.

VAL DAY BUKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA SO WHAT?

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

VAL DAY BUKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA SO WHAT?

Postby SEN2 » Thu Feb 14, 2008 4:26 pm

Jawa Pos 14 february 2008
Metropolis hal 43

Sementara itu, para aktivis Lembaga Kajian Krisis Kepribadian Muslim (LK3M) Islam Muda kemarin (13/2) menyerukan penolakan Valentine' Day. Bersama puluhan pelajar SMP dan SMA yang tergabung dalam Forum Silahturrahum Remaja Sekolah, mereka melakukan aksi damai di depan gedung Grahadi.
Juru bicara aksi EKo Naryanto mengungkapkan, pihaknya mengajak semua elemen masyarakat, terutama kaum remaja agar tidak merayakan hari valentine.menurut dia, hari valentine yang dikenal dengan hari kasih sayang bukan budaya Indonesia. " Kami ingin mengopinikan kebenaran bahwa valentine's day dan segala tradisi yang berhubungan dengannya bukan budaya kita. Maka, tidak pantas untuk diperingati." ungkap Eko usai berorasi.

Ini adalah salah satu contoh dari Pemikiran sempit yang terlontar dari Sekelompok Organisasi Pendidikan Sekolah. Apakah Hari kasih sayang tidak patut untuk dirayakan atas dasar bukan kebudayaan Indonesia...?
Disini kita bisa melihat pemikiran...yang tertinggal dan sempit karena dalam kebudayaan Indonesia apa tidak ada yang namanya kasih sayang..tentu ada bukan :D

Atau Valentine selalu dihubungkan dengan kasih sayang antar Sepasang kekasih? Jelas2 hal itu salah karena yang bernama kasih sayang itu tidak hanya bersifat Eros tetapi banyak hal ada kasih sayang terhadap Keluarga, teman, Tuhan, binatang, dan lain-lain.

Disini penulis sangatlah prihatin ketika membaca pernyataan dari organisasi yang mengatasnamakan pendidikan dan agama seperti LK3M, karena tidak memakai nalar dalam menginterpretasikan Val day. Kalaupun dikaji terhadap kebudayaan bangsa Indonesia jelas2 Indonesia itu multiculture, dan terdiri dari berbagai suku bangsa...jadi salah mengatakan Val day bukan budaya bangsa Indonesia.

Kalaupun Val day dianggap bukan budaya bangsa Indonesia, bagaimana dengan budaya yang lain seperti Budaya Arab(contoh Naik Haji) ato Budaya CIna( contoh GOng XI XIN NIAN).

Oleh karena Indonesia adalah Suatu Negara Multiculture dengan berbagai suku bangsa Maka Val day termasuk bagian dari Indonesia Juga karena Indonesia Mengenal dengan KASIH SAYANG. Justru kita harus bersyukur dengan adanya Val day dimana kita bisa memperingatinya sebagai wujud KASIH SAYANG kita terhadap sesama manusia.
Last edited by SEN2 on Thu Feb 14, 2008 4:43 pm, edited 1 time in total.
SEN2
 
Posts: 272
Joined: Thu Oct 25, 2007 11:46 pm
Location: Indonesia

Postby Bang Haji » Thu Feb 14, 2008 4:30 pm

iyaa....kalo masih pada jomblo dibilang haram ato dilarang, tapi kalo udah dapat gebetan pasti dibilang halal....dasar agama munafik
User avatar
Bang Haji
 
Posts: 1498
Joined: Wed Oct 10, 2007 9:48 am
Location: ngumpet dikamar Inul

Postby ndramus » Thu Feb 14, 2008 4:38 pm

huahahuahuhuaa...ga mempan !
mall aja berjubel mbungkusin kado

buat adik2 remaja, val day adalah hari yg tepat u/ proklamasi perasaan cinta. kl yg masih pedekate ya

buat yg mo merit, pas banget moment nya. romantis

buat yg dah merit, saat yg tepat u/ kasih surprise u/ pasangan. misalnya nostalgia ke tempat pacaran dulu

haramnya dimana ????
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby SEN2 » Thu Feb 14, 2008 5:29 pm

Saya benar2 bingung dengan tindakan dari ORganisasi LP3M yang bilang kalu Val day itu bukan budaya INdonesia...trus apa naik haji itu budaya Indonesia apa?tuh kan budaya arab
SEN2
 
Posts: 272
Joined: Thu Oct 25, 2007 11:46 pm
Location: Indonesia

Postby babenya muhammad » Thu Feb 14, 2008 5:41 pm

ini juga yg membuat gw bingung ama islam....

sejak kapan valentine menjadi hari perayaan nasional resmi ?

valentin di rayakan org2 yg mau aja kok, gak ada keharusan ?

dan anehnya lg, islam keluar lg jurus duinia milik engkongnya , yakni berdemo meminta pemerintah daerah mengeluarkan surat larangan untuk merayakan valentine ?

kan aneh, suka2 org yg ingin merayakan, kalo muslim ngerasa haram, yak gak usah rayain, kenapa mesti kafir ikut2an di larang ?

emang islam itu ideologi bangasa arab....
User avatar
babenya muhammad
 
Posts: 1847
Joined: Sun Jan 21, 2007 11:08 am

Postby anti_phedofil » Thu Feb 14, 2008 5:48 pm

Pake jilbab juga bukan budaya Indonesia, ya udah mereka berani melarang jilbab gak?
anti_phedofil
 
Posts: 159
Joined: Thu Nov 23, 2006 11:59 am
Location: Asia

Postby Garin laksana » Thu Feb 14, 2008 6:31 pm

Karena Iblis tidak menyukai budaya Kasih Sayang; Yang Iblis sukai adalah budaya Bunuh - Membunuh, darahhhh...!!!

-Iblis lebih suka BOM ketimbang Bunga Mawar Merah yg Harum!
-Iblis lebih suka Taek Kucing dri pada Kue Coklat yg Indah & manis....
- Iblis menyukai anak2 Remaja dalam Kemuraman, dari pada Hepi2 bergembira bersama kawan2 & handai Taulannya.
- Memang Iblis selayaknya tidak exist di bumi Indonesia ini!*
User avatar
Garin laksana
 
Posts: 1198
Joined: Mon Sep 24, 2007 5:07 pm
Location: Al-Quds

Postby BLACK OSIRIS » Thu Feb 14, 2008 6:41 pm

hello and peace
knapa kalau budaya yang katanya kebarat-baratan diharamkan, tapi kearab-araban diharuskan?
sebenarnya saya pengen tahu analoginya.
BLACK OSIRIS
 
Posts: 11
Joined: Mon Feb 04, 2008 12:38 pm

Postby Zebra Cross » Thu Feb 14, 2008 7:50 pm

itulah ajaran bunglon... valentine nda usah dirayakan pengikut si mamad, emang mamad kenal kasih sayang???? kasih kan bukan yang diharapkan mamad, merampas,memperkosa,menindas sesama yang membangkangnya itulah mamad. NO MERCY man
User avatar
Zebra Cross
 
Posts: 722
Joined: Sat Jul 21, 2007 10:05 am
Location: NETHER-LAND

Postby SEN2 » Thu Feb 14, 2008 10:04 pm

Para Netters disini yang menjadi letak kebingungan saya adalah adanya lembaga Pendidikan yang mengatasnamakan Agama LK3M(Lembaga Kajian Krisis Kepribadian Muslim). Mereka menyatakan bahwa Valentine Day bukan merupakan kebudayaan dari Bangsa Indonesia...Kemudian Apakah yang menjadi kebudayaan dari Indonesia?
BurqA kah yang menjadi kebudayaan Indonesia?Jilbab kah yang menjadi kebudayaan INdonesia?Ato naik haji....?Mari kita pikir secara lebih luas bukankah semua kebudayaan itu asalnya dari arab...bukan asli INdonesia...

Oklah kalau nanti valentine day di Fatwa HARAM..karena bukan budaya Indonesia akan merembet...GONG XI XIN NIAN juga akan diharamkan...lalu Natal karena adalah budaya barat, kemudian NGABEN...akan diharamkan juga..karena budaya kafir..begitu?

Jujur saja Saya sangat kecewa dengan LK3M ini membuktikan pengajaran keanekaragaman Budaya Bangsa Indonesia kurang diajarkan oleh LK3M..dan hal ini sangat mencoreng muka pendidikan khususnya dibawah naungan bendera Islam. Mereka tidak mengajarkan tentang keanekaragaman budaya bangsa Sendiri.
SEN2
 
Posts: 272
Joined: Thu Oct 25, 2007 11:46 pm
Location: Indonesia

Postby johnlegend » Fri Feb 15, 2008 1:13 am

karena arab menjajah indonesia.. arab menjajah kita melalui doktrin2 islam..

bahkan para tkw tki pun yang mereka butuhkan.. mereka siksa habis2an..
johnlegend
 
Posts: 2058
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am

Postby madmo » Fri Feb 15, 2008 1:39 am

yah emang begitu itu islam, mau apa lagi....

kecewa?
emang islam mengecewakan, makanya jangan sampai jadi mualaf dah...
madmo
 
Posts: 914
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:20 pm

Postby SEN2 » Fri Feb 15, 2008 1:46 am

Valentine Hari Kasih Sayang....kok bisa-bisanya dilarang...trus ada aksi demo lagi.....emangnya al quran tidak mengajarkan kasih sayang....?

apakah Bangsa Indonesia tidak mengenal kasih sayang sebagai budaya mereka?

kalau Bangsa Indonesia tidak mengenal kasih sayang trus kasih sayang tuh budaya bangsa mana?

Benarkah tindakan demo pelarangan val day oleh lembaga LK3M?sebegitunya sempit kah pemikiran organisasi pendidikan Islam?

dapatkah umat muslim menjawab pertanyaan diatas.....
SEN2
 
Posts: 272
Joined: Thu Oct 25, 2007 11:46 pm
Location: Indonesia

Postby madmo » Fri Feb 15, 2008 1:51 am

kasih sayang menurut muslim kan kalo orang itu mengasihi mohammad saw dan kacungnya si allah swt itu....

kalo mengasihi orang lain se, itu budaya barat oi...
madmo
 
Posts: 914
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:20 pm

Postby Garin laksana » Fri Feb 15, 2008 1:52 am

johnlegend wrote:karena arab menjajah indonesia.. arab menjajah kita melalui doktrin2 islam..

bahkan para tkw tki pun yang mereka butuhkan.. mereka siksa habis2an..


Benar Sekali!! pendapatmu John!!
Penjajahan Budaya oleh Arab/ Hegemoni Arab!!
Padahal, Bangsa Arab sendiri Lebih membanggakan Arabnya ketimbang Islamnya!!

Chauvinisme Arab, dikemas / dibungkus oleh Agama yg namanya Islam! Dan mampu membius jutaan manusia Indonesia utk follow budaya itu! Hanya manusia ber-Gen Budak lah (mutu rendah) yg mau/bisa menerima aliran budaya sontoloyo Arab spt itu.*
User avatar
Garin laksana
 
Posts: 1198
Joined: Mon Sep 24, 2007 5:07 pm
Location: Al-Quds

Postby SEN2 » Fri Feb 15, 2008 3:14 am

Rupanya netters muslim disini juga malu-malu mau untuk mengakui val day...mungkin saudara thuf si anak FPI bisa memberi masukan kalu liat thread ini...ato masih membereskan urusan fatwa HARAM untuk FPI
SEN2
 
Posts: 272
Joined: Thu Oct 25, 2007 11:46 pm
Location: Indonesia

Postby blur » Fri Feb 15, 2008 5:28 am

Sejarah Hari Valentine

[sunting] Perayaan Kesuburan bulan Februari
Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dahulukala. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.

Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.


[sunting] Hari Raya Gereja
Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda:

seorang pastur di Roma
seorang uskup Interamna (modern Terni)
seorang martir di provinsi Romawi Africa.
Koneksi antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santa yang asal-muasalnya bisa dipertanyakan dan hanya berbasis legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.


[sunting] Valentinius
Guru ilmu gnostisisme yang berpengaruh Valentinius, adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristianinya. Penekanannya ini jauh berbeda dengan konsep ... dalam agama Kristen yang umum. Stephan A. Hoeller, seorang pakar, menyatakan pendapatnya tentang Valentinius mengenai hal ini: "Selain sakramen permandian, penguatan, ekaristi, imamat dan perminyakan, aliran gnosis Valentinius juga secara prominen menekankan dua sakramen agung dan misterius yang dipanggil "penebusan dosa" (apolytrosis) dan "tempat pelaminan" ..."

dah bener tuh larangannya...............
DAH JADI KEPENTINGAN PEMILIK MODAL..ADA JUGA SIH POSITIFNYA,, PABRIK COKLAT, BUNGA JADI LAKU... TAPI GAK HARUS NUNGGU VALENTIN ,KALAU BUAT BERBAGI KASIH SEPANJANG HIDUP SAMA SIAPA AJA, BUKAN BEGITU KATA YESUS ????
blur
 
Posts: 90
Joined: Tue Jan 15, 2008 2:22 am

Postby Phoenix » Fri Feb 15, 2008 7:58 am

Wow..wow..wow....

Sekarang pake atas nama: BUKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA??

Tidak berani lagi pake atas nama: BUKAN BUDAYA ISLAM??

Ngiri ye..di islam kaga ade hari cinta kasih??? MALUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU.................

Nggak mau ngerayain Valentine ya udah..nggak usah maksa orang lain jangan rayain. DASAR AGAMA GILA!
Phoenix
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby baba » Fri Feb 15, 2008 8:44 am

Menurut gw orang2 yang menolak val day sebetulnya orang2 hasil dari orde baru yang tersisih.
Sebabnya gw inget pada masa orde baru dulu rakyat sangat dibudoh-bodohi dg motto "lestarikan budaya sendiri/bangsa dan tolak budaya asimg."
Nah ini kita sebagai rakyat, masa harus mempertahankan budaya yang masih memakai koteka di papua.
Padahal kita ngerti ada budaya sendiri yang harus dipertahankan dan ada budaya sendiri yang memang harus dibuang. Dan Kalo budaya asing itu memang dapat merubah pola hidup kita menjadi baik kenapa harus tolak.
Contoh: ketika jepang dan thailand dikenal oleh barat dan mereka tidak menolak berpakaian barat maka negara itu dianggap berbudaya dan tidak ada penjajahan oleh barat.
Nah begitu yang terjadi di papua adalah pembodohan dari pemerintah dari indonesia kepada rakyat papua agar tetap terjajah oleh indonesia.
Kasihan rakyat papua padahal indonesia sendiri dalam pembukaan UUDnya ada "penjajahan dimuka bumi ini harus dihapuskan"
t
a
p
i
ternyata indonesia melakukan penjajahan terhadap rakyat papua.
baba
 
Posts: 312
Joined: Thu Jan 11, 2007 11:37 pm
Location: Singapore

Postby faithfreedom » Fri Feb 15, 2008 9:09 am


muslim pengennya pedotine day
faithfreedom
 
Posts: 139
Joined: Thu Sep 20, 2007 8:32 am

Next

Return to Pembelaan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users