Page 1 of 1

Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Thu Mar 06, 2014 1:44 am
by Mikail_Aja
"Abdullah, anak Umar, menyatakan bahwa Rasulullah Sallallahu 'Alaihi wa Sallam berdiri di tengah-tengah umat mereka, kemudian beliau memuji­-muji Allah dalam cara yang patut sekali, lalu beliau menyebutkan tentang Dajjal dan bersabda:
"Saya peringatkan kalian, dan tidaklah ada Nabi yang tidak memperingatkan tentang masalah ini kepada umatnya. Nabi Nuh 'alaihis sallam memperingatkan umatnya, tetapi saya akan katakan tentang dia bahwa tidak ada Nabi selain dia yang telah menceritakan itu kepada umatnya. Kalian harus tahu bahwa Dajjal itu bermata satu; padahal Allah tidak bermata sa­tu."

(Shahih Bukhari an Muslim) (Mishkah al-Masabih, bab Fit­nah)


Mengenai hadist tentang Dajjal di atas, saya sejak mengenal hadist ini, terutama dari film2 youtube tentang dajjal, laminating, reumason, dan simbol2nya dalam tv nasional, selalu bertanya-tanya. Kenapa ya, perlu penegasan Allah tidak bermata satu?

Saya sendiri merasa, bukannya cukup mengatakan Dajjal bermata satu. Ketika ditambah dengan Padahal Allah tidak bermata satu maka menyebutkan Allah bermata jumlah lain, mungkin dua. Dikuatkan pada pendapat2 di media web islam tentang penjelasan fisik Dajjal yang bermata satu, apakah memang Allah orang Islam ini benar2 tidak bermata satu secara fisik? Ya mungkin ini tentang mutasyabihah atau keterangan2 konotasi yang berarti kiasan.

Mungkin dari saya akan lebih tepat jika Dajjal yang mengaku Tuhan ini diberitakan dalam hadist dengan mengganti Padahal dst itu dengan Padahal Allah itu Ghoib.

BTW, mengikuti ilmu tak atik, dajjal dalam tulisan yang mendunia saat ini (latin bukan tulisan arab) minus hurub vokal = djjl kira2 dibaca lg dgn cara arab apa yah? Clue: Teman2 saya, kadang saya juga ikut2an, menulis ini kalau sms2an 4JJ1 saya kira ta beda jauhlah, Hehe... intermezo ajah yah.

Image
Image

Salam
Mikail Aja

Re: Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Fri Mar 07, 2014 1:41 am
by MaNuSiA_bLeGuG
Ga pwrlu bingung bgitu...toh yg muslim aja yg paling bingung malah nyantai2 aja. Dulu blg klo allah swt itu tidak serupa ciptaanya, tapi ternyata punya betis. Nah skrg ditambah punya mata lagi...

Memang susah ngomong ama muslim itu, krn bahasa mereka itu bukan bahasa manusia.

Re: Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Sat Mar 08, 2014 5:41 am
by Mahasiswa98
MaNuSiA_bLeGuG wrote:Ga pwrlu bingung bgitu...toh yg muslim aja yg paling bingung malah nyantai2 aja. Dulu blg klo allah swt itu tidak serupa ciptaanya, tapi ternyata punya betis. Nah skrg ditambah punya mata lagi...

Memang susah ngomong ama muslim itu, krn bahasa mereka itu bukan bahasa manusia.


Ternyata masalah Daging Halal ( Dajjal) kesini juga toh :green: :lol:
Ngomong2 Dajjal apaan yah? :green:

Re: Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Wed Apr 02, 2014 1:10 am
by Mikail_Aja
@MB
soal betis, yg jelas dr ingatan saya baca buku dimana lupa, alloh sendiri nanti muncul di sono eh malah umat islam ga percaya itu alloh krn sengaja mungkin, ternyata betisnya ga sesuai yg dulu diceritakan, tp btw ini kayak kisah idris, ceritanya seolah2 udh ada, padahal mana ada hadist yg nerangin detail tu betis

@mhs98
dJJl (baca alloh) tu ga sadar bilang dirinya sendiri. dajjal dikisahkan sebagai anti kristus yg adalah alloh sendiri.

Re: Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Wed Apr 02, 2014 1:06 pm
by swatantre
@Mikail,
wah menarik nih. Makasih postingannya. Bung Keeamad biasanya ngerti ginian mungkin bisa urun komentar
4JJI = Djjl

Re: Perihal Dajjal dan Allah

PostPosted: Sat Nov 08, 2014 2:41 am
by Mikail_Aja
@sawatre
iya sama2, makasih juga atas atensinya

dear all netter
http://ukimedia.wordpress.com/2007/07/02/penulisan-lafadz-alloh-swt/!
http://tausyiah275.wordpress.com/2007/09/18/hoax-tentang-alloh/

dari sumber di atas pernah ada satu isu dimana ada berita di kalangan aktivis dakwah untuk stop penggunaan 4JJl karena adanya hoax kepanjanganya for jesus judah and isa. apakah hoax ini mungkin si penyebar pertama tahu akan ihwal dajjal ini? wkwk bisa jadi

beberapa penelusuran google dengan key "insya dJJl" ada dua sumber yg memakai penulisan dJJl instead 4JJl

https://mobile.twitter.com/adyusuf_98
http://halaqah.net/v10/index.php?action=profile;u=1107

perlu diketahui netter disini, saya dulu pernah gaul di dakwah juga dapet sms pertama penggunaan 4JJl waktu masih pake motorolla monocrhome. Sekarang sih FB dll udh fasilitasi utk tulis arabic font semisal allah, bismillah, assalamu alaikum, tapi masih byk yg pake juga 4JJl.

saya analisa kenapa di indo memilih angka 4JJl instead dJJl karena kebiasaan cara tulis arab di pelajaran sd. Entah kenapa memang asosiasinya waktu saya kecil juga ke angka 4.

insya dJJl topic ini bermanfaat buat rekan netter semua menambah bekal amunisi ringan yg menguras emosi dan menggelitik moslem
Mirror 1: Perihal Dajjal dan Allah
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir