Alquran satu Ilmu Allah

Akukomkamu
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by Akukomkamu »

quran satu ilmu allah swt.

skr gw tanya ilmu yg elo maksud itu apa ?



Piss... :heart:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Alien wrote:
Ganti saya yang tanya, tolong jelas kan kesempurnaan quran menurut anda, dan juga arti sempurna itu sesungguhnya, yang manusia pada umumnya tau akan makna atau tabiat nya.
Baiklah, kita bahas per istilahannya dulu ya.

Banyak definisi definisi yang bisa anda lihat di internet ini. Tapi disini saya mengambil definisi dibawah ini karena mendekati kesempurnaan definitif.

Kesempurnaan (kata benda) ---> Susunan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya, dari potongan potongan/bagian bagian sesuatu yang saling melengkapi dan memfungsikan sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna.

Contoh: Kesempurnaan sistem aktifitas tubuh/biologis manusia. semua komponen bekerja dengan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya saling melengkapi dan memfungsikan sehingga bisa dikatakan "manusia" yang sempurna. sampai sampai kotorannya pun bisa berguna bagi ikan lele dumbo.

Contoh lain: wanita yang sempurna. cantik luar dalam. artinya bagian bagian dalam berupa alam fikir dan bagian bagian luar berupa susunan lembaga lembaga tubuh, sesuai batasannya masing masing kedua dua nya saling melengkapi dan memfungsikan secara teratur dalam keseluruhan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna bagi orang disekelilingnya.

Nah setelah melihat alquran baik susunan bahasa maupun maknanya, adalah susunan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya, dari potongan /bagian bagian ayat ayat nya baik bahasa maupun maknanya yang saling melengkapi dan saling memfungsikan sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna(sia sia).

Jadi kalau kita melihat terjemah ataupun tafsir yang kontradiktif, berarti fungsi dan kelengkapan penjelasan dari ayat ayat lainnya belum ada.

Maka jangan heran kalau anda melihat perbedaan tafsir ataupun terjemah. karena masing masing orang memiliki kemampuan yang berbeda beda dalam menjangkau seluruh makna ayat ayat dalam alquran. Hal ini bukan berarti kesalahan atau ketidak sempurnaan alquran itu sendiri. Tapi hanya semata mata tingkat kemampuan orangnya yang bervariasi.

Bisa dianalogikan seperti berikut ini:

Melihat gajah---> si A mengatakan ekor gajah, "itulah gajah".
---->si B mengatakan belalai gajah, "itulah gajah".
---->si C yang sudah melihat dari semua sudut mengatakan gajah, "itulah gajah".

1. melihat 1 buah ayat---> Si A mengatakan segala sesuatu Allahlah yang menentukan. manusia berbuat hanyalah dipaksa oleh Allah.

2. melihat 1 buah ayat yang lainnya----> Si B mengatakan segala sesuatu manusialah yang menentukan dan Allah tidak ikut campur dalam urusan manusia.

3. melihat ayat lebih banyak lagi---> Si C mengatakan segala sesuatu Allahlah yang menentukan dan manusia hanyalah berusaha dan berdo`a.


4. Melihat seluruh ayat-----> Si D mengatakan segala sesuatu Allahlah yang merancang dan memastikan dan manusia menentukan 1 buah pilihan dan berharap atas apa yang telah dirancang oleh Allah tersebut lalu melaksanakannya untuk hasil kepastian Allah tersebut.

Ke empat terjemah atau tafsir tersebut diatas bukanlah kesalahan alquran atau sifat alquran yang senantiasa berubah, tapi kembali karena keterbatasan kemampuan masing masing orang berbeda beda dalam menjangkau atau menjamah seluruh ayat ayat dalam alquran.

Semoga bermanfaat :heart:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Alien wrote:
Ganti saya yang tanya, tolong jelas kan kesempurnaan quran menurut anda, dan juga arti sempurna itu sesungguhnya, yang manusia pada umumnya tau akan makna atau tabiat nya.
Baiklah, kita bahas per istilahannya dulu ya.

Banyak definisi definisi yang bisa anda lihat di internet ini. Tapi disini saya mengambil definisi dibawah ini karena mendekati kesempurnaan definitif.

Kesempurnaan (kata benda) ---> Susunan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya, dari potongan potongan/bagian bagian sesuatu yang saling melengkapi dan memfungsikan sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna.

Contoh: Kesempurnaan sistem aktifitas tubuh/biologis manusia. semua komponen bekerja dengan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya saling melengkapi dan memfungsikan sehingga bisa dikatakan "manusia" yang sempurna. sampai sampai kotorannya pun bisa berguna bagi ikan lele dumbo.

Contoh lain: wanita yang sempurna. cantik luar dalam. artinya bagian bagian dalam berupa alam fikir dan bagian bagian luar berupa susunan lembaga lembaga tubuh, sesuai batasannya masing masing kedua dua nya saling melengkapi dan memfungsikan secara teratur dalam keseluruhan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna bagi orang disekelilingnya.

Nah setelah melihat alquran baik susunan bahasa maupun maknanya, adalah susunan teratur dalam keseluruhan bulat sesuai batasan batasannya, dari potongan /bagian bagian ayat ayat nya baik bahasa maupun maknanya yang saling melengkapi dan saling memfungsikan sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang kesemuanya tidak ada yang tidak berguna(sia sia).

Jadi kalau kita melihat terjemah ataupun tafsir yang kontradiktif, berarti fungsi dan kelengkapan penjelasan dari ayat ayat lainnya belum ada.

Maka jangan heran kalau anda melihat perbedaan tafsir ataupun terjemah. karena masing masing orang memiliki kemampuan yang berbeda beda dalam menjangkau seluruh makna ayat ayat dalam alquran. Hal ini bukan berarti kesalahan atau ketidak sempurnaan alquran itu sendiri. Tapi hanya semata mata tingkat kemampuan orangnya yang bervariasi.

Bisa dianalogikan seperti berikut ini:

Melihat gajah---> si A mengatakan ekor gajah, "itulah gajah".
---->si B mengatakan belalai gajah, "itulah gajah".
---->si C yang sudah melihat dari semua sudut mengatakan gajah, "itulah gajah".

1. melihat 1 buah ayat---> Si A mengatakan segala sesuatu Allahlah yang menentukan. manusia berbuat hanyalah dipaksa oleh Allah.

2. melihat 1 buah ayat yang lainnya----> Si B mengatakan segala sesuatu manusialah yang menentukan dan Allah tidak ikut campur dalam urusan manusia.

3. melihat ayat lebih banyak lagi---> Si C mengatakan segala sesuatu Allahlah yang menentukan dan manusia hanyalah berusaha dan berdo`a.


4. Melihat seluruh ayat-----> Si D mengatakan segala sesuatu Allahlah yang merancang dan memastikan dan manusia menentukan 1 buah pilihan dan berharap atas apa yang telah dirancang oleh Allah tersebut lalu melaksanakannya untuk hasil kepastian Allah tersebut.

Ke empat terjemah atau tafsir tersebut diatas bukanlah kesalahan alquran atau sifat alquran yang senantiasa berubah, tapi kembali karena keterbatasan kemampuan masing masing orang berbeda beda dalam menjangkau atau menjamah seluruh ayat ayat dalam alquran.

Semoga bermanfaat :heart:

Note: tolong koreksi kalau ada kesalahan :heart:

oglikom
Posts: 3375
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by oglikom »

Bla bla bla...... :-&
Itu mah teori pemolesan kotoran onta dipoles coklat tetaplah coklat.....hehehe.
Eh salah
Itu mah teori kotoran onta dilamuri coklat tetap kotoran. :finga:

User avatar
vhee
Posts: 1885
Joined: Thu May 20, 2010 2:52 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by vhee »

oglikom wrote:Bla bla bla...... :-&
Itu mah teori pemolesan kotoran onta dipoles coklat tetaplah coklat.....hehehe.
Eh salah
Itu mah teori kotoran onta dilamuri coklat tetap kotoran. :finga:
Kom...ayam2 dirumah dah dikasih makan belon? Image

User avatar
vhee
Posts: 1885
Joined: Thu May 20, 2010 2:52 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by vhee »

oglikom wrote:Bla bla bla...... :-&
Itu mah teori pemolesan kotoran onta dipoles coklat tetaplah coklat.....hehehe.
Eh salah
Itu mah teori kotoran onta dilamuri coklat tetap kotoran. :finga:
Kom...ayam2 dirumah dah dikasih makan belon? Image

puan
Posts: 216
Joined: Thu Mar 31, 2011 12:44 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by puan »

kafir itu mmg idiot. untuk mengenali tuhan selain baca quran,baca juga alam semesta,spy tahu mana tuhan yg sejati,tuhan yg benar-benar menciptakan alam semesta ini.

maemunah
Posts: 225
Joined: Tue Feb 23, 2010 11:56 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by maemunah »

puan wrote:kafir itu mmg idiot. untuk mengenali tuhan selain baca quran,baca juga alam semesta,spy tahu mana tuhan yg sejati,tuhan yg benar-benar menciptakan alam semesta ini.
alloh dalam quran beda jauh dengan tuhan pencipta alam semesta

iluvboy.blogspot
Posts: 951
Joined: Wed Oct 21, 2009 6:18 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by iluvboy.blogspot »

:rofl:

biksu sonje
Posts: 465
Joined: Thu Sep 09, 2010 5:18 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by biksu sonje »

pusing wrote:Jadi kalau kita melihat terjemah ataupun tafsir yang kontradiktif, berarti fungsi dan kelengkapan penjelasan dari ayat ayat lainnya belum ada.
tunggu apa lagi, lo suruh aja allah swt tuk membuatnye jadi ada
pusing wrote:Maka jangan heran kalau anda melihat perbedaan tafsir ataupun terjemah.
ngapain2 cape2 heran2
pusing wrote:karena masing masing orang memiliki kemampuan yang berbeda beda dalam menjangkau seluruh makna ayat ayat dalam alquran.
kalo begitu kenape kagak allah swt aja nyang tafsir+terjemah ilmunye sendiri ntuh?
mungkinkah allah swt pusing sehingga kagak buat sendiri tafsir+terjemah alquran ataukah kerane allah swt telah mampus?
pusing wrote:Hal ini bukan berarti kesalahan atau ketidak sempurnaan alquran itu sendiri. Tapi hanya semata mata tingkat kemampuan orangnya yang bervariasi.
koq yah jadi kayak malah mau2nye salah2in manusia, yah salahin allah swt nyang teramat sangat tolol kerane membuat ilmu nyang setengah hati begitu

jelas sudah, tuk ngjelasin ilmu allah swt ntuh yah kagak usah pake otak pusing, kerane makin kacau balau dong sing ilmu allah swt nyang udah amburadul ntuh. nah, ada baiknye ente panggil+ajak aja allah swt ke ffi tuk ngjelasin semuanye ama manusia

sing pusing, hareeee gini masih pusing?
yah paramex dong, kalo kagak cocok, boleh mixagrip, kalo kagak cocok lagi, boleh decolgen, kalo masih kagak cocok lagi, boleh ultraflu, kalo masih juga kagak mau cocok lagi, tape deh :finga:

Post Reply