Alquran satu Ilmu Allah

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Peristilahan:

اَلْقُراٰنُ - alqur aanu ---> اِسْمُ الْجَامِدِ-->Isim jamid = kata benda asli.

Satu: Penegasan karena berhubung kesadaran kita sudah memble dan tidak menyadari kalau Alquran adalah Ilmu.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN "ILMU"

1. Menurut kalangan arabisme : اَلْعِلْمُ نُوْرٌ فِى الْقَلبِ - al `ilmu nuwrun fil qalbi = Ilmu adalah pancaran cahaya dalam hati.--->> Dengan perkataan lain Jiwa bisa menghasilkan Ilmu.

Dalam hal ini ditanya definisi Ilmu dijawab asalnya.

Sama saja dengan bentuk pertanyaan "Apa itu meja"? Meja adalah unsur meja dalam kayu .

Dari mana pengertian yang sama oleh arabisme bisa menyatakan اَلْعِلْمُ نُوْرٌ فِى الْقَلبِ - al ilmu nuwrun fil qalbi = Ilmu adalah pancaran cahaya dalam hati??.

Bahwa mereka ngomong secara sadar atau tidak berpangkal pada "IDEALISME"

Sekarang, Apa itu "IDEALISME" ??

Idea : Idea /gagasan.
Isme : paham / theory.

Siapa pencetusnya?
PLATO. Sekitar 5 SM (427 - 347 SM).

Menurut PLATO alam ini terbagi 2, yaitu LOGOS BESAR(alam idea/non benda) dan LOGOS KECIL(alam benda/alam nyata).
Atau alam immateri dan alam materi.

Jiwa menurut plato berasal dari alam idea. Bersifat kekal/muthlaq dan jiwa itu suci/bersih. Kemudian Jiwa masuk dalam jasad kasar manusia. Karena berasal dari alam Idea, maka jiwa telah melihat Idea idea. Sama dengan jiwa sudah mempunyai Ilmu.

---->>Maka jiwa mampu menjelaskan tentang LOGOS BESAR DAN LOGOS KECIL = Jiwa dapat menghasilkan Ilmu!.
---->>Jadi ada bedanya tidak antara omongan arabisme dengan paham Plato ini?? Ada bedanya tidak? Jawab: bedanya yang satu pakai bahasa arab, yang satu pakai bahasa Yunani.

Kata plato selanjutnya : Jiwa yang pada awalnya suci/bersih, begitu masuk jasad kasar manusia, maka Jiwa menjadi kotor karena terpengaruh oleh lingkungan dan hawa nafsu dunia. Ibarat intan jatuh kelumpur!. Karena kotor, Jiwa tidak dapat memancarkan Ilmu. Agar dapat memancarkan Ilmu kembali, maka manusia harus banyak merenung atau intuisi mengasingkan diri(= meditasi= nyepi = betapa) dalam rangka jiwa harus kembali ke LOGOS BESAR.

Sehingga kalau ada orang yang mengasingkan diri dari lingkungan keduniawian dalam rangka menghasilkan Idea/Ilmu, sama saja dengan dia telah menjadi pengikut Plato, walaupun dia tidak menyadarinya.

Kata plato segala kenyataan yang ada ini tidak ada, melainkan hanya ilusi belaka.

Dari sini Idealisme disebut defect dalam arti tidak mementingkan bukti sebagai pembuktian kebenarannya. Yang penting diyakini kebenarannya oleh hati. Seperti dongeng, takhayul, khurafat dll.
Contoh: - Cerita pohonan yang bisa belanja kepasar.
- Dongeng dongeng legendaris dari babilon.
- dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, Idealisme mencoba menjelaskan sebab dari segala sebab / causa prima. Titik temunya diLOGOS BESAR.. diistilahkan menjadi Science of God.

Jadi dalam dunia tata cara Ilmiah ala Idealisme, Tuhan menjadi Object Ilmu. Menjadi sasaran Ilmu!dan tidak mementingkan bukti. Yang penting cukup diyakini oleh hati saja.

Idealisme Plato ini kemudian diserap oleh seorang Yahudi salah satu siswa scholastic kelahiran Pharisi bernama Soul of Tharsus yang dikenal kemudian sebagai Rasul paulus. Dengan modal Idealisme Plato ini, Soul of Tharsus mentransformasikan Injil dengan sunnahnya Isa menjadi kristenisme yang pada awal perkembangannya melahirkan satu cabang Ilmu yang bernama Theology, Yakni satu cabang Ilmu yang menjadikan Tuhan sebagai object bahasan.

Asal kata Theology: Theo = Tuhan.
Logy = Ilmu/cabang Ilmu
Ilmu yang membahas tentang Tuhan ini pada perkembangan selanjutnya diserap Oleh Arab dan berubah nama menjadi ILMU TAUHID(Allah sebagai object bahasan)--> (Lihat "Risalah Tauhid" karangan Muhammad Abduh. terjemahan K.H Firdaus A.N. halaman 37. 1979.--> Ilmu Tauhid = Ilmu kalam dan disebut sebagai Science of Theology.

Idealisme Plato ini dalam dunia Kristenisme mengakibatkan "SEKULARISME".

LOGOS BESAR---->menjadi kerajaan langit = Urusan langit---->Urusan pendeta, Rohaniawan.
LOGOS KECIL---->Menjadi kerajaan Bumi = Urusan dunia [/b]---->Urusan Penguasa, Raja, Pemerintah.

Selanjutnya Kristenisme pecah menjadi 2:

1. Aliran Otonom / Qadaret ---->pangkal bahan dasar paham ini diserap oleh arabisme berubah nama menjadi Qadariyyah, Yang pangkal bahan dasar Pahamnya tersebut adalah: "Bahwa manusia dengan Akal, fikiran dan Nurani mampu menciptakan baik buruknya". ---->Aliran Rasional: Salah satu contoh dalam Islamisme adalah Aliran MU`TAZHILAH.

2. Aliran Heteronom / Jabaret---->pangkal bahan dasar paham ini diserap oleh arabisme berubah nama menjadi Jabariyyah, Yang pangkal bahan dasar Pahamnya tersebut adalah:"Bahwa manusia, dengan akal, fikiran dan Nurani, tidaklah mampu menciptakan baik dan buruk. Dan sebenarnya manusia disaat berbuat dalam hidupnya adalah secara terpaksa. Jadi kalau ada orang yang mencuri/membunuh, sebenarnya dia dipaksa oleh Tuhan untuk mencuri atau membunuh.

Sebelum masuk ke Indonesia, kita lihat masih pada Zaman Muawwiyah(sepeninggalan Rasul dan khulafaaurraasyidiin) keadaan konkubinat(ada pemeliharaan Gundik) diperbolehkan. Musik dan nyanyian serta minuman keras serta perjudian yang semula dilarang Rasul, disambung kembali dengan megahnya dalam dinasty Abbasyah---->adalah kelanjutan dari bani ummayyah yang lampau yaitu Zaman kebudayaan Yunani shiria dan persi(---->Idealisme).

DiZaman abbasyah kekhalifahan Al maun(anak Harun arrasyid), Pengaruh Kebudayaan yunani begitu hebatnya sehingga beliau sendiri menggunakan Kitab kitab Filsafat Yunani untuk membuktikan dalilnya yang menyatukan ayat keagamaan haruslah sesuai dengan Hukum hukum akal budi. Pada tahun 830M beliau mendirikan "Gedung Ilmu" di baghdad yang merupakan kombinasi perpustakaan, Akademi, dan Balai penterjemahan Kitab Yunani---->kebahasa arab(siria)---->ke bahasa arab yang kata mereka, kitab Yunani tersebut adalah bahasa Nabi Isa.

Penterjemah: Hunien Ibnu Ishak(Josimitius 809-873) Seorang Kristen Historian yang menjadi tabib pribadi Khalifah Al maun. Dia menterjemahkan Kitab kitab seperti REUBLIK karya PLATO, Katagoris metafisika dan makna moralita karya Aristoteles.

Selain itu pada masa itu juga diterjemahkan Kitab kitab seperti: Organon, Rhetorica dan poetica karya Aristoteles, Isagoge karya Phorphyrius.
Kitab kitab tersebut menjadi dasar humanisme dalam dunia Islamisme(bukan Islam).

Akibatnya:

Filsafat Yunani yang diciptakan oleh Plato dan Aristoteles, dipergunakan sebagai dasar dalam pandangan/pendapat didunia Islamisme(Bukan Islam) terutama dalam lapangan kerohanian. Peristiwa dalam lapangan Sufisme, misticisme Islamisme dapat dijumpai pengaruh yang jelas dari Neo Platonisme.

Percikan Pangkal bahan dasar Idealisme Plato ini juga dapat kita jumpai salah satunya di situs Indonesia Faithfreedom.org Yang bersandar pada anggapan bahwa Akal, fikiran dan Nurani mampu menciptakan idea/ ilmu dan bahasa.

Bahasan selanjutnya kalau saya mempunyai banyak waktu, akan saya sampaikan Insya Allah mengenai Definisi Ilmu (Science)menurut BARAT, kapan Neo platonisme ini masuk ke Indonesia dan Definisi Ilmu menurut Alquran.

Lebih kurangnya saya mohon maaf kalau dari yang saya sampaikan diatas banyak orang yang tersinggung terutama Arab dan Umat Islam.

Sumber: Cari ndiri terjemahan tentang buku buku Plato,Aristoteles, Imam al ghazali, sejarah kristen, arab dan islam.

Salam bagi semua yang tahan pusing berfikir meluas dan mendalam. :heart:
Last edited by pusing on Tue Dec 28, 2010 3:01 pm, edited 2 times in total.

User avatar
duren
Posts: 11124
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm
Contact:

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by duren »

pusing wrote:Satu: Penegasan karena berhubung kesadaran kita sudah memble dan tidak menyadari kalau Alquran adalah Ilmu.
Si Pusy lagi onani .
Safa pula yang ga menyadari bahwa Quran adalah ilmu ??

Kami menyadari !!! ..Quran memang lah ilmu ... ilmu setan arab yang sedang menipu .. :finga:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Duda Keren Wrote:
Si Pusy lagi onani .
Safa pula yang ga menyadari bahwa Quran adalah ilmu ??

Kami menyadari !!! ..Quran memang lah ilmu ... ilmu setan arab yang sedang menipu .. :finga:
Maaf, Saat ini saya sedang ingin memperbaiki diri saya.Mungkin saya banyak salah, sampai sampai saya selalu diseret kepada sifat anarxis demikian brutal dan kebekuan Otak anda. Tolong anda koreksi saja apa yang saya sampaikan diatas, karena saya yakin sebagai manusia pasti kita tidak luput dari kesalahan. :heart:

User avatar
duren
Posts: 11124
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm
Contact:

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by duren »

pusing wrote:Mungkin saya banyak salah, sampai sampai saya selalu diseret kepada sifat anarxis demikian brutal dan kebekuan Otak anda. Tolong anda koreksi saja apa yang saya sampaikan diatas, karena saya yakin sebagai manusia pasti kita tidak luput dari kesalahan. :heart:
Apanya yang mau dikoreksi ..

Kapir MEMANG MENGAKUI bahwa Alquran satu Ilmu awlloh .

Masalahnya .. bagi kapir awlloh swt = Setan

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

DUDA KEREN CALUMNIATING:
Apanya yang mau dikoreksi ..

Kapir MEMANG MENGAKUI bahwa Alquran satu Ilmu awlloh .

Masalahnya .. bagi kapir awlloh swt = Setan
Maaf, mohon bersabar,Bahasan mengenai anda sebaiknya kita bahas dilain Topik..Disini hanya seputar judul diatas.

ramonhorpa
Posts: 1667
Joined: Tue Jul 29, 2008 10:35 pm
Location: INDONESIA

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by ramonhorpa »

bos, bahasanmu tentang "ilmu" rasanya kurang 'menjelaskan',
bahkan terkesan muter2... :green:
1. Menurut kalangan arabisme : اَلْعِلْمُ نُوْرٌ فِى الْقَلبِ - al `ilmu nuwrun fil qalbi = Ilmu adalah pancaran cahaya dalam hati.--->> Dengan perkataan lain Jiwa bisa menghasilkan Ilmu.
bla
bla
bla
no 2 nya mana bos ?
bandingkan pengertian "ilmu" ini dengan bahasan di WIKI :
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia [1].
Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya[2].

Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang kongkrit. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jauhnya matahari dari bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi sesuai untuk menjadi perawat.
menurut KBBI :
ilmu :
1.pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl -- pendidikan;
2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb);
nah,.... bagaimana kau bisa menempatkan al quran sebagai suatu ilmu ?
barangkali judul yang lebih tepat adalah :
"dalam al quran terkandung ilmu tentang akhirat...."
he he he he.... :green:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

ramonhorpa wrote:
nah,.... bagaimana kau bisa menempatkan al quran sebagai suatu ilmu ?
barangkali judul yang lebih tepat adalah :
"dalam al quran terkandung ilmu tentang akhirat...."
he he he he.... :green:
Sabar ya mas R H , belum saatnya ujian Nasional. Masih tahap proses belajar mengajar dan belum tahap hajar menghajar.Nanti saja kalau sudah selesai semua, baru nanti kalau ada yang minta dihajar dipersilahkan deh..Soalnya sekarang saya lagi sibuk menghajar di kampung sebelah :lol:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Baiklah, tanpa harus menunggu lama, Dibawah ini adalah kelanjutan dari bahasan yang sudah saya sampaikan dipaling atas.

2. Definisi Ilmu menurut Barat.

Barat mengartikan Ilmu dengan mengambil istilah SCIENCE.

Science is organized body of prinsiples supported by facts.
: Adalah Rangkaian keterangan teratur dalam keseluruhan yang didukung oleh fakta
atau bukti.

Pendapat ini berpangkal dari mana?? Naturalisme.
Nature : Alam
Isme : Paham
Yakni suatu paham yang menyatakan:Semua yang benar benar berwujud(ada) adalah nature yang bersifat alami, artinya semua proses kejadian pertumbuhan, pergerakan, perkembangan dan sebagainya terjadi karena sifat nature itu sendiri.

Naturalisme terbagi 2 :
a. Macro atomisme---> Indivodualisme.
b.Micro atomisme---->Collectivisme

a. Macro atomisme (paham diambil dari tingkah laku atau gerak Atom/alam besar) = Individualisme.
Peletak dasar ini adalah : Aneximendros, kurang lebih 65 SM(sekitar 610 - 547SM). Dia seorang ahli astronomi yang meneliti tingkah/gerak benda benda angkasa atau tata surya sampai pada pemahaman bahwa masing masing gerak benda benda beredar berputar secara berdiri sendiri, artinya mereka hidup secara Individu individu yang bebas tanpa saling berbenturan satu sama lainnya. Dari paham ini, ia menuangkannya bagi sosial budaya dan menyimpulkan bahwa begitulah hendaknya kehidupan manusia, artinya agar hidup ini baik dan beres, maka manusia haruslah menjadi individu individu yang bebas sebebas bebasnya agar dan hasilnya tidak saling berbenturan.

Jadi Manusia didalam masyarakat = Tata surya di alam semesta.

Penganut ini menata kehidupannya dengan sistem Lberalisme.

Penataan Sistem kehidupan tersebut pada perkembangan selanjutnya diterapkan oleh Romawi timur pada abad 7 M sebagai penguasa Blok barat( اَلْمَغْرِبُ- Al maghribu).

Rupanya Di era/abad sekarang ini diterapkan ulang oleh Negara super power yaitu Amerika dan Eropa sebagai penguasa Blok barat ( اَلْمَغْرِبُ- Al maghribu).

b. Micro atomisme(Paham diambil dari tingkah/gerak atom atau alam kecil)--->Collectivisme--->Komunisme.

Peletak dasar ini adalah Aristoteles kurang lebih 4 SM (sekitar 360 - 324 SM), meneliti tingkah / gerak benda benda kecil seperti sel sel pada tubuh manusia sampai kepada pemahaman bahwa seluruh benda termasuk jasad apapun adalah terdiri dari atom atom yang masing masing melebur/ menyatu kedalam satu kesatuan bentuk jasad dan masing masing kesatuan tersebut adalah merupakan berbagai lemabaga, seperti contoh: Lembaga mata hidung dan lain sebagainya. Artinya tidak ada masing masing individu atom. Yang ada hanyalah satu kesatuan dalam keseluruhan. Tiap bentuk volume atau jasad adalah leburan total dari Atom atom.

Kemudian pemahaman tersebut dituang bagi sosial budaya dan menyimpulkan bahwa Masyarakat dengan manusia manusianya dipandang sama dengan volume dan Atom atomnya. Maka berarti setiap manusia harus lebur total didalam pergaulan hidup sehari hari masyarakatnya.

Jadi manusia didalam masyarakat = Sel sel didalam tubuh.

Perkembangan selanjutnya secara singkat dapat dijelaskan:
Aristoteles----->Collectivisme----->Alexander The Great(sekitar 324 - 320 SM)sebagai muridnya----->Persia baru abad ke 7 M sebagai penguasa Blok Timur(اَلْمَشْرِقُ - Al masyriqu).

Rupanya sistem kehidupan tersebut juga dikembangkan oleh China dan negara negara komunis di era/zaman abad ini sebagai penguasa Blok Timur(اَلْمَشْرِقُ - Al masyriqu).

Sekarang dari mana kaum Naturalis dapat menemukan Science is organized body of prinsiples supported by facts tersebut??
Bahwa Science muncul setelah melalui tahapan tahapan Ilmiah yang mereka terapkan kemudian merumuskannya sebagai berikut:

Tahap ke 1. Experience = Pengalaman.
Tahap ke 2. Experimence = Penelitian / penyelidikan.
Tahap ke 3. Knowladge = Pengetahuan.
Tahap ke 4. Science = Ilmu.

Contoh:
-Pengalaman Nelayan pada umumnya setiap tanggal 25-30 bulan langit( qomariah) tidak berlayar disebabkan karena ikan sedikit karena air pasang. Dan pada umumnya setiap tanggal 7-22 bulan langit(qomariah) berlayar karena ikan banyak disebabkan oleh air yang surut.

Setelah di experimentkan ternyata berhubungan dengan Gaya gravitasi bulan--->mendapatkan pengetahuan---->menjadi Ilmu pernelayanan atau Science of fisherman.

-Pengalaman dialog kakek dengan cucunya tentang adanya siang dan malam. Sikakek bilang Matahari yang mengelilingi bumi. Si cucu nya bilang Bumi yang mengelilingi matahari.
Si kakek ngotot dan si cucu ini kesurupan "Copernicus"! Kalau tidak, pasti dia ngomong seperti kakeknya.

Pada waktu Copernicus meluncurkan theory nya pada abad ke 16, Ada tidak manusia yang pernah keluar dari bumi?. Kalau tidak ada kenapa manusia pada saat itu yakin bahwa Bumi berputar mengelilingi matahari??

Katanya alam semesta ini seperti "Cakram", nah, manusia saat itu kan harus nongkrong diluar bumi, Supaya dapat membuktikan keterangan katanya tersebut. Tapi pada saat itu tidak mungkin dilakukan tetapi sudah ada keterangan katanya.

Lalu dari mana keterangan katanya itu diambil bahwa matahari berputar pada porosnya??

لَم يَكُنِ الَّذينَ كَفَروا مِن أَهلِ الكِتٰبِ وَالمُشرِكينَ مُنفَكّينَ حَتّىٰ تَأتِيَهُمُ البَيِّنَةُ-surat(98;1)<---Tidak ada Orang orang kafir dari Ahli kitab dan para dualis yang membawa lari keterangan sebelum datang pada mereka rangkaian keterangan.

وَالشَّمسُ تَجرى لِمُستَقَرٍّ لَها ۚ ذٰلِكَ تَقديرُ العَزيزِ العَليمِ-surat(36;38)<---Yaitu mengenai matahari berputar pada porosnya. itu adalah rancang pasti pembina hidup perkasa lagi ilmiah.

Sampai disini dulu, Nanti saya lanjutkan ke sesi berikutnya. :heart:
Last edited by pusing on Tue Dec 28, 2010 6:34 pm, edited 2 times in total.

ramonhorpa
Posts: 1667
Joined: Tue Jul 29, 2008 10:35 pm
Location: INDONESIA

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by ramonhorpa »

pusing wrote: Lalu dari mana keterangan katanya itu diambil bahwa matahari berputar pada porosnya??

لَم يَكُنِ الَّذينَ كَفَروا مِن أَهلِ الكِتٰبِ وَالمُشرِكينَ مُنفَكّينَ حَتّىٰ تَأتِيَهُمُ البَيِّنَةُ-surat(98;1)<---Tidak ada Orang orang kafir dari Ahli kitab dan para dualis yang membawa lari keterangan sebelum datang pada mereka rangkaian keterangan.

وَالشَّمسُ تَجرى لِمُستَقَرٍّ لَها ۚ ذٰلِكَ تَقديرُ العَزيزِ العَليمِ-surat(36;38)<---Yaitu mengenai matahari beredar ditempat peredarannya. itu adalah rancang pasti pembina hidup perkasa lagi ilmiah.

Sampai disini dulu, Nanti saya lanjutkan ke sesi berikutnya. :heart:
sampai di situ, yang tertulis jelas adalah :
matahari beredar ditempat peredarannya
bukan
matahari berputar pada porosnya
ilmiah apa'an... ?
topik ini sudah pernah dibahas pada jaman dulu...
tidak perlu kau ulangi lagi lah....
dari pada kau babak belur di sini
:green:

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

ramonhorpa wrote:
matahari beredar ditempat peredarannya
bukan
matahari berputar pada porosnya
ilmiah apa'an... ?
topik ini sudah pernah dibahas pada jaman dulu...
tidak perlu kau ulangi lagi lah....
dari pada kau babak belur di sini
:green:
aduh, jangan main hajar dulu mas.Ya, benar mas. terjemah yang benar memang begitu. saya tadi cuma copas saja. Kebetulan topiknya disini ke definisi Ilmu dulu. Saya belum menyentuh uraian penterjemahannya. jadi saya fikir pakai terjemah yang ada dulu. Tapi sedikit saya sampaikan asal kata مُسْتَقَرٌّ لِ- mustaqarrun li adalah sebuah kata isim maf`ul idiomatik = poros asalnya dari kata kerja 3 huruf pokok tambahan 3 yaitu اِسْتَقَرَّ بِالْمَكَانِ - istaqarra bilmakaani = menetap. Jadi مُسْتَقَرٌّ لِ- mustaqarrun li dalam kaitan dengan matahari = Poros. maklumya mas..banyak kerjaan. Saya ganti ya mas.. :heart:

Silahkan kalau masih ada lagi mungkin saja saya ada kesalahan. :tonqe:

User avatar
BlackKnight
Posts: 223
Joined: Sat Jan 30, 2010 11:24 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by BlackKnight »

pusing wrote:Satu: Penegasan karena berhubung kesadaran kita sudah memble dan tidak menyadari kalau Alquran adalah Ilmu.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN "ILMU"
ga usah muter2 kesana kemari biar dibilang teoritis banget.. :rolling:
terus terang juga ana termasuk org yg menyadari kalao koran itu satu ilmu owloh. titik!
masalahnya sekarang kenapa ente mau paksaiin disini bahwa "ilmu" itu berguna buat para kapirs? ](*,)

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

BlackKnight wrote:
ga usah muter2 kesana kemari biar dibilang teoritis banget.. :rolling:
terus terang juga ana termasuk org yg menyadari kalao koran itu satu ilmu owloh. titik!
masalahnya sekarang kenapa ente mau paksaiin disini bahwa "ilmu" itu berguna buat para kapirs? ](*,)
Anda tidak perlu berkepala besar dan Ge er... :lol: . Anda sendiri kenapa maksain syndrome beo . Teriak teriak Ilmiah ilmiah tanpa memahami istilah yang anda teriakkan dan dari mana asal kata itu diambil?. :lol: .

Lagi pula, disini bukan kah buanyak umat islam yang mau belajar alquran dengan benar? :lol:
Dan yang paling penting, apakah anda tidak mau membantu situs ini?? anda lihat tidak tulisan di board index ini: MISSI KAMI : menguak wajah Islam sebenarnya..

Kalau kalimatnya begini: MISSI KAMI : menguak wajah oknum orang yang ngaku ngaku Islam sebenarnya. :lol: saya malas membantu. :lol:

Dibantu kok malah dilarang. :rolling: :toimonster:

User avatar
BlackKnight
Posts: 223
Joined: Sat Jan 30, 2010 11:24 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by BlackKnight »

BlackKnight wrote:
ga usah muter2 kesana kemari biar dibilang teoritis banget.. :rolling:
terus terang juga ana termasuk org yg menyadari kalao koran itu satu ilmu owloh. titik!
masalahnya sekarang kenapa ente mau paksaiin disini bahwa "ilmu" itu berguna buat para kapirs? ](*,)
pusing wrote:Anda tidak perlu berkepala besar dan Ge er... :lol: . Anda sendiri kenapa maksain syndrome beo . Teriak teriak Ilmiah ilmiah tanpa memahami istilah yang anda teriakkan dan dari mana asal kata itu diambil?. :lol: .
Wah emang ente lagi onani rupanya. Pertanyaan ana, adakah kalimat ana diatas yg tereak2 "ILMIAH ILMIAH"????? ](*,)
pusing wrote:Lagi pula, disini bukan kah buanyak umat islam yang mau belajar alquran dengan benar? :lol:
lagi-lagi asal claim ](*,)

](*,) ](*,) ](*,)

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Blacknight wrote:
Wah emang ente lagi onani rupanya. Pertanyaan ana, adakah kalimat ana diatas yg tereak2 "ILMIAH ILMIAH"????? ](*,)
Ups, iya ya, maaf saya kira semua kafir disini mengidap syndrome beo. :lol:
Tapi kenapa tulisan orang islam tidak berguna ya bagi kapir?? :-$
blacknight wrote:
lagi-lagi asal claim ](*,)
Makanya buktikan , kesalahan Qurannya dan jangan mengklaim kesalahan dari terjemahnya melulu.saya perhatikan semua kafir disini mengajukan terjemahnya melulu tanpa merunut kesalahannya dimulai dari tata bahasanya. Sekalinya ada yang menyalahkan, Rupanya memang belum menguasai tata bahasa alquran. logikanya: Orang yang tahu kesalahan pasti sudah tahu yang benar dan orang yang tahu kebenaran pasti juga tahu kesalahan.betul tidak? Kalau anda tahu kesalahan, apakah anda juga tahu yang benar??? :lol:

Alien saw
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by Alien saw »

kesalahan quran, mengatakan dirinya sempurna.

Salam Alien

iluvboy.blogspot
Posts: 951
Joined: Wed Oct 21, 2009 6:18 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by iluvboy.blogspot »

Terjemaahan quran salah gitu?

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

Alien saw wrote:kesalahan quran, mengatakan dirinya sempurna.

Salam Alien
Waah , anda hebat sekali bisa mengklaim begitu. Berarti anda telah mengetahui sebuah kebenaran ya?? Tolong anda ajari saya tentang sebuah kebenaran menurut anda dan tolong tunjukkan ayat yang mana yang salah??

Dipersilahkan ... :heart:

AlapAlapArab
Posts: 266
Joined: Thu Jun 03, 2010 5:20 pm

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by AlapAlapArab »

Berarti anda telah mengetahui sebuah kebenaran ya?? Tolong anda ajari saya tentang sebuah kebenaran menurut anda dan tolong tunjukkan
Nabi ente saja BEJAT kelakuannya ,bagaimana bisa di percaya kalo KORAN anda benar ...?

Alien saw
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by Alien saw »

"pusing"

Waah , anda hebat sekali bisa mengklaim begitu.
Bukan saya yang klaim seperti itu, tapi allah swt dalam quran nya.
Berarti anda telah mengetahui sebuah kebenaran ya??
Kebenaran akan apa?? apakah yang anda maksud kebenaran bahwa quran itu tidak sempurna? Jika ya, jawab saya, benar bahwa quran tidak sempurna sperti klaim nya juga klaim penganut nya.
Tolong anda ajari saya tentang sebuah kebenaran menurut anda
Kebenaran akan apa dan tentang apa?? kebenaran bhawa quran tidaklah sempurna atau kebenaran yang menurut saya pribadi saja??
dan tolong tunjukkan ayat yang mana yang salah??

Dipersilahkan ... :heart:
Ayat yang menklaim bahwa quran sempurna diantara nya :
2. Kitab[11] (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa[12],


52. Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al Quran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami[546]; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

49. Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu[1156]. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.

51. Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) sedang dia dibacakan kepada mereka? Sesungguhnya dalam (Al Quran) itu terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.

48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian

82. Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.
Ganti saya yang tanya, tolong jelas kan kesempurnaan quran menurut anda, dan juga arti sempurna itu sesungguhnya, yang manusia pada umumnya tau akan makna atau tabiat nya.


Salam Alien

User avatar
pusing
Posts: 659
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Alquran satu Ilmu Allah

Post by pusing »

bahasan di WIKI wrote:
Ilmu (atau ilmu pengetahuan) adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia [1].
maaf, pengertian untuk mewakili istilah "ilmu" no. 1 diatas memiliki kelemahan sebagai berikut:

1. Peminjaman istilah "Ilmu" tersebut diatas tidak diikut serttakan secara terpisah dari lingkungan mana istilah itu diambil dan apa arti umum istilah tersebut menurut sumber pada lingkungannya tersebut.

Paling tidak dengan mengatakan peminjaman istilah dan arti berasal dari bahasa arab.
2. Dalam membuat definisi/pengertian diatas, tidak singkron antara yang diberi pengertian(dalam hal ini istilah "Ilmu" dengan uraian pengertiannya(dalam hal ini adalah "seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia .
perhatikan yang saya beri warna merah diatas semuanya.

Istilah "Ilmu" adalah sebuah kata benda yang mengandung ungkapan makna tersembunyi dan aktifitas ilmu itu sendiri. Sedangkan uraian pengertiannya adalah kalimat kata kerja dan fungsinya yang mengandung ungkapan makna tersembunyi dan aktifitas seseorang dalam upaya mencari Ilmu.
Paling tidak uraian pengertiannya walaupun panjang lebar haruslah berupa kalimat kata majemuk yang berarti satu kata dan satu arti yang bisa mewakili istilah "ilmu" tersebut.

3. dari kedua point kesalahan diatas saja dapat dipastikan kalau uraian perngertiannya menjadi tidak pas alias dol. Tidak pas alias dol = kurang tepat = tidak pada tempatnya = tidak benar = salah.

Sama halnya dengan bentuk definisi dibawah ini.

meja adalah seluruh usaha sadar akan meja untuk menyelidiki meja, menemukan meja dan meningkatkan pemahaman manusia akan meja dari berbagai segi kenyataan akan meja dalam alam manusia. :lol:

Tidak singkron bukan?? :green:

Dari ketidak singkronan tersebut diatas maka otomatis kelanjutannya akan berakibat ketiadaan arti "Ilmu" itu sendiri dan yang ada melainkan hanyalah kembali menghasta kain sarung mencari arti dan makna dari sebuah istilah tersebut yaitu "Ilmu".
bahasan di WIKI wrote:
Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya[2].

Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.[/b] Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Contoh: Ilmu Alam hanya bisa menjadi pasti setelah lapangannya dibatasi ke dalam hal yang bahani (materiil saja) atau ilmu psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika membatasi lingkup pandangannya ke dalam segi umum dari perilaku manusia yang kongkrit. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam menjawab pertanyaan tentang berapa jauhnya matahari dari bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang pemudi sesuai untuk menjadi perawat.
selain itu juga karena ungkapan makna tersembunyi dan aktifitas "ilmu " tidak mencuat, maka ada juga yang membikin tandingan Ilmu berupa methode tertentu yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl -- pendidikan juga terjadi pemisalahan atau sekularisme antara dunia dan akhirat berupa pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb)
menurut KBBI :
ilmu :
1.pengetahuan tt suatu bidang yg disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yg dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu: dia memperoleh gelar doktor dl -- pendidikan;
2 pengetahuan atau kepandaian (tt soal duniawi, akhirat, lahir, batin, dsb);
Ujung ujungnya orang tidak dapat membuat definisi "Ilmu" yang benar, malah yang mencuat adalah anggapan anggapan kosong makna seperti contoh kalimat di bawah ini:
nah,.... bagaimana kau bisa menempatkan al quran sebagai suatu ilmu ?
barangkali judul yang lebih tepat adalah :
"dalam al quran terkandung ilmu tentang akhirat...."
he he he he.... :green:
Last edited by pusing on Thu Jan 13, 2011 4:12 pm, edited 1 time in total.

Post Reply