Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by CrimsonJack »

pranotohr wrote:iya itu benar, setahun yg jumlhanya 12 itu ditetapkan oleh Tuhan.
apakah itu salah???
salah
oleh manusia

bukannya tiap sekali bumi selesai mengelilingi matahari
bulan sudah mengelilingi bumi 13 kali lbh sedikit?

pranotohr
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by pranotohr »

CrimsonJack wrote: bukannya tiap sekali bumi selesai mengelilingi matahari
bulan sudah mengelilingi bumi 13 kali lbh sedikit?
ini belajar astronomi dari mana ya?

User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by CrimsonJack »

Kalender bikinan sendiri yang ngitung klo tiap bbrp tahun ada bulan ke 13, karena 1 bulan itu 1 kali bulan mengelilingi bumi dan 1 tahun itu 1 kali bumi mengelilingi matahari. :rofl:

pranotohr
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by pranotohr »

CrimsonJack wrote:Kalender bikinan sendiri yang ngitung klo tiap bbrp tahun ada bulan ke 13, karena 1 bulan itu 1 kali bulan mengelilingi bumi dan 1 tahun itu 1 kali bumi mengelilingi matahari.
ya sekali2 kembali ke SD belajar aritmatika lg gpp.

cuman di sistem luni solar setahun itu ada 13 bulan. itupun tdk setiap tahun.

User avatar
keeamad
Posts: 6946
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by keeamad »

CrimsonJack wrote:Kalender bikinan sendiri yang ngitung klo tiap bbrp tahun ada bulan ke 13, karena 1 bulan itu 1 kali bulan mengelilingi bumi dan 1 tahun itu 1 kali bumi mengelilingi matahari.
pranotohr wrote:ya sekali2 kembali ke SD belajar aritmatika lg gpp.

cuman di sistem luni solar setahun itu ada 13 bulan. itupun tdk setiap tahun.
Pasti anda tahu alasannya kenapa bisa 12 dan 13 bulan, tujuannya biar bumi kembali pd posisinya semula ....

Gak kaya tahun islam, mau ditentuin 12 bulan, 10 bulan atau 20 bulan sekalipun,
TERBUKTI Posisinya siklusnya (Awal dan Akhir) BERANTAKAN dan ngawur .....

pranotohr
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by pranotohr »

ya krn itulah satu2nya yg lo tahu. kasihan deh.

User avatar
keeamad
Posts: 6946
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by keeamad »

pranotohr wrote:ya krn itulah satu2nya yg lo tahu. kasihan deh.
Lebih kasian lagi nte itu, namanya siklus adalah awal menjadi titik akhir, begitu sebaliknya ...
Emang nte kalo muterin kabah 7 kali ngitung siklusnya gimana?
Gak dari titik yang sama2x untuk titik awal dan akhir?
Suka2x aja dan berantakan gitu .... ???

pranotohr
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by pranotohr »

ya krn yg tahu cuman itu....yg lain dianggap salah. buka mata telinga & pikiran dulu.

User avatar
keeamad
Posts: 6946
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by keeamad »

pranotohr wrote:ya krn yg tahu cuman itu....yg lain dianggap salah. buka mata telinga & pikiran dulu.
Makanya kalo keliling kabah, buka mata paling tidak, biar mutarnya gak salah arah, dan tahu titik awal / akhir mana yang menjadi acuan untuk menghitung siklus (periode putaran penuh) dengan baik dan benar .....

User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by CrimsonJack »

Buat kapir awam seperti gw, kalender lunar ataupun solar gunanya cuma begini :
Solar : musim, dan berlaku internasional, nentuin libur kapan :D
Lunar : buat tahu dan siap2 menghadapi bulan "Munafik"

jemplank
Posts: 763
Joined: Tue May 15, 2012 2:43 am

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by jemplank »

@pranotohr
Anda bilang siklus 1 Tahunan kalender islam Ditetapkan 12 bulan ....,
dan tidak memperhatikan SIKLUS Perderan Penuh Bumi terhadap matahari ....

Ini sama saja analoginya dengan :
Mengitari kabah itu perlu 100 langkah ..., dan hukum tawaf harus mengelilingi kabah 7 kali ....

Problemnya, orang menghitung satu putaran itu berdasarkan titik awal menjadi titik akhir dan titika akhir menjadi awal berikutnya dan begitu seterusnya ...
Nah kalo 100 langkah memutari kabah itu ternyata tidak cukup untuk Mencapai Titik Awal tadi,
apakah 100 langkah itu bisa dianggap sebagai SATU PUTARAN PENUH dalam mengelilingi kabah ... ???

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam

User avatar
CrimsonJack
Posts: 2189
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by CrimsonJack »

phiter sondakh wrote:Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam
jam sendiri ga 100% akurat loh

User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Posts: 4425
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by MaNuSiA_bLeGuG »

phiter sondakh wrote:Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam
ini bukan permasalahan ada nya waktu atau bukan, tapi soal keakuratan perhitungan.

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

kalo memang akurat mengapa mesti ada tahun kabisat?

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam
jam sendiri ga 100% akurat loh
yang bilang jam 100% akurat itu siapa?

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam
ini bukan permasalahan ada nya waktu atau bukan, tapi soal keakuratan perhitungan.
memangnya TAHUN itu bukan waktu ya?

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

iya itu benar, setahun yg jumlhanya 12 itu ditetapkan oleh Tuhan.
apakah itu salah???
lah, anda sendiri tahu - dengan segala ilmu dan kepandaian yg anda miliki, kalo berdasarkan YANG DITETAPKAN ITU,
POSISI bumi selalu berubah tiap tahunnya ....
Saya bilang ITU NGAWUR namanya, kalo anda anggap ITU SALAH, Ya mongga wae ....
posisi bumi selalu berubah setiap detik ,

jarak bintang yang di ukur dari bumi kemarin tidak sama jaraknya dengan bintang yang diukur hari ini pada bintang yang sama

demikian juga jarak matahari terhadap bintang yang dimaksud
Last edited by phiter sondakh on Tue Aug 28, 2012 11:54 am, edited 1 time in total.

User avatar
Blim Oiven
Posts: 54
Joined: Mon Aug 27, 2012 9:06 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by Blim Oiven »

phiter sondakh wrote:Faktanya satu tahun Masehi itu dulunya hanya 10 Bulan
bahwa pergerakan "waktu" tidaklah disebabkan perputaran benda-benda langit itu. Misalnya, seandainya saja bulan dan matahari lepas dari orbitnya dan lenyap dari pandangan makhluk bumi, "waktu" tidak berarti ikut lenyap. Ia tetap saja berjalan mengiringi usia kita menjadi lebih tua.
Substansi waktu tidak terletak pada bulan dan matahari. Keduanya hanya berfungsi sebagai penanda alias patokan belaka.
Karena itu, kalau Anda berkelana di ruang angkasa nun jauh di sana, hingga Anda sudah tidak bisa berpatokan pada pergerakan matahari dan bulan, Anda masih akan bisa menandai perubahan waktu dengan menggunakan jam
Anda baca konteks judulnya dong.
Kenapa muslim menggunakan pergerakan matahari untuk ibadah sholat hariannya, tapi tidak menggunakan (patokan) matahari untuk menentukan siklus 1 tahun islam? Anda bisa jelaskan?

phiter sondakh
Posts: 59
Joined: Fri Mar 16, 2012 4:43 pm

Re: Tantangan Debat TAHUN Islam!!!

Post by phiter sondakh »

gerakan matahari yang semu hanya dijadikan penanda masuknya waktu untuk beribadah bukan sebagai yang menentukan waktu
yang menentukan waktu itu ALLAH

Post Reply