.

Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Mengungkapkan cara berpikir Muslim pada umumnya dan Muslim di FFIndonesia pada khususnya.

Postby yvptgxj » Sat Jan 01, 2011 9:20 pm

Pas banget dgn yg gue pikirin di post sebelumnya.

gagalnya-ekonomi-dan-politik-islam-t42307/
yvptgxj
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Raven_13 » Sat Jan 01, 2011 9:33 pm

Sudah lama gak mampir kemari...

Jawaban slimmer dengan gayanya gak berubah...

Sebelumnya, mau ucapin dulu [font=times]"Selamat Tahun Baru 2011"[/font] :partyman:

Numpang nandain thread...

pendapat saya sederhana saja... para pebisnis senang manfaatkan mereka2 yg fanatik dgn agamanya...
shg jika bank dinamakan Syariah, meski tanpa sistem yg jelas dan bahkan jelas2 lbh merugikan pada debitur, maka mrk akan suka & yakin...
sejauh ini belum ada komentar yang bisa mendukung atau memberi penjelasan bahwa Bank Syariah lebih menguntungkan debitur...
Sementara para bank berlomba-lomba membuat Syariah: BTN, Mandiri, dll...
Salah satu kolega saya pernah bilang bahwa minjam ke Syariah lbh untung...
Sayangnya sy belum sempat meminta dasar perhitungan yg detil mengenai komparasinya yg menjadi dasar pendapatnya itu...

Senangnya melihat para pebisnis bisa memanfaatkan peluang dari mereka2 yg fanatik dgn agamanya,
shg dpt membodohi secara halus...
mereka yang minjam telah lupa...
mau bunga itu riba, kek... mau selisih jual, kek... tetap aja itu selisih uang yg hrs dibayarkan tiap bulannya ke pihak bank yang meminjamkan uang...
dan untuk sebagian pebisinis dan mrk yg paham akan resiko kredit, akan hindari fasilitas pinjaman/kredit atau memperkecil jumlahnya...

Salam kenal dari newbie di sini... :heart:
User avatar
Raven_13
 
Posts: 718
Joined: Wed Sep 08, 2010 11:53 pm
Location: somewhere in South East Asia...

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby I__Muslim » Sat Jan 01, 2011 9:41 pm

wah, raven telah kembali

:prayer:

Di FFI ini lagi kerepotan dengan netter Tu*nku.

Welcome back, O Raven_13

:prayer:
I__Muslim
 
Posts: 981
Joined: Tue Jul 13, 2010 4:18 pm
Location: Antara ada dan tiada....

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Raven_13 » Mon Jan 03, 2011 11:37 am

I__Muslim wrote:wah, raven telah kembali

:prayer:

Di FFI ini lagi kerepotan dengan netter Tu*nku.

Welcome back, O Raven_13

:prayer:


:rolling: wa ka ka ka.... pake "O Raven_13"... kesannya kayak apa aja... :lol:

hmm... :-k masih hidup yah tuh netter?! setia banget kesannya sama FFI ini...?! :green:
User avatar
Raven_13
 
Posts: 718
Joined: Wed Sep 08, 2010 11:53 pm
Location: somewhere in South East Asia...

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby kafirudin » Thu May 26, 2011 4:03 pm

permisi bro dan sis...ada medan perang diluar sana...tampaknya slimers ada yg pd ngeh sistem kadalisasi bank2 syariah. walau ane pikir TS nya mah udah kafir tuch. praktisi dan pekerja bank syariah beneran, ada tuh di post 2. karyawan BRI syariah lhoooo, id kaskus nya vedyvirnata tuch.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8523232

salam bagi yg berlogika
User avatar
kafirudin
 
Posts: 31
Joined: Thu May 19, 2011 12:00 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Thu May 26, 2011 7:25 pm

kafirudin wrote:permisi bro dan sis...ada medan perang diluar sana...tampaknya slimers ada yg pd ngeh sistem kadalisasi bank2 syariah. walau ane pikir TS nya mah udah kafir tuch. praktisi dan pekerja bank syariah beneran, ada tuh di post 2. karyawan BRI syariah lhoooo, id kaskus nya vedyvirnata tuch.

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8523232

salam bagi yg berlogika

Bung Kafirudin,
...Terima kasih anda "membangunkan lagi" thread ini. Saya sudah menjelajahi sebagian thread yang anda tunjuk di kaskus itu.
...Untuk pertama kali pula saya melakukan posting di kaskus. Berikut kutipannya:

Rasionalis, newbie, wrote:

Tantangan bagi pembela bank syariah

Bila di antara anda ada yang merasa sanggup membuktikan bahwa bank syariah lebih baik dari bank konvensional, bukan sebaliknya, saya ajak berdiskusi di: http://indonesia.faithfreedom.org/fo...absurd-t41425/

Ajakan ini terutama ditujukan kepada yang merasa dirinya tergolong pakar atau ahli bank syariah.

Terima kasih, salam.


neilhoja, kaskus addict, wrote:

situs debat kusir gan. percuma. di situ juga ada kebenaran Islam yang dipertanyakan.


Rasionalis, newbie, wrote:

Selain mempertanyakan kebenaran Islam, situs itu juga sudah mengupas masalah bank syariah ini dengan rinci. Agaknya anda termasuk manusia yang suka apriori.

Mau di sini juga boleh. Bagi yang merasa dirinya mampu membela konsep bank syariah, silahkan memulainya dengan mengutarakan satu aspek kelebihan bank syariah dibanding bank konvensional.

...Kita tunggu saja apa ada yang bersedia menerima tantangan itu.
Last edited by Rasionalis on Mon May 30, 2011 6:15 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Sat May 28, 2011 12:08 pm

@ Semua sobat netter,

...Bagi yang berminat mengikuti debat mengenai bank syariah, baik sebagai penonton atau pun mau ikut nimbrung, dipersilahkan mengklik: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8793800
...Sudah mulai ada yang mau melayani saya berdebat di sana. Sedang ajakan untuk memasuki thread ini agaknya tidak akan mendapat sambutan dari para netter muslim.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby kafirudin » Sun May 29, 2011 8:38 pm

saya kuatir tantangan bro rasionalis ngga ada yg berani ambil. kemungkinan adalah krn mereka rata2 masi anak2 kelas kuliahan. kalo ada yang bangkotan dan mengerti pun, saya yakin keburu keder dengan nama FFI, hehehehe. =D>

ngga punya biji :finga:
User avatar
kafirudin
 
Posts: 31
Joined: Thu May 19, 2011 12:00 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Sun May 29, 2011 11:03 pm

kafirudin wrote:saya kuatir tantangan bro rasionalis ngga ada yg berani ambil. kemungkinan adalah krn mereka rata2 masi anak2 kelas kuliahan. kalo ada yang bangkotan dan mengerti pun, saya yakin keburu keder dengan nama FFI, hehehehe. =D>

ngga punya biji :finga:

...Begitu ya!? Kelihatannya anda benar. Yang sudah punya reputasi tinggi di kalangan muslim, saya duga menilai sangat risky berdebat di FFI. Pamornya bisa berantakan atau bahkan tenggelam. Tidak mustahil, di mata mereka, memasuki forum FFI sama dengan masuk ke kandang singa.
...Walau saya ajak berdebat di kaskus pun, masih saya ragukan yang bangkotan dan ahli mau muncul. Masalahnya, mereka tahu bahwa dasar-dasar bank syariah itu sendiri rapuh: Hanya permainan kata dan istilah yang menghasilkan keruwetan dan in-efisiensi.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby duren » Sun May 29, 2011 11:32 pm

@ Rasionalis

Dulu para mbah nya ngumpul di detik forum ... tapi ntahlah sekarang , dah lama ga main di sono .
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Sun May 29, 2011 11:58 pm

duren wrote:@ Rasionalis

Dulu para mbah nya ngumpul di detik forum ... tapi ntahlah sekarang , dah lama ga main di sono .

...Terima kasih, bung Duren. Akan saya coba cari forum itu.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Bigman » Mon May 30, 2011 12:31 am

http://www.detikfinance.com/read/2009/1 ... 62-triliun

Image
Selasa, 06/10/2009 19:50 WIB
detikfinance.com wrote:Jakarta - Jumlah kredit macet (NPF/Non Performing Finance ) perbankan syariah pada Agustus 2009 meningkat 11,7% (Rp 258 miliar) menjadi Rp 2,462 triliun dari posisi Juli 2009 yang sebesar Rp 2,204 triliun.

Demikian disampaikan Bank Indonesia (BI) dalam data statistik perbankan syariah Agustus 2009 yang dikutip detikFinance, Selasa (6/10/2009).

Jumlah NPF bank syariah ini sebenarnya terus mengalami lonjakan sejak bulan Juli 2009, dari Rp 1,851 triliun (Juni 2009) menjadi Rp 2,204 triliun (Juli 2009), dan terus meningkat menjadi Rp 2,462 triliun (Agustus 2009).

Peningkatan NPF cukup tinggi terjadi pada sektor jasa yang nilainya mencapai Rp 569 miliar, kemudian diikuti oleh sektor perdagangan, restoran, dan hotel dengan NPF sebesar Rp 546 miliar. Serta sektor lain-lain yang nilainya sebesar Rp 608 miliar.

Jumlah pembiayaan (kredit) yang diberikan oleh bank syariah pada Agustus 2009 adalah sebesar Rp 43,89 triliun atau meningkat dari total pembiayaan pada bukan Juli 2009 yang nilainya sebesar Rp 42,828 triliun.

Sektor jasa memang mendapatkan porsi pembiayaan syariah terbesar dengan nilai Rp 13,063 triliun, diikuti dengan sektor lain-lain yang jumlahnya mencapai Rp 11,951 triliun
(dnl/ang)

Bung Rasionalis, mungkin ada gunanya,
kalo sekarang mangkin gede kalee macetnya......... :lol:
User avatar
Bigman
 
Posts: 3240
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby jadi » Mon May 30, 2011 10:01 am

Bank Syariah adalah salah satu cara kretivitas muslim di zaman ini untuk menghindari memakan uang riba yang diharamkan dalam Islam.
klo dalam sistemnya masih banyak kesalahan dan error namanya juga ijtihad bisa salah dan benar.

setidaknya ada usaha ketimbang belum apa2 sudah memiliki mental kalah tidak mau berusaha menerapkan kitab sucinya yang jelas2 melarang memakan uang riba.
jadi
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Mon May 30, 2011 5:10 pm

jadi wrote:Bank Syariah adalah salah satu cara kretivitas muslim di zaman ini untuk menghindari memakan uang riba yang diharamkan dalam Islam.
klo dalam sistemnya masih banyak kesalahan dan error namanya juga ijtihad bisa salah dan benar.

Bung Jadi,
...Justru kreativitas yang paling dimusuhi dalam dunia Islam. Semuanya harus berdasarkan Al Quran, yang dikarang oleh orang-orang pintar untuk standar 10-14 abad yang lalu.
...Keinginan menciptakan suatu yang lain dari yang sudah ada dan teruji patut kita dukung. Namun bila ternyata bahwa ciptaan baru itu tidak lebih baik dari yang sudah ada, maka harus segera dibuang atau dilupakan. Sikap seperti itu yang tidak ada pada para pendukung dan para pemikir perekonomian Islam, termasuk bank syariah.
...Kita dapat memahami keinginan muslim untuk memberi cap Islam atau syariah pada setiap ciptaan atau gagasannya, karena begitu miskinnya dunia Islam akan innovasi. Coba bayangkan seandainya para kafirun juga bersikap ekslusif seperti muslim, memberi label "kafir" pada semua ciptaan dan produknya seperti: bank, mobil, sepeda motor, pesawat terbang, tv, radio, telepon, komputer, polyester, dan sebagainya. Kemudian oleh para ulama difatwa haram digunakan oleh muslim/ah. Masih bisa kah muslim/ah hidup nyaman di dunia ini, selain harus masuk hutan dan hidup seperti kakek-moyang kita di jaman batu?
...Kelemahan dalam bank syariah bukan hanya pada sistemnya, tetapi lebih mendasar dari itu, yakni pada konsepsi atau ideanya. Hanya untuk menghilangkan istilah "bunga=riba", dikarang berbagai sistem dan prosedur yang lebih ruwet dan in-efisien. Mana mungkin bisa bertahan di pasar yang tingkat persaingannya demikian keras!?
...Sampai kapan pun bank syariah tidak akan bisa mengalahkan bank konvensional, yang terus-menerus mengalami perubahan dan perbaikan sejalan dengan perkembangan nasabahnya, dan mendapat masukan dari para akhli, peneliti dan pemikir sekular.
...Anda saya anjurkan membaca dua artikel berikut:
1. “Gagalnya Islam Politik,” oleh Samir Yousif, di thread “Ambruknya Ekonomi dan Politik Islam,” di: http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ambruknya-ekonomi-dan-politik-islam-t42307/, yang disadur oleh bung israel hu akbar dari “The Downfall of Political Islam” dan dimuat di: http://www.newenglishreview.org/custpag%20...%20c_id/77316 (Desember 2010)
2. “Keuangan Syariah adalah Hukum Islam,” oleh Dave Clark di halaman 2 thread ini, yang saya sadur dari http://www.faithfreedom.org/articles/op%20...%20lamic-law/
jadi wrote:setidaknya ada usaha ketimbang belum apa2 sudah memiliki mental kalah tidak mau berusaha
menerapkan kitab sucinya yang jelas2 melarang memakan uang riba.

...Konsepsi bank syariah bukan lagi hal yang baru. Sudah puluhan tahun dan tidak memberikan dampak yang lebih baik dibanding bank konvensional. Ide atau gagasan itu sudah sepatutnya dikubur. Tetapi justru ini lah yang sering “mengagumkan” dari sikap kebanyakan muslim. Walau sudah terbukti gagal, asal berdasarkan Quran, akan terus dipaksakan, bila perlu dengan melakukan manipulasi dan kebohongan agar gagasan itu terlihat dan terkesan baik dan hebat. Baru mau berhenti apabila sudah kehabisan “nafas” (dana dan daya) untuk suatu yang dari awal sudah jelas sia-sia di benak orang yang bisa berpikir.
...Sekali lagi saya anjurkan, bacalah kedua artikel yang saya sebutkan di atas. Tolong gali juga asal-usul larangan bunga=riba itu, bila kedua artikel di atas kurang memuaskan bagi anda.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby novalino » Mon May 30, 2011 5:16 pm

Bagaimana menurut bung... Apakah memang harus dipisahkan antra moralitas agama dan ekonomi sekarang yang mau tidak mau harus mengikuti pola ribawi?
novalino
 
Posts: 118
Joined: Tue Dec 28, 2010 4:09 pm

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Mon May 30, 2011 5:42 pm

Bigman wrote:http://www.detikfinance.com/read/2009/10/06/195046/1216589/5/kredit-macet-bank-syariah-capai-rp-2462-triliun

Selasa, 06/10/2009 19:50 WIB

detikfinance.com wrote:[size=110]Jakarta - Jumlah kredit macet (NPF/Non Performing Finance ) perbankan syariah pada Agustus 2009 meningkat 11,7% (Rp 258 miliar) menjadi Rp 2,462 triliun dari posisi Juli 2009 yang sebesar Rp 2,204 triliun.
Dan seterusnya...

Bigman wrote:Bung Rasionalis, mungkin ada gunanya,
kalo sekarang mangkin gede kalee macetnya......... :lol:

Bung Bigman,
...Terima kasih atas bantuan anda menunjukkan link lain. Apakah belum ada data yang lebih baru? Soalnya, ada anggota Srimulat yang menganggap dan percaya bahwa bank syariah "tahan banting" menghadapi krisis ekonomi/moneter.
...Istilah yang sudah umum di perbankan, NPL (Non Performing Loan) mereka ganti dengan NPF (Non Performing Finance), yang maknanya sama dan merupakan contoh lain dari "kibulan" orang barbar padang pasir. Merasa nikmat dan puas membohongi diri sendiri.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby kalangkilang » Mon May 30, 2011 5:59 pm

topik menarik nih,, =D>
sebenarnya penasaran sih apa kelebihan yang ditawarkan oleh bank shariah dibandingkan dengan bank konvensional.
dari beberapa kabar seperti yang diposting oleh netter bigman, bank shariah termasuk jenis bank yang berisiko untuk mengalami kegagalan bayar atau kredit macet..

apakah bank shariah ini, hanya sarana pemuasan syahwat muslim seperti di bidang lain??
seperti klaim ilmu pengetahuan yang berasal dari quran, klaim bahwa hukum shariah lebih baik dari hukum modern, atau
klaim bahwa muhammad adalah contoh manusia teladan???

Alasan apakah yang mendasari berdirinya bank shariah ini untuk menggantikan sistem perbankan konvesional..???

numpang nandain dan ikut menonton diskusinya...

salam
kk
User avatar
kalangkilang
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Rasionalis » Mon May 30, 2011 6:03 pm

novalino wrote:Bagaimana menurut bung... Apakah memang harus dipisahkan antra moralitas agama dan ekonomi sekarang yang mau tidak mau harus mengikuti pola ribawi?

Bung novalino,
...Sudi lah anda menggali dan menganalisis makna dan asal-usul larangan bunga=riba itu. Bukan kah netter muslim di forum ini amat sering berkata agar netter kafirun dalam mengutip dan membahas suatu ayat Quran atau Hadist mempertimbangakn konteksnya, masanya, latar-belakangnya, sebab-musababnya dan sebagainya? Tolong gunakan anjuran itu kepada diri anda sendiri dalam masalah bank syariah ini.
...Tidak kah timbul pertanyaan di pikiran anda, mengapa baru tahun 1970-an, muncul gagasan perekonomian dan perbankan syariah? Mengapa perlu lebih dari seribu tahun untuk menyadari dan menghindari bunga=riba? Apa para ulama dan pemikir Islam tidur selama itu? Lebih dari seribu tahun pula jutaan muslim/ah di seluruh dunia bergelimang dosa! Tinggal berapa gelintir kah nanti yang qualified masuk sorga yang seperti bordil itu?
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby kalangkilang » Mon May 30, 2011 6:30 pm

ditautkan dari sini : http://www.mail-archive.com/[email protected] ... 06975.html

http://www.suaramerdeka.com/
08/03/2009 21:54 wib - Ekonomi Aktual
Bandung, CyberNews. Pengguna Perbankan Syariah di Indonesia dalam sepuluh tahun
terakhir hanya mencapai 2,8 persen dari total warga masyarakat yang menggunakan
jasa perbankan secara nasional.


temen-temen apakah anda yang bisa memberikan data perbandingan antara nasabah
bank konvensioanl VS bank pasar VS BPR VS bank shariah..

mengutip mas hillman dari sini:
Hillman wrote:Dengan berat hati saya harus mengatakan bahwa ekonomi syariah, sebentuk dan sebangun dengan nikah muttah dan nikah siri.
Hanya dengan membawa nama sesuai Syariat Islam maka HARAM pun menjadi HALAL.

Astagafirullah


Apakah ujung-ujungnya bank shariah ini akan bernasib seperti nikah mutah dan nikah siri, berada pada ranah ada dan tiada..??
ranah yang dilakukan oleh banyak pihak muslim, tapi malu untuk mengakuinya???

salam
kk
User avatar
kalangkilang
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Bank Syariah, Ciri Cara Berpikir Muslim Yang Absurd

Postby Captain Pancasila » Mon Jun 06, 2011 2:37 pm

Akad Pembiayaan Pembelian Barang (berdasakan Sistem Syariah) :
Harga Barang 100 juta ---nggak mampu beli---> trus pinjem di Bank Syariah dengan perjanjian Laba (buat Bank Syariah) : 20%
Jadi ngembaliinnya ke Bank Syariah 120 Juta ---> nggak bisa diubah sampai kapanpun

Perjanjian Kredit Konvensional (dg Sistem Bunga) :
Harga Barang 100 juta ---nggak mampu beli---> trus pinjem di Bank Konvensional dengan perjanjian Bunga : 20%, tetapi karena terjadi perubahan tingkat suku Bunga menjadi 25%, trus ngembaliinnya jadi (harus) 125 Juta ---> Bunga Bank selalu berubah mengikuti Perubahan Tingkat Suku Bunga Dunia (yg selalu berubah mengikuti Kondisi Moneter Dunia)

Jadi Sistem Syariah dianjurkan lebih karena : sifatnya yang fair (sesuai kesepakatan)
dan Fair = Halal
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

PreviousNext

Return to CARA BERPIKIR MUSLIM



Who is online

Users browsing this forum: No registered users