.

Syariah Islam

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Re: Syariah Islam

Postby duren » Mon Mar 26, 2012 12:57 pm

CRESCENT-STAR wrote:kalau ada orang/badan/lembaga ingin uang/barangnya bertambah dengan jalan meminjamkan uang/barang tsb pada seseorang dengan MENUTUP MATA UNTUK APA UANG TERSEBUT DIPERGUNAKAN OLEH SI PEMINJAM, maka itulah PRINSIP RIBA YG DIHARAMKAN ITU.

dalam ISlam orang/badan/lembaga boleh memperbanyak uang/barangnya dengan jalan meminjamkan uang/barang tsb pada seseorang DENGAN SYARAT IANYA TAHU BETUL BAHWA UANG/BARANG TERSEBUT AKAN DIGUNAKAN SEBAGAI MODAL USAHA OLEH SI PEMINJAM.

Lantas mengapa para PENABUNG di bank syariah TIDAK MENDAPAT HAK/HUKUM YANG SAMA ??

Tuh baca diatas post netter Joe Andmie ... nabung setahun di bank syariah malah BUNTUNG 0.5 %
Emangnya ada bank ga dapet untung ? :-k
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Syariah Islam

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon Mar 26, 2012 1:00 pm

CRESCENT-STAR wrote:bukan begitu maksud saya ...
begini, dalam ISLAM itu hukum itu adil. depan-belakang harus diatur. walaupun dasarnya penjanjian, tetapi jika isi perjanjian keluar dari jalur. ya akan HARAM.
misalkan begini, kalau saya menang, maka perjanjiannya saya boleh membunuh kamu. kemudian saya menang, lalu saya membunuh kamu. apa saya SAH melakukan pembunuhan ?.. tetap saja saya ditangkap polisi dan diadili walaupun saya bertindak atas dasar perjanjian antara saya dan bung. faham ?
nah apa yang ditekankan oleh SYARIAH dalam hal ini adalah SI pemberi pinjaman tidak boleh membisniskan pinjamannya pada orang2 yg meminjam karena kebutuhan hidup (konsumtif). jika kemudian ia melakukan itu maka jatuhlah pada riba. walaupun dengan embel2 perjanjian.


loh bukan nya emg itu prinsip bank, meminjamkan kepada yg dinilai MAMPU mengembalikan pinjaman dan bukan hanya digunakan utk makan doank. maka itu ada yg namna survei calon penerima kredit. kalo dinilai tidak memiliki kemampuan mengembalikan sejumlah yg dipinjam, bank juga ogah ngasih. rugi donk bandar

CRESCENT-STAR wrote:nah kalau dilihat kemampuan si peminjam itu namanya JAMINAN. itu ada dalam ISLAM. boleh meminjamkan uang pada orang yg memiliki jaminan tanpa memastikan untuk dipakai apa uang tsb. entah buat konsumtif atau bisnis. tetapi jika tidak memiliki jaminan maka pinjaman yg berbunga yg diberikan untuk konsumtif saja masuk ke dalam hukum riba, sebab cenderung menghancurkan (resiko sudah jelas terjadi pada si peminjam tetapi ditabrak saja demi keuntungan (bunga)).


ya klo itu sih salah dari si pemohon, bukan pemberi kredit/pinjaman. jika si pemohon mengatakan dalam surat permohonan bhw uang tsb digunakan utk konsumsi sehari2 juga bank tidak akan pernah mengucurkan dana.


CRESCENT-STAR wrote:loh penabung itu kan posisinya PEMBERI PINJAMAN thd bank..betul tidak ?
jangan lihat penabung kelas teri lah, coba lihat penabung kelas konglomerat. lihat kejadian Lehman brother. seenaknyanya orang menyimpan uang di bank dgn berharap BUNGA besar. tak peduli pihak bank usahanya apa, rasional atau tidak.


apakah betul begitu ? apa pernah bank mengajukan surat pinjaman kepada nasabah ? saya rasa tidak.

posisi bank-nasabah bisa dinilai dari berbagai sudut sesuka hati, tapi yg jelas bank tidak pernah mengajukan surat peminjaman yg menjanjikan apapun. mereka hanya menawarkan produk jasa, jasa sirkulasi uang.
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Syariah Islam

Postby CRESCENT-STAR » Mon Mar 26, 2012 1:18 pm

MaNuSiA_bLeGuG wrote:apakah betul begitu ? apa pernah bank mengajukan surat pinjaman kepada nasabah ? saya rasa tidak.
berharap bunga besar artinya yg membutuhkan adalah nasabah, bukan bank.

saya jawab ini sekalian menjawab pertanyaan bung Duren ttg pernyataan Joe Andmie.
pada dasarnya nasabah itu posisinya pemberi pinjaman thd bank. buat apa ada iklan menabung coba kalau bukan karena pihak bank butuh dana ?
prinsip RIBA memang memberikan peluang pada si pemberi pinjaman untuk selalu untung. itulah sebabnya YAHUDI dan BARAT begitu banyak uangnya dalam waktu singkat. walaupun kerapuhan begitu nyata. contoh kasus lehman brother.
tetapi si penerima pinjaman bisa untung bisa rugi.

kondisi ekonomi yang tidak SEIMBANG bukan ciri khas ekonomi syariah. sebab jika hanya satu pihak saja yg selalu untung dan pihak lainnya rentan mengalami rugi, maka yg terjadi adalah penindasan. sebab itu kasus Joe Admind mengindikasikan bahwa ia sbg pemberi pinjaman dan pihak bank sbg yg dipinjami sama2 bisa untung, juga sama2 bisa rugi.

jadi wajar kalau bung Joe akan selalu berjaya di konvensional, tanpa perduli pihak bank akan rugi atau untung dari hasil pinjaman (tabungan) bung Joe. nah itu secara prinsipil bukan syariah.

sikap joe yg angkat topi pada konvensional menunjukkan itulah karakteristik murni kapitalisme. Bodohh amat yg penting gue untung.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Syariah Islam

Postby CRESCENT-STAR » Mon Mar 26, 2012 1:22 pm

sebab itu dalam krisis terbesar keuangan dunia, ekonomi syariah cenderung mampu bertahan.
tetapi coba perhatikan bank2 konvensional berguguran, di demo para nasabah (pemberi pinjaman). ini akibat BANK sbg pihak yg meminjam TIDAK JELAS USAHANYA APA, TIDAK JELAS SEHAT TIDAKNYA BISNIS YANG DIJALANKAN, sudah itu BANK tidak punya jaminan pada nasabah jika pun bisnisnya ada dan riil. tidak ada keseimbangan.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Syariah Islam

Postby CRESCENT-STAR » Mon Mar 26, 2012 1:38 pm

duren wrote:Emangnya ada bank ga dapet untung ? :-k

ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Syariah Islam

Postby duren » Mon Mar 26, 2012 1:42 pm

CRESCENT-STAR wrote:ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.

Coba terangkan lebih lanjut akan teori mu tuhh

Yang saya tau 2011 Mandiri untung 14T dan BCA 7T
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Syariah Islam

Postby 1234567890 » Mon Mar 26, 2012 2:05 pm

muslim makin kesurupan ketika borok dari hukum syariahnya dibongkar
jadi ngasi argumentasi yang kacau melintir ke mana2x
termasuk statement : semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI

semua orang membuka bisnis untuk mendapat untung ... jika 1 bisnis pasti merugi, tidak akan ada orang yang mau membuka bisnis tersebut
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Syariah Islam

Postby CRESCENT-STAR » Mon Mar 26, 2012 2:07 pm

CRESCENT-STAR wrote:ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.

duren wrote:coba terangkan lebih lanjut akan teori mu tuhh
Yang saya tau 2011 Mandiri untung 14T dan BCA 7T

saya tidak tau berapa Obligasi Rekapitalisasi tahun 2011 Bank Mandiri, tetapi dikatakan Mandiri mendapat Obligasi rekapitalisasi setiap tahun sebesar 21,4 T.
dan ini dimasukkan ke dalam LABA BANK. coba kalau Obligasi rekapitalisasi ini dicabut. maka menjadi :
Bank Mandiri LABA sebesar 14 T dikurangi Obligasi rekapitalisasi sebesar 21,4 T = minus 7,4 T
Bank BCA LABA sebesar 7 T dikurangi Obligasi rekapitalisasi sebesar 11,7 T= minus 4,7 T

rugi trilyunan begitu luar biasa bukan ?
HITUNGAN DI ATAS KALAU TIAP TAHUN OBLIGASI ITU SUDAH DIBAYAR, KALAU BELUM ?? maka sekarang bisa mencapai 90 T -an tuh untuk bank mandiri http://www.beritasatu.com/ekonomi/31601 ... iliun.html
Last edited by CRESCENT-STAR on Mon Mar 26, 2012 2:16 pm, edited 1 time in total.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Syariah Islam

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon Mar 26, 2012 2:11 pm

CRESCENT-STAR wrote:saya jawab ini sekalian menjawab pertanyaan bung Duren ttg pernyataan Joe Andmie.
pada dasarnya nasabah itu posisinya pemberi pinjaman thd bank. buat apa ada iklan menabung coba kalau bukan karena pihak bank butuh dana ?


menabung itu mendidik masyarakat untuk hemat. mempersiapkan segala sesuatunya untuk masa depan. tanpa bank, dari dulu juga orang doyan nabung. cuma tempatnya dibawah kasur ato di tiang rumah.

bank hanya memanfaatkan potensi dari sifat masyarakat yg seperti ini, menggerakkan dana2 diam di masyarakat utk menghasilkan keuntungan. ibarat diliat ada kayu nganggur gitu aja didepan rumah tanpa ada nilai lebih, trus saya dapat ide yg menghasilkan menguntugkan kedua belah pihak. anda sumbang dana saya sumbang otak. lebih tepat disebut join venture daripada pinjam-meminjam.

CRESCENT-STAR wrote:prinsip RIBA memang memberikan peluang pada si pemberi pinjaman untuk selalu untung. itulah sebabnya YAHUDI dan BARAT begitu banyak uangnya dalam waktu singkat. walaupun kerapuhan begitu nyata. contoh kasus lehman brother.
tetapi si penerima pinjaman bisa untung bisa rugi.


apakah salah jika anda selalu untung dalam berusaha ? ente terlalu picik berpikiran bhw kekayaan yahudi dan barat hanya didapat melalui proses pengambilan untung melalui simpan pinjam atau kredit. mereka mampu mengolah dana yg mampu dihimpun utk lebih menghasilkan, salah satunya dengan investasi. kalaupun mereka untung besar melalui pembayaran utang, utang tersebut juga diberikan kepada pengusaha dan orang kaya, bukan orang miskin yg cuma mo beli nasi bungkus.

otak ente bener2 sempit...

CRESCENT-STAR wrote:kondisi ekonomi yang tidak SEIMBANG bukan ciri khas ekonomi syariah. sebab jika hanya satu pihak saja yg selalu untung dan pihak lainnya rentan mengalami rugi, maka yg terjadi adalah penindasan. sebab itu kasus Joe Admind mengindikasikan bahwa ia sbg pemberi pinjaman dan pihak bank sbg yg dipinjami sama2 bisa untung, juga sama2 bisa rugi.

jadi wajar kalau bung Joe akan selalu berjaya di konvensional, tanpa perduli pihak bank akan rugi atau untung dari hasil pinjaman (tabungan) bung Joe. nah itu secara prinsipil bukan syariah.

sikap joe yg angkat topi pada konvensional menunjukkan itulah karakteristik murni kapitalisme. Bodohh amat yg penting gue untung.


siapa yg rela kerja keras hanya untuk buntung ? coba saya tanya ke ente...
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Syariah Islam

Postby duren » Mon Mar 26, 2012 2:16 pm

@CS

Aneh ... sejak kapan pula yang namanya urusan permodal merupakan kerugian ?? :-k
Dan lagi pula .. emanknya bank syariah ga ikutan menikmati rekapitalisasi ?
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Syariah Islam

Postby CRESCENT-STAR » Mon Mar 26, 2012 2:28 pm

duren wrote:@CS
Aneh ... sejak kapan pula yang namanya urusan permodal merupakan kerugian ?? :-k
Dan lagi pula .. emanknya bank syariah ga ikutan menikmati rekapitalisasi ?

pertama Obligasi rekap pun bentuknya surat hutang (pinjaman) yg tentunya ada bunga. padahal prinsipnya adalah membantu bank yg sedang kesulitan. memberikan bunga pinjaman thd orang/lembaga yang kesulitan hukumnya RIBA. sebab syariah menekankan bahwa pinjaman untuk orang kesulitan itu sedekah.

Bank Syariah tidak menerima Obligasi rekap ini karena bentuknya RIBA. yakni meminjamkan uang dengan bunga pada bank yg notabene sedang kesulitan. maka dibentuk OBLIGASI REKAP SYARIAH tanpa BUNGA dengan cara Jaminan asset pihak bank syariah yg diberi pinjam.

apa yg bank2 konvensional disebut sebagai LABA adalah UANG HUTANG dari pemerintah. dan pemerintah dapat dari pajak rakyat. obligasi ini hanya boleh digunakan untuk bayar bunga yg jadi tanggungan pihak bank. jadi bunga bank itu dari uang rakyat.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Syariah Islam

Postby BebasMungkin » Mon Mar 26, 2012 4:19 pm

CRESCENT-STAR wrote:ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.

ini karena BLBI Pak CS, Berbeda...... Bank Syariah apa Juga, di beri Bantuan BLBI Tahun 1998 ??


CRESCENT-STAR wrote:Bank Syariah tidak menerima Obligasi rekap ini karena bentuknya RIBA. yakni meminjamkan uang dengan bunga pada bank yg notabene sedang kesulitan. maka dibentuk OBLIGASI REKAP SYARIAH tanpa BUNGA dengan cara Jaminan asset pihak bank syariah yg diberi pinjam.

apa yg bank2 konvensional disebut sebagai LABA adalah UANG HUTANG dari pemerintah. dan pemerintah dapat dari pajak rakyat. obligasi ini hanya boleh digunakan untuk bayar bunga yg jadi tanggungan pihak bank. jadi bunga bank itu dari uang rakyat.

Apakah Bank Syariah juga dapat Bantuan BLBI ?? wah (Maaf) makin Ngawur anda Pak CS......
User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Syariah Islam

Postby duren » Mon Mar 26, 2012 4:29 pm

duren wrote:@CS
Aneh ... sejak kapan pula yang namanya urusan permodal merupakan kerugian ?? :-k
Dan lagi pula .. emanknya bank syariah ga ikutan menikmati rekapitalisasi ?
CRESCENT-STAR wrote:pertama Obligasi rekap pun bentuknya surat hutang (pinjaman) yg tentunya ada bunga. padahal prinsipnya adalah membantu bank yg sedang kesulitan. memberikan bunga pinjaman thd orang/lembaga yang kesulitan hukumnya RIBA. sebab syariah menekankan bahwa pinjaman untuk orang kesulitan itu sedekah.

Itu masalah kebijaksanaan permodalan dari pemilik ( pemerintah ) yang sok teung mempertahankan kepemilikannya ... Padahal sederhana aja kok masalahnya klo pemerintah atau rakyat Indonesia setuju MENJUAL nya kepada swasta atau asing


CRESCENT-STAR wrote:Bank Syariah tidak menerima Obligasi rekap ini karena bentuknya RIBA. yakni meminjamkan uang dengan bunga pada bank yg notabene sedang kesulitan. maka dibentuk OBLIGASI REKAP SYARIAH tanpa BUNGA dengan cara Jaminan asset pihak bank syariah yg diberi pinjam.

apa yg bank2 konvensional disebut sebagai LABA adalah UANG HUTANG dari pemerintah. dan pemerintah dapat dari pajak rakyat. obligasi ini hanya boleh digunakan untuk bayar bunga yg jadi tanggungan pihak bank. jadi bunga bank itu dari uang rakyat.

Nte jangan berdusta dehh .. lha jelas jelas kok Mandiri syariah otomatis ikut menikmati alirannya via induknya .
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Syariah Islam

Postby Pembawa Pedang » Mon Mar 26, 2012 8:01 pm

wah..jadi rame nih...

Lanjut ekonomi syariah..masuk ranah bisnis...

Dalam ekonomi syariah penyaluran kredit mempertimbangkan dengan hati hati sebelum kredit disalur ...pemilik modal tahu jika usaha macet maka ia akan menanggung rugi...

Agar terhindar dari rugi, Pemilik modal bisa mensyaratkan modalnya jangan di gini dan di gitukan...

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib,”Apabila memberikan dana kepada mitra usahanya secara mudharabah ia mensyaratkan agar dananya tidak dibawa mengarungi lautan,menuruni lembah yang berbahaya atau membeli ternak”
Apabila menyalahi peraturan tersebut yang bersangkutan bertanggung jawab atas dana tersebut.Disampaikan syarat-syarat tersebut kepada Rasulullah dan Rasulullahpun membolehkannya (HR.Thabrani)

Nah..apabila dengan segala pertimbangan matang ternyata masih rugi...apa boleh buat salah prediksi..manusiawi lah...
Kedua pihak akan rugi..pemilik modal kehilangan modal ( atau modal menyusut ) dan pengelola kehabisan energi dan waktu tanpa dapat untung...

Sebaliknya apabila untung bisa dibagi sesuai kesepakatan..sehingga tak ada pihak yang teraniaya..

Ini beda dengan riba pemilik modal tak perlu tahu untung / rugi karena keuntungan sendiri sudah dipatok diawal transaksi.. zalim tuh...

PP
Last edited by Pembawa Pedang on Mon Mar 26, 2012 8:02 pm, edited 1 time in total.
Pembawa Pedang
 
Posts: 5280
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:39 am

Re: Syariah Islam

Postby Rasionalis » Mon Mar 26, 2012 11:00 pm

...Asyik juga mengikuti perdebatan di thread ini. Argumen berdasarkan situasi dan pemikiran abad ke-7 versus argumen berdasarkan situasi dan pemikiran abad terakhir.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: Syariah Islam

Postby suseno » Mon Mar 26, 2012 11:18 pm

CRESCENT-STAR wrote:misalnya begini, saya punya uang 50 juta. kemudian saya berkeinginan uang tsb bertambah.
maka jika saya pinjamkan pada seseorang tanpa ba-bi-bu dengan mensyaratkan orang tsb mengembalikan uang tsb 60 juta. maka saya jatuh pada riba.
namun akan lain jika saya pinjamkan uang tsb pada seseorang dengan SYARAT bahwa uang tsb dipakai modal usaha (bisnis), dan saya meminta uang tsb kembali lebih dari 50 juta, tergantung prediksi keuntungan atau kesepakatan dalam prosentase misalnya ditetapkan tambahannya 10 juta, atau sekian % dari keuntungan. maka ini bukan riba.

dalam hal resiko, hukum Syari'ah menganut asas PAILIT. dalam hadits nabi saw, jika peminjam modal bangkrut maka yang disita oleh pemilik modal hanya sisa modal yang masih ada di si peminjam. di luar itu HARAM diambil. kemudian juga dikembangkan konsep bersedekah pada pengusaha yg pailit. bisa juga diberikan pinjaman sekiranya bisa menyelamatkan bisnisnya tanpa bunga, sbm prinsip meminjamkan uang pada orang miskin.


Ini kembali ke statement saya di awal apakah si kreditur dalam hal ini beritikad menolong atau berbisnis?

Saya pun tidak tega menolong orang dengan mengenakan bunga. Ini sama saja saya mencari keuntungan diatas penderitaan orang lain.
Lain ceritanya jika saya berbisnis, dalam berbisnis ada prinsip ekonomi. Saya juga akan mencari tahu uang saya akan digunakan untuk apa, bagaimana kira-kira pengembaliannya, profil resiko debitur, sampai kesepakatan apabila si debitur tidak bisa membayar hutang.
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: Syariah Islam

Postby suseno » Mon Mar 26, 2012 11:27 pm

Pembawa Pedang wrote:wah..jadi rame nih...

Lanjut ekonomi syariah..masuk ranah bisnis...

Dalam ekonomi syariah penyaluran kredit mempertimbangkan dengan hati hati sebelum kredit disalur ...pemilik modal tahu jika usaha macet maka ia akan menanggung rugi...

Agar terhindar dari rugi, Pemilik modal bisa mensyaratkan modalnya jangan di gini dan di gitukan...

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib,”Apabila memberikan dana kepada mitra usahanya secara mudharabah ia mensyaratkan agar dananya tidak dibawa mengarungi lautan,menuruni lembah yang berbahaya atau membeli ternak”
Apabila menyalahi peraturan tersebut yang bersangkutan bertanggung jawab atas dana tersebut.Disampaikan syarat-syarat tersebut kepada Rasulullah dan Rasulullahpun membolehkannya (HR.Thabrani)

Nah..apabila dengan segala pertimbangan matang ternyata masih rugi...apa boleh buat salah prediksi..manusiawi lah...
Kedua pihak akan rugi..pemilik modal kehilangan modal ( atau modal menyusut ) dan pengelola kehabisan energi dan waktu tanpa dapat untung...

Sebaliknya apabila untung bisa dibagi sesuai kesepakatan..sehingga tak ada pihak yang teraniaya..

Ini beda dengan riba pemilik modal tak perlu tahu untung / rugi karena keuntungan sendiri sudah dipatok diawal transaksi.. zalim tuh...

PP


Jangan kamu bayangkan dalam ekonomi konvensional si pemilik modal (kreditur) bisa seperti yang kamu bayangin begitu. Tidak perlu takut rugi karena keuntungan sudah dipatok diawal transaksi.

Kalau seperti pikiranmu itu, tidak ada yang namanya restrukturisasi hutang. Udah pernah denger belum istilah ini? Konsep hutang-piutang dan perbankan konvensional itu macam-macam. Tidak sesimple yang kamu pikirkan. Ada yang bunganya tetap, ada yang bunganya mengikuti suku bunga global. Jika menggunakan suku bunga tetap ya, justru si debitur lah yang diuntungkan dengan adanya inflasi. Lalu cara membayarnya pun bermacam-macam, ada yang cicilan, ada yang bayar bunga doank (rekening giro), ada yang dibayar penuh pokok beserta bunganya diakhir periode. Jaminannya juga macam-macam, mulai dari yang tanpa jaminan sampai dengan jaminan properti bahkan surat berharga.

Bicara syariah islam tidak hanya dari segi ekonomi tapi juga ideologi dan peraturan-peraturan yang dilahirkannya.
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: Syariah Islam

Postby suseno » Mon Mar 26, 2012 11:31 pm

CRESCENT-STAR wrote:ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.


Ngawur aja nih bung CRESCENT-STAR. Saya punya saham di tiga bank: Bank Central Asia ( IDX: BBCA ), Bank Mandiri ( IDX: BMRI ) dan Bank Rakyat Indonesia ( IDX: BBRI )

Tidak ada tuh laporan keuangannya yang merugi dalam 10 tahun terakhir, bahkan meningkat terus labanya.
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: Syariah Islam

Postby suseno » Mon Mar 26, 2012 11:45 pm

CRESCENT-STAR wrote:ketahuilah bung DUREN, semua BANK KONVENSIONAL ITU PASTI MERUGI .... tidak ada yang sehat bahkan BANK MANDIRI, BTN, dsb yg keliatan begitu MAJU.
ketahuilah bahwa BUNGA TANJUNG KIMPUL yang BUNG JOE ANDMIE dapatkan dari Bank Konvensional adalah UANG DARI RAKYAT.


Image

Image

Image

Selalu merugi dari mane bang CRESCENT-STAR??

net-income nya naek mulu gitu
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: Syariah Islam

Postby Pembawa Pedang » Tue Mar 27, 2012 1:02 am

suseno wrote:Saya pun tidak tega menolong orang dengan mengenakan bunga. Ini sama saja saya mencari keuntungan diatas penderitaan orang lain.
itu khan pribadi anda...anda bagus..masaalahnya apakah konsep anda yang bagus itu sudah dipakai pihak lain ?..

Kita saat ini membahas konsep yang menjadi UU...bukan pribadi seseorang.....


Dalam Islam riba dilarang dan itu sudah menjadi UU..kalau personilnya.... masih banyak muslim yang mengunakan riba...ini bukan bahasan kita...

Konsep hutang-piutang dan perbankan konvensional itu macam-macam. Tidak sesimple yang kamu pikirkan. Ada yang bunganya tetap, ada yang bunganya mengikuti suku bunga global.
Terlepas apapun jenis pinjamannya...Islam tetap mengharamkan keuntungan / rugi sepihak..Islam menjamin keuntungan / rugi dua belah pihak..

Jadi tidak ada pihak yang dirugikan...

Apabila anda mengedepankan rasa keadilan sesama dan mengunakan hati nurani..saya yakin otak sehat anda tidak akan mau untung sendiri atau rugi sendiri..

PP
Pembawa Pedang
 
Posts: 5280
Joined: Fri Mar 16, 2007 1:39 am

PreviousNext

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users