.

KAFIR

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

KAFIR

Postby sns3r » Sun Jan 14, 2007 1:17 pm

Untuk rekan-rekan Muslim, saya ingin bertanya kepada Anda tentang

istilah Kafir!

Sebenarnya istilah tersebut ditujukan untuk siapa sich?

Karena sepanjang pengetahuan saya tentang Islam, istilah Kafir

dikenakan kepada orang-orang yang tidak mengakui Islam termasuk

didalamnya adalah umat Nasrani. Kemarin saya membaca salah satu

buku pintar tentang Islam dimana dalam buku tersebut dikatakan bahwa

ternyata pada saat mau masuk neraka nanti orang Kafir dan orang

Nasrani dibedakan pintunya. Orang Kafir masuk melalui pintu 2

sementara orang Nasrani lewat pintu 6.


Maka berdasarkan hal tersebut berarti orang Nasrani sebenarnya bukan

orang Kafir dong, betul nggak?
User avatar
sns3r
 
Posts: 53
Joined: Thu Dec 28, 2006 8:30 pm

Postby Kane » Mon Jan 15, 2007 12:27 pm

Betul bro'...orang kafir adalah orang2 yang tidak meyakini Allah dan ajaranNya melalui Rasul2Nya...

Didalam Yahudi dan Nasrani terdapat orang2 yang meyakini Allah dan ajaranNya. Orang2 ini bukanlah kafir...

Setelah Rasul Allah Muhammad SAW muncul, dan sebagian dari Yahudi dan Nasrani yang tidak mengakui kerasulannya disebut pula dengan kafir...

Begitu bro'...
User avatar
Kane
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby cahkangkung » Mon Jan 15, 2007 12:41 pm

@sns3r kayaknya topik itu udah sering dan masih lagi dibahas deh.Coba nyari topik yang judulnya "siapa yang pantas disebut kafir",gua lupa linknya di mana.Semata2 spy ga kebykan topik yang sama gitu...
User avatar
cahkangkung
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Postby stroberi » Mon Jan 15, 2007 12:46 pm

bener 100%
User avatar
stroberi
 
Posts: 722
Joined: Wed Dec 13, 2006 9:15 am

Postby feodor fathon FF » Mon Jan 15, 2007 4:46 pm

di dalam Quran kafir bisa sbg term bisa juga kalimat biasa yg berarti ingkar ... namun kadang terjemah depag hampir menyamaratakannya sbg term ...
istri Nabi juga pernah disebut kafir dalam pengertian bahasa ...

    [66:9] Hai Nabi, perangilah orang-orang kafir dan orang-orang munafik dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka adalah jahannam dan itu adalah seburuk-buruknya tempat kembali.

ini bisa dilihat pada ayat 4 :
    [66:4] Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, maka sesungguhnya hati kamu berdua telah condong ; dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, maka sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan Jibril dan orang-orang mu'min yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula.
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby sapujagad » Mon Jan 15, 2007 4:53 pm

Kane wrote:Betul bro'...orang kafir adalah orang2 yang tidak meyakini Allah dan ajaranNya melalui Rasul2Nya...

Didalam Yahudi dan Nasrani terdapat orang2 yang meyakini Allah dan ajaranNya. Orang2 ini bukanlah kafir...

Setelah Rasul Allah Muhammad SAW muncul, dan sebagian dari Yahudi dan Nasrani yang tidak mengakui kerasulannya disebut pula dengan kafir...

Begitu bro'...


berarti orang kristen sekarang termasuk KAFIR yang harus diperangi?!
(karena tidak mengakui Mohammad sebagai rasul)
User avatar
sapujagad
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby taksanggup » Wed Jan 24, 2007 7:43 pm

betapa banyaknya tulisan-tulisan yang ter-posting di thread ini yang berisi berbagai pengetahuan yang didapat oleh masing-masing di sini, namun dengan penelaahan yang lebih dalam lagi, masih banyak bahasa-bahasa yang kayaknya gak mengena dikarenakan pengetahuan yang terkesan dipaksakan atau malahan gak pas banget.

yang saya dapatkan dalam rangka belajar:
Kaum Fanatik penganut agama Yahudi mengklaim kalo nabi Musa-lah nabi terakhir (pokoknya yang paling baik deh)gak ada tandinganya dan kitab Taurat adalah kitab terbaik (gak ada tandingannya).

Kaum Fanatik penganut agama Nasrani mengklaim kalo nabi Isa(dalam konteks disini Yesus)-lah nabi terakhir (pokoknya yang paling baik deh)gak ada tandinganya dan kitab Injil adalah kitab terbaik (gak ada tandingannya).

begitu pula hingga kini Kaum Fanatik penganut agama Islam mengklaim kalo nabi Muhammad-lah nabi terakhir (pokoknya yang paling baik deh)gak ada tandinganya dan kitab AlQur'an adalah kitab terbaik (gak ada tandingannya).

(Fanatik>>benar menurut versi yang ia yakini saja)

diantara banyak pemikiran mengenai agama di dunia ini mungkin ketiga pemikiran di atas yang memicu bentrokan-bentrokan antar umat beragama, sifat fanatik dari para penganut agama lah yang memicu bentrokan/persinggungan antar umat beragama, ceuk kasar na mah kanyaho nu tibana teu sabaraha, tapi pepedengkreng asa pang benerna. Yang seharusnya Hukum yang menghukumi tapi malah pribadi yang menjuri, men-cap orang lain sebagai "A" atau "B". hal tersebut menjadi ciri bukti bahwa pengetahuan yang menyertai seseorang yang demikian tidaklah sedemikian dalam.

Pelajaran tentang Kebaikan dari kitab-kitab sebelum AlQur'an diwahyukan kembali diungkap dalam AlQur'an, ini menandakan terdapat kaitan antara ketiga kitab-kitab tersebut, yang jika diteliti lebih dalam ketiga kitab yang telah diturunkan kepada para nabi (Daud >> Zabur, Musa >> Tauret, Isa >> Injil) memang tercantum dalam AlQur'an, dengan kata lain AlQur'an ialah Bundle dari ketiga Kitab-sebelumnya. karenanya banyak kesamaan tatacara peribadatan yang dilakukan oleh para penganut agama, ketauhidan dan masih banyak lagi.

Persepsi yang menyertai setiap orang berbeda-beda, namun perbedaan itu wajar, karena itu salah satu sifat yang menyertai Mahluk.

Zabur, tauret, injil dan AlQur'an adalah pedoman hidup bagi setiap manusia di muka bumi ini, mengapa sebagai manusia, kita hanya mencaci maki, membenci orang lain yang tidak sepaham dengan pemahaman yang tiba pada kita? Tuhan lah yang memiliki berbagai macam pemahaman, berbagai macam pemahaman itu tiba menyertai pada mahluknya diantaranya kita.

kata "Yahudi", "Nasrani", "Muslim", "Kafir", "manusia" bukanlah pribadi, Yahudi ialah Yahudi, Nasrani ialah Nasrani, Muslim adalah Muslim, Kafir adalah Kafir, Manusia adalah Manusia dan pribadi adalah pribadi.

Namun ada Pribadi yang ke"Yahudi"an
Namun ada Pribadi yang ke"Nasrani"an
Namun ada Pribadi yang ke"Muslim"an
Namun ada Pribadi yang ke"Kafir"an
Namun ada Pribadi yang ke"Manusia"an

Pribadi ialah yang menikmati barbagai macam nikmat milik Tuhan, seperti Nikmat melihat, nikmat berbicara, nikmat mendengar, nikmat tidur dsb.

Pribadi yang ke"manusia"an, mengenal sifat kemanusiaannya tersebut, melihat, mendengar, bicara yaitu beberapa diantara sifat ketuhanan, sifat ketuhanan menyertai kemanusiaan yang menyertai pada setiap pribadi. oleh karena itu setiap pribadi diharapkan mengenal akan ketuhanan dan kemanussiaan yang menyertainya.
taksanggup
 
Posts: 233
Joined: Wed Nov 01, 2006 11:46 am

Postby taksanggup » Wed Jan 24, 2007 8:04 pm

dalam surat alkafirun disebutkan "orang-orang kafir", bukan orang-orang yang menganut selain agama atas nama islam.
Alkafirun adalah Salah satu nama Allah dari sekian nama-nama Allah, perkara atas nama AlKafirun yaitu ingkar/membohongkan.

perkara ingkar sering kita temui setiap saat, tidak hanya dalam konteks keyakinan, namun dalam kehidupan sehari-hari. contoh keingkaran yang sering dilakukan kebanyakan orang, jadwal kerja masuk harus jam 7, baru datang jam 8.ketika ditanya tadi datang jam berapa? malah jawab jam 7.

atas nama muhammad(bukan Nabi Muhammad) selalu mengajak pada kebaikan, tentu saja dalam ayat tersebut disebutkan tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, karena sifat keingkaran bukan sifat yang dibawa atas nama muhammad.

dari ayat terakhir surat alkafirun, disebutkan "Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku", maksudnya Kebaikan adalah kebaikan, kejahatan adalah kejahatan, disini tidak disinggung masalah agama apa yang dianut. hanya menjelaskan baik adalah baik, buruk adalah buruk.
taksanggup
 
Posts: 233
Joined: Wed Nov 01, 2006 11:46 am

Postby sipengembara » Wed Jan 24, 2007 8:25 pm

kafir itu sih menurut gw orang yang menyekutukan Tuhan yang maha Esa

*************

Komentar yang OOT ke Kristen disensor

Ttd
Moderator
User avatar
sipengembara
 
Posts: 72
Joined: Wed Jan 24, 2007 12:44 am
Location: nazareth

Postby tongtong » Thu Jan 25, 2007 4:14 pm

wong al qur'an isinya cuma jiplak sana sini doang kok, ada yg dari alkitab, ada yang dari tripitaka, ada yang dari ajaran yahudi, ada pula yg dari cerita sun go kong.

istilah kafir kan sudah ada di alkitab, yg sudah beredar 600 tahun sebelum si bajingan lahir, jadi sudah pasti istilah kafir di jiplak dari alkitab ke dalam al qur'an.
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am


Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron