.

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

Postby nayagenggong » Mon Oct 01, 2007 2:48 pm

Apa arti kata "KOTOR" dalam frasa ["karena sesungguhnya semua itu kotor"] dari ayat ini?

Surat Al-Anaam

145. Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu (1) bangkai, atau (2) darah yang mengalir atau (3) daging babi - karena sesungguhnya semua itu kotor - atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."


Ayat di atas mengatur pengharaman suatu makanan.
Ayat lain QS 5:3, QS 16:115, QS 2:173 tidak disebutkan alasan [(1) bangkai, (2) darah mengalir, (3) daging babi] sebagai haram u dimakan.

Hanya Al-An-aam yg menyertakan alasan suatu makanan sebagai haram dimakan yaitu ["KARENA SESUNGGUHNYA SEMUA ITU KOTOR"]

Tolong muslimers terangkan arti kata KOTOR?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby nayagenggong » Mon Oct 01, 2007 4:07 pm

Surat Al Anaam versi Yusuf Ali

145. Say: "I find not in the message received by me by inspiration any (meat) forbidden to be eaten by one who wishes to eat it, unless it be (1) dead meat, or (2) blood poured forth, or (3) the flesh of swine,- for it is an abomination - ...........

[for it is an abomination] = versi Yusuf Ali
[karena sesungguhnya semua itu kotor] = versi Indonesia

jelaskan arti [KOTOR], wahai muslim.
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

Postby nayagenggong » Tue Oct 02, 2007 9:14 am

Surat Al Anaam versi Malaysia

(145) Katakanlah (wahai Muhammad): Aku tidak dapati dalam apa yang telah diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya melainkan kalau benda itu (1) bangkai atau (2) darah yang mengalir atau (3) daging babi kerana sesungguhnya ia adalah kotor ......


[kerana sesungguhnya ia adalah kotor] = versi malaysia
[karena sesungguhnya semua itu kotor] = versi Indonesia

Wahai muslim apakah arti dari [kotor]?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby nayagenggong » Wed Oct 03, 2007 9:00 am

pada kemana nih muslimers
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

Postby nayagenggong » Wed Oct 03, 2007 10:22 am

muslim... makna [kotor] dlm ayat di atas apa seh?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby asbunawas » Wed Oct 03, 2007 10:52 am

Kotor dalam Ayat tsb sama dengan Najis.

Babi, termasuk Najis katagory yang paling berat yang disebut Najis Mughallazah

Bangkai termasuk najis ringan / sederhana atau sisebut juga Najis Mutawassitah

Sedangkan Darah adalah Najis Ma'fu yang Najis Yang Termaafkan.

Akan tetapi meskipun katagorinya berbeda, maha Status HUKUMnya adalah HARAM kalau dijadikan MAKANAN (Bagi ISLAM).
asbunawas
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

Postby nayagenggong » Wed Oct 03, 2007 3:15 pm

asbunawas wrote:Kotor dalam Ayat tsb sama dengan Najis.

Babi, termasuk Najis katagory yang paling berat yang disebut Najis Mughallazah

Bangkai termasuk najis ringan / sederhana atau sisebut juga Najis Mutawassitah

Sedangkan Darah adalah Najis Ma'fu yang Najis Yang Termaafkan.

Akan tetapi meskipun katagorinya berbeda, maha Status HUKUMnya adalah HARAM kalau dijadikan MAKANAN (Bagi ISLAM).


Thanks om asbunawas,

1. [Kotor] kata anda sm dgn najis
bisa anda definisikan kata [kotor] tersebut? (dengan kata-kata)
2. kata anda Haram kalau dijadikan makanan, kalau tidak dijadikan makanan apakah haram? (u kepentingan lain, selain makanan)
3. dalam al anaam 145 tsb tdk ada petunjuk mengenai pengklasifikasin (kategori) najis ringan / berat. Ketiga benda tsb (bangkai, darah yg mengalir -bukan darah om-, daging babi -bukan babi om tp daging babi-) hanya dipisah oleh tanda koma [,] tanpa ada petunjuk pengkategorian tsb, artinya sejajar kedudukannya.
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Re: "Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KO

Postby asbunawas » Wed Oct 03, 2007 3:53 pm

Thanks om asbunawas,

1. [Kotor] kata anda sm dgn najis
bisa anda definisikan kata [kotor] tersebut? (dengan kata-kata)


Najis : (secara bahasa ane sendiri) adalah Sesuatu yang harus dihindari dikarenakan bisa mempengaruhi atas kesucian/keabsyahan sebuah nilai dalam ukuran syariah, dengan syarat yang sudah ditetapkan/gariskan didalam hukum (ISLAM).

(baru ane nih sepertinya yang menjabarkan kata Najis, sebab ane cari diwikipedia juga belum ada.. :).hehehe

2. kata anda Haram kalau dijadikan makanan, kalau tidak dijadikan makanan apakah haram?


Kan ayat2 yang ente bawa ditopik ini yang menjelaskan dan berhubungan dengan makanan, jadi ane jelaskan dan sesuaikan dengan ayat2 yang ente tampilkan disini.

Ya, semua yang bersifat NAJIS adalah HARAM untuk dijadikan Makanan (Makanan = Sesuatu yang dimakan)

Lalu kalau tidak dijadikan makanan? Apakah HARAM?


Najis itu ada Katagory2nya, lalu yang ente maksud, NAJIS apa dulu nih yang tidak dijadikan makananya itu? Bisa ente perjelas?, siapa tahu bisa ane jelaskan.

3. dalam al anaam 145 tsb tdk ada petunjuk mengenai pengklasifikasin (kategori) najis ringan / berat. Ketiga benda tsb (bangkai, darah yg mengalir -bukan darah om-, daging babi -bukan babi om tp daging babi-) hanya dipisah oleh tanda koma [,] tanpa ada petunjuk pengkategorian tsb.
[/quote]

Untuk pengkatagorian Najis ente jalan2 dulu aja deh kesini, http://ms.wikipedia.org/wiki/Najis_dalam_Islam, biar bisa nyambung ngobrolnya..., oke Bro?
asbunawas
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Re: "Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KO

Postby nayagenggong » Thu Oct 04, 2007 9:07 am

Thanks om asbunawas,
Mulai nomer 1 dulu aja ok.

asbunawas wrote:Najis : (secara bahasa ane sendiri) adalah Sesuatu yang harus dihindari dikarenakan bisa mempengaruhi atas kesucian/keabsyahan sebuah nilai dalam ukuran syariah, dengan syarat yang sudah ditetapkan/gariskan didalam hukum (ISLAM).

(baru ane nih sepertinya yang menjabarkan kata Najis, sebab ane cari diwikipedia juga belum ada.. :).hehehe


Kata om, [kotor] sama dg [najis]
berarti difinisi [kotor]:
Kotor: (secara bahasa ane sendiri) adalah Sesuatu yang harus dihindari dikarenakan bisa mempengaruhi atas kesucian/keabsyahan sebuah nilai dalam ukuran syariah, dengan syarat yang sudah ditetapkan/gariskan didalam hukum (ISLAM).

begitu om?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Re: "Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KO

Postby asbunawas » Thu Oct 04, 2007 10:54 am

nayagenggong wrote:Thanks om asbunawas,
Mulai nomer 1 dulu aja ok.

asbunawas wrote:Najis : (secara bahasa ane sendiri) adalah Sesuatu yang harus dihindari dikarenakan bisa mempengaruhi atas kesucian/keabsyahan sebuah nilai dalam ukuran syariah, dengan syarat yang sudah ditetapkan/gariskan didalam hukum (ISLAM).

(baru ane nih sepertinya yang menjabarkan kata Najis, sebab ane cari diwikipedia juga belum ada.. :).hehehe


Kata om, [kotor] sama dg [najis]
berarti difinisi [kotor]:
Kotor: (secara bahasa ane sendiri) adalah Sesuatu yang harus dihindari dikarenakan bisa mempengaruhi atas kesucian/keabsyahan sebuah nilai dalam ukuran syariah, dengan syarat yang sudah ditetapkan/gariskan didalam hukum (ISLAM).

begitu om?


YA!
asbunawas
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

"Sesungguhnya semua itu kotor"; apa artinya KOTOR?

Postby nayagenggong » Thu Oct 04, 2007 3:27 pm

quote asbunawas wrote:

YA!

thanks om asbunawas,
untuk menyamakan persepsi aja:
boleh gak ane katakan "halaman rumah kotor" (mis byk daun berguguran)
menjadi "halaman rumah najis" ?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby asbunawas » Thu Oct 04, 2007 4:12 pm

thanks om asbunawas,
untuk menyamakan persepsi aja:
boleh gak ane katakan "halaman rumah kotor" (mis byk daun berguguran)
menjadi "halaman rumah najis" ?



Statement kamu ini bikin ane senyum lho nak, ane yakin netter2 Muslim juga bakalan pada senyum geli..:D

omong2 udah baca link yang ane kasih itu belum sih?...

Koq bisa2nya punya kesimpulan Rumah Kotor = Rumah Najis, heheheh jangan2 belum baca dah..tuh linknya.

Ok, ane jawab dah, Tidak SEMUA KOTOR adalah NAJIS, tapi SEMUA NAJIS maka SUDAH PASTI KOTOR.
asbunawas
 
Posts: 889
Joined: Thu Apr 27, 2006 1:48 pm
Location: underground

Postby nayagenggong » Fri Oct 05, 2007 10:08 am

asbunawas wrote:Tidak SEMUA KOTOR adalah NAJIS, tapi SEMUA NAJIS maka SUDAH PASTI KOTOR.



yup!
artinya [najis] dan [kotor] adl 2 kata yg berlainan arti om.
Namun Quran memakai kata [kotor] bukan [najis]

tertulis [sesungguhnya semua itu kotor],
mengapa tdk ditulis
[sesungguhnya semua itu najis]?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby ganyang_itoxer's » Sun Oct 07, 2007 8:51 pm

Kayanya klo pake kata najis, keliatan kasar :lol:

Pinter juga nih yang tukang pilih2 bahasa bwat Al-Quran :lol:
User avatar
ganyang_itoxer's
 
Posts: 67
Joined: Sun Oct 07, 2007 2:41 pm

Postby nayagenggong » Mon Oct 08, 2007 9:28 am

ganyang_itoxer's wrote:Kayanya klo pake kata najis, keliatan kasar :lol:



artinya kata [najis] dan [kotor] adl 2 kata yg berlainan arti tho?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby gaston31 » Mon Oct 08, 2007 2:51 pm

sesuatu yg kotor dalam hal beribadah/sholat disebut najis.
semoga tmbh bingung
User avatar
gaston31
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Postby nayagenggong » Mon Oct 08, 2007 4:06 pm

gaston31 wrote:sesuatu yg kotor dalam hal beribadah/sholat disebut najis.
semoga tmbh bingung


difinisi kotor menurut kamu apa?
kata [kotor] di atas diterjemahkan dari [rijsun]
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby charles-mattel » Mon Oct 08, 2007 4:08 pm

yang kayak gini disebut "jelas"?
dasar awloh nggak lulus SD
charles-mattel
 
Posts: 850
Joined: Fri Jun 15, 2007 12:13 pm

Postby nayagenggong » Thu Oct 11, 2007 9:04 am

memang gak jelas bung.
Ayo muslim tolonglah agama oloh!

apa arti kata [kotor] dari frasa [sesungguhnya semua itu kotor].

Ingat dr jawaban muslim sblmnya [kotor] tdk sama dg [najis]
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan


Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users