.

Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Postby kalangkilang » Sun Mar 13, 2011 4:54 am

kisah ini saya tautkan dari : kisah pengusaha muslim
kisah di tautan wrote:Syekh Shalih Alu Syaikh, Menteri Agama KSA saat ini, mengatakan, “Di antara permasalahan yang disinggung oleh para ulama ketika membahas hadits keenam dalam kitab Arbain An-Nawawiyyah (yaitu hadits yang berisi perintah untuk menjauhi sesuatu yang belum jelas kehalalannya, pent.) adalah permasalahan memakan harta orang yang pendapatannya bercampur antara sumber yang halal dengan sumber yang haram. Misalnya: Tetangga yang kita ketahui memiliki sumber pendapatan yang haram, berupa menerima uang suap, memakan riba, atau semisalnya, namun di sisi lain dia memiliki sumber pendapatan yang halal. Apa hukum harta orang semisal ini?
---------------------------(*pendapat pembanding,,saya potong aja*)------------------------------------

Inti kasus ini adalah: apakah contoh masalah yang diperselisihkan para ulama termasuk dalam hadits keenam Arbain Nawawiyyah ataukah tidak? Sebagian ulama mengatakan bahwa kasus di atas termasuk dalam hadits keenam Arbain Nawawiyyah, sebagai bentuk kehati-hatian, bukan karena orang yang memakan harta orang yang sumber pendapatannya bercampur itu berarti telah memakan harta yang haram. Meski demikian, sejumlah ulama peneliti menguatkan pendapat Ibnu Mas’ud.

Dari sisi dalil, pendapat Ibnu Mas’ud adalah pilihan yang tepat. Di antara ulama yang menguatkan pendapat Ibnu Mas’ud adalah Ibnu Abdil Bar Al-Maliki, dalam kitabnya 'At-Tamhid'.” (Syarah Arbain Nawawiyyah karya Syekh Shalih Alu Syekh, hlm. 153--155, terbitan Dar Al-‘Ashimah, Riyadh, cetakan pertama, 1431 H)

عن ذر بن عبد الله عن ابن مسعود قال : جاء إليه رجل فقال : إن لي جارا يأكل الربا ، وإنه لا يزال يدعوني ، فقال : مهنأه لك ، وإثمه عليه

Dari Dzar bin Abdullah, dia berkata, “Ada seseorang yang menemui Ibnu Mas’ud lalu orang tersebut mengatakan, 'Sesungguhnya, aku memiliki tetangga yang membungakan utang, namun dia sering mengundangku untuk makan di rumahnya.' Ibnu Mas’ud mengatakan, 'Untukmu enaknya (makanannya) sedangkan dosa adalah tanggungannya.'” (Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf, no. 14675)

عن سلمان الفارسي قال: إذا كان لك صديق عامل، أو جار عامل أو ذو قرابة عامل، فأهدى لك هدية، أو دعاك إلى طعام، فاقبله، فإن مهنأه لك، وإثمه عليه.

Dari Salman Al-Farisi, beliau mengatakan, “Jika Anda memiliki kawan, tetangga, atau kerabat yang profesinya haram, lalu dia memberi hadiah kepada Anda atau mengajak Anda makan di rumahnya, terimalah! Sesungguhnya, rasa enaknya adalah hak Anda, sedangkan dosanya adalah tanggung jawabnya.” (Diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dalam Al-Mushannaf, no. 14677)

Ringkasnya, harta haram itu ada dua macam:

[b]Pertama: Haram karena bendanya. Misalnya: Babi dan khamar; mengonsumsinya adalah haram atas orang yang mendapatkannya maupun atas orang lain yang diberi hadiah oleh orang yang mendapatkannya.[/b]

Kedua: Haram karena cara mendapatkannya. Misalnya: Uang suap, gaji pegawai bank, dan penghasilan pelacur; harta tersebut hanyalah haram bagi orang yang mendapatkannya dengan cara haram. Akan tetapi, jika orang yang mendapatkannya dengan cara haram tersebut menghadiahkan uang yang dia dapatkan kepada orang lain, atau dia gunakan uang tersebut untuk membeli makanan lalu makanan tadi dia sajikan kepada orang lain yang bertamu ke rumahnya, maka harta tadi berubah menjadi halal untuk orang lain tadi, karena adanya perbedaan cara mendapatkannya antara orang yang memberi dengan orang yang diberi. Inilah pendapat ulama yang paling kuat dalam masalah ini, sebagaimana pendapat ini adalah pendapat dua shahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, yaitu Ibnu Mas’ud dan Salman Al-Farisi.


Hah..pusing deh,,halal..haram..halal..haram...
Comment saya untuk pertama : Gimana caranya mengetahui uang itu hasil berdagang babi atau khamar?
contoh kasus,,teman-temen muslim kan kalau membangun masjid, sering minta uang dipinggir jalan, Nah biasanya beberapa orang kafir nyumbang tuh (daripada mobil atau motor kena gubrak),gimana kalau uang sumbangan itu adalah hasil penjualan alkohol atau babi,,berarti masjid tersebut haram dong??? [-X

comment saya untuk point kedua : ini namanya orang ga tahu malu atau munafik.., berani menyebut pekerjaan orang haram, tapi halal menikmati uang haram..alamak...Maka-nya di Indonesia penuh dengan korupsi, wong uang haram, halal kok dinikmati.... :rolling:

untuk netter muslim,,mohon komentar yang bermutu,,,
Last edited by kalangkilang on Sun Mar 13, 2011 5:28 am, edited 1 time in total.
User avatar
kalangkilang
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Postby bobby mark » Sun Mar 13, 2011 5:13 am

Hah..pusing deh,,halal..haram..halal..haram...
Comment saya untuk pertama : Gimana caranya mengetahui uang itu hasil berdagang babi atau khamar? contoh kasus,,teman-temen muslim kan kalau membangun masjid, sering minta uang dipinggir jalan, Nah biasanya beberapa orang kafir nyumbang tuh (daripada mobil atau motor kena gubrak),gimana kalau uang sumbangan itu adalah hasil penjualan alkohol, babi,,berarti masjid tersebut haram dong??? :stun:

comment saya untuk point kedua : ini namanya orang ga tahu malu, menyebut pekerjaan orang haram, tapi bersedia menikmati uang haram..alamak...Maka-nya di Indonesia penuh dengan korupsi, wong uang haram, halal kok dinikmati.... :rolling:


HALAL MENJADI HALAL ITU LAH MUNAFIKNYA ISLAM BROW,,,,,

TIDAK KONSISTEN! ITU CAP ANE BUAT ISLAM............YAA MUNAFIK UDAH MENJADI BUMBU PALING MUJARAB DALAM ISLAM =P~
masalah pertama kalau menurut saya itu merupakan hal yang poko tentang bagaimana seorang islam sudah benar-benar membatalakan larangan dari peratuaran yang telah di buat quran saya pusing juga akan hal itu disatu sisi islam dengan sombongnya menggagap mereka tidak akan memakan sesuatu yang di haramkan tapi kenyataanya toh di hadis sendiri mengatakan demikian islam pasti belum membaca itu, thanks atas infonya sangat berguna semoga memberi pencerahan buat islam dalam hal HALAL MENJADI HALAL di tahun 2011 amin ya korban kelamin :turban:

islam mana tahu it dari uang HALAL atau HARAM istilah islam yang penting MASJID JADI apa lo kata? ha ha ha,,,,secara muhammad melacur kepada janda tua kadijah untuk memperkaya diri sendiri, maklum lah islam meminta-minta di jalan untuk meminta sedekah dari yang menurut mulut mereka "KAFIR" kasihan ya islam itu sama dengan menghina "allou swt' sendiri lo pertolongan alloh swt kepada muslim ada di jalanan sungguh besar kuasa allou swt :rolling:

Korupsi jangan di tanya lagi itu bagian dari islam, kaya dari uang korupsi kapan indonesia mau maju bisa jalan di tempat atau mundur kebelakang, mereka berpikir Korupsi merupkan cara terhebat untuk menjadi mengakali allouh swt yang sudah terlanjur membuat umatnya menderita.astafirullahalhazim ! !
User avatar
bobby mark
 
Posts: 65
Joined: Tue Dec 21, 2010 2:38 am
Location: SECRET

Re: Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Postby kalangkilang » Fri May 06, 2011 2:53 pm

angkat dulu topik ini,,,

siapa tahu ada yang berminat berdiskusi...


salam
kalangkilang
User avatar
kalangkilang
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Postby 13wife_enak » Fri May 06, 2011 8:29 pm

kalo ISLAM GA MUNAFIK mana mungkin ahmad dani dan ahmed saw bini nya 1, belom lg aa jin, jaim'udin mz, oma iroma dsb..ingklud habib fpi, osamdet

gmn ga haram, meres tenaga TKW siang "malem"

\:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/
13wife_enak
 
Posts: 5
Joined: Fri May 06, 2011 3:47 pm
Location: rumah bordil koq isinya muslim semua yah

Re: Harta Haram Berubah Menjadi Halal

Postby Si Amang Miyang » Fri May 20, 2011 6:39 am

Yaa klo gak gini,,mn mgkn Indonesia sbg negara dg umat muslim terbesar d dunia punya prestasi sbg negara terkorup d dunia??
User avatar
Si Amang Miyang
 
Posts: 533
Joined: Thu Dec 16, 2010 9:54 am
Location: sebuah toilet yg bernama ka'bah


Return to KOLOM BABI, hewan dll tata cara makan dan pantangan Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron