.

BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 9:20 am

YANG HARAM itu MAKAN BABI atau DAGING BABI?

Ada 4 ayat dalam Quran yang mengatur pengharaman suatu makanan:
(tulisan ini hanya membahas yang berhubungan dengan babi)


1. QS 5:3 (Al-Maa’idah)
Diharamkan bagimu (memakan) ......, DAGING babi, ………….

2. QS 6:145 (Al An’aam)
……: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu ………, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu ...... DAGING babi - karena sesungguhnya semua itu kotor - …………

3. QS 16:115 (An Nahl)
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu (memakan) ......, DAGING babi ………….

4. QS 2:173 (Al Baqarah)
Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu ........ DAGING babi, ………. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya)….

ayat lengkap baca di quran masing2

Perhatikan, kata yang dipakai adalah DAGING BABI, bukan BABI. Perlu diingat bahwa DAGING BABI tidak sama dengan BABI. DAGING BABI adalah salah satu bagian saja dari BABI. Banyak bagian tubuh BABI yang tidak disebut sebagai DAGING. Contoh : Otak, Sumsum, Kulit, Tulang, Mata, Usus. Artinya makan semua ini adalah halal, asal bukan dagingnya.

Perlu diingat quran adl kitab yg "KAMI turunkan dg bahasa terang kepadamu"
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Re: BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

Postby faithfreedom » Thu Feb 14, 2008 9:30 am

nayagenggong wrote:Perlu diingat quran adl kitab yg "KAMI turunkan dg bahasa terang kepadamu"
kalo gitu allah bener nyiptain 7 bumi
faithfreedom
 
Posts: 139
Joined: Thu Sep 20, 2007 8:32 am

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 9:36 am

Kata DAGING babi di atas diambil dr bahasa aslinya sbb:
(translit latin ana ambil dari YUSUF ALI)

Surat 2:173 .....walahma alkhinzeeri....
Surat 5:3 .....walahmu alkhinzeeri....
Surat 6:145 .....lahma khinzeerin....
Surat 16:115 .....walahma alkhinzeeri...

[walahma, walahmu, lahma, walahma]=DAGING
[alkhinzeeri, alkhinzeeri, khinzeerin, alkhinzeeri]=babi

jadi kata yg dipakai adl DAGING babi
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 10:32 am

so, mnrt quran bagian tubuh babi selain dagingnya adl halal.
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby ndramus » Thu Feb 14, 2008 10:58 am

minyak babi halal dong ya ?
masakan apapun kalo pake minyak babi pasti lueeezzaatt
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 1:08 pm

begitulah mnrt teks quran
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby johnlegend » Thu Feb 14, 2008 1:14 pm

skrg kan sedang diteliti keguna;an babi sebagai media medic.. itu haram kaga yah?
johnlegend
 
Posts: 2058
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am

Postby ndramus » Thu Feb 14, 2008 1:20 pm

setau saya, muslimah dilarang pake kutex en lipstik karena ada minyak babi nya

mgkn ada info ttg ini ?
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 2:42 pm

madison wrote:kok bisa-bisanya babi yang lucu, lambang kemakmuran itu dibilang haram.


mnrt teks quran bukan babi yg haram, tapi daging babi
shg ada bag tubuh babi yg tdk haram yaitu selain dagingnya
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby murtad mama » Thu Feb 14, 2008 2:56 pm

ada ayat qouran seru nie:

005:005 Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka.Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi.


kalau menurut qouran diatas, makanan ahlul kitab halal sahaja kq (babi masuk ndak ya??!!)

Al Maidah 87. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.
User avatar
murtad mama
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby madison » Thu Feb 14, 2008 3:19 pm

jadi muslim tak usah ragu-ragu. makanlah babi.
jangan terhasut ollohmu yang kebingungan, kadang boleh kadang ga boleh.
User avatar
madison
 
Posts: 2393
Joined: Tue Sep 25, 2007 6:01 pm
Location: pentagon

Postby taghba » Thu Feb 14, 2008 9:12 pm

Menurut saya sih yang haram itu yang perlakuannya kayak babi..
Kalau makanan sih selama dimasak dengan benar dan menguntungkan bagi tubuh, sikatt aja...
taghba
 
Posts: 10
Joined: Fri Feb 08, 2008 11:36 pm

BABI atau DAGING BABI yg HARAM?

Postby nayagenggong » Fri Feb 15, 2008 8:07 am

ana cuma hairan, lha yg tertulis diharamkan adl DAGING babi, kok pengertian umat ini jadi babi yg haram.
Perlu diingat bhw ada bbrp bagian tubuh babi yg tidak disebut sbg daging.
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby ndramus » Fri Feb 15, 2008 11:39 am

MASAK BABI PUN DIRAGUKAN KEHALALANNYA[b]

susahnya jadi muslim.....makanan aja mesti pake rumus
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby nayagenggong » Fri Feb 15, 2008 11:47 am

mohon muslim jelaskan kajian tekstual 4 ayat tsb
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby talenta » Wed Mar 05, 2008 4:18 pm

Udah dibilang dalam islam tuh semuanya relatif...kalau kefefet babi juga halal lah...apalagi yang jualan gadis kecil yang montok atau janda pengusaha rumah makan babi kecap ....:)
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby Falconiez » Wed Mar 05, 2008 4:29 pm

Temen gw di sekolah seorang muslim, tiap hari pasti aja membicarakan babi. Dia slalu bertanya pada kami yang KAFIR (red. katanya). "eh, BABI itu enak ga? (kebetulan yg kafir hanya 8 orang sekelas) ya kami jawab ENAK, NIKMAT. eh, ngga ada angin , enggak ada hujan dia bilang "EMANG, YANG ENAK-ENAK ITU SEMUA HARAM, KAYAK MENCURI, BERZINAH, KORUPSI. SEMUANYA ENAK, TAPI HARAM........" coba para netter membayangkan percakapan dan jawaban seperti ini dihadapkan pada anda. DISCONNECT KAN??

note: yang nanya udah SMA hafal ALI-IMRAN, AN-NAAS, dsb.
User avatar
Falconiez
 
Posts: 39
Joined: Wed Jan 23, 2008 10:01 pm

Postby kenehwake » Thu Mar 06, 2008 12:30 am

Di Bali kami makan Babi,dan bisa hidup damai,tapi kedamaian itu dihancurkan oleh kaum yang mengharamkan Babi.
User avatar
kenehwake
 
Posts: 280
Joined: Mon Feb 11, 2008 11:44 pm
Location: Planet Earth

Postby Phoenix » Thu Mar 06, 2008 4:49 am

kenehwake wrote:Di Bali kami makan Babi,dan bisa hidup damai,tapi kedamaian itu dihancurkan oleh kaum yang mengharamkan Babi.


Maaf yah mas, itu karena emang ketetapan dari yang diatas:

Q9:29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk
Phoenix
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby nayagenggong » Thu Mar 06, 2008 7:54 am

jelas menurut keempat ayat di atas yg haram adl DAGING BABI
shg BAGIAN tubuh BABI yg BUKAN DAGING tentunya halal
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Next

Return to KOLOM BABI, hewan dll tata cara makan dan pantangan Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users