Page 1 of 2

Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Sat Jul 09, 2011 9:15 pm
by Mr bakso
DEar faithfreedom.
And semua pembaca faithfreedom
teman saya orang yg cukup terbuka memiliki solidaritas tinggi,dan mau belajar....dia teman yg lebih bisa di sebut sahabat dan saudara.

Saya Berumur 26 tahun....laki laki di B********,saya sudah banyak membaca tentang semua ulasan di faithfreedom,WOW...
sedikit berbagi pengalaman tentang diriku..
ini Berawal Ketika Saya Dan Sahabat Baik Nongkrong Untuk makan Malam(supper) makan tek tek(tagor) entah klo daerah laen nyebutx apa? setelah pulang Bekerja jam 23.00 ..disitu Banyak yang kami obrolkan termasuk tentang agama,dan kebetulan kami berbeda agama(teman saya islam dan saya kristen)...Saya Senang Berdebat, tapi Di usiaku yg sekarang saya harus hati hati menjaga hubungan apalagi ini dengan sahabat baikku....Tapi Malam itu saya tak berdebat dengan dia saya hanya menyimak dan mendengar dengan baik serta memberikan penjelasan sesuai hati dan nurani saya.
kesimpulan yg saya dapat malam itu.banyak dari org org islam sangat tak mengetahui tentang ajaran lain terutama tentang kristen....pelajaran yg mereka dapat pada umumx adalah,kristen Adalah seorang kafir,kitabx banyak di edit,dan tuhanx tiga.
begini pertanyaan yg di tanyakan oleh temanku....(ini rangkumanx)
teman: kenapa kamu memilih kristen(pertanyaan ini memiliki alasan yang akan saya jelaskan di bawah)??

saya: karna saya bisa mempelajarix dengan mudah,,(saya memberikan alasan mengenai bahasa, karna islam sukar di pelajari semuanya menggunakan bahasa arab.

teman:sebenarx islam menggunakan satu bahasa agar ibadah dari semua golongan bangsa apapun bisa ibadah dengan menggunakan satu bahasa ketika ibadah,atau lagi naik haji.

saya: itulah kesulitan saya,,saya g bisa ngapal(rada becanda dan sepertix teman saya juga dapat menerima jawaban saya)

teman:injil katanya sudah banyak dirubah bener kah???(teman saya bertanya dengan menggunakan kata INJIL)

saya: Gimana ya,sebenarx menurut pandangan saya alkitab adalah buku catatan sejarah yg hebat,,dan klo masalah tentang
di rubah,,tentu saja itu g bener hanya saja banyak versi bahasa yg diartikan sedikit berbeda kebahasa lokal tapi maknax tetap sama.alsanx ALKITAB DAPAT DIARTIKAN DAN DAPAT DIBACA OLEH SEMUA ORANG DARI BAHSA APAPUN DAN BANGSA APAPUN.,,JADI ALKITAB APABILA MENGALAMI PERUBAHAN DAPAT DI KETAHUI OLEH SIAPAPUN DAN SIAPAPUN BISA PROTES KARNA ITU TAPI LIHATLAH TAK ADA SATUPUN ORG KRISTEN YG MELIHAT PERUBAHAN TERSEBUT,,KARNA ITU SAYA MENGAKUI ALKITAB ADALAH BUKU YANG JUJUR DAN BERANI.

teman: jadi bagaimana pendapatmu tentang alquran?

saya: Selama itu masih pake bahsa arab tanpa terjemahn. siapapun di indonesia tidak akan pernah tau klo alquran misalx dirubah rubah..termasuk kamu..(saya rasa pernyataan yg masuk akal dan dia dapat menerima jawaban tersebut)

teman: yahui itu bangsa yg pintar tapi jahat...mungkin karna kitab tauratx ya???

saya: Klo mo baca kitab taurat buka aja ALKITAB di situ ada Kitab taurat juga.

teman: lho qo bisa?

saya: lHo agama kita ni kan bersal dari mereka bangsa israel.,bangsa yahudi,,nabi nabi pun bersal dari bangsa mereka,,kecuali Muhammad..klo g percaya baca aja tu alkitab,,sejarah bangsa israel jelas qo di situ sampai kepada yesus juga ada.karna itu alkitab itu di sebut ,,sebagai kitabx kitab.

teman: tapi injil kan punya kristen...?

saya :yoi,tapi dasarx tetap kitab taurat..karta satu ajran ketuhanan yang saling berkaitan ,,coba baca alkitab ntar ngerti sendiri qo sejarah bangsa israel sampai munculx gereja,,,tebel tuh,,lengkap karna keturunanx pun di sebutkan...kamu g akan ketemukan itu di alquran karena perbedaan konsep penciptaan..

teman: maksudmu??

saya : klo alkitab adalah merupakan kitab kesaksian manusia dari masa kemasa,,,tapi klo alquran semuax adalah perkataan tuhan,,,satu satux Di alkitab yg Di tulis langsung Oleh tuhan Adalah SEPULUH PERINTAH TUHAN..
masih banyak yg di obrolin tapi kepanjangan klo di tulis di sini.

ya begitulah obrolan kami satu malam Sampai adzan subuh Berkumandang,,dan kami baru ingat pulang,,,

Inilah saya yng mulai mempelajari agama dengan serius setelah berumur 20 tahun..
saya awalx beragama islam sampai Sekolah dasar kelas 5,orang tua saya papah Kristen mamah islam..
waktu saya kecil ketika di tanya kenapa g mau agama kristen,,jawabn saya takut klo mati g di kubur tapi di paku,,jawaban ini saya dapat dari mamah saya sendiri yg mengajarkan saya seperti itu..
tapi saya di baptis kelas 5 sd tanpi mengerti sama sekali arti baptisan itu..
selama SD kelas 5 ke 6 saya tetap ikut pelajaran agama islam di sekolah sampai lulus....

masuk ke sltp sya di masukkan ke sekolah swasta yg berbau kristen sltp krisyen ********.,tapi tetep aja namax anak remaja yg g memikirkan agama,,ya g mudeng sama sekali tentang agama taux belajar pendidikan umum dan seneng2.

sampai lulus SMA saya g ngerti keyakinan saya,,yg saya tau saya kristen dan g seneng klo agama saya di hina,,,
mau membela diri g ngerti sma sekali,ya jadix pasrah,..

sampai pada saat saya mulai bekerja di tempat kedua di sebuah ******** ..saya mulai membaca baca alkitab,mencari setiap jawaban melalui internet,sampai saat itu saya masih meyakini semua agama itu baik..
sampai saya membaca terjemahan alquran yg saya dapat di kamar hotel(ini compliment untuk semua tamu di setiap kamar ada alkitab pb dan alquran serta terjemahanx)

Banyak ayat yg membuat saya sakit hati membaca alquran terutama ayat perang atau jahat saya menyebutx,,
saya mulai bertanya ,bagaimana sich asal usul alquran dan alkitab??

search lah pake mbah google eh malah ketemu faithfreedom...(muter muter dech)
Dari pencarian melalui membaca alkitab dan membaca alquran,,di situ sangat terlihat buku mana yg memiliki saksi sejarah dan buku mana yg tidak,,,
tapi justru dari klaim klaim sepihak islam lah saya mengetahui bahwa alquran hanya imajinasi besar seorang manusia.tanpa bukti sejarah nyata.
salah satu contoh: islam mengatakan bahwa hanya AGAMA ISLAM ADALAH AGAMA yg DI ridhoi ALlah,,
kenyataanx ,manusia Bisa lebih Baik Tanpa Aturan Agama ..Manusia memiliki akal dan hati nurani antara memilih mana yg baik dan mana yg Benar..bukan SUATU AGAMA TERTENTU YG MENENTUKAN HAL ITU<<TAPI MANUSIA ITU SENDIRI>>.

Di akhir malam tersebut,SAYA BERKATA SAMA TEMAN SAYA APABILA ADA TUHAN Yg meminta saya melakukan tindak kejahatan yg bertentangan dengan akal dan hati nurani saya...SAYA tak AKAN PERNAH MENGAGGAP dia TUHAN.n thanks bro

terima kasih semuax.


Keterangan dari Moderator:
Jangan mencantumkan keterangan pribadi di FFI demi keamanan nyawa sendiri.
M.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Sat Jul 09, 2011 9:47 pm
by ali5196
Bagus sekali! Kau rupanya rajin baca FFI. jawabanmu sedap sekaleeeehhhhh ... =D> =D>

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Sat Jul 09, 2011 10:41 pm
by DHS
Nice post Bro, tapi tolong data2 yang bersifat pribadi dihapus.
Jangan sampai ada seorang muslimpun yang mengenal kita secara kopi darat.

Salam

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Sat Jul 09, 2011 10:55 pm
by kalangkilang
@Bung Bakso...
Selamat bergabung dengan FFI.... :partyman:

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Sat Jul 09, 2011 11:28 pm
by Tanpa Nama
@Mr Bakso,

Coba anda gunakan fasilitas "tell a friend" di FFI untuk menyebarkan artikel-artikel menarik kepada sahabat anda agar mata dan hati nuraninya bisa terbuka dan mengetahui bagaimana Islam sebenarnya. Selamat bergabung dan keep posting ya! :partyman:


Best regards,


Tanpa Nama

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 10:11 am
by Mr bakso
Thanks Buat Semuax....Senang Juga membaca post post kalian semua,,,,Good luck all of you..
Buat temen temen Muslim,sedikit pesan dariku..BACALAH ALQURAN DENGAN TERJEMAHANX BILA ADA PERASAAN JANGGAL TANYAKANLAH TERLEBIH DAHULU KEPADA DIRI SENDIRI,DENGAN MENGGUNAKAN AKAL SEHAT DAN JANGAN EGOIS.
SETELAH ITU BANDINGKAN DENGAN FAKTA SEJARAH ISLAM MELALUI SUMBER NETRAL(SUMBER TERSEBUT BANYAK KATA KATA YG DI PERHALUS TAPI LIHATLAH SECARA NYATA KEHIDUPAN ZAMAN TERSEBUT),,,
jIKA BERMAKSUD UNTUK BERTANYA KEPADA USTAD ATAU PEMUKA AGAMAMU TELAAH PERKATAAN MEREKA BAIK BAIK INGAT SEKALI LAGI GUNAKAN OTAKMU..(DISITUPUN KAMU AKAN BANYAK MENEMUKAN KATA KATA HALUS)
SEJARAH TAK BISA DI RUBAH ..APABILA KAMU MNEMUKAN KENYATAAN YG MENGERIKAN DAN MELAWAN HATI NURANIMU..
PERCAYALAH ITU BUKANLAH FITNAH,ITU ADALAH PERJUANGAN PARA SEJAHRAWAN,PETUALANG DUNIA,YG RELA MEMPERTARUHKAN KELUARGA, WAKTU,UANG ,DARAH DAN KERINGAT JUGA NYAWA DEMI KEMAJUAN UMAT MANUSIA DAN ILMU PENGETAHUAN,,,JADI JANGANLAH MENGHINA MEREKA DENGAN MENGATAKAN HASIL PEKERJAAN MEREKA ADALAH FITNAH.
THANKS ....kELUARLAH DARI TEMPATMU SEKARANG KARNA DILUAR BANYAK YG HARUS KAU LIHAT.
GOOD LUCK

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 10:17 am
by Mr bakso
Tanpa Nama wrote:@Mr Bakso,

Coba anda gunakan fasilitas "tell a friend" di FFI untuk menyebarkan artikel-artikel menarik kepada sahabat anda agar mata dan hati nuraninya bisa terbuka dan mengetahui bagaimana Islam sebenarnya. Selamat bergabung dan keep posting ya! :partyman:


Best regards,


Tanpa Nama


THANKS infonya ntar ku cobain,,,ni ru mo ngubek ngubek fasiltas di ffi...

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 10:19 am
by iluvboy.blogspot
nandain

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 10:28 am
by jadi
Ayat taurat yang berisi perang cuma sejarah Doang....?

Mana maklumat pembatalannya...?

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 11:20 am
by MasTom
jadi wrote:Ayat taurat yang berisi perang cuma sejarah Doang....?


masih nggak pinter juga
bukankah ayat perang bani israil itu juga ada di qur'an
hayo gimana pemahamanmu atas ayat qur'an tersebut

tujuan perang apa?
tanah yang dijanjikan (ditentukan) Allah bagi bani israel?, atau :supz:
nyari makan dan nyari budak seks seperti yang dilakukan muhammad?

qs 5:21. Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentu kan Allah bagimu[409], dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.

qs 8:69. Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

qs 23:6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.

[994]. Maksudnya: budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir,



jadi wrote:Mana maklumat pembatalannya...?


apanya yang dibatalkan?
sesudah bani israil masuk dan berdiam di palestina
perang-perang "atas perintah Tuhan" selesai

kalau perangan muhammad
kagak ade selesainya ya? :butthead:

9:29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah[638] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 1:05 pm
by CRESCENT-STAR
TS cara memandang Quran nya salah menurut saya ...

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 2:00 pm
by jadi
MasTom wrote:sesudah bani israil masuk dan berdiam di palestina
perang-perang "atas perintah Tuhan" selesai


jaman nabi Musa atau jaman modern sekarang...?
Ayatnya mana?

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 8:00 pm
by Mr bakso
CRESCENT-STAR wrote:TS cara memandang Quran nya salah menurut saya ...


Bagaimana menurut pendapat anda..?

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Mon Jul 11, 2011 8:26 pm
by MasTom
MasTom wrote:sesudah bani israil masuk dan berdiam di palestina
perang-perang "atas perintah Tuhan" selesai


jadi wrote:jaman nabi Musa atau jaman modern sekarang...?
Ayatnya mana?


mo sekarang mo dulu,
memangnya ayat qur'an qs 5:21 sudah dibatalkan?
mana ayatnya?
:rolling: :rolling:

qs 5:21. Hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentu kan Allah bagimu[409], dan janganlah kamu lari kebelakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang-orang yang merugi.


eh...kok lu blon jawab
mo ngabur ya..malu njawab ni yeee ...

sampai kapan perintah perang-perangan
buat si mamad dan gerombolannya bakalan selesai?
:green: :green:

9:29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah[638] dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 2:27 am
by mie kocok
halo, salam kenal.

kalo gw memandang agama sbnrnya awalnya sama. smua pasti mengajarkan kebaikan.

kalo gw inget2 ke belakang, sptnya yg mendorong gw mencari tau lebih lagi ttg ajaran2 dlm islam itu pas wkt 2008 akhir (yg wkt perang israel - libanon itu).
krn masa2 itu ane pulang kampung beberapa bulan utk bantu ortu. jd selama gw kerja di jkt, gw sih gak terlalu mau tau gimana soal religi islam. krn itu bukan urusan gw, meskipun dlm pemberitaan byk pelaku bom bunuh diri yg mengatasnamakan islam.

wkt selama di kampung itu gw gak terlalu sesibuk wkt kerja di jkt, jd gw suka googling2, apalagi wkt itu lg mulai perang israel libanon.
sptnya org2 indo byk yg mencaci maki israel.. laknatlulloh lah, tak berperikemanusiaanlah bla bla bla ... yg intinya benci sekali dg yg namanya yahudi.

dari situ gw mulai mencari tau, kenapa sih ? dan semenjak itu gw ga sengaja ketemu situs ini (faithfreedom) wkt mencari tau kalo ga salah soal perang 6 hari.

gw mulai menjelajah dan melihat2 isi al quran dlm situs berbahasa indonesia. jd dari situ gw menemukan point penting bahwa isi dari ayat2 alquran itulah yg rupanya ada yg mengajarkan ketidaksukaan kpd yahudi. malah disebutkan juga kata nasrani. Yang gw pikirkan, apa inilah yg jadi penyebab timbulnya konflik2 antar islam vs non silam (nasrani), dan yahudi. Krn itu bagaimanapun sikap yahudi, dlm kacamata kebykan muslim pasti kurang disukai.

gw bukan tipe org yg mengkliping suatu berita atau pernyataan utk arsip, jd dr gw membaca, memaknai, lalu menjadi pandangan utk memahami.
kalo dicross-check dg pernyataan2 para radikal muslim yg tergolong eksrimis, sptnya emang bener ajaran2 dlm alquran ini ada yg menjadi bahan pendukungnya.
ada kalimat "bagimu agamamu, dan bagiku agamaku." Tp sptnya itu cuma kalimat utk sekedar "tidak akan mengganggu, kalo tidak diganggu."
tp kalimat "tidak akan mengganggu, kalo tidak diganggu" ini yg juga rancu. Kadang hal2 yg bagi mereka dianggap mengganggu itu juga multi tafsir.
dlm beberapa kasus "mengganggu" ini jg bisa berarti mendirikan tempat ibadah agama lain di daerah yg mayoritas warga mereka (muslim).

lantas, apa bedanya dg filosofi preman ? yg mengusung slogan "ente jual, ane beli" ..
kalo preman masih bisa dipahami karena sifat karakter duniawi mereka, tp yg kita bicarakan ini sebuah idelogi, sebuah ajaran yg harusnya menjadi titik balik dari keburukan menjadi kebaikan sejati.

satu lagi, muhamad juga tokoh penguasa pd jamannya. semua aturan dibuat utk mengatur warganya yg pd akhirnya disebut umatnya.
Mungkin karena ini sebuah ajaran dari seorang penguasa, maka banyaklah upaya2 separatis pd jaman2 ini yg dilandasi semangat islam. Jd ini bukan hanya sekedar proses spriritual utk individu, tp malah dari individu akan berkembang menjadi kelompok tersendiri. Krn dlm islam, spt sebuah negara, peraturan semua dianggap lengkap. Meski peraturan2 yg bejibun ini yg gw yakin seyakin2nya anggap sbg penyebab kebodohan bagi seorang individu dlm berpikir maju & berinovasi.

terlalu dipusingkan dg tafsir2 dr peraturan2 tsb. sehari2nya nalar dan pikiran bs terkuras bagi seseorang yg ingin memahami islam.
contoh hal, peraturan Jangan Membunuh pun spt belum pakai titik, masih koma, lalu penjabaran pengecualiannya banyak. Diperbolehkan membunuh bila ini itu, atau begitu begini. Belum hal2 lain, rata2 penjabarannya terus berlanjut.

Kadang2 hal2 yg dibanggakan org2 islam, sptnya membingungkan utk yg non islam. Tp ini skali lagi sbnernya bagus karena harus menghormati perbedaan.
Tp ada beberapa hal / ajaran yg bisa diusung oleh org2 radikal utk melegalkan tindakan mereka yg bisa merugikan / membenci orang lain. Itulah yg menjadi pertanyaan di benak2 non muslim.

itu aja anggapan gw ttg islam. sekali lagi gw bukan membenci muslim, tp mencoba mengkritisi ajaran islam.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 6:19 am
by walet
mie kocok wrote:ada kalimat "bagimu agamamu, dan bagiku agamaku." Tp sptnya itu cuma kalimat utk sekedar "tidak akan mengganggu, kalo tidak diganggu."


Al Quran di bagi2, ayat Madinah dan Mekah.

Satunya damai karena dibuat pada saat Muhammad masih lemah dan gak punya pasukan.
Makanya isinya halus, jilat sana jilat sini (Yahudi dan Nasrani masih dianggap teman), agamamu agamamu agamaku agamaku.

Pada saat kuat maka isinya ayat2 sesat yang menyuruh pembunuhan.

Kenapa bisa kontradiksi? Karena emang dibikin manusia.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 6:49 am
by Haniam_maria
@atas
kalo emang dibuat manusia, bisa dong anda buat tandinganya?

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 6:59 am
by Adadeh
Haniam_maria wrote:@atas
kalo emang dibuat manusia, bisa dong anda buat tandinganya?

Kalo emang Awlo itu tuhan, bisa dunk dia buat komik kayak gw. Selembar ajaaa...
Gw tantang Awlo yang kata Muslim maha kuasa, maha besar, maha perkasa, maha mampu, untuk bikin komik kayak gw!!
Mana tuh "KUN" dari Awlo-mu untuk bikin komik kayak gw? :rofl:

Maaf OOT mr.bakso, gw tak bermaksud mengotori thread milikmu.

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 10:02 am
by MasTom
Haniam_maria wrote:@atas
kalo emang dibuat manusia, bisa dong anda buat tandinganya?


udah tuuuh
ada surat rebecca tentang hukum waris
yang jauh lebih sederhana, lebih pas itung-itungannya
dibanding aturan waris dalam qur'an :rolling: :rolling: :rolling:

Re: Mencari jawaban ...islam vs hati nurani dan akal

PostPosted: Wed Jul 13, 2011 6:37 pm
by GUNTUR LANGIT
Haniam_maria wrote:
@atas
kalo emang dibuat manusia, bisa dong anda buat tandinganya?


Ada tuh, quran buatan Adadeh.
Cari aja di Subforum Quran.
Apa susahnya sih buat ayat2 semacam quran ?
Muhammad bikin komik ? Wah kagak bisa, Muhammad gk bisa nulis apa lagi menggambar.
Makanya muhammad gk boleh digambar oleh muslim, dilarang keras