.

Mengapa makan babi haram?

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby xo_dox » Thu Sep 24, 2009 5:23 am

imamat 11:7 demikian juga babi, karena memang berkuku belah,yaitu kukunya bersela panjang,tetapi tidak memamah biak, HARAM itu bagimu
Yesaya 66:17 yang memakan daging babi dan binatang binatang jijik seperti tikus, mereka semuanya AKAN LENYAP SEKALIGUS, demikian firman tuhan.
Amzal 31:6 berikanlah minuman keras itu kepada orang yang AKAN BINASA.
Hakim 13:4 oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yg memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
Bilangan 6:3 maka haruslah iya menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan.

Lalu knp umat Yesus sekarang masih minum minuman keras dan makan Babi???
xo_dox
 
Posts: 9
Joined: Thu Sep 24, 2009 4:44 am

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby andjapoel » Thu Apr 15, 2010 4:51 pm

:stun:
andjapoel
 
Posts: 22
Joined: Thu Apr 15, 2010 4:24 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby wongmumet » Sun Aug 22, 2010 11:59 pm

Kok ditread ini banyak pernyataan yang kurang tepat ya, coba saya kasih contoh :

Ada yang bilang babi makannya kotoran manusia, coba deh anda lihat di Bali apa ada babi yang diberi makan kotoran manusia setahu saya mereka diberikan makanan sayuran dicampur dedak (sisa gabah setelah digiling jadi beras).

Terus kalau hewan yang memakan kotoran manusia dianggap HARAM, yang jelas hal ini juga kurang afdol wong LELE yang banyak diberi makan kotoran manusia jelas-jelas rame pembelinya.

Terus apa beda BABI sama LELE kalau begitu ceritanya ???????
User avatar
wongmumet
 
Posts: 156
Joined: Tue Aug 17, 2010 7:31 am
Location: Nusantara

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby kbg » Mon Aug 23, 2010 12:31 am

akh... si romo satu ini masih mumet terus2an #-o

itu sudah hukum alam romo, manusia halal nga romo makan? pasti haramkan? kenapa? karena romo adalah manusia, jadi haram hukumnya makan sesama... (artinya romo adalah manusia yang memiliki rasa kemanusiaan)

jadi yg saling mengharamkan itu adalah yang sesama lagi... dah warass... belummm...?

buktinya tuh banyak koq Muslim yang menghalalkan darah kapir, malah tentara Yahudi ada yg ketangkap, bukannya cuma darahnya yg disedot rame2 saking histerisnya tuh hati dan jantung di betot terus dimakan... nah berarti orang setelah jadi Islam bukannya mengharamkan mengkonsumsi manusia, tapi sesamanya dari jenis lain...(ini disebut manusia yang tidak memiliki rasa kemanusiaan) yg sedang dibicarakan di topik ini. :rolleyes:
User avatar
kbg
 
Posts: 862
Joined: Wed Oct 11, 2006 2:41 pm
Location: http://www.kbg.co.za/

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby wongmumet » Mon Aug 23, 2010 4:51 am

kbg wrote:akh... si romo satu ini masih mumet terus2an #-o

itu sudah hukum alam romo, manusia halal nga romo makan? pasti haramkan? kenapa? karena romo adalah manusia, jadi haram hukumnya makan sesama... (artinya romo adalah manusia yang memiliki rasa kemanusiaan)

jadi yg saling mengharamkan itu adalah yang sesama lagi... dah warass... belummm...?

buktinya tuh banyak koq Muslim yang menghalalkan darah kapir, malah tentara Yahudi ada yg ketangkap, bukannya cuma darahnya yg disedot rame2 saking histerisnya tuh hati dan jantung di betot terus dimakan... nah berarti orang setelah jadi Islam bukannya mengharamkan mengkonsumsi manusia, tapi sesamanya dari jenis lain...(ini disebut manusia yang tidak memiliki rasa kemanusiaan) yg sedang dibicarakan di topik ini. :rolleyes:


Oh, begitu ya cuma kelihatannya kalau kita menyatakan nabi sebagai maaf babi itu tidak akan dibenarkan oleh teman muslim kita.

Jadi saya tanyakan akan apa yang pernah terangkap ditread ini yang saya nyata-nyata lihat kekeliruannya, kalau nabi = babi saya tidak pernah melihat kenyataannya.

Terima Kasih ... :heart:
User avatar
wongmumet
 
Posts: 156
Joined: Tue Aug 17, 2010 7:31 am
Location: Nusantara

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby kbg » Mon Aug 23, 2010 9:24 am

wongmumet wrote:
Oh, begitu ya cuma kelihatannya kalau kita menyatakan nabi sebagai maaf babi itu tidak akan dibenarkan oleh teman muslim kita.

bukan nabi yang sebagai babi, tapi Islamlah yang sebagai babi, kenapa Islam mengharamkan babi? karena sesama mereka tak mungkin saling memakan, kenapa Islam seringkali kita dengar menghalalkan darah kapir (yg manusia itu) karena Islam bukanlah manusia yang memiliki rasa kemanusiaan...
jadi Islam itu ialah Agama manusia yang tidak berperi kemanusiaan, dengan cara mengharamkan sesamanya babi tapi menghalalkan darah manusia yang bukan sepaham dengannya.

nah masih lebih baik simakluk malam, artinya si makluk malam ternyata makluk jenis lain yang memiliki rasa kemanusiaan, sekarang sudah menghalalkan darah babi, dan mencoba menghindari darah manusia, tapi sayang ada PERDA yang bikin dia sedikit kesulitan ... :rolling: :rolling: cah mumet pasti tambah mumet maning...

wongmumet wrote:Jadi saya tanyakan akan apa yang pernah terangkap ditread ini yang saya nyata-nyata lihat kekeliruannya, kalau nabi = babi saya tidak pernah melihat kenyataannya.

Terima Kasih ... :heart:
kenyataan versi siapa? kalau versi Islam sudah jelas saya sebutkan diatas...
User avatar
kbg
 
Posts: 862
Joined: Wed Oct 11, 2006 2:41 pm
Location: http://www.kbg.co.za/

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby Pan Kobar » Mon Aug 30, 2010 4:03 pm

perempuan wrote:Temans...

Saya yg **** ini ingin cross cek....
Mengapa makan babi haram... Dari mana muasal makan babi itu diharamkan.. Sperti contoh salah teman kita gak boleh makan sapi karna sapi itu dulunya hewan suci.... jadi hewan tunggangan Dewa... Nah apa babi juga dulunya tunggangan Muhammad SAW sehingga Muhammad SAW melarang makan babi.

Mohon petunjuk nya ya...


Sapi dihormati/dihargai, bukn dsucikn lalu dismbh krna sapi sgt2 bnyk manfaat/jasanya:
- mmbrikn kita su2 yg bnyk mngndung vit n mineral
- membajak sawah
-tnaganya bisa dmanfaatin menarik grobak hsil panen
-kotorannya jd pupuk kandang bbs bhn kimia, bhkn skrg kotorannya sbg biogas
-urinenya bhkn jd obt trtntu(urinetherapy)
so begitu sgt2 bnyk manfaatnya, apa sapi gk lyk dhargai/dhormati (bukn dsucikn lalu dsmbh)
User avatar
Pan Kobar
 
Posts: 370
Joined: Fri Aug 06, 2010 1:16 pm
Location: Negri Mimpi

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby wongmumet » Mon Aug 30, 2010 7:22 pm

Pan Kobar wrote:Sapi dihormati/dihargai, bukn dsucikn lalu dismbh krna sapi sgt2 bnyk manfaat/jasanya:
- mmbrikn kita su2 yg bnyk mngndung vit n mineral
- membajak sawah
-tnaganya bisa dmanfaatin menarik grobak hsil panen
-kotorannya jd pupuk kandang bbs bhn kimia, bhkn skrg kotorannya sbg biogas
-urinenya bhkn jd obt trtntu(urinetherapy)
so begitu sgt2 bnyk manfaatnya, apa sapi gk lyk dhargai/dhormati (bukn dsucikn lalu dsmbh)


Mungkin bisa jadi kenapa makan Babi Haram, karena makan Babi terlalu enak jadi haram ... karena bisa membuat manusia ketagihan kayak narkoba gitu ..... :rofl:
User avatar
wongmumet
 
Posts: 156
Joined: Tue Aug 17, 2010 7:31 am
Location: Nusantara

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby Pan Kobar » Mon Aug 30, 2010 10:04 pm

Wongmumet wrote:Mungkin bisa jadi kenapa makan Babi Haram, karena makan Babi terlalu enak jadi haram ... karena bisa membuat manusia ketagihan kayak narkoba gitu ..... :rofl:

sharusnya kita brsyukur muslim mngharamkn babi, sy gk bs bygkn andai muslim gk mghramkn babi kita pasti pusing khilangan babi cz dcuri muslim......
User avatar
Pan Kobar
 
Posts: 370
Joined: Fri Aug 06, 2010 1:16 pm
Location: Negri Mimpi

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby ordinarymen » Tue Sep 14, 2010 11:28 pm

xo_dox wrote:imamat 11:7 demikian juga babi, karena memang berkuku belah,yaitu kukunya bersela panjang,tetapi tidak memamah biak, HARAM itu bagimu
Yesaya 66:17 yang memakan daging babi dan binatang binatang jijik seperti tikus, mereka semuanya AKAN LENYAP SEKALIGUS, demikian firman tuhan.
Amzal 31:6 berikanlah minuman keras itu kepada orang yang AKAN BINASA.
Hakim 13:4 oleh sebab itu, peliharalah dirimu, jangan minum anggur atau minuman yg memabukkan dan jangan makan sesuatu yang haram.
Bilangan 6:3 maka haruslah iya menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan.

Lalu knp umat Yesus sekarang masih minum minuman keras dan makan Babi???



Ayat itu semua memang ada namun di perjanjian lama, terdapat perbedaan antara Nasrani dengan Islam sejak Ismael berpisah dengan Abraham/Ibrahim dan mendirikan kepercayaan sendiri (Islam) sedangkan anak bungsu Abraham - Ishak merupakan cikal bakal lahirnya Yesus.


sedangkan sejak kelahiran Yesus (perjanjian Baru) Allah sudah memberikan ketetapan bahwa semua yang diciptakan Allah baik adanya termasuk babi. Apa yang di halalkan Allah jangan di haramkan manusia

CMIIW :-"
ordinarymen
 
Posts: 1
Joined: Tue Sep 14, 2010 10:48 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby wongmumet » Fri Sep 17, 2010 9:17 pm

ordinarymen wrote:sedangkan sejak kelahiran Yesus (perjanjian Baru) Allah sudah memberikan ketetapan bahwa semua yang diciptakan Allah baik adanya termasuk babi. Apa yang di halalkan Allah jangan di haramkan manusia
CMIIW :-"


Ini kutipan dari mana bro? semua itu artinya apa??
User avatar
wongmumet
 
Posts: 156
Joined: Tue Aug 17, 2010 7:31 am
Location: Nusantara

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby young celebes » Sun Sep 19, 2010 3:23 pm

@wongmumet
arti dari"semua"yang dimaksud=semua yang HALAL bro....
User avatar
young celebes
 
Posts: 388
Joined: Wed Sep 01, 2010 8:30 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby dina86 » Fri Apr 22, 2011 11:47 pm

FAKTA ILMIAH BABI HARAM – QUR’AN SEPANJANG MASA

السلام عليكم . بِسْــــمِ ﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم.لا إله إلاَّ الله.محمد رسو ل الله
الحمد لله رب العا لمين. الصلاة و السلام على رسو ل الله.اما بعد

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Akan tetapi, barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang isi tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha pengampun, Maha penyayang” (QS. Al-Baqarah [2] : 173).

Islam telah melarang segala macam darah, analisis kimia dari darah menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat ), suatu senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, bersifat racun. Dengan kata lain uric acid sampah dalam darah yang terbentuk akibat metabolisme tubuh yang tidak sempurna yang diakibatkan oleh kandungan purine dalam makanan.

Dalam tubuh manusia, senyawa ini dikeluarkan sebagai kotoran, dan 98% dari uric acid dalam tubuh, dikeluarkan dari dalam darah oleh ginjal,dan dibuang keluar tubuh melalui air seni. Dalam Islam dikenal prosedur khusus dalam penyembelihan hewan, yaitu menyebut nama Allah Yang MahaKuasa dan membuat irisan memotong urat nadi leher hewan, sembari membiarkan urat-urat dan organ organ lainnya utuh.

Dengan cara ini menyebabkan kematian hewan karena kehabisan darah dari tubuh, bukannya karena cedera pada organ vitalnya, sebab jika organ-organ misalnya jantung, hati, atau otak dirusak, hewan tersebut dapat meninggal seketika dan darahnya akan menggumpal dalam urat-uratnya dan akhirnya mencemari daging, mengakibatkan daging hewan akan tercemar oleh uric acid, sehingga menjadikannya beracun, dan pada masa-masa kini lah para ahli makanan baru menyadari akan hal ini, subhanallah.

Apakah kita tahu kalau babi tidak dapat disembelih di leher ? karena mereka tidak memiliki leher, sesuai dengan anatomi alamiahnya? Bagi orang muslim beranggapan kalau babi memang harus disembelih dan layak bagi konsumsi manusia, tentu Sang Pencipta akan merancang hewan ini dengan memiliki leher.

Ilmu kedokteran mengetahui bahwa babi sebagai inang dari banyak macam parasit dan penyakit berbahaya, sistem biochemistry babi mengeluarkan hanya 2% dari seluruh kandungan uric acidnya, sedangkan 98% sisanya tersimpan dalam tubuhnya. Islam telah melarang segala macam darah, analisis kimia dari darah menunjukkan adanya kandungan yang tinggi dari uric acid (asam urat ), suatu senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan manusia, bersifat racun.

Dengan kata lain uric acid sampah dalam darah yang terbentuk akibat metabolisme tubuh yang tidak sempurna yang diakibatkan oleh kandungan purine dalam makanan.Dalam tubuh manusia, senyawa ini dikeluarkan sebagai kotoran, dan 98% dari uric acid dalam tubuh, dikeluarkan dari dalam darah oleh ginjal,dan dibuang keluar tubuh melalui air seni.

FAKTA LAINNYA

Kulit orang yang memakan babi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penelitian ilmiah modern di dua negara Timur & Barat, yaitu Cina dan Swedia, menyatakan: “Daging babi merupakan merupakan penyebab utama kanker anus & kolon”. Persentase penderita penyakit ini di negara negara yang penduduknya memakan babi, meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia (seperti Cina dan India). Sementara di negara-negara Islam, persentasenya amat rendah, sekitar 1/1000.

Hasil penelitian ini dipublikasikan pada 1986, dalam Konferensi Tahunan Sedunia tentang Penyakit Alat Pencernaan, yang diadakan di Sao Paulo. Babi banyak mengandung parasit, bakteri, bahkan virus yang berbahaya, sehingga dikatakan sebagai Reservoir Penyakit. Gara-gara babi, virus Avian Influenza jadi ganas. Virus normal AI (Strain H1N1 dan H2N1) tidak akan menular secara langsung ke manusia. Virus AI mati dengan pemanasan 60 ºC lebih-lebih bila dimasak hingga mendidih.

Bila ada babi, maka dalam tubuh babi, Virus AI dapat melakukan mutasi & tingkat virulensinya bisa naik hingga menjadi H5N1. Virus AI Strain H5N1 dapat menular ke manusia. Virus H5N1 ini pada Tahun 1968 menyerang Hongkong dan membunuh 700.000 orang (diberi nama Flu Hongkong).

Daging babi adalah daging yang sangat sulit dicerna karena banyak mengandung lemak. Meskipun empuk dan terlihat begitu enak dan lezat, namun daging babi sulit dicerna. Ibaratnya racun, seperti halnya kholesterol! Selain itu, daging babi menyebabkan banyak penyakit : pengerasan pada urat nadi, naiknya tekanan darah, nyeri dada yang mencekam (angina pectoris) , dan radang pada sendi-sendi.

Sekitar tahun 2001 pernah terjadi para dokter Amerika berhasil mengeluarkan cacing yang berkembang di otak seorang perempuan, setelah beberapa waktu mengalami gangguan kesehatan yang ia rasakan setelah mengkonsumsi makanan khas meksiko yang terkenal berupa daging babi, hamburger (ham = babi, sebab aslinya, hamburger adalah dari daging babi). Sang perempuan menegaskan bahwa dirinya merasa capek-capek (letih) selama 3 pekan setelah makan daging babi.

Telur cacing tsb menempel di dinding usus pada tubuh sang perempuan tersebut, kemudian bergerak bersamaan dengan peredaran darah sampai ke ujungnya, yaitu otak. Dan ketika cacing itu sampai di otak, maka ia menyebabkan sakit yang ringan pada awalnya, hingga akhirnya mati dan tidak bisa keluar darinya. Hal ini menyebabkan dis-fungsi yang sangat keras pada susunan organ di daerah yang mengelilingi cacing itu di otak. Penyakit-penyakit “cacing pita” merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang terjadi melalui konsumsi daging babi.

Ia berkembang di bagian usus 12 jari di tubuh manusia, dan beberapa bulan cacing itu akan menjadi dewasa. Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar ”1000 ekor dengan panjang antara 4 – 10 meter”, dan terus hidup di tubuh manusia dan mengeluarkan telurnya melalui BAB (buang air besar).

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya. QS. 4 An-Nisaa’:82

Subhanallah Walhamdulillah Wallaahu Akbar…
1 lagi bukti…
Islam TERBUKTI BENAR…..

Qs.3 Ali Imran:85. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.
dina86
 
Posts: 3
Joined: Fri Apr 22, 2011 11:27 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby kalangkilang » Sat Apr 23, 2011 12:18 am

dina86 wrote:FAKTA ILMIAH BABI HARAM – QUR’AN SEPANJANG MASA


aduh ini lagi tukang mimpi datang, bangun-bangun teriak-teriak kagak jelas...
dina86 wrote:“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Akan tetapi, barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang isi tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha pengampun, Maha penyayang” (QS. Al-Baqarah [2] : 173).

[font=impact]kenapa allah swt mengharamkan babi???[/font]
User avatar
kalangkilang
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby NaluriKitaSama » Mon Apr 25, 2011 3:16 am

Haram karena masih mentah, tapi setelah matang maka akan menjadi harum..
hmm delicious..

Image
User avatar
NaluriKitaSama
 
Posts: 80
Joined: Fri Jan 28, 2011 2:44 am

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby ancilla_mia » Wed Apr 27, 2011 4:00 am

"NaluriKitaSama"]Haram karena masih mentah, tapi setelah matang maka akan menjadi harum..
hmm delicious..


setuju!!!
orang racun yang jelas2 bahaya aja nyatanya masih banyak dikonsumsi orang (narkoba), kalo cuma makanan mah sikat aja, mubadzir kalo ga dimakan \:D/
User avatar
ancilla_mia
 
Posts: 35
Joined: Tue Apr 26, 2011 1:25 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby NaluriKitaSama » Thu Apr 28, 2011 2:53 pm

Pan Kobar wrote:sharusnya kita brsyukur muslim mngharamkn babi, sy gk bs bygkn andai muslim gk mghramkn babi kita pasti pusing khilangan babi cz dcuri muslim......


Image Image Image
User avatar
NaluriKitaSama
 
Posts: 80
Joined: Fri Jan 28, 2011 2:44 am

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby hades » Sat May 07, 2011 5:31 pm

ane numpang kasi pendapat neh. dulu waktu ane kuliah pernah punya pacar slimerwati n iseng2 tanya knapa gak makan babi? jawabnya standar: banyak penyakitlah, cacing pita lah, apa lah...bla...bla...bla. standar semua binatang juga berpeluang ada penyakitnya. flu burung pada unggas(ayam, bebek dan sebangsanya)dll. semua mahluk Tuhan bisa sakit n kena penyakit.coba deh maen ke Bali, di sono setiap hari bikin babi guling apalagi hariraya ato ada hajatan kayak orang nikah, pasti menu utama babi guling ato lawar babi pokoknya serba babi. dan mereka menikmati kok n sehat2 saja .ya klo waktunya sakit ya sakit aja tp bukan habis makan babi guling trs ntr jd sakit trus tewas alias die. Ane pernah denger anekdot tentang diharamkannya babi oleh mamad: konon dulu di padang pasir si mamad sedang mengadakan pesta yg dilengkapi berbagai hidangan lezat, daging onta hmm uenak, sate kambing wuahhh mantabs, sapi panggang ssshhhh maknyos. nah ketika semua makan lezat itu sudah dicicipi si mamad sang koki kemudian mempersembahkan hidangan pamungkas yg paling enak. kemudian si mamad dengan penuh selera mencicipi padahal perutnya sudah sangat penuh oleh makanan2 sebelumnya. si mamad bertanya pada koki. "daging apa ini rasanya paling nikmat dibanding daging2 sebelumnya?" sang koki menjawab :"daging babi tuanku".saking nikmatnya si mamad memaksa memasukkan makanan dari daging babi tersebut hingga akhirnya muntah...karena dia muntah dan disebabkan oleh daging babi tersebut maka mulai saat itu oleh si mamad daging babi diharamkan...xixixi begitu kira2...piss bro...
User avatar
hades
 
Posts: 83
Joined: Fri May 06, 2011 7:30 pm
Location: inside your heart

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby Janperson » Fri May 13, 2011 7:08 pm

well, gw sebagai orang bali yang dari kecil makan daging babi masih sehat2 aja :yawinkle:
coba deh babi guling, lawar, sate babi, dll rasanya enak banget =P~
kalo masalah sapi sama seperti yang dibilang bro PAN KOBAR
nah kalo ada orang hindu yang makan daging sapi itu kembali kepada pribadi masing-masing :yawinkle:
Janperson
 
Posts: 1
Joined: Thu May 12, 2011 6:51 pm

Re: Mengapa makan babi haram?

Postby anjinghitam69 » Sun May 15, 2011 1:48 pm

yang penting kan babu halal :mo:
anjinghitam69
 
Posts: 33
Joined: Sat May 14, 2011 9:50 am

PreviousNext

Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users