,
begini sebagian isinya:

Inilah yang harus dikerjakan
oleh mereka yang tangkas dalam kebaikan.
Untuk mencapai ketenangan,
Ia harus mampu, jujur, sungguh jujur,
Rendah hati, lemah lembut, tiada sombong.
Merasa puas, mudah disokong/dilayani
Tiada sibuk, sederhana hidupnya
Tenang inderanya, berhati-hati
Tahu malu, tak melekat pada keluarga.
Tidak berbuat kesalahan walaupun kecil
yang dapat dicela oleh Para Bijaksana
Hendaklah ia berpikir :
Semoga semua makhluk berbahagia dan tentram,
Semoga semua makhluk berbahagia.
Makhluk hidup apa pun juga
Yang lemah dan kuat tanpa kecuali
Yang panjang atau besar
Yang sedang, pendek, kecil atau gemuk.
Yang tampak atau tidak tampak
Yang jauh atau pun dekat
Yang terlahir atau yang akan lahir
Semoga semua makhluk berbahagia.
Jangan menipu orang lain
Atau menghina siapa saja.
Jangan karena marah dan benci
Mengharapkan orang lain celaka.

Bagaikan seorang ibu yang mempertaruhkan jiwanya
Melindungi anaknya yang tunggal,
Demikianlah terhadap semua makhluk
Dipancarkannya pikiran (kasih sayangnya) tanpa batas.
Kasih sayangnya ke segenap alam semesta
Dipancarkannya pikirannya itu tanpa batas
Ke atas, ke bawah dan kesekeliling
Tanpa rintangan, tanpa benci dan permusuhan.
Selagi berdiri, berjalan atau duduk
Atau berbaring, selagi tiada lelap
Ia tekun mengembangkan kesadaran ini
Yang dikatakan : Berdiam dalam Brahma
Tidak berpegang pada pandangan salah
Dengan sila dan penglihatan yang sempurna
Hingga bersih dari nafsu indera
Ia akan bebas dari lingkaran penderitaan.

Gimana CS ..?? :heart:


islam yang dianut CS gak ada mengajarkan itu bro gateway....

namo guruppe namo budhaya..
.....
hyang paramabudha, Tuhan yang Maha Pengasih,..pancarkanlah cinta kasihMu kepada semua makluk...
.....
semoga semua makhluk berbahagia...

hum mani padma hum...
===========================================

Mana ada di dalam doa-doa islam kalimat menyejukkan seperti pada bold biru! Taruhan 1 Milyar dengan muslim untuk mencarinya....saya berani tuh.... :lol: :rolling:

Re: Anda bertanya CS menjawab: KASIH dan KEADILAN

PostPosted: Fri Apr 06, 2012 8:18 am
by gateway
@JGA
Svatti hottu juga
:heart: