.

Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Mengungkapkan cara berpikir Muslim pada umumnya dan Muslim di FFIndonesia pada khususnya.

Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Sat Aug 28, 2010 3:36 pm

Jujur gw KASIHAN sama temen2 yang selalu mempersoalkan pemujaan "TUHAN" dibandingkan dengan nilai SIKAP / KEBIJAKSANAANnya dari diri sendiri..
Mengapa masih ada yang berpikir primitif untuk persoalan ini?
Mudah saja bila ingin di telusuri apa itu perbuatan baik atau jahat!
Perbuatan baik : Perbuatan yang tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri
Perbuatan Jahat : Perbuatan yang dapat merugikan orang lain
Perbuatan yang tidak bijaksana : Perbuatan yang merugikan orang lain ataupun dapat merugikan diri sendiri.

Ya gunakananlah akal sehat dan kebijaksanaanmu untuk menilai suatu perbuatan itu baik atau buruk.

Nah, gw ada sedikit Cerita, coba gunakanklah akal sehat loe untuk menilainya... Baik atau Buruk

T = Tuhan
P = Pria
W = Wanita

T adalah maha Esa, benar? T maha kuasa, benar? T maha tahu, benar? T maha adil, benar? dan sebagainya.....
Pada suatu ketika
P (adalah ketua Preman yang sangat ditakuti di daerah itu) jatuh hati terhadap si W (wanita Pujaan para pria) yang sering ia intai.
P sangat sekali ingin melakukan hubungan intim dengan W yang sangat cantik dan baik hati.
ketika itu P melihat si W sedang melawati jalan yang sepi, lalu timbullah keinginan P untuk melampiaskan nafsu birahinya.
dengan tanpa berpikir panjang, T langsung menyergap W dan membawanya ke tempat yang tak terlihat, lalu diperkosalah si W.
nah pertanyaanya, bisakah wanita mengalami kehamilan bila di perkosa?
Setuju kah Tokoh agama bila si W di perkosa P? setuju kah Masyarakat bila P memperkosa W? dan setuju kah keluarga W bila si W diperkosa?
namun jawabannya T merestui P memperkosa W. Karna T menghendaki maka terjadilah... :rolling:

Nah setelah kejadian itu, Maka W hamil dan melahirkan anak... *orang hamil pasti punya anak toh?*
Pertanyaannya, Setuju kah Tokoh agama dari hasil dari pemerkosaan melahirkan anak? setuju kah Masyarakat bila W melahirkan anak dari hasil pemerkosaan? setujukah dari keluarga W bila si W melahirkan anak dari pemerkosaan si P?
namun jawabanya T sangat2 setuju mereka mempunyai anak hasil MBA itu... :supz:

nah pasti kalian jadi bertanya2, memangnya saat kejadian tersbut, T lagi ngapain ya kira2? apakah T sedang makan siang? atau T sedang duduk di sebelahnya dengan santai menyantap Popcorn sambil melihat tontonan Hot itu? =P~ who cares?

Oke kembali ke cerita ini, nah bila seandainya, ternyata ibu si W juga pernah di perkosa dan lebih parah lagi, neneknya juga pernah di perkosa. SO turun temurun kerluarga W semua pernah di perkosa.. maka berarti Tuhan ini lagi mabuk kali ya? ngasal ngebuat program satu keluarga di perkosa... *sungguh malang bila ada nasib keluarga yg seperti ini, apakah yg nasibnya seperti ini masih ada rasa keadilan dari maha pecipta? bila iya, segeralah bersyukur karna turun temurun anak perumpuannya telah di takdirkan untuk diperkosa... :rofl: *
nah pada saat itu, si P masuk pengadilan atas tuduhan pemerkosaan si W.
lalu dengan santainya si P menyangkal tuduhan itu, "bukan sayalah yang mengehendaki pemerkosaan itu, melainkan Tuhanku yang menghendakinya. Karna Tuhan maha kuasa, Ia menghendaki aku memperkosa dan aku direstui seorang anak olehNya". Nah menurut teman2, apakah Tokoh agama, Masyarakat, dan Keluarga W setuju dengan pernyataan itu? jadi siapakah Otak dari kejadian semua ini?
ya hanya Tuhan lah yang tahu....

nah dari penjelasan + pertanyaan singkat ini, Teman2 dapat mengolah inti dan makna2 yg dapat di ambil. *sebelumnya, Mohon ditanggapi dengan pemikiran Rasional dan kebijaksanaan*
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby mihokking » Sat Aug 28, 2010 4:11 pm

Peaceandlove wrote:Jujur gw KASIHAN sama temen2 yang selalu mempersoalkan pemujaan "TUHAN" dibandingkan dengan nilai SIKAP / KEBIJAKSANAANnya dari diri sendiri..
Mengapa masih ada yang berpikir primitif untuk persoalan ini?
Mudah saja bila ingin di telusuri apa itu perbuatan baik atau jahat!
Perbuatan baik : Perbuatan yang tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri
Perbuatan Jahat : Perbuatan yang dapat merugikan orang lain
Perbuatan yang tidak bijaksana : Perbuatan yang merugikan orang lain ataupun dapat merugikan diri sendiri.

Ya gunakananlah akal sehat dan kebijaksanaanmu untuk menilai suatu perbuatan itu baik atau buruk.

Nah, gw ada sedikit Cerita, coba gunakanklah akal sehat loe untuk menilainya... Baik atau Buruk

T = Tuhan
P = Pria
W = Wanita

T adalah maha Esa, benar? T maha kuasa, benar? T maha tahu, benar? T maha adil, benar? dan sebagainya.....
Pada suatu ketika
P (adalah ketua Preman yang sangat ditakuti di daerah itu) jatuh hati terhadap si W (wanita Pujaan para pria) yang sering ia intai.
P sangat sekali ingin melakukan hubungan intim dengan W yang sangat cantik dan baik hati.
ketika itu P melihat si W sedang melawati jalan yang sepi, lalu timbullah keinginan P untuk melampiaskan nafsu birahinya.
dengan tanpa berpikir panjang, T langsung menyergap W dan membawanya ke tempat yang tak terlihat, lalu diperkosalah si W.
nah pertanyaanya, bisakah wanita mengalami kehamilan bila di perkosa?
Setuju kah Tokoh agama bila si W di perkosa P? setuju kah Masyarakat bila P memperkosa W? dan setuju kah keluarga W bila si W diperkosa?
namun jawabannya T merestui P memperkosa W. Karna T menghendaki maka terjadilah... :rolling:

Nah setelah kejadian itu, Maka W hamil dan melahirkan anak... *orang hamil pasti punya anak toh?*
Pertanyaannya, Setuju kah Tokoh agama dari hasil dari pemerkosaan melahirkan anak? setuju kah Masyarakat bila W melahirkan anak dari hasil pemerkosaan? setujukah dari keluarga W bila si W melahirkan anak dari pemerkosaan si P?
namun jawabanya T sangat2 setuju mereka mempunyai anak hasil MBA itu... :supz:

nah pasti kalian jadi bertanya2, memangnya saat kejadian tersbut, T lagi ngapain ya kira2? apakah T sedang makan siang? atau T sedang duduk di sebelahnya dengan santai menyantap Popcorn sambil melihat tontonan Hot itu? =P~ who cares?

Oke kembali ke cerita ini, nah bila seandainya, ternyata ibu si W juga pernah di perkosa dan lebih parah lagi, neneknya juga pernah di perkosa. SO turun temurun kerluarga W semua pernah di perkosa.. maka berarti Tuhan ini lagi mabuk kali ya? ngasal ngebuat program satu keluarga di perkosa... *sungguh malang bila ada nasib keluarga yg seperti ini, apakah yg nasibnya seperti ini masih ada rasa keadilan dari maha pecipta? bila iya, segeralah bersyukur karna turun temurun anak perumpuannya telah di takdirkan untuk diperkosa... :rofl: *
nah pada saat itu, si P masuk pengadilan atas tuduhan pemerkosaan si W.
lalu dengan santainya si P menyangkal tuduhan itu, "bukan sayalah yang mengehendaki pemerkosaan itu, melainkan Tuhanku yang menghendakinya. Karna Tuhan maha kuasa, Ia menghendaki aku memperkosa dan aku direstui seorang anak olehNya". Nah menurut teman2, apakah Tokoh agama, Masyarakat, dan Keluarga W setuju dengan pernyataan itu? jadi siapakah Otak dari kejadian semua ini?
ya hanya Tuhan lah yang tahu....

nah dari penjelasan + pertanyaan singkat ini, Teman2 dapat mengolah inti dan makna2 yg dapat di ambil. *sebelumnya, Mohon ditanggapi dengan pemikiran Rasional dan kebijaksanaan*


Tuhan Tidak pernah mentakdirkan orang seperti itu.
Itu semua pekerjaan Iblis
Tapi Tuhan mengijinkannya
Karena memang manusia memiliki kehendak bebas.

Tentang orang cacat
Nick Australia tidak punya tangan dan kaki tapi malah bisa menjadi motivator internasional.
Tuhan dapat membuat yang tidak berharga dan berarti di mata manusia dipakai untuk hormat dan kemuliaan bagi namaNya.
mihokking
 
Posts: 151
Joined: Thu May 27, 2010 12:45 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby cendol » Sat Aug 28, 2010 4:57 pm

Wah, logika FPI Admen cukup bagus.
Tapi avatarnya saja yang kurang, menjijikkan...

Salam Damai.
User avatar
cendol
 
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby I__Muslim » Sat Aug 28, 2010 5:23 pm

@FPI
Wow....

@mihokking
Hoho...
king, APABILA MEMANG KERJAAN IBLIS, mengapa TUHAN (dalam pemikiranmu yaa) tidak bersalah? Katakanlah, TUHAN MEMANG MENCIPTAKAN IBLIS, mengapa Dia membuat ciptaan yang JAUH LEBIH HEBAT DAN LEBIH SEMPURNA DARI TUHAN SENDIRI?
Coba direnungkan. Sekaligus membuktikan FFI bukan situs kristen lho
I__Muslim
 
Posts: 981
Joined: Tue Jul 13, 2010 4:18 pm
Location: Antara ada dan tiada....

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby cendol » Sat Aug 28, 2010 6:00 pm

FPI Admen wrote:Jangan menilai orang dari wajahnya. [-X

\:D/
Ya saya harus dari mana lagi, kan gak mungkin juga dari jempol kaki.
Wassala
User avatar
cendol
 
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Sat Aug 28, 2010 6:07 pm

@FPI Admen
Jawaban yg kamu berika adalah jawaban yg tidak peduli dengan realita. saya memberi pertanyaan yg diharuskan dengan akal sehat, bukan dengan sebuah keyakinanan bahwa itu benar tanpa adanya sebuah kebenaran.
Bila anda mengatakan "Anggap tidak berlaku hukum tumimbal lahir (reinkarnasi) dan Tuhan ada." maka saya juga dapat mengatakan "Anggap Tuhan tidak berlaku dan hukum tumimbal lahir (reinkarnasi) ada." namun pemikiran saya tidak sekolot itu untuk menyatakan hal tersebut.

"Kalau ada bayi terlahir cacad (misal tidak bisa melihat, tidak bisa berbicara, tidak bisa mendengar, kedua tangan dan kakinya juga tidak ada), dimanakah letak keadilan Tuhan? :-k" Nah, inilah salah satu pertanyaanku yg tak dapat di jawab oleh kebenaran bila aku yakin Tuhan itu maha adil!.
Bila ku telusuri dengan akal sehat dan kebijaksanaan, mengapa ada orang yg terlahir kaya X miskin, Sehat X Cacad, Tampan X Buruk, & lain sebagainya, yaitu kembali ke hukum dimana seseorang menerima hasil perbuatan yg pernah ia lakukan sebelumnya yg biasa orang awam bilang "Karma". Karma dan Tumimbal lahir saling berkaitan.
Tumimbal lahir disini bukan maksudnya perpindahan Roh dari tubuh A yg telah meninggal ke tubuh B yg akan lahir, melainkan sebuah perpindahan Data dari tubuh A/memory dan kehidupan selanjutnya sesuai dengan kualitas Energi perbuatan baik (karma baik) yg ia miliki. Perpindahan data disini bisa di umpamakan kita berkomunikasi dimana si A berbicara ke si B tanpa ada sesuatu yg berpindah dari A ke B. Jadi adanya bayi yg terlahir cacad itu juga karna hasil dari perpindahan data (Karma buruk / hasil perbuatan buruk) dari kehidupan lampaunya. Bagaimanakah cara kerja Karma tersbut?? Saya tidak tahu pastinya seperti apa (karna saya masih awam) namun sepengetahuan saya, Pikiran adalah pelopor, Apa yg kita pikirkan maka itulah yg akan terjadi. Jadi disaat seseorang itu berada di detik2 kematian, dan karna ia sering melakukan perbuataan jahat maka pikiran2 saat mendekati ajal bermunculan yg buruk2 (jahat) saja. Maka karna pikiran buruk inilah yg menyebabkan ia terlahir di alam yg tidak menyenangkan (Hewan, Hantu, atau alam Baka) meskipun ia terlahir kembali menjadi manusia, maka hidupnya pun jg akan penuh penediritaan, seperti cacad. seblum hasil perbuatan buruknya ia lunasi, maka hidupnya akan terus penuh penderitaan.
seumpamah, Sebuah gelas berisi air asin, untuk membuat air itu tidak asin, maka kita harus menambahkan air tawarnya. maka itu, perbanyaklah berbuat kebajikan!


@mihokking,
"Tuhan Tidak pernah mentakdirkan orang seperti itu." Bukankah Tuhan maha Kuasa??
Itu semua pekerjaan Iblis
Tapi Tuhan mengijinkannya
Bukankah Tuhan bisa memunaskah Para Iblis didunia ini ataupun juga bisa mengubah pikiran2 iblis ini menjadi baik dan sekalian mengubah pemikiran manusia menjadi baik semua dan menyebah / memuja 1 Tuhan / Allah?? dan mengapa Tuhan tidak mengubah cara pandangku aja yg terlalu ingin tahu menjadi orang yg pasrah dan penurut??
Karena memang manusia memiliki kehendak bebas. Kembali kepertanyaan awal, Bukankah Tuhan Maha Kuasa, Maha Adil, Maha Tahu, Maha Pengasih dan juga maha Penyayang?? berarti tuhan bisa melawan apa yg manusia hendaki, bukankah Tuhan lebih tinggi derajatnya dari Manusia?? bukankah begitu kawan??
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby cendol » Sat Aug 28, 2010 6:18 pm

FPI Admen wrote:Bayangkan aja kamu sedang french kiss ama avatarku. O:)

Aaaa tidak! Mustahol, eh mustahil!
:vom: :vom:
User avatar
cendol
 
Posts: 1009
Joined: Tue Aug 03, 2010 10:04 pm
Location: Bermain Rudal Bersama 72 Bidadari

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Sat Aug 28, 2010 7:21 pm

jawaban gue yg tidak sesuai realita yang mana seh?

Anggap tidak berlaku hukum tumimbal lahir (reinkarnasi) dan Tuhan ada.

Emang gue menjawab berdasarkan keyakinan?

Loh? bukankah loe memaksakan untuk menganggap Tuhan ada?? berarti itu menjawab berdasarkan keyakinan.

Berarti kamu tidak bisa membaca konteks!
Anggapan di atas perlu dideklarasikan dulu, kmudian baru kita bawa ke kasus bayi cacad dengan mempertanyakan keadilan Tuhan.
Kalau Tuhan tidak didefinisikan dan hukum karma dijadikan acuan, ceritanya akan lain dan kasus bayi cacad ini tak lagi menarik.

Nah, anda berpikir gitu jg toh (mesti dideklarasikan dulu).. kalo menurut saya definisi Tuhan yg saya lihat dari sodara2 kita (Muslim) adalah TUHAN = Sesosok / berbentuk makhluk yg hidup yg mempunyai perasaan (marah, senang, sedih dll) yg dapat bertindak/melakukan suatu tindakan / perbuatan (semisal menciptakan, menghukum, mengampuni, mengasihi dll.), dan Definisi dari karma itu sendiri mempunyai arti perbuatan atau juga dapat disebut hasil dari perbuatan itu sendiri (untuk lebih lanjut, ada sodara kita yg posting tentang karma http://indonesia.faithfreedom.org/forum/apa-itu-hukum-karma-t13412/).


Loh... kok kamu berani berasumsi Tuhan maha adil?
Tuhan belum terdefinisi, kok bisa nyelong2 keluar sifat adil?
Hahaha... kacau deh kamu!

Loh?? Bukankah memang seperti itu Tuhan yg kalian maksud?? justru dari pengalaman saya sewaktu SD, karna saya di sekolah Negri dan diwajibkan belajar agama Islam dan yg saya tangkap mereka mengjarkan Tuhan seperti itu. Pengalaman Saya di SMP, Karna saya sekolah di Swasta SMP Kristen Immanuel yg juga diwajibkan belajar agama Kristen yg saya tangkap mereka juga mengajarkan Tuhan jg sperti itu, tdk jauh beda dengan Tuhan yg di Kristen yg ada tambah2an Allah Bapak, Putra, ROh Kudus yg biasa disebut Tritunggal. Dan yg untuk Hindu saya kurang tahu, namun saya yakin juga ngga beda definisi Tuhan dengan yg lain.


Nah inilah bukti kamu tidak konsisten. Katanya mau berpikir secara realitis.
Kok bikin konsep Karma dan TUmimbal lahir di sini?

Kawan, Bukannya saya tidak Realistis mengganggap Hukum karma yg lebih realistis. Hukum karma tidak berbeda rasionalnya dengan Hukum kekekalan Energi. Hukum karma adalah Hukum sebab akibat yg saling bergantungan. misalnya Tanam Padi Tumbuhlah Padi, Tanam Mangga maka tumbuhlah Mangga. Bukankah itu Rasional?
Contoh Hukum Karma : Bila Hujan, maka jalan menjadi becek dan basah, Karna jalan becek dan basah maka jalan menjadi licin, karna jalan Licin maka saya terpleset dan jatuh, karna saya terjatuh maka kaki saya terluka, karna kaki saya terluka maka saya merasakan sakit dan seterusnya....
Contoh yg paling gampang : Coba deh loe tabok orang yg ngga loe kenal! ntar liat aja apa akibatnya... :-"
so Kata "Karma" bila memang tidak cocok didengar oleh anda, maka saya ganti "hasil Perbuatan / perbuatan" aja deh.

nah Untuk tumimbal lahir, gw ngga bisa beri komentar kesaksian ini.. karna gw sendiri ngga pernah menyadarinya walaupun udah berkali2 reinkarnasi.
Loe boleh cari di mbah Google, orang2 yg pernah mempunyai pengalaman tentang Reinkarnasi. dan pengalaman gw tentang reinkarnasi, gw pernah berkonsultasi dengan Seorang Meditator yg mempunyai kemampuan Past life analysis.. Beliau bukan hanya bisa melihat past life, tapi juga bisa mengetahui pikiran gw.. dy bisa tahu posisi konstruksi di rumah gw.. bisa tw keadaan di rumah gw, bisa tw kebiasaan gw.. dan bisa tw masa kehidupan gw sebelum reinkarnasi yg saat ini..
dan Beliau mengatakan bahwa perbuatan (karma) kita itu mempengaruhi kehidupan2 kita di masa yg akan datang. jadi jangan heran kalo ada yg terlahir cacad!
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Sat Aug 28, 2010 8:19 pm

Ah sok tahu kamu. Hukum karma kalau mau dianalogikan dengan hukum fisika,
yang cocok itu adalah hukum ke-3 Newton tentang aksi-reaksi dan bukan hukum kekekalan energi.
ngakak.com

Swt.. ](*,)
maksud gw bukan ngecocokin dengan ilmu fisika... yg gw maksud bahwa Hukum Karma adalah hukum yg rasional (masuk akal) (tidak dapat dipungkiri karna mirip ilmu fisika) seperti layaknya ilmu kekalan Energi. bukannya gw mo ngecocok2in..


ah kamu tidak konsisten lagi neh.
katannya mau realistik, kok bisa beriman udah reinkarnasi berkali-kali? :-k
ngakak.com

Gw bukanna ngga Konsisten.. karna gw blum bisa ngelihat langsung proses tumimbal lahir gw yg udah beribu2 kali kelahiran... Ini kedengarannya memang menggelikan, tapi lebih rasional bila di badingkan dengan ilmu Ke-tuhanan atau sejenisnya.. mengapa gw bilang lebih rasional?? karna kita hidup bukan hanya sekali!

Kesaksian dari manusia tidak bisa dipercaya krn manusia punya peluang untuk berbohong.
Jika peluang untuk berbohong ini bisa ditiadakan, nah saat itu kesaksian bisa jadi acuan.
Gimana bro? Apakah ogud kurang logis dalam berpikir?
ngakak.com

Ya, anda logis, karna anda dapat membedakan mana yg dapat di percaya dan tidak. Mungkin bila anda sebagai saya pada saat, mungkin anda akan seperti saya juga bahwa itu bukanlah isapan jempol belaka.
Bakat / talenta bukan semata2 di beri (*awam : Anugrah) oleh Tuhan/sejenisnya, melainkan itu adalah sebuah kebiasaan (aktifitas) yg sering ia tekuni dimasa lalu yg akhirnya menjadi bakat bawaan di kehidupaan yg akan datang, jadi jangan heran :shock: bila ngeliat ada anak kecil yg udah mempunyai bakat istimewa.
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby I__Muslim » Mon Aug 30, 2010 8:47 pm

Post si FPI kemana? Kok ilang?
I__Muslim
 
Posts: 981
Joined: Tue Jul 13, 2010 4:18 pm
Location: Antara ada dan tiada....

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby golddragon » Mon Aug 30, 2010 9:13 pm

ya juga klo tumimbal lahir dan karma memang bisa dijelaskan mengapa orang cacat dilahir kan,....
klo konsep islam dan kristen bagaimana? karena tuhan nya maha adil ...tidak ada konsep renkarnasi,.. :-k :-k :-k :-k

klo konse ateis dan agnostic ,..bisa dijelaskan juga,...bisa karena kelainan kromosom,prilaku orang tua yang tidak higienis,bisa karena kecelakaan pada saat dikandungan,bisa karena salah mengkonsumsi obat sewaktu hamil,...intinya tidak ada campur tangan sama sekali dari tuhan dalam masalah kecacatan lahir :-k =; =;
User avatar
golddragon
 
Posts: 379
Joined: Sun Apr 20, 2008 12:38 am

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Sun Sep 26, 2010 10:06 pm

si FPI di ban kali..
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Rahimi » Mon Sep 27, 2010 4:27 pm

GD: ya juga klo tumimbal lahir dan karma memang bisa dijelaskan mengapa orang cacat dilahir kan,....


lalu apa yang memulai karma? katakanlah anda, dititik manakah awal karma anda dimulai? Kalau anda sudah bisa jawab, lalu darimana karma menentukan pada tahap titik awal tadi apakah anda akan menerima karma buruk atau karma baik, mengingat itu adalah titik paling awal?
Rahimi
 

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Rahimi » Mon Sep 27, 2010 4:34 pm

Peaceandlove wrote:Jujur gw KASIHAN sama temen2 yang selalu mempersoalkan pemujaan "TUHAN" dibandingkan dengan nilai SIKAP / KEBIJAKSANAANnya dari diri sendiri..
Mengapa masih ada yang berpikir primitif untuk persoalan ini?
Mudah saja bila ingin di telusuri apa itu perbuatan baik atau jahat!
Perbuatan baik : Perbuatan yang tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri
Perbuatan Jahat : Perbuatan yang dapat merugikan orang lain
Perbuatan yang tidak bijaksana : Perbuatan yang merugikan orang lain ataupun dapat merugikan diri sendiri.

Ya gunakananlah akal sehat dan kebijaksanaanmu untuk menilai suatu perbuatan itu baik atau buruk.

Nah, gw ada sedikit Cerita, coba gunakanklah akal sehat loe untuk menilainya... Baik atau Buruk

T = Tuhan
P = Pria
W = Wanita

T adalah maha Esa, benar? T maha kuasa, benar? T maha tahu, benar? T maha adil, benar? dan sebagainya.....
Pada suatu ketika
P (adalah ketua Preman yang sangat ditakuti di daerah itu) jatuh hati terhadap si W (wanita Pujaan para pria) yang sering ia intai.
P sangat sekali ingin melakukan hubungan intim dengan W yang sangat cantik dan baik hati.
ketika itu P melihat si W sedang melawati jalan yang sepi, lalu timbullah keinginan P untuk melampiaskan nafsu birahinya.
dengan tanpa berpikir panjang, T langsung menyergap W dan membawanya ke tempat yang tak terlihat, lalu diperkosalah si W.
nah pertanyaanya, bisakah wanita mengalami kehamilan bila di perkosa?
Setuju kah Tokoh agama bila si W di perkosa P? setuju kah Masyarakat bila P memperkosa W? dan setuju kah keluarga W bila si W diperkosa?
namun jawabannya T merestui P memperkosa W. Karna T menghendaki maka terjadilah... :rolling:

Nah setelah kejadian itu, Maka W hamil dan melahirkan anak... *orang hamil pasti punya anak toh?*
Pertanyaannya, Setuju kah Tokoh agama dari hasil dari pemerkosaan melahirkan anak? setuju kah Masyarakat bila W melahirkan anak dari hasil pemerkosaan? setujukah dari keluarga W bila si W melahirkan anak dari pemerkosaan si P?
namun jawabanya T sangat2 setuju mereka mempunyai anak hasil MBA itu... :supz:

nah pasti kalian jadi bertanya2, memangnya saat kejadian tersbut, T lagi ngapain ya kira2? apakah T sedang makan siang? atau T sedang duduk di sebelahnya dengan santai menyantap Popcorn sambil melihat tontonan Hot itu? =P~ who cares?

Oke kembali ke cerita ini, nah bila seandainya, ternyata ibu si W juga pernah di perkosa dan lebih parah lagi, neneknya juga pernah di perkosa. SO turun temurun kerluarga W semua pernah di perkosa.. maka berarti Tuhan ini lagi mabuk kali ya? ngasal ngebuat program satu keluarga di perkosa... *sungguh malang bila ada nasib keluarga yg seperti ini, apakah yg nasibnya seperti ini masih ada rasa keadilan dari maha pecipta? bila iya, segeralah bersyukur karna turun temurun anak perumpuannya telah di takdirkan untuk diperkosa... :rofl: *
nah pada saat itu, si P masuk pengadilan atas tuduhan pemerkosaan si W.
lalu dengan santainya si P menyangkal tuduhan itu, "bukan sayalah yang mengehendaki pemerkosaan itu, melainkan Tuhanku yang menghendakinya. Karna Tuhan maha kuasa, Ia menghendaki aku memperkosa dan aku direstui seorang anak olehNya". Nah menurut teman2, apakah Tokoh agama, Masyarakat, dan Keluarga W setuju dengan pernyataan itu? jadi siapakah Otak dari kejadian semua ini?
ya hanya Tuhan lah yang tahu....

nah dari penjelasan + pertanyaan singkat ini, Teman2 dapat mengolah inti dan makna2 yg dapat di ambil. *sebelumnya, Mohon ditanggapi dengan pemikiran Rasional dan kebijaksanaan*

Apakah maksud anda, karena adanya kejahatan, itu membuktikan Tuhan tidak ada? Pertanyaan anda ditujukan kepada tuhan mana nih, allah wts atau kristus Tuhan, atau dewa-dewa hindu dan buddha? harus jelas dulu, karena hanya ada satu tuhan yang benar.
Rahimi
 

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Mon Sep 27, 2010 11:08 pm

Rahimi wrote:lalu apa yang memulai karma? katakanlah anda, dititik manakah awal karma anda dimulai? Kalau anda sudah bisa jawab, lalu darimana karma menentukan pada tahap titik awal tadi apakah anda akan menerima karma buruk atau karma baik, mengingat itu adalah titik paling awal?



MUNCULNYA RODA KEHIDUPAN
- Bergantung pada ketidaktahuan ( avijja ), timbullah bentuk bentuk karma ( sankhara ).
- Bergantung pada bentuk bentuk karma ( sankhara ), timbullah kesadaran ( vinnana ).
- Bergantung pada kesadaran ( vinnana ), timbullah batin dan jasmani ( nama rupa ).
- Bergantung pada batin dan jasmani ( nama rupa ), timbullah enam landasan indra (salayatana).
- Bergantung pada enam landasan indra ( salayatana ), timbullah kontak ( phassa ).
- Bergantung pada kontak ( phassa ), timbullah perasaan ( vedana ).
- Bergantung pada perasaan ( vedana ), timbullah keinginan ( tanha ).
- Bergantung pada keinginan ( tanha ), timbullah kemelekatan ( upadana ).
- Bergantung pada kemelekatan ( upadana ), timbullah penjelmaan ( bhava ).
- Bergantung pada penjelmaan ( bhava ), timbullah kelahiran ( jati )
- Bergantung pada kelahiran ( jati ), timbullah kelapukan dan kematian ( jara marana), dan kesedihan, keluh kesah, kesakitan, penderitaan, dan keputusasaan.
Demikianlah kemunculan dari seluruh bentuk bentuk penderitaan.

LENYAPNYA RODA KEHIDUPAN
- Dengan berhentinya seluruh ketidaktahuan, maka bentuk bentuk karma berhenti.
- Dengan berhentinya bentuk bentuk karma, maka kesadaran berhenti.
- Dengan berhentinya kesadaran, maka batin dan jasmani berhenti.
- Dengan berhentinya batin dan jasmani, maka enam landasan indra berhenti.
- Dengan berhentinya enam landasan indra, maka kontak berhenti.
- Dengan berhentinya kontak, maka perasaan berhenti.
- Dengan berhentinya perasaan, maka nafsu keinginan berhenti.
- Dengan berhentinya nafsu keinginan, maka kemelekatan berhenti.
- Dengan berhentinya kemelekatan, maka penjelmaan berhenti.
- Dengan berhentinya penjelmaan, maka kelahiran berhenti.
- Dengan berhentinya kelahiran, maka pelapukan dan kematian dan kesedihan, keluh kesah, Kesakitan, penderitaan dan keputusasaan berhenti.
Demikianlah berhentinya seluruh bentuk Penderitaan.

Untuk lebih detail, anda bisa mendapatkan infonya disini http://www.samaggi-phala.or.id/naskahda ... ti=T&hal=0

Semoga semua makhluk hidup bahagia.
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Mon Sep 27, 2010 11:12 pm

Rahimi wrote:Apakah maksud anda, karena adanya kejahatan, itu membuktikan Tuhan tidak ada? Pertanyaan anda ditujukan kepada tuhan mana nih, allah wts atau kristus Tuhan, atau dewa-dewa hindu dan buddha? harus jelas dulu, karena hanya ada satu tuhan yang benar.


Maaf, maksud dari saya adalah Tuhan yg ada dalam paham Teologi*.

*Teologi (bahasa Yunani θεος, theos, "Allah, Tuhan", + λογια, logia, "kata-kata," "ucapan," atau "wacana") adalah wacana yang berdasarkan nalar mengenai agama, spiritualitas dan Tuhan (Lih. bawah, "Teologi dan agama-agama lain di luar agama Kristen"). Dengan demikian, teologi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama. Teologi meliputi segala sesuatu yang berhubungan dengan Tuhan.
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby JANGAN GITU AH » Mon Sep 27, 2010 11:30 pm

peaceandlove wrote:Maaf, maksud dari saya adalah Tuhan yg ada dalam paham Teologi*.


wah...baru saya tahu kalau Tuhan cuma nyangkut di dalam paham Teologi... :green:

lanjut...!
User avatar
JANGAN GITU AH
 
Posts: 5366
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Rahimi » Tue Sep 28, 2010 4:52 pm

peace&love:MUNCULNYA RODA KEHIDUPAN
- Bergantung pada ketidaktahuan ( avijja ), timbullah bentuk bentuk karma ( sankhara ).
- Bergantung pada bentuk bentuk karma ( sankhara ), timbullah kesadaran ( vinnana ).
- Bergantung pada kesadaran ( vinnana ), timbullah batin dan jasmani ( nama rupa ).
- Bergantung pada batin dan jasmani ( nama rupa ), timbullah enam landasan indra (salayatana).
- Bergantung pada enam landasan indra ( salayatana ), timbullah kontak ( phassa ).
- Bergantung pada kontak ( phassa ), timbullah perasaan ( vedana ).
- Bergantung pada perasaan ( vedana ), timbullah keinginan ( tanha ).
- Bergantung pada keinginan ( tanha ), timbullah kemelekatan ( upadana ).
- Bergantung pada kemelekatan ( upadana ), timbullah penjelmaan ( bhava ).
- Bergantung pada penjelmaan ( bhava ), timbullah kelahiran ( jati )
- Bergantung pada kelahiran ( jati ), timbullah kelapukan dan kematian ( jara marana), dan kesedihan, keluh kesah, kesakitan, penderitaan, dan keputusasaan.
Demikianlah kemunculan dari seluruh bentuk bentuk penderitaan.

LENYAPNYA RODA KEHIDUPAN
- Dengan berhentinya seluruh ketidaktahuan, maka bentuk bentuk karma berhenti.
- Dengan berhentinya bentuk bentuk karma, maka kesadaran berhenti.
- Dengan berhentinya kesadaran, maka batin dan jasmani berhenti.
- Dengan berhentinya batin dan jasmani, maka enam landasan indra berhenti.
- Dengan berhentinya enam landasan indra, maka kontak berhenti.
- Dengan berhentinya kontak, maka perasaan berhenti.
- Dengan berhentinya perasaan, maka nafsu keinginan berhenti.
- Dengan berhentinya nafsu keinginan, maka kemelekatan berhenti.
- Dengan berhentinya kemelekatan, maka penjelmaan berhenti.
- Dengan berhentinya penjelmaan, maka kelahiran berhenti.
- Dengan berhentinya kelahiran, maka pelapukan dan kematian dan kesedihan, keluh kesah, Kesakitan, penderitaan dan keputusasaan berhenti.
Demikianlah berhentinya seluruh bentuk Penderitaan.

Untuk lebih detail, anda bisa mendapatkan infonya disini http://www.samaggi-phala.or.id/naskahda ... ti=T&hal=0

Semoga semua makhluk hidup bahagia.


Lalu bagaimana anda mau memahami dengan akal anda sesuatu yang pada awalnya adalah ketidaktahuan (ketiadaan akal) atau avijja? Masuk akal kah ini? apakah yang menciptakan ketidaktahuan itu? atau apakah menurut anda ketidaktahuan atau kekosongan itulah allah itu sendiri? masuk akal kah ini?
Rahimi
 

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Wed Sep 29, 2010 4:09 am

JANGAN GITU AH wrote:wah...baru saya tahu kalau Tuhan cuma nyangkut di dalam paham Teologi... :green:

lanjut...!


Karna pada dasarnya Tuhan berasal dari paham Teologi. Ya baguslah, terimakasih bila menambah ilmu pengetahuan anda. :)
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Re: Pertanyaan tentang Tuhan.. Mohon gunakan akal sehat

Postby Peaceandlove » Wed Sep 29, 2010 4:29 am

Rahimi wrote:Lalu bagaimana anda mau memahami dengan akal anda sesuatu yang pada awalnya adalah ketidaktahuan (ketiadaan akal) atau avijja? Masuk akal kah ini? apakah yang menciptakan ketidaktahuan itu? atau apakah menurut anda ketidaktahuan atau kekosongan itulah allah itu sendiri? masuk akal kah ini?

==========================================================================================================================================================================

apakah menurut anda ketidaktahuan atau kekosongan itulah allah itu sendiri?

Ok, Pertama, saya sama sekali tidak pernah dan tidak akan pernah mengatakan kalo Kekosangan itu adalah allah yg kamu maksud.

bagaimana anda mau memahami dengan akal anda sesuatu yang pada awalnya adalah ketidaktahuan (ketiadaan akal) atau avijja?

Kedua, saya mau memahami hal ini karna saya mempunyai akal sehat yg masih berfungsi.

Masuk akal kah ini?

ketiga, dan menurut saya hal ini sangatlah masuk diakal sehat.

apakah yang menciptakan ketidaktahuan itu?

Keempat, avijja bukanlah penyebab utama. avijja hanyalah ketidaktahuan / pandangan keliru. ketika kita memiliki pandangan benar, maka avijja pun tidak ada lagi. untuk terlepas dari avijja hanya dibutuhkan pemahaman benar dan komitmen, jadi avijja muncul hanya karena seseorang belum memahami kebenaran dan tidak ada komitmen untuk menjalani kehidupan dengan benar.

masuk akal kah ini?

Kelima, sekali lagi, menurut akalku, ini sangatlah masuk akal!

Contoh Dari Ketidaktahuan / kegelapan batin (avijja) :
bila seseorang beranggapan bila kita berbuat kejahatan sebesar apapun, tetapi sebelum mati bertobat dan menerima "doi" sebagai juruselamat maka semua dosanya dihapuskan, maka itulah yang disebut avijja. Itulah yang disebut kegelapan batin/kejahatan batin.
User avatar
Peaceandlove
 
Posts: 86
Joined: Fri Aug 06, 2010 5:05 pm

Next

Return to CARA BERPIKIR MUSLIM



Who is online

Users browsing this forum: No registered users