Page 1 of 1

CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DOSA

PostPosted: Wed Aug 28, 2013 8:39 pm
by rahimii
Salam damai buat caviers dan teman-teman muslim. Ini adalah thread pertama saya, semoga berkenan dan mohon dipindahkan bila salah kamar.

Dalam islam, dosa adalah kesalahan-kesalahan dalam perbuatan yang bilamana engkau memohon ampunan, maka allah akan memaafkanmu. Dikatakan juga, tindakan-tindakan baik akan menghapuskan dosa akibat tindakan-tindakan buruk, seperti ditulis dalam QS 11:114 (Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat)

Bila muslim ditanya, apakah allah akan membalas setiap orang berdasarkan perbuatannya masing-masing, maka jawabannya adalah YA. Oleh karenanya, allah tidak membutuhkan siapapun untuk bertanggungjawab atas kesalahan-kesalahan orang lain. Setiap orang bertanggunggjawab atas dirinya masing-masing. Allah adil, dia menghukum pendosa dan tidak perlu mengirim siapapun untuk membayar dosa-dosa orang lain.

Saya yakin, setiap muslim menyetujui konsep teologi islam tentang dosa dan akibatnya seperti yang telah diungkapkan diatas, yaitu :

1. Allah adil. Oleh sebab itu, dia menghukum semua orang yang terlibat dosa sepatutnya.

2.Allah adil. Oleh sebab itu dia tak perlu menimpakan dosa orang lain ke siapapun.

Berdasarkan asumsi tersebut, implikasi logika yang muncul adalah bahwa allah karena dia adil, harus menghukum semua individu yang terlibat dosa sepatutnya tanpa perlu menimpakan hukuman atas dosa orang per orang itu kepada siapapun untuk menanggungnya, agar keadilannya tetap terpelihara. Masalahnya adalah, islam mengklaim bahwa allah adalah “sang maha” dalam sifat-sifatnya. Maha suci, maha adil, maha kekal dan tentu saja, maha benar. Sebagai tuhan, sifat-sifatnya tersebut haruslah konsisten dan tidak berubah-ubah. Jika allah maha suci, maka setiap perbuatan dosa adalah tindakan penghinaan akan kemahasuciannya yang kekal, sehingga seharusnya akan mendapat hukuman yang kekal pula tanpa ampunan agar kekonsistenan kesuciannnya terjaga.

Jadi klaim islam bahwa allah maha pengampun, sehingga untuk menghapuskan dosa dan kesalahan muslim cukup dengan mengatakan “saya memaafkan” maka ini akan menimbulkan konsekuensi penyimpangan akan keadilannya, karena dosa bisa lewat lalu lalang tanpa dihukum. Jika dalam hal mengampuni allah cukup berkata-kata saja, maka kesuciannya ternoda, keadilannya dikerdilkan. Allah bertoleransi terhadap dosa. Allah berkontradiksi, berkonflik dengan diri sendiri dan berubah-ubah. Disatu sisi dia mengaku maha suci dan maha adil, tapi membiarkan dosa tanpa balasan hanya dengan kata "saya ampunkan."

Hal ini tentu saja menjadikan allah bukanlah sosok yang kekal suci, kekal benar dan senantiasa konsisten. Dia mengabaikan keadilan untuk mewujudkan apa yang diklaim muslim sebagai pengampunan hanya dengan berkata-kata saja. Allah mengkompromikan kebenaran dan keadilan seperti manusia mengkompromikan kebenaran dan keadilan. Allah ini berkarakter seperti manusia, tidak seperti seharusnya karakter tuhan sejati yang tak akan membiarkan satu dosa sekecil apapun terjadi tanpa dihukum. Wajar bila Muhammad saja tidak yakin akan masuk surga setelah mati, karena memang tidak ada cara adikodrati dalam islam bagaimana allah menghindarkan muslim dari hukuman kekal atas dosa-dosa mereka.

CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DOSA


FFI Alternative
Faithfreedompedia

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Wed Aug 28, 2013 11:03 pm
by kdonk
ini yang post muslim ato kapir sih? kalo muslim apa udah dibaca sendiri postingannya. kok malah ngakuin kalo teologi pengamounan dosa islam bikin oloh nya sendiri ga maha adil. maha suci, dll. malah ngakuin kalo oloh itu ga sempurna. hahahaha.

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Wed Aug 28, 2013 11:12 pm
by fayhem_1
kdonk wrote:ini yang post muslim ato kapir sih? kalo muslim apa udah dibaca sendiri postingannya. kok malah ngakuin kalo teologi pengamounan dosa islam bikin oloh nya sendiri ga maha adil. maha suci, dll. malah ngakuin kalo oloh itu ga sempurna. hahahaha.

thread kafir bro

btw, Aloh mengampuni dosa manusia, tapi alohlah yg membuat manusia berdosa

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Wed Aug 28, 2013 11:16 pm
by Mahasiswa98
kdonk wrote:ini yang post muslim ato kapir sih? kalo muslim apa udah dibaca sendiri postingannya. kok malah ngakuin kalo teologi pengamounan dosa islam bikin oloh nya sendiri ga maha adil. maha suci, dll. malah ngakuin kalo oloh itu ga sempurna. hahahaha.


Blom jelas benar bro jenisnya apa :lol:
nanti juga ketahuan kok.

piling ane sih: fir-ka :green:

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 8:44 am
by rahimii
Sebelumnya saya minta maaf, bila banyak teman-teman disini malah jadi bertanya-tanya saya ini kafir atau muslim.. :tonqe:
Saya kafir tulen, dan trit yang sederhana ini saya tujukan buat teman-teman semua untuk menelisik lebih jauh sisi teologis islam soal pertanyaan paling mendasar yang menjadi tujuan akhir dari semua pengajaran agama dan kepercayaan kepada pengikutnya : eternal punishment or eternal life? Bagaimana islam dan allahnya menyiasati pendamaian atas dosa-dosa manusia secara adikodrati tanpa mendistorsi sifat-sifatnya?

Apabila sudah ada trit yang sama dengan trit ini sebelumnya, saya tak akan berkecil hati bila moderator merasa ini hanya ulangan sehingga harus dibuang ke keranjang sampah sekalipun. Sumbang saran dan pemikiran akan saya terima dengan tangan terbuka. Salam damai..

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 10:56 am
by kdonk
sori bro. saya pikir thread muslim. hahahaha

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 11:22 am
by kucinggarong
Sejujurnya saya lihat ini thread penting dan menarik. Kalau kita ikuti alur logika ini, bisa kelihatan Islam akan menjadi sebuah religion yang tidak masuk akal. Disana-sini logikanya akan saling bertabrakan.

Tapi diskusi yang mendalam seperti ini, tidak akan bisa kalau dibahas dengan orang Islam. Sebab dari awal mereka memang tidak dididik kritis. Bahkan kekritisan seperti ini bisa mengakibatkan nyawa seseorang jadi hilang.

Topik ini justru malahan bisa memperkuat orang kafir. Sebab agama sebelah mempersilakan perdebatan teologis secara terbuka, sambil membentangkan kenapa Islam benar-benar ngawur dan tidak masuk akal. Hanya saja moderator FFI bisa keberatan, sebab lama-kelamaan topik ini akan menjurus kepada perlunya "penebusan orang berdosa".

Menarik nih thread. Harapan saya agar fokuskan kepada teologi Islamnya saja, jangan merembet ke sebelah ya :lol:

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 2:54 pm
by rahimii
Saya kira, dengan segala klaim "paling" yang melekat dalam islam, seharusnya kita dapat sedikit pencerahan tentang masalah ini dari rekan-rekan muslim tanpa harus menyerempet ke ajaran seberang. Itu kalau islam memang benar-benar lengkap dan sempurna. Atau islam memang hanya besar di klaim saja barangkali?

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 3:27 pm
by OpoBener
Btw bro, ini thread bagus buat orang yg mau dan bisa berpikir jernih
Pertanyaannya, apa muslim bisa ?

Sayangnya, mereka tidak bisa....Karena mempertanyakan Tuhan dan nabinya itu sudah diancam dengan kata murtad, yg wajib dibunuh.
Semoga slimers bisa memahami maksud thread ini

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Thu Aug 29, 2013 6:29 pm
by qprim
@rahimiii: harus ekstra sabar nunggu muslim masuk thread ini bro. Kalopun ada yang masuk, belum tentu bisa diajak diskusi secara panjang dan mendalam. Paling2x blum sampai 5 posting orangnya sudah ngilang. #-o .

Ya gitu deh. Kayaknya mending bikin thread utk diskusi sesama kafir aja :supz:

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Fri Aug 30, 2013 11:59 pm
by fayhem_1
Contohnya :

Do'a Lailatul Qadar

Kemuliaan malam qadar banyak dijelaskan hadits Nabi s.a.w, antara lain hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a:
مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Siapa yang mengerjakan ibadah pada malam qadar dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan, dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosanya yang telah lalu”. (Hadits Shahih, riwayat al-Bukhari: 1768 dan Muslim:1268).

Dari seribu macam bentuk cara beribadah kepada Allah SWT, yang bisa dilakukan pada malam lailatul qadar, tetapi dari sekian banyak itu ada sebuah ibadah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana apa yang diriwayatkan oleh lima imam hadits:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اَرَاَيْتَ اِنْ عَلِمْتُ اَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلًةَ الْقَدْرِ مَااَقُولُ فِيْهَا. قَالَ قُوْلِى اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari Syayidah ‘Aisyah, r.a. Ia berkata: saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam lailatul qadar, maka do’a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu? Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo’alah dengan mengucapkan “Ya Tuhanku, sesungguhnya Engakau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamban-Nya, maka ampunilah kesalahanku.” (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud).

Do'a Lailatul Qadar
Mirror
Faithfreedom forum static

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Sat Aug 31, 2013 1:09 am
by Chunk

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Sat Aug 31, 2013 4:11 pm
by rahimii
Terimakasih buat tanggapan dan respon teman-teman semua. Meski memang diskusi seperti ini selalu jarang dikunjungi teman-teman muslim, saya kira topik-topik yang bersentuhan langsung dengan inti dogmatik dalam bingkai rasionalitas, nalar dan daya pikir harus tetap kita budayakan disini. Alah bisa karena biasa. Bila muslim mulai terbiasa menggunakan otaknya dalam mencerna satu bahasan yang membutuhkan kemampuan logika, maka mereka akan mulai mempertanyakan segalanya. Termasuk halnya masalah pengampunan ini.

Dalam proses pengadilan didunia saja, seorang terdakwa pelaku kejahatan tidak akan lepas dari jerat hukuman meski sudah meminta ampun atau maaf bukan? Katakanlah terdakwa korupsi luthfi hasan ishak yang sudah terbukti melakukan tindak kejahatan yang merugikan negara, lalu meminta maaf dan ampun kepada hakim lalu hakim mengampuni dan membebaskan bandot ini, dimana letak keadilannya? Bukankah aneh, bila tuhan yang memiliki standar jauh diatas standar manusia dengan gampangnya mengampuni dan tidak menghukum pelanggaran atas kesucian dan keadilannya? Intisari pertanyaannya cuma sesederhana itu. Tuhan seperti itu layakkah menyandang predikat tuhan?

CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DOSA
Mirror
Faithfreedom forum static

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Sat Aug 31, 2013 6:05 pm
by usmanabdullah
Trit yang menarik...

Menarik juga di tunggu pendapat netter2 mouselem seperti Patah Salero Bundo (kayak rumah makan padang), Capten, Rashid, dan netter mouselem lainnya...
Mereka sepertinya sudah lelah menjawab dan mencari pembenaran kitab mereka...

Numpang nyimak aja dulu ya bro Rahimii...

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Sat Aug 31, 2013 6:12 pm
by rahimii
Thanks bro usman..

Re: CUKUP DENGAN BERKATA-KATA SAJA, ALLAH BISA MENGAMPUNI DO

PostPosted: Fri Sep 13, 2013 4:47 pm
by Dreamsavior
Saya jadi ingin bertanya pada rekan-rekan Muslim .... apa sih maknanya "Maha Pengampun" yang melekat pada gelar awloh swt di dalam Islam?

Mengingat gelar ini paling ekstensif digunakan oleh umat Muslim.

Umat Kristen misalnya, lebih senang menggunakan istilah "Maha Pengasih" untuk allah yang mereka sembah....