Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

apakah matahari berputar atau berotasi ke porosnya ?
kata alquran kan matahari beredar
belakangan banyak yang bilang bahwa matahari ternyata memang beredar apa sesuai alquran

ini artikelnya:
http://www.universetoday.com/60192/does-the-sun-rotate/

The rotation of the Sun is kind of hard to pin down. That’s because a day on the Sun depends on which part of the Sun you’re talking about. Confused yet? It kept astronomers puzzled for years too. Let’s look at how the rotation of the Sun changes.
A spot on the equator of the Sun takes 24.47 days to rotate around the Sun and return to the same position. Astronomers call this sidereal rotation period, which is different from the synodic period – the amount of time it takes for a spot on the Sun to rotate back to face the Earth. But the Sun’s rotation rate decreases as you approach the poles, so it can actually take 38 days for regions around the poles to rotate once.
The Sun’s rotation is seen by observing sunspots. All sunspots move across the face of the Sun. This motion is part of the general rotation of the Sun on its axis. Observations also indicate that the Sun does not rotate as a solid body, but it spins differentially. That means that it rotates faster at the equator of the Sun and slower at its poles. The gas giants Jupiter and Saturn also have differential rotation.
And so, astronomers have decided to measure the rotation rate of the Sun from an arbitrary position of 26° from the equator; approximately the point where we see most of the sunspots. At this point, it takes 25.38 days to rotate and return to the same spot in space.
Astronomers also know that the interior of the Sun rotated differently than the surface. The inner regions, the core and the radiative zone, rotate together like a solid body. And then the outer layers, the convective zone and photosphere, rotate at a different speed.

The Sun and the entire solar system orbits around the center of the Milky Way galaxy. The average velocity of the solar system is 828,000 km/hr. At that rate it will take about 230 million years to make one complete orbit around the galaxy. The Milky Way is a spiral galaxy. It is believed that it consists of a central bulge, 4 major arms, and several shorter arm segments. The Sun and the rest of our solar system is located near the Orion arm, between two major arms, Perseus and Sagittarius. The diameter of the Milky Way is about 100,000 light years and the Sun is located about 28,000 light-years from the Galactic Center. It has been suggested fairly recently that ours is actually a barred spiral galaxy. That means that instead of a bulge of gas and stars at the center, there is probably a bar of stars crossing the central bulge.
So when someone asks you what the rotation of the Sun is, ask them which part.
Here’s an article from Universe Today about the Sun’s magnetic field flip, and here’s an article about how there were no sunspots on the surface of the Sun.

=================

http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_rotation
=================
http://solarscience.msfc.nasa.gov/sunturn.shtml


Solar Rotation

[an error occurred while processing this directive]
sunturn20.jpg (6000 bytes)
Click on image for animation.

The Sun rotates on its axis once in about 27 days. This rotation was first detected by observing the motion of sunspots as shown in the animation to the left. The Sun's rotation axis is tilted by about 7.25 degrees from the axis of the Earth's orbit so we see more of the Sun's north pole in September of each year and more of its south pole in March.

Since the Sun is a ball of gas, it does not have to rotate rigidly like the solid planets and moons do. In fact, the Sun's equatorial regions rotate faster (taking only about 24 days) than the polar regions (which rotate once in more than 30 days). The source of this "differential rotation" is an area of current research in solar astronomy.

A 4.3 Mb MPEG movie showing magnetic features on the Sun over a 36 day period is available here. These data were obtained with GONG solar telescope network. The movie illustrates the rotation of the Sun as well as the evolution of the Sun's magnetic elements - including sunspots. For more information on the GONG network go to the GONG homepages.

=========================


maaf maaf nih yah............
kalo gitu alquran benar yah? bahwa matahari beredar?

para suhu .............
mohon bantuannya untuk menjelaskan

Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab
FFI Alternative
Faithfreedompedia

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

topik egosentris
gak diterjemahin ke indonesia sekalian. :snakeman:

User avatar
qprim
Posts: 259
Joined: Wed Nov 09, 2005 4:01 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by qprim »

dadangku wrote:apakah matahari berputar atau berotasi ke porosnya ?
kata alquran kan matahari beredar
belakangan banyak yang bilang bahwa matahari ternyata memang beredar apa sesuai alquran
Jelasin dulu deh, apa pengertian rotasi benda langit menurut anda?

Anda ngikutin thread ini: matahari-beredar-menurut-islam-t18429/ dan yang ini: membantai-muzizat-quran-36-38-peredaran ... ge180.html ya?

Menurut anda, dua thread tersebut membahas peredaran matahari terhadap apa?
Kalau bersedia, kita diskusi di sini saja ya. Toh anda juga yg jadi TSnya. Thread yg pertama sdh lama vakum, sedangkan thread kedua masih menunggu respon dari mas annuit. O:)

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »


Menurut anda, dua thread tersebut membahas peredaran matahari terhadap apa?
Kalau bersedia, kita diskusi di sini saja ya. Toh anda juga yg jadi TSnya. Thread yg pertama sdh lama vakum, sedangkan thread kedua masih menunggu respon dari mas annuit. O:)


sekedar orang orang disini tahu aja yah...........
kan di ayat alquran ada kalimat bahwa masing masing daripadanya berdedar di garis edarnya masing masing
artinya alquran menjelaskan dengan jelas, bahwa matahri beredar di garis edarnya ---> itu kata alquran

nah sekarang nih yah
sedang rame muslim bersenjatakan artikel dari nasa dan yang saya copy diatas
bahwa memang matahari berdar
tentu jika demikian, alquran gak salah..............
saya mau tahu apa penjelasan para suhu FFI, katanya alquran sebelumnya dikatakan salah bahwa matahari gak beredar

cobalah kalian debat dengan muslim
tentang matahari beredar
senajata artikel yang dibawa adalah yang saya copy paste diatas (termasuk yang dari nasa itu)
saya disini nanya aja....siapa tahu kalian debat ama muslim, pasti nanti muslim bawa artikel itu


dan ada satu lagi senajata debat muslim yang baru tentang peredaran matahari, yaitu solar apex
yaitu: http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_apex

silahkan di debatkan ...sebagai pencerahan bagi muslim dan bagi yang belum tahu sains

Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab
Mirror
Faithfreedom forum static

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

philipus wrote:topik egosentris
gak diterjemahin ke indonesia sekalian. :snakeman:

bos ...kalo bos tahu
langsung aja jawab!
ini artikel belakangan senjatanya muslim
kalo gak bisa jawab, ya alquran bener dong ............. :turban:

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

Jelasin dulu deh, apa pengertian rotasi benda langit menurut anda?
topik ane kan jelas di atas
menurut alquran matahari beredar
belakangan banyak orang membantahnya...........bahwa matahari gak beredar

lah menurut ente matahari beredar gak??

nah kalo jawabannya gak..............

belakangan ternyata ada posting yang isinya menyatakan matahari berotasi
salah satunya dari website nasa

anda juga bisa cari tentang solar apex



nah kalo memang ingin mendebatkan ini dengan muslim
anda harus bisa membahas postingan saya ini
karena inilah senjata muslim tentang matahari beredar ..............
kalo ternayata matahari beredar. alquran bener dong....
silahkan dibahas ................

User avatar
sixpackguy
Posts: 1943
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by sixpackguy »

dadangku wrote: topik ane kan jelas di atas
menurut alquran matahari beredar
belakangan banyak orang membantahnya...........bahwa matahari gak beredar

lah menurut ente matahari beredar gak??

nah kalo jawabannya gak..............

belakangan ternyata ada posting yang isinya menyatakan matahari berotasi
salah satunya dari website nasa
Menurut alquran matahari beredar
Judul topikmu dan artikel nasa yg ente comot menyatakan matahari berotasi atau berputar
Apa menurutmu beredar = berputar/berotasi?
#-o

Kita samakan persepsi dulu.

User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Posts: 4425
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by MaNuSiA_bLeGuG »

sepengetahuanku, beredar = berevolusi. kok yg dibawa artikel rotasi ?

apa rotasi = revolusi ?

quran bilang matahari beredar, beredar terhadap apa ? pada bumi ato pada apa ? karena dgn mata telanjang aja manusia bisa berkesimpulan bhw matahari memiliki garis edar, lah tiap ari nongolnya di situ2 aja... makana dikenal ada teori geo dan heliocentris

yg kayak gini kok dibilang jelas... hahahaha

User avatar
NYFGbY
Posts: 658
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.
Contact:

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by NYFGbY »

..Menurut Quran dan hadits, matahari beredar terhadap Arsy.

serba-serbi-arsy-nya-alloh-swt-t52855/#p923666

Nabi berkata:"Sesungguhnya matahari itu pergi hingga ia bersujud di bawah Arsy.

Itulah yang dimaksud firman Allah Ta'ala: "dan matahari berjalan ditempat peredarannya."

Beliau bersabda: "Tempat peredarannya berada dibawah Arsy, " (Yasiin: 38).

:green:

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

Menurut alquran matahari beredar
Judul topikmu dan artikel nasa yg ente comot menyatakan matahari berotasi atau berputar
Apa menurutmu beredar = berputar/berotasi?
#-o

Kita samakan persepsi dulu.
pertama sebelum si bos ngomentari ane.
bos pastikan tidak berusaha berdebat dengan ane
disini objek debatnya adalah artikel NASA itu yang kini menjadi bahan senjata debat para muslim
so jika si bos berhasil debat ane, tentu gak ngaruh apa apa
karena muslim muslim itu ketika masuk ke ranah matahari berdar, maka yang dibawa artikel yang ane paste tadi

jadi si bos silahkan berusaha pilah poko permasalahannya
dan tentukan jawaban paling menggigit dan kena
sekarang artikel ini pasti dibaca muslim dan non muslim juga


jadi masalah matahari beredar dalam alquran yah
menurut ane seh mungkin artinya matahari dianggap tidak diam atau statis
itu pendapat pribadi ane

saya rasa para muslim menginterpretasi berdar juga sama, yaitu matahari tidak diam (tidak statis)

nah lalu ada artikel nama katanya matahari berotasi
saya posisinya disini nanya kalian
apakah benar matahari ber rotasi
jika iya apakah benar itu artinya matahari tidak diam (dalam arti tidak statis, yang kebanyakan muslim interpretasikan berdar)

jika iya tentu kesimpulan sefihaknya selintas bahwa alquran benar matahari itu beredar

sekali lagi si bos jangan berusaha mendebat saya. cobalah buat argumen yang kuat terkait itu
karena jika nanti ada debat dengan muslim tentang matahari berdar . saya yakin ini senjatanya


mohon silahkan baca:
http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_apex

The solar apex (Apex of the Sun's Way) is the direction that the Sun travels with respect to the Local Standard of Rest. In lay terms, it's the "target" within the Milky Way that the Sun appears to be "chasing" as it orbits the galaxy. It should not be confused with the Sun's "motion" through the Zodiac, which is not a real 3D motion, but a 2D parallax effect due to change in our vantage point (the Earth's revolving around the Sun).
The general direction of the solar apex is southwest of the star Vega near the constellation of Hercules. There are several coordinates for the solar apex. The visual coordinates (as obtained by visual observation of the apparent motion) is right ascension (RA) 18h 28m 0s and declination (dec) of 30° North (in galactic coordinates: 56.24° longitude, 22.54° latitude). The radioastronomical position is RA 18h 03m 50.2s and dec 30° 00′ 16.8″ (galactic coordinates: 58.87° longitude, 17.72° latitude).
The Sun moves towards the apex at about 16.5 km/s. This is relative to the Sun's general orbital speed around the Galactic center, about 220 km/s, already included in the Local Standard of Rest. Thus the Sun gains distance towards the apex at about 1/13 its orbital speed. The sun's motion in the Milky Way is more complex than a simple orbit, it also shifts ("bobs") up and down with respect to the galactic plane.[1]
The nature and extent of the solar motion was first demonstrated by William Herschel in 1783.
The solar antapex, the direction opposite of the solar apex, is located near the star Zeta Canis Minoris.

Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab
Mirror
Faithfreedom forum static

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

MaNuSiA_bLeGuG wrote:sepengetahuanku, beredar = berevolusi. kok yg dibawa artikel rotasi ?

apa rotasi = revolusi ?

quran bilang matahari beredar, beredar terhadap apa ? pada bumi ato pada apa ? karena dgn mata telanjang aja manusia bisa berkesimpulan bhw matahari memiliki garis edar, lah tiap ari nongolnya di situ2 aja... makana dikenal ada teori geo dan heliocentris

yg kayak gini kok dibilang jelas... hahahaha

saya rasa muslim yang apapun penilaian anda, saat ini menggunakan beredar pada konsep tak diam
apapun prosesnya muslim berargumen bahwa matahari itu tak diam, bahasa sederhana beredar kan kurang lebih gak diam

nah saya disini posisinya bertanya
bernarkah matahari tak diam??
benarkah solar rotation artinya matahari tak diam??

coba anda pelajari tentang: http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_apex

benarkah matahari mengarungi tatasurya??


jangan berusaha mendebat saya
tapi coba debat fokus ke artikel itu
saya katakan itulah senjata muslim terkait matahari beredar

dadangku
Posts: 11
Joined: Thu Mar 29, 2012 8:45 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by dadangku »

NYFGbY wrote:..Menurut Quran dan hadits, matahari beredar terhadap Arsy.

serba-serbi-arsy-nya-alloh-swt-t52855/#p923666

Nabi berkata:"Sesungguhnya matahari itu pergi hingga ia bersujud di bawah Arsy.

Itulah yang dimaksud firman Allah Ta'ala: "dan matahari berjalan ditempat peredarannya."

Beliau bersabda: "Tempat peredarannya berada dibawah Arsy, " (Yasiin: 38).

:green:

saya tidak akan terjebak untuk leuar topik
topik kita adalah bedarnya matahari, dimana inilah senjata muslim dalam berdebat
anda nanti bisa berdebat dengan banyak muslim untuk hal hal tersebut

saya cuman mau katakan bahwa matahari beredar, diangapan banyak muslim itu artinya tak diam
lalu ada artikel nasa tentang solar rotation dan bahkan ada artikel katanya matahari itu mengarungi tata surya

coba bantu saya untuk mencari tahu tentang http://en.wikipedia.org/wiki/Solar_apex

saat ini dengan bantuan hal tersebut secara sederhana alquran dianggap benar tentang mathari beredar / tidak diam
well disini saya mau tanya untuk penjelasan itu


jadi jangan keluar dari main topic

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

[quote="dadangku"][quote="philipus"]topik egosentris
gak diterjemahin ke indonesia sekalian.


bos ...kalo bos tahu
langsung aja jawab!
ini artikel belakangan senjatanya muslim
kalo gak bisa jawab, ya alquran bener dong .......


bos maaf bos ane tak bisa jawab, karena ane bukan Tuhan, ataupun orang yang mempelajari.
ada filosofi " orang yang gak tau apa-apa adalah orang yang paling bijaksana" lagi pula aku masih polos hehehehehe
:finga: fux men.!!!

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

dadangku wrote:Jelasin dulu deh, apa pengertian rotasi benda langit menurut anda?
topik ane kan jelas di atas
menurut alquran matahari beredar
belakangan banyak orang membantahnya...........bahwa matahari gak beredar

lah menurut ente matahari beredar gak??

nah kalo jawabannya gak..............

belakangan ternyata ada posting yang isinya menyatakan matahari berotasi
salah satunya dari website nasa

anda juga bisa cari tentang solar apex



nah kalo memang ingin mendebatkan ini dengan muslim
anda harus bisa membahas postingan saya ini
karena inilah senjata muslim tentang matahari beredar ..............
kalo ternayata matahari beredar. alquran bener dong....
silahkan dibahas ................[/quote]


kata beredar dari mane bung.?
kata "beredar" kok kaya surat, koran, majalah aja.?

User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by CrimsonJack »

Menurut artikel itu, permukaan matahari berputar, putarannya di kutub lebih lambat daripada di garis equatornya.
Wajar saja, mengingat permukaan matahari yang dijadikan patokan itu sifatnya tidak padat.

Dengan artikel tersebut mau menjelaskan matahari mengelilingi bumi atau benda apapun jelas ga nyambung, karena artikel di atas ngebahas rotasi permukaan matahari.

Topik sih lumayan jelas, tapi post pertama dan topik ga nyambung, jadi bisa disimpulkan senjata muslim yang di atas itu ga nyambung sama yang mau mereka debatkan.


Terus mengenai solar apex, pergerakan matahari mengitari galaksi dilihat dari kutub galaksi, teori lanjutan dari heliosentris, di mana benda ber massa kecil akan mengitari benda yang bermassa lebih besar (pusat galaksi milkyway).
Di mana matahari seolah-olah bergerak perlahan menuju pusat galaksi sambil mengorbit pusat galaksi.

Sepertinya mulsim mulai berpikir dan meninggalkan konsep geosentris, bagus... bagus... akhirnya mulai mikir.

User avatar
qprim
Posts: 259
Joined: Wed Nov 09, 2005 4:01 pm

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by qprim »

dadangku wrote:saya cuman mau katakan bahwa matahari beredar, diangapan banyak muslim itu artinya tak diam
lalu ada artikel nasa tentang solar rotation dan bahkan ada artikel katanya matahari itu mengarungi tata surya

saat ini dengan bantuan hal tersebut secara sederhana alquran dianggap benar tentang mathari beredar / tidak diam
well disini saya mau tanya untuk penjelasan itu
Saya tidak membantah artikel dari NASA. Kalo bicara mengenai antariksa dan astronomi, di sana memang ahlinya. Tapi artikel tersebut TIDAK BiSA digunakan untuk membenarkan alquran mengenai peredaran matahari, karena konteksnya sangat berbeda. Coba saja dibandingkan, apakah penjelasan mengenai peredaran matahari dalam alquran sama dengan penjelasan pada artikel NASA.

Kalo artikel NASA digunakan sebagai pembenaran, maka menurut saya itu cuma CUCOKMOLOGI yang maksa banget, saking sudah kepepet dan kehabisan argumen \:D/.

walet
Posts: 5973
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am
Contact:

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by walet »

Ini menurut Ustad loh:
Image
Menurut Islam, Matahari Mengelilingi Bumi

Ada bukunya juga loh.

Image
Buku Matahari Mengelilingi Bumi

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

ikut ah , ini juga dari sumber lebay.!

Apakah Matahari Mengelilingi Bumi ?
46
Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin
Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: "Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?".

Jawaban.
"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

[1]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

"Artinya : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," [Al Baqarah : 258]

Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

[2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman juga tentang Ibrahim.

"Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: 'Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar', maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : 'Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.'" [Al-An'am : 78]

Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: "Ketika bumi itu hilang darinya".

[3]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu." [Al-Kahfi : 17]

Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: "gua mereka condong darinya(matahari)". Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya "(condong) dan menjauhi mereka)".

[4]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata:"Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal". Penjelasan itu terkenal darinya.

[5]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat," [Al-A'raf : 54]

Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

[6]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." [Az Zumar : 5]

FirmanNya: "Menutupkan malam atau siang" artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: "Dia menutupkan bumi atas malam dan siang". Dan firmanNya: "matahari dan bulan, semuanya berjalan", menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

[7]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya," [Asy-Syam : 1-2]

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

[8]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya." [Yaa-Siin : 37-40]

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

[9]. Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

PerkataanNya: "Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya" sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

[10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi."

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq."


[Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]
_________
Foote Note
[1] Dikeluarkan oleh bukhari, Kitab Bad'ul Khalqi, bab shifat asy syam wal qamar : 3199, dan muslim, kitab Al Iman, bab Bayan az Zaman al Ladzi la yuqbal fihil Iman : 159



http://artikelassunnah.blogspot.com/200 ... lingi.html

Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab
Mirror
Faithfreedom forum static

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

MENJAWAB TUDUHAN ALQUR'AN MENYATAKAN MATAHARI MENGELILINGI BUMI
Written By Aal Noor Alamsyah on Senin, 07 Januari 2013 | 13.31
بِسْــــــــــــــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم


Berikut ini beberapa ayat yg sering dipakai untuk menuduh bahwa Alqur'an tidak ilmiah karena mengatakan Matahari bergerak mengelilingi Bumi

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

“Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.”(QS. Al-Anbyaa':33)

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ بِالْحَقِّ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لأجَلٍ مُسَمًّى أَلا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

“ Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS.Az-Zumar:5)

وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَّهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

“dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS. Yasiin:3)

وَٱلشَّمْسُ تَجْرِى لِمُسْتَقَرٍّۢ لَّهَا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ
dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (QS.Yasiin:38)

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُولِجُ ٱلَّيْلَ فِى ٱلنَّهَارِ وَيُولِجُ ٱلنَّهَارَ فِى ٱلَّيْلِ وَسَخَّرَ ٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ كُلٌّۭ يَجْرِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍۢ مُّسَمًّۭى وَأَنَّ ٱللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌۭ
Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Lukman:29)


Penekanannya di sini pada kalimat: mengelilingi bumi. Kalau ayat yang menunjukkan bahwa matahari bergerak dan digerakkan oleh Allah SWT, memang banyak bertaburan di banyak tempat dalam Al-Quran. Akan tetapi secara zahir nash tidak ada satupun yang menyebutkan dengan kalimat “asyamsu taduru haulal ardhi”= matahari mengelilingi bumi.

Yang ada hanya pernyataan bahwa matahari itu bergerak, beredar, terbit, terbenam, condong, pergi, datang dan sejenisnya.

Menurut pengamatan, matahari, sebagai pusat tata surya galaksi kita, ternyata bergerak dengan kecepatan yang luar biasa yaitu 720.000 Km/jam ke arah bintang Vega dalam sebuah garis edar yang dinamakan Solar Apex. Ini berarti Matahari diperkirakan bergerak sejauh 17.280.000 Km/Hari.

Tata Surya terletak di galaksi Bima Sakti, sebuah galaksi spiral yang berdiameter sekitar 100.000 tahun cahaya dan memiliki sekitar 200 milyar bintang. Matahari berlokasi di salah satu lengan spiral galaksi yang disebut Lengan Orion. Letak Matahari berjarak antara 25.000 dan 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi, dengan kecepatan orbit mengelilingi pusat galaksi sekitar 2.200 kilometer per detik.
Setiap revolusinya berjangka 225-250 juta tahun. Waktu revolusi ini dikenal sebagai tahun galaksi Tata Surya. Apex Matahari, arah jalur Matahari di ruang semesta, dekat letaknya dengan rasi bintang Herkules terarah pada posisi akhir bintang Vega.

Source:http://id.wikipedia.org/wiki/Tata_Surya

Karena Matahari tidak berbentuk padat melainkan dalam bentuk plasma, menyebabkan rotasinya lebih cepat di khatulistiwa daripada di kutub. Rotasi pada wilayah khatulistiwanya adalah sekitar 25 hari dan 35 hari pada wilayah kutub. Setiap putaran dan mempunyai gravitasi 27,9 kali gravitasi Bumi. Terdapat julangan gas teramat panas yang dapat mencapai hingga beribu bahkan berjuta kilometer ke angkasa. Semburan matahari 'sun flare' ini dapat mengganggu gelombang komunikasi seperti radio, TV dan radar di Bumi dan mampu merusak satelit atau stasiun angkasa yang tidak terlindungi. Matahari juga menghasilkan gelombang radio, gelombang ultra-violet, sinar infra-merah, sinar-X, dan angin matahari yang merebak ke seluruh tata surya.

Matahari mempunyai dua macam pergerakan, yaitu sebagai berikut :

1. Matahari berotasi pada sumbunya dengan selama sekitar 27 hari untuk mencapai satu kali putaran. Gerakan rotasi ini pertama kali diketahui melalui pengamatan terhadap perubahan posisi bintik Matahari. Sumbu rotasi Matahari miring sejauh 7,25° dari sumbu orbit Bumi sehingga kutub utara Matahari akan lebih terlihat di bulan September sementara kutub selatan Matahari lebih terlihat di bulan Maret. Matahari bukanlah bola padat, melainkan bola gas, sehingga Matahari tidak berotasi dengan kecepatan yang seragam. Ahli astronomi mengemukakan bahwa rotasi bagian interior Matahari tidak sama dengan bagian permukaannya. Bagian inti dan zona radiatif berotasi bersamaan, sedangkan zona konvektif dan fotosfer juga berotasi bersama namun dengan kecepatan yang berbeda. Bagian ekuatorial (tengah) memakan waktu rotasi sekitar 24 hari sedangkan bagian kutubnya berotasi selama sekitar 31 hari. Sumber perbedaan waktu rotasi Matahari tersebut masih diteliti.


2. Matahari dan keseluruhan isi tata surya bergerak di orbitnya mengelilingi galaksi Bimasakti. Matahari terletak sejauh 28.000 tahun cahaya dari pusat galaksi Bimasakti. Kecepatan rata-rata pergerakan ini adalah 828.000 km/jam sehingga diperkirakan akan membutuhkan waktu 230 juta tahun untuk mencapai satu putaran sempurna mengelilingi galaksi.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Matahari#Pe

Bersamaan Matahari, seluruh planet yang ada dalam pengaruh gravitasi Matahari ikut pula berjalan menempuh jarak ini . Selanjutnya semua bintang dalam galaksi yang lain di alam semesta pun berjalan dalam gerakan yang terencana sehingga banyak sekali garis-garis edar atau jalan lintasan bagi setiap benda angkasa termasuk galaksi lain.


Terdapat sekitar 2 milyar galaksi di alam semesta dimana masing-masing galaksi terdiri dari 200 bintang, sebagian besar bintang-bintang ini mempunyai planet dan sebagian besar planet-planet ini mempunyai bulan. Semua benda langit tersebut berjalan dalam garis edarnya yang diperhitungkan sangat teliti.

Selama Jutaan tahun, masing-masing beredar dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain. Selain itu, Komet-komet pun beredar dalam lintasan yang yang ditetapkan Allah baginya.

Kekuasaan Allah tidak terbatas, pergerakan ini tidak hanya dimiliki oleh benda-benda langit disetiap galaksi yang ada, tapi galaksi itu sendiri pun berjalan pada kecepatan yang luar biasa dalam suatu peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tidak satupun benda-benda angkasa dan galaksi ini memotong lintasan atau bertabrakan dengan yang lainnya.

Bahkan telah diamati sejumlah galaksi berpapasan 1 sama lainnya tanpa satu bagian dari bagian-bagiannya saling bersentuhan. Jelas pada saat Al-Qur'an diturunkan, manusia tidak memiliki teleskop atau teknologi canggih untuk mengamati angkasa luar yang jaraknya jutaan kilometer dan tidak pula fisika atau pengetahuan astronomi modern.

Jika Bumi berotasi dan berevolusi mengelilingi matahari masih wajar pada masa ini, tapi bagaimana jika matahari berevolusi dalam galaksi dan bersamaan dengan itu maka galaksi itu sendiri berevolusi pula bersama galaksi-galaksi lainnya yang jauh lebih besar?

Terbayangkah bagaimana Maha Kuasa Allah yang tidak membutuhkan siapapun dalam mengatur alam semesta ini?

Hal ini membuktikan bahwa Al-Qur'an bukanlah karangan Rasulullaah, tapi memang wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril pada Rasulullah Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam.

Dan banyaknya lintasan edar dalam angkasa luar ini telah dinyatakan oleh Allah lebih dari 1400 tahun yang lalu dalam Al-Qur'an Surat 51 Adz-Dzariyaat ayat 7

وَٱلسَّمَآءِ ذَاتِ ٱلْحُبُكِ
Demi langit yang mempunyai jalan-jalan (QS.Adz-Dzariaat:7)

Tidak mungkin bagi Rasulullah mengatakan bahwa luar angkasa dipenuhi dengan lintasan dan garis edar masing-masing bintang & galaksi yang dinyatakan dalam Surat 51 ayat 7 tersebut. Darimana beliau tahu??? sementara adanya garis edar setiap benda langit baru ditemukan 14 abad kemudian??

ذَالِكَ الْكِتَابُ لاَرَيْبَ فِيْهِ هُدًىلِّلْمُتَّقِيْنَ
“Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (QS. Al-Baqarah:2).

Tidak ada keraguan lagi akan kebenaran Alqur'an bagi orang-orang yg berpikir

PENINGGALAN TEORI GEOSENTRIS DI ALKITAB

Yosua 10
12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"
13 Maka berhentilah matahari dan bulanpun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.

Pengkhotbah 1
5 Matahari terbit, matahari terbenam, lalu terburu-buru menuju tempat ia terbit kembali

Mazmur 19
4 tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,
5 yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.
6 Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.
Baca juga Kejadian 1:1-18, dimana matahari diciptakan pada hari keempat setelah adanya kehidupan, berarti pusat tata surya adalah bumi menurut alkitab

Teori tolol ala Bible inilah yg menjadi latar belakang kematian sadis seorang ilmuan cerdas bernama Galileo Galilei



Galileo Galilei (1564-1642) adalah orang pertama yang membuat teleskop astronomi, terobosan baru yang meruntuhkan argumentasi gereja yang menyebut dunia sebagai pusat alam semesta. Temuan Galileo berpendapat lain, bumi hanya salah satu planet yang berputar mengelilingi matahari.

Galileo dalam karyanya mengatakan, “Matahari adalah pusat tata surya, bukan bumi sebagai pusat tata surya”. Temuan ini bertentangan dengan bible mengatakan “Bumi adalah pusat tata surya, matahari mengelilingi bumi” Yoshua 10:12-13 & Kitab Kejadian 1:1-18 dikatakan oleh dogmatika sebagai Geosentris.

2Petrus 1:20-21 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri, sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

Berdasarkan ayat diatas maka :”Dengan tuduhan kafir, otoritas tertinggi kemudian merasa terganggu dan berkewajiban memanggilnya. Sejarah mencatat, Rabu, 22 Juni 1632, Galileo dikenai hukuman rumah karena dianggap telah mengganggu keimanan umat, dicap pemberontak dan dianggap melecehkan kitab suci dengan membuat tafsir sendiri.

Atas kebiadaban Gereja, Galieo pun menerbitkan buku kritiknya terhadap autokrasi Gereja yang berjudul: "Dialogo Sopra I Due Massimi Sistemi del Mondo" (Dialog Seputar Dualisme Sistem Dunia)... Gereja pun semakin gerah dengan Galileo dan akhirnya Galileo pun ditahan dengan wewenang hukum pidana "mencemarkan nama baik dan menghina kesakralan dan kesucian Gereja tahun 1630... kondisi kesehatan beliau memburuk, mata beliau nyaris buta.

Di masa pengasingan oleh hukuman Gereja, Galileo tetap menulis buku-buku ilmiah seputar matematika dan fisika, serta melakukan penelitian dari pengamatan astronomi beliau dan dicatatnya...
Gereja pun lantas menuding Galileo melakukan bidah. Karena kecerdasannya itu, dia dijatuhi hukuman seumur hidup yang belakangan diganti menjadi hukuman mati.

Pada saat kematiannya di tahun 1642, tubuhnya juga tidak langsung dikuburkan, melainkan tetap disimpan hingga tahun 1737, hampir seabad berikutnya. Bahkan, sebelum dikuburkan di Gereja Santa Croce, Florence, Italia, seorang bangsawan memotong tiga jari-jari Galileo untuk dijadikan "kenang-kenangan". Dua dari jari itu kemudian dimiliki oleh seorang dokter Itali, dan jari ketiga - sepotong jari tengah - saat ini berada di Museum Sejarah Ilmu Pengetahuan di Florence, Italia, dipajang menunjuk ke langit di atas tiang marmer. Astagfirullahal’adziiin wa na’udzubillah mindzalik, betapa sadisnya.

Galileo Galilei terlahir 15 Februari 1564, meninggal di Arcetri 8 Januari 1642. belajar kedokteran di Universitas Pisa, Pada 1589, menjadi guru besar matematika di Pisa. Pada 1592-1610 menjadi profesor matematika di Universitas Padua,
Untuk menutup sejarah kelam gereja, Galileo baru diampuni secara resmi oleh Gereja Katolik pada Oktober 1993 oleh Paus Joanes II. BBCNews melaporkan

Source:
http://www.bbc.co.uk/history/historic_f ... ileo.shtml
http://www.dluvux.com/2010/03/jari-tengah-galileo.html

Galileo baru diampuni tahun 1993?? untuk apa lagi diampuni lah orangnya udah lama mati kok? yg salah siapa yg mengampuni juga siapa?? Seharusnya pihak gereja yg perlu minta ampun sama Galileo Galilei bukan sebaliknya, udah salah ngotot pula, bener2 aneh neh Kristen!!!

Sumber : Hanina Syahidah - https://www.facebook.com/notes/hanina-s ... 1703443533
http://assalaam-islammenjawab.blogspot. ... takan.html


Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab
Mirror
Faithfreedom forum static

philipus
Posts: 215
Joined: Thu Aug 08, 2013 3:44 pm
Location: adadeh

Re: Nasa Bilang matahari berputar atau berotasi? help jawab

Post by philipus »

gimana nih slim.?
kok muslim pada jawabannya gak masuk akal.?
menggelikan.!!!!!
belajar dulu sana slim biar pinter, buat ngalahin NASA.! ](*,) ](*,) ](*,)

Post Reply