.

Pengikuti Almasih Tetap Ada Sampai Kiamat

Ttg surga, neraka, hari kiamat, bidadari, 72 perawan, houri.

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 12:53 pm

tongtong wrote:
feodor fathon FF wrote:
blackCannibal wrote:
moslem wrote:The Torah, the Psalms, the bible, the Quran and some another Books (i.e Weda, etc) adalah word of God. Akan tetapi word of God ini ternyata telah tercemar oleh tangan-tangan manusia (dalam arti menyimpang isinya).

Wah, ternyata apa yang bang tongtong bilang itu ternyata benar :)
Btw, klo misal aku mengaku klo tadi malam aku dapat wahyu dari Tuhan dan kemudian bikin kitab yang salah satu isinya mengatakan klo Quran sama saja seperti kitab yang lain yang telah cemar, apakah bang moslem percaya?
Klo kamu percaya klaim Muhammad, harusnya kamu juga percaya klaim-ku. Logis kan?

yang dimaksud Quran bahwa Injil dan Taurat itu adalah MUrni Wahyu Allah .... sekarang saya tanya apakah yg di tangan kalian murni Wahyu Allah atau sudah ada tangan2 manusia ?...jujur yah :D


Hanya Quran satu-satunya kitab yang lolos dari perubahan makna karena susunan skripnya sangat sempurna dan diamankan oleh orang-orang yang kompeten dan terpercaya di era awal-awal Islam...

Oh ya? Darimana bang moslem tau klo orang2 itu 'kompeten dan terpercaya'? Bukankah mushaf2 yang berbeda dengan mushaf standarnya Usman dibakar dengan alasan POLITIS untuk mengamankan kekhalifahannya dari perpecahan?
Apakah Quran sendiri pernah bilang klo Quran itu adalah buku yang terdiri dari 114 surat?
Klo susunan Quran ditetapkan oleh Usman, apakah ini berarti klo Usman punya otoritas yang lebih tinggi dari Quran?

tolong sebutin sumbernya bahwa Usman dan Tim penulis nambah2 Quran :D


qur'an berasal dari kata qaraa, yang artinya bacaan, kemudian kata qur'an dipakai untuk al qur'an yang dikenal sekarang ini.

adapun definisi al qur'an adalah : kalam allah swt yang merupakan mu'jizat yang diwahyukan kepada mohammad saw.

al qur'an yang diakui sebagai kitab suci ummat islam, terdiri atas 114 surat dan dibagi menjadi 30 bagian atau disebut juz. jumlah seluruh ayatnya ada 6.666 buah.

penyampaian dan penulisan al qur'an yang dipercaya oleh muslim berlangsung dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

ayat2 al qur'an ini dicatat langsung dari bibir mohammad saw dari waktu ke waktu yang oleh para pengikut2 nya mula2 dilafalkan, kemudian ditulis di batu, kulit binatang, pelepah tamar dan apa saja yang bisa disusun dalam satu surat.

setelah mohammad saw wafat, tugas beliau dilanjutkan oleh khalifah abu bakar. pada awal masa pemerintahannya banyak diantara orang2 islam yang murtad, bahkan ada beberapa diantara mereka yang mengaku sebagai nabi. hal ini dihadapi oleh abu bakar dengan tegas, sehingga terjadilah peperangan yang hebat untuk menumpas orang2 murtad tersebut, diantaranya adalah perang yamamah. dalam perang ini terdapat banyak penghafal ayat2 al qur'an yang terbuniuh. hal ini membuat kawatir umar bin khathtab (mertua mohammad), sehingga dia membicarakan hal ini dengan abu bakar dan zaid bin tsabit, yang kemudian sepakat menugaskan zaid bin tsabit untuk mengumpulkan ayat2 al gur'an dari para sahabat2 nya yang masih hafal ayat2 al qur'an maupun masih menyimpan ayat2 al qur'an yang ditulis di daun, pelepah kurma, batu, tanah keras, tulang unta atau kambing.

demikianlah seluruh ayat2 al qur'an tersebut ditulis kembali oleh zaid bin tsabit dalam lembaran2 dan disusun urutan ayat2nya sebagai mana yang ditetapkan oleh mohammad semasa hidupnya.

mula2 lembaran2 yang berisi ayat2 al qur'an atau yg disebut mushhaf ini disusun abu bakar. setelah beliau wafat, mushhaf tersebut oleh umar bin khathtab disimpan di rumahnya. setelah beliau wafat, akhirnya mushhaf tersebut disimpan putrinya, hafsah, salah seorang janda mohammad saw.

akibat dari diberikan kelonggaran2 oleh mohammad saw semasa hidupnya, dengan memudahkan para pengikutnya untuk memudahkan mereka membaca dan melafazkan ayat2 al qur'an untuk dialek mereka masing2, maka menimbulkan perselisihan diantara mereka, karena masing2 merasa paling benar dalam membaca dan melafazkan ayat2 al qur'an di dalam dialeknya sendiri. oleh sebab itulah maka dibentuklah satu panitia oleh utsman, terdiri dari zaid bin tsabit (ketua), abdullah bin zubair, sa'id bin ash dan abdur rahman bin harits bin hissyam.

tugas panitia yang diketuai zaid bin tsabit ini adalah untuk membukukan al qur'an, yakni dengan menyalin dari lembaran2 yang berisi ayat2 al qur'an itu menjadi sebuah buku, dan menyeragamkan penulisan serta pembacaannya sesuai dialek suku quraisy, sebab konon al qur'an diturunkan menurut dialek suku tersebut.

mana sumbernya usman nambah2 ??? :lol:
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby willie » Fri Mar 09, 2007 1:03 pm

feodor fathon FF wrote:YA !! KIITAB INDUK adalag GRAND DESIGN Tuhan .... dan Quran hanya sebagian kecil dari Kitab Induk tsb.

Jadi gini..
Katanya surat Ibrahim 52, Allah menyatakan, "(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Ilah Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran."

Dan ternyata Quran sebagai 'penjelasan yang sempurna' itu ternyata hanya sebagian kecil dari Kitab Induk/Grand Desain Tuhan..
Atau dengan kata lain...
frase 'penjelasan yang sempurna' itu menjadi tidak valid dengan fakta bahwa Quran tidak mampu menyingkap dan menjabarkan semua Grand Desain Tuhan (dengan alasan bahwa Quran hanyalah sebagian kecil dari Kitab Induk itu sendiri)

ayat2 Tuhan bukan hanya QOULIYAH (Firman) tapi juga QOUNIYAH (Alam semesta)

Klo aku sih pake bahasanya : Wahyu umum dan Wahyu khusus.
Dan wahyu umum hanya akan menuntun kita ke wahyu khusus.
User avatar
willie
 
Posts: 638
Joined: Tue Jan 30, 2007 1:39 pm

Postby willie » Fri Mar 09, 2007 1:18 pm

feodor fathon FF wrote:
blackCannibal wrote:
moslem wrote:The Torah, the Psalms, the bible, the Quran and some another Books (i.e Weda, etc) adalah word of God. Akan tetapi word of God ini ternyata telah tercemar oleh tangan-tangan manusia (dalam arti menyimpang isinya).

Wah, ternyata apa yang bang tongtong bilang itu ternyata benar :)
Btw, klo misal aku mengaku klo tadi malam aku dapat wahyu dari Tuhan dan kemudian bikin kitab yang salah satu isinya mengatakan klo Quran sama saja seperti kitab yang lain yang telah cemar, apakah bang moslem percaya?
Klo kamu percaya klaim Muhammad, harusnya kamu juga percaya klaim-ku. Logis kan?

yang dimaksud Quran bahwa Injil dan Taurat itu adalah MUrni Wahyu Allah .... sekarang saya tanya apakah yg di tangan kalian murni Wahyu Allah atau sudah ada tangan2 manusia ?...jujur yah :D

Inilah bedanya islam dengan agama sebelumnya..
Klo kita2 sih percaya bahwa dalam penyusunan kitab suci, Tuhan terlibat secara aktif menggerakkan orang2 pilihanNya melalui kuasa Roh-Nya untuk menulis dan menyusun kitab suci.
Belum lagi klo bicara masalah otoritas / magisterium yang telah diberi kuasa oleh Tuhan untuk mengajar iman dan moral secara tidak bisa salah (ini kata agama oma-opa-ku sih).

Terus gmn bang Feodor yakin klo Quran pada waktu kompilasi oleh Usman tidak tercampur dengan tangan2 manusia?
Apakah pembakaran mushaf yang tidak sesuai dengan mushaf standar Usman bukan bentuk campur tangan manusia?

Btw, bang Feodor belum jawab pertanyaanku tuh, percaya sama aku gak klo aku dapat wahyu dari Allah klo ternyata surat2 yang berisi janji pemeliharaan Quran sudah di-mansukh sehingga Quran menjadi invalid dan Allah telah memerintahkanku untuk diam di WC selama 40 hari demi mendapatkan sabdaNya yg baru?

Oh ya? Darimana bang moslem tau klo orang2 itu 'kompeten dan terpercaya'? Bukankah mushaf2 yang berbeda dengan mushaf standarnya Usman dibakar dengan alasan POLITIS untuk mengamankan kekhalifahannya dari perpecahan?
Apakah Quran sendiri pernah bilang klo Quran itu adalah buku yang terdiri dari 114 surat?
Klo susunan Quran ditetapkan oleh Usman, apakah ini berarti klo Usman punya otoritas yang lebih tinggi dari Quran?

tolong sebutin sumbernya bahwa Usman dan Tim penulis nambah2 Quran :D

Gak nyambung deh, tolong perhatikan lagi pertanyaanku, dan silahkan beri penjelasan.
User avatar
willie
 
Posts: 638
Joined: Tue Jan 30, 2007 1:39 pm

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 1:52 pm

blackCannibal wrote:
feodor fathon FF wrote:YA !! KIITAB INDUK adalag GRAND DESIGN Tuhan .... dan Quran hanya sebagian kecil dari Kitab Induk tsb.

Jadi gini..
Katanya surat Ibrahim 52, Allah menyatakan, "(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Ilah Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran."

Dan ternyata Quran sebagai 'penjelasan yang sempurna' itu ternyata hanya sebagian kecil dari Kitab Induk/Grand Desain Tuhan..
Atau dengan kata lain...
frase 'penjelasan yang sempurna' itu menjadi tidak valid dengan fakta bahwa Quran tidak mampu menyingkap dan menjabarkan semua Grand Desain Tuhan (dengan alasan bahwa Quran hanyalah sebagian kecil dari Kitab Induk itu sendiri)

lah anda kira TUhan cuma mencipta manusia apa ??....
bagaimana dgn komunitas 7 tingkatan langit ...malaikat, surga neraka, galaxy, milyaran bintang dan planet ... nyamuk, semut, jin, isi perut bumi, makhluk tingkat rendah dsb ?? masa harus dicantumkan di ayat Quran ??? bagaiamana dgn rencana hidup manusia selama 60 tahun ...masa harus dincantumin semua ??

ayat2 Tuhan bukan hanya QOULIYAH (Firman) tapi juga QOUNIYAH (Alam semesta)

Klo aku sih pake bahasanya : Wahyu umum dan Wahyu khusus.
Dan wahyu umum hanya akan menuntun kita ke wahyu khusus.

maksudnya ?
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 2:05 pm

blackCannibal wrote:
feodor fathon FF wrote:
blackCannibal wrote:
moslem wrote:The Torah, the Psalms, the bible, the Quran and some another Books (i.e Weda, etc) adalah word of God. Akan tetapi word of God ini ternyata telah tercemar oleh tangan-tangan manusia (dalam arti menyimpang isinya).

Wah, ternyata apa yang bang tongtong bilang itu ternyata benar :)
Btw, klo misal aku mengaku klo tadi malam aku dapat wahyu dari Tuhan dan kemudian bikin kitab yang salah satu isinya mengatakan klo Quran sama saja seperti kitab yang lain yang telah cemar, apakah bang moslem percaya?
Klo kamu percaya klaim Muhammad, harusnya kamu juga percaya klaim-ku. Logis kan?

yang dimaksud Quran bahwa Injil dan Taurat itu adalah MUrni Wahyu Allah .... sekarang saya tanya apakah yg di tangan kalian murni Wahyu Allah atau sudah ada tangan2 manusia ?...jujur yah :D

Inilah bedanya islam dengan agama sebelumnya..
Klo kita2 sih percaya bahwa dalam penyusunan kitab suci, Tuhan terlibat secara aktif menggerakkan orang2 pilihanNya melalui kuasa Roh-Nya untuk menulis dan menyusun kitab suci.
Belum lagi klo bicara masalah otoritas / magisterium yang telah diberi kuasa oleh Tuhan untuk mengajar iman dan moral secara tidak bisa salah (ini kata agama oma-opa-ku sih).

wah kalo manusia itu tempat salah dan khilaf maka Alkitab anda bener pada posisi LEMAH sekali yah ?

Terus gmn bang Feodor yakin klo Quran pada waktu kompilasi oleh Usman tidak tercampur dengan tangan2 manusia?
Apakah pembakaran mushaf yang tidak sesuai dengan mushaf standar Usman bukan bentuk campur tangan manusia?

Usman gak merubah apa2 .... yag dibakar Usman itu mushafnya yg ditulis Zaid di zaman Abu Bakar (ada 4) dan diedarkan ke belahan bumi Islam kala itu. berbentuk Arab gundul shg berpeluang dibaca berbeda-beda walau artinya konstan sama. maka Usman menarik kembali mushaf itu dan membuat PEmbacaan lidah Dialek Nabi Muhammad. sbg penyeragaman. gak ada yg dirubah kok !

Btw, bang Feodor belum jawab pertanyaanku tuh, percaya sama aku gak klo aku dapat wahyu dari Allah klo ternyata surat2 yang berisi janji pemeliharaan Quran sudah di-mansukh sehingga Quran menjadi invalid dan Allah telah memerintahkanku untuk diam di WC selama 40 hari demi mendapatkan sabdaNya yg baru?

tergantung siapa yg nerimanya ...
kala itu nabi Muhammad sangat mustahil mampu menyusun kalimat model Quran .... inilah mu'jizat yg diakui.
kedua Nabi dikenal khalayak ramai sbg orang bjujur

Oh ya? Darimana bang moslem tau klo orang2 itu 'kompeten dan terpercaya'? Bukankah mushaf2 yang berbeda dengan mushaf standarnya Usman dibakar dengan alasan POLITIS untuk mengamankan kekhalifahannya dari perpecahan?
Apakah Quran sendiri pernah bilang klo Quran itu adalah buku yang terdiri dari 114 surat?
Klo susunan Quran ditetapkan oleh Usman, apakah ini berarti klo Usman punya otoritas yang lebih tinggi dari Quran?

tolong sebutin sumbernya bahwa Usman dan Tim penulis nambah2 Quran :D

Gak nyambung deh, tolong perhatikan lagi pertanyaanku, dan silahkan beri penjelasan.

kok jadi lari ke jumlah surat sih ??....
jumlah surat dan ayat secara detail itu dari Nabi dan sering di chechk ulang setahun sekali.
Usman mah cuma memberi tanda baca doang dgn dialek Quraisy (dialeknya Nabi)
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby willie » Fri Mar 09, 2007 2:09 pm

feodor fathon FF wrote:lah anda kira TUhan cuma mencipta manusia apa ??....
bagaimana dgn komunitas 7 tingkatan langit ...malaikat, surga neraka, galaxy, milyaran bintang dan planet ... nyamuk, semut, jin, isi perut bumi, makhluk tingkat rendah dsb ?? masa harus dicantumkan di ayat Quran ??? bagaiamana dgn rencana hidup manusia selama 60 tahun ...masa harus dincantumin semua ??

Oke deh klo Tuhan gak cuma menciptakan manusia.
Tapi gimana ya?
Surat Ibrahim 52 sendiri bilang klo Quran adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia.
Itu berarti klo ada masalah yg manusia gak ngerti, maka bisa tanya ke Quran kan?
Jadi tetap kembali ke pertanyaanku sebelumnya : klo aku punya pertanyaan (tentang iman dan moral dulu aja) dan ternyata Quran gak bisa menjawab, berarti Allah sendiri (yang berfirman dalam Ibrahim 52) ternyata gak bisa menjawab pertanyaanku kan?
(contoh pertanyaan menyusul)

Klo aku sih pake bahasanya : Wahyu umum dan Wahyu khusus.
Dan wahyu umum hanya akan menuntun kita ke wahyu khusus.

maksudnya ?

Maksudku, qouniyah akan membawa kita lebih mempercayai qouliyah[/b]
User avatar
willie
 
Posts: 638
Joined: Tue Jan 30, 2007 1:39 pm

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 2:19 pm

blackCannibal wrote:
feodor fathon FF wrote:lah anda kira TUhan cuma mencipta manusia apa ??....
bagaimana dgn komunitas 7 tingkatan langit ...malaikat, surga neraka, galaxy, milyaran bintang dan planet ... nyamuk, semut, jin, isi perut bumi, makhluk tingkat rendah dsb ?? masa harus dicantumkan di ayat Quran ??? bagaiamana dgn rencana hidup manusia selama 60 tahun ...masa harus dincantumin semua ??

Oke deh klo Tuhan gak cuma menciptakan manusia.
Tapi gimana ya?
Surat Ibrahim 52 sendiri bilang klo Quran adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia.
Itu berarti klo ada masalah yg manusia gak ngerti, maka bisa tanya ke Quran kan?
Jadi tetap kembali ke pertanyaanku sebelumnya : klo aku punya pertanyaan (tentang iman dan moral dulu aja) dan ternyata Quran gak bisa menjawab, berarti Allah sendiri (yang berfirman dalam Ibrahim 52) ternyata gak bisa menjawab pertanyaanku kan?
(contoh pertanyaan menyusul)

iya kan sempurna bagi manusia ... trus kenapa apa salahnya ???
bagi saya Quran sudah cukup menjawab segala pertanyaan ....



Klo aku sih pake bahasanya : Wahyu umum dan Wahyu khusus.
Dan wahyu umum hanya akan menuntun kita ke wahyu khusus.

maksudnya ?

Maksudku, qouniyah akan membawa kita lebih mempercayai qouliyah[/b]

ya dua2nya penting krn Quran juga menyebutkan itu
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby willie » Fri Mar 09, 2007 2:35 pm

feodor fathon FF wrote:wah kalo manusia itu tempat salah dan khilaf maka Alkitab anda bener pada posisi LEMAH sekali yah ?

Wah, masalahnya Tuhan sudah berjanji pada para Rasul yang sudah diberi kuasa magisterium untuk mengajar secara tidak bisa salah dalam hal iman dan moral.
Kecuali bang FF percaya bahwa Tuhan adalah pembohong dan tidak tepat janji, maka bang FF boleh percaya klo Alkitab adalah LEMAH.
Nyatanya Tuhan tidak pernah bohong dan tidak tepat janji kan?

Ini belum lagi ditambah kepercayaan muslim bahwa para nabi & rasul adalah orang2 yg bener2 suci dan dijaga kesuciannya oleh Allah (sehingga menghina kitab suci kristen dan yahudi karena menceritakan kisah nabi yg jatuh dalam dosa seks misalnya), maka seharusnya muslim jg percaya bahwa Alkitab yang ditulis para nabi dan rasul adalah juga terjaga kesuciannya.

Usman gak merubah apa2 .... yag dibakar Usman itu mushafnya yg ditulis Zaid di zaman Abu Bakar (ada 4) dan diedarkan ke belahan bumi Islam kala itu. berbentuk Arab gundul shg berpeluang dibaca berbeda-beda walau artinya konstan sama. maka Usman menarik kembali mushaf itu dan membuat PEmbacaan lidah Dialek Nabi Muhammad. sbg penyeragaman. gak ada yg dirubah kok !

Oh gitu, jadi yang benar yang pertama kali bentuk tulisan Quran itu gmn?
Arab gundul yang tidak ada huruf vokalnya?
Ato yg kayak sekarang ini?
Terus sehubungan dengan klaim muslim bahwa Quran tidak pernah dirubah, agar bisa dibandingkan dengan Quran standarisasi Usman, apakah mushaf hasil standarisasi tersebut masih tersisa? Di mana kita bisa menemukannya?
Soalnya menurut topik AL QURAN VERSI TERBARU TELAH DITEMUKAN , mushaf Quran yang lebih tua telah ditemukan dan ternyata ada sumber2 pra-islam yang dimasukkan ke Quran.

Btw, bang Feodor belum jawab pertanyaanku tuh, percaya sama aku gak klo aku dapat wahyu dari Allah klo ternyata surat2 yang berisi janji pemeliharaan Quran sudah di-mansukh sehingga Quran menjadi invalid dan Allah telah memerintahkanku untuk diam di WC selama 40 hari demi mendapatkan sabdaNya yg baru?

tergantung siapa yg nerimanya ...
kala itu nabi Muhammad sangat mustahil mampu menyusun kalimat model Quran .... inilah mu'jizat yg diakui.

Gimana dengan the True Furqan?

kedua Nabi dikenal khalayak ramai sbg orang bjujur

Oke lah, gimana klo yg dapat wahyu tersebut adalah orang2 yg jg dikenal khalayak ramai sbg orang jujur? Let's say, Bung Hatta misalnya..

Nah, sebenernya simple kan.. kita tinggal cari tau apakah 'sumber yang memberi wahyu' tersebut memang Tuhan benar atau Tuhan jadi2an kan?
Nah, caranya ya tinggal menguji wahyu baru tsb dengan wahyu sebelum2nya kan?
Klo wahyu yg baru tersebut memang konsisten, berkesinambungan dan memaknai wahyu lama dengan lebih mendalam, baru bisa deh dipertimbangin kalau itu wahyu dari Tuhan yang sama. Vice versa.
Masalahnya, aku sendiri menemukan adanya penyelewengan ajaran Musa dan Yesus oleh ajaran Muhammad.

kok jadi lari ke jumlah surat sih ??....
jumlah surat dan ayat secara detail itu dari Nabi dan sering di chechk ulang setahun sekali.
Usman mah cuma memberi tanda baca doang dgn dialek Quraisy (dialeknya Nabi)

Lari ke jumlah surat karena klaim bahwa Quran adalah petunjuk manusia yg paling sempurna. Jadi seharusnya Quran jg memuat informasi ttg dirinya sendiri yg adalah petunjuk sempurna itu.
Btw, bisa ditunjukkan di mana ayatnya klo Quran sebagai petunjuk itu terdiri dari 114 surat?
Last edited by willie on Fri Mar 09, 2007 3:27 pm, edited 1 time in total.
User avatar
willie
 
Posts: 638
Joined: Tue Jan 30, 2007 1:39 pm

Postby tongtong » Fri Mar 09, 2007 3:17 pm

feodor fathon FF wrote:
tongtong wrote:
feodor fathon FF wrote:
blackCannibal wrote:
moslem wrote:The Torah, the Psalms, the bible, the Quran and some another Books (i.e Weda, etc) adalah word of God. Akan tetapi word of God ini ternyata telah tercemar oleh tangan-tangan manusia (dalam arti menyimpang isinya).

Wah, ternyata apa yang bang tongtong bilang itu ternyata benar :)
Btw, klo misal aku mengaku klo tadi malam aku dapat wahyu dari Tuhan dan kemudian bikin kitab yang salah satu isinya mengatakan klo Quran sama saja seperti kitab yang lain yang telah cemar, apakah bang moslem percaya?
Klo kamu percaya klaim Muhammad, harusnya kamu juga percaya klaim-ku. Logis kan?

yang dimaksud Quran bahwa Injil dan Taurat itu adalah MUrni Wahyu Allah .... sekarang saya tanya apakah yg di tangan kalian murni Wahyu Allah atau sudah ada tangan2 manusia ?...jujur yah :D


Hanya Quran satu-satunya kitab yang lolos dari perubahan makna karena susunan skripnya sangat sempurna dan diamankan oleh orang-orang yang kompeten dan terpercaya di era awal-awal Islam...

Oh ya? Darimana bang moslem tau klo orang2 itu 'kompeten dan terpercaya'? Bukankah mushaf2 yang berbeda dengan mushaf standarnya Usman dibakar dengan alasan POLITIS untuk mengamankan kekhalifahannya dari perpecahan?
Apakah Quran sendiri pernah bilang klo Quran itu adalah buku yang terdiri dari 114 surat?
Klo susunan Quran ditetapkan oleh Usman, apakah ini berarti klo Usman punya otoritas yang lebih tinggi dari Quran?

tolong sebutin sumbernya bahwa Usman dan Tim penulis nambah2 Quran :D


qur'an berasal dari kata qaraa, yang artinya bacaan, kemudian kata qur'an dipakai untuk al qur'an yang dikenal sekarang ini.

adapun definisi al qur'an adalah : kalam allah swt yang merupakan mu'jizat yang diwahyukan kepada mohammad saw.

al qur'an yang diakui sebagai kitab suci ummat islam, terdiri atas 114 surat dan dibagi menjadi 30 bagian atau disebut juz. jumlah seluruh ayatnya ada 6.666 buah.

penyampaian dan penulisan al qur'an yang dipercaya oleh muslim berlangsung dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari.

ayat2 al qur'an ini dicatat langsung dari bibir mohammad saw dari waktu ke waktu yang oleh para pengikut2 nya mula2 dilafalkan, kemudian ditulis di batu, kulit binatang, pelepah tamar dan apa saja yang bisa disusun dalam satu surat.

setelah mohammad saw wafat, tugas beliau dilanjutkan oleh khalifah abu bakar. pada awal masa pemerintahannya banyak diantara orang2 islam yang murtad, bahkan ada beberapa diantara mereka yang mengaku sebagai nabi. hal ini dihadapi oleh abu bakar dengan tegas, sehingga terjadilah peperangan yang hebat untuk menumpas orang2 murtad tersebut, diantaranya adalah perang yamamah. dalam perang ini terdapat banyak penghafal ayat2 al qur'an yang terbuniuh. hal ini membuat kawatir umar bin khathtab (mertua mohammad), sehingga dia membicarakan hal ini dengan abu bakar dan zaid bin tsabit, yang kemudian sepakat menugaskan zaid bin tsabit untuk mengumpulkan ayat2 al gur'an dari para sahabat2 nya yang masih hafal ayat2 al qur'an maupun masih menyimpan ayat2 al qur'an yang ditulis di daun, pelepah kurma, batu, tanah keras, tulang unta atau kambing.

demikianlah seluruh ayat2 al qur'an tersebut ditulis kembali oleh zaid bin tsabit dalam lembaran2 dan disusun urutan ayat2nya sebagai mana yang ditetapkan oleh mohammad semasa hidupnya.

mula2 lembaran2 yang berisi ayat2 al qur'an atau yg disebut mushhaf ini disusun abu bakar. setelah beliau wafat, mushhaf tersebut oleh umar bin khathtab disimpan di rumahnya. setelah beliau wafat, akhirnya mushhaf tersebut disimpan putrinya, hafsah, salah seorang janda mohammad saw.

akibat dari diberikan kelonggaran2 oleh mohammad saw semasa hidupnya, dengan memudahkan para pengikutnya untuk memudahkan mereka membaca dan melafazkan ayat2 al qur'an untuk dialek mereka masing2, maka menimbulkan perselisihan diantara mereka, karena masing2 merasa paling benar dalam membaca dan melafazkan ayat2 al qur'an di dalam dialeknya sendiri. oleh sebab itulah maka dibentuklah satu panitia oleh utsman, terdiri dari zaid bin tsabit (ketua), abdullah bin zubair, sa'id bin ash dan abdur rahman bin harits bin hissyam.

tugas panitia yang diketuai zaid bin tsabit ini adalah untuk membukukan al qur'an, yakni dengan menyalin dari lembaran2 yang berisi ayat2 al qur'an itu menjadi sebuah buku, dan menyeragamkan penulisan serta pembacaannya sesuai dialek suku quraisy, sebab konon al qur'an diturunkan menurut dialek suku tersebut.

mana sumbernya usman nambah2 ??? :lol:


wong edan...

muter2 ga karuan

emang tulisan saya menyatakan usman nambah2
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby maafkan » Fri Mar 09, 2007 3:50 pm

dari http://www.swaramuslim.net/ISLAM/more.p ... 28_0_4_0_C

Alexius Handoko : Mereka Pengikut Paulus, Bukan Yesus .

Journey to Islam Oleh : Redaksi 02 Dec 2004 - 2:00 am

Sebuah tulisan dan ulasan dari seorang Muallaf Alexius Handoko ex. murid Pdt Jusuf Roni STT Apostolos , Jakarta yang sekarang menjadi Da'i. Subhanallah !!. Laa Tandza.. Janganlah Ragu saudara saudaruku !!

Cara Yesus mendakwahkan Injil berbeda dengan Paulus.
Paulus menghalalkan segala cara dalam menyebarkan misinya.

Tidak banyak yg paham, bahkan yg mengaku Kristen , bahwa antara nasrani dan Kristen memiliki makna yg berbeda. Nasrani menunjuk pada ajaran yg dibawa oleh orang yg berasal dari Nasareth yaitu Isa as atau Yesus (Mathius 2:23, 21:11; Markus 10:47).

Pengikutnya disebut Nashara/Nashoro (Hawariyun) bukan Kristen seperti yg kita kenal.

Orang Nasrani masih mengikuti mengikuti ajaran tauhid yg diajarkan Yesus (Yohanes 17:3) dan masih menjalankan hukum taurat (Matius 5:17), serta menjalankan ajaran Abraham/Ibrahim yaitu khitan/sunat (Kejadian 17:9), TIDAK MAKAN BABI (Imamat 11:7) dan Tidak minum-minuman keras (Imamat 10:9).

Setelah Nabi Muhammad SAW datang, mereka meleburkan diri / masuk kedalam Islam (Sejarah Gereja, Dr. Berkhof. Dr . I. Engklaar, BPK, hal 75)

Sedangkan Kristen adalah keyakinan yg mempercayai Isa as / Yesus adalah Tuhan dan Juru selamat (Mesias). Keyakinan Ini berasal dari ucapan PAULUS di Antiokia, kira-kira tahuun 40 M setelah Yesus tiada. Pengikutnya lazim disebut orang Kristen. “Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen”(Kisah Rasul 11:26).

Buku materi Pokok Agam Katolik karangan Dra.Damascena Ari Suarso C.B (Karunika, Jakarta 1985, hal 42) menyebutkan , nama Kristen tidak berasal dari Kristen itu sendiri, melainkan diberikan oleh penguasa Romawi saat itu. Nama Kristen oleh Romawi dipakai untuk mengejek orang yg dipandang budak. Sebutan Kristen juga mengandungarti politik sebagai gerakan mesias(ala Ratu Adil atau Juru Selamat ).

Akidah maupun akhlak diantara keduanya berbeda . Nasrani berakhidah tauhid (meng Esa-kan Tuhan, Tidak ada Tuhan melaikan Allah ) sedangkan Kristen tidak. Dengan meleburnya kaum Nasrani kedalam Islam setelah kedatangan Nabi Muhammad SAW ----seperti yg dikatakan Dr Berkhof diatas ------- maka setelah itu tidak ada lagi kaum Nasrani dimuka bumi. Yang tinggal hanyalah kaum Kristen, pengikut Pulus. Oleh Paulus, yg juga seorang YAHUDI, ajaran Yesus yang awalnya mengakui ketauhidan(meng Esa-kan Tuhan, Tidak ada Tuhan melaikan Allah ) di RUSAK sedemikian rupa hingga banyak banyak sekali hal-hal yg bertentangan dengan PIKIRAN SEHAT. Ayat-ayat Injil dipalsu sedemikian rupa, disisipi kalimat-kalimat yg saling bertentangan, dan ironisnya itu semua diikuti tanpa reserve oleh para pengikutnya.


Dalam hal beribadah misalnya. Orang- orang Kristen sekarang ini melakukan dengan berlutut. Padahal nabi Isa as atau Yesus beribadah dengan bersujud (Mathius 26:39) . Yang berlutut dan berdoa adalah cara Paulus (Kis 21:5, Kis 9:40, Kis 20:36 )

Dalam berdoa,
umat Kristen tidak menengadahkan tangannya, padahal Yesus melakukan hal itu (Matius 14:19; Timotius 2:8).
Saat melaksanakan ritual ibadah, Yesus melakukanya seperti umat terdahulu, yakni membersihkan diri dulu atau berwudhu(Keluaran 40:31), melepaskan alas kaki (Keluaran 3:5), dan menghadap kiblat (1 Raja 8:44;48:2 Taw) 6:34-38 ; Mazmur 5:7; Mat 5:17 ). Kini , hal-hal tersebut tidak mereka lakukan lagi.

Dalam hal kematian,
Mayat orang kristen mengenakan jas lengkap dan dimasukan kedalam peti mati. Tata cara ini sama sekali tidak ada dalilnya dalam Injil ---bid’ah. Nabi Isa atau Yesus ketika wafat dikafani (Lukas 24;12; Yohanes 11:44; Yohanes 20:5)

Kenaifan dan “lucu ” dalam injil , Diantaranya :
- Tuhan kalah ketika bergulat melawan Nabi Yacub as. (Kejadian 32:22-27)
- Anak-anak Tuhan tertarik kepada kecantikan anak-anak manusia, lalu Tuhan Menyesal dan pilu hatinya melihat kejahatan manusia (Kejadian 6:1-8), Malaikat makan roti (Kejadian 19:3)
- Tuhan punya banyak anak (anak-anak) , mailaikatnya bule ?? (karena makan Roti……)

Kemudian ,para nabi yang seharusnya dihormati pun dilecehkan dlm injil .
- Nabi Nuh as. Mabuk-mabukan dan telanjang dalm kemahnya (Kejadian 9:18-27 )
- Nabi Ismail as , berperangai seperti keledai liar (Kejadian 16: 11-12),
- Nabi Luth menghamili kedua putri kandungnya (Kejadian 19:30-38),
- Nai Yakub as. Menipu ayahnya sendiri (Kejadian 27 : 1-46),
- Yahuda menghamili menantunya sendiri (Kejadian 38:1-30),
- Nabi Daud as. Menghamili istri orang yang akhirnya menurunkan Nabi Isa as atau Yesus (II samuel 11:1- 27; Mathius 1;6),
- Nabi Isa atau Yesus adalah nabi ****, idiot, emosional dan berakhlak bejad (Markus 11: 12-14; Yohanes 7 : 8-10; Yohanes 2:4), dan banyak lagi ayat – ayat lain … yg membuat aku selalu bertanya – tanya tentang kebenaran Injil hatiku selalu kecewa dan malu bila membacanya ………


Lebih gila lagi , Paulus berkata :
“Tetapi jika kebenaran Allah oleh dustaku semakin berlimpah kemuliaaNya, mengapa aku masih dihakimi lagi sebagai orang berdosa ? “ (Roma 3:7)

Paulus juga berkata :
“Tetapi hukum Taurat ditambahkan supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan dimana dosa bertambah banyak, disana kasi karunia menjadi berlimpah –limpah ” (Roma 5:20)

Itulah sebabnya,dalam menjalankan misinya, umat Kristiani (penyembah Yesus ditiang salib ) mereka sama sekali tidak mengindahkan norma-norma atau hukum yg ada. Semuanya adalah sah . Bahkan dengan semakin banyaknya dosa yg dibuat maka akan kian banyak pula kasih karunia Tuhan berlimpah-limpah.


POKOK ajaran Paulus intisarinya ada 6;

- doktrin Trinitas,
- kepercayaan yg menyebut kan Yesus Juruselamat
- kepercayaan Yesus mati ditiang salib untuk menebus dosa warisan dari Adam as
- keyakinan Yesus telah bangkit dari antara orang mati lalu naik kelangit
- dan kepercayaan Yesus akan datang lagi pada akhir zaman.

Lantas, siapa sebenarnya Paulus itu yang menjadi “penerus” Yesus ?
Injil menyebutkan Paulus adalah musuh Yesus yang telah menyiksa para murid Yesus (Kisah Para Rasul 8:1-29; 26:8-11).

Untuk itu pada saudaraku sebangsa umat Kristiani / Nasrani / Katolik pelajarilah kembali dan renungkanlah Injil yang ada ditanganmu ……dan beranikanlah membaca buku-buku Islam walaupun ada perasaan benci , kesal, jiji, takut, malu, hina,tiada guna, buang-buang waktu ……..seperi yg pernah ku alami .

Jangalah kau mendengarkan Islam / versi Islam dari lingkungan kalian sendiri …. Memang mungkin banyak umat muslim juga tidak beraklahk Islami (Al-quran dan Al Hadist ) , tapi apakah itu yg menjadi penghalang untuk mengetahui kebenaran Allah dan kehidupan akhirat yang kekal ?….

Renungkanlah sekali lagi ….semoga anda mendapat petunjuk dari Allah Subhanahuwata’ala .

Tiada maksud aku menjelek-jelekan Umat Kristen..
apalagi untuk mempermalukan ……sekali lagi Tidak,
Tulisan ini adalah sekedar membagi pengalaman dan penegetahuan yang aku miliki

Selesai

Penulis
Dulu Kristen taat yg kini masuk Islam dan Dai’
(ex murid Pdt Jusuf Roni STT Apostolos , Jakarta )
Alexius Handoko (Koko) – WNI Keturunan / Ustadz Abu Daud Muslim
mailto:[email protected]
maafkan
 
Posts: 204
Joined: Wed Mar 07, 2007 11:27 am

Postby willie » Fri Mar 09, 2007 3:56 pm

@maafkan :
Kesannya kamu kok baru belajar main internet?
Berapa kali aku mesti bilang klo kamu cuma bisa kopi-paste..?
Lagian, kopi-paste kamu sudah basi... googling deh buat cari sanggahannya..
User avatar
willie
 
Posts: 638
Joined: Tue Jan 30, 2007 1:39 pm

Postby tongtong » Fri Mar 09, 2007 3:56 pm

maafkan wrote:dari http://www.swaramuslim.net/ISLAM/more.p ... 28_0_4_0_C

Alexius Handoko : Mereka Pengikut Paulus, Bukan Yesus .


biarin aja si alexius handoko menjadi pengikut paulus, kalau aku sih pengikut yesus
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby Eneng Kusnadi » Fri Mar 09, 2007 4:10 pm

Biasa gaya Muslim taqiyya :
1 orang Kristen convert ke Islam, ributnya sampe kemana-mana, Proklamasi sana sini! kalau muslim convert ke agama lain gelisah nya minta ampiun bikin aturan ini-lah itu-lah tapi enggak mau ketahuan ada yang murtad! 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby maafkan » Fri Mar 09, 2007 4:44 pm

Sdr Blackcannibal Wrote:

@maafkan :
Kesannya kamu kok baru belajar main internet?
Berapa kali aku mesti bilang klo kamu cuma bisa kopi-paste..?
Lagian, kopi-paste kamu sudah basi... googling deh buat cari sanggahannya.

__________________________________

Sdr Blackcannibal,

Anda benar saya memang baru belajar internet, selain juga saya mauslim awam yang baru belajar baca Al-Qur'an.

Sebagai muslim awam saya tidak punya kemampuan berdebat seperti yang saudara miliki.

Mohon maaf jika ternyata postingan saya membuat anda-anda tidak berkenan.

terima kasih,
Salam dari Solo.
maafkan
 
Posts: 204
Joined: Wed Mar 07, 2007 11:27 am

Postby Athan » Fri Mar 09, 2007 4:49 pm

Inilah bedanya islam dengan agama sebelumnya..
Klo kita2 sih percaya bahwa dalam penyusunan kitab suci, Tuhan terlibat secara aktif menggerakkan orang2 pilihanNya melalui kuasa Roh-Nya untuk menulis dan menyusun kitab suci.
Belum lagi klo bicara masalah otoritas / magisterium yang telah diberi kuasa oleh Tuhan untuk mengajar iman dan moral secara tidak bisa salah (ini kata agama oma-opa-ku sih).

Feodor wrote:
wah kalo manusia itu tempat salah dan khilaf maka Alkitab anda bener pada posisi LEMAH sekali yah ?


Begini FF, anda harus memahami apa yang disampaikan oleh BlackCanibal. Gereja adalah magisterium yang hidup, karena itu masih dimungkinkan dikemudian hari akan muncul lagi ajaran infallible yang digali dari deposito iman yang sekali dan selamanya diserahkan kepada para kudus. Dan anda harus bisa memahami bahwa yang tidak bisa salah adalah posisi yang berhubungan dengan PENGAJARAN IMAN DAN MORAL.

Perlu juga dipahami bahwa ada dua indikasi yang menunjukkan bahwa suatu ajaran itu infallible:

1. Bila diputuskan secara definitif melalui organ extraordinary magisterium. Yang seperti ini adalah keputusan-keputusan konsili Ekumenis dan keputusan ex cathedra Paus (contohnya dogma Maria terkandung tanpa noda asal yang diproklamirkan secaraex cathedra oleh Pius IX di konstitusi apostolik INEFFABILIS DEUS)

2. Bila diputuskan secara definitif melalui organ ordinary magisterium. Bila suatu ajaran diajarkan secara konstan dan terus menerus oleh Gereja melalui magisteriumnya maka ajaran tersebut adalah infallible.

Salam,
Athan
Athan
 
Posts: 1061
Joined: Mon Jul 03, 2006 10:40 am

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 5:51 pm

Athan wrote:
Inilah bedanya islam dengan agama sebelumnya..
Klo kita2 sih percaya bahwa dalam penyusunan kitab suci, Tuhan terlibat secara aktif menggerakkan orang2 pilihanNya melalui kuasa Roh-Nya untuk menulis dan menyusun kitab suci.
Belum lagi klo bicara masalah otoritas / magisterium yang telah diberi kuasa oleh Tuhan untuk mengajar iman dan moral secara tidak bisa salah (ini kata agama oma-opa-ku sih).

Feodor wrote:
wah kalo manusia itu tempat salah dan khilaf maka Alkitab anda bener pada posisi LEMAH sekali yah ?


Begini FF, anda harus memahami apa yang disampaikan oleh BlackCanibal. Gereja adalah magisterium yang hidup, karena itu masih dimungkinkan dikemudian hari akan muncul lagi ajaran infallible yang digali dari deposito iman yang sekali dan selamanya diserahkan kepada para kudus. Dan anda harus bisa memahami bahwa yang tidak bisa salah adalah posisi yang berhubungan dengan PENGAJARAN IMAN DAN MORAL.

Perlu juga dipahami bahwa ada dua indikasi yang menunjukkan bahwa suatu ajaran itu infallible:

1. Bila diputuskan secara definitif melalui organ extraordinary magisterium. Yang seperti ini adalah keputusan-keputusan konsili Ekumenis dan keputusan ex cathedra Paus (contohnya dogma Maria terkandung tanpa noda asal yang diproklamirkan secaraex cathedra oleh Pius IX di konstitusi apostolik INEFFABILIS DEUS)

2. Bila diputuskan secara definitif melalui organ ordinary magisterium. Bila suatu ajaran diajarkan secara konstan dan terus menerus oleh Gereja melalui magisteriumnya maka ajaran tersebut adalah infallible.

Salam,
Athan

ya itulah bedanya ISLAM dgn agama lain .... AGAMA itu WAHYU ....harus TUHAN yg membuat aturan karena ia Maha Tahu dan Sempurna.
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby feodor fathon FF » Fri Mar 09, 2007 6:01 pm

blackCannibal wrote:Gimana dengan the True Furqan?

ada apa dgn true Furqan ??..... saya sudah liat aah itu mah biasa aja .... gak ada samanya pisan sama QURAN. kamu kira mu'jizat Quran cuma terletak pada bahasa Arab saja .... bahasa Arab kan ada 2 ada bahsasa Pasar ada bahasa sastra tk tinggi .... itu mah apaan bahasa Arab biasa tuh !!! jauh nilainya sama bahasa tingkat tinggi Quran ...

kedua Nabi dikenal khalayak ramai sbg orang bjujur

Oke lah, gimana klo yg dapat wahyu tersebut adalah orang2 yg jg dikenal khalayak ramai sbg orang jujur? Let's say, Bung Hatta misalnya..

memang bung Hatta dalam gelar SI JUJUR dan diakui sekota minimal dan sejak kecil ??

Nah, sebenernya simple kan.. kita tinggal cari tau apakah 'sumber yang memberi wahyu' tersebut memang Tuhan benar atau Tuhan jadi2an kan?
Nah, caranya ya tinggal menguji wahyu baru tsb dengan wahyu sebelum2nya kan?
Klo wahyu yg baru tersebut memang konsisten, berkesinambungan dan memaknai wahyu lama dengan lebih mendalam, baru bisa deh dipertimbangin kalau itu wahyu dari Tuhan yang sama. Vice versa.
Masalahnya, aku sendiri menemukan adanya penyelewengan ajaran Musa dan Yesus oleh ajaran Muhammad.

saya kan sudah bilang INTI AJARAN konsisten ..... yg berubah SYARIAT .... masa gak ngerti dgn perubahan syariat ?

kok jadi lari ke jumlah surat sih ??....
jumlah surat dan ayat secara detail itu dari Nabi dan sering di chechk ulang setahun sekali.
Usman mah cuma memberi tanda baca doang dgn dialek Quraisy (dialeknya Nabi)

Lari ke jumlah surat karena klaim bahwa Quran adalah petunjuk manusia yg paling sempurna. Jadi seharusnya Quran jg memuat informasi ttg dirinya sendiri yg adalah petunjuk sempurna itu.
Btw, bisa ditunjukkan di mana ayatnya klo Quran sebagai petunjuk itu terdiri dari 114 surat?

lah emang apa fungsi Quran menurut mu ??.... Quran itu bukan buku biografi tapi petunjuk HIDUP !!
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby adheel » Fri Mar 09, 2007 6:08 pm

Perhatian..!!!!
di semua thread tongtong selalu bilang :
tong kosong nyaring bunyinya wrote:wong edan...

muter2 ga karuan


di semua thread..!!!
nah.. sok ambil kesimpulan.. kita yang muter2 atau tongtong yang "pusing" :)
User avatar
adheel
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby tongtong » Fri Mar 09, 2007 6:09 pm

feodor fathon FF wrote:lah emang apa fungsi Quran menurut mu ??.... Quran itu bukan buku biografi tapi petunjuk HIDUP !!


petunjuk petunjuk hidup yang salah, nganjurin bunuh, ngijinin zinah, bahkan di sorga sekalipun, ngijinin cerai, ngijinin poligami, ngajak buang2 duit ke arab, ngajakin orang jadi penganut animisme, keliling batu hitam ga karuan, nabinya ga jelas siapa yang ngangkat, allahnya penjelmaan dewa bulan, okultisme, dll.

segala yang buruk diijinkan oleh al qur'an.
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby tongtong » Fri Mar 09, 2007 6:14 pm

adheel wrote:Perhatian..!!!!
di semua thread tongtong selalu bilang :
tong kosong nyaring bunyinya wrote:wong edan...

muter2 ga karuan


di semua thread..!!!
nah.. sok ambil kesimpulan.. kita yang muter2 atau tongtong yang "pusing" :)


makanya kalau jawab jangan suka muter2, sebagian besar pertanyaanku cuma butuh jawaban 1 atau 2 kata doang, tapi diputar ga karuan, panjang lebar sampai ga jelas apa maksudnya.
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

PreviousNext

Return to SURGA & NERAKA Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users