.

Memberi Salam kpd NON Muslim

a/l ttg hak2 kaum dhimmi, kafir, minoritas non-Muslim, murtadin, musryikun dlm Islam.

Memberi Salam kpd NON Muslim

Postby murtad mama » Tue Feb 06, 2007 8:33 pm

Bolehkah Memberi salam kepada non Muslim?
Penulis: Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin
Fatwa_Ulama, 05 - Agustus - 2003, 09:58:56
===============================================
Tanya : Bagaimanakah hukum mengucapkan salam kepada orang non-Muslim ? (kalau sekarang terkenal istilah salam sejahtera, selamat siang dll)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin menjawab :
Mendahului mengucapkan salam kepada orang non muslim adalah haram dan tidak boleh. Sebab Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam berkata : "Janganlah kamu memulai salam kepada orang-orang Yahudi dan Nasrani. Apabila kamu bertemu mereka disuatu jalan, maka paksalah mereka kepada jalannya yang paling sempit."

Tetapi apabila mereka mengucapkan salam kepada kita, maka kita wajib menjawabnya, yang didasarkan kepada keumuman firman Allah : "Dan apabila diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)." (QS. An-Nisa':86).

Orang Yahudi juga pernah mengucapkan salam kepada Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam dengan ucapan: As-Samu 'alaika ya Muhammad!" Padahal as-samu artinya kematian. Berarti mereka mendoakan mati kepada beliau. Lalu beliau berkata : ?"Sesungguhnya orang-orang
Yahudi mengucapkan: 'As-samu'alikum'. Apabila mereka mengucapkan salam kepadamu, maka ucapkanlah: Wa'alaikum'."

Apabila non-Muslim mengucapkan salam: As-samu'alaikum, maka kita harus membalasnya dengan ucapan: Wa'alaikum. Perkataan beliau: Wa'alaikum", merupakan dalil bahwa apabila mereka mengucapkan: 'As-salaamu'alaikum", yang berarti pada diri mereka ada keselamatan, maka kita juga membalas dengan ucapan yang sama. Maka sebagian ulama berpendapat apabila orang-orang Yahudi dan nasrani mengucapkan secara jelas: "As-salaamu 'alikum", maka kita juga boleh membalas dengan ucapan: "Alaikum salam".

Juga tidak boleh memulai ucapan: Ahlan wa sahlan atau ucapan lain yang senada kepada mereka. Sebab di dalam ucapan ini terkandung pemuliaan dan pengagungan terhadap mereka. Tetapi apabila mereka lebih dahulu menyampaikan tersebut kepada kita, maka kita dapat membalasnya seperti apa yang dikatakan kepada kita.

Sebab Islam datang dengan membawa keadilan dan memberikan haknya kepada setiap orang yang memang berhak. Dan, sebagaimana yang sudah diketahui, orang-orang muslim lebih tinggi kedudukan serta martabatnya di sisi Allah. Maka tak selayaknya mereka merendahkan diri kepada orang-orang non muslim, dengan mengucapkan salam terlebih dahulu.

Kesimpulan jawaban ini dapat saya katakan, "Orang muslim tidak boleh memulai ucapan salam kepada orang-orang non-Muslim. Sebab Nabi Shallallahu alaaihi wa sallam melarang hal itu, disamping hal itu merendahkan martabat orang muslim bila harus mengagungkan orang non-muslim. :lol:
Orang muslim lebih tinggi kedudukannya di sisi Allah. Maka tidak selayaknya dia merendahkan diri dalam hal ini. :lol: Tetapi apabila
mereka yang lebih dahulu mengucapkan salam kepada kita, maka kita boleh membalasnya seperti salam yang mereka ucapkan.

Kita juga tidak boleh lebih dulu memberi penghormatan kepada mereka, seperti ucapan ahlan wa sahlan wa marhaban (selamat datang), atau yang serupa dengan itu. Karena hal ini mengagungkan diri mereka seperti halnya salam. :lol:

(Sumber : Majmu' Fatawa wa Rasa'il Fadhilatisy- Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin.)
User avatar
murtad mama
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby adheel » Wed Feb 07, 2007 12:38 pm

ya emang ga' boleh...

itu 'kan emang salam untuk kalangan tertentu...
lagian 'kan kalian para kafir alergi bahasa arab, salam kami 'kan pake bahasa arab...
User avatar
adheel
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby curious » Wed Feb 07, 2007 12:42 pm

adheel wrote:ya emang ga' boleh...

baguslah anda mengakuinya. jadi tidak perlu diperdebatkan lagi. Islam melarang muslim menyapa non muslim. titik. end of story.
adheel wrote:lagian 'kan kalian para kafir alergi bahasa arab, salam kami 'kan pake bahasa arab...

anda bangsa arab? jika bukan, tidak bisakah anda memberi salam menggunakan bahasa nenek moyang anda? tidak pernah diajari mengatakan SELAMAT PAGI/SIANG/SORE/MALAM?
User avatar
curious
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby feodor fathon FF » Wed Feb 07, 2007 1:38 pm

curious wrote:
adheel wrote:lagian 'kan kalian para kafir alergi bahasa arab, salam kami 'kan pake bahasa arab...

anda bangsa arab? jika bukan, tidak bisakah anda memberi salam menggunakan bahasa nenek moyang anda? tidak pernah diajari mengatakan SELAMAT PAGI/SIANG/SORE/MALAM?

    [24:61] Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak bagi orang pincang, tidak bagi orang sakit, dan tidak bagi dirimu sendiri, makan dirumah kamu sendiri atau dirumah bapak-bapakmu, dirumah ibu-ibumu, dirumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, dirumah saudara bapakmu yang laki-laki, dirumah saudara bapakmu yang perempuan, dirumah saudara ibumu yang laki-laki, dirumah saudara ibumu yang perempuan, dirumah yang kamu miliki kuncinya atau dirumah kawan-kawanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam kepada kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya bagimu, agar kamu memahaminya.

jadi itu udeh baku hadiah dari gusti Allah ...Tuhan semesta ALam ....
he he sirik yah kamu gak punya salam khas !!!
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby aljazeera » Wed Feb 07, 2007 1:59 pm

Syalom alaykhem..
User avatar
aljazeera
 
Posts: 858
Joined: Sat Jul 29, 2006 2:18 pm

Postby ndramus » Wed Feb 07, 2007 2:31 pm

lain lagi kt temenku.
ini pengalamanku wkt kuliah. ada salah satu tmnku yg ngucapin salam ke aku krn aku menghargai doi ya kubalas salam itu. besoknya dia ralat, ktnya kalo aku balas salam itu maka dosalah pemberi salam tsb. so aku bingung dong, masak aku dijadiin kambing hitam atas dosanya siy ?
apa salahnya aku balas salam itu.....
coba aja aku tau FFi dan thread ini dari dl, pasti sdh aku print trs aku kasih tau dia. bkn aku yg bikin dia berdosa
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby je_zeus » Wed Feb 07, 2007 4:09 pm

memang seharusnya salam itu diucapkan sesuai dengan kondisi waktunya.

jadi kalo pagi, ngomongnya selamat pagi.
artinya pagi ini saya doakan semoga anda selamat. perkara nanti siang anda mau ketabrak mobil atau kesamber petir, itu sih bukan urusan saya. tokh, belum tentu saya ketemu sampeyan siang nanti.
User avatar
je_zeus
 
Posts: 3
Joined: Wed Feb 07, 2007 3:46 pm

Postby Rebecca » Wed Feb 07, 2007 5:05 pm

adheel wrote:lagian kaum kafir ini ngapain ribut kalo kita2 gak mau ngasih salam...??

Satu lagi, "salam" itu juga ucapan selamat untuk kami dari Allah nanti di Sorga.. jadi kalo mau ikut salam genk kami, ya masup islam atuh.. xixixi


dheel, elo kasih salam apa buat 72 pelacur itu? salam ORGY? hi...hi...hi...
User avatar
Rebecca
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby adheel » Wed Feb 07, 2007 5:14 pm

Rebeca wrote:dheel, elo kasih salam apa buat 72 pelacur itu? salam ORGY? hi...hi...hi...


haloo rebeca, lama tak sua... :lol: :lol: :lol:
User avatar
adheel
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby ndramus » Wed Feb 07, 2007 6:14 pm

adheel wrote:lagian kaum kafir ini ngapain ribut kalo kita2 gak mau ngasih salam...??

Satu lagi, "salam" itu juga ucapan selamat untuk kami dari Allah nanti di Sorga.. jadi kalo mau ikut salam genk kami, ya masup islam atuh.. xixixi


ooo jadi gt, klo ingin balas salam walapun tujuan awalnya hny menghormati / menghargai agama lain mesti masuk islam ya ?
lalu bagaimana bila aku terima tamu yg mengucapkan salam, apa perlu saya masuk islam dl baru menyahuti salam itu

o ya, kaki gajah....sbnrnya assalamualaikum tuh dicontek abis ama muhamad dari yahudi ( btul bkn ? klo g salah ada salah satu thread bahas soal ini>> sori kalo salah )
aslinya salam itu adalah syahlom eleikem
ntar d...aku cariin threadnya...
so km jgn bangga2 dulu....jgn pasang trade mark ASELI ARAB, JAMINAN MUTU padahal tembakan

aku heran ama muslim ktnya islam a/ agama toleransi tapi saat kita menunjukkan ke toleransian kita malah dianggap haram
trs yg toleransi bagi kalian ( muslim ) yg spt apa sich ? bukannya di pelajaran PMP dulu diajarkan toleransi bergama yg saling menghormati antar agama
nah....definisi toleransi mnrt islam tuh bgmn siy ? apa guru gw yg salah ngajar ya ?? :roll:
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby ndramus » Wed Feb 07, 2007 6:32 pm

kita mah ga ribut2 amat andaikata dari dulu sdh diajarin bhw mengucapkan salam, memberi selamat, berjabat tangan dgn org diluar islam itu haram maka hal itu ga akan dipermasalahkkan

dan misalnya, dari awal Indonesia ini mengklaim dirinya sbg negara islam so tdk jd msalah jg

apabila negara ini tdk berazaskan pancasila mk saya tidak akan benci setengah mati sm pejuang2 syahriat

tapi sejak 9/11, bnyk muslim moderat mnjd fanatik dan meributkan tradisi indonesia yg mgkn dianggap tdk islami. merubah gaya tradisional dgn gaya abah2 & umi2.
merusak persatuan & kesatuan....antar rakyat indonesia. so wajar lah kita ribut
User avatar
ndramus
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby M-SAW » Wed Feb 07, 2007 6:42 pm

eh klo gue agak2 aneh lah

gue ngucapin assalamualaikum ama muslim,tp malah di diemin..apa ga boleh ya membalas salam dari kafir? mohon penjelasan
M-SAW
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby Borland » Wed Feb 07, 2007 10:52 pm

MUHAMMAD SAW wrote:eh klo gue agak2 aneh lah

gue ngucapin assalamualaikum ama muslim,tp malah di diemin..apa ga boleh ya membalas salam dari kafir? mohon penjelasan
Begitulah ajaran Islam yg sejati...
User avatar
Borland
 
Posts: 1533
Joined: Wed Nov 08, 2006 3:46 pm

Postby SITI_AISYAH » Thu Feb 08, 2007 5:32 am

Gue juga pernah mengalami hal serupa:
Waktu itu ada acara simposium ttg kependidikan di Hotel Celebes, Makassar, ada serang pembawa materi tang sangaat bagus dan simpatik, Namanya Pak Sembiring. Pada waktu beliau mengucap salam pembukaan (karena beliau tampaknya smart & ganteng kata ibu2). Assalamualaikum............ dengan gemuruh seluruh hadirin menjawab salam tsb dengan semangat...waalaikumsalammmm.......... sampe2 yang duduk disebelah saya menambah dengan sisipan warahmatulahi 'taala' wabarokaaaatuh dengan fasihnya (di arab2 in).
Begitu beliau menerangkan bahwa beliau berlatar belakang Katholik di tengah2 paparannya, saya mulai melihat 'hilangnya simpati' dari para peserta simposium yang sesungguhnya padawaktu itu paparan beliau sangat menarik.
Terakhir setelah beliau menutup paparannya dengan salam wasalamualaikum......wrwb.. terasa hening...sekali(alias para muslim kaga ada yg jawab) dan terpaksa untuk menghormati beliau suara saya sendiri yang paling keras menjawab salam bapak tersebut......
Lalu saya mikir.......,betapa sempitnya sportifitas umat muslim..
dan peristiwa tersebut terasa konyol sekali....... :x :x



Based on the true story.
Last edited by SITI_AISYAH on Thu Feb 08, 2007 5:40 am, edited 2 times in total.
User avatar
SITI_AISYAH
 
Posts: 501
Joined: Fri Dec 29, 2006 9:25 am
Location: tempat bermaen anak-anak.

Postby Rebecca » Thu Feb 08, 2007 5:36 am

adheel wrote:haloo rebeca, lama tak sua... :lol: :lol: :lol:


lho kan katanya nggak boleh kasih salam buat kafir? gimana sih? hi...hi...hi... HALLO juga adheel...
User avatar
Rebecca
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby vester » Thu Feb 08, 2007 7:34 am

ich aneh...
User avatar
vester
 
Posts: 50
Joined: Thu Mar 23, 2006 12:52 pm

Postby adheel » Thu Feb 08, 2007 9:04 am

Rebeca wrote:
adheel wrote:haloo rebeca, lama tak sua... :lol: :lol: :lol:


lho kan katanya nggak boleh kasih salam buat kafir? gimana sih? hi...hi...hi... HALLO juga adheel...


hihi salam itu 'kan "keselamatan"
nah "haloo" apaan....??
itu sapaan khusus buat kamu:lol: :lol: :lol:
User avatar
adheel
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby feodor fathon FF » Thu Feb 08, 2007 9:08 am

Borland wrote:
MUHAMMAD SAW wrote:eh klo gue agak2 aneh lah

gue ngucapin assalamualaikum ama muslim,tp malah di diemin..apa ga boleh ya membalas salam dari kafir? mohon penjelasan
Begitulah ajaran Islam yg sejati...

    Sahih BUkhari, Volumn 008, Book 074, Hadith Number 275.
    -----------------------------------------
    Narated By Anas bin Malik : The Prophet said, "If the people of the Scripture greet you, then you should say (in reply), 'Wa'alaikum (And on you).'"


Keagungan dari islamic greeting adalah pada kata SALAM sebagai slah satu nama Allah yaitu AS-SALAM
User avatar
feodor fathon FF
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby NoeMoetz » Thu Feb 08, 2007 9:21 am

KAtanya agama damai.
Kalo ga ketemuan ga ngasi salam, orang lain mikirnya "ada yang lagi marahan, tuch....."

(Di mana letak damainya sih? Aku koq ga nangkep)
NoeMoetz
 
Posts: 1509
Joined: Fri Dec 08, 2006 9:32 am
Location: Indonesia

Postby adheel » Thu Feb 08, 2007 9:32 am

NoeMoetz wrote:KAtanya agama damai.
Kalo ga ketemuan ga ngasi salam, orang lain mikirnya "ada yang lagi marahan, tuch....."

(Di mana letak damainya sih? Aku koq ga nangkep)


makanya kamu tuh bedian "salam" sama "sapaan"

Kalo "salam" itu memang dikhususkan sesama muslim
Kalo "sapaan" seperti hallo, selamat siang,selamat malam,selamat tengah hari, selamat musim duren dll.. itu mah dibolehin..

salam kami juga berarti mendo'akan,gitu lho..

Keselamatan,Rahmat dan Berkah atas kamu..
Lha kalian kan Kafir, buat apa dikasih salam yang kaya' gini..
'kan kalian alergi arab :lol: :lol: :lol:
salam itu bahasa arab artinya keselamatan
User avatar
adheel
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Next

Return to Ttg SYI'AH, KAFIR, MURTADIN, MUSYRIKUN dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users