.

Kata "KAFIR" TIDAK MENGHINA kata muslim. BETULKAH

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

Postby ali5196 » Mon Jun 12, 2006 5:19 pm

unaqi, dimana linknya ke pernyataan ExcuseMe itu ? Gua kasih bintang di :
Mengerti Jalan Pikir Muslim
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 5076#35076

:wink: :lol:
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby barabaig » Tue Jun 13, 2006 5:35 pm

Phoenix wrote:Olohnya Tian tsui..alias udah kena parkinson kayak si muhamad ali...


koq ciri-ciri yg disebutin kayak ka'abah :roll:
User avatar
barabaig
 
Posts: 356
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:16 pm
Location: jakarta

Postby beelou1977 » Mon Jun 19, 2006 5:43 am

hmmm...saran saya sehhhh...pakailah bahasa indonesia yang baik dan benar...karena kita hidup di indonesia ( biar gampang menerjemahkannya / menafsirkannya :wink: ). gak usah lah...dunia yg diciptakan secara multikulture gini dipaksain pake satu bahasa...hhuehue. mungkin ada alasan : "menjaga originalitas " ....yang original itu ajarannya apa bahasanya ?
User avatar
beelou1977
 
Posts: 15
Joined: Mon Jun 19, 2006 4:41 am

Postby No Limit » Wed Jun 21, 2006 5:47 pm

Life is simple man....
Apa sih susahnya kalau cuma copy-paste artikel aja??
Apa sih susahnya kalau elo nulis artikel sendiri, sebagai bukti bahwa elo punya kemampuan berpikir??
No Limit
 
Posts: 130
Joined: Mon Jun 12, 2006 1:47 pm

Postby Syafril » Sun Jun 25, 2006 7:40 am

@no limit
Memang simpel aja koq jawabannya juga....
Memang sebagian besar artikel di copy paste!
Bukan berasal dari otak sendiri......
sama saja dengan mencontek....
@all
Seluruh agama kalau mengangap orang diluar agama itu pasti semuanya adalah orang yang terhina.........

kristen bilang ke muslim : "kau **** mau aja ditipuin oleh allah"
islam bilang ke kristen : "ngapain menyembah bangkai, jijik ah..."
*untuk agama lainnya saya ngak tahu,maaf atas keterbatasannya

kafir untuk non muslim
penjelasan : pasti udah pada tau......
domba yang tersesat untuk nonkristen
penjelasan : seandainya qta adalah domba yang tersesat maka siapa penggembalanya? tentu orang kristen dan nonkristen dianggap sebagai binatang **** yang tersesat

Kafir = menghina
Domba yang tersesat = mengina
*untuk agama lainnya saya ngak tahu,maaf atas keterbatasannya


BTW semuanya adalah yang terhinakan menurut agamanya masing2

Nah ini jawaban paling simple :
"Semua agama mengatakan jika diluar agama mereka berarti mereka adalah yang hina"
Syafril
 
Posts: 48
Joined: Tue Jun 20, 2006 7:40 pm

Postby curious » Sun Jun 25, 2006 8:19 am

kafir memang menghina karena kita sudah tahu artinya. baca postingan halaman 1.

tapi domba yang sesat tidak menghina. orang kristen yang keluar dari ajaran agamanya dan meninggalkan gereja disebut 'domba' yang sesat, dan yesus adalah 'gembala' yang mencari domba yang sesat. nothing is insulting here.
User avatar
curious
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby pueri_dei » Mon Jun 26, 2006 1:28 pm

Si Mamad itu ngeluarin kata kafir, sebenarnya agar ga ada orang yang boleh ngelawan dia. Semua orang harus ngikutin dia, sebenarnya yang si mamad cari itu surga dunia: main cewek, rampas harta orang, rampas bini orang, rampas bini anak sendiri dst dlsb... bahkan surga dianggap tempat dimana kita memuaskan nafsu sex manusia selama-lamanya.

Kesimpulan: Tujuan hidup manusia itu untuk ng3%t0t!

Nah selain itu elo kafir...!
pueri_dei
 
Posts: 9
Joined: Sat Jun 24, 2006 11:51 am

Postby SiBodoh » Tue Jun 27, 2006 9:44 pm

infidels.. against all organised religion!
SiBodoh
 
Posts: 425
Joined: Tue May 23, 2006 10:03 am

Postby unagi » Wed Jun 28, 2006 4:10 pm

ali5196 wrote:unaqi, dimana linknya ke pernyataan ExcuseMe itu ? Gua kasih bintang di :
Mengerti Jalan Pikir Muslim
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 5076#35076

:wink: :lol:


hhehehe..
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... c&start=80

gue kasi 4 bintang deh pernyataan si pak cik satu ini...
User avatar
unagi
 
Posts: 912
Joined: Thu Mar 16, 2006 4:17 pm
Location: no where near a fanatic moslem, *i-wish*

Postby SiBodoh » Thu Jun 29, 2006 2:07 pm

kalo infidels artinya apa?
SiBodoh
 
Posts: 425
Joined: Tue May 23, 2006 10:03 am

Postby nick4recover » Tue Jul 04, 2006 1:24 pm

Dear semua anggota forum,

Pertama-tama perkenalkan nama saya niko setyadarma.
Saya mo ikutan share nih...

Begini, kata kafir berasal dari kata kufr yang artinya menutup. Dalam Al Quran penyebutan kafir banyak maknanya yang antara lain:
1. Petani. Karena pekerjaannya menutup tanah setelah menebar benih. QS Al-Haadid (57)-20
2. Seorang yang kikir yang pada intinya menutupi atau mengingkari nikmat. QS Ibrahim (14)-7.
3. Percaya ajaran agama tapi tidak mengamalkannya. QS Al-Baqarah (2)-104
4. Mengetahui kebenaran agama tapi tidak mengakuinya. QS Al-Baqarah (2)-89

Jadi sangat kurang tepat kalau hanya mengartikan kafir sebagai orang yang mengingkari ajaran Islam. Bahkan secara pribadi, sebagai seorang muslim, saya juga takut terperosok dalam perbuatan kufr yang akhirnya bisa menyeret dalam kekafiran.
Dalam ajaran agam Islam ada beberapa hal yang harus diungkapkan keluar dan ada yang tidak perlu. Hal yang perlu ditegaskan keluar seperti QS Al-Kafirun (109) karena pada awal surat telah ada perintah "Qul" yang artinya katakanlah.
Penggunaan kata kafir dalam surat itupun tidak serta merta untuk semua orang yang pada waktu ayat ini turun tidak memeluk Islam. Hal ini dapat dikorelasikan dengan QS Al-Baqarah(2)-6 " Sesungguhnya orang kafir, sama saja bagi mereka apakah kamu beri peringatan atau tidak, mereka tidak akan beriman" Kalau yang dimaksud kafir adalah semua orang non muslim maka logikanya Nabi Muhammad SAW berhenti melakukan dakwah pada golongan non muslim. Kenyataanya tidak.
Yang dimaksud kafir pada surat tersebut adalah tokoh-tokoh kafir Mekah yang sebenarnya mereka menyadari tentang kebenaran Al Quran (disebabkan pengetahuan mereka tentang ilmu bahasa juga tinggi dan mereka merasa tidak mungkin dibuat oleh manusia) namun mereka menutupi hal tersebut bahkan ada yang menganggapnya sihir yang hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja. Dan memang benar pada akhirnya sebagian dari mereka mati dalam keadaan tidak memeluk agama Islam.
Jadi menurut saya tidak tepat mengatakan kafir pada semua golongan non muslim kecuali memiliki sifat yang serupa yang telah dituliskan Al Quran.
Satu hal lagi, seorang muslim dilarang untuk memusuhi orang yang tidak seiman dengannya tanpa alasan yang cukup kuat. Malah jika mereka (non muslim) dianiaya seorang muslim pun juga wajib untuk membantu mereka untuk mendapatkan hak2 mereka.

Wallahu A'lam.

Hmm, banyak juga ya. Itung2 buat perkenalan.

Thanx.
nick4recover
 
Posts: 3
Joined: Fri Jun 30, 2006 6:15 pm

Postby ali5196 » Wed Jul 05, 2006 4:53 am

nick4recover wrote:Pertama-tama perkenalkan nama saya niko setyadarma. Saya mo ikutan share nih...
selamat datang :wink:

Begini, kata kafir berasal dari kata kufr yang artinya menutup. Dalam Al Quran penyebutan kafir banyak maknanya yang antara lain:
1. Petani. Karena pekerjaannya menutup tanah setelah menebar benih. QS Al-Haadid (57)-20 ... dst dst ...

Lalu Nick, bagaimana dng surah yang dibawah ini ? Coba anda kembali ke halaman pertama posting ini :
BACA SENDIRI SURAH 98:6 : The unbelievers, among the People of the Book and the idolaters (musyrikun), shall be in the Fire of Hell, dwelling therein forever. Those are the WORST OF CREATURES.

Terjemahan lain ; THE VILEST OF CREATURES.
Kata "Worst" dlm kamus bahasa indonesia = paling jelek, paling parah, paling rendah. Kata "Vilest" = paling rendah, jijik, hina, melarat.

Jadi KAFIR = mahluk yg terendah, terjijik, paling terhina.


Dan bgm dgn yang ini juga ? Kafir = TAHI (sorry ini bukan gua yg bilang tapi Ayatollah Sistani)

Diantara peraturan2 Sistani terdapat daftar NAJIS:
http://www.sistani.org/html/eng/main/in ... eng&part=3

1. Air kencing
2. tahi
3. air mani
4. mayat
5. darah
6. anjing
7. babi
8. KAFIR !!!
9. alkohol
10. keringat binatang yang makan hal2 najis.

Ditambahkan Sistani, "Seluruh tubuh KAFIR, termasuk rambut dan kukunya dan semua bentuk cairan tubuhnya adalah najis."

NGGAK PERCAYA ? LIHAT ; www.sistani.org, click on Islamic law and click on "najis things".


Nick : Jadi sangat kurang tepat kalau hanya mengartikan kafir sebagai orang yang mengingkari ajaran Islam.

Nick, yang lebih jago hukum Islamnya siapa, kau atau AYATOLLAH SISTANI ? Anda berani bilang bahwa Ayatolah Sistani salah tafsir, tidak mengerti Islam atau pernyataannya ini melawan ajaran Islam ?

Nick:Satu hal lagi, seorang muslim dilarang untuk memusuhi orang yang tidak seiman dengannya tanpa alasan yang cukup kuat. Malah jika mereka (non muslim) dianiaya seorang muslim pun juga wajib untuk membantu mereka untuk mendapatkan hak2 mereka.

Nick, tolong tunjukkan ayat Quran yg berisi larangan utk memusuhi orang yang tidak seiman dgn Muslim (tanpa alasan yang kuat). Terus 'Alasan yg Kuat' utk memusuhi Non-Muslim itu apa sih, tolong sebutkan.

Sorry ya, kalau kita langsung to the point. Anda disini harus bisa tahan banting.

OK. Dinanti jawabannya. Tolong singkat dan to the point juga. Nggak usah bertele2. Thanks friend. :wink:
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby nick4recover » Wed Jul 05, 2006 10:08 am

Terimakasih atas tanggapannya, dan thanx sudah mengingatkan supaya tahan banting....

Saya coba jawab ya, tapi maaf kalo ada yang gak bisa sebab saya bukan ahlinya..

Kafir=makhluk yang hina.
Bagaimana kalau ada orang yang menjelekan agama anda, menganggap agama anda sebuah sihir, atau lebih buruk lagi.... marahkah anda? Bahkan mungkin anda bisa menganggapnya lebih rendah dari binatang.
Lalu orang tersebut mengusir dan memerangi anda karena agama anda, meskipun mereka menyadari bahwa agama anda adalah benar..
Apa lagi yang bisa kita katakan pada orang tadi...

Abu Jahl bukan orang yang **** lho.... dia bisa membedakan sastra yang baik dengan tidak. Hanya karena egonya dia menganggap Al Quran sebagai tipuan, menghasut temannya yang sebenarnya juga condong mengikuti Al Quran ...dan selanjutnya memerangi kaum muslim waktu itu.

Yang lebih jago ? he..he.. sepertinya ya Om Sistani lah... Tapi yang pasti yang paling tahu Allah dan Rasul-Nya.

Selebihnya bagaimana perintah untuk berlaku adil, mengasihi sesamanya (termasuk non muslim) serta alasan untuk memerangi mereka saya uraikan dibawah ini...

Al Mumtahanah(60)-8 "Allah tidak melarang kamu daripada orang yang tidak memerangi kamu kerana agamamu, dan tidak mengeluarkan kamu dari kampung halaman kamu, bahwa kamu berbuat baik dan berlaku adil kepada mereka sesungguhnya Allah mengasihi orang yang berlaku adil. "

Bahkan menurut para Ulama, Nabi Muhammad SAW pernah cenderung mempersalahkan seorang Yahudi yang tidak bersalah - karena bersangka baik terhadap keluarga kaum Muslim yang menuduhnya.
Sikap Nabi tersebut ditegur oleh Allah dengan menurunkan surat An-Nisa, [4]: 105. "Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya engkau mengadili antar manusia dengan apa yang Allah wahyukan kepadamu. Dan janganlah engkau menjadi penantang (orang yang tidak bersalah) karena (membela) orang-orang yang khianat."

Dan golongan non muslim sendiri bermacam-macam sifat dan sikapnya....
"Mereka itu tidak sama. Di antara Ahl Al-Kitab ada golongan yang berlaku lurus. Mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud"
(QS Ali 'Imran [3]: 113)

Sehingga kewajiban muslim untuk berdebat dengan mereka adalah...
"Janganlah kamu berdebat dengan Ahl Al-Kitab, melainkan dengan cara yang sebaik-baiknya, kecuali terhadap orang-orang yang zalim di antara mereka" (QS Al-'Ankabut[29]: 46).

Mungkin anda juga pernah mendengar cerita seorang Yahudi yang berhasil mengalahkan keputusan Gubernur Mesir karena dibantu Khalifah Umar Bin Khattab. Kalo belum check this out ->http://www.aldakwah.org/modules.php?name=News&file=print&sid=486

Khan jadi banyak lagi...sorry ya Al !!

Thanx
nick4recover
 
Posts: 3
Joined: Fri Jun 30, 2006 6:15 pm

Postby ali5196 » Wed Jul 05, 2006 2:59 pm

nick4recover wrote:Kafir=makhluk yang hina.
Bagaimana kalau ada orang yang menjelekan agama anda, menganggap agama anda sebuah sihir, atau lebih buruk lagi.... marahkah anda?
Gua atheis. OK katakanlah gua Budhis dan kau menghina agama gua, yah jelas gua marah. Tetapi yg kita bahas disini BUKAN PERASAAN ORANG KALAU AGAMANYA DIHINA, TETAPI APA KATA AGAMA ISLAM TTG KAFIR.

Dgn kata lain, sbg Budhis gua marah sama elu tapi karena agama gua tidak mengajarkan gua utk menganggap elu kafir, hina, najis, sederajad dgn TAHI (sorry, gua hanya kutip ajaran Islam), yah, gua juga nggak bisa apa2.

Yang lebih jago ? he..he.. sepertinya ya Om Sistani lah... Tapi yang pasti yang paling tahu Allah dan Rasul-Nya.
Betul, betul dan Om Sistani itu hanya menuruti apa kata Allah dan RasulNya.

Nah, jadi kau setuju sekarang bahwa menurut Islam, KAFIR = hina/najis. Jadi bukan spt yg kau uraikan sebelumnya (kafir = petani, sesat dsb). Jadi jangan heran kalau non-muslim MARAH KALAU DIBILANG KAFIR. Mau nggak kau dicap NAJIS, SAMA SPT TAHI, DAN BAHKAN KERINGATMU PUN NAJIS.

Nah, apa yg akan kau lakukan jika orang mencapmu demikian ?

Selebihnya bagaimana perintah untuk berlaku adil, mengasihi sesamanya (termasuk non muslim) serta alasan untuk memerangi mereka saya uraikan dibawah ini...
OOOO jadi ada toh, alasan utk memerangi kafir.

Gini yah Nick, my friend. Daripada gua capek mengulang2i hal yang sama terus menerus kpd Muslim2 'moderat' disitus ini yg tidak tahu beda antara ayat2 Mekah dan Medinah, mendingan saya ajak kau membaca artikel2 yg sudah diterjemahkan mengenai subyek ini.

Reformasi Islam : Islam Mekah vs Islam Medinah
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... php?t=3332

Kau ternyata memang orang baik, tetapi BUKAN muslim yg baik. Kalau kau memang muslim yg baik, seharusnya kau merasa najis memakai komputermu itu (buatan kafir) dan pantang bertukar pikiran dgn kafir2 disitus ini. Nggakpercaya ? Bacalah artikel2 karangan muslim tulen spt Abu Bakar Basyir, Sheikh Qaradawi. Jangan kau mendengarkan muslim moderat alias muslim KTP alias muslim bingung yg nggak ngerti ajarannya sendiri.

Tolong baca dulu, baru menjawab post ini. thanks man ! :lol: dan selamat menimba ilmu disini.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby THE-KING » Thu Jul 06, 2006 8:22 am

Last edited by THE-KING on Thu Jul 06, 2006 8:08 pm, edited 1 time in total.
THE-KING
 
Posts: 14
Joined: Thu Feb 09, 2006 7:44 pm

Postby nick4recover » Thu Jul 06, 2006 1:49 pm

Thanks infonya Al,

Sama seperti yang Ali sarankan ke saya.... saya juga menyarankan Ali untuk membaca lagi apa yang sudah saya tulis sebelumnya. Tentang macam ajaran Islam yang boleh diungkapkan keluar dengan yang tidak dan hubungan turunnya ayat pada kejadian dan permasalahan waktu itu.

Al, apakah pantas kita marah karena pemeluk agama lain menilai ajaran agama mereka paling benar dan agama kita tidak benar/ sesat?
Lain lagi kalau orang tersebut jelas-jelas memanggil kita sesat /kafir / apalah yang lebih jelek lagi.

Saya memiliki saudara Nasrani yang taat beribadah. Untuk menyebut mereka kafir ? Hmm... rasanya saya yang **** kalau melakukan itu.
Meskipun saya tidak mengakui ajaran mereka.

Islam Mekah dan Medinah ? Masak cuman dua itu saja ? Bukankah kita tahu bahwa banyak sekali golongan Muslim. Banyak sekali pernafsiran Al Quran dan Al Hadist di dunia saat ini. Not surprising me at all. Mau nyebut saya muslim moderat pun silakan. Tapi yang pasti hanya Allah dan Rasul-Nya yang paling tahu.
Satu lagi Al, ada baiknya kalau pengarang dalam artikel itu juga mengkaji sejarah turunnya setiap ayat tersebut (termasuk kondisi umat Muslim / golongan Kafir / Musrik saat itu serta mungkin siapa obyek yang dibicarakan). Jangan sampai salah arti jadi "ayat pedang"nya buat petani khan jadi lucu...ha..ha..Itulah sebabnya pertama kali ayat Al Quran turun, perkataan Iqra' (bacalah) disebutkan 2 kali.

Kenapa saya masuk forum ini ? Rasanya Ali sudah memberikan jawabannya... menimba ilmu.

Btw Thanx ya sudah mengingatkan saya kalau saya bukan muslim yang baik. Mudah2an Allah masih memberi saya kesempatan untuk berbuat lebih baik lagi.


For the King,

Yang saya tahu orang pandai tidak akan menggunakan emosi untuk mengambil keputusan dan dia sangat berhati2 dalam setiap tindakan / ucapannya.
Ali ibn Abu Thalib pernah membatalkan niat untuk membunuh seorang kafir yang sudah terdesak karena kafir tersebut meludahi wajahnya dan membuatnya marah.
Smart decision right ?
nick4recover
 
Posts: 3
Joined: Fri Jun 30, 2006 6:15 pm

Postby doakanMUSLIM » Thu Jul 20, 2006 10:54 am

Maksoedloe
gak kaya tuhan yesus kafirun loe yang udah pake cangcut doang, ga bisa kemana-mana lagi!?! Kenapa??? karena udah mati disalib!!!


Phoenix
Loh ada muslim ngaku Yesus mati disalib....kemajuan.... tinggal langkah selanjutnya, pengakuan kebangkitan Yesus..he..he..he...



:o :o :o wakakakakaka.....buat Maksoedloe, KUTUNGGU MURTADMU hehehehe..........
doakanMUSLIM
 
Posts: 7
Joined: Sun Jul 09, 2006 6:52 pm

Postby allohwhoakbar » Tue Aug 01, 2006 11:54 am

ali5196 wrote:
SiBodoh wrote:heran gw orang non-muslim tersinggung (merasa terhina) dibilang kafir sama orang muslim.
ngapain juga tersinggung, itu kan istilah internal orang muslim.
kreatif kek, bikin sendiri istilah supaya kliatan keren getooo lowch...


OK. Tapi kalau gitu jangan ngaku agama elu damai, toleran dan penuh kasih, dong. Udah ketahuan jelas nggak. Orang yg lain agama aja dicap macam2 dan tidak boleh disentuh, tidak boleh dikasih salam alaikum, bahkan ayah sendiri yang non-muslim harus dijauhi Muslim.

Nih sbg tanda kreativitas gua, gua ciptakan sebutan buat Muslim : 'teroris', 'pembunuh masal', 'gila sex', 'picik', 'terbelakang', 'gede kepala', 'parasit', 'tidak bisa dipercaya'.

Jangan ngamuk yah ? :lol: :lol: :lol:


gw urun rembug ya :
ISLAM = KAMBING BERJENGGOT
allohwhoakbar
 
Posts: 324
Joined: Mon Jul 17, 2006 12:12 pm

Postby Kane » Wed Aug 02, 2006 11:55 am

Allah menganggap orang kafir itu binatang, karena kelakuannya seperti binatang, bisu, tuli, dsb. Yg namanya manusia itu kalau udah dikasih tau beberapa kali tuh seharusnya ngerti, lah ini kaga ngerti2, jadi sewajarnyalah orang kafir itu disebut binatang.

Allah mengatakan bahwa orang kafir itu adalah mahluk paling buruk,wajar saja karena orang2 kafir akan dihukum Allah dan ditempatkan dalam nerakanya dengan mahluk yg paling buruk juga, yaitu iblis dan setan.

Dan yang pasti Allah itu Tuhan yg menghidupkan dan Mematikan manusia, kehendakNyalah yg bisa meninggikan atau merendahkan derajat manusia, kehendakNya pulalah memberikan perumpamaan yg paling baik atau paling rendah sekalipun. Dan Allah memang menjelaskannya didalam Al Qur'an surat Al Baqarah 26 dan Ali Imran 26.

Tapi tetap saja kafir adalah orang2 yg telah di beri petunjuk Allah tapi mereka tetap berpaling.

Mau marah atau tidak terserah, mau merasa kafir atau tidak terserah, lah memang seperti itulah pandangan Allah tentang orang kafir.

Lagean katanya tidak percaya Al Qur'an?, bahwa yg dikatakan Al Qur'an itu bohong?, Allah kan hanya menunjukkan orang kafir itu sebagian dari penyembah berhala, yahudi dan nasrani yg memutar balikkan ajaran Allah dan yg mendustakannya, kan anda katanya bukan?, lah kok malah marah?.
User avatar
Kane
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby kentang_goreng » Fri Aug 04, 2006 12:10 am

Dalam AlQuran dah jelas tuh mas apa/bagaimana/siapa se KAFIR itu..Jadi terserah bagaimana anda menyikapinya...( DALAM ALQURAN !!!! BUKAN TERJEMAHAN2 BEBAS YANG SERING DILONTARKAN DALAM FORUM INI )
Kalo merasa terhina ya monggo ngga ada yang ngelarang..merasa nda terhina ya bagus karena memang nda ada penghinaan terhadap seseorang ato agama tertentu...
User avatar
kentang_goreng
 
Posts: 73
Joined: Wed Aug 02, 2006 2:49 am

PreviousNext

Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users