Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post Reply
User avatar
fayhem_1
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by fayhem_1 »

Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Penemuan ilmu alat pertanian ikut berkembang pada abad keemasan Islam. Para Insinyur Muslim berhasil menciptakan alat-alat pertanian seperti berikut ini:

1. Bajak

Sejarawan Al Maqrizi mencatat, bajak digunakan sebagai alat untuk menggemburkann tanah sebelum melakukan penanaman dan penaburan benih. Sejarawan Al Marqasi, seperti ditulis Al Hassan dan Hill, digunakan para petani sebelum menanam tebu. Biasanya petani Mesir membajak tanah sebaganyak enam kali sebelum menanam tebu.

Pada era Islam, bajak dibuat dari besi dan bentuknya bergerigi. Insinyur pertanian Muslim telah mampu membedakan teknik membajak tanah di berbagai jenis lahan.

Mereka juga menulis kitab-kitab pedoman pertanian, seperti kitab Al Filaaha Al Nabatiya kaya Ibnu Wahsyiyya.

Berkembangnya kebutuhan, para insinyur Muslim pun terus berupaya membuat rancangan bentuk bajak. Bahkan, peradaban Islam sudah mampu menciptakan bajak cakram yang sesuai dengan jenis tanah.

2. Garpu dan Garu

Garpu merupakan salah satu alat yang juga digerakkan oleh binatang. Ia berfungsi untuk memecahkan bongkahan tanah yang menutupi benih. Alat ini digunakan setelah proses pembajakan tanah. Menurut Al Hassan dan Hill, para petani Muslim memiliki berbagai macam rancangan, seperti al mijarr dan al mislafah. Keduanya berupa balok bergigi untuk menggaru lahan. Al mijarr serta dua pasang tali pengikat.

Sedangkan al maliq terbuat dari papan kayu yang dibuat melebar dan ditarik oleh seekor lembu. Al maliq digunakan untuk meratakan alur yang dibuat oleh mata bajak untuk menanam beni. Kedua jenis garpu itu masih digunakan di beberapa negara Islam di belahan dunia dan ini merupakan bukti begitu luasnya kontribusi teknologi pertanian zaman keemasan.

Selain itu, ada pula alat bernama garu. Alat ini merupakan alat tangan yan terbuat dari kayu: Fungsinya untuk menyisir tanah dan menutupi benih. Salah satu jenis garu pada masa itu bernama al musyt. Alat ini berupa batang menyilang dengan gigi-gigi dan sebuah kayu pegangan di bagian tengahnya.

3. Sekop dan cangkul

Para petani Islam pun berhasil menciptakan alat untuk menggali tanah, seperti sekop atau al misyat. Alat ini digunakan untuk menggalir lahan yang tidak memerlukan bajak, seperti lahan perkebunan sayur dan buah-buahan. Saat itu juga sudah dikenal sekop jenis lain bernama al mijnah atau al mijrafah yang digunakan untuk mengangkat tanah hasil penggalian. Petani zaman itu juga menggunakan cangkul untuk menggali tanah, yang salah satu jenisnya bernama al miza’ah.

4. Sabit

Para petani Islam berhasil mengembangkan alat untuk memanen, berupa sabit atau bilah. alat ini memiliki berbagai jenis, ada yang bergigi dan ada yang tidak, pada ujung pegangannya dan ada yang melengkung ke depan sepanjang arah sikatan.

5. Pengerikan dan penampian

Setelah memanen, proses selanjutnya yang dilakukan para petani adalah pengerikan. Proses ini dilakukan di pinggir desa. Di tempat itu sudah terdapat butiran gandum yang disusun berumpuk melingkar di ladang.

Menurut Al Hassan dan Hill, terdapat tiga cara untuk mengerik. Salah satunya memanfaatkan hewan peliharaan seperti lembu untuk menggilas tumpukan gandum tersebut. Proses terakhir adalah penampilan yang berfungsi untuk memisahkan dedak dengan butiran gandum. (rb)

Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim
FFI Alternative
Faithfreedompedia

User avatar
fayhem_1
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by fayhem_1 »

http://id.wikipedia.org/wiki/Bajak

Pembajakan dimulai dari kegiatan mencangkul. Ketika pertanian pertama kali berkembang, cangkul dan alat serupa digunakan di daerah di mana banjir tahunan mengembalikan kesuburan tanah, seperti di pinggir sungai nil. Cangkul digunakan untuk membuat alur tanam (furrow) untuk menanam benih. Cangkul merupakan inovasi yang dikembangkan secara independen antara suku dan budaya. Mencangkul masih menjadi metode pengolahan tanah di negara tropis dan lahan pertanian yang curam.[2] Namun petani modern masih menggunakan cangkul meski jarang, untuk mengolah bagian tanah yang sempit ketika menggunakan traktor tidak efisien.

Bajak Ard ditemukan di Mesir, diperkirakan pada awalnya ditarik oleh manusia, namun setelah domestikasi ox sekitar tahun 6000 sebelum masehi yang lalu oleh Peradaban Lembah Sungai Indus, ox digunakan sebagai penarik bajak ard. Bagian yang menyentuh tanah adalah bagian yang runcing yang bergerak dan membuat rekahan alur sepanjang tanah.[3] Ard lebih cocok digunakan pada tanah yang mengandung lempung atau pasir yang secara alami disuburkan dengan banjir tahunan seperti di lembah sungai Nil dan sekitar hilal subur.

Bajak singkal berkembang terutama di daerah yang tidak mendapatkan banjir tahunan dalam mengembalikan kesuburan tanah; biasanya di daerah yang jauh dari sungai. Pada wilayah dengan tipe seperti ini, tanah harus dibalik secara berkala agar kesuburan dari tanah bagian dalam naik ke atas sehingga bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan. Desain bajak singkal memungkinkan penetrasi yang lebih dalam sambil mengangkat tanah dari bagian dalam agar menuju ke permukaan dan tanah di bagian permukaan menjadi turun dengan cara membaliknya.

Desain bajak singkal yang terbuat dari kayu cenderung rapuh dan mudah rusak jika bekerja di tanah yang berat. Selain itu, untuk penetrasi yang lebih dalam pada tanah yang berat, bajak singkal dari kayu tidak bisa digunakan. Sebelum Dinasti Han, bajak di China dibuat terutama dari kayu kecuali bagian mata bajaknya yang terbuat dari logam. Inilah era pertama mulai diketahui penggunaan logam (besi) pada bajak untuk menambah berat bajak dan meningkatkan kekuatannya terhadap tanah.[4][5] Peradaban Romawi mulai mengembangkan bajak serupa dengan ditambahkan roda, pada abad ke-3 dan ke-4 masehi.[6]

Desain bajak singkal tidak berubah selama kurang lebih seribu tahun. Perubahan mendasar baru terjadi ketika dimulainya Abad Pencerahan. Joseph Foljambe di Rotherham mendesain Bajak Rotherham.[7] Perkembangan dalam ilmu metalurgi telah membawa perkembangan bajak menjadi lebih terencana dengan logam paduan besi yang lebih tebal namun lebih lunak untuk mata bajak agar tidak mudah patah.[8] Mata bajak yang melengkung lebih mudah diperbaiki dibandingkan mata bajak yang patah. Seringkali mata bajak yang patah harus diganti dengan yang baru.

Perkembangan berikutnya tidak terlepas dari penemuan mesin uap yang serba guna dan dapat digunakan di berbagai tempat. Kendaraan penarik lalu digunakan untuk menarik mesin bajak sehingga penggunaan hewan sebagai tenaga penarik mulai berkurang. Seiring waktu dengan peningkatan kekuatan traksi mesin traksi (traktor), jumlah baris yang mampu ditarik oleh traktor semakin bertambah, desain bajak semakin berat untuk menambah kedalaman pembajakan (subsoiler), dan implemen bajak digabungkan dengan garu, penanam benih, dan pemberi pupuk sehingga pekerjaan di lahan usaha tani menjadi lebih efisien.

------------------------
Lagi-lagi musclaim,
heran deh sama kaum ini

Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim
Mirror
Faithfreedom forum static

12345678901
Posts: 986
Joined: Thu Oct 31, 2013 12:06 am

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by 12345678901 »

kalo engga asal claim ... mau mbanggain apa mereka ?

sampe poligami kebanggan kelompok mesum ini pun yahudi udah duluan sebelon muslim

User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Posts: 4425
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by MaNuSiA_bLeGuG »

Kepada para kawan2 muslim dan kapir, tolong berikan saya waktu utk mencerna artikel ini. Hmmmm....petani mesir membajak enam kali sebwlum menanam, tapi bajak nya bru ditemukan ilmuan muslim ribuan tahun kemudian...jdi org mesir membajak pake apa?

Oh!!!!mungkin logika nya sama seperti quran. Semua manusia dari adam itu adalah islam....tapi islam baru dibawa olh muhammad ribuan tahun kemudian....

Ya...ya...ya.... Sangat masuk akal sekali!!!

Ah saya bru sadar, saya sangat **** sekali selama ini....

12345678901
Posts: 986
Joined: Thu Oct 31, 2013 12:06 am

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by 12345678901 »

hush kapir jangan frotes !!!

ntar mimfi fara muslim di siang bolong buyar
fokoke, semua teknologi ditemuken oleh muslim !!! titik !!! ... ga bole frotes !!!!

fetani mesir mbajak sawah kan fake bajak finjeman dari muslim !!!!!
sama buroq ntuh bajak dikirim ke masa lalu .... sufaya fetani mesir bisa membajak sawah

User avatar
OpoBener
Posts: 809
Joined: Sat Feb 25, 2012 12:54 am
Location: Di genteng rumah nabi ngintip doi nyipok onta

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by OpoBener »

Berarti Mesir di jaman Musa itu muslim semua ya....
confirm dah.

Utbahbinabuwaqqash
Posts: 1155
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by Utbahbinabuwaqqash »

selain nonton tukang obat dipinggir jalan, yg juga bisa dinikmati adalah nonton/mbaca muslim bikin klaim2,
Persamaan tukang obat dan muslim :
1. Jago bikin klaim demi dagangannya
2. Mereka sendiri tahu bahwa klaim-nya penuh tepu2 bin hoax
3. Mereka jg sdh tahu kalo ada orang lain yg jg tahu kalo klaim-nya itu tepu2.
4. Tapi tetep nekat, ga punya malu, tenang, ga punya rasa bersalah utk terus menyebar klaim tepu2, mgkn dgn harapan ada orang2 yg belum tahu yg bisa jd mangsa empuk.. Hi..hi..

Dan yg aneh, no 1-4 itu kog ya bisa jd hiburan! tapi kadang2 jg jd geregetan! Hi..hi..hi..hi..

User avatar
keeamad
Posts: 6946
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by keeamad »

Pernah ingat ada yg nulis seperti ini kira2x,
klaim muslim ini seperti anak panah yg tepat menancap di tengah sasaran Bulls Eye:
Image

Pada kenyatannya?
muslim lempar dulu tu anak panah (atau dartnya),
lalu setelah menancap - ntah dimana kemana sekalipun,
barulah kemudian digambar BULLS EYE nya ....

Maka sepertinya - terutama bagi muslim yg b0d0* dan tidak tahu,
lemparan anak panah atau dart tsb selalu TEPAT pd Sasarannya .....

Tapi pd kenyatannya ... ?!
:rofl:

12345678901
Posts: 986
Joined: Thu Oct 31, 2013 12:06 am

Re: Inilah Berbagai Alat Pertanian Ciptaan Insinyur Muslim

Post by 12345678901 »

musclaim

Post Reply