.

Buku Sinting: “Kata Yesus tentang Babi”

Buku Sinting: “Kata Yesus tentang Babi”

Postby yvptgxj » Mon Jun 20, 2011 12:43 am

http://netravali.multiply.com/journal/item/1/Babi_dan_Penyakit

Dari buku “Kata Yesus tentang Babi” disusun oleh Dr. H.S. Munir, SKM. MPH. (Pustaka Da'i; 2001)

Paling tidak 12 penyakit parasit, enam penyakit bakteri dan tiga penyakit virus, disebabkan karena memakan daging babi. Disamping mengandung penyakit yang dapat ditularkan ke manusia, daging babi sendiri mengandung kadar lemak yang lebih tinggi dibanding dengan sapi dan kambing. Ini menyebabkan mereka yang makan daging babi memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit tekanan darah tinggi dan penyakit jantung lainnya.

Sejak zaman sebelum Nabi Musa, manusia sudah makan daging. Namun pada saat itu masih terbatas pada binatang-binatang yang memamah biak dan tidak menjijikan, misalnya rusa, kambing dan sapi. Pada saat itu babi dan anjing tidak dimakan orang karena dianggap menjijikan.

Perkembangan selanjutnya diperkirakan, orang yang tidak ingin repot-repot berburu, tinggal menangkap dan membunuh babi dan anjing, yang tidak sesulit memburu rusa untuk dimakan.

Lama-kelamaan orang mulai terbiasa memakan babi yang selanjutnya menjadi kegemaran. Melihat manusia mulai keranjingan makan babi yang antara lain mendatangkan banyak penyakit ini, Allah mewahyukan kepada nabi Musa yang menyatakan babi haram dimakan dan disentuh dagingnya.

Pernyataan Allah tentang haramnya babi pada zaman Nabi Musa a.s. belum dapat diterangkan dengan ilmu kedokteran seperti Bacteriology, Parasitology, dan Anatomy. Pada saat itu, babi dinyatakan haram, sudah cukup bagi mereka yang beriman untuk tidak lagi makan babi.

Saat ini dengan kemajuan ilmu kedokteran, salah satu hikmah Allah mengharamkan babi, yakni berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan sudah terungkap setelah hampir dua ribu tahun.

Entah dibutuhkan beberapa decade atau beberapa abad lagi untuk mengungkapkan aspek-aspek lain dari hikmah Allah mengharamkan babi. Sesudah aspek fisiologis, siapa tahu aspek psikologis dari memakan babi akan menyusul, Wallahu A’lam.
yvptgxj
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm

Re: Buku Sinting: “Kata Yesus tentang Babi”

Postby snipey » Mon Jun 27, 2011 1:45 pm

http://openlibrary.org/books/OL127858M/ ... ntang_babi
http://opac.imanjama.org/index.php?p=show_detail&id=45

Wah, orang Islam memang agak dibatasi daya nalarnya (si penulisnya maupun pembacanya)....

Kenapa harus membawa-bawa nabinya agama sebelah, numpang ngetop ya?
Lagipula agama sebelah itukan menurut Islam "sudah diubah, dimodifikasi, diganti, tambah kurang,dimanipulasi, tidak murni"
sehingga perlu dimurnikan lagi oleh Alloh melalui nabinya dan kitabnya yg edisi terakhir, Quran.


Ini yg gw kagak pernah mengerti dari orang Islam.

Kalo memang agama sebelah itu jelexx dan amburadul, HENTIKANLAH mengutip ajarannya. Yakinkanlah dirimu, tinggalkan yg lama dan tegakkan agamamu dgn kemampuanmu sendiri :heart: :heart:
User avatar
snipey
 
Posts: 1079
Images: 2
Joined: Mon Aug 30, 2010 8:32 am


Return to KOLOM BABI, hewan dll tata cara makan dan pantangan Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron