.

QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby nap.bon » Thu Aug 09, 2012 6:53 pm

kompas wrote:Tuhan Abraham NGIBUL.....PLINTAT PLINTUT ..... [-X

"Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.


Tuhan Abraham berjanji : Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak;

Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

Tuhan Abraham memberi perintah : "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran

pada ayat sebelumnya tuhan Abraham berjanji akan membuat Abraham beranak cucu yang sangat banyak, pada ayat lainnya anak Abraham yang tunggal itu diperintahkan untuk dijadikan korban bakaran.

PLINTAT PLINTUT .... TUT...TUT... KENTUT .... :butthead: :butthead: :butthead:


Wah, bener-bener nyungsep neh....
Sudah baca belum?

Kej 22:1
Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: “Abraham,” lalu sahutnya: “Ya, Tuhan.”

Ente ngerti ga definisi mencoba?

Kej 22:12
Lalu Ia berfirman: “Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku.”

Kira kira apa tujuan YHWH melakukan permintaan pengorbanan Ishak?

Yang pasti menurut kitab sebelah, yang dikorbankan tidak mungkin Ismael, karena 1. sudah jelas tertulis Ishak, dan 2. Kejadian pengorbanan ini terjadi setelah Ismael diusir....

Kej 22:14
Dan Abraham menamai tempat itu: “Tuhan menyediakan”; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: “Di atas gunung Tuhan, akan disediakan.”

Yang jelas kejadian ini terjadi di atas gunung dan bukan di Mekah, karena posisi Mekah berada di lembah (dibuktikan dengan seringnya dulu Mekah kebanjiran) dan jauh dari Palestina.

Pastinya, tidak seperti Abraham, Ibrahim memiliki masalah:
1. Mengasumsikan mimpi sebagai perintah Allah.
2. Bukan bertanya kepada Allah, beliau justru merenungkannya dengan anaknya.
3. Anaknya sendiri kurang bijak dan terkesan grasa-grusu dengan langsung meng-iya-kan mimpi bapaknya, Ibrahim.


Salam,

nap.bon
nap.bon
 
Posts: 1011
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby kompas » Thu Aug 09, 2012 9:32 pm

angky wrote:Dalam kitab sebelah tidak ada kisah dimana Abraham menanyakan PENDAPAT ANAKNYA dalam melaksanakan PERINTAH YHWH (Kejadian 22: 1-19, mohon dibaca sendiri).

'KATANYA" perintah YHWH .... :butthead:
ngga jelas asalnya dari mana, ngga jelas cara bagaimana penyampaian firman itu.
ujug2 pagi2 bangun tidur, ngajak Ishak kegunung, menipu Ishak katanya diajak mau sembahyang.
Ishak bingung, mau ngapain si Abraham ini, sudah ada api, ada kayu, mana kambing nya ???
ngga ada kambing, Ishak diikat, ambil pisau Ishak mau disembelih.

Tindakan orang beriman kah si Abraham ???
tanpa penjelasan ba..bi..bu ... Ishak diajak kegunung, dibohongi mau sembahyang.
eee..... malahan diikat mau disembelih .... :lol:

angky wrote:IBRAHIM meminta pendapat ANAKNYA UNTUK MELAKSANAKAN perintah(lebih tepat MIMPINYA) Tuhannya. Setelah anaknya berkata : " Kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu" barulah Ibrahim melaksanakan perintah mimpinya.

tindakan Ibrahim inilah tandanya Ibrahim orang yang beriman, ngga menipu anaknya, diberitahu mendapat mimpi untuk menyembelih anaknya, dan anaknya ngga keberatan.
ada komunikasi yang jelas antara anaknya dan Ibrahim.
ngga seperti Abraham menipu Ishak, dijanjikan mau sembahyang, ujung2nya diikat mau disembelih.
Ishak ngga bisa teriak, karena lehernya diikat Abraham.... :rofl:

angky wrote:Kepada siapakah sebenarnya Tuhan memberikan perintahnya (mimpinya), ibrahim atau ismail??

kepada Ibrahim.

angky wrote:Ane kutipkan pendapat seorang muslim dalam seharusnya melaksanakan perintah TUHAN

Kompas : seharusnya Abraham tidak perlu menunda dan menunggu pagi bangun tidur untuk melakukan perintah YHWH, selesai YHWH berfirman, segera laksanakan. (sic)

tulisan diatas komentar gw untuk tindakan Abraham yang menunda nunda perintah tuhannya.
itu tandanya Abraham bukan orang yang beriman, menunda nunda perintah tuhan.
jika Abraham orang yang beriman, maka harusnya Abraham segera melaksanakan perintah tuhan, tidak menunggu besok hari bangun tidur.

angky wrote:Jadi apakah Ibrahim adalah bapa orang beriman??? Menurut ane tidak.

Ibrahim orang yang beriman, tidak menipu anaknya.

[-(
User avatar
kompas
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby keeamad » Thu Aug 09, 2012 11:45 pm

kompas
emang kalo orang beriman pasti tidak MENIPU ... ? Terus FUNGSI ajaran Tqiyah apa pas .. ??
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby duren » Fri Aug 10, 2012 12:43 am

fayhem wrote:
Sudah jelas kompas jungkir balik kesekian kalinya, tong fang pun males liat kompas :rolling:

Selamatkan si Kompas

Segera suruh dia bedah otak di Cang Jiang \:D/
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby JANGAN GITU AH » Fri Aug 10, 2012 7:21 am

kompas wrote:Tuhan Abraham NGIBUL.....PLINTAT PLINTUT ..... [-X

"Dari pihak-Ku, inilah perjanjian-Ku dengan engkau: Engkau akan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.
Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak; engkau akan Kubuat menjadi bangsa-bangsa, dan dari padamu akan berasal raja-raja.
Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau serta keturunanmu turun-temurun menjadi perjanjian yang kekal, supaya Aku menjadi Allahmu dan Allah keturunanmu.


Tuhan Abraham berjanji : Aku akan membuat engkau beranak cucu sangat banyak;

Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

Tuhan Abraham memberi perintah : "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran

pada ayat sebelumnya tuhan Abraham berjanji akan membuat Abraham beranak cucu yang sangat banyak, pada ayat lainnya anak Abraham yang tunggal itu diperintahkan untuk dijadikan korban bakaran.

PLINTAT PLINTUT .... TUT...TUT... KENTUT .... :butthead: :butthead: :butthead:


MAKSUDMU PLINTAT PLINTUT ITU BAGAIMANA, KOM???

jadi kau percaya bahwa Allah swt gagal menjadikan ibrahim sebagai bapak bangsa Arab?? :lol:
penyembelihan ismail gagal juga bukan?

begitukah plintat-plintut yang kau maksudkan?? [-o<
User avatar
JANGAN GITU AH
 
Posts: 5366
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby sodrun » Fri Aug 10, 2012 7:49 am

Judul thread ini betul banget !
Ibrahim bukanlah bapa orang beriman !
Ibrahim <> Abraham !
Lebih tepat Ibrahim ini adalah bapanya orang-orang penyembah berhala yang seringkali menyembelih anak-anak sebagai korban kepada sembahannya.
Mimpi lazimnya merupakan refleksi dari kehidupan sehari-hari seseorang. Seorang pemain sepak bola tentunya akan memimpikan dirinya sedang sepakbola. Seorang musisi biasanya juga bermimpi tentang bermain musik.
Nah,... sudah lazim pula kalau Ibrahim mimpi menyembelih anaknya, karena itulah yang biasa dilakukan.
Ayat qur'an di bawah ini tidak mengatakan bahwa Ibrahim diperintahkan, .. atau Ibrahim akan.. menyembelih anaknya, tapi Ibrahim menyembelih anaknya !
Kenapa anaknya mengatakan : "kerjakan apa yang diperintahkan kepadamu" ?
Itu karena anaknya (selain takut) tau persis apa pekerjaan bapaknya !
Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!"
Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu;

Dugaan ini semakin kuat mengingat (katanya) Ibrahim bersama Ismail yang membangun ka'bah.
Dan.. bukankah ternyata ka'bah menjadi pusat penyembahan berhala sampai sekarang !

Kesimpulan :
Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN !!!
Ibrahim =/= Abraham !!!


:supz: :supz: :supz:
sodrun
 
Posts: 1950
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby Captain Pancasila » Fri Aug 10, 2012 11:23 am

22:1. Beberapa waktu kemudian Allah menguji kesetiaan Abraham. Allah memanggil, "Abraham!" Lalu Abraham menjawab, "Ya, Tuhan."
22:2 Kata Allah, "Pergilah ke tanah Moria dengan Ishak, anakmu yang tunggal, yang sangat kaukasihi. Di situ, di sebuah gunung yang akan Kutunjukkan kepadamu, persembahkanlah anakmu sebagai kurban bakaran kepada-Ku."
22:3. Keesokan harinya pagi-pagi, Abraham membelah-belah kayu untuk kurban bakaran dan mengikat kayu itu di atas keledainya. Ia berangkat dengan Ishak dan dua orang hambanya ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
22:4 Pada hari yang ketiga tampaklah oleh Abraham tempat itu di kejauhan.
22:5 Lalu ia berkata kepada kedua hambanya itu, "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini. Saya dan anak saya akan pergi ke sana untuk menyembah TUHAN, nanti kami kembali kepadamu."
22:6 Abraham meletakkan kayu untuk kurban bakaran itu pada pundak Ishak, sedang ia sendiri membawa pisau dan bara api untuk membakar kayu. Ketika mereka berjalan bersama-sama,
22:7 Ishak berkata, "Ayah!" Abraham menjawab, "Ada apa, anakku?" Ishak bertanya, "Kita sudah membawa api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk kurban bakaran itu?"
22:8 Abraham menjawab, "Allah sendiri akan menyediakan anak domba itu." Lalu keduanya berjalan terus.
22:9 Ketika mereka sampai di tempat yang dikatakan Allah kepada Abraham, ia mendirikan sebuah mezbah dan menyusun kayu bakar itu di atasnya. Lalu diikatnya anaknya dan dibaringkannya di mezbah, di atas kayu bakar itu.
22:10 Setelah itu, diambilnya pisaunya hendak membunuh anaknya.

Abraham tidak berani jujur terhadap anaknya, karena kalau jujur ada kemungkinan kalau anaknya menolak, ditambah dengan penolakan anaknya, maka akan bertambahlah/semakin sulitlah cobaan Abraham...

...jadi, disini terlihat jelas, kalau Abraham tidak berani menjalani cobaan lebih, karena itulah dapat disimpulkan kalau keimanan Abraham disini tidaklah terlalu kuat, jadi akanlah lebih tepat jika judul thread ini dirubah menjadi :
Abraham bukan Bapa Orang BERIMAN!!
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby angky » Fri Aug 10, 2012 11:27 am

angky wrote:Kepada siapakah sebenarnya Tuhan memberikan perintahnya (mimpinya), ibrahim atau ismail??

kompas wrote:kepada Ibrahim.

angky wrote:Jadi apakah Ibrahim adalah bapa orang beriman??? Menurut ane tidak.

kompas wrote:Ibrahim orang yang beriman, tidak menipu anaknya.

Ibrahim(muslim) beriman kepada Allah artinya Ibrahim HARUS MENJALANKAN PERINTAH ALLAH tanpa perlu bertanya, kecuali kalau Ibrahim tidak percaya pada Allah.

Kitab ente mengajarkan demikian :
An Nur 51
Sesungguhnya jawaban oran-orang mukmin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul menghukum (mengadili) di antara mereka ialah ucapan. "Kami mendengar, dan kami patuh". Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Sehingga dipesantren pun diajarkan untuk tidak MEMPERTANYAKAN apa yang di katakan dan diperintahkan oleh para ustad kepada anak didiknya. Ibrahim, bukan dapat perintah dari ustad KATANYA dari Allah langsung, kalau mau menterjemahkan MIMPI JADI KALIMAT PERINTAH. :green:

Apa respons Ibrahim terhadap perintah (mimpinya) : Maka fikirkanlah apa pendapatmu!

Masyaauloh!!!! Ibrahim bukannya mengerjakan malah meminta PENDAPAT ANAKNYA, jelas ibrahim ragu ragu dan kurang mempercayai apa yang diperintahkan sehingga menanyakan pendapat anaknya.

Kita lihat apa yang terjadi jika tidak LANGSUNG menjalankan perintah Allah :

Al Araf : 11-13

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud.

Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".

Ibrahim bapa orang beriman?? ane rasa bukan. Abraham lah Bapa orang beriman yang melaksanakan PERINTAH TUHAN KEPADA nya dan menjalankan nya tanpa banyak tanya karena Abraham TAHU, Allah lah penciptanya bukan ANAKnya.
angky
 
Posts: 3354
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby duren » Fri Aug 10, 2012 11:41 am

Telinga awlloh TULI dan salah dengar !!

Q 37.100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Q 37.101. Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar



Di order anak yang SALEH kok yang diberi anak yang AMAT SABAR ](*,)
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby omega phoenix » Fri Aug 10, 2012 12:01 pm

pan awloh kagak ada otaknya om duren :green: makanya tulalit ngasihnya :rolling:
User avatar
omega phoenix
 
Posts: 1689
Joined: Sun Aug 21, 2011 6:39 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby duren » Fri Aug 10, 2012 1:38 pm

duren wrote:Telinga awlloh TULI dan salah dengar !!

Q 37.100. Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

Q 37.101. Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar



Di order anak yang SALEH kok yang diberi anak yang AMAT SABAR ](*,)

Q 8. 22. Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi MANUSIA ialah; tuhan yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun.

:rofl: :rofl:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby kufirandproud » Fri Aug 10, 2012 2:18 pm

ga ngerti si kompas tentang pertanyaan kok bs tahu siismael bahwa mimpi ayahnya berasal dr awlo?
coba kalo mimpinya ibrahim begini=
Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyodomimu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!"
Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu;
:prayer: :rofl:
kufirandproud
 
Posts: 528
Joined: Tue May 26, 2009 1:41 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby duren » Fri Aug 10, 2012 5:06 pm

Tumben para unta unta FFI kurang semangat diajak mbahas Alkitab di trit ini

Huiiii unta ... apa kita mbahas Jesus ajahh :green:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby nap.bon » Fri Aug 10, 2012 5:41 pm

duren wrote:Tumben para unta unta FFI kurang semangat diajak mbahas Alkitab di trit ini

Huiiii unta ... apa kita mbahas Jesus ajahh :green:


Ya gitu dech,
Abis pertanyaan muslim sudah basi dan oot...sudah banyak jawabannya di-inet....

No, bahas si Muhammad ajah lah....
nap.bon
 
Posts: 1011
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby MyLovelyCarnation » Fri Aug 10, 2012 7:17 pm

Trit ini benar2 asyiikkk... :lol:

Thx Om Duren, Ibu Fahyem, dkk kafir n slimer lainnya!
User avatar
MyLovelyCarnation
 
Posts: 522
Joined: Mon Aug 06, 2012 12:30 am
Location: komunitas Ganyang Islam

Re: QS 37:102 Ibrahim bukan Bapa Orang BERIMAN!!

Postby kompas » Fri Aug 10, 2012 7:49 pm

kompas wrote:Ibrahim orang yang beriman, tidak menipu anaknya.
angky wrote:Ibrahim(muslim) beriman kepada Allah artinya Ibrahim HARUS MENJALANKAN PERINTAH ALLAH tanpa perlu bertanya, kecuali kalau Ibrahim tidak percaya pada Allah.

102. Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar."

dalam ayat 37.102 tidak ada perintah Allah kepada Ibrahim untuk menyembelih Ismail.
Ibrahim hanya bercerita kepada Ismail, bahwa Ibrahim bermimpi menyembelih Ismail, karena itu Ibrahim minta pendapat Ismail tentang mimpi itu.
Ismail berpendapat bahwa mimpi Ibrahim itu adalah perintah Allah, karena itu Ismail tidak ragu ragu, mempersilahkan Ibrahim untuk menyembelihnya.

kompas wrote:Ibrahim bapa orang beriman?? ane rasa bukan. Abraham lah Bapa orang beriman yang melaksanakan PERINTAH TUHAN KEPADA nya dan menjalankan nya tanpa banyak tanya karena Abraham TAHU, Allah lah penciptanya bukan ANAKnya.

Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

kepada Abraham sangat jelas perintah tuhan untuk menyembelih Ishak, tapi Abraham menunda nunda perintah tuhan sampai besok harinya.
Abraham bukan orang beriman, karena Abraham menunda nunda perintah tuhan dan juga Abraham pembohong, tidak jujur.

Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."

Abraham berbohong mengatakan kami akan sembahyang, padahal tujuannya untuk menyembelih Ishak.

Abraham juga berbohong kepada Ishak :

Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"
Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.


padahal pada saat itu ngga ada anak domba.

Ishak ditipu Abraham, mengatakan ada anak domba untuk korban bakaran, yang terjadi Ishak yang diikat untuk dijadikan korban bakaran.

Abraham versi penulis PL, bukan orang yang beriman, tidak jujur, pembohong, penipu.


[-(
User avatar
kompas
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

PreviousNext

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users