.

Islam Jawa Vs Islam Arab

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Fri Oct 16, 2009 9:20 am

Saya seorang Agnostic punya temen muslim, sebut saja namanya Sastro. Sastro berguru kepada seorang Kyai di Kudus Jawa Tengah. Kyai ini berumur kurang lebih 40th, sakti (punya kekuatan supranatural), disegani kyai2 besar di Jawa. Dari hasil bergurunya si Sastro ada hal-hal menarik yang mau saya ceritakan disini. Ajaran2 Islam yg diterima Sastro yg penuh kontradiksi secara fundamental terhadap ajaran2 Islam pada umumnya.
Berikut adalah hal-hal yg pernah saya bicarakan dengan teman saya si Sastro:
1. Membunuh apapun alasannya adalah dosa termasuk bunuh diri, karena nyawa manusia adalah milik Allah dan yg berhak mengambil nyawa manusia adalah Allah sendiri.
2. Hajar Azwat bukan batu suci.
3.Sholat adalah bentuk komunikasi (memuji, menyembah, minta pertolongan) manusia dengan Allah, sholat tidak harus melakukan gerakan2 sholat seperti pada umumnya. Ketika hati sudah berserah kepada Allah itu sudah bisa disebut Sholat.
4. Allah itu dekat dengan setiap manusia, tidak jauh dari urat nadi leher.
5. Belajar Islam bukanlah belajar Syariat Islam, tetapi belajar bagaimana sebagai manusia bisa berguna bagi ciptaan2 Allah dan berbakti kepada Allah.
6. Semua makanan adalah halal selama makanan itu berguna/berdampak positif bagi yg memakannya.
7. Surga adalah ketika manusia merasakan kedamian dan kebahagiaan, sedangkan neraka adalah ketika manusia merasakan kepedihan. Intinya Surga dan Neraka sudah bisa kita alami sekarang ini.

dari Uraian di atas saya menyebut teman saya Islam Jawa dan Islam pada umumnya saya sebut Islam Arab karena ada hal-hal yg secara fundamental memang berbeda. mohon maaf buat sodara2 Muslim klo saya salah sebut, mohon koreksinya.

1. Menurut netter2 di sini, Apakah si Sastro layak disebut Islam?
2. Apakah keyakinan si Sastro ini bisa diartikan sebagai "Agama Baru" yg di bungkus simbol2 Islam?
3. Akankan "penjajahan Arab" di Indonesia akan segera berakhir? pertanyaan terakhir ini saya munculkan karena menurut penglihatan/penerawangan si Kyai akan terjadi perang (bisa diartikan fisik maupun non fisik) antara Islam versi kelompoknya Sastro dan Islam Arab. Teman saya yg Penganut Kejawen (tetapi KTPnya Islam) jg pernah cerita ke saya kalau "Kontraknya Lurah Arab sudah mau habis"

mohon pencerahan, terimakasih.
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby JANGAN GITU AH » Fri Oct 16, 2009 3:40 pm

Menurut saya sih teman anda sudah murtad...! atau mungkin bisa jadi benar...ada orang jawa yang coba membuang semua anasir arab yang tidak cocok dengan alam pikiran masyarakat jawa yang tepo seliro... :green: :supz: :supz: :supz:
User avatar
JANGAN GITU AH
 
Posts: 5366
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby a_man » Fri Oct 16, 2009 6:06 pm

Islam sesat tuh, tanya aja FPI klo gak percaya.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby betdaniel99 » Fri Oct 16, 2009 7:35 pm

Betul berarti dugaan saya...
Islam di Indonesia ini telah mengalami perubahan bentuk dibanding Islam jaman 'nabi'...

Syukron & Salaam.
User avatar
betdaniel99
 
Posts: 2374
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby walet » Fri Oct 16, 2009 10:56 pm

Temanmu suruh ngobrol aja sama FPI, kalau pulang lehernya putus, berarti itu Islam yang salah.
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Sat Oct 17, 2009 12:45 am

walet wrote:Temanmu suruh ngobrol aja sama FPI, kalau pulang lehernya putus, berarti itu Islam yang salah.


Tidak usah di suruh pun si Sastro berani ko bro. Si Sastro ini tergolong orang yang kritis ada beberapa cerita dia yang menarik.
1. Dia pernah berdebat dengan seorang Ustadz masalah Kalimat Sahadat.
Si Sastro mempertanyakan sama si Ustadz. Apa Ustad menyaksikan sendiri, ko berani2nya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhamad utusan Allah. Ustadnya bingung ga bisa jawab.
2.Dia pernah berdebat dengan temannya (Islam Arab) masalah Israel. Si sastro berkata bahwa tanah itu (palestina) memang haknya orang2 Yahudi, sementara temennya cuma dibantai dalam debat dan cuma bisa plongah-plongoh.

Dulu sebelum berguru sama Kyai di Kudus, Sastro tergolong orang yg mudah marah. Pernah suatu kali (dengan muka seperti org2 FPI aka garang) mengatai saya Orang tidak beragama/alias kafir). Saya sih diem aja tidak membantah karena memang bener (saya tidak mau beragama, dan saya tidak mengakui Allah Swt sebagai Tuhan). Tetapi setelah berguru di Kudus, sikap2 Sastro berubah total, sikap2 beringasnya udah ilang, bahkan cenderung jadi orang yang mengalah.

Pada saat pertama kali berguru, pertama kali ketemu sama si Guru di Kudus.
Sastro ditanyai sama Si Kyai. "Apa tujuan kamu ke sini ?",
Sastro jawab: "mau belajar agama sesuai dengan Syariat Islam"
dengan jawaban itu Sastro cuma jadi bahan tertawaan Kyai dan murid2 yang lain.
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Sat Oct 17, 2009 12:55 am

JANGAN GITU AH wrote:Menurut saya sih teman anda sudah murtad...! atau mungkin bisa jadi benar...ada orang jawa yang coba membuang semua anasir arab yang tidak cocok dengan alam pikiran masyarakat jawa yang tepo seliro... :green: :supz: :supz: :supz:


saya sendiri juga setuju pendapat dngan pendapat bro JGA. Tetapi memang perlu proses panjang untuk mengusir penjajahan ideologi Arab ini. menurut analisis saya: Gerakan awal yang dilakukan adalah mengganti ideologi/ajaran2 bengis Islam dengan ajaran2 yg benar tetapi masih menggunakan simbol2 Islam (nama Islam, nabi Muhamad, Quran dan Hadis) secara perlahan proses ini akan berjalan sampai akhirnya "virus" akan dibuang secara total.
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby overdose » Sat Oct 17, 2009 1:29 pm

wongjowo wrote:............
Pada saat pertama kali berguru, pertama kali ketemu sama si Guru di Kudus.
Sastro ditanyai sama Si Kyai. "Apa tujuan kamu ke sini ?",
Sastro jawab: "mau belajar agama sesuai dengan Syariat Islam"
dengan jawaban itu Sastro cuma jadi bahan tertawaan Kyai dan murid2 yang lain.


ada kelanjutannya gak mas? menarik jg kisah hidupnnya...

:supz:
overdose
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Sat Oct 17, 2009 2:39 pm

overdose wrote:
ada kelanjutannya gak mas? menarik jg kisah hidupnnya...

:supz:

Pada prinsipnya setelah berguru dengan Kyai di Kudus, Si Sastro seperti 7 poin (yg saya ketahui)di atas fundamen keyakinannya yg berbeda dengan Islam Arab. Sampai sekarang si sastro masih suka mendebat para ustadz dan temen2nya sesama muslim yg berfundamental Islam Arab.
Si Sastro karakter orangnya tidak mudah percaya dan kritis, selalu bertanya untuk tahu supaya jelas. Sastro termasuk unik di situ, menurut cerita Sastro, dia satu2nya murid yg tidak diketahui sebelumnya oleh guru. Sebelum datang berguru sebenernya si Kyai sudah tau siapa2 saja muridnya, kecuali Sastro, itulah keunikan Sastro, tetapi si Kyai mau menerimanya sebagai murid. Murid dan Guru disitu sebenarnya adalah satu trah keluarga priyayi, kecuali Sastro. Si Kyai sendiri mempunyai trah keturunan Raja (saya kurang jelas Raja Siapa yg dimaksud, tetapi yg jelas adalah Raja jawa).

Walaupun secara formal Sastro masih Islam, Sastro sudah tidak menganggap penting yg namanya Agama. Yang dia pegang teguh sebagai fundamental hidup dia sekarang adalah bagaimana berbuat baik dan tidak menyakiti ciptaan2 Allah.
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby walet » Sat Oct 17, 2009 7:43 pm

makasih infonya, sangat menarik, jadi emang islam asli sudah mulai pudar dimana2, dari kasus ini, ahmadiyah sampai eva eden.
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Sun Oct 18, 2009 12:24 am

walet wrote:makasih infonya, sangat menarik, jadi emang islam asli sudah mulai pudar dimana2, dari kasus ini, ahmadiyah sampai eva eden.


Sebenarnya tinggal menunggu waktu saja klo Indonesia akan total kembali menjadi milik bangsa Indonesia.
Kyai yg jadi guru Sastro ini termasuk Kyai yang paling tinggi tingkatannya dalam Islam. Pernah suatu kali seorang Kyai dari Jawa Timur yg sangat disegani sowan ke tempat Kyai dari Kudus ini. Pada waktu bertemu KYai jawa timur (Kyai besar NU) ini posisi duduknya persis seperti hamba menghadap Raja (Sastro lihat sendiri fotonya), bersimpuh di bawah sedang Kyai Kudus ini duduk di kursi.

Dari segi ajaran saya sendiri menilai kalau Kyai ini sebenarnya bukan Islam, tetapi karenan kejeniusannya, dia tetap memakai simbol-simbol Islam, secara perlahan-lahan menyusup dan merubah ajaran2 Islam yang tidak sesuai dengan kemanusiaan (salah satu contohnya: membunuh dengan alasan tertentu). Mungkin pada saatnya nanti simbol-simbol itu juga akan dilenyapkan.
Bahkan dari cerita Sastro, si Kyai ini lebih sakti dari Muhamad (Kyai ini bisa menyembuhkan orang sakit dll), tetapi walaupun sakti dia tetap rendah hati dan berpegang bahwa manusia harusnya punya dampak positif bagi manusia lain, bukannya menindas, memaksa ataupun menimbulkan ketakutan.

Ini bukan ramalan, tetapi berdasarkan penglihatan Kyai: Ada suatu tanda, pada saat 2 gunung di jawa meletus, itulah awal sebuah "perang" pengusiran untuk melawan Islam Arab.
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby seng-su » Sun Oct 18, 2009 7:20 pm

Penglihatan Kyai Kudus ini mengingatkan gue dengan sumpah ki Sabdapalon sewaktu kerajaan Brawijaya digulingkan kerajaan islam Demak, sekaligus mengakhiri kejayaan Hindu di nusantara...

Disebutkan bahwa Sabdapalon tidak bisa menerima sewaktu Brawijaya digulingkan pada tahun 1478 oleh tentara Demak dengan bantuan dari Walisongo (walaupun pada umumnya dalam sumber-sumber sejarah dinyatakan bahwa Brawijaya digulingkan oleh Girindrawardhana). Ia lalu bersumpah akan kembali setelah 500 tahun, saat korupsi merajalela dan bencana melanda, untuk menyapu Islam dari Jawa dan mengembalikan kejayaan agama dan kebudayaan Hindu (dalam Darmagandhul, agama orang Jawa disebut agama Buda). Serat Damarwulan dan Serat Blambangan juga mengisahkan tokoh ini.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sabdapalon

Ada hubungannya gak ye...?
User avatar
seng-su
 
Posts: 825
Joined: Sun Feb 17, 2008 1:51 am

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby overdose » Sun Oct 18, 2009 7:41 pm

wongjowo wrote:...........

Walaupun secara formal Sastro masih Islam, Sastro sudah tidak menganggap penting yg namanya Agama. Yang dia pegang teguh sebagai fundamental hidup dia sekarang adalah bagaimana berbuat baik dan tidak menyakiti ciptaan2 Allah.


mantapp....
thanks atas info nya.

:supz:
overdose
 
Posts: 1248
Joined: Sat Apr 11, 2009 1:52 pm

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Mon Oct 19, 2009 7:24 am

seng-su wrote:Penglihatan Kyai Kudus ini mengingatkan gue dengan sumpah ki Sabdapalon sewaktu kerajaan Brawijaya digulingkan kerajaan islam Demak, sekaligus mengakhiri kejayaan Hindu di nusantara...

Disebutkan bahwa Sabdapalon tidak bisa menerima sewaktu Brawijaya digulingkan pada tahun 1478 oleh tentara Demak dengan bantuan dari Walisongo (walaupun pada umumnya dalam sumber-sumber sejarah dinyatakan bahwa Brawijaya digulingkan oleh Girindrawardhana). Ia lalu bersumpah akan kembali setelah 500 tahun, saat korupsi merajalela dan bencana melanda, untuk menyapu Islam dari Jawa dan mengembalikan kejayaan agama dan kebudayaan Hindu (dalam Darmagandhul, agama orang Jawa disebut agama Buda). Serat Damarwulan dan Serat Blambangan juga mengisahkan tokoh ini.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sabdapalon

Ada hubungannya gak ye...?


Sepertinya ada bro, dan semoga saja memang ada. Kyai Kudus itu tidak hanya dihormati oleh kyai2 besar di Jawa, tetapi dia juga sakti (muhamad ga ada apa2nya O:) )
Ketika dia menunjukkan kesaktiannya pada murid2nya dia tidak dalam posisi pamer, tapi memang ada gunanya.
contoh: menyembuhkan anak muridnya saat sedang sakit (secara medis sudah angkat tangan), dia cuma berkata pada muridnya itu "anakmu tidak apa2, besok dia sudah sembuh" (kurang lebih begitu perkataannya). Dan ternyata benar, si anak yang sakit itu bisa sembuh. Iman si Kyai kepada Tuhan yang membuat anak itu sembuh.

Meskipun dia Kyai saya sendiri berkeyakinan klo dia bukan Islam (Islam cuma dipake simbol2nya saja)
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby drinz » Fri Mar 29, 2013 4:22 am

wongjowo wrote:Saya seorang Agnostic punya temen muslim, sebut saja namanya Sastro. Sastro berguru kepada seorang Kyai di Kudus Jawa Tengah. Kyai ini berumur kurang lebih 40th, sakti (punya kekuatan supranatural), disegani kyai2 besar di Jawa. Dari hasil bergurunya si Sastro ada hal-hal menarik yang mau saya ceritakan disini. Ajaran2 Islam yg diterima Sastro yg penuh kontradiksi secara fundamental terhadap ajaran2 Islam pada umumnya.
Berikut adalah hal-hal yg pernah saya bicarakan dengan teman saya si Sastro:
1. Membunuh apapun alasannya adalah dosa termasuk bunuh diri, karena nyawa manusia adalah milik Allah dan yg berhak mengambil nyawa manusia adalah Allah sendiri.
2. Hajar Azwat bukan batu suci.
3.Sholat adalah bentuk komunikasi (memuji, menyembah, minta pertolongan) manusia dengan Allah, sholat tidak harus melakukan gerakan2 sholat seperti pada umumnya. Ketika hati sudah berserah kepada Allah itu sudah bisa disebut Sholat.
4. Allah itu dekat dengan setiap manusia, tidak jauh dari urat nadi leher.
5. Belajar Islam bukanlah belajar Syariat Islam, tetapi belajar bagaimana sebagai manusia bisa berguna bagi ciptaan2 Allah dan berbakti kepada Allah.
6. Semua makanan adalah halal selama makanan itu berguna/berdampak positif bagi yg memakannya.
7. Surga adalah ketika manusia merasakan kedamian dan kebahagiaan, sedangkan neraka adalah ketika manusia merasakan kepedihan. Intinya Surga dan Neraka sudah bisa kita alami sekarang ini.

dari Uraian di atas saya menyebut teman saya Islam Jawa dan Islam pada umumnya saya sebut Islam Arab karena ada hal-hal yg secara fundamental memang berbeda. mohon maaf buat sodara2 Muslim klo saya salah sebut, mohon koreksinya.

1. Menurut netter2 di sini, Apakah si Sastro layak disebut Islam?
2. Apakah keyakinan si Sastro ini bisa diartikan sebagai "Agama Baru" yg di bungkus simbol2 Islam?
3. Akankan "penjajahan Arab" di Indonesia akan segera berakhir? pertanyaan terakhir ini saya munculkan karena menurut penglihatan/penerawangan si Kyai akan terjadi perang (bisa diartikan fisik maupun non fisik) antara Islam versi kelompoknya Sastro dan Islam Arab. Teman saya yg Penganut Kejawen (tetapi KTPnya Islam) jg pernah cerita ke saya kalau "Kontraknya Lurah Arab sudah mau habis"

mohon pencerahan, terimakasih.




1) sastro masih layak disebut islam......kalau berdasar dari ucapan WALI SONGO.... "jowo digowo, arab digarap, barat diruwat"
2) bukan agama baru agama tetep islam....kalau dilihat lagi.....hajar aswat bukan batu suci itu benar..karena menganggap batu itu suci dengan segala mitos dan lain sebagainya........sudah menyalahi aturan apalagi sampai percaya bahwa mencium hajar aswat mampu menghilangkan dosa....kalau mencium hajar aswat itu kiasan bahwa mencium batu adalah ibarat mengambil kesengsara'an, kesedihan, dan pengorbanan. karena batu itu adalah tempatnya ada di bawah, di tanah dan bahkan orang tidak mau mencium batu yang ada di tanah.
3) kalau penjajahan arab akan segera berakhir......kalau berbicara tentang besaran waktu.jelasnya berapa tahun masih kurang tahu...namun kalau masalah perang itu akan terjadi ...dan sudah mulai muncul di indonesia, ARABIS di wakili orang2 wahabi(baca: islam arab) dan seperti temen sampean itu (baca: Islam jawa/abangan) kalau kelihatanya juga memang nantinya akan seperti itu.....manusia2 islam yang nantinya bisa sadar bahwa rahmatan lil alamin bukan hanya untuk islam saja.......karena "TUHAN TAHU AKIDAHmu, TAPI MASYARAKAT BUTUH AKHLAKmu"......nantinya juga demikian.... :-#
User avatar
drinz
 
Posts: 301
Joined: Wed Aug 17, 2011 12:04 am

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby drinz » Fri Mar 29, 2013 4:34 am

seng-su wrote:Penglihatan Kyai Kudus ini mengingatkan gue dengan sumpah ki Sabdapalon sewaktu kerajaan Brawijaya digulingkan kerajaan islam Demak, sekaligus mengakhiri kejayaan Hindu di nusantara...

Disebutkan bahwa Sabdapalon tidak bisa menerima sewaktu Brawijaya digulingkan pada tahun 1478 oleh tentara Demak dengan bantuan dari Walisongo (walaupun pada umumnya dalam sumber-sumber sejarah dinyatakan bahwa Brawijaya digulingkan oleh Girindrawardhana). Ia lalu bersumpah akan kembali setelah 500 tahun, saat korupsi merajalela dan bencana melanda, untuk menyapu Islam dari Jawa dan mengembalikan kejayaan agama dan kebudayaan Hindu (dalam Darmagandhul, agama orang Jawa disebut agama Buda). Serat Damarwulan dan Serat Blambangan juga mengisahkan tokoh ini.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sabdapalon

Ada hubungannya gak ye...?



sabdoalon nayagenggong, sebenarnya yang menjadi musuh besar masyarakat asli jawa waktu itu hanya satu sunan.....Kanjeng Sunan Giri........

sebenarnya bukan agama budha.....namun lebih pada budhi....(kelakuan) saat itulah rahmatan lil alamin benar2 terwujud di tanah nuswantara.....manusia mulai belajar untuk telanjang dimana melupakan agama dalam artian untuk perilaku sosialnya......tak mempermasalahkan agama seseorang, yang penting bagaimana manusia saling menghormati dan menghargai semua yang ada di dalam bumi ini......

memang jatuhnya majapahit waktu itu faktor utama adalah adanya kesultanan demak bintara.....
User avatar
drinz
 
Posts: 301
Joined: Wed Aug 17, 2011 12:04 am

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby ptcdr » Fri Mar 29, 2013 9:21 am

wongjowo, gua mau nanya nih mengenai teman elu si Satro. Saat ini dia terjun ke dunia politik nggak? Kalau ya, apakah dia memiliki pengaruh politik yg amat besar di Indonesia?
ptcdr
 
Posts: 335
Joined: Fri Mar 12, 2010 1:27 pm

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby keeamad » Fri Mar 29, 2013 1:30 pm

Saya sepakat dengan pandangan wong jowo,
dia memakai/tetap islam justru untuk menyebarkan ajaran yg anti islam ....
Semacam cara2x agen yg menyusup ke pihak lawan ....
Bravo buat kyai tsb ...
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby wongjowo » Fri Mar 29, 2013 10:51 pm

ptcdr wrote:wongjowo, gua mau nanya nih mengenai teman elu si Satro. Saat ini dia terjun ke dunia politik nggak? Kalau ya, apakah dia memiliki pengaruh politik yg amat besar di Indonesia?

Nggak bro, dia cuma punya usaha kecil2an sendiri . Klo mantan gurunya terjun ke politik sih nggak, tapi banyak tokoh politik yg minta restu ke dia, biasalah org parpol cari massa.
Si Sastro itu sejak 1-2 th terakhir malah "bergurunya" ke kakak saya yg kresten klo soal menjalani hidup n seneng dengerin pendeta kotbah di radio :lol:
User avatar
wongjowo
 
Posts: 1480
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: Islam Jawa Vs Islam Arab

Postby Kibou » Mon Apr 01, 2013 11:13 am

Semoga Pak Kyai ini sukses dalam misinya menyebarkan "islam jawa".
User avatar
Kibou
 
Posts: 1359
Joined: Mon Nov 03, 2008 11:30 am
Location: Land of the free

Next

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users