Untungnya Kakekku seorang Muslim

Kumpulan semua pengakuan murtadin situs ini, FFIndonesia, yang meninggalkan Islam.
User avatar
Rafael
Posts: 373
Joined: Thu Oct 29, 2009 4:04 pm
Location: your brain

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by Rafael »

Dioni wrote:Singkat cerita, dengan segala daya upaya, Ibu saya bisa sekolah. Di suatu sekolah di kota Yogyakarta (BOPKRI), Ibu mengenal ajaran Kekristenan. Dari situlah mengenal agama yang tidak membolehkan kawin cerai, hanya boleh menikah sekali seumur hidup.
wah kalo kebetulan pasanganya seorang penjahat bisa gawat, menderita seumur hidup tuh cz gak boleh cerai, padahal biasanya sifat asli itu muncul setelah menikah :stun:

User avatar
[email protected]
Posts: 748
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by [email protected] »

Jack wrote: Apakah semua umat kristiani sudah mentaati aturan dalam ajaran Kristen bahwa tidak boleh kawin cerai dan hanya boleh menikah sekali seumur hidup.....???

Dimana ayatnya di dalam aliktab yang mengatakan bahwa tidak boleh kawin cerai dan hanya diperbolehkan menikah sekali seumur hidup.....???
1.Belum (semua agama jga gitu)

2. matius 19:7-11
"kata mereka kepadanya:"jika demikian apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan istrinya ? "
"kata yesus kepada mereka: "karena ketegaran hatimu musa mengizinkan kamu menceraikan istrimu,tetapi sejak semula tidaklah demikian"
"Tetapi aku berkata kepada mu: Barangsiapa menceraikan istrinya,kecuali karena Zinah,lalu kawin dengan perempuan lain,ia berbuat zinah."
"Murid murid itu berkata kepadanya: "jika demikian halnya hubungan suami istri,lebih baik jangan kawin."
"Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu,hanya mereka yg dikaruniai saja."

treblewinner
Posts: 41
Joined: Sun Jun 20, 2010 3:33 pm

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by treblewinner »

Jack wrote: Apakah semua umat kristiani sudah mentaati aturan dalam ajaran Kristen bahwa tidak boleh kawin cerai dan hanya boleh menikah sekali seumur hidup.....???

Dimana ayatnya di dalam aliktab yang mengatakan bahwa tidak boleh kawin cerai dan hanya diperbolehkan menikah sekali seumur hidup.....???
[email protected] wrote: 1.Belum (semua agama jga gitu)

2. matius 19:7-11
"kata mereka kepadanya:"jika demikian apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan istrinya ? "
"kata yesus kepada mereka: "karena ketegaran hatimu musa mengizinkan kamu menceraikan istrimu,tetapi sejak semula tidaklah demikian"
"Tetapi aku berkata kepada mu: Barangsiapa menceraikan istrinya,kecuali karena Zinah,lalu kawin dengan perempuan lain,ia berbuat zinah."
"Murid murid itu berkata kepadanya: "jika demikian halnya hubungan suami istri,lebih baik jangan kawin."
"Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu,hanya mereka yg dikaruniai saja."
TOP! gimana musclaim masih mengklaim quran itu sempurna? semprulna mungkin.. :rofl:

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

wah kalo kebetulan pasanganya seorang penjahat bisa gawat, menderita seumur hidup tuh cz gak boleh cerai, padahal biasanya sifat asli itu muncul setelah menikah
nggak perlu komentar lagi
yang disebut sebagai orang mengerti
adalah yang mengimani "jodoh di tangan Tuhan"
dan mengerti tanggung jawabnya kepada jodoh pemberian Tuhan :goodman:
"Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "tidak semua orang dapat mengerti perkataan itu hanya mereka yg dikaruniai saja."

goldshine
Posts: 65
Joined: Wed Nov 24, 2010 7:09 pm

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by goldshine »

"Jack wrote :
Dimana ayatnya di dalam aliktab yang mengatakan bahwa tidak boleh kawin cerai dan hanya diperbolehkan menikah sekali seumur hidup.....???


Markus 10 : 2 - 9
(2) Maka datanglah orang-orang Farisi, dan untuk mencobai Yesus mereka bertanya kepada-Nya: "Apakah seorang suami diperbolehkan menceraikan isterinya?"
(3) Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Apa perintah Musa kepada kamu?" (
(4) Jawab mereka: "Musa memberi izin untuk menceraikannya dengan membuat surat cerai."
(5) Lalu kata Yesus kepada mereka: "Justru karena ketegaran hatimulah maka Musa menuliskan perintah ini untuk kamu.
(6) Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan,
(7) sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya,
(8) sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.
(9) Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

asal usil
Posts: 1055
Joined: Mon Jan 17, 2011 2:49 pm

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by asal usil »

Ck...ck...

Pantesan tetangga saya non muslim suaminya tukang mabok sering mukulin istrinya, main cewe. Waktu tetangga nyaranin cerai dia menolak katanya ga boleh dalam ajaran dia.

Klo suaminya cepet mati masih mending klo masih harus hidup bersama puluhan tahun gimana ya....?
Tragis bener ya hidup tuh Istri...!

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

Komentar saya masuk lepas dari mulut buaya masuk ke mulut harimau .... hehehe

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

asal usil wrote:Ck...ck...

Pantesan tetangga saya non muslim suaminya tukang mabok sering mukulin istrinya, main cewe. Waktu tetangga nyaranin cerai dia menolak katanya ga boleh dalam ajaran dia.

Klo suaminya cepet mati masih mending klo masih harus hidup bersama puluhan tahun gimana ya....?
Tragis bener ya hidup tuh Istri...!
wah ...
ternyata kafir mengikuti juga ajaran mulia si mamad :green: :green:
qs 4:34 ....Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka.
belajar tinju sambil latihan hidup di surga
minum-minum sampai mabok
ngerasain surga aaaahhh ..... :green: :green:

qs 37:45. Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

MasTom wrote: nggak perlu komentar lagi
yang disebut sebagai orang mengerti
adalah yang mengimani "jodoh di tangan Tuhan"
dan mengerti tanggung jawabnya kepada jodoh pemberian Tuhan :goodman:
"Jodoh ditangan Tuhan "... boleh saya minta kejelasan anda mengenai peryataan anda bung tom ??

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

MasTom wrote: nggak perlu komentar lagi
yang disebut sebagai orang mengerti
adalah yang mengimani "jodoh di tangan Tuhan"
dan mengerti tanggung jawabnya kepada jodoh pemberian Tuhan :goodman:
dani_ahmad wrote: "Jodoh ditangan Tuhan "... boleh saya minta kejelasan anda mengenai peryataan anda bung tom ??
maaf itu buat yang percaya sama Tuhan
coba lihat kembali yang saya merahkan dalam kutipan di atas
kalau yakin itu dari Tuhan ..kok ya ditabokin....dicerain
:turban: :green:
qs4:34 ...Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka.
yang kagak percaya Tuhan ..tapi dewasa dan percaya pada humanity
tentu saja tahu apa itu "tanggung jawab atas pilihannya" :turban:

buat yang tidak dewasa meskipun sudah ubanan jenggotnya
yang jodohnya di tangan orang lain (hansip/ortu/kyai dsb)
silakan dilanjut untk nggebukin bini
:rofl: :rofl:

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

MasTom wrote: maaf itu buat yang percaya sama Tuhan
coba lihat kembali yang saya merahkan dalam kutipan di atas
kalau yakin itu dari Tuhan ..kok ya ditabokin....dicerain
:turban: :green:

yang kagak percaya Tuhan ..tapi dewasa dan percaya pada humanity
tentu saja tahu apa itu "tanggung jawab atas pilihannya" :turban:

buat yang tidak dewasa meskipun sudah ubanan jenggotnya
yang jodohnya di tangan orang lain (hansip/ortu/kyai dsb)
silakan dilanjut untk nggebukin bini
:rofl: :rofl:
Ga semudah dan segampang itu laki2 menggebukin istrinya bung .... anda ga rasional.
Sy hanya mau berfikir yg netral ... anda memberi contoh kok digiring ke yg jelek.

Masalah di pernyataan anda "jodoh di tangan Tuhan" itu harus jelas dan gamblang dan bukan tendensius.
Sekarang sy tanya apa beda jodoh ditangan tuhan dgn jodoh ditangan hansip??

Hansip dan Tuhan anda anggap sederajat yah.

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

dani_ahmad wrote: Ga semudah dan segampang itu laki2 menggebukin istrinya bung .... anda ga rasional.
Sy hanya mau berfikir yg netral ... anda memberi contoh kok digiring ke yg jelek.
lho mangnya bagus gitu
mo ngebukin istri kok berlindung dibalik "ayat auweloh"? :green:
dani_ahmad wrote: Masalah di pernyataan anda "jodoh di tangan Tuhan" itu harus jelas dan gamblang dan bukan tendensius.
Sekarang sy tanya apa beda jodoh ditangan tuhan dgn jodoh ditangan hansip??
bukannya sudah jelas "jodoh di tangan tuhan"
bagi yang beriman kepada Tuhan
dani_ahmad wrote: Hansip dan Tuhan anda anggap sederajat yah.
apa kurang jelas
itu tergantung "beriman" apa "tidak beriman" :rolling: :rolling:
yang kagak percaya Tuhan ..tapi dewasa dan percaya pada humanity
tentu saja tahu apa itu "tanggung jawab atas pilihannya" :turban:

buat yang tidak dewasa meskipun sudah ubanan jenggotnya
yang jodohnya di tangan orang lain (hansip/ortu/kyai dsb)
silakan dilanjut untk nggebukin bini
dani mo pilih yang mana?
yang "beriman" atau yang "tidak beriman"? :goodman:

kalau dani yang tidak beriman,
melakukan pemilihan jodoh dan menerimanya
secara "yang dewasa" atau "yang tidak dewasa"? :partyman: :partyman:

Dioni
Posts: 3
Joined: Wed Apr 20, 2011 5:34 pm

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by Dioni »

Rafael wrote: wah kalo kebetulan pasanganya seorang penjahat bisa gawat, menderita seumur hidup tuh cz gak boleh cerai, padahal biasanya sifat asli itu muncul setelah menikah :stun:
Mendiang Ibu dan Nenek saya beberapa kali menceritakan bahwa beliau (Nenek) dulunya 'nyantri' dan saya tahu persis bahwa Ibu saya juga 'mumpuni' perihal pengetahuan ajaran Islam.

Ketetapan untuk berpindah keyakinan tentu dengan pertimbangan yang matang dan rasional. Hal yang sama juga tentunya juga dilakukan pada saat menentukan pasangan hidup, pasti tidak akan sembarangan. Terbukti, ayah saya bukan orang yang kebetulan baik.

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

MasTom wrote: bukannya sudah jelas "jodoh di tangan tuhan"
bagi yang beriman kepada Tuhan
Sy beriman tp ga tau maksud anda jodoh ditangan hansip. Semua itu hasil karya Tuhan. makanya sy pertanyakan apa selevel tuhan sama hansip.
Mana bisa jodoh ditangan hansip ... :rolling:
MasTom wrote: kalau dani yang tidak beriman,
melakukan pemilihan jodoh dan menerimanya
secara "yang dewasa" atau "yang tidak dewasa"? :partyman: :partyman:
Sy tidak berimanpun kalo sifat dasar sy sayang sama Istri ga bakal menggebuki dan mencerainya ....

kuta bali
Posts: 2187
Joined: Tue Mar 02, 2010 3:55 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by kuta bali »

asal usil wrote:Ck...ck...

Pantesan tetangga saya non muslim suaminya tukang mabok sering mukulin istrinya, main cewe. Waktu tetangga nyaranin cerai dia menolak katanya ga boleh dalam ajaran dia.

Klo suaminya cepet mati masih mending klo masih harus hidup bersama puluhan tahun gimana ya....?
Tragis bener ya hidup tuh Istri...!

Itu sih bukan ajaran non muslim, tapi ikut ajaran Muhammad.
Hanya Quran saja yang memperbolehkan pukul istri.

Agama lain melarang, kalau dia pukul istri, berarti dosa menurut agama dia tapi tidak dosa menurut Islam.

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

dani_ahmad wrote: Sy beriman tp ga tau maksud anda jodoh ditangan hansip. Semua itu hasil karya Tuhan. makanya sy pertanyakan apa selevel tuhan sama hansip.
Mana bisa jodoh ditangan hansip ... :rolling:
sampiyan mengimani "jodoh di tangan Tuhan"?
lalu apa artinya "jodoh di tangan hansip" buat sampiyan?
:rolling: :rolling:

dani_ahmad wrote: Sy tidak berimanpun kalo sifat dasar sy sayang sama Istri ga bakal menggebuki dan mencerainya ....
itulah bedanya pengikut si mamad
meskipun mengakui "jodoh di tangan Tuhan"
tetapi memelihara "nafsu kebinatangan"nya sebagai bagian hidupnya
bahkan "kebinatangannya" dipelihara dengan ayat auweloh
dari perempuan sampai makan ...kebinatangan malah dipelihara
:rofl: :rofl:
qs4:34 ...Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya[291], maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka.

qs65:1. Hai Nabi, apabila kamu menceraikan isteri-isterimu maka hendaklah kamu ceraikan mereka pada waktu mereka dapat (menghadapi) iddahnya (yang wajar)[1481] dan hitunglah waktu iddah itu serta bertakwalah kepada Allah Tuhanmu.

qs8:69. Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik,
dan si mamad pun ...untuk menceraikan istrinya
menggunakan auweloh sebagai ijin perceraiannya
aku sampai tergeleng-geleng kepalaku dan terguling ngakak
:rolling: :rolling:

apa sampiyan nggak geleng-geleng
lihat auweloh si tuhan palsu yang dikarang-karang si mamad ini?
#-o #-o

si mamad ngaku-aku penerus kenabian Musa dan Isa
tetapi samasekali tidak tahu "memuliakan Tuhan"
dengan memeliharakan "jodoh pemberian Tuhan"nya
dan menggunakan tangannya untuk "bekerja memperoleh makan yang halal"
:turban: :green: :green:

kelakuan yang demikian
sungguh seperti bumi dan langit
bila dibandingkan dengan umat tetangga sebelah yang kafir :prayer:

bagaimana mereka diperintahkan untuk memuliakan Tuhannya
dengan memperhatikan jodoh mereka
dan diperintahkan kaum kafir itu
untuk hidup menuju kesempurnaan seperti ketika semula diciptakan :prayer:


beriman adalah MENGHORMATI DAN MENELADANI yang dikerjakan Tuhan

bukan dengan takut atau iming-iming
tetapi memang mengimani ITULAH YANG TERBAIK BAGI MANUSIA
:prayer: :prayer:
kol3:10dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

mat 19:8"kata yesus kepada mereka: "karena ketegaran hatimu musa mengizinkan kamu menceraikan istrimu,tetapi sejak semula tidaklah demikian"

mark10:6 Sebab pada awal dunia, Allah menjadikan mereka laki-laki dan perempuan,
mark10:7 sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya,
mark10:8 sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.
mark10:9 Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

@atas : maaf anda agak OOT, Anda memaksakan konsep jodoh ditangan tuhan versi kristiani utk menghakimi islam.
sy orang netral dan pemerhati di forum ini saja.
sedikit sy kutip konsep jodoh menurut buddhist sbb :

Pengertian jodoh menurut ajaran Buddha tidak diatur oleh suatu makhluk apapun! Kalaupun ada yang ikut campur, itu hanya sekadar membantu…TAPI bukan dia yang menentukan ‘siapa’ jodoh kita....DAN
JIKA KITA MENDERITA DENGAN ORANG YANG KITA SEBUT JODOH sebagai 'pemberian' DARI DIA....Saya sarankan Anda harus mengenali dulu siapa jodoh Anda itu dengan baik....artinya pula, Anda harus benar-benar mengenali watak Anda sendiri.

Gmn ?? beda lagi kan ... jangan asbun deh

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

dani_ahmad wrote:@atas : maaf anda agak OOT, Anda memaksakan konsep jodoh ditangan tuhan versi kristiani utk menghakimi islam.
memangnya ini forum apa?
untuk membuka kebejatan ajaran si mamad
udah tahu belum? [-( [-(

dari ukuran kristiani ajaran si mamad - termasuk bejat
dari ukuran budha - pun ternyata ajaran si mamad juga termasuk bejat
dari mana lagi ..ayooooo.... :butthead:
dani_ahmad wrote: sy orang netral dan pemerhati di forum ini saja.
sedikit sy kutip konsep jodoh menurut buddhist sbb
ah masa?...
rasanya sampiyan pengikut si mamad
malu ya lihat kebejatan ajaran si mamad?
kalimat sampiyan di bawah ini sama sekali bukan dari kalangan budha
:green: :green:
Jadi supaya diskusi ini berjalan baik ya jangan membuat thread yg diluar kemampuan kita. Hak benar salah itu semua Hak Tuhan.
Aturan agama ya terserah agama masing2.

silakan baca jaran budha tentang suami istri
tidak satupun budha menganjurkan main tabok dan main cerai
dani_ahmad wrote: Pengertian jodoh menurut ajaran Buddha tidak diatur oleh suatu makhluk apapun! Kalaupun ada yang ikut campur, itu hanya sekadar membantu…TAPI bukan dia yang menentukan ‘siapa’ jodoh kita....DAN
JIKA KITA MENDERITA DENGAN ORANG YANG KITA SEBUT JODOH sebagai 'pemberian' DARI DIA....Saya sarankan Anda harus mengenali dulu siapa jodoh Anda itu dengan baik....artinya pula, Anda harus benar-benar mengenali watak Anda sendiri.
yup dan budha menekankan
TANGGUNGJAWAB pribadi masing-masing orang
dalam memilih jodoh pasangan hidupnya
penekanan sebuah PILIHAN DEWASA
umat budha tidak mengimani Tuhan
yang kagak percaya Tuhan ..tapi dewasa dan percaya pada humanity
tentu saja tahu apa itu "tanggung jawab atas pilihannya" :turban:

buat yang tidak dewasa meskipun sudah ubanan jenggotnya
yang jodohnya di tangan orang lain (hansip/ortu/kyai dsb)
silakan dilanjut untk nggebukin bini
dan Budha mengajarkan hubungan yang mulia
tidak seperti yang diajarkan si mamad
yang ngaku-aku nabi Tuhan tetapi kelakuannya ....
jauh dari mencerminkan menghormati dan meneladani Tuhan
ternyata ajaran budha pun jauh lebih baik dari ajaran si mamad
:heart: :heart:
Selanjutnya dalam Sigalovada Sutta, Sang Buddha menguraikan bagaimana kewajiban suami-istri agar bisa menjalin hubungan rumah tangga yang harmoni.

Seorang suami harus memperlakukan istrinya:
* Menghormatinya
* Ramah tamah dan tidak membenci
* Setia
* Menyerahkan kekuasan rumah tangga kepada istrinya.
* Memberikan hadiah/ perhiasan.

Seorang istri harus memperlakukan suaminya:
* Menjalankan kewajiban dengan baik dan bertanggung jawab
* Ramah tamah terhadap sanak keluarga dari kedua belah pihak
* Setia
* Melindungi penghasilan suaminya (tidak boros)
* Pandai dan rajin melaksanakan tugasnya.
dani_ahmad wrote: Gmn ?? beda lagi kan ... jangan asbun deh
sudah tahu belum
beda ajaran budha (memilih secara dewasa) dan "jodoh di tangan hansip"?
jangan ngaku pengikut budha
kalau kagak memahami keluhuran ajaran budha :snakeman: :snakeman:
Last edited by MasTom on Tue May 10, 2011 1:19 pm, edited 2 times in total.

MasTom
Posts: 2599
Joined: Thu Apr 23, 2009 11:34 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by MasTom »

kerenabis wrote:Hehehe si Kristen Doni lagi jualan obat sambil jelek2 in obat saingannya :green:
obat saingannya memang jelek
dari obat buatan budha juga kelihatan kok
kalau obat jualan si mamad memang cocok
untuk mengembangkan "kebinatangan" manusia
:turban: :green: :green:

dani_ahmad
Posts: 914
Joined: Mon May 09, 2011 11:05 am

Re: Untungnya Kakekku seorang Muslim

Post by dani_ahmad »

@mas tom :
Anda bilang sy pengikut mamad terserah.
Yg pasti yg hendak saya katakan adalah cara pandang agama itu berbeda beda masalah "jodoh ditangan tuhan"
Budha tdk mengatakan seperti itu.

Dan kalo agama samawi mengatakan jodoh di tangan tuhan itu 100% benar. dan bagi yg tidak berjodoh ataupun yg bercerai ya sudah pemberian Nya. ga bisa protes.
jadi jangan anda samakan dengan jodoh di tangan hansip to .... aneh tuhan kok disetarakan dengan hansip

Kalo ajaran memukul istri silahkan para muslim menanggapi. sy duduk sambil memonitor saja. kalo penjelasan logis bakal sy terima kok.
peace

Post Reply