.

Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Mengungkapkan cara berpikir Muslim pada umumnya dan Muslim di FFIndonesia pada khususnya.

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby asal usil » Fri Jan 21, 2011 11:22 am

fayhem wrote:Di masjid itu Aa Gym berceramah di hadapan ratusan jamaah yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dihadapan jamaah itu Aa Gym membawakan makna tasbih. Kata dia, selain manusia dan jin, semua makhluk senantiasa bertasbih kepada keagungan Allah. Tasbih adalah mensucikan dzat Allah dari sifat-sifat mustahil.

----------------
Mungkin dalam ceramah tersebut, tidak ada muslim yang menanyakan :

Apa maksudnya mensucikan dzat Allah dari sifat-sifat mustahil ?

Mengapa perlu disucikan ?

Bagaimanakah yang dimaksud sifat-sifat mustahil ??



Wah.. mba fayhem coba aja ke geger kalong ke darut tauhid, tanya langsung ke AA Gym

(sumbernya langsung )maksudnya apa? :drinkers:

Biar ga salah persepsi...

Soale juga ga tau, apa ada apa ga di hadis ama di Qur'an?

Tar klo udah ada jawabannya di share dech disini..

Or nitip sama kang AAA dia akan suka kirim2 sms di MQTV tuh siapa tau dibales AA langsung...



Gampang toh...
asal usil
 
Posts: 1055
Joined: Mon Jan 17, 2011 2:49 pm

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby asal usil » Fri Jan 21, 2011 3:56 pm

fayhem wrote:Ntar aq dikasih vitamin.. eh dipoligami maksudnya..


Sekalian tanya2 tuch tentang poliandri ama AA... :lol:

Boleh ga?
asal usil
 
Posts: 1055
Joined: Mon Jan 17, 2011 2:49 pm

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby cendol » Fri Jan 21, 2011 4:14 pm

dzat sama zat apa bedanya yak?
User avatar
cendol
 
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby I__Muslim » Fri Jan 21, 2011 5:57 pm

Muammad Bin Umbrella wrote:dzat sama zat apa bedanya yak?



Perbedaannya adalah:
Dzat terdiri dari 4 huruf.
Zat terdiri dari 3 huruf.

:prayer:

Lhooo?
I__Muslim
 
Posts: 981
Joined: Tue Jul 13, 2010 4:18 pm
Location: Antara ada dan tiada....

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby ahaQ » Fri Jan 21, 2011 10:05 pm

I__Muslim wrote:
Perbedaannya adalah:
Dzat terdiri dari 4 huruf.
Zat terdiri dari 3 huruf.

:prayer:

Lhooo?

Image
User avatar
ahaQ
 
Posts: 865
Joined: Sun Sep 12, 2010 7:41 pm

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby novalino » Wed Feb 09, 2011 10:59 am

I__Muslim wrote:Perbedaannya adalah:
Dzat terdiri dari 4 huruf.
Zat terdiri dari 3 huruf.


mmmh....

Benar2 analisa ilmiah dan tak terbantahkan....

Bravooo... =D>
novalino
 
Posts: 118
Joined: Tue Dec 28, 2010 4:09 pm

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby eddie1984id » Wed Feb 09, 2011 12:42 pm

Bissmillahhirohmannirohim,

Kebenaran datang dari Allah, segala kelemahan hakikatnya datang dari saya jua



Apa maksudnya mensucikan dzat Allah dari sifat-sifat mustahil ?
>> Menghilangkan pemikiran bahwa allah memiliki sifat sifat yang mustahil

Mengapa perlu disucikan ?
>> Karena Allah adalah Robb/Tuhan yang Maha Suci sesembahan kita yang ada diatas kita... ndak mungkin dong kita menyembah sesuatu yang najis...

Bagaimanakah yang dimaksud sifat-sifat mustahil ??
>> Sifat yang tidak mungkin ada pada Allah, untuk mengetahuinya kita harus tahu kebalikannya yaitu sifat yang wajib ada pada Allah SWT seperti mukholafatulilhawaditsi (berbeda dengan mahluk ciptaannya) Allah memiliki wujud jauh diatas bayangan pemikiran kita semua (wujud manusia, alien, cahaya, dsb sangat jauh dari pengetahuan kita) jadi sifat mustahil : Sama dengan mahluk ciptaanya
Ada juga Baqa (Kekal) udah jelas Allah itu kekal adanya tidak akan hancur karena dimensi waktu/masa adalah ciptaanya jadi sifat mustahil : Tidak Kekal
Ada lagi Wujud (Ada) jelas Allah itu Ada, sifat mustahil : Tidak Ada ini bagi yg atheis
masih banyak lagi sifat wajibnya seperti qidam (terdahulu tanpa awal/akhir), qudrat iradat (berkehendak), hayat (hidup), ilmu (memiliki pengetahuan yang luas), wahdaniyat (esa).... sifat mustahil adalah kebalikan2nya

Demikian semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan dalam jawaban saya ini karena keterbatasan ilmu yang saya miliki... Wallahualam bisshawab
Last edited by eddie1984id on Thu Feb 17, 2011 9:35 am, edited 1 time in total.
User avatar
eddie1984id
 
Posts: 350
Joined: Wed Feb 09, 2011 9:32 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby Al-Kafirun_Mukmin » Sun Feb 13, 2011 2:38 am

ada ayat atau hadits penduku pak. Eddie?.. nnti jngn sampe d kira ini cuma pendapat anda..
User avatar
Al-Kafirun_Mukmin
 
Posts: 1135
Joined: Sat Jan 22, 2011 7:13 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby eddie1984id » Thu Feb 17, 2011 9:34 am

Bismillah,

@Mas Al-Kafirun_Mukmin
Sifat sifat Allah ada dalam At-Tauhid lish-Shaffil Awwal al’Aliy- Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan, sumbernya sendiri tersebar di dalam Alqur'an misalnya disurat As Syuraa 11 disebutkan 3, Dia maha melihat mendengar dan berbeda dengan mahluknya ;

(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat.(As-syuraa:11)

sifat yang lain bisa dilihat di
http://id.wikipedia.org/wiki/Sifat-sifat_Allah

Semoga bermanfaat, Wassalam
User avatar
eddie1984id
 
Posts: 350
Joined: Wed Feb 09, 2011 9:32 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby oglikom » Thu Feb 17, 2011 10:54 am

eddie1984id wrote:Bissmillahhirohmannirohim,

Kebenaran datang dari Allah, segala kelemahan hakikatnya datang dari saya jua



Apa maksudnya mensucikan dzat Allah dari sifat-sifat mustahil ?
>> Menghilangkan pemikiran bahwa allah memiliki sifat sifat yang mustahil

Mengapa perlu disucikan ?
>> Karena Allah adalah Robb/Tuhan yang Maha Suci sesembahan kita yang ada diatas kita... ndak mungkin dong kita menyembah sesuatu yang najis...

Bagaimanakah yang dimaksud sifat-sifat mustahil ??
>> Sifat yang tidak mungkin ada pada Allah, untuk mengetahuinya kita harus tahu kebalikannya yaitu sifat yang wajib ada pada Allah SWT seperti mukholafatulilhawaditsi (berbeda dengan mahluk ciptaannya) Allah memiliki wujud jauh diatas bayangan pemikiran kita semua (wujud manusia, alien, cahaya, dsb sangat jauh dari pengetahuan kita) jadi sifat mustahil : Sama dengan mahluk ciptaanya
Ada juga Baqa (Kekal) udah jelas Allah itu kekal adanya tidak akan hancur karena dimensi waktu/masa adalah ciptaanya jadi sifat mustahil : Tidak Kekal
Ada lagi Wujud (Ada) jelas Allah itu Ada, sifat mustahil : Tidak Ada ini bagi yg atheis
masih banyak lagi sifat wajibnya seperti qidam (terdahulu tanpa awal/akhir), qudrat iradat (berkehendak), hayat (hidup), ilmu (memiliki pengetahuan yang luas), wahdaniyat (esa).... sifat mustahil adalah kebalikan2nya

Demikian semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan dalam jawaban saya ini karena keterbatasan ilmu yang saya miliki... Wallahualam bisshawab

Setiap kali kamu menggambarkan Alloh swt dengan pikiran yg paling dalam sekalipun, tetap saja hasil pemikiran manusia (muhammad)..... :turban:
oglikom
 
Posts: 3375
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby GLUESTICK » Thu Feb 17, 2011 12:41 pm

Setiap manusia, binatang, tumbuhan, batu adalah unik, tdk ada yg sama, tdk ada yg serupa. Jadi kl ada yg menjadikan manusia, binatang, tumbuhan, batu dan berbagai variasi dan hybridnya utk dijadikan tuhan, maka tidak bertentangan dgn ucapan muhammad/allah bahwa tidak sesuatupun yg serupa dgn tuhan.
Setiap orang boleh mensucikan manusia lainnya, binatang, pohon, batu dll, karena semuanya unik tdk ada yg serupa. Itulah yg dimaksud mensucikan dari sifat mustahil.

Gluestick
Recap after use
GLUESTICK
 
Posts: 207
Joined: Fri Feb 20, 2009 10:05 am
Location: Freshair

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby eddie1984id » Thu Feb 17, 2011 1:25 pm

Bismillah,
@mas oglikom
mas bilang :
Setiap kali kamu menggambarkan Alloh swt dengan pikiran yg paling dalam sekalipun, tetap saja hasil pemikiran manusia (muhammad).....
>> Tidak juga, secara logika bisa dinalar oleh pemikiran kita sendiri bukan hanya dari baginda Rasulullah..
Allah itu Esa, kalo ada banyak ntar kalo perang gimana?? kan bahaya tuh bisa hancur alam semesta... kiamat bisa lebih cepat, bahkan alam semesta bisa ndak tercipta kalo lagi sibuk perang nah lho, kalo menikah trus beranak pinak gimana? mana yang kita sembah? kalo tuhannya masih bayi bumi dibuat mainan gimana?? iswiti
Allah itu kekal, kalau tidak kekal berarti bisa wafat donk, aneh jadinya ada hari wafatnya tuhan..?? ntar bisa bisa lamaan kita idupnya??
Allah itu tidak bergantung pada yang lain, gimana bisa disebut tuhan bila ia masih tergantung pada kekuatan lain..lemah dong...??
Allah itu berkehendak, jelas ...kalo gak berkehendak kok kita bisa ada di dunia ini, kenapa diciptakan tumbuhan dan lainnya untuk membantu kita??
silahkan jika mau menalar sifat yang lain...

@Gluestick
Tidak sama dengan mahluknya artinya dalam wujudnya, mas..., dan coba antara mas dan saya kenapa disebut manusia? kan ada ciri cirinya yaitu ada tangannya, jarinya 5, ada mata hidung , dll.... maaf kalo serasa mengajari ala SD he he
Ntar deh kalo mau tahu wujudNya seperti apa pas kiamat he he he (insya Allah jika kita termasuk yang berIman padaNya..amin) ini janjiNya

لَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ وَلا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلا ذِلَّةٌ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (Surga) dan tambahannya (melihat wajah Allah Subhanahu wa Ta’ala). Dan wajah mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni Surga, mereka kekal di dalamnya.” (Qs. Yuunus: 26).

Demikian pula hadits yang diriwayatkan oleh Jarir bin Abdullah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya, kalian akan melihat Rabb kalian (Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Kiamat nanti) sebagaimana kalian melihat bulan purnama (dengan jelas), dan kalian tidak akan berdesak-desakan dalam waktu melihat-Nya…”[16].

demikian Wallahualambishawab
User avatar
eddie1984id
 
Posts: 350
Joined: Wed Feb 09, 2011 9:32 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby a_man » Thu Feb 17, 2011 7:38 pm

tanya, pak ustadz eddie :
ngirim setan2 apa termasuk sifat najis ?
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby Al-Kafirun_Mukmin » Fri Feb 18, 2011 2:34 am

@ eddie
= anda jngn OOT keKristen..
= bgaimana klw anda sebutkn 1 sifat Allah yg d sebut Muhammad lalu kita bincangkn dsini??..
= bdw thanks atas haditnys.. salam





akm..
User avatar
Al-Kafirun_Mukmin
 
Posts: 1135
Joined: Sat Jan 22, 2011 7:13 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby eddie1984id » Fri Feb 18, 2011 4:34 pm

@a_man
setahu saya najis itu Najis adalah sesuatu yang menjadi penghalang beribadah kepada Allah SWT yang berbentuk kotoran yang menempel pada zat, tubuh, pakaian atau benda lainnya. bukan kata kerja kayaknya...tapi lebih ke kata benda he he

@Al-Kafirun_Mukmin
Maaf mas kalau dirasa OOT sama Mas, padahal saya waktu nulis itu sama sekali tidak mengacu ke agama lain, saya hanya membayangkan apabila ada sesuatu yang memiliki kekuatan sangat besar yang bisa sangat berpengaruh pada kehidupan di alam ini, memiliki kehendak, dan ada lebih dari satu! bisa dibayangkan apa yang terjadi hii ngeri


= bgaimana klw anda sebutkn 1 sifat Allah yg d sebut Muhammad lalu kita bincangkn dsini??..
>> bagaimana dengan Basar yang artinya Maha Melihat .. mas mau nanggapi...?
User avatar
eddie1984id
 
Posts: 350
Joined: Wed Feb 09, 2011 9:32 am

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby a_man » Fri Feb 18, 2011 11:34 pm

eddie1984id wrote:setahu saya najis itu Najis adalah sesuatu yang menjadi penghalang beribadah kepada Allah SWT yang berbentuk kotoran yang menempel pada zat, tubuh, pakaian atau benda lainnya. bukan kata kerja kayaknya...tapi lebih ke kata benda

lho emangnya sifat itu gak nempel ?
justru buat bersihin sifat itu lebih susah daripada bersihin kotoran.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Apa maksudnya "mensucikan dzat Allah dari sifat musahil" ?

Postby Si Amang Miyang » Fri Feb 18, 2011 11:44 pm

eddie1984id wrote:@a_man
setahu saya najis itu Najis adalah sesuatu yang menjadi penghalang beribadah kepada Allah SWT yang berbentuk kotoran yang menempel pada zat, tubuh, pakaian atau benda lainnya. bukan kata kerja kayaknya...tapi lebih ke kata benda he he

@Al-Kafirun_Mukmin
Maaf mas kalau dirasa OOT sama Mas, padahal saya waktu nulis itu sama sekali tidak mengacu ke agama lain, saya hanya membayangkan apabila ada sesuatu yang memiliki kekuatan sangat besar yang bisa sangat berpengaruh pada kehidupan di alam ini, memiliki kehendak, dan ada lebih dari satu! bisa dibayangkan apa yang terjadi hii ngeri


= bgaimana klw anda sebutkn 1 sifat Allah yg d sebut Muhammad lalu kita bincangkn dsini??..
>> bagaimana dengan Basar yang artinya Maha Melihat .. mas mau nanggapi...?


Olloh yaa?? :shock:
User avatar
Si Amang Miyang
 
Posts: 533
Joined: Thu Dec 16, 2010 9:54 am
Location: sebuah toilet yg bernama ka'bah

Next

Return to CARA BERPIKIR MUSLIM



Who is online

Users browsing this forum: No registered users