.

APA YANG MENARIK DARI ISLAM ?

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

APA YANG MENARIK DARI ISLAM ?

Postby hunter » Tue Feb 20, 2007 9:42 am

Saudara - saudara muslim sekalian
Sebangsa dan setanah air.

Disini saya ingin mengajak anda berbincang santai tapi cerdas. Dalam artian jauh dari caci maki dan hujat menghujat. Walau di berbagai thread saya yang lain mungkin saya terlihat sangat spontan, tapi kali ini saya ingin mengenal anda sekalian tanpa embel - embel agama. Kali ini saya ingin kita berdiskusi lebih dari hati ke hati sebagai saudara sebangsa dan setanah air bukan sebagai MUSLIM dan KAFIR.

Saya tidak ingin anda menjawab saya menurut kepercayaan anda, tapi saya ingin mendengar jawaban dari hati anda yang paling dalam. APA YANG MENARIK DARI ISLAM sehingga banyak diantara saudara - saudara bahkan sampai mengutamakannya di atas keutuhan sebuah bangsa yang dibangun dengan cucuran keringat dan darah para pendahulu kita?

AGAMA menurut saya tak lebih sabagai petunjuk arah. Ibarat kompas yang mengarahkan kita ke arah yang benar. Tapi apa yang terjadi kini malah sebaliknya. Kita yang mengaku sebagai orang yang memiliki arah kompas yang benar malah membuat orang yang belum memiliki kompas itu semakin tidak yakin dengan kompas - kompas kita :)

Sehingga saya sangat tegas mengatakan, bahwa saya sebagai seorang yang percaya akan adanya sang pencipta itu, ada untuk menjadi saksi bukan semata untuk agama saya tapi yang lebih penting lagi adalah sebagai saksi bahwa SANG PENCIPTA itu ada. Dia ada walau semua yang ada itu tak pernah ada.

Mengapa saya teguh pada agama yang saya yakini kini? Bukan semata karena saya yakin dan percaya. Tapi lebih daripada itu adalah karena naluri kemanusiaan saya mengatakan ini benar. Bahwa hanya dengan CINTA KASIH ANTARA SELURUH MANUSIA - lah dunia yang diciptakan-NYA ini jadi begitu indah dan menjadi surga saat kita hidup. Jadi intinya walau mungkin saya tidak pernah mengenal agama saya sekarang, NALURI KEMANUSIAAN saya itupun akan mengatakan hal yang sama.

Jadi menurut saya yang terpenting justru bukan bagaimana kita bisa mencapai SURGA setelah kita mati, tetapi adalah bagaimana menjadikan dunia ini sebagai SURGA sebelum kita mati. Karena dengan demikian, SURGA setalah kita mati itupun akan menjadi milik kita. Bagaimana kita bisa hidup berdampingan secara harmonis tanpa mementingkan pribadi dan kelompok masing - masing. Oleh karena itu saya sangat terkesan dengan DOA yang diajarkan seseorang yang saya percaya kini :

"DATANGLAH KERAJAANMU, JADILAH KEHENDAKMU DI BUMI SEPERTI DI SURGA"

Kata - kata itu begitu menyentuh saya bahwa ternyata benar yang saya pikirkan selama ini : "BAGAIMANA MEMBUAT BUMI INI MENJADI SURGA buat kita dan SANG PENCIPTA", itulah yang menjadi tujuan yang paling mulia yang akan membawa kita juga ke SURGA yang sebenarnya.

Melihat kita semua hidup dalam kebersamaan yang hakiki, saling menjaga dan melayani serta mendengar NAMA-NYA diagungkan di BUMI yang dicitapakan-NYA ini. ITULAH SURGA SAAT KITA HIDUP

Itulah pemahaman saya berdasarkan Naluri Kemanusiaan saya yang membuat saya meyakini agama yang saya pegang teguh sekarang. Oleh karena itu kini saya ingin mendengar dari saudara - saudara muslim sekalian dengan jawaban yang paling polos dari naluri kemanusiaan anda. APA YANG MENARIK DARI ISLAM? yang membuat anda meyakininya.

Saya harap kepada semua pengunjung thread ini untuk bisa menjaga ucapannya dan tidak melemparkan olokan - olokan apapun. DISINI MARI KITA SAMA - SAMA BISA MENJADI PEMBICARA DAN PENDENGAR.

SALAM DARI HATI TERDALAM
HUNTER
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby Borland » Tue Feb 20, 2007 10:37 am

Yang menarik dari Islam adalah Konsep Surganya itu loh....
User avatar
Borland
 
Posts: 1533
Joined: Wed Nov 08, 2006 3:46 pm

Re: APA YANG MENARIK DARI ISLAM ?

Postby osamahdaniel » Tue Feb 20, 2007 11:56 am

Saudara HUNTER Yang terkasih...
Saya sependapat dengan anda, sebagai muslim saya tertarik dengan Islam karena Islam mengajarkan Cinta Kasih, Persaudaraan, Penghormatan. Semakin saya membaca Firman Tuhan didalam Al-QUr'an membuat saya semakin yakin bahwa Tuhan itu ADA.
Saya berharap bahwa forum ini dapat membahas hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial yang berkaitan dengan moral seperti korupsi, pelacuran, kesenjangan sosial atau hal hal lain yang berkaitan dengan masyarakat kita yang semakin mengalami degradasi moral. Mari kita tinjau dari sudut agama kita masing-masing. OK. Sehingga pembaca milis ini bisa menyampaikan kebenaran kepada pemeluk agamanya masing-masing.

Saya trenyuh melihat milis ini hanya dijadikan ajang berbantahan yang gak ada juntrungannya, saling melecehkan, saling menjelekkan, apakah demikian cara mencari kebenaran ?.

Bukankah lebih baik bila kita menunjukkan kebenaran itu dengan perbuatan, omongan, dan tingkah laku kita yang menyejukkan, kepedulian kepada sesama tanpa melihat latar belakang agamanya. Bukankah ini yang menunjukkan bahwa kita sepenuhnya percaya kepada sesembahan kita masing-masing?

Mari kita jadikan milis ini sebagai ladang kita untuk beramal dengan menyumbangkan fikiran dan pengetahuan agama kita masing-masing untuk kemajuan bangsa yang kita cintai ini, sehingga perjuangan pendahulu kita tidaklah sia-sia.
osamahdaniel
 
Posts: 25
Joined: Sat Feb 17, 2007 1:09 pm

Re: APA YANG MENARIK DARI ISLAM ?

Postby yusak_almasih » Tue Feb 20, 2007 12:12 pm

osamahdaniel wrote:Saudara HUNTER Yang terkasih...
Saya sependapat dengan anda, sebagai muslim saya tertarik dengan Islam karena Islam mengajarkan Cinta Kasih, Persaudaraan, Penghormatan. Semakin saya membaca Firman Tuhan didalam Al-QUr'an membuat saya semakin yakin bahwa Tuhan itu ADA


islam mengajarkan "CINTA KASIH"????
ga salah bro loe bilang??? apa ada qur'an versi terbaru dr loe, sehingga loe bilang islam mengajarkan cinta kasih???
yusak_almasih
 
Posts: 477
Joined: Sat Aug 26, 2006 10:37 am

Postby osamahdaniel » Tue Feb 20, 2007 12:16 pm

Borland wrote:Yang menarik dari Islam adalah Konsep Surganya itu loh....


Yang menarik , konsep yang menunjukkan gambaran bahwa setiap perbuatan buruk itu ada balasannya. Bahwa perbuatan buruk itu lahir dari hati (niat) dan bila dia telah menguasai hati maka nilai kemanusiaan kita akan jatuh. Bahwa perbuatan baik itu lahir dari hati (niat) dan bila kita membiarkan kebaikan menguasai hati maka nilai kemanusiaan kita akan meningkat.
Yang menarik , konsep bahwa kehidupan dibangun diatas kecintaan kita kepada sang khalik yang tercermin pada kecintaan kita kepada kehidupan itu sendiri baik terhadap sesama manusia maupun mahkluk lain.
Yang menarik, konsep bahwa kehidupan ini ada akhirnya dan setiap orang pasti mengalaminya maka bekal apakah yang telah kita kumpulkan untuk menghadapi perpisahan dengan dunia yang fana ini ?
Yang menarik, konsep penghormatan kepada kedua orang tua, penghormatan kepada Agama lain, penghormatan kepada sesama.
osamahdaniel
 
Posts: 25
Joined: Sat Feb 17, 2007 1:09 pm

Re: APA YANG MENARIK DARI ISLAM ?

Postby osamahdaniel » Tue Feb 20, 2007 12:19 pm

yusak_almasih wrote: islam mengajarkan "CINTA KASIH"????
ga salah bro loe bilang??? apa ada qur'an versi terbaru dr loe, sehingga loe bilang islam mengajarkan cinta kasih???

ga salah bro loe bilang??? apa ada qur'an versi terbaru dr loe, sehingga loe bilang islam tidak mengajarkan cinta kasih???
osamahdaniel
 
Posts: 25
Joined: Sat Feb 17, 2007 1:09 pm

Postby ammadgedon » Tue Feb 20, 2007 12:22 pm

poligami 9 istri, halal genjot budak, hobi kawin cerai, disurga dapat 72 bidadari yg selalu perawan. hihihihi. siapa yg ga mau jadi islam? ikut mbah oma irama ah... muslimah ikut angel lelga... hihihihihi... muhammad is the best lah yaw. muhammad jaminan kenikmatan sejati...
ammadgedon
 
Posts: 58
Joined: Sat Dec 09, 2006 5:20 pm

APA YANG MENARIK DARI ISLAM

Postby hunter » Tue Feb 20, 2007 2:57 pm

Saudara - saudara muslim sekalian
Sebangsa dan setanah air.


Disini saya ingin mengajak anda berbincang santai tapi cerdas. Dalam artian jauh dari caci maki dan hujat menghujat. Walau di berbagai thread saya yang lain mungkin saya terlihat sangat spontan, tapi kali ini saya ingin mengenal anda sekalian tanpa embel - embel agama. Kali ini saya ingin kita berdiskusi lebih dari hati ke hati sebagai saudara sebangsa dan setanah air bukan sebagai MUSLIM dan KAFIR.

Saya tidak ingin anda menjawab saya menurut kepercayaan anda, tapi saya ingin mendengar jawaban dari hati anda yang paling dalam. APA YANG MENARIK DARI ISLAM sehingga banyak diantara saudara - saudara bahkan sampai mengutamakannya di atas keutuhan sebuah bangsa yang dibangun dengan cucuran keringat dan darah para pendahulu kita?

AGAMA menurut saya tak lebih sabagai petunjuk arah. Ibarat kompas yang mengarahkan kita ke arah yang benar. Tapi apa yang terjadi kini malah sebaliknya. Kita yang mengaku sebagai orang yang memiliki arah kompas yang benar malah membuat orang yang belum memiliki kompas itu semakin tidak yakin dengan kompas - kompas kita :)

Sehingga saya sangat tegas mengatakan, bahwa saya sebagai seorang yang percaya akan adanya sang pencipta itu, ada untuk menjadi saksi bukan semata untuk agama saya tapi yang lebih penting lagi adalah sebagai saksi bahwa SANG PENCIPTA itu ada. Dia ada walau semua yang ada itu tak pernah ada.

Mengapa saya teguh pada agama yang saya yakini kini? Bukan semata karena saya yakin dan percaya. Tapi lebih daripada itu adalah karena naluri kemanusiaan saya mengatakan ini benar. Bahwa hanya dengan CINTA KASIH ANTARA SELURUH MANUSIA - lah dunia yang diciptakan-NYA ini jadi begitu indah dan menjadi surga saat kita hidup. Jadi intinya walau mungkin saya tidak pernah mengenal agama saya sekarang, NALURI KEMANUSIAAN saya itupun akan mengatakan hal yang sama.

Jadi menurut saya yang terpenting justru bukan bagaimana kita bisa mencapai SURGA setelah kita mati, tetapi adalah bagaimana menjadikan dunia ini sebagai SURGA sebelum kita mati. Karena dengan demikian, SURGA setalah kita mati itupun akan menjadi milik kita. Bagaimana kita bisa hidup berdampingan secara harmonis tanpa mementingkan pribadi dan kelompok masing - masing. Oleh karena itu saya sangat terkesan dengan DOA yang diajarkan seseorang yang saya percaya kini :

"DATANGLAH KERAJAANMU, JADILAH KEHENDAKMU DI BUMI SEPERTI DI SURGA"

Kata - kata itu begitu menyentuh saya bahwa ternyata benar yang saya pikirkan selama ini : "BAGAIMANA MEMBUAT BUMI INI MENJADI SURGA buat kita dan SANG PENCIPTA", itulah yang menjadi tujuan yang paling mulia yang akan membawa kita juga ke SURGA yang sebenarnya.

Melihat kita semua hidup dalam kebersamaan yang hakiki, saling menjaga dan melayani serta mendengar NAMA-NYA diagungkan di BUMI yang dicitapakan-NYA ini. ITULAH SURGA SAAT KITA HIDUP

Itulah pemahaman saya berdasarkan Naluri Kemanusiaan saya yang membuat saya meyakini agama yang saya pegang teguh sekarang. Oleh karena itu kini saya ingin mendengar dari saudara - saudara muslim sekalian dengan jawaban yang paling polos dari naluri kemanusiaan anda. APA YANG MENARIK DARI ISLAM? yang membuat anda meyakininya.

Saya harap kepada semua pengunjung thread ini untuk bisa menjaga ucapannya dan tidak melemparkan olokan - olokan apapun. DISINI MARI KITA SAMA - SAMA BISA MENJADI PEMBICARA DAN PENDENGAR.

SALAM DARI HATI TERDALAM
HUNTER
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby islambuster » Tue Feb 20, 2007 3:06 pm

Borland wrote:Yang menarik dari Islam adalah Konsep Surganya itu loh....


syurga nyang kaya geneh,.......................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Image
User avatar
islambuster
 
Posts: 1035
Joined: Fri Sep 01, 2006 1:12 pm

Postby hunter » Tue Feb 20, 2007 3:11 pm

@ ALL KAFIR

Mohon maaf, Saya tidak begitu suka dengan komentar anda. Sorry. Seperti yang saya katakan, disini saya hanya ingin mendengar dan saya harap andapun demikian. Jangan membawa - bawa pemahaman agama, tapi bawalah pemahaman manusiawi anda tentang agama itu.

Itu saja dari saya
TERIMA KASIH
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby hunter » Tue Feb 20, 2007 3:16 pm

@ osamahdaniel

Dari apa yang saya baca dari pernyataan anda, jelas saya dapat menarik kesimpulan bahwa nilai kemanusiaan yang ada pada diri anda juga sangat tinggi. Diluar dari kontradiksi yang ditunjukkan oleh oknum - oknum pengikut ajaran agama yang membuat agama itu sebagai tameng, ternyata kita memiliki misi yang sama untuk MEMBUAT SURGA ITU ADA DI DUNIA dimana kita HIDUP saat ini. Apakah anda setuju dengan itu?
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby bilal » Tue Feb 20, 2007 5:17 pm

Dear Sdr Hunter,
Saya sangat respek terhadap milis anda diatas...
Tapi dilihat dari Signature anda kayaknya ada kontradiksi tuh


Lalu bagaimana menurut anda milis-milis dr saudara Osamahladien dan ammadgedon !!! (mudah-mudahan mereka bukan dari golongan anda)
Begitukah yang disebut CINTA KASIH..
Dari milis-milis mereka , sangat tidak menunjukan apa itu Cinta Kasih !!!

Htr nhn.

wassalam
bilal
bilal
 
Posts: 93
Joined: Wed Dec 27, 2006 9:05 am

Postby hunter » Tue Feb 20, 2007 5:46 pm

@BILAL

Saya harap anda bisa membedakan saya sebagai seorang yang memepertanyakan kebenaran sesuatu dan saya sebagai seseorang yang menyatakan nilai - nilai kemanusiaan. Signature saya jelas pada posisi SAYA SEBAGAI SESEORANG YANG MEMPERTANYAKAN KEBENARAN. Tapi di sini saya berada pada posisi sebagai orang yang menyatakan nilai - nilai kemanusian.

Ketika anda membaca signature saya maupun kata - kata sampah yang mungkin saya ucapkan di thread lain anggaplah sebagai SAYA YANG BELUM BERAGAMA ATAU BELUM MENGENAL AGAMA ANDA. Sehingga saya berhak bertanya tentang kebenaran agama anda. Begitu juga saya dalam menanggapi untaian kata - kata teman - teman muslim di thread lain yang juga tidak kalah konyolnya sebagai MEREKA YANG BELUM MENGENAL AGAMA SAYA.

Disini saya justru ingin anda mengenal saya sebagai SEORANG MANUSIA yang telah memilih sebuah agama.Saya ingin tahu apa yang menarik dari agama yang anda pilih kini. Mungkin dari situ saya bisa mencoba memahami jalan pikiran anda. Sehingga kita bisa sama - sama mencoba menunjukkan apa CINTA KASIH itu sebenarnya

TERIMA KASIH
HUNTER
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby ammadgedon » Wed Feb 21, 2007 1:34 pm

BILAL, EMANG AKU AGAMANYA APA? aku ngomong yg bener kog dibilang cinta kasih... aku ga mihak agama siapa aja, yang ku lihat perbuatannya.
ammadgedon
 
Posts: 58
Joined: Sat Dec 09, 2006 5:20 pm

Postby openyourmind » Wed Feb 21, 2007 3:49 pm

Manusia paling pertama dilihat dari perbuatan selama hidupnya, dan baru setelah itu agamanya.

Tapi kalo agamanya saja sudah salah mengajarkannya, bagaimana org tersebut mau berbuat baik kalo semua itu kontradiksi?
User avatar
openyourmind
 
Posts: 3051
Joined: Fri Oct 20, 2006 8:42 am

Postby hunter » Wed Feb 21, 2007 4:12 pm

openyourmind wrote:Manusia paling pertama dilihat dari perbuatan selama hidupnya, dan baru setelah itu agamanya.

Tapi kalo agamanya saja sudah salah mengajarkannya, bagaimana org tersebut mau berbuat baik kalo semua itu kontradiksi?


Menurut anda pribadi, agama yang bagaimana yang salah itu? Bisakah anda berikan argument mengapa itu salah menurut anda?
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

hi

Postby bilal » Wed Feb 21, 2007 4:30 pm

Dear hunter :
Baik saya akan mencoba apa yang menarik dari Islam.
Pertama-tama saya akan mecoba menguraikan apa itu Islam.

Islam adalah agama Tauhid (Agama yang mengesakan Tuhan). Agama yang menurut kami benar dari Allah, dengan Rasul yang membawakannya atau menyampaikan ke umatnya . Yaitu Nabi Muhammad SAW.

Islam adalah agama yang lahir pada tahun sekitar 600 Masehi (600 tahunsetelah Nabi Isa (Yesus)) Jadi dengan kita sudah berjarak sekitar 14 abad.

Islam lahir di Jajirah Arab. Dimana pada saat itu Islam menyebutnya sebagai Zaman Jahiliyah. dimana bangsa arab banyak yang berlaku syirik atau menuhankan selain Allah.
Nama Allah sudah dikenal oleh bangsa Arab saat itu sebagai Tuhan Semesta Alam, Tuhan Yang Maha Besar, tetapi mereka telah membuat tuhan-tuhan Tandingan, (berlaku syirik) seperti Latta, Uzza, Manah dan lain sebagainya.

Bangsa Arab saat itu penuh dengan segala kejahilan, seperti halnya tabu mendapatkan anak perempuan. Sehingga banyak bayi yang lahir dengan jenis kelamin perempuan langsung dikubur hidup-hidup.

Bagaimana sdr hunter dengan uraian secara umum diatas, ada yang perlu diklarifikasi terlebih dahulu !!!!
bilal
 
Posts: 93
Joined: Wed Dec 27, 2006 9:05 am

Postby hunter » Wed Feb 21, 2007 4:46 pm

@bilal

Baik. Lantas, apakah yang kemudian membuat anda merasa tertarik dengan islam itu?

Menurut saya, Jika sebuah paham atau ajaran itu berasal dari ALLAH sang pencipta, tentulah nilai - nilai moral yang terkandung di dalamnya harus lebih tinggi dari nilai - nilai moral kemanusiaan. Sebab nilai - nilai moral kemanusiaan itulah satu - satunya landasan manusia berpikir tentang mana yang benar dan mana yang salah dari sesuatu.

Tapi terkadang manusia malah mencoba untuk membenarkan apa yang sebenarnya salah menurut kemanusiaannya sendiri. Membunuh orang lain tentu sangatlah bertentangan dengan nilai kemanusiaan yang sebenarnya, tapi kemudian manusia mencoba untuk membenarkan perbuatan membunuh itu dengan berbagai alasan.

Begitulah hakekat manusia pada dasarnya. Sehingga sebuah ajaran itu diturunkan dari sang pencipta untuk meluruskannya, dan oleh karena itu nilai moral yang dibawanya juga harus lebih tinggi dari nilai moral kemanusiaan itu sehingga manusia tidak malah menggunakannya sebagai alasan untuk membenarkan perbuatannya yang salah.

Jadi menurut saya. Jika sebuah agama yang harusnya memiliki nilai moral yang lebih tinggi justru memiliki pola pikiran manusia dengan mengatakan bahwa membunuh tidak dibenarkan namun boleh dilakukan untuk ini dan itu, apakah agama itu dapat dikatakan memiliki nilai moral yang lebih tinggi dari manusia. Karena toh manusiapun seperti itu adanya. Selalu mencoba mencari pembenaran dari kesalahannya.
User avatar
hunter
 
Posts: 785
Joined: Thu Jan 25, 2007 1:10 am

Postby bilal » Wed Feb 21, 2007 6:40 pm

Dear Hunter,

Dari uraian diatas, saya menarik intinya yaitu :
Nilai moral Agama (dari Allah) harus lebih tinggi dari nilai moral manusia."

Saya sangat setuju sekali. memang begitu adanya.

Tetapi masalahnya, bahwa NILAI STANDAR MORAL MANUSIA bisa tidak tetap (suka berubah) tidak sama tempat satu dengan tempat yang lainnya.

Bagaimana menurut anda ;
1. Samakah nilai moral manusia jaman Nabi Musa dengan Nilai moral manusia jaman sekarang.
2. Samakah nilai moral manusia jaman bangsa Eropa menduduki Benua Amerika dengan Nilai moral manusia jaman sekarang.
3. Samakah nilai moral manusia jaman sekarang dengan jaman yang akan datang (misal 2000 th yang akan datang)

Jika tidak sama , Niali moral manusia mana yang benar nya???
bilal
 
Posts: 93
Joined: Wed Dec 27, 2006 9:05 am

Postby bilal » Wed Feb 21, 2007 6:55 pm

Uraian diatas untuk mencoba mengklarifikasi pendapat anda yang dibawah ini :


"Jadi menurut saya. Jika sebuah agama yang harusnya memiliki nilai moral yang lebih tinggi justru memiliki pola pikiran manusia dengan mengatakan bahwa membunuh tidak dibenarkan namun boleh dilakukan untuk ini dan itu, apakah agama itu dapat dikatakan memiliki nilai moral yang lebih tinggi dari manusia. Karena toh manusiapun seperti itu adanya. Selalu mencoba mencari pembenaran dari kesalahannya."
bilal
 
Posts: 93
Joined: Wed Dec 27, 2006 9:05 am

Next

Return to Pembelaan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron