.

Musik Rap Dan Awal Pergerakan Islam Di America Serikat

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

Musik Rap Dan Awal Pergerakan Islam Di America Serikat

Postby Thufgifar » Tue Apr 10, 2007 10:47 pm

Musik Rap Dan Awal Pergerakan Islam Di Amerika Serikat

“Jamil Abdullah Al Amin (Rap Brown) “

Musik rap..musik yang selalu menghiasi MTV dengan wanita – wanita open aurat . Musik yang kini sarat dengan budaya glamour, konsumerisme dan freesex. Tapi tahukah anda pada masa awal lahirnya musik ini?

Musik rap adalah bagian dari sebuah budaya yang lebih kita kenal dengan sebutan hiphop. Sedangkan hiphop sendiri adalah sebuah budaya yang tidak hanya terdiri dari satu kultur music rap saja. Untuk bisa menghidupkan hiphop, kita harus memiliki 4 unsur penting antara lain rap, graffiti, breakdance, dan turntable/DJ-ing.

Banyak orang salah kaprah untuk membedakan antara hiphop dan rap musik. Karena hiphop adalah budaya yang sudah membaur dan lebih universal. Sedangkan rap adalah budaya yang lebih spesifik lagi. Rap hanyalah salah satu blok yang merupakan bagian dari hiphop.

Tapi banyak orang bertanya tentang kehadiran topik – topik musik rap bernuansa dakwah dan Islam. Mulai dari Soldier Of Allah yang sebagian personelnya telah menikmati indahnya syahid di Afghanistan, lalu ada juga grup Rap New America atau di atribut lokal kita sudah mulai mendengar nama - nama seperti Thufail Al Ghifari yang bahkan tidak sedikit pula grup - grup nasyid Indonesia yang mulai melirik warna rap sebagai salah satu instrumen eksperimen mereka.

Maka pertanyaannya, Apakah cara berdakwah ini syari dan dapat dibenarkan? Bukankah ini sebuah bid'ah besar? Bukankah rap adalah sebuah budaya jahiliyah? Lalu mengapa kita membenarkan keberadaan kultur jahiliyah ini terbungkus sebuah almamater berlabel dakwah?

Ya…sah – sah saja kalau anda berpikir seperti itu. Tapi tahukah anda bagaimana perkembangan Islam di Amerika Serikat sejak Malcolm X menebarkan semangat anti rasialisme yang didasari oleh ajaran Islam? Atau mungkin anda tidak tahu sama sekali siapa itu Malcolm X?

Malcolm X adalah pejuang yang melawan tirani rasialis ketika di Amerika. Beliau adalah seorang mualaf. Dan tumbuh menjadi aktivis dakwah Amerika bergabung dengan The Nation Of Islam (NOI) yang dipimpin oleh Elijah Muhammad. Namun karena sikap Elijah Muhammad yang menganggap didirinya adalah nabi dan dengan mudah mengkafirkan orang yang tidak sejalan dengannya, Elijah juga dalam pergerakannya terlalu banyak menjilat muka orang kulit putih Amerika bahkan mengemis eksistensi di hadapan tirani ketika itu, semua ini membuat Malcolm X keluar dari NOI. Malcolm X lalu membangun pergerakannya sendiri. Pergerakan yang memang jauh lebih tegas untuk masalah hak asasi kulit hitam. Malcolm X sadar betul, bahwa Islam adalah dasar semangat. Persis ketika Ia bercerita kepada sahabatnya Casius Clay atau Muhammad Ali, ketika ia selesai pulang umroh dari Makkah.

Malcolm melihat ada begitu banyak ras, warna mata yang berbeda, warna kulit dan suku bangsa yang berbeda menyatu menjadi satu di bawah payung Islam. Namun tidak lama setelah itu Malcolm ditembak mati oleh beberapa agen sewaan CIA dalam sebuah kampanye anti rasisnya. Kematian Malcolm telah menginspirasi kaum kulit hitam, terutama muslim kulit hitam ketika itu. Pasca kematian Malcolm gerakan Islam justru semakin menjalar. Dan salah satu penggerak itu adalah Jamil Abdullah Al Amin (Rap Brown) dan Sulaiman El Hadi .



Jamil Abdullah Al Amin (Rap Brown)



Jamil Abdullah Al Amin

Ustad Jamil Abdulllah Al Amin adalah seorang Imam Mesjid besar di Atlanta. Ia adalah pemimpin gerakan Darul Islam yang bermarkas di Brooklyn. Ustad Jamil Abdullah Al Amin merupakan salah satu pemimpin gerakan Islam paling berpengaruh ketika itu, pengikutnya ada sekitar 10.000 muslim tersebar di lebih dari tiga puluh kota di seluruh Amerika Serikat. Antara lain Chicago, New York, dan Detroit.

Ustad Jamil memiliki sebuah toko kelontong di Atlanta yang terletak diseberang lapangan basket. Tokonya menjual kembang gula untuk anak – anak lingkungannya. Tetangga – tetangga biasa memanggilnya ‘Imam'. Ustad Jamil biasa menghitung uang dengan jari telunjuknya. Jari telunjuk itulah yang sering ia gunakan disetiap ekspresi pidatonya ditahun 1960-an. Kala itu dia biasa dikenal dengan nama Haji Rap Brown . Lahir di Baton Rouge Lousiana, 4 oktober 1940. Brown adalah lulusan Southern University. Pada tahun 1967 Brown menjadi ketua dari Student Nonviolent Coordinating Committee (SNCC).

Rap Brown juga pernah menulis sebuah biografi politik berjudul ‘Die Nigger Die'. Sebuah buku yang menggambarkan degradasi identitas kaum kulit hitam yang makin hari kian terbuai dengan budaya hedon, konsumtif bahkan menjilat di muka para tirani kulit putih. Yang disisi lain buku itu juga mengisahkan dengan jujur sisi lain masyarakat kulit hitam yang berkembang dengan pesat di wilayah selatan. Membangun perlawanan dari bronk – bronk untuk menentang pemerintahan rasis Amerika ketika itu, mereka juga menghabiskan semua hidup mereka dalam pelarian. Para kaum renegades of funk yang mengharu biru keistiqomahan perjuangan dalam semangat Islam.

Rap Brown memulai debut perjuangan dari orasi – orasi jalanan. Pidato perlawanannya yang terinsirasi oleh As Syahid Malcolm X. dari cerocosnya itulah orang – orang mulai menamai karakter yang dibawah oleh Rap Brown sebagai musik gaya Mr Rap (dengan maksud menganggap itu adalah ciri dari Rap Brown).. Kata rap dalam musik rap merupakan hasil yang terisnpirasi oleh sang pelopor Rap Brown yang juga mengganti namanya menjadi Jamil Abdulla Al Amin. Namun begitu sifat tawadhu Brown membuat ia enggan untuk mengklaim bahwa asal kata rap merupakan image yang lahir dari namanya sendiri, walau pada kenyataannya dari nama dia asal muasal kata Rap itu akhirnya melegenda hingga saat ini.

“Nama Rap saya pilih berdasarkan apa yang saya coba gambarkan dalam Die Nigger Die – Kemampuan Bicara. Saya tak lagi hafal bait – bait puisi itu. Itu sebenarnya merupakan riwayat masa lalu, yang menunjukan ketrampilan berbahasa ketika saya dibesarkan. Memang mereka menamakan itu music rap setelah saya sering melagukannya. Sebutan itu diberikan karena saya memang konsisten dengan apa yang ingin saya tampilkan pada waktu itu. Saya tak mengklaim bahwa sayalah orang yang pertama kali bermusik rap. Tetapi, sebutan itu itu diperkenalkan dan dikaitkan dengan gaya saya ketika itu”

Beginilah Rap Brown coba menjelaskan kaitan erat antar nama dan pergerakannya dengan asal usul kehadiran kata rap pada masa awal. Semua itu tidak terlepas dari budaya gerakan Islam awal di Amerika Serikat. Rap merupakan salah satu sarana yang dimulai Rap Brown dalam menyebarkan dakwah dan jihadnya melawan tirani kulit putih ketika itu.

Rap Brown menjadi seorang Muslim pada tahun 1971, ketika ia sedang menjalani hukuman penjara di New York. Brown di tangkap karena dituduh telah melakukan aktivitas subversif yang mengancam warga Amerika kulit putih dan para pembayar pajak. Brown juga menjadi ‘wanted' nomor satu FBI ketika itu. Gerak gerik Brown selalu diawasi oleh inteligen Amerika Serikat dibawah pimpinan Edgar Hoover.

Melalui aktivitas dakwah gerakan Darul Islam Amerika Serikat. Rap Brown tertarik kepada Islam setelah memperhatikan rutinitas sholat jum'at yang dilakukan oleh aktivis Darul Islam yang rutin mengunjungi penjara – penjara Amerika guna membantu mengadakan acara sholat Jum'at setiap minggu.

“Kehidupan ini adalah penjara bagi orang – orang beriman, dan surga bagi orang – orang kafir. Sekolah – sekolah dalam beberapa hal sebenarnya mirip dengan penjara, karena itu sesungguhnya saya telah menjadi narapidana jauh sebelum masuk penjara sungguhan”.

Kutipan ini keluar dari mulut Rap Brown dalam lima tahun masa tahanan yang dijalani. Hingga ia dibebaskan pada November 1976, dan sesudah itu ia pergi menunaikan ibadah haji. Semua semangatnya perjuangannya lahir karena kesadarannya akan Islam. Situasi ekonomi yang membuat ia tidak bisa meneruskan pendidikannya, tidak membuat ia berhenti untuk mencari ilmu dan pendewasaan akan kehidupan.

Bahkan Rap Brown mengatakan bahwa dimanapun kita pergi sesungguhnya merupakan sekolah. “Sebagian orang pergi ke Harvard, Yale, Darmaounth, dan juga Boston College. Sejumlah lainnya pergi ke Attica dan Auburn, juga Sing Sing. Tetapi sesungguhnya proses belajar tak berhenti dan terbatas di kampus – kampus Amerika itum melainkan berkelanjutan”

Ya…Rap memang bukan hal yang hidup di zaman Rasulullah SAW. Tapi kita semua perlu mengetahui dengan atau tanpa embel – embel rap atau hiphop atau nasyid. Para perintis dakwah Islam di Amerika Serikat telah memulai serangkaian pergerakan dakwah di masa itu, dan Rap Brown merupakan salah satu sejarah yang harus kita garis bawahi. Bahwa berjuang tidak mengenal batas dan keterbatasan, yang harus kita lakukan hanyalah kontrol terhadap niat hati kita yang sebenarnya. Dan tetao eksis dalam memagemen semangat dakwah dan jihad dalam setiap kretifitas yang hanya bisa dibatasi oleh aturan Aqidah dan As Sunnah. Sarana - sarana dakwah harus mampu berkembang dan dikembangkan. Agar nilai - nilai orisinal dapat selalu mendominasi perubahan zaman tanpa harus kehilangan identitas aslinya yaitu Aqidah Islamiyah, yang menjadi dasar utama.

Bait puisi perjuangan yang di lantunkannya telah menciptakan image tersendiri untuk seorang Rap Brown, hingga masyarakat kulit hitam ketika itu mengambil kata depan dari namanya untuk diabadikan menjadi salah satu bagian dari musik yang terlanjur terkapitalisasi oleh semua badut –badut zionis yahudi. Musik rap ternyata di awali oleh grilya seorang ustad sederhana bernama Rap Brown yang pada masa tuanya lebih dikenal dengan nama Jamil Abdullah Al Amin…

“…Tetapi Islam mengajarkan kepada kita untuk tidak melakukan tindakan yang didasari dan dikendalikan oleh amarah. Rasul menjelaskan bahwa orang yang kuat bukanlah jagoan gulat, tetapi mereka yang dapat mengendalikan nafsu amarahnya. Bukan berarti anda tidak boleh marah dalam situasi apapun. Yang ingin ditekankan adalah bahwa, kalau anda tak mampu mengendalikan nafsu amarah, anda bisa menjadi korban.”

Beginilah musik rap telah dimulai dari semangat militansi dakwah, seharusnya orang – orang yang mengklaim membabi buta bahwa tidak ada alasan untuk menggabungkan rap dan dakwah hanya karena alasan kejahiliyaan, maka mereka harus kembali melihat jauh ke belakang sejarah peradaban music rap itu. Di perkampungan kecil di Atlanta, seorang anak muda telah mewarisi semangat dakwah Malcolm X dan telah meninggalkan sejarah yang mungkin telah jauh terlupakan.

Dan kini musik rap telah menjadi komoditas bisnis dan senjata ampuh pemodal yahudi untuk mengeksploitasi keopportunisan para rapper saat ini, lalu merubah intisari awal kelahiran makna rap itu sendiri yang nyatanya memang diambil dari sebuah penghormatan terhadap seorang Haji bernama Rap Brown. Maka tidak sepantas seorang mengatakan bahwa rap tidak bisa bersatu dengan dakwah Islam, karena pada kenyataannya musik rap adalah sebuah kreatifitas yang mampu mewadahi arsitektur perjuangan Islam yang dimulai dari seorang lelaki brilian dan tangguh yang benar – benar menyakini bahwa Allah menciptakan manusia untuk berjuang dan memperjuangkan hidupnya atas dasar Islam.

“Inilah perjuangan yang sebenarnya, perjuangan yang lebih tinggi, yang Allah katakan sebagai Jihad Fi Sabilillah , yang merupakan perjuangan karena kesadaran yang tinggi akan kebenaran. Gerakan islam sendiri dibangun berdasarkan kesadaran penuh untuk berjuang. Karena perbedaan mendasar perjuangan saya itu terletak pada prinsip dasar. Pada tahun 1960-an perjuangan saya tidak didasari pada prinsip, pedoman dan arah yang benar. Saya pikir hal semacam itu banyak dialami oleh orang – orang pergerakan pada masa itu. Pada dasarnya kami menggunakan moral dan etika orang – orang yang kami musuhi ketika itu. Hasilnya, kalaupun menang, paling-paling kami akan bertindak sebagaimana yang mereka kerjakan. Kalau saja saya tahu bahwa ada kebenaran maka saya akan mempraktikannya. Begitulah ketika saya mengenal Islam…inilah kebenaran yang sebenarnya”

Inilah sejarah yang jarang kita tengok. bahwa rap memang sekarang sudah menjadi alat hedonisme, di curi di rampas dan dirubah sebagai alat perusak generasi Islam, justru pada awal kelahiran terinspirasi oleh nama sang pionir yang ternyata adalah seorang ustad bernama Rap Brown.

Maka jika ada yang berani mengatakan bahwa penggabungan antara rap dan syiar Islam merupakan hal yang mengada - ada, maka sebaiknya dia lebih baik mengenali kejujuran zaman untuk mengakui bahwa di suatu masa pernah lahir seorang mujahid dengan penampilan sederhana dan sebuah mikropon yang menggetarkan barisan sejarah, atau mungkin memang zaman telah mampu membungkam sejarah dengan ketidakjujuran.

Musik Rap Is Belong To Islam!

___________________

(diedit oleh Microjihad dari buku 'Jihad Gaya Amerika' Steven Barboza-Penerbit Mizan 1995 -- kontribusi Cece Ys)
User avatar
Thufgifar
 
Posts: 362
Joined: Sun Aug 20, 2006 4:04 am

Postby JMI_Is_Back » Sat May 05, 2007 11:58 am

pantesan gw suka Rap..

I love Snoop, Dre, Xzibit, Nate, Emiem, and more!

Aint Nuthin but a G Thang Bay Bah!!
JMI_Is_Back
 
Posts: 78
Joined: Wed May 02, 2007 1:01 pm
Location: Your Mama's bedroom

Postby MadinaSyarif » Sat May 05, 2007 12:17 pm

yea...eminem
(ganteng bo, he...)
MadinaSyarif
 
Posts: 146
Joined: Thu Feb 08, 2007 8:14 pm

Postby JMI_Is_Back » Tue May 08, 2007 7:23 pm

Wooogh, gw suka Eminem karena Musiknya bagus2.

Akon juga bagus tuh
JMI_Is_Back
 
Posts: 78
Joined: Wed May 02, 2007 1:01 pm
Location: Your Mama's bedroom

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 09, 2007 12:25 pm

orang2 kafir FFI mah tutup mata dan telinga kalo denger ini ..... senengnya denger wong deso murtad pake indomie dan penampakan jurig yesus
User avatar
MONTIR KEPALA
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby Foxhound » Wed Feb 27, 2008 5:28 pm

THUFAIL! Muslim FPI lagi ngarang cerita Rap dari para muslim!! :D :D :D :D Pakai ngomong dari kata nama Rap Brown lagi... aduh.. tupai..tupai.. kalau mau loncat itu pakai ancang-ancang dulu!!!

Kamu cari buku ini ya: Terus baca... rap itu artinya apa
Howard Johnson & Jim Pines. (1982). Reggae - Deep Roots Music Proteus Books

terus dari buku di bawah ini:
The earlier meaning being "a usage well established among African-Americans by the 1960s.", according to the The American Heritage Dictionary, 4th Edition.

KALAU NGGAK BISA BAHASA ORANG KAFIR.... Kursus... KALAU NGGAK MAU KARENA ELO ANGGAP NAJIS JANGAN TERUS NGARANG CERITA SENDIRI... MALU-MALUIN TAHU!!!

Sedangkan yang diklaim Tupai sebagai pemusik hip-hop tahun 1970... itu namanya JAMES BROWN!!! BUKAN RAP BROWN!! :D :D

Kamu tahu tidak Rap Brown itu siapa???
Jamil Abdullah Al-Amin, dia yang ngomong persis kayak FPI itu:
"If America don't come around, we're gonna' burn it down".

Pernah menjadi 10 buronan top FBI karena tuduhan penggerakan massa dan membawa senjata melewati negara bagian. Tertangkap tahun 1971 di New York.

Lima tahun dipenjara (1971-1976) di Attica Prison setelah kasus perampokan, Brown jadi mualaf dan ganti nama Jamil Abdullah al-Amin.
Dia kemudian hidup 'baik-baik' di Atlanta, Georgia dan menjadi ulama yang menyebarkan anti narkoba dan judi. Dia juga menjabat sebagai ketua dari National Ummah.

ceritanya berhenti sampai di sini???? TIDAK!!!

Tahun 2000:
Jamil Abdullah al-Amin menembak dua polisi kulit hitam hanya karena melarikan diri ketika akan ditangkap atas tuduhan melanggar batas kecepatan mengemudi dan menyamar sebagai polisi. Satu polisi tersebut ditembak 3 kali di alat vital dan meninggal keesokan harinya. Jamil Abdullah al-Amin dihukum penjara seumur hidup, tanpa kemungkinan bebas bersyarat...

Sedangkan Malcolm X sendiri ditembak karena membawa ideologi berbahaya, menggunakan Islam sebagai alat untuk menggerakkan massa melakukan pemberontakan kulit hitam... karena memang Islam, agama yang paling pas buat meyakinkan orang melakukan kekerasan menggulingkan pemerintah


:lol: :lol: :lol: Tupai...tupai... baru gua tahu ada post ginian gara-gara elo ngomong, coba nggak... mungkin penipuanmu akan terbaca muslim2 yang lainnya :lol: :lol: :lol:

Dan RAP: berasal dari budaya Africa ketika menceritakan cerita-cerita heroic masa lampau ("rapped out" - hasil pengkhususan makna dari kata asli Afrika yang artinya "berdebat dan berdiskusi"), digabungkan dengan ketukan musik Jamaica (america latin) dan kemudian menjadi musik orang Afrika-Amerika alias orang-orang Negro.

NGARANG itu ya NGARANG... tapi JANGAN KETERLALUAN!!!

Dan RAP: Tetaplah musik orang kafir, supaya merasa tidak berdosa saja Thufail Al Ghifari sang pembela Islam, pembenci kafir, mengarang cerita!!
User avatar
Foxhound
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby Mademoiselle » Wed Feb 27, 2008 6:29 pm

Zizizizizi si tufai mah hobinya mengumbar ketololannya di FFI. Dulu bilang kalo dia muallaf anak pendeta. Eh terus bilang kalo nomor HPnya dia bisa jadi nomor ganda. Sekarang bohong soal Rap.

Kalo Rape asalnya dari Islam sih percaya. Tapi kalo Rap dari Islam. Tak useh ye!
User avatar
Mademoiselle
 
Posts: 1164
Joined: Sat Aug 25, 2007 12:18 pm
Location: Bukan di surga Brothel!

Postby kimi07 » Wed Feb 27, 2008 7:32 pm

tapi klo di pikir2 musik rap yg penuh caci maki kok mirip ya klo muhamad lagi ber mubalah?
User avatar
kimi07
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Postby etude » Tue Apr 08, 2008 4:19 pm

MONTIR KEPALA wrote:orang2 kafir FFI mah tutup mata dan telinga kalo denger ini ..... senengnya denger wong deso murtad pake indomie dan penampakan jurig yesus


hihih pak montir kabur yah kok enggak bantah argumentnya Foxhound.

Yang saya tahu sih musik rap atau hip hop itu rootnya dari afrika sono. Setelah berevolusi, muncul suatu genre baru di amrik yang disebut rap atau hip hop.
etude
 
Posts: 123
Joined: Sat Feb 16, 2008 1:38 pm

Postby ubijalar » Tue Apr 08, 2008 4:35 pm

Nggak kaget koq....
Qasidah dari Padang Pasir? Monggo....
Rebana dari Timur Tengah? Shog atuh...

Tapi yang pasti....
Kebenaran sejati selalu dari keheningan batin dan kejernihan pikir.

Jumpin' Around!
ubijalar
 
Posts: 327
Joined: Wed Mar 12, 2008 12:00 pm

Postby star_of_david » Sun Apr 13, 2008 6:44 pm

mungkin maksud si tupai NGE-RAPE kali ?
star_of_david
 
Posts: 433
Joined: Sat Mar 01, 2008 1:54 pm

Postby OLLOH » Tue Apr 15, 2008 2:53 pm

coba sholawat sambil ngerap, asyikk kalee yaaa
OLLOH
 
Posts: 470
Joined: Fri Apr 04, 2008 9:51 am


Return to Pembelaan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron