.

Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Mengungkapkan cara berpikir Muslim pada umumnya dan Muslim di FFIndonesia pada khususnya.

Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby RusakDelu » Tue Nov 16, 2010 7:06 am

Pengamat: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia Antara - 19 menit laluKirim Kirim via YM Cetak
Wina (ANTARA) - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa saat ini semakin banyak perguruan tinggi di Eropa yang mendirikan kajian mengenai Islam di Indonesia karena mereka tertarik atas kehidupan beragamanya.

"Mereka menyadari Islam di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, juga penting," kata Nur Kholis saat kuliah umum di Universitas Wina, Austria, Senin.

Nur Kholis bersama dengan Guru Besar Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Prof BS Mardiatmadja dan Direktur Institute for Study of Islamic Though and Civilization (Insist) Hamid Fahmi Zarkasyi berada di Austria untuk memberi kuliah umum di Universitas Wina dan Universitas Salzburg.

Mereka mengikuti kegiatan Kampanye Diplomatik Umum yang diadakan oleh Kementerian Luar Negeri.

Nur Kholis yang pernah belajar mengenai kajian Islam di Jerman dan mengambil S2 di Belanda itu mengatakan, kajian Islam di Indonesia antara lain ada di Jerman (Frankruf, Hamburg, Berlin, dan Bonn), Belanda, dan Inggris.

Nur Kholis mengatakan, mereka kagum dan merasa heran, Indonesia yang luas dan sangat beragam budaya serta agama tidak pernah bentrok seperti di Balkan. "Aman-aman saja. Mereka kagum," katanya.

Beberapa waktu lalu, katanya, Jerman merasa gagal membangun keanekaragaman padahal penduduknya hanya terdiri dari Jerman asli, Turki dan Yahudi.

Hal itu, katanya, karena Jerman merasa yang paling utama. "Nah Indonesia tidak mengalami hal ini. Kita saling menghargai satu sama lain," katanya.

Nur Kholis juga mengatakan, sejak dahulu kajian mengenai Islam di Eropa hanya tertuju pada kajian Islam Timur Tengah. Namun setelah melihat perkembangan yang ada mereka merasa perlu melihat Islam dari sisi yang lain. "Indonesia salah satunya," kata Nur Kholis.

Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara muslim yang besar namun angka konfliknya kecil.

Pada kesempatan itu Nur Kholis juga menggambarkan kondisi kehidupan antaragama di Indonesia. Ia mengakatan bahwa kehidupan antaragama di masa pascareformasi lebih baik dibanding masa orde baru.

Ia mengatakan, pada saat orde baru keberagaman dicoba untuk dieliminir.Nur Kholis juga mengatakan, jikapun ada konflik di Indonesia maka itu bukan merupakan konflik antaragama. "Saya kira lebih banyak karena faktor lain," katanya.
Sebagai contoh kerusuhan di Sampit, Kalimantan, dan Poso (Sulawesi Tengah), katanya, bukanlah kerusuhan antaragama. Ia mengatakan kerusuhan di Sampit merupakan kerusuhan etnis.

Saat kunjungan Presiden Austria Heinz Fischer ke Indonesia 9 November, Indonesia dan Austria menandatangani perjanjian di bidang peningkatan kerja sama dialog antar umat beragama untuk mendorong hubungan kedua negara yang lebih baik.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kerja sama itu dapat berbentuk pertukaran pelajar ataupun kunjungan pemuka agama dari kedua negara dalam upaya membentuk dialog antar penganut agama.

Sementara Presiden Fischer mengatakan, Austria telah mendorong adanya dialog antar umat beragama di dalam negeri mereka sebagai upaya untuk mendorong adanya rasa saling memahami.

"Hal tersebut kami kembangkan melalui kerja sama di bidang tersebut dengan negara lain, dan kami memilih Indonesia," paparnya.

Komentar Gua: G O M B A L L L L L L L L L .................. :prayer: :prayer: :prayer: :prayer: :prayer: :prayer: :prayer:
RusakDelu
 
Posts: 10
Joined: Sat Sep 18, 2010 1:36 pm

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby Dudekh » Tue Nov 16, 2010 9:28 am

- Nur Kholis mengatakan, mereka kagum dan merasa heran, Indonesia yang luas dan sangat beragam budaya serta agama tidak pernah bentrok seperti di Balkan. "Aman-aman saja. Mereka kagum," katanya.

- "Nah Indonesia tidak mengalami hal ini. Kita saling menghargai satu sama lain," katanya.

- Ia mengatakan, Indonesia sebagai negara muslim yang besar namun angka konfliknya kecil.


itu karena nonmuslim di indonesia berjiwa damai. masih menjunjung tinggi budaya nenek moyang untuk saling tepa selira.
tapi coba lihat sebagian muslim yg sudah terpengaruh budaya arab. adakah mereka bisa menghargai yg lainnya?
kata "saling" itu maknanya dari kedua belah pihak. tapi bisakah islam diajak untuk saling menghargai?
kayaknya para pengkaji dari eropa ini perlu diajak tinggal barang 3 bulan di indonesia, agar mereka tahu seperti apa damainya islam di indonesia.

Beberapa waktu lalu, katanya, Jerman merasa gagal membangun keanekaragaman padahal penduduknya hanya terdiri dari Jerman asli, Turki dan Yahudi.

itu karena pengambil kebijakan di jerman adalah nonmuslim.
bagaimanapun, islam sudah mendoktrin muslim bahwa mereka adalah kalifah di bumi ini.
sehingga, selama yg memegang tampuk adalah nonmuslim, jangan harap mereka akan manut walaupun itu untuk kebaikan bersama.
User avatar
Dudekh
 
Posts: 1022
Joined: Wed Jul 21, 2010 2:48 pm

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby true faith » Sun Nov 28, 2010 3:18 pm

ya ajak tinggal orng eropa itu selama 6 bulan penuh

baru tahu aslinya islam indonesia

manisnya hanya di luar

sebagian orang eropa juga memuji Indonesia

hanya bikin gua senyum deh....

nggak pernah tahu keburukan indonesia
true faith
 
Posts: 293
Joined: Thu Oct 07, 2010 7:37 pm
Location: DPR di bawah pohon rindang lagi menikmati angin spoi spoi

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby embun » Sun Nov 28, 2010 3:22 pm

User avatar
embun
 
Posts: 743
Joined: Thu Nov 04, 2010 8:23 am
Location: diatas daun di pagi hari

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby CRESCENT-STAR » Wed Dec 01, 2010 9:18 am

kok kesannya orang eropa itu bodoh-bodoh ya di mata bung semua ? ...
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby Dudekh » Wed Dec 01, 2010 10:01 am

CRESCENT-STAR wrote:kok kesannya orang eropa itu bodoh-bodoh ya di mata bung semua ? ...

bukannya ****, tapi mereka hanya melihat dari kejauhan. makanya perlu diajak tinggal barang beberapa bulan di sini.
ibarat kita melihat gunung dari kejauhan, yg kelihatan hanya warna pepohonan hijau pertanda subur.
tapi coba kita berada disana, ternyata banyak jurang2 terjal yg membahayakan. belum lagi kalau meletus kayak merapi.

faktanya aja lihat bung cs. berapa banyak tindakan kekerasan yg mengatas namakan agama (islam) di indo?
jika saja kaum nonmuslim tidak banyak mengalah terhadap keegoisan muslim, tidak tau seperti apa carut marutnya negara ini.
dan sebagian besar konflik horizontal yg mengatas namakan agama yg terjadi di muka bumi ini, satu pihak yg terlibat dipastikan islam!! di negara manapun!!
User avatar
Dudekh
 
Posts: 1022
Joined: Wed Jul 21, 2010 2:48 pm

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby embun » Wed Dec 01, 2010 11:02 am

CRESCENT-STAR wrote:kok kesannya orang eropa itu bodoh-bodoh ya di mata bung semua ? ...


Nurkolisnya kalee....
User avatar
embun
 
Posts: 743
Joined: Thu Nov 04, 2010 8:23 am
Location: diatas daun di pagi hari

Re: Eropa Makin Banyak Kaji Islam Indonesia

Postby pengentau » Wed Dec 01, 2010 11:54 am

biasa..propaganda muslim.
User avatar
pengentau
 
Posts: 47
Joined: Mon Mar 08, 2010 3:09 am


Return to CARA BERPIKIR MUSLIM



Who is online

Users browsing this forum: No registered users