Asal usul sistem decimal

Post Reply
User avatar
spaceman
Posts: 2095
Joined: Thu Sep 18, 2008 12:23 pm
Location: Green Planet

Asal usul sistem decimal

Post by spaceman »

Asal usul sistem decimal

http://www.answering-islam.org/Science/math.html

Klaim umum dari sisi muslim adalah

Haruskah saya mengingatkan anda bahwa angka2 yang anda pakai (1,2,3,..) adalah angka Arab ? Aljabar, Algorithma, dan banyak lagi istilah2 matematika juga dari Arab. Jika anda menyukai Matematika dan ilmu pengetahuan, anda harusnya berterimakasih kepada Quran karena telah memberikan mereka kepada Anda, karena tidak ada kitab lain yang telah memberikan ilmu pengetahuan lebih dari yang diberikan oleh Quran.

Mari kita selidiki klaim2 ini.

Angka Arab lebih tepatnya disebut angka Hindu-Arab karena mereka tidak berasal dari jazirah Arab tetapi berasal dari kaum Hindu sekitar tahun 200 sebelum Masehi. Sistim yang diadopsi oleh orang2 Arab sejak tahun 800 setelah Masehi paling dininya. Mereka membawanya ke Spanyol pada sekitar tahun 900. Sistim2 tersebut dibawa ke seluruh Eropa pada sekitar tahun 1100 …

Sangat sedikit orang2 Arab pada zaman Muhammed yang dapat membaca atau menulis atau mengenal aritmatika. Muhammed sendiri mengatakan kita adalah sebuah bangsa yang tidak mengerti bagaimana menulis atau mengerjakan aritmatika (nahnu 'omah la takteb wa la tahseb).

Adalah para tawanan perang Yahudi pada awal Islam yang mengajarkan para muslim awal bagaimana membaca dan menulis dan sebagainya dan untuk imbalannya mereka dibebaskan. Orang2 Arab memanfaatkan pedagang2 lokal, arsitek2 dan kaum terpelajar dari negara2 yang mereka taklukkan dan mendapatkan ketrampilan dari mereka. Ukuran ilmu pengetahuan dari orang2 Arab pada masa Muhammed tercermin dari Hadits dan Quran.

Setelah synopsis singkat, mari kita sekarang lebih mendalami dengan rujukan pada klaim2 di atas:

Haruskah saya mengingatkan anda bahwa angka2 yang anda pakai (1,2,3,..) adalah angka Arab ?

Simbol2 bahasa Arab untuk angka sungguh terlihat berbeda dari cara menulis orang2 Barat. Lihat saja angka2 pada ayat di dalam Quran berbahasa Arab. Cara penulisannya ( yaitu simbol2nya ) sungguh sangat berbeda, sehingga mereka tidaklah “Arab”, maka Saya kira klaim tersebut barangkali merujuk kepada cara pemakaiannya, misalnya posisi penomoran. ( Orang2 Yunani dan Yahudi telah lama menggunakan angka2 jauh sebelum orang2 Arab ). Diasumsikan posisi penomoran adalah dibuat untuk demikian dan bukan untuk angka2, saya harus merusak ilusi ini juga bahkan sejak itu tidak berasal dari orang2 Arab seperti yang akan kita lihat di bawah dalam detail yang lengkap.

Aljabar, Algorithma, dan banyak lagi istilah2 matematika juga dari Arab.

Aljabar dan Algoritma, saya setuju. Tetapi saya tidak begitu yakin jika anda dapat menambhkan “BANYAK lagi lainnya” pada daftar yang diklaim. ( Lalu kemudian hiperbolisme pun sebuah hal yang Arab juga.)

Jika anda menyukai Matematika dan ilmu pengetahuan, anda harusnya berterimakasih kepada Quran karena telah memberikan mereka kepada Anda, karena tidak ada kitab lain yang telah memberikan ilmu pengetahuan lebih dari yang diberikan oleh Quran.

Maukah anda menunjukkan kepada kami di mana persisnya Quran sungguh menyampaikan matematika kepada kita ? Saya belum menemukannya. Tolong kutip ayat yang persis menjelaskan konsep2 matematika tersebut yang anda mainkan.

Orang2 Arab terus belajar dari kaum terpelajar local sampai mereka mulai menginterpretasi ulang Quran. Tetapi puji Tuhan karena seseorang yang bernama Ghazali, dia menekan pendekatan baru dan memundurkan pemikiran Islam ratusan tahun ke belakang karena pendekatan baru membuat kontradiksi dengan hadits. Jika tidak oleh Imam Ghazali, kaum muslimlah bukan orang2 Amerika yang akan menjadi jagoan2 teknologi di planet ini.

Kata2 Aljabar dan Algoritma berasal dari bahasa Arab, tidak dipertanyakan. Tetapi, misalnya kata Aritmatika berasal dari Yunani kata Arithmos berarti nomor. Maka, ada istilah2 yang berasal dari satu bahasa dan istilah2 yang lain berasal dari bahasa2 yang lain, kemudian apa yang dapat kita simpulkan secara persis ? Juga pertimbangkan yang satu ini : Kata “computer” merupakan bahasa Inggris dan dipakai di seluruh dunia walaupun komputer2 pertama dibangun oleh insinyur Jerman bernama Konrad Zuse di antara tahun 1930 dan 1942. Tetapi adalah orang2 Amerika yang pertama kalinya membuat mereka pada skala besar dan mendistribusikan mereka, sehingga kata bahasa Inggris tersebut menjadi kata standar untuknya dalam banyak bahasa.
Dengan cara yang sama, orang2 Arab telah mengambil alih pekerjaan yang telah dilakukan oleh orang lain [ orang2 Yunani dan India] dan secara umum telah menyebarkannya dan nama Arab untuknya telah terpatri.

Sistim penomoran dikembangkan secara lengkap oleh orang India Hindu dalam abad keempat – keenam dan diadopsi oleh orang2 Arab hanya pada abad kesembilan-kesepuluh. [Encyclopædia Britannica] Entah bagaimana banyak orang masih mempercayai bahwa adalah orang2 Arab yang menciptakannya sementara mereka hanya memperkenalkannya ke seluruh dunia setelah mereka mengambil alih dari kaum Hindu. Bahkan ada sebuah tulisan public yang menggunakan sistim penomoran di India dari tahun 576, yang mana menunjukkan bahwa pada saat tersebut telah dipakai public dan tidak hanya dipakai oleh kaum terpelajar dalam studi2 mereka. Dan anda tahu bahwa tahun 576 adalah sebelum turunnya Quran.
Saya kutipkan ringkasan dari Carl B. Boyer, "History of Mathematics", (sebuah buku referensi standar):

Dalam masa abad pertama dari penaklukkan oleh orang2 Arab terjadi kebingungan secara politik dan intelektual… Orang2 Arab adalah yang awal2nya tidak memiliki ketertarikan pada intelektualitas, dan hanya memiliki peradaban yang rendah, jauh dari sebuah bahasa, untuk dipaksakan pada mayarakat yang mereka taklukkan… Tetapi pada tahun 750, orang2 Arab telah siap untuk mengulang sejarah, bagi para penakluk menjadi penasaran untuk mencerna pembelajaran atas peradaban yang telah mereka taklukkan. Pada tahun 766, kami mempelajari bahwa sebuah pekerjaan matematika-astronomi, yang dikenal orang2 Arab sebagai "Sindhind", dibawa dari India ke Baghdad… Beberapa tahun kemudian, mungkin sekitar tahun 775, Siddhanta tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan tidak lama setelahnya (ca.780) bahwa astrologi Ptolemy "Tetrabiblos"diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dari bahasa Yunani..[page 226]

Pada abad pertama kekuasaan kaum muslim sama sekali tidak menghasilkan pencapaian ilmu pengetahuan. Periode ini (dari sekitar tahun 650 - 750), secara fakta, barangkali telah menjadi saat terendah perkembangan matematika, karena orang2 Arab belum mencapai kesadaran intelektual, dan keinginan untuk pembelajaran di suatu bagian dari dunia telah sangat memudar. Jika saja tidak terjadi kebangkitan peradaban secara mendadak dalam Islam dalam masa akhir abag kedelapan, banyak sekali ilmu pengetahuan kuno dan matematika yang akan hilang. Ke Baghdad pada masa itu, dipanggillah kaum terpelajar dari Syria, Iran dan Mesopotamia, termasuk orang2 Yahudia dan Kristen Nestorian; di bawah tiga Abbasid besar yang gemar belajar-- al-Mansur, Haroun al-Rashid, dan al-Mamun – kota tersebut menjadi Alexandria baru. Dalam masa kekuasaan khalifah kedua dari para khalifah2 ini…, sebagian dari Euclid telah diterjemahkan…. Mohammed ibn-Musa al-Khwarizmi, ..., yang meninggal pada waktu di sekitar tahun 850, menulis lebih dari setengah lusin pekerjaan astronomi dan matematika, yang pada masa sangat awalnya mungkin berdasarkan pada Sindhind yang dihasilkan India. Di samping itu…[dia] menulis dua buku tentang Arithmatika dan Aljabar yang berperan sangat penting dalam sejarah matematika… Dalam pekerjaan ini, berdasarkan kelihatannya pada tejemahan bahasa Arab dari Brahmagupta, al-Khwarizmi memberikan begitu penuh sebuah penjelasan tentang angka2 kaum Hindu yang barangkali dia bertanggungjawab atas penyebarannya tetapi juga impresi palsu bahwa system penomoran adalah berasal dari Arab. Al-Khwarizmi tidak menyatakan penemuan dalam hubungan dengan system tersebut, sumber Hindu jika yang dia bicarakan sebagai hal yang selayaknya;... [pages 227-228]

Melalui Arithmatikanya, nama al- Khwarizmi telah menjadi sebuah kata bahasa Inggris yang umum; melalui judul dari bukunya yang sangat penting, Al-jabr wa'l muqabalah, dia telah memberikan kita dengan bahkan sebuah istilah domestic yang popular. Dari judul ini muncullah kata ‘Aljabar’, karena dari buku inilah yang kemudian dipelajari Eropa cabang matematika yang membawa namanya. Diophantus kadang2 disebut “bapak Aljabar”, tetapi julukan ini lebih tepat diberikan kepada al-Khwarizmi. Adalah benar bahwa dalam dua hasil pekerjaan al-Khwarizmi yang dihormati menjadi symbol sebuah kemunduran dari semua yang dikerjakan oleh Diaophantus. Pertama, adalah pada level yang jauh lebih dasar daripada yang ditemukan dalam masalah Diophantine dan kedua, Aljabar dari al-Khwarizmi adalah abstrak secara sistimatis, tanpa sinkopasi yang ditemukan dalam Arithmatika Yunani atau dalam pekerjaan Brahmagupta. Bahkan angka2 ditulis dalam kata2 daripada dengan simbol2! Adalah sangat mungkin bahwa al-Khwarizmi mengetahui mengenai pekerjaan Diophantus, tetapi dia seharusnya familiar dengan sedikitnya astronomi dan porsi2 penghitungan dari Brahmagupta; tetap saja al-Khwarizmi maupun kaum terpelajar Arab tidak memanfaatkan sinkopasi atau mengenai angka2 negative…[page 228]
________________________________________
Qur'an and Science
Answering Islam Home Page

User avatar
spaceman
Posts: 2095
Joined: Thu Sep 18, 2008 12:23 pm
Location: Green Planet

Re: Asal usul sistem decimal

Post by spaceman »

Sundull

User avatar
keeamad
Posts: 6946
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Asal usul sistem decimal

Post by keeamad »

Bukan muslim namanya kalo gak MENGKLAIM ..... (karena bisanya ya cuma MENGKLAIM itu, gak ada YANG LAIN ... )

djosef
Posts: 191
Joined: Tue Oct 11, 2011 3:06 pm
Location: in your mind

Re: Asal usul sistem decimal

Post by djosef »

coba lakukan pejumlahan, perkalian, apalagi pembagian pake angka romawi...............

User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Posts: 4425
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Asal usul sistem decimal

Post by MaNuSiA_bLeGuG »

djosef wrote:coba lakukan pejumlahan, perkalian, apalagi pembagian pake angka romawi...............
maksud dari pertanyaan mu ini apa ?

apakah mustahil melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian menggunkanan angka romawi ?

lalu lu pikir darimana itu kemajuan teknologi dan arsitektur romawi klo ga dihitung pake angka romawi ?

dasar muslim dungu...

dan lagi, lu ga bisa baca ya ? TOLONG SEBUT DARI ALQURAN AYAT BERAPA YANG MENGAJARKAN PEMBAGIAN, PERKALIAN, DAN SEMUA HAL TENTANG MATEMATIKA!!!!

gw jamin abis ini loe ga akan berani nongol di thread ini... kcuali untuk nyampah :lol:

User avatar
spaceman
Posts: 2095
Joined: Thu Sep 18, 2008 12:23 pm
Location: Green Planet

Re: Asal usul sistem decimal

Post by spaceman »

djosef wrote:coba lakukan pejumlahan, perkalian, apalagi pembagian pake angka romawi...............
MaNuSiA_bLeGuG wrote: maksud dari pertanyaan mu ini apa ?

apakah mustahil melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian menggunkanan angka romawi ?

lalu lu pikir darimana itu kemajuan teknologi dan arsitektur romawi klo ga dihitung pake angka romawi ?

dasar muslim dungu...

dan lagi, lu ga bisa baca ya ? TOLONG SEBUT DARI ALQURAN AYAT BERAPA YANG MENGAJARKAN PEMBAGIAN, PERKALIAN, DAN SEMUA HAL TENTANG MATEMATIKA!!!!

gw jamin abis ini loe ga akan berani nongol di thread ini... kcuali untuk nyampah :lol:
Sadis amat, bro, yg dungu kan kudu diajari pelan2 : maklum kapasitas otak kurang :green:

User avatar
simplyguest
Posts: 1908
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: Asal usul sistem decimal

Post by simplyguest »

djosef wrote:coba lakukan pejumlahan, perkalian, apalagi pembagian pake angka romawi...............
MaNuSiA_bLeGuG wrote: maksud dari pertanyaan mu ini apa ?

apakah mustahil melakukan penjumlahan, pembagian dan perkalian menggunkanan angka romawi ?

lalu lu pikir darimana itu kemajuan teknologi dan arsitektur romawi klo ga dihitung pake angka romawi ?

dasar muslim dungu...

dan lagi, lu ga bisa baca ya ? TOLONG SEBUT DARI ALQURAN AYAT BERAPA YANG MENGAJARKAN PEMBAGIAN, PERKALIAN, DAN SEMUA HAL TENTANG MATEMATIKA!!!!

gw jamin abis ini loe ga akan berani nongol di thread ini... kcuali untuk nyampah :lol:
spaceman wrote: Sadis amat, bro, yg dungu kan kudu diajari pelan2 : maklum kapasitas otak kurang :green:
Sori...sori... gak kuat pengen ngakak....
:rolling: :rolling:

1234567890
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Asal usul sistem decimal

Post by 1234567890 »

matematika dari islam
muslim perlu matematika karena anak dan bini bejibun .... kalau engga ada matematika bisa mati tuh muslim bingung punya berapa anak dan bini
dan juga muslim perlu ngitung hasil jarahannya

kimia juga dari islam
bikin bom muslim perlu pengetahuan kimia loh

metalurgi juga muslim nyang nemuin ...
mbacok orang kan perlu golok .... buat golok ya perlu metalurgi

toa juga penemuan muslim ....
liat aja di mesjid ... isinya toa semua
:green:

Post Reply