.

Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Mengungkapkan cara berpikir Muslim pada umumnya dan Muslim di FFIndonesia pada khususnya.

Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby pengentau » Thu Dec 02, 2010 7:41 pm

Semoga bisa ditanggapi dengan cara yang beradab.


Kita semua pasti sering mendengar bahwa
Islam adalah agama damai.
Islam menghargai perbedaan keyakinan.
Islam bersifat toleran.
dll.

Benarkah ? TIDAK !
Lalu, apa penyebabnya ?
Penyebabnya adalah kata "KAFIR"
Ya, kata itulah yang menjadi kunci kontradiksi atas klaim nilai positif dan realita. Selama kata itu masih menggema dalam kehidupan bermasyarakt..rasanya terlalu naif jika Islam masih diakui sebagai agama yang bersifat toleran.


Kafir berasal dari bahasa Arab yang artinya menutupi sesuatu, atau menyembunyikan kebaikan yang telah diterima atau tidak berterima kasih. Bentuk jamak dari kafir adalah kafirun atau kuffar. Dalam al-Quran, kata kafir dengan berbagai bentuk kata jadinya disebut sebanyak 525 kali.
Kata kafir digunakan dalam Al-Quran berkaitan dengan perbuatan yang berhubungan dengan Tuhan, seperti :
mengingkari nikmat-nikmat Tuhan dan tidak berterima kasih kepada-Nya (QS.16:55, QS. 30:34),
lari dari tanggung jawab (QS.14:22),
menolak hukum Allah (QS. 5;44),
meninggalkan amal soleh yang diperintahkan Allah (QS. 30:44).

Namun yang paling dominan, kata kafir digunakan dalam al-Quran adalah kata kafir yang mempunyai arti pendustaan atau pengingkaran terhadap Allah Swt dan Rasul-RasulNya, khususnya nabi Muhammad dan ajaran-ajaran yang dibawanya.
Ditinjau dari segi bahasa, kata kafir tidak selamanya berarti non-muslim, karena ada penggunaan kata kafir atau pecahan dari kata kafir seperti kufur, yang bermakna inkar saja, tidak sampai mengeluarkan seseorang dari keislaman. Contohnya kufur nikmat, yaitu orang yang tidak pandai/mensyukuri nikmat Tuhan, atau dalam istilah lain disebut sebagai kufrun duna kufrin (kekufuran yang tidak sampai membawa pelakunya kafir/keluar dari islam).
Secara istilah, kafir adalah orang yang menentang, menolak, kebenaran dari Allah Swt yang di sampaikan oleh RasulNya. Atau secara singkat kafir adalah kebalikan dari iman. Dilihat dari istilah, bisa dikatakan bahwa kafir sama dengan non-muslim. Yaitu orang yang tidak mengimani Allah dan rasul-rasul-Nya serta ajarannya.
Banyak Muslim yang mengatakan bahwa kata kafir tidak menghina, hanya sekedar bentuk pembedaan dari kaum Muslim. Betulkah ?
Quran 98:6, Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk)
ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.
Anda tidak merasa terhina dicap sebagai seburuk-buruk mahluk alias mahluk yang paling buruk ?
NOTE : INI ADALAH HAL PALING RINGAN YANG PERLU DIDEKONSTRUKSI DALAM AJARAN ISLAM.



Sebelum komen muter2...tolong cermati kalimat "SEBURUK BURUK MAHLUK"
Apa artinya menghargai perbedaan kalo kalimat diatas masih eksis dalam Quran?
Last edited by pengentau on Fri Dec 03, 2010 7:24 pm, edited 2 times in total.
User avatar
pengentau
 
Posts: 47
Joined: Mon Mar 08, 2010 3:09 am

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Musilm Masuk!

Postby didien » Fri Dec 03, 2010 3:47 am

boss...kalo memahami Al-Qur'an jangan sepenggal-sepenggal, Al-Qur'an tidak sama dengan Al-Kitab yang bisa dikutip sepenggal2, baca dulu dan fahami ayat2 sebelumnya
QS 98:1-8 berbunyi:

1. Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,
2.(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran),

3.di dalamnya terdapat (isi) Kitab-kitab yang lurus.
4.Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.
5.Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.
6.Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.
7.Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.
8.Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya

(ayat ini menerangkan suatu kejadian sebelum lahirnya Nabi Muhammad SAW)

diatas surat dengan seluruh ayat-ayatnya, perhatikan ayat 1, defenisi kafir disini: yaitu ahli Kitab dan orang musrik, apakah boss itu ahli kitab? atau musyrik? tidak ke dua2nya kan?
khusus ahli kitab, mereka ini memegang kitab dan selalu membaca Al-Kitab, disana diterangkan akan muncul nabi dan mereka ini menunggu-nunggu bukti yang nyata, namun setelah datang bukti nyata tersebut (nabi) seperti yang diterangkan Al-Kitab yang mereka pegang, mereka mengingkarinya, yaitu kedatangan Rasul Allah. yang membenarkan Al-Kitab mereka.

ayat ke 5, Padahal Ahli Kitab itu disuruh memurnikan ketaatannya untuk hanya menyembah kepada Allah saja, tetapi setelah datang bukti tersebut mereka enggan.

Kata2 mereka itu seburuk-buruk mahluk itu (ayat 6) dikatakan oleh Tuhan sendiri akibat perbuatan Ahli Kitab itu sendiri, dan itu Hak-Nya Dia.
boss tidak usah marah atau kesal karena boss bukan dari ahli Kitab.


just my 2 cent
didien
 
Posts: 1
Joined: Fri Dec 03, 2010 2:22 am

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Musilm Masuk!

Postby kutukupret » Fri Dec 03, 2010 7:18 am

@atas

maaf, nggak menjawab pertanyaan, coba baca sekali lagee :green:
User avatar
kutukupret
 
Posts: 6401
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Musilm Masuk!

Postby mbah.erott » Fri Dec 03, 2010 7:58 am

Kekekeh... gampangnya gini deh, APAKAH ISLAM MENGAKUI DAN MENGHARGAI HAK ASASI MANUSIA?

Hak asasi adalah salah satu pengakuan terhadap pilihan manusia yg dapat berbeda satu dengan yg lainnya.

Sori, sy non muslim tapi pengen kasih pendapat... permisi.. :heart:
User avatar
mbah.erott
 
Posts: 2731
Joined: Sat Aug 14, 2010 12:33 pm
Location: Iran, lagi ngegedein petasan di tangan ane jadi rudal Shahab-5 buat Ahmadinejad

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Musilm Masuk!

Postby pengentau » Fri Dec 03, 2010 8:02 am

@didien,

betul. jangan baca quran sepenggal-sepenggal.
baca secara menyeluruh, nanti akan ketahuan dengan jelas...bagaimana psikologi surah makkiyah dan maddaniyah.

makkiyah > lebih humble, lebih friendly, lebih demokratis
maddaniyah > mulai sangar, mulai kejam, tidak manusiwai, dll

anyways,...okelah mau dibaca secara lengkap / penggal2....

pertanyaannya,
kenapa harus ada kalimat "Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk" ?
Quran 98:6, Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk)
ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.


kalo kafir itu orang yg tidak mengakui allah & muhammad....oke lah
kalo kafir itu orang yg dianggap tersesat....oke lah

tapi kalo kafir itu adalah seburuk-buruk mahluk (baca : mahluk yg paling buruk).....apa pantas diucapkan oleh Sang Maha Pengasih & Penyayang ????
User avatar
pengentau
 
Posts: 47
Joined: Mon Mar 08, 2010 3:09 am

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby mbah.erott » Fri Dec 03, 2010 11:22 am

Mitxel wrote:apa kah kristen bisa menghargai perbedaan?
klo emang bisa, situs ga bakalan lebih rame kristennya daripada islamnya

Bro mitxel, kira2, kenapa muslim lebih jarang memberi komen di sini?
Apakah jumlah muslim dan non muslim di sini menggambarkan jawaban atas pertanyaan bro di atas?
Maksud TS di sini, lihatlah paham islam itu sendiri yg telah mengotak-ngotakkan manusia menjadi muslim dan kafir.
:heart:
User avatar
mbah.erott
 
Posts: 2731
Joined: Sat Aug 14, 2010 12:33 pm
Location: Iran, lagi ngegedein petasan di tangan ane jadi rudal Shahab-5 buat Ahmadinejad

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby bocor » Fri Dec 03, 2010 3:27 pm

jawaban sdr didien sangat simple, masuk akal dan mengena. thank you untuk pejelasannya =D>
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Musilm Masuk!

Postby bocor » Fri Dec 03, 2010 3:31 pm

pengentau wrote:@didien,

betul. jangan baca quran sepenggal-sepenggal.
baca secara menyeluruh, nanti akan ketahuan dengan jelas...bagaimana psikologi surah makkiyah dan maddaniyah.

makkiyah > lebih humble, lebih friendly, lebih demokratis
maddaniyah > mulai sangar, mulai kejam, tidak manusiwai, dll

anyways,...okelah mau dibaca secara lengkap / penggal2....

pertanyaannya,
kenapa harus ada kalimat "Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk" ?
Quran 98:6, Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk)
ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.




kalo kafir itu orang yg tidak mengakui allah & muhammad....oke lah
kalo kafir itu orang yg dianggap tersesat....oke lah

tapi kalo kafir itu adalah seburuk-buruk mahluk (baca : mahluk yg paling buruk).....apa pantas diucapkan oleh Sang Maha Pengasih & Penyayang ????


baca dong dengan teliti jawabannya, soal pantas atau tidak itu Hak-Nya.
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby pengentau » Fri Dec 03, 2010 3:54 pm

bocor wrote:jawaban sdr didien sangat simple, masuk akal dan mengena. thank you untuk pejelasannya =D>


masuk akal & mengena ? dalam konteks yg bagaimana ?
User avatar
pengentau
 
Posts: 47
Joined: Mon Mar 08, 2010 3:09 am

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby CRESCENT-STAR » Fri Dec 03, 2010 4:27 pm

KAFIR itu artinya PENGINGKAR ..mengingkari. secara bahasa kata KAFIR juga bisa dikenakan pada orang Islam sendiri, jika dia melakukan perilaku kafir, semisal menolak beberapa perintah Allah. istri2 nabi juga pernah disebut kafir oleh Allah pada kasus sewaktu beliau-beliau itu menyusahkan nabi.
namun secara term khusus, KAFIR ditujukan pada orang non Islam sbg konsekuensi dari sikap mereka yang menolak ajaran2 Quran dan Nabi Muhammad.

dan saya kira dalam ranah agama, pengelompokan ISTILAH "orang beriman" dgn "orang kafir" itu sangat logis dan berlaku di semua agama.
dalam konteks muamalah dan interaksi sosial pengotakan ini tidak ada. ya memang ini butuh penjelasan rinci.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby kutukupret » Fri Dec 03, 2010 4:51 pm

CRESCENT-STAR wrote:KAFIR itu artinya PENGINGKAR ..mengingkari. secara bahasa kata KAFIR juga bisa dikenakan pada orang Islam sendiri, jika dia melakukan perilaku kafir, semisal menolak beberapa perintah Allah. istri2 nabi juga pernah disebut kafir oleh Allah pada kasus sewaktu beliau-beliau itu menyusahkan nabi.
namun secara term khusus, KAFIR ditujukan pada orang non Islam sbg konsekuensi dari sikap mereka yang menolak ajaran2 Quran dan Nabi Muhammad.

dan saya kira dalam ranah agama, pengelompokan ISTILAH "orang beriman" dgn "orang kafir" itu sangat logis dan berlaku di semua agama.
dalam konteks muamalah dan interaksi sosial pengotakan ini tidak ada. ya memang ini butuh penjelasan rinci.


PENGINGKAR, yang memberi julukan KAPIR kan si Allah SWT, apa yang di Ingkari. soal teknologi ? atau hanya doktrin Islam ?
User avatar
kutukupret
 
Posts: 6401
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby ahaQ » Fri Dec 03, 2010 5:55 pm

Kāfir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar, menolak atau menutup.

Pada zaman sebelum Islam, istilah tersebut digunakan untuk para petani yang sedang menanam benih di ladang, menutup/mengubur dengan tanah. Sehingga kalimat kāfir bisa dimplikasikan menjadi "seseorang yang bersembunyi atau menutup diri". Dalam bahasa Islam, kāfir sebuah kata yang digunakan untuk seseorang yang menolak atau tidak memeluk agama Islam.

Jadi menurut syariat Islam, manusia kāfir terdiri dari beberapa makna, yaitu:

* Orang yang tidak beragama Islam atau orang yang tidak mau membaca syahadat.
* Orang Islam yang tidak mau salat.
* Orang Islam yang tidak mau puasa.
* Orang Islam yang tidak mau berzakat.

sumber : wikipedia

intinya kalo bukan Islam, silahkan dipotong lehernya... maaf, saya bukan Muslim, tapi cuma mau ikut diskusi :heart: :heart:
User avatar
ahaQ
 
Posts: 865
Joined: Sun Sep 12, 2010 7:41 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby doblank » Fri Dec 03, 2010 5:55 pm

CRESCENT-STAR wrote:KAFIR itu artinya PENGINGKAR ..mengingkari. secara bahasa kata KAFIR juga bisa dikenakan pada orang Islam sendiri, jika dia melakukan perilaku kafir, semisal menolak beberapa perintah Allah. istri2 nabi juga pernah disebut kafir oleh Allah pada kasus sewaktu beliau-beliau itu menyusahkan nabi.
namun secara term khusus, KAFIR ditujukan pada orang non Islam sbg konsekuensi dari sikap mereka yang menolak ajaran2 Quran dan Nabi Muhammad.

dan saya kira dalam ranah agama, pengelompokan ISTILAH "orang beriman" dgn "orang kafir" itu sangat logis dan berlaku di semua agama.
dalam konteks muamalah dan interaksi sosial pengotakan ini tidak ada. ya memang ini butuh penjelasan rinci.

- pantas saja, wanita disamakan dengan babi dan anjing.
- agama mana yang memperkenalkan/mengelompokkan istilah org beriman dan orang kafir?




Salam kenal

salam damai.
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby golddragon » Fri Dec 03, 2010 8:16 pm

yang jelas bagi muslim :
1,penyembah patung atau simbol(berhala) adalah kafir
2.yang tidak mengakui muhamad dan alah swt adalah kafir

pertanyaan :
1.agama apa selain islam yang tidak menyembah patung,simbol?
2.agama apa selain islam mengakui muh sebagai nabi


kesimpulan selain umat islam sudah pasti kafir,....

tiap agama punya nabi keyakinan masing2,merasa paling benar....tpi hanya islam yang menytakan kafir selain umatnya seburuk buruknya mahluk dan pasti masuk neraka,...
User avatar
golddragon
 
Posts: 379
Joined: Sun Apr 20, 2008 12:38 am

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ? Muslim Masuk

Postby bocor » Fri Dec 03, 2010 10:53 pm


intinya kalo bukan Islam, silahkan dipotong lehernya... maaf, saya bukan Muslim, tapi cuma mau ikut diskusi :heart: :heart:


jelas sekali anda bukan Muslim, bisa terlihat dari kata2nya.
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby cendol » Fri Dec 03, 2010 11:15 pm

ya,aku jd bersedih disebut seburuk-buruk mahluk.
ga ah aku tau mau jadi mualaf,aku sudah sakit hati karena perkataan owloh swt, aku terpukul, jatuh tak berdaya.
Perkataan itu membuatku tersiksa, aku sudah sakit hati..hiks..kita putus owloh! Tus..tus
User avatar
cendol
 
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby CRESCENT-STAR » Fri Dec 03, 2010 11:32 pm

menurut saya terima sajalah disebut kafir. saya juga tdk jadi masalah disebut domba sesat oleh orang kristen. biasa aja lah. kenapa jadi cengeng begitu sih ?
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby duren » Fri Dec 03, 2010 11:41 pm

CRESCENT-STAR wrote:menurut saya terima sajalah disebut kafir. saya juga tdk jadi masalah disebut domba sesat oleh orang kristen. biasa aja lah. kenapa jadi cengeng begitu sih ?

Tambahan :
Ente malah cuma dianggap SEKELAS sama KAMBING oleh muslim Arab :vom: :vom:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby CRESCENT-STAR » Fri Dec 03, 2010 11:59 pm

ah biarin saja orang arab nganggap begitu, asal jangan dikatakan spt itu oleh Tuhan.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Apakah Islam Benar2 Menghargai Perbedaan ?

Postby duren » Sat Dec 04, 2010 12:13 am

CRESCENT-STAR wrote:ah biarin saja orang arab nganggap begitu, asal jangan dikatakan spt itu oleh Tuhan.

He he jadi ingat tingkah si Iniesta klo lage ku buat gondok .. cup cup :lol:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Next

Return to CARA BERPIKIR MUSLIM



Who is online

Users browsing this forum: No registered users