Page 7 of 9

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Fri Feb 04, 2011 10:42 pm
by Momad Narsis
@Bocor
Mungkin ada benarnya setiap informasi yg demikian,namun bkn berarti qt hrs menjadi kalangan yg picik! langsung menyimpulkan ini konspirasi Yahudi,krn peristiwa WTC adlh cikal bakal mulai munculnya kelompok2 Rdikal Islam kepermukaan,hingga hari ini kelompok2 ini msih eksis, dgn jargon2 propagandanya "anti Barat dan Yahudi" bisakah anda liat ketrkaitan dgn peristiwa tersebut?dmn yel2 anti barat & Yahudi semakin mencuat,WTC adalh gudang harta karun brat & dunia,pentagon adlh pusat kendali kemaamanan US.

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Fri Feb 04, 2011 10:52 pm
by Momad Narsis
@Bocor
anda bisa juga lihat peristiwa secara keseluruhan dalam 1 hari, pentagon di bakar,WTC dirubuhkan, pesawat yg jatuh di pansylvania membawa 250 penumpang bersama2 jatuh ambalas ketanah dmn pesawat ini tujuan semula adalah gedung putih, bisa anda bayangkan konspirasi apakah seperti ini? menghancurkan ekonomi amerika,menyerang jatung pertahanan & berniat menghabisi simbol US yakni gedung putih brsama dgn pemimpinnya? membuat ribuan keluarga dari seluruh dunia berkabung bkn hanya US tp seluruh dunia!

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Sun Feb 06, 2011 8:44 pm
by bocor
anda tahu apa yang terjadi setelah kejadian 9/11?
amerika menyerang irak, kejadian 9/11 seolah-olah seperti sebuah ijin untuk menyerang irak, berapa banyak warga irak yang mati? irak diserang dan digempur oleh seluruh dunia tanpa ada yang bisa menahan amerika. amerika dengan standar gandanya bisa menggunakan hak vetonya untuk kepentingannya sendiri. walau semua negara sepakat, amerika bisa membatalkannya melalui veto :shock:
warga irak yang mati jauh lebih banyak dari yang mati pada ke jadian 9/11.

apakah anda tidak sadar bahwa amerika mempunyai teknologi canggih, pesawat yang melanggar zona seharunya sudah terdeteksi dari awal, angkatan udara amerika sangat tahu dan bisa mencegah tabrakan peswat ke gedung WTC dengan menembak jatuh pesawat yang melanggar wilayah terbang. tapi kenapa bisa lolos begitu?

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Sun Feb 06, 2011 11:59 pm
by Momad Narsis
@bocor
kayanya judul dirubah aza bro..kayanya qt lbh banyak membahas ini atw dipindahin aza..hehe
kembali kpembahsan..
secanggih apapun teknologi US tdk akan bisa menghentikan serangan orang yg ingin bunuh diri,ini adalah jenis serangan baru di abad 21.
iraq tdk akan mudah dihancurkan oleh US kalau bukan rakyat iraq sendiri yg merestui serangan tersebut..prnah liat foto patung sadam dirobohkan oleh warga iraq sendiri..anda pikir bangsa iraq semudah itu ditaklukan..jgn salah bro bocor.

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Mon Feb 07, 2011 12:11 am
by Momad Narsis
justru karena ada kerjasama inilah iraq berhasil dibebaskan dr belenggu tirani sadam yg sdh memperkosa hak warga iraq.
bro juga musti tau warga sipil iraq yg tewas diperang iraq lbh banyak mati dibunuh olh al-qaida(bom mobil & IED) ketimbang mati dlm perang.
sampai hari inipun tdk ada teknologi USA yg dapat membendung serangan bom bunuh diri. klw bro berpendapat kenapa US gak tembak aza tu pesawat.
1.karna US tdk tau pesawat mau ditabrakan ke WTC.
2.US mengira ini pembajakan pesawat biasa yg minta tebusan.

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Mon Feb 07, 2011 11:18 am
by bocor
anda benar, kita sudah melebar kemana-mana, mungkin lebih baik kita kembali kepada topik tentang kematian dan sakratul maut.

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Mon Feb 07, 2011 7:07 pm
by goldshine
"bocor wrote :
iya bro, kalo ada yang pernah ngalami sakratul maut kita bisa tanya, benarkah seperti informasi yang saya share?
masalahnya belum ada yang mengalami sakratul maut terus hidup lagi.


Bro bocor....
Saya sampaikan sesuatu tentang sakratul maut, setiap jiwa akan dijemput oleh pemiliknya yakni :

Orang yang hidup di dalam TUHAN yang ASLI pada saat akan menemui ajal mereka akan dijemput malaikat.

Orang yang tidak hidup di dalam TUHAN yang ASLI akan dijemput dan dicabik-cabik oleh setan.

GBU

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Tue Feb 08, 2011 12:57 pm
by bocor
goldshine wrote:"bocor wrote :
iya bro, kalo ada yang pernah ngalami sakratul maut kita bisa tanya, benarkah seperti informasi yang saya share?
masalahnya belum ada yang mengalami sakratul maut terus hidup lagi.


Bro bocor....
Saya sampaikan sesuatu tentang sakratul maut, setiap jiwa akan dijemput oleh pemiliknya yakni :

Orang yang hidup di dalam TUHAN yang ASLI pada saat akan menemui ajal mereka akan dijemput malaikat.

Orang yang tidak hidup di dalam TUHAN yang ASLI akan dijemput dan dicabik-cabik oleh setan.

GBU

maksudnya orang yang tidak hidup dalam Tuhan yang ASLI tidak dijemput oleh malaikat tapi oleh setan?

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Sat Feb 12, 2011 9:06 pm
by goldshine
"bocor wrote :
maksudnya orang yang tidak hidup dalam Tuhan yang ASLI tidak dijemput oleh malaikat tapi oleh setan?


Kamu ga mengerti perkataan saya di atas? Baiklah kalau begitu saya sampaikan lebih lanjut.

Begini ya sdr bocor :
Kalau kamu tidak menyembah/mengenal siapa TUHAN yang ASLI/SEJATI sudah pasti kalau sakaratul maut bakal dijemput SETAN tapi kalau menyembah/mengenal TUhAN yang ASLI/SEJATI dan tetap taat melaksanakan perintah Nya kalau sakratul maut akan di ejmput oleh MALAIKAT TUHAN SEJATI. GBU

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Sun Feb 13, 2011 9:04 am
by bocor
goldshine wrote:"bocor wrote :
maksudnya orang yang tidak hidup dalam Tuhan yang ASLI tidak dijemput oleh malaikat tapi oleh setan?


Kamu ga mengerti perkataan saya di atas? Baiklah kalau begitu saya sampaikan lebih lanjut.

Begini ya sdr bocor :
Kalau kamu tidak menyembah/mengenal siapa TUHAN yang ASLI/SEJATI sudah pasti kalau sakaratul maut bakal dijemput SETAN tapi kalau menyembah/mengenal TUhAN yang ASLI/SEJATI dan tetap taat melaksanakan perintah Nya kalau sakratul maut akan di ejmput oleh MALAIKAT TUHAN SEJATI. GBU


Oh, begitu, jadi setan yang akan jemput orang2 yang tidak beriman? kemudian bareng2 dengan setan masuk kedalam neraka ya?
Kalau dalam ajaran Islam, yang mencabut nyawa atau bisa diistilah menjemput nyawa adalah malaikat maut, tidak peduli dia muslim, kristen, budha,hindu, ateis, kejawen,ahmadiyah, pokoknya yang namanya manusia nyawanya dicabut oleh malaikat maut.

Tidak hanya manusia, termasuk setan, iblis dan malaikatpun dicabut nyawanya oleh malaikat maut, bahkan yang mencabut nyawa malaikat maut adalah malaikat maut sendiri. binatang pun demikian, semua yang bernyawa pasti menemui kematian dan yang memisahkan hidup adalah malaikat maut. Setan tidak ada kuasa soal kematian.


salam

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Tue Feb 15, 2011 6:03 pm
by Berserah Diri
goldshine wrote:"bocor wrote :
maksudnya orang yang tidak hidup dalam Tuhan yang ASLI tidak dijemput oleh malaikat tapi oleh setan?


Kamu ga mengerti perkataan saya di atas? Baiklah kalau begitu saya sampaikan lebih lanjut.

Begini ya sdr bocor :
Kalau kamu tidak menyembah/mengenal siapa TUHAN yang ASLI/SEJATI sudah pasti kalau sakaratul maut bakal dijemput SETAN tapi kalau menyembah/mengenal TUhAN yang ASLI/SEJATI dan tetap taat melaksanakan perintah Nya kalau sakratul maut akan di ejmput oleh MALAIKAT TUHAN SEJATI. GBU


Saya yakin yg mencabut nyawa adalah malaikat maut, apabila setan yg mencabut nyawa mengapa tidak mencabut nyawa seseorang sebelum bertoubat?

Bukankah setan ingin memenuhi neraka dgn pengikut2nya

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Tue Feb 15, 2011 9:29 pm
by bocor
Berserah Diri wrote:Saya yakin yg mencabut nyawa adalah malaikat maut, apabila setan yg mencabut nyawa mengapa tidak mencabut nyawa seseorang sebelum bertoubat?

Bukankah setan ingin memenuhi neraka dgn pengikut2nya


benar juga ya..setuju :heart:


salam

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Tue Feb 15, 2011 10:46 pm
by Momad Narsis
Berserah Diri wrote:Saya yakin yg mencabut nyawa adalah malaikat maut, apabila setan yg mencabut nyawa mengapa tidak mencabut nyawa seseorang sebelum bertoubat?

Bukankah setan ingin memenuhi neraka dgn pengikut2nya


Bocor wrote:benar juga ya..setuju


@Bro Bocor
ini hanya masalah knowlage yang berbeda bro....bagi kami setan adalah bertempat di alam maut sehingga setiap orang yang terlepas dari Tuhan akan dijemput oleh malaikat maut yakni setan itu sendiri...sebab Tuhan tidak pernah menciptakan Iblis melainkan hanya malaikat (para pelayan Tuhan di sorga) karena ada 1/3 malaiakat Tuhan yang melawan Tuhan maka mereka dibuang dari sorga dan "bergentayangan di dunia" dan markasnya di alam maut...!!! tapi hal ini tak perlu didebatkan bro..karena percuma knowlage berbeda otomatis pengertian juga akan berbeda...(karena ini sudah menyangkut masalah doktrin) lebih baik kembali ke topik...!

peratanyaan saya bro :

bagaimana islam dapat memastikan bahwa setelah mati dia akan masuk surga (ini berbeda dari pertanyaan saya yang awal) maksudnya anda seandainya nanti dijemput bagaiman cara muslim untuk membela dirinya..?? apkah pasrah saja?? atau ada hal lain yang dapat membuat anda terlepas dari penghukuman..??
dan yang kedua hantu gentayangan itu bro...apakah mereka jelmaan iblis atau roh orang yang sudah meninggal...??? sebab sejauh pengetahuan saya dalam memahami islam bahwa manusia ini setelah mati akan ditempatkan di suatu tempat yakni alam barzah..benarkah demikian..?? trus bagaimana dengan hantu tersebut bro...apakah mereka tidak ditempatkan di alam barzah..sehingga bisa seliweran di dunia orang hidup..??? terima kasih..

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Wed Feb 16, 2011 12:09 am
by bocor
Momad Narsis wrote:peratanyaan saya bro :

bagaimana islam dapat memastikan bahwa setelah mati dia akan masuk surga (ini berbeda dari pertanyaan saya yang awal) maksudnya anda seandainya nanti dijemput bagaiman cara muslim untuk membela dirinya..?? apkah pasrah saja?? atau ada hal lain yang dapat membuat anda terlepas dari penghukuman..??
dan yang kedua hantu gentayangan itu bro...apakah mereka jelmaan iblis atau roh orang yang sudah meninggal...??? sebab sejauh pengetahuan saya dalam memahami islam bahwa manusia ini setelah mati akan ditempatkan di suatu tempat yakni alam barzah..benarkah demikian..?? trus bagaimana dengan hantu tersebut bro...apakah mereka tidak ditempatkan di alam barzah..sehingga bisa seliweran di dunia orang hidup..??? terima kasih..


Menurut pengetahuan saya Tidak ada kepastian langsung masuk surga kecuali bagi mereka yang sudah dijamin Allah. Bagi saya masuk surga adalah karena kemurahan Allah, karena Allah meridhoi niat dan amalan.
Sesungguhnya manusia tidak akan bisa masuk surga cuma karena amalannya. Namun karena keridhoan Allah.

Muslim Membela diri? Begini bro, saya jelaskan urutan-urutannya sejak dicabut nyawa hingga masuk Surga menurut Islam yang saya tahu.
1. Malaikat maut mencabut nyawa manusia
2. Roh manusia ditempatkan di alam barzah
3. Ada pertanyaan2 dari malaikat
4. Yang bisa menjawab maka akan mendapat nikmat kubur, yang tidak bisa menjawab mendapat siksa kubur
5. Siksa dan nikmat kubur terus berlanjut hingga Kiamat
6. Terjadi Kiamat, semua mahluk mati kecuali yang dikehendaki-Nya
7.Malaikat Israfil meniup Sang Sakala, semua mahluk hidup bangkit dari kuburnya masing2
8. Semua mahluk(jin dan manusia) dikumpulkan di sebuah lapangan yang sangat luas, Padang Mashar.
9. Semua mahluk diadili dan dihisab amalan2nya.
10 Yang beruntung masuk surga dan yang banyak dosa masuk neraka.
11. Semua manusia didalam neraka yang mempunyai keimanan kepada Allah(hanya kepada ALLAH) setelah selesai pembakaran dosa-dosa mereka akhirnya dipindahkan ke surga.

dalam urutan yang saya buat dimanakah posisi membela diri yang anda maksud? no 1? no 9? no 10?

Saya pribadi tidak percaya dengan hantu atau roh yang bergentayangan, saya yakin mereka semua adalah jin. dan keadaan mereka sama seperti manusia.



salam

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Wed Feb 16, 2011 12:12 am
by Berserah Diri
Terima kasih atas pengertiannya bro Momad Narsis karena anda benar2 ingin berdiskusi bukan asal ngomong jelek2 dan sembarang, memang kalo sudah menyangkut paham yg berbeda akan sulit ketemu sisi terangnya

Baiklah izinkan saya untuk menerangkan pertanyaan bro Momad berdasarkan pengetahuan saya yg terbatas ini:

Ini merupakan intisari saja, saya tidak menjelaskan tentang ujian keimanan dan telaga serta mizan (Keyakinan udah beda, udah ngetik ntar ga dibaca ](*,) )

Setelah melewati sakaratul maut manusia akan melewati beberapa proses yaitu siksa/nikmat kubur (Tidak gentayangan, yg gentayangan jin yg menyerupai kita) dimana akan dikembalikan rohnya untuk ditanya oleh malaikat munkar dan nakir (Antara lain Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu? Apa Agamamu? Siapa Imammu? Dimana Kiblatmu? Siapa Saudaramu?)

Kemudian setelah kiamat terjadi dimana bumi telah hancur maka manusia akan dihidupkan kembali di padang mahsyar yg kemudian amalan ibadahnya serta dosanya akan ditimbang (Catatan amalan yg dicatat oleh malaikat rakib dan atid yg ada di bahu kanan dan kiri kita) apabila lebih berat timbangan dosanya maka akan langsung ke neraka dan apabila lebih ringan timbangan dosanya akan melewati lagi 3 tahap penyucian menuju surga

Semoga jawaban saya memuaskan, saya bukan ahli agama. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf dan kepada Allah saya memohon ampun

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Fri Feb 18, 2011 6:39 am
by bocor
Kalau kamu tidak menyembah/mengenal siapa TUHAN yang ASLI/SEJATI sudah pasti kalau sakaratul maut bakal dijemput SETAN tapi kalau menyembah/mengenal TUhAN yang ASLI/SEJATI dan tetap taat melaksanakan perintah Nya kalau sakratul maut akan di ejmput oleh MALAIKAT TUHAN SEJATI.

Sepertinya umat Kristen berkeyakinan kalau Setan bisa mencabut nyawa manusia. Kenapa Setan tidak langsung mencabut nyawa umat manusia diluar Kristen ya?


salam

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Mon Feb 21, 2011 8:43 pm
by goldshine
goldshine wrote :
Kalau kamu tidak menyembah/mengenal siapa TUHAN yang ASLI/SEJATI sudah pasti kalau sakaratul maut bakal dijemput SETAN tapi kalau menyembah/mengenal TUHAN yang ASLI/SEJATI dan tetap taat melaksanakan perintah Nya kalau sakratul maut akan di ejmput oleh MALAIKAT TUHAN SEJATI.

bocor wrote :
Sepertinya umat Kristen berkeyakinan kalau Setan bisa mencabut nyawa manusia. Kenapa Setan tidak langsung mencabut nyawa umat manusia diluar Kristen ya?


Sdr. Bocor yang bilang Setan bisa mencabut nyawa siapa? Baca donk yang jelas..disimak baik2 dan dipahami secara benar.

Setan ga pernah mencabut nyawa tapi menjemput Roh manusia yang sudah menjadi miliknya. Setan jelas mengetahui mana yang menjadi miliknya dan mana yang bukan miliknya.

Yang bukan milik Setan otomatis calon penghuni sorga dan deijemput oleh Malaikat TUHAN yang Sejati.

Bocor apakah anda ingin mengetahui cerita mengenai sorga dari orang yang pernah di bawa ke sorga oleh TUHAN yang ASLI/SEJATI ga? Ada banyak kesaksian orang2 di seluruh dunia tentang apa yang pernah mereka alami saat mereka di bawa melihat Sorga dan Nereka.
Beberapa dari mereka ada di Indonesia dan salah satunya sering tampil di TVRI Setiap Sabtu Jam 08.30 - 09.00 WIB.
TVRI JAWA TIMUR Setiap kamis Jam 15.00 - 15.30 WIB
TV BOROBUDUR jawa TENGAH Setiap Jumat, Jam 21.00 - 21.30 WIB
Dalam acara MUJIZAT, yakni Bpk YESAYA PARiADJI.


GBU

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Mon Feb 21, 2011 9:33 pm
by bocor
goldshine wrote:Sdr. Bocor yang bilang Setan bisa mencabut nyawa siapa? Baca donk yang jelas..disimak baik2 dan dipahami secara benar.

Setan ga pernah mencabut nyawa tapi menjemput Roh manusia yang sudah menjadi miliknya. Setan jelas mengetahui mana yang menjadi miliknya dan mana yang bukan miliknya.

Yang bukan milik Setan otomatis calon penghuni sorga dan deijemput oleh Malaikat TUHAN yang Sejati.

Bocor apakah anda ingin mengetahui cerita mengenai sorga dari orang yang pernah di bawa ke sorga oleh TUHAN yang ASLI/SEJATI ga? Ada banyak kesaksian orang2 di seluruh dunia tentang apa yang pernah mereka alami saat mereka di bawa melihat Sorga dan Nereka.
Beberapa dari mereka ada di Indonesia dan salah satunya sering tampil di TVRI Setiap Sabtu Jam 08.30 - 09.00 WIB.
TVRI JAWA TIMUR Setiap kamis Jam 15.00 - 15.30 WIB
TV BOROBUDUR jawa TENGAH Setiap Jumat, Jam 21.00 - 21.30 WIB
Dalam acara MUJIZAT, yakni Bpk YESAYA PARiADJI.


GBU

Belum Kiamat, Surga dan Neraka belum dibuka buat umum, mereka dapat ijin dari mana? :lol:


salam

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Wed Jan 25, 2012 1:13 pm
by Momad Narsis
momad begok wrote: 19 Maryam: 71
“Dan tidak ada
seorangpun daripadamu
(muslim), melainkan
mendatangi neraka itu.
Hal itu bagi TUHAN-mu
adalah suatu kemestian
yang sudah ditetapkan.”


ali sinting wrote:Hy nyet,lu klo nambah2in ayat di kitab suci org jgn seenaknya! Mana ada tulisan "(muslim)" disitu klo gak u tambahin sndiri!!! Benci sih benci,keliatan nih lu cm brusaha memfitnah sm nambah2in doank! Modal lu cm segini,nyet???? Payah,modal fitnah gini lu bangga2in....klo lu brani tulis 5 ayat sebelumnya dan 5 ayat sesudahnya!!! Dasar tukang fitnah!!!


FOR MUSLIM :
BEGINILAH TIPU DAYA ORANG2 PENDENGKI, HOBI NAMBAH2IN AYAT,FITNAH,NIPU. KLO QTA TIDAK JELI,QTA BISA TERJERAT SM MODUS OPERANDI IBLIS BERWUJUD MANUSIA KYK SI NARSIS INI! BACA SENDIRI AL QUR'AN QTA RUNUT, JANGAN PERCAYA AYAT2 MODIF EN AYAT YG CUMA DIPOTONG2 SM KAUM PENDENGKI INI....MEREKA GAK AKAN PERNAH MAU NULIS ASBABUN NUZUL 1 AYAT, CUMA MAUNYA MOTONG2 AYAT BIAR QTA PERCAYA SM POLA PIKIR MEREKA YG MONOTON DAN JONGKOK!


:rofl: Knapa ente..?? ente kesambet ya ama malaikat maut...hihihi
ane akan jelaskan dari sisi islam bahwa surah [19:71]
"Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan."
dalam kurung bukan menambahkan ayat melainkan penjelasan kepada siapa ayat tersebut ditujukan...
ya ke pada muslim lah...! yang percaya dengan Alquran, ente saja yang mau menyangkal....
walaupun banyak ulama tafsir yang mengatakan bahwa kaum muslim akan keluar dari sana dengan melewati shirath (menyebrangi rambut dibelah tujuh :rofl: ) dan menegaskan muslim pasti dipindahkan...!! siapa yang bisa menjamin...?? dari mana ulama yakin pasti dipindahkan..?? itukan tafsir mereka..!! bagaimana kalau tidak..?? :finga: yo sudah pasti berada di sana untuk selama-lamanya...! apa ente pikir kalau sudah masuk neraka bisa keluar dengan mudahnya..?? apa ente pikir menyebrangi jurang maut dengan rambut dibelah tujuh bisa ente lakukan (kalau begitu semua muslim jago akrobat donk..?? )
yang pasti ayat tersebut MENEGASKAN/MEMASTIKAN/MENETAPKAN bahwa semua muslim masuk NERAKA JAHANAM....!!
Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan."

itu kata Quran ente loh bukan kata ane...!!

Sok dibantah...!! jangan mewek aja...apa mau gua postingin ceramah ustad ente mengenai surah 19 : 71

Salam Damai

Re: KEMATIAN DAN SAKRATUL MAUT

PostPosted: Wed Jan 25, 2012 1:46 pm
by Dreamsavior
tuhan dalam ajaran Islam kok sadis ya?
udah lahir nggak diminta, hidup sengsara, mati pun disiksa, ntar ujung-ujungnya juga dilempar ke neraka ... meskipun konon masuk surga.

Berserah Diri wrote:Terima kasih atas pengertiannya bro Momad Narsis karena anda benar2 ingin berdiskusi bukan asal ngomong jelek2 dan sembarang, memang kalo sudah menyangkut paham yg berbeda akan sulit ketemu sisi terangnya

Baiklah izinkan saya untuk menerangkan pertanyaan bro Momad berdasarkan pengetahuan saya yg terbatas ini:

Ini merupakan intisari saja, saya tidak menjelaskan tentang ujian keimanan dan telaga serta mizan (Keyakinan udah beda, udah ngetik ntar ga dibaca ](*,) )

Setelah melewati sakaratul maut manusia akan melewati beberapa proses yaitu siksa/nikmat kubur (Tidak gentayangan, yg gentayangan jin yg menyerupai kita) dimana akan dikembalikan rohnya untuk ditanya oleh malaikat munkar dan nakir (Antara lain Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu? Apa Agamamu? Siapa Imammu? Dimana Kiblatmu? Siapa Saudaramu?)

Kemudian setelah kiamat terjadi dimana bumi telah hancur maka manusia akan dihidupkan kembali di padang mahsyar yg kemudian amalan ibadahnya serta dosanya akan ditimbang (Catatan amalan yg dicatat oleh malaikat rakib dan atid yg ada di bahu kanan dan kiri kita) apabila lebih berat timbangan dosanya maka akan langsung ke neraka dan apabila lebih ringan timbangan dosanya akan melewati lagi 3 tahap penyucian menuju surga

wah, ada malaikat yang catat kesalahan kita?
kurang kerjaan dan pendendam sekali ya tuhan?
aku aja kalau ada orang salah nggak ku inget-inget lho, apa lagi sampai ku catat di buku harian.
Trus, kalau malaikat rakib dan atid ada di masing-masing bahu seseorang .... apakah artinya malaikat ini jumlahnya banyak sehingga ia bisa berada di bahu setiap orang?

Kalau seorang anak nyontek PR temennya, dan kebetulan temannya mengerjakan dengan salah... maka otomatis anak yang nyontek juga akan mengerjakan dengan salah.

Islam dimulai sewaktu Muḥammad dipanggil menjadi nabi kira-kira pada usia 40 tahun sekitar tahun 610 M. Pada saat Islam muncul, Yudaisme dan Susunan Kristen telah disusupi konsep Platonisme mengenai jiwa yang tidak berkematian.

Gagasan tentang jiwa yang tidak berkematian dalam Yudaisme dan Susunan Kristen muncul karena pengaruh Platonisme, tetapi konsep tersebut dibangun dan dimasukkan ke dalam Islam sejak awalnya. Ini bukan berarti bahwa para sarjana Arab tidak mencoba menggabungkan ajaran Islam dan filsafat Yunani. Sesungguhnya, dunia Arab sangat dipengaruhi oleh karya Aristoteles. Dan para sarjana Arab yang terkemuka, seperti Avicenna dan Averroës, menjelaskan dan memerinci pemikiran Aristoteles. Akan tetapi, dalam upaya mereka untuk menyelaraskan pemikiran Yunani dengan ajaran Islam mengenai jiwa, mereka mengembangkan teori yang berbeda-beda. Misalnya, Avicenna menyatakan bahwa jiwa yang berkepribadian itu tidak berkematian. Sebaliknya Averroës, membantah pandangan itu. Walaupun terdapat berbagai sudut pandangan ini, jiwa yang tidak berkematian tetap menjadi kepercayaan orang Muslim.

Apa yang dianggap sebagai "dogma susupan/kafir" dalam Yudaisme & Kekristenan dijadikan dogma utama dalam ajaran Islam... inilah akibat dari "mencontek teman"