.

Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk Perk

Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk Perk

Postby ratuadil » Sun May 13, 2012 9:50 pm

m.detik.com/read/2012/05/13/140128/1915991/1300/penelitian-lendir-babi-mau-ditambah-ke-susu-bayi-untuk-perkuat-imunitas

Minggu, 13/05/2012 14:01 WIB
Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu
Bayi untuk Perkuat Imunitas
Putro Agus Harnowo : detikHealth

detikcom - Jakarta,

Lendir yang sering dianggap menjijikkan ternyata memiliki fungsi penting, yaitu membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh.

Bahkan, beberapa peneliti mengupayakan untuk menambahkan bahan lendir dalam susu formula bayi.

Lendir yang akan ditambahkan ini diperoleh dari perut babi.

"Tidak seperti susu ibu, susu formula bayi tidak memiliki unsur sistem kekebalan tubuh dari ibu yang melindungi bayi terhadap penyakit. Ini mungkin salah satu alasan banyak ibu ragu beralih ke susu bayi," kata Katharina Ribbeck, seorang insinyur biologi di Institut Teknologi Massachusetts seperti dilansir MyHealthNewsDaily.com, Minggu (13/5/2012).

Ribbeck dan koleganya menemukan bahwa mucin, protein yang merupakan komponen utama dari lendir.

Komponen ini ampuh melindungi sel-sel tubuh dari infeksi human papillomavirus (HPV), influenza A (sejenis virus flu) dan Merkel cell polyomavirus (virus yang dapat menyebabkan kanker kulit).

Meskipun hanya menguji 3 jenis virus, para peneliti menduga mucin melindungi infeksi dari berbagai jenis virus.

Temuan menunjukkan bahwa mucin dapat ditambahkan ke berbagai produk sebagai suplemen antivirus, mulai produk kebersihan hingga susu bayi.

Mucin saat ini sudah ditambahkan dalam beberapa produk, tapi tidak ditambahkan karena sifat antivirusnya. Misalnya, mucin ditambahkan ke pelembab sebagai bahan pelembab.

Namun penelitian yang dimuat jurnal Biomacromolecules ini baru dilakukan pada sel manusia di laboratorium. Jadi masih diperlukan penelitian lagi untuk menunjukkan manfaatnya pada manusia.

Selain itu, mucin yang digunakan dalam penelitian dikumpulkan dari perut babi. Beberapa orang mungkin tidak nyaman karena mengkonsumsi produk hewan.

"Di masa depan, para peneliti mungkin dapat menemukan cara untuk memproduksi mucin sintetis secara besar- besaran. Ini sedang kami selidiki," kata Ribbeck.

Lendir yang melapisi permukaan tubuh merupakan
penghalang alami dari juman penyakit. Tak hanya
berfungsi sebagai penghalang, mucin tampaknya
berperan aktif dalam sistem kekebalan tubuh.

Dalam penelitiannya, Ribbeck melapisi sel manusia
dengan gel mucin sebelum diberi 3 jenis virus. Virus
kemudian terjebak dalam gel dan tidak menginfeksi sel.

Hal ini diduga disebabkan karena tertahan oleh mucin, atau bisa jadi virus mengikat molekul gula pada mucin yang mirip dengan molekul sel inang.
User avatar
ratuadil
 
Posts: 32
Joined: Fri Mar 12, 2010 3:56 pm
Location: Mekkah

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby r4dioz » Thu May 17, 2012 11:19 am

yang ginian jgn dari babi la cari binatang lain yang punya fungsi sama
nih namanya cari perkara aja
User avatar
r4dioz
 
Posts: 61
Joined: Sun May 13, 2012 11:51 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Thu May 17, 2012 11:25 am

r4dioz wrote:yang ginian jgn dari babi la cari binatang lain yang punya fungsi sama
nih namanya cari perkara aja


lendir binatang apa kalo gitu?
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Fri May 18, 2012 11:09 am

kalo Muslim enggak ribut, maka nggak ada perkara
betul nggak?
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Aku-Suka-Hujan » Fri May 18, 2012 2:28 pm

Kalau ada yang tanya kenapa harus musin dari perut (lambung) Babi?
Jawabannya adalah: struktur perut Babi dan Manusia hampir sama karena sama2 omnivora, lambung babi dan manusia didesain dari sananya untuk dapat mencerna produk daging dan tumbuhan. Makanya tidak bisa pakai perut herbivora seperti sapi atau karnivora seperti kucing, karena desain lambung mereka berbeda dengan lambung manusia... Kecuali kita mencari makhluk omnivora lain yang berukuran besar dan bisa diternakkan... Kera besar seperti Gorilla dan Simpanse jelas tidak bisa...

Tapi jangan khawatir para saudara muslim... Musin bisa disintesis, namun prosesnya masih belum sempurna, maklum sintesis kompleks gliko-protein seperti musin itu sangat rumit...
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Chunk » Fri May 18, 2012 4:00 pm

jadi lapar. pingin sate babi.. :drinkers:
Chunk
 
Posts: 581
Images: 2
Joined: Mon Jan 23, 2012 2:32 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby r4dioz » Sat May 19, 2012 9:08 am

daging babi di siram pake soda 2 jam kemudian berulat (cari di youtube)banyak zigot bermunculan kacauuu !!!!

tuh ulat ada di peut loe wkwkwkwkw makan tuh sate pake soda mantapppppp !!!!
User avatar
r4dioz
 
Posts: 61
Joined: Sun May 13, 2012 11:51 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby gateway » Sat May 19, 2012 9:59 am

r4dioz wrote:daging babi di siram pake soda 2 jam kemudian berulat (cari di youtube)banyak zigot bermunculan kacauuu !!!!

tuh ulat ada di peut loe wkwkwkwkw makan tuh sate pake soda mantapppppp !!!!


kok masih ada yah yg mau terus2an buegoo sperti anda...???
:rolling:
User avatar
gateway
 
Posts: 1031
Joined: Sun Aug 21, 2011 8:59 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Sat May 19, 2012 10:16 am

r4dioz wrote:daging babi di siram pake soda 2 jam kemudian berulat (cari di youtube)banyak zigot bermunculan kacauuu !!!!

tuh ulat ada di peut loe wkwkwkwkw makan tuh sate pake soda mantapppppp !!!!


biar apa coba kamu taruh soda diatas sate babi?
ini jelas2 perbuatan konyol
](*,) ](*,) ](*,)
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Sat May 19, 2012 10:18 am

double
Last edited by Mohmed Bin Atang on Sat May 19, 2012 11:42 am, edited 1 time in total.
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby crayon-sinchan » Sat May 19, 2012 11:38 am

r4dioz wrote:daging babi di siram pake soda 2 jam kemudian berulat (cari di youtube)banyak zigot bermunculan kacauuu !!!!

tuh ulat ada di peut loe wkwkwkwkw makan tuh sate pake soda mantapppppp !!!!

emangnya elo, makan sate babi mentah..


muslim mana ngerti kalo dalam daging2 yg masih mentah (bukan hanya daging babi, daging sapi & ikan juga), bisa saja didapati cacing, tapi untungnya cacing tsb mati kalau daging dimasak dengan benar
User avatar
crayon-sinchan
 
Posts: 962
Joined: Sat Jun 05, 2010 7:14 pm
Location: surga ada di dalam hati masing-masing

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Sat May 19, 2012 11:44 am

Jangan2, kawan Muslim kita ini belum tahu manfaat babi ya? :turban:

Hmm.. kamu tahu nggak, kalau babi tuh mirip kayak pohon kelapa? Pohon kelapa tuh katanya semua bagiannya bisa berguna, dari akarnya sampai daunnya, makanya dipakai buat lambang pramuka. Nah, babi ternyata juga gitu, baik lemak, kulit, bulu apalagi daging, bahkan, kotorannya pun berguna! ’Keren’ kan? Tapi, kenapa babi diharamkan ya?? Trus, kenapa tidak dipakai sebagai lambang pramuka yang baru, gitu? ^^ Ini nih… liat aja daftar kegunaan babi di bawah ini.

1.Lemak
Lemak dan beberapa produk variannya berperan untuk:
- Lemak dan gliserin: softdrink, bahan kosmetik (facial, hand and body lotion), sabun, dll.
- Emulsifier: Lesitin, E471, dsb.
- Lard (lemak babi): pengempuk dan pelezat re-roti-an & coklat.
- Minyak: penyedap masakan.
- Bahan starter vetsin (ingat kasus Ajinomoto dulu!)

2.Bulu
Bulu berguna sebagai bahan kuas (bristle), seperti pada kuas roti, kuas cat tembok dan kuas lukis. Biro Pusat Statistik pada tahun 2002 melaporkan bahwa pada periode Januari hingga Juni 2001, Indonesia mengimpor boar bristle dan pig/boar hair sejumlah 282,983 ton (senilai 1.713.309 US $). Busyeett!!

Kalau kamu punya kuas di rumah, coba teliti apakah dari bahan plastik atau bulu babi. Caranya gimana? Nah, ambil 1 helai bulunya, lalu bakar! Cium bau bakarannya. Bila baunya sama dengan bau rambut atau kuku binatang yang terbakar, maka tentunya itu adalah bulu binatang (bau itu disebabkan adanya protein yang bernama keratin).

3.Daging
Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah. Harganya jelas lebih murah dari daging sapi, dan mudah diperoleh di pasaran. Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya mmm…lezat. Nyummi! Mak nyuss deh!! Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dan sebagainya.

4.Tulang
Tulang babi juga berguna lho. Dalam apa saja?
- Industri pariwisata: patung, ukiran, souvenir, dll.
- Industri makanan/minuman: arang tulang sebagai filter penyaring air mineral, karena pori-pori tulangnya bagus.
- Indutri obat: gelatin dari tulang sebagai bahan soft capsule.
- Industri pertukangan: bahan lem, dsb.

5.Organ Dalam
Beberapa organ dalam yang terpakai dan fungsinya:
- Transplantasi organ: ginjal, hati, jantung.
- Plasenta: kosmetika (facial, hand and body lotion), sabun, dsb.
- Enzim pencernaan: amilasi, lipase, tripsin, pankreatin, pepsin, dll.

6.Kulit
Berguna dalam industri kulit (leather handicrafts) seperti tas, sepatu, dompet, dll.

7.Kotoran
Kotoran babi berguna sebagai pupuk tanaman. Di Jepang, kotoran itu digunakan sebagai pupuk tanaman apel, karena dapat menciptakan warna merah pada kulit apel yang oke.

Tuh kan, kegunaan babi tuh lengkap…kap…kap. Semua bagian tubuhnya berguna. Meski begitu, buat kamu-kamu yang muslim, tetep, aturan Allah SWT nggak boleh dilanggar. Kalau sudah diharamkan, ya sudah, haram!! Nggak usah mikir-mikir aspek logisnya dulu, atau aspek ilmiahnya apa. Pokoknya, ada aturan.. ya taati aja!! Umm.. nanti baca deh tulisannya yang bagian kedua. He..he..he…

Nah, buat kamu-kamu yang di rumahnya banyak benda-benda yang disebut di atas, misalnya kuas roti, kosmetik, benda kerajinan kulit dan tulang, obat, de el-el, musti hati-hati dan waspada tuh. Juga bagi kamu yang hobi makan bakso, siomay, bakmi, roti, coklat, dan lain-lainnya, hati-hati aja deh, jangan main embat aja. Jangan-jangan dibuat dari……, aawww… tidaaaaaaaakkk!!!

Kalau ada yang berkilah, “ahh… bahan lain buat bikin barang-barang itu kan banyak. Buat kuas bisa pakai bulu binatang lain. Daging, tulang, kulit dsb. juga bisa dari binatang lain. Jadi huznudzon aja deh…. ” Hmm… bisa dianggep itu tuh cuma omongan doang buat nentrem-nentremin ati. Coba aja pikir, klo misalnya tentang bulu aja (untuk bikin kuas), pakai bulu kuda. Tahu gak sih, kalau kuda tuh masa hamilnya belasan bulan, trus anaknya juga paling cuma satu. Atau misalnya kerbau, gak jauhlah bedanya. Trus, berapa bulu dong yang bisa dihasilkan? Lalu, harganya berapa? Lain halnya dengan babi, lama kehamilannya paling cuma sekitar 3 bulan, trus anaknya bisa dua belasan ekor, bahkan lebih!! Pikir tuh!
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Chunk » Sat May 19, 2012 12:46 pm

Mohmed Bin Atang wrote:3.Daging
Daging babi merupakan sumber protein hewani yang murah. Harganya jelas lebih murah dari daging sapi, dan mudah diperoleh di pasaran. Sifat dagingnya sendiri selain empuk, seratnya halus, rasanya mmm…lezat. Nyummi! Mak nyuss deh!! Penggunaannya bisa sebagai campuran bakso, siomay, bakmi goreng, dan sebagainya.


maaf bro mohmed, yang ini ane kagak setuju. ditempatku harga daging babi naik terus sampai 75rb/kg. lebih mahal dari daging sapi yang cuman 55rb/kg. Hal ini karena permintaan daging babi tiap tahun naik terus sedangkan suplai relatif tetap atau konstan karena tidak ada peternakan baru.
Pertanyaannya: Kenapa permintaan daging babi naik terus?
Chunk
 
Posts: 581
Images: 2
Joined: Mon Jan 23, 2012 2:32 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Sat May 19, 2012 1:01 pm

atas


Yang satu itu sih tergantung tempat tinggal juga mungkin, Soalnya kalo si penulis blog itu tinggal di daerah yang kebanyakan kapir seperti di wilayah saya (kapir2 Batak, Manado, Cina, Indo Timur dsb) bakal mikir 2x deh buat nulis pernyataan itu...
mungkin anda juga tinggal di wilayah mayoritas kapir kolopir kan?

Ingat hukum Ekonomi:
Permintaan naik maka harga naik, Penawaran naik maka harga turun
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Chunk » Sat May 19, 2012 1:15 pm

Mohmed Bin Atang wrote:Yang satu itu sih tergantung tempat tinggal juga mungkin, Soalnya kalo si penulis blog itu tinggal di daerah yang kebanyakan kapir seperti di wilayah saya (kapir2 Batak, Manado, Cina, Indo Timur dsb) bakal mikir 2x deh buat nulis pernyataan itu...
mungkin anda juga tinggal di wilayah mayoritas kapir kolopir kan?

Ingat hukum Ekonomi:
Permintaan naik maka harga naik, Penawaran naik maka harga turun


nggak tuh. mayoritas disini muslim.. hm.. jangan jangan.. :-k :-k (tau sendirilah! :finga: )
Chunk
 
Posts: 581
Images: 2
Joined: Mon Jan 23, 2012 2:32 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby Mohmed Bin Atang » Sat May 19, 2012 1:32 pm

Jangan2 netter r4dioz itu, tidak tahu kapan umur Aisyah saat disetubuhi nabi Muhammad
User avatar
Mohmed Bin Atang
 
Posts: 2336
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby a_man » Sat May 19, 2012 9:24 pm

muslim jauh lebih berbahaya dari babi, klo soda disiramkan ke muslim, yg keluar malah golok !!

serem gak tuh ?
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby just a girl » Sun May 20, 2012 1:06 am

wah bung Chunk..saya mau deh, bikin peternakan babi di tempat sampeyan, kalo harga dading babi di sono mahal :tonqe:
just a girl
 
Posts: 29
Joined: Thu Mar 08, 2012 3:17 am

Re: Penelitian: Lendir Babi Mau Ditambah ke Susu Bayi untuk

Postby simplyguest » Sun May 20, 2012 2:45 pm

r4dioz wrote:daging babi di siram pake soda 2 jam kemudian berulat (cari di youtube)banyak zigot bermunculan kacauuu !!!!

tuh ulat ada di peut loe wkwkwkwkw makan tuh sate pake soda mantapppppp !!!!

ZIGOT ?? :stun:
User avatar
simplyguest
 
Posts: 1908
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Next

Return to KOLOM BABI, hewan dll tata cara makan dan pantangan Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron